Perkembangan Kerajaan Cirebon - Materi Sejarah Kelas 10 9

Perkembangan Kerajaan Cirebon – Materi Sejarah Kelas 10

Halo, Sobat Zenius! Apa yang terlintas di pikiran elo saat mendengar tentang Kota Cirebon? Nasi Jamblang si makanan khas Cirebon, kah? Julukan Kota Udang, kah? Ya, kalo bahas makanan mah gak akan ada habisnya dan malah bikin elo tambah laper deh. Tapi, elo pada tau gak soal asal-usul kerajaan Cirebon? Mending langsung kita bahas aja, yuk!

Nah, buat elo yang sekarang duduk di kelas 10 dan belajar sejarah wajib, materi soal kerajaan tuh penting banget buat elo semua! Wajib dan mutlak untuk dipelajari pokoknya dah, siapa tau nih yee nanti jodoh lu keturunan kerajaan! GAK ADA YANG TAU! Langsung aja kita bahas Kerajaan Cirebon, yuk!

Perkembangan dan Masa Kejayaan Kerajaan Cirebon

Kerajaan Cirebon adalah salah satu kerajaan dalam peradaban Islam di Indonesia. Kerajaan ini bertempat di wilayah Cirebon, Jawa Barat.

Tokoh penting dari Kerajaan Cirebon adalah Syarif Hidayatullah, yang lebih dikenal sebagai Sunan Gunung Jati.

Di bawah kepemimpinan Sunan Gunung Jati (1479-1568 M), Cirebon mencapai masa keemasan dengan adanya hubungan dagang dengan Dinasti Ming dari negeri Cina, serta penyebaran Agama Islam ke seantero Pulau Jawa.

Selama lebih dari 200 tahun berdiri (1430-1678), Kerajaan Cirebon dipimpin oleh tiga orang raja dan beberapa orang yang berperan sebagai pengganti raja. Tidak ada satupun dari raja Cirebon yang memiliki gelar Sultan, oleh karena itu banyak yang lebih suka untuk menyebut Kerajaan Cirebon dibandingkan dengan istilah Kesultanan Cirebon.

Baca Juga: Pendiri dan Silsilah Kerajaan Mataram Islam – Materi Sejarah Kelas 10

Silsilah Kerajaan Cirebon

  • Pangeran Cakrabuana dan Dalem Agung Pakungwati (1430-1479)
  • Pangeran Cakrabuana atau yang dikenal sebagai Raden Walangsungsang merupakan keturunan dari Kerajaan Pajajaran. Pangeran Cakrabuana merupakan putera pertama dari Subanglarang (puteri Ki Gedeng Tapa) yang merupakan istri pertama Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi. Pangeran Cakrabuana memeluk agama Islam yang diturunkan oleh ibunya. 

    Tahun 1430 M, Pangeran Cakrabuana membuat pedukuhan di kawasan kebon pesisir dan membentuk Cirebon, hal ini yang dianggap bahwa Pangeran Cakrabuana adalah pendiri Kerajaan Cirebon.

  • Sunan Gunung Jati (1479-1568)
  • Kerajaan Cirebon berhasil meraih kejayaannya di bawah kepemimpinan Sunan Gunung Jati. Setelah kepemimpinannya, ia seharusnya digantikan oleh cucunya, tetapi pada akhirnya Fatahillah yang menjadi sosok pengganti sementara dari kepemimpinan Kerajaan Cirebon.

  • Fatahillah (1568-1570)
  • Panembahan Ratu (1570-1649)
  • Panembahan Ratu II atau Panembahan Girilaya (1649-1677)
  • Baca Juga: Periodisasi Sejarah Peradaban Islam – Materi Sejarah Kelas 10

    Keruntuhan Kerajaan Cirebon

    Runtuhnya Kerajaan Cirebon dimulai pada tahun 1666, dalam pemerintahan Panembahan Ratu II atau Pangeran Rasmi. Latar belakang keruntuhan ini disebabkan oleh fitnah dari Sultan Amangkurat I, yang merupakan penguasa Mataram.

    Faktor penyebab keruntuhan lainnya terjadi dalam perjanjian dengan VOC pada 7 Januari 1681, mengakibatkan terjadinya monopoli ekonomi dan perdagangan di Kerajaan Cirebon. Tahun 1697, Kerajaan Cirebon terbagi menjadi dua yaitu Kacirebonan dan Kaprabonan, tahun ini menjadi awal mulai faktor keruntuhan Kerajaan Cirebon yang diakibatkan oleh adanya kolonialisme.

    Selain kolonialisme, faktor penyebab lainnya diakibatkan oleh campur tangan Kerajaan Mataram dan Kerajaan Banten. Kedua kerajaan ini memiliki tujuan menguasai Kerajaan Cirebon yang lokasi perdagangannya strategis.

    Elo bisa banget belajar soal silsilah Kerajaan Cirebon dengan tonton materinya di Zenius, tinggal klik banner di bawah ini. Eh, tapi pastiin elo punya akun Zenius untuk bisa akses semua video dan materi yang lengkap banget!

    belajar materi pelajaran sejarah di zenius

    Contoh Soal Sejarah Kerajaan Cirebon

    1. Lokasi Cirebon yang berada di dekat perairan membuat … menjadi sumber pencaharian utama masyarakatnya.

    a. Pertanian

    b. Peternakan

    c. Perdagangan

    d. Pertambangan

    e. Pertambangan

    1. Kerajaan Cirebon merupakan kerajaan yang berasal dari Jawa?

    a. Barat

    b. Timur

    c. Tengah

    d. Padang

    e. Sumatera

    1. Pangeran Cakrabuana merupakan pangeran dari kerajaan?

    a. Jawa Timur

    b. Demak

    c. Mataram Islam

    d. Banten

    e. Sunda Galuh

    Pembahasan

    1. Jawaban: C

    Pembahasan: Kerajaan Cirebon berlokasi di pantai utara Pulau Jawa yang menjadi jalur utama dalam perdagangan dan pelayaran antar pulau.

    1. Jawaban: A

    Pembahasan: Kerajaan Cirebon adalah kerajaan yang bertempat di wilayah Cirebon, Jawa Barat.

    1. Jawaban: D

    Pembahasan: Pangeran Cakrabuana merupakan anak pertama dari Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi merupakan raja dari Kerajaan Sunda-Galuh dan dia memerintah selama 39 tahun.

    Bagaimana Sobat Zenius, pasti kalian semakin mengerti materi tentang sejarah Kerajaan Cirebon, kan? Kalo elo punya pertanyaan atau pernyataan mengenai topik ini, jangan ragu langsung aja meluncur ke kolom komentar dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, sayonara!

    Baca Juga:

    Kehidupan Kerajaan Aceh dan Silsilahnya – Materi Sejarah Kelas 10

    Peradaban Romawi Kuno dan Peninggalannya – Materi Sejarah Kelas 10

    Bagikan Artikel Ini!