Beberapa Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus agar Mudah Dimengerti

Anak dengan kebutuhan khusus atau lebih akrab disebut dengan down syndrome memang harus diberikan perhatian ekstra. Cara mengajar anak berkebutuhan khusus juga berbeda, sebagai pengajar atau orang tua di rumah harus menguasai metode-metodenya agar terus menunjukkan perkembangan.

Beberapa Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus
Photo by Cliff Booth from Pexels

Beberapa Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Prinsip-prinsip pengajaran dalam memberikan materi ke anak berbeda-beda. Begitu juga dengan mereka yang punya kebutuhan khusus. Ada metode lain yang dipersiapkan agar mereka dapat belajar dengan maksimal. Jika saat ini Kamu sedang memerlukannya, maka simak penjelasan dibawah ini.

1. Persiapkan Ruangan Senyaman Mungkin

Persiapkan Ruangan Senyaman Mungkin
Image by Pexels from Pixabay

Jika posisinya disini Kamu merupakan seorang guru, maka jangan lupa untuk mempersiapkan tempat senyaman mungkin Beri ruang yang besar, singkirkan benda-benda tajam dan berbahaya agar tidak melukai anak-anak saat sedang belajar. Gerakan mereka tidak bisa diprediksi, terkadang sangat aktif.

Jika Kamu merupakan orang tua ingin memberikan pengajaran untuk anaknya down syndrome di rumah maka bisa setting ruangan dengan memakai kasur atau alas karpet saja. Pindahkan meja atau benda tumpul lainnya ke tempat yang jauh dari jangkauan. Jangan mulai sebelu anak merasa nyaman.

2. Bicara Dengan Aksen Nada Jelas

Bicara Dengan Aksen Nada Jelas
Image by StockSnap from Pixabay

Mengasuh anak down syndrome memang bukanlah hal mudah, Membuat mereka bisa fokus mendengarkan dan akhirnya mengikuti pelajaran dengan baik. Kamu harus selalu menekankan pembicaraan dengan nada dan artikulasi yang jelas dan tegas agar anak mau mendengarkan.

Usahakan posisinya selalu berhadapan serta melakukan kontak mata. Dengan begini anak tidak akan mengalihkan pandangannya ke posisi lain dan selalu fokus mendengarkan Kamu selaku gurunya. Dengan begini proses belajar mengajar juga akan berjalan lancar, atau setidaknya meminimalisir gangguan.

3. Selalu Bersikap Baik dan Positif Dalam Kondisi Apapun

Selalu Bersikap Baik dan Positif Dalam Kondisi Apapun
Photo by Eren Li from Pexels

Membuat suasana hati dalam mengajar anak berkebutuhan khusus untuk terus selalu baik adalah tantangan ekstrem. Namun dengan keyakinan semua anak bisa belajar akan membuat semua usaha menjadi lebih mudah. Selama Kamu menerapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan maka prosesnya tidak terlalu sulit.

Sama dengan anak-anak lainnya, penyandang down syndrome juga memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda-beda. Mereka bisa saja sangat aktif dan merasa tertarik untuk melakukan kegiatan baru. Namun ada juga yang sungkan atau tiba-tiba mengalami serangan panik.

4. Manfaatkan dan Pelajari Semua Metode Yang Ada

Manfaatkan dan Pelajari Semua Metode Yang Ada
Photo by Eren Li from Pexels

Sebagai pengajar atau orang tua yang punya anak dengan kepribadian down syndrome sebisa mungkin terus kembangkan kemampuan menganalisa dan menggunakan semua metode yang ada. Manfaatkan hal tersebut agar bisa membantu dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun di rumah.

Dalam metode pengajaran down syndrome sendiri ada beberapa metode yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Kamu bisa ikut menggunakannya. Sebagian anak berkebutuhan khusus ada yang akrab dengan audio visual sehingga mudah bagi mereka untuk mengingat sesuatu.

5. Biasakan Mengajar Dengan Efisien

Biasakan Mengajar Dengan Efisien
Image by Sasin Tipchai from Pixabay

Pengetahuan mengajar anak berkebutuhan khusus satu ini penting sekali untuk orang tua yang belum punya pengalaman lebih, terutama untuk mendidik anak down syndrome. Penggunaan strategi pengajaran yang efisien harus benar-benar diterapkan dengan baik dan benar, hal ini bisa membantu pengajaran berjalan efisien.

Dalam dunia pengajaran untuk anak-anak syndrome biasanya ada standar yang diberikan. Yakni Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan tetap menyenangkan atau sering disebut dengan PAIKEM. Strategi ini juga sangat cocok diterapkan untuk anak normal pada umumnya. Efeknya sama saja, hanya materi yang beda

6. Tempatkan Pada Lingkungan Positif

Tempatkan Pada Lingkungan Positif
Photo by ELEVATE from Pexels

Salah satu faktor saat mengajar anak berkebutuhan khusus adalah mendukung anak agar tetap bisa berkembang dengan baik walaupun punya kekurangan. Kamu harus menempatkannya di lingkungan positif, misalnya anggota keluarga yang tidak membeda-bedakan, bahkan ikut berperan dalam tumbuh kembangnya.

Support atau dukungan dari teman sebaya juga sangat penting guna membuat mereka nyaman. Pasangkan anak berkebutuhan khusus dengan mereka yang non ahar bisa mendampingi serta memberikan arahan dalam aktivitas sehari-hari. Metode ini ampuh meningkatkan rasa percaya diri.

7. Berbagai Pengalaman Lewat Cerita

Berbagai Pengalaman Lewat Cerita
Photo by ELEVATE from Pexels

Mempunyai anak atau murid dengan kebutuhan khusus harus pandai dalam membangun komunikasi. Tantangannya memang lebih besar dibandingkan non. Oleh karena itu Kamu bisa menggunakan cara sharing pengalaman untuk membuat mereka nyaman belajar walaupun dalam jangka waktu lama.

Tetap ajak mereka bercerita selama kurun waktu tertentu. Berbagai pengalaman dengan masyarakat sekitar atau orang tua lainnya juga bisa jadi hal yang positif. Siapa tau memang ada yang sedang membutuhkan informasi tersebut, dengan begitu bisa saling membantu satu sama lain.

Anak berkebutuhan khusus lahir di dunia ini bukanlah untuk dibedakan. Mereka istimewa, special, Karena dari satu kekurangan tersebut terdapat banyak sekali kelebihan yang bahkan tidak terduga. Oleh karena itu cara mengajar anak berkebutuhan khusus yang tepat akan membantu membukanya seiring waktu berjalan.

Nah, itu dia metode yang paling mudah dilakukan dalam mengajar anak berkebutuhan khusus untuk para orang tua. Bagi para orang tua yang mungkin punya pengalaman mendidik anak berkebutuhan khusus, boleh silahkan posting komentarnya di bawah ini ya, mungkin kita bisa berbagi cerita dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan
Cara Cepat Menghafal yang Mudah Dilakukan
Cara Menyerap Informasi yang Baik

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini: