Masa Pengenalan Sekolah (MPS)

Pentingnya Masa Pengenalan Sekolah dan Hal-hal yang Harus Disiapkan

Masa pengenalan sekolah atau yang dikenal dengan istilah MOS (Masa Orientasi Siswa) adalah kegiatan wajib yang dilakukan saat memasuki tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik tingkat satu di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Pelaksanaan Masa Pengenalan Sekolah

Masa pengenalan sekolah memang sempat mengalami pro kontra pasalnya kegiatan ini lebih identik dengan hal-hal yang bersifat senioritas dan perpeloncoan. Sehingga oleh Anies Baswedan yang waktu itu masih menjabat sebagai menteri Pendidikan memutuskan untuk meniadakan kegiatan tersebut.

Namun, kegiatan pengenalan sekolah masih tetap dilakukan hanya saja prakteknya sedikit berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Ada batasan-batasan yang harus ditaati seperti larangan untuk membawa benda-benda atau hukuman yang tidak logis kepada para peserta didik baru.

Masa Pengenalan Sekolah (MPS)

Demi mengantisipasi praktek senioritas dan perpeloncoan, maka kegiatan MOS tetap dilakukan namun bersama dengan guru pada saat jam belajar. Kegiatan pengenalan sekolah tersebut mencakup pengenalan pada lingkungan sekolah, fasilitas, sarana prasarana, serta pengenalan guru dan karyawan.

Pentingnya Masa Pengenalan Sekolah

Kegiatan MOS yang biasa dilakukan 3 hari saat tahun ajaran baru dimulai menjadi kegiatan yang banyak ditunggu sehingga antusiasme para peserta didik pun cukup tinggi. Karena mereka akan bertemu dengan teman-teman baru, kakak kelas baru, lingkungan baru, guru baru, dan lainnya.

Kegiatan ini penting sekali dilakukan demi membantu para siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan baru mereka selama sekolah. Mereka akan diajak untuk mengenal tentang sarana dan prasarana yang tersedia, ruangan kelas, staf, dan guru yang akan mengajar mereka nantinya.

Selain itu, kegiatan MOS juga dapat menumbuhkan perilaku positif untuk membangun interaksi antar siswa dan warga sekolah lainnya. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemandirian, sikap menghormati dan semangat belajar yang tinggi. Para peserta didik pun jadi lebih mudah beradaptasi.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan

Meskipun pelaksanaan MOS berbeda dan ada batasan-batasan yang harus diikuti sesuai peraturan dari kementerian, tetap saja kegiatan ini harus tetap dipersiapkan oleh pihak sekolah. Sehingga pelaksanaannya lebih matang dan memiliki tujuan yang jelas. Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan?

1. Menentukan Tujuan Kegiatan MOS

Tujuan utama MOS pada dasarnya adalah untuk membantu siswa mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan barunya di sekolah. Sehingga para siswa akan diberikan informasi tentang kebiasaan dan aturan aturan di sekolah yang bersangkutan, apa yang harus diikuti dan apa yang tidak boleh dilanggar.

Selain itu, kegiatan MOS banyak menyampaikan visi misi sekolah serta kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan di sekolah tersebut. Sehingga para siswa dan peserta didik baru pun menjadi terdorong dan bersemangat untuk meningkatkan prestasi di sekolah dan mengikuti kegiatan yang ada.

2. Membentuk Panitia Khusus

Selain pelaksanaannya harus di bawah pengawasan guru dan dilakukan pada saat jam belajar, tetap ada panitia yang ditunjuk untuk membantu kegiatan MOS agar berjalan lancar. Panitia yang ditunjuk tersebut biasanya adalah anggota OSIS dari kakak kelas atau senior.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Zenius

Langsung Nikah Setelah Lulus Sekolah, Aman kan?
Mengenal Kesalahan Logika Beban Pembuktian
Ngapain Sih Berpikir Kritis?
Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?
Buat Apa Ada Suatu Negara? Emang Ada Fungsinya?
Benci Mendengar Rekaman Suara Sendiri, Kok Bisa?
Proses Mumifikasi dalam Tradisi Mesir Kuno

Penting sekali untuk membentuk panitia khusus yang dapat memberikan teladan dan bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan tersebut. Tidak boleh ada senioritas dan hukuman yang bersifat fisik serta tidak masuk akal karena hal tersebut bisa menjadi alasan para junior untuk melakukan balas dendam.

Susun pengurus dengan detail siapa yang menjadi kepala pelaksana hingga seksi kegiatan dan pendamping dari setiap kelas. Tentukan personil yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut dan beri arahan yang jelas tentang batasan apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilanggar.

3. Tentukan Materi atau Kegiatan yang Bermanfaat

Selama kegiatan berlangsung biasanya akan diadakan kegiatan-kegiatan yang seru dan menarik untuk para peserta didik baru. Kegiatan tersebut bisa berupa memberikan materi yang berfokus baik pada bidang akademik maupun non akademik.

Contohnya seperti memberikan pemahaman tentang visi misi sekolah, peraturan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, ajang prestasi, dan lain sebagainya. Panitia juga bisa memberi tugas kelompok kepada peserta didik baru sehingga mereka bisa lebih mengakrabkan diri dengan teman-teman baru di sekolah.

4. Memberi Batas Ketegasan

Seperti yang telah tercantum dalam peraturan Permendikbud, ada batasan-batasan yang tidak boleh dilewati saat melakukan kegiatan MOS. Para siswa memang harus dikembang agar lebih disiplin dan mau mengikuti peraturan, namun panitia juga harus tegas dan tidak boleh melebihi batas kewajaran.

Hal yang tidak boleh dilakukan seperti memberi hukuman secara kasar, mendorong, memukul, atau melakukan apapun yang membahayakan keselamatan junior. Kedisiplinan yang bisa ditanamkan dapat berupa tentang ketepatan waktu bagaimana mengumpulkan tugas bagaimana berpakaian dan lainnya.

5. Pengawasan Pihak Sekolah

Meskipun dalam pelaksanaannya sudah dibantu oleh panitia yang diambil dari personal OSIS, pihak sekolah tetap harus melakukan monitoring secara khusus dan intensif. Tujuannya untuk mengevaluasi dan memastikan apa kegiatan tersebut berjalan lancar atau tidak.

Jika ada hal-hal yang dilakukan d iluar batas kewajaran oleh panitia, maka pihak sekolah harus menegur mereka. Pihak sekolah pun boleh melakukan tindak lanjut dan mengoreksi atau mengevaluasi hasil dari kegiatan MOS yang telah dilakukan.

Kegiatan masa pengenalan sekolah sebenarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan karena di momen itu, kamu akan berkenalan dengan lingkungan dan teman-teman baru. MOS menjadi salah satu momen yang tidak akan pernah dilupakan saat memasuki sekolah baru di tahun ajaran baru.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini: