mata pelajaran kelas 4 sd

Rangkuman Pelajaran Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Terlengkap

Pelajaran Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Terlengkap

Hai, Sobat Zenius! Kembali lagi sama aku, Sabrina. Di tulisan ini, aku akan membagikan rangkuman pelajaran kelas 4 SD dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 revisi 2020. 

Rangkuman mata pelajaran ini juga sudah lengkap dengan pembahasan tiap mata pelajaran, lho.

Kamu juga bisa latihan dari contoh-contoh soal yang sering keluar di ujian materi pelajaran kelas 4 SD.Di artikel ini aku udah ngumpulin materi mulai dari Matematika kelas 4 SD, IPA, dan Bahasa Inggris semester 1 dan 2 yang bisa kamu baca dan pelajari.

Matematika

Rangkuman mata pelajaran yang pertama adalah Matematika kelas 4 semester 1 dan 2. Kamu akan belajar banyak di mata pelajaran ini, mulai dari cara menghitung kelipatan dan mencari faktor bilangan.

Terus ada juga belajar cara pengukuran. Dari materi ini, kamu bakalan bisa ngitung panjang meja, tinggi badanmu sampai berat badanmu.

Selain itu pelajaran kelas 4 SD tentang Matematika lainnya ada mengenal segitiga dan jajar genjang, bangun ruang dan datar sampai bilangan romawi yang bentuknya unik banget nih.

1. Kelipatan dan Faktor Bilangan

 Ilustrasi Kelinci Melompat yang bisa dihitung jaraknya dengan kelipatan dan faktorisasi (dok: Pixabay oleh em_framing)
Ilustrasi Kelinci Melompat yang bisa dihitung jaraknya dengan kelipatan dan faktorisasi (dok: Pixabay oleh em_framing)

Kelipatan dan faktor bilangan adalah bahasan pertama yang akan kamu temui di materi matematika kelas 4 semester 1. 

Contoh dari kelipatan dan faktor bilangan di kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Suatu hari, kamu jalan-jalan dengan keluargamu ke kebun binatang. Kamu melihat seekor kelinci keluar dari kandangnya.

Kemudian kelinci itu melompat dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kamu mengukur panjang lompatan si kelinci.

Satu kali melompat, kelinci bisa pergi sejauh 1 meter. Kira-kira kalau sudah 5 kali melompat, berapa jauh ya jarak yang ditempuh kelinci?

Nah, pertanyaan ini bisa terjawab kalau kamu memahami pelajaran kelas 4 SD tentang kelipatan, dan faktor bilangan berikut: 

2. Operasi Hitung Bilangan

Matematika kelas 4 semester 1 selanjutnya adalah mengenai operasi hitung bilangan. 

Sebelumnya, aku mau tanya dikit nih, pernah gak sih terpikir olehmu kalau dalam berhitung ada beberapa peraturan yang dipenuhi.

Misalnya, ibu dari pasar membeli 3 apel kemudian ayah membeli lagi 3 apel. Maka untuk mengetahui jumlah apel ayah dan ibu harus dilakukan penjumlahan.

Atau saat nenek membeli 15 rambutan di pasar, ia ingin kelima cucunya mendapatkan jumlah rambutan yang sama. Maka 15 rambutan nenek harus dibagi 5 (jumlah cucu), dan artinya kita sedang melakukan pembagian.

Di MTK kelas 4 SD ini kamu akan mempelajari syarat dan peraturan dalam operasi hitung bilangan lebih jelas:

3. Pengukuran

Kamu diminta membeli beras ke warung oleh ibu. Kemudian ibu bilang kalau beras yang kamu beli adalah seberat 2 kilo (Kg).

Di jalan, kamu berpikir. Kenapa ya kalau beli beras harus pakai kilo (Kg)?

Tapi waktu kamu diukur tinggi badan di sekolah, ibu guru menggunakan centimeter (cm).

Beli beras gak bisa pakai satuan centimeter ya? Atau mengukur tinggi badan pakai kilo (Kg)?

Nah, pertanyaan ini bisa terjawab kalau kamu memahami materi Matematika kelas 4 SD tentang berbagai macam pengukuran dalam kehidupan sehari-hari lho.

4. Segitiga dan Jajargenjang

 Ilustrasi Segitiga (dok: Pixabay oleh ds_30) - pelajaran kelas 4 sd, segitiga jajargenjang
Ilustrasi Segitiga (dok: Pixabay oleh ds_30)

Pernah gak kamu memperhatikan kenapa ada penggaris yang bentuknya segitiga atau layar perahu yang sedang dibentangkan, bisa juga bendera pramuka.

Terus gimana ya kalau kita mau menghitung luas dan kelilingnya?

Nah, pertanyaan ini bisa terjawab kalau kamu memahami MTK kelas 4 SD tentang segitiga lho.

Di materi ini, kamu juga gak cuman belajar tentang segitiga, kamu juga akan berkenalan dengan jajargenjang lho:

5. Bilangan Bulat

Di kelas 3 SD kamu pasti udah pernah belajar mengenai bilangan kan? Nah di pelajaran kelas 4 SD kamu bakal ketemu lagi nih sama si bilangan.

Tapi kamu akan belajar mengenai macam-macam bilangan. Emang bilangan banyak macamnya ya?

Oh ada dong. Contohnya gini nih, pernah gak sih kamu kepikiran kenapa ya pas ulangan nilaimu atau nilai temanmu ada koma-nya? Misal: 80,5 atau 78,5 gitu?

Kalau gini termasuk bilangan apa ya?

Nah di materi MTK kelas 4 semester 2 tentang bilangan bulat, kamu akan mempelajari sifat-sifat bilangan lebih lanjut. 

6. Pecahan

 Ilustrasi potongan Kue Ulang Tahun sebagai contoh pecahan dalam kehidupan sehari-hari (dok: Pixabay oleh MartinL21) - pelajaran kelas 4 sd matematika
Ilustrasi potongan Kue Ulang Tahun sebagai contoh pecahan dalam kehidupan sehari-hari (dok: Pixabay oleh MartinL21)

Suatu hari, temanmu sedang berulang tahun. Dia mengundangmu dan beberapa teman lainnya datang ke rumahnya untuk merayakan hari ulang tahunnya.

Di sana, kamu disuguhkan dengan sebuah kue. Tapi, kamu menghitung bahwa ada 8 orang teman yang datang.

Lalu ada dirimu dan temanmu yang sedang berulang tahun.

Kalau kue dibagi dengan semua orang yang datang ke pesta, kamu dapat berapa bagian ya?

Kalo kamu masih bingung, tenang aja karena pertanyaan ini bisa terjawab kalau kamu memahami materi MTK  kelas 4 semester 2  tentang pecahan berikut:

7. Bilangan Romawi

 Ilustrasi Jam dengan Angka Romawi (dok: Pixabay oleh Ruwadium) - materi pelajaran matematika kelas 4 sd
Ilustrasi Jam dengan Angka Romawi (dok: Pixabay oleh Ruwadium)

Kamu pernah melihat jam dengan angka seperti ini? Kalau iya, gimana orang-orang bisa tau jam ini menunjukan angka berapa?

Terus kenapa angka di jam ini bentuknya berbeda dengan angka yang sering kita pelajari?

Nah, ini namanya angka atau bilangan romawi. Kamu akan belajar mengenai bentuk dan cara menulis bilangan romawi di materi Matematika kelas 4 semester 2 kali ini:

8. Bangun Ruang dan Bangun Datar

 Ilustrasi Bangun Ruang (dok: Pixabay oleh Counselling) - contoh soal bangun ruang dan bangun datar
Ilustrasi Bangun Ruang (dok: Pixabay oleh Counselling)

Pada materi Matematika kelas 4 semester 2  yang terakhir, kamu akan mempelajari tentang macam-macam bangun.

Ditambah dengan perbedaan antara bangun ruang dan bangun datar. 

Belajar Rasa Main ZeniusLand

IPA

Pelajaran kelas 4 SD yang kedua adalah IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam. Kamu juga akan belajar banyak terutama mengenai alam di mata pelajaran ini. 

Pernah gak sih kamu berpikir kenapa manusia bisa bergerak? Atau coba deh kamu pegang tanganmu, ada bagian yang keras kan? Nah, itu namanya tulang yang tergabung dalam sistem rangka manusia. 

Terus, kamu juga bisa melihat, mendengar, mengecap, meraba, dan mencium sesuatu. Kenapa bisa gitu ya? 

Nah, kamu akan mendapatkan jawabannya di pelajaran kelas 4 SD tentang rangka dan panca indra manusia. 

Kamu juga akan mengamati tanaman dan hewan. Terus belajar mengenai berbagai macam gaya dan energi serta sumber daya alam. 

Mata pelajaran IPA untuk kelas 4 SD (Arsip Zenius) - mata pelajaran IPA kelas 4 SD
Mata pelajaran IPA untuk kelas 4 SD (Arsip Zenius)

1. Rangka dan Panca Indra Manusia

Pernah gak, terpikir olehmu kalau manusia bisa berdiri, berjalan dan berlari karena ada rangkaian tulang yang kuat dan mampu menopang tubuh?

Manusia pada dasarnya tidak bisa bergerak atau beraktivitas dengan bebas tanpa adanya tulang yang kuat dan saling terhubung dalam sistem rangka.

Pada bagian pelajaran yang ini, kamu akan mempelajari sistem rangka yang menopang tubuh manusia lho. Mulai dari rangka kepala, badan, anggota gerak hingga sendi.

Selain rangka, kamu juga akan mempelajari panca indra pada manusia. Apa sih, panca indra itu?

Panca indra adalah sistem fisiologi pada manusia untuk dapat merasakan lingkungan di sekitarnya. Manusia memiliki lima indra dasar: sentuhan, penglihatan, pendengaran, penciuman, dan rasa.

Organ pengindraan yang terkait dengan setiap indra mengirimkan informasi ke otak untuk membantu kamu memahami dunia di sekitarmu.

Nah, untuk mempermudah kamu memahami pelajaran kelas 4 SD tentang rangka dan panca indra manusia, aku udah ngumpulin materi dan pembahasan lengkap dengan contoh soal yang bisa langsung kamu cek di bawah ini: 

2. Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan

Kamu pasti pernah makan buah-buahan kan? Kayak buah mangga, buah jeruk, buah pisang. Nah, kamu tau gak sih kalau buah itu muncul karena adanya bunga lho.

Dan buah juga bisa muncul karena adanya nutrisi dan air yang diambil oleh akar dari dalam tanah. Suatu tumbuhan bisa berbunga atau berbuah karena bagian-bagian tumbuhan yang lain melakukan fungsinya dengan baik.

Pada pelajaran kelas 4 SD ini, kamu akan belajar mengenai struktur dan fungsi pada tumbuhan. Seperti akar, batang, dan daun. 

3. Penggolongan Hewan

Kalau kucing makannya ikan, kalau kelinci makannya wortel, kalau monyet makannya pisang. Kok bisa ya, hewan-hewan ini punya jenis makanan yang berbeda?

Pernah gak sih kamu memperhatikan jenis makanan hewan di sekitarmu, kenapa kelinci gak makan ikan aja sama kayak kucing atau kenapa kucing gak mau makan pisang kayak monyet?

Nah, pertanyaan kamu tadi akan dijawab di pelajaran kelas 4 SD yang satu ini nih. Kamu akan belajar penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan yang dimakannya. 

4. Daur Hidup Hewan

Pernah gak sih kamu memperhatikan kenapa ya kucing di rumahmu sekarang badannya udah besar? Kenapa suara meong-nya jadi lebih jelas dan dia gak mau lagi nyusu sama induknya?

Atau soal ayam kecil yang warnanya kuning. Kalau kamu perhatikan, semakin hari bulunya akan semakin panjang dan warna kuningnya akan menghilang. Sekarang ayam kecil tadi sudah bisa berkokok atau berkotek.

Nah, perubahan hewan dari kecil ke besar inilah yang disebut sebagai daur hidup hewan. Kalau kamu di rumah punya ayam peliharaan, kucing atau anjing tentulah kamu harus tahu tahap perkembangan binatang peliharaanmu.

Lewat pelajaran kelas 4 SD ini tidak hanya ayam, kucing dan anjing. Kamu juga akan mempelajari daur hidup kanguru, kupu-kupu, nyamuk, lalat, kecoa hingga katak.

5. Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Ikan hidup di air, gajah hidup di darat, burung hidup di udara. Pernah gak terpikir olehmu kenapa hewan-hewan ini harus tinggal di tempat berbeda?

Kira-kira bisa gak ya kalau ikan mau ketemu gajah, dia main-main ke hutan. Atau kalau gajah bosen di darat dia ingin terbang biar ketemu burung di udara?

Ternyata mahluk hidup punya hubungan yang erat lho dengan lingkungannya, ini berkaitan dengan jenis, karakteristik hingga jenis makanan yang dikonsumsi. Melalui pelajaran kelas 4 SD ini, kamu akan banyak belajar mengenai hal itu. 

6. Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Pernah gak saat kamu sedang asik makan es krim tiba-tiba es krim yang kamu pegang mencair dan mengotori tanganmu?

Atau saat kamu bangun pagi kamu keluar rumah dan melihat daun-daun dari tanaman milik ibumu dipenuhi oleh titik-titik air padahal ibumu belum menyiram tanaman.

Nah, apa yang kamu lihat ini adalah bentuk dari perubahan wujud benda. Es krim yang mencair tadi adalah perubahan benda padat ke cair sedangkan titik-titik embun di atas daun adalah perubahan gas menjadi cair. 

7. Gaya

Pada hari minggu, kamu membantu ibu dan ayah bersih-bersih rumah. Kamu membersihkan kamarmu, membereskan buku-buku yang berserakan, memperbaiki letak seprai sampai meletakan mainanmu kembali di dalam boks.

Tapi pernah gak sih terpikir olehmu, kenapa ya mainanmu yang tergeletak di lantai berpindah ke dalam box. Sebenarnya apa yang sudah kamu lakukan untuk memindahkan barang-barang tadi ada sangkut pautnya dengan gaya.

Gaya bukan cuman saat kamu memakai baju baru ya, gaya di sini berkaitan dengan usahamu melakukan sesuatu.

Lewat materi pelajaran kelas 4 SD ini, kamu akan belajar pengertian dan macam-macam gaya dalam kehidupan sehari-hari. 

8. Energi

Ibu sedang memasak ikan goreng, ikan yang tadinya mentah digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit. Tak berapa lama, ikan mentah tadi berubah warna menjadi kuning keemasan dan memiliki bau yang menggugah selera makan.

Atau saat sore hari kamu tengah bermain bersama teman-teman, lewatlah abang tukang es krim dengan speaker-nya yang berbunyi sangat nyaring sehingga kamu dan teman-teman tertarik membeli es krim tersebut.

Nah, dua kegiatan di atas adalah kegiatan yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan energi. Ibu menggoreng ikan dalam minyak panas berasal dari energi panas api kompor, sedangkan speaker tukang es krim berbunyi karena adanya energi bunyi.

Di materi pelajaran kelas 4 SD ini, kamu akan banyak belajar mengenai apa itu energi, mulai dari energi panas, energi bunyi hingga energi alternatif. 

9. Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit

Saat malam hari dan tidak sedang turun hujan, pernahkah kamu memperhatikan langit? 

Kamu bisa menemukan bulan yang bersinar terang dan bintang yang berkelap-kelip.

 Ilustrasi Bulan di Malam Hari (dok: Pixabay oleh David_Miram) - materi pelajaran matematika kelas 4 sd
Ilustrasi Bulan di Malam Hari (dok: Pixabay oleh David_Miram)

Tapi saat kamu tertidur dan bangun di pagi hari, kamu melihat ke langit dan kamu merasa silau.

Kamu tidak bisa menemukan bulan atau bintang seperti semalam.

Kenapa ya benda-benda langit hanya muncul di saat tertentu?

Melalui materi pelajaran kelas 4 SD tentang benda-benda langit, kamu akan mempelajari kenampakan yang terjadi di langit dan macam-macam benda langit lainnya: 

10. Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan

Saat sedang turun hujan disertai angin kencang kadang tanah di halaman rumah ikut terbang terbawa angin.

Kalau anginnya sangat kencang, kadang juga batu-batu ikut terbawa dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Selain karena hujan dan angin, banyak fenomena alam yang mengakibatkan perubahan pada wilayah daratan.

Melalui materi ini, kamu akan mempelajari perubahan lingkungan secara fisik dan dampaknya bagi wilayah daratan dalam kehidupan sehari-hari.

11. Sumber Daya Alam

Materi pelajaran kelas 4 SD selanjutnya adalah mengenai sumber daya alam adalah bahan dari bumi yang digunakan untuk menunjang kehidupan dan memenuhi kebutuhan manusia. Setiap zat alami yang digunakan manusia dapat dianggap sebagai sumber daya alam.

Minyak yang sering ibumu pakai untuk menggoreng ikan, gas 3kg yang sering ibumu gunakan supaya kompor bisa menghasilkan api, batu akik yang sering ayahmu pakai di jarinya.

Bahkan air, sinar matahari, tanah dan udara adalah sumber daya alam yang sering kita gunakan.

Di materi ini, kamu akan mengenal jenis-jenis sumber daya alam, kegunaannya hingga cara merawat sumber daya alam agar tidak habis. 

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

icon download playstore
icon download appstore

Bahasa Inggris 

Di pelajaran kelas 4 SD tentang Bahasa Inggris, kamu akan mempelajari cara bertanya mengenai kabar, cara memperkenalkan diri, dan cara bertanya tentang pekerjaan.

Selain itu, kamu juga akan diajarkan mengeja dalam Bahasa Inggris, mengenal warna dan mengenal nama-nama barang di kelas dalam Bahasa Inggris. 

mata pelajaran bahasa inggris kelas 4 sd
Materi Bahasa Inggris kelas 4 SD (Arsip Zenius)

Chapter 1 – How Are You?

Arti “how are you?” adalah “apa kabar mu?” Pada materi ini, kamu akan belajar bagaimana cara menanyakan kabar ke orang lain dan menjawab pertanyaan terkait kabar jika seseorang bertanya padamu.

Kamu juga akan belajar bagaimana menjawab saat kabarmu tidak baik-baik saja. Misalnya sedang sakit atau sedang tertimpa musibah. 

Chapter 2 – How Do You Spell That?

Materi pelajaran kelas 4 SD dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang mengeja.

Spell dalam bahasa Indonesia artinya adalah eja, dan spelling artinya mengeja. Yup, betul banget kamu akan belajar cara mengeja menggunakan huruf dalam bahasa Inggris.

Berbeda dengan mengeja di bahasa Indonesia, perbedaan spelling dalam bahasa Inggris bukan hanya dari segi pelafalan huruf namun juga dari cara penambahan atau peleburan huruf dalam suatu kata. 

Chapter 3 – What is Your Name?

Kira-kira jika seseorang bertanya mengenai namamu dalam bahasa Inggris, apa yang akan kamu lakukan? Jawaban apa yang pantas diberikan kepada orang tersebut?

“What is your name?” memiliki arti dalam bahasa Indonesia “Siapa namamu?”. Ini adalah pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang lain saat pertama kali bertemu denganmu.

Menanyakan nama juga termasuk tahapan perkenalan. Pengertian perkenalan adalah membuat sesuatu diketahui untuk pertama kali, atau secara formal memberitahu dua orang siapa lawan bicaranya.

Melalui materi pelajaran kelas 4 SD ini, kamu akan belajar bagaimana menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan namamu dan memberikan respon yang baik. 

Chapter 4 – Introducing Yourself

Di tahap ini, kamu akan diajarkan lebih lanjut mengenai cara memperkenalkan diri. Misalkan, kamu diminta untuk memperkenalkan diri di depan kelas, kira-kira apa saja informasi tentang dirimu yang akan kamu sampaikan?

Coba lihat contoh perkenalan diri yang satu ini, kira-kira udah bener belum ya?

“Hello, I’m Ina from Jakarta. I live in Menteng, Central Jakarta. I am 10 years old. I like watching cartoons and my hobby is cooking with my mother”.

Nah, kalo kamu masih bingung, kamu bisa langsung cek rangkuman materi di bawah ini ya:

Chapter 5 – Getting To Know Numbers

Kalau ditanya berapa umurmu, kamu akan menjawab apa? Atau kalau ditanya berapa nomor telpon rumahmu, gimana kamu menjawabnya dalam bahasa Inggris?

Nah, di materi ini kamu akan belajar menghafal angka dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia kamu pasti mengenal satu, dua, tiga, empat, lima dan seterusnya.

Tapi bahasa Inggris punya penyebutan lain yang akan kamu pelajari di materi pelajaran kelas 4 SD ini. 

Chapter 6 – What Colour Is It?

Langit cerah warnanya biru, mawar warnanya merah, rumput warnanya hijau. Nah, kalo kamu ingin menyebutkannya dalam bahasa Inggris, kira-kira nama warna-warna di atas disebutnya apa ya?

Di materi ini, kamu akan belajar menghafal nama-nama warna dalam bahasa Inggris lho.

Chapter 7 – Things in the classroom

Coba deh, saat di kelas kamu memperhatikan sekitarmu. Apakah kamu menemukan papan tulis? Buku-buku? Meja? Kursi? Atau temanmu yang menggunakan seragam?

Nah, barang-barang ini tidak bisa kamu temukan di rumah lho. Nah, melalui pelajaran kelas 4 SD ini kamu akan belajar mengidentifikasi dan menghafal nama-nama barang di kelas

Chapter 8 – Commands At School

Bu guru tiba-tiba memanggilmu kemudian memintamu membawa buku dari ruang guru, atau kepala sekolah tiba-tiba memanggilmu untuk datang ke ruangannya?

Dua contoh diatas adalah contoh perintah yang biasanya kamu dapatkan saat di sekolah. Kira-kira apa lagi ya bentuk perintah yang ada di sekolah, terus bagaimana penyebutannya dalam bahasa Inggris? Nah, langsung cek aja pelajaran kelas 4 SD di bawah ya: 

Chapter 9 – What do you do?

What do you do? Dalam bahasa Indonesia artinya “Apa pekerjaanmu?”. Nah, kalo ada orang yang bertanya padamu seperti ini, kamu harus menjawab apa?

Kalau masih sekolah dan belum bekerja seperti orang dewasa, harus jawab pertanyaan ini seperti apa ya? Jangan bingung, langsung cek aja rangkuman materi pelajaran kelas 4 SD tentang apa pekerjaanmu di bawah ini ya:

Oh ya Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Di sini kamu nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahamanmu. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Langganan Zenius

Baca juga artikel lainnya:

Bagikan Artikel Ini!