Info lengkap Fakultas Ilmu Komputer UI

Info, Syarat Masuk, dan Daya Tampung Fakultas Ilmu Komputer UI

Buat elo yang hobi ngotak-ngatik komputer, Fakultas Ilmu Komputer UI patut jadi pertimbangan elo, nih. Yuk, simak profil lengkap jurusan, syarat masuk, sampai daya tampung!

Kalau dengar nama Charle Babbage, Ada Lovelace, dan Alan Turing, gue langsung teringat jasa-jasa mereka di bidang teknologi komputer. Elo juga nggak, nih? Atau elo punya impian mengikuti jejak mereka jadi insinyur komputer berkaliber dunia?

Tentu saja, mimpi elo itu nggak mustahil. Kalau lihat sejarah, komputer pada awalnya cuma berfungsi sebagai mesin penghitung, lho. Mesin penghitung ini dulunya cuma bisa digunakan untuk mengoperasikan perhitungan aritmatika. 

Tapi, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, akhirnya mesin penghitung itu berubah jadi mesin serba bisa kayak sekarang!

Kalau melihat komputer sekarang yang semakin minimalis, elo bakal sadar deh, kalau ilmu pengetahuan udah berkembang sejauh apa. Nggak cuma fungsinya aja, cara mengoperasikan komputer juga tambah gampang. 

Karena itu, banyak banget orang yang tertarik buat belajar lebih jauh tentang ilmu komputer. Kalau elo salah satunya, Fakultas Ilmu Komputer UI (Universitas Indonesia) bisa elo pertimbangkan sebagai tempat kuliah.

Kayak gimana perkuliahannya? Yuk, simak informasinya!

Kenalan dengan Fakultas Ilmu Komputer UI

Fakultas Ilmu Komputer UI ternyata dulunya berbentuk jurusan dan berada di bawah Pusilkom yang sudah ada sejak tahun 1972. Udah lama banget, ya?

Setelah mendapatkan beberapa masukan dan desakan dari masyarakat, akhirnya didirikanlah Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI) pada tahun 1993.

Menariknya, di tahun 2021 Fasilkom UI mendapat peringkat ke-251 dari 300 peserta dalam Computer Science and Information Systems yang dibuat oleh QS World University Ranking! Keren banget nih, kalau elo bisa jadi salah satu mahasiswa.

Baca Juga: Seluk-beluk Dunia Perkuliahan Universitas Indonesia

Jurusan di Fasilkom UI

Seperti fakultas pada umumnya, Jurusan di Fasilkom UI punya tiga jenjang pendidikan yang bisa dipilih para calon mahasiswa. Ada sarjana (S1), magister (S2), dan juga doktor (S3).

Khusus elo yang mau lanjutin pendidikan ke jenjang sarjana (S1), ada 3 pilihan jurusan yang bisa dilihat pada infografis di bawah ini.

Info Jurusan Fasilkom UI
Informasi Jurusan Fasilkom UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Buat elo yang tertarik buat masuk kelas internasional, ada banyak banget keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari kesempatan kuliah di luar negeri, kursus bahasa Inggris secara intensif, dan dapat gelar B.Sc (Bachelor of Science).

Kelas internasional di Fasilkom UI juga menjalin kerja sama dengan kampus-kampus di luar negeri, yaitu:

  • The University of Queensland Australia
  • Australia National University
  • University of Birmingham
Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Program Studi S1 Fakultas Ilmu Komputer UI

Sama seperti kebanyakan prodi S1, perkuliahan mahasiswa S1 jurusan di Fasilkom UI memiliki beban studi sebanyak 144 SKS dengan lama studi kurang lebih 8 semester. Tapi, tentunya pembahasan di tiap jurusan bakal berbeda-beda sesuai konsentrasi keilmuannya. Seberapa beda, sih? Yuk, langsung aja!

  1. Jurusan Ilmu Komputer

Kalau milih jurusan ini, elo bakal belajar materi-materi seperti algoritma pemrograman, cara merancang dan memprogram website, rekayasa perangkat lunak, sistem komputasi, dan masih banyak lagi. 

Karena itu, elo bakal ketemu mata kuliah yang antara lain:

  • Kalkulus
  • Matematika Diskrit
  • Sistem Interaksi
  • Basis Data
  • Jaringan Komputer 

Setelah ada di semester tertentu, elo akan disuruh untuk memilih peminatan untuk mengembangkan keterampilan profesional elo. Peminatan yang bisa dipilih, yaitu:

  • Kecerdasan Artifisial
  • Infrastruktur dan Keamanan
  • Rekayasa Perangkat Lunak

Baca Juga: Strategi dan Tips Lolos SIMAK UI dari Zenius Education

  1. Jurusan Sistem Informasi

Sementara kalau elo mau pilih Jurusan Sistem Informasi, materi-materi yang bakal elo pelajari bakal mencakup penerapan teknologi sistem informasi yang bisa digunakan dalam suatu organisasi/perusahaan. 

Intinya, elo bakal belajar tentang cara mengetahui kebutuhan dan proses bisnis dalam suatu perusahaan sesuai dengan data-data yang ada. Setelah mengidentifikasi kebutuhan yang diminta, elo juga akan belajar membuat sistem informasi sesuai dengan kebutuhan tersebut. 

Mata kuliah yang bakal elo pelajari di jurusan ini, seperti:

  • Kalkulus
  • Manajemen Bisnis
  • Struktur Data dan Algoritma
  • Sistem Informasi Perusahaan dan Akuntansi
  • Komputer dan Masyarakat

Sama seperti Jurusan Ilmu Komputer, di jurusan ini juga punya peminatan yang wajib elo pilih di semester tertentu. Peminatan yang tersedia yaitu:

  • Tata Kelola SI/TI
  • E-Bisnis.

Gelar dari Fakultas Ilmu Komputer UI

Info gelar Fakultas Ilmu Komputer UI
Ilustrasi gelar Fakultas Ilmu Komputer UI (Sumber: Arsip Zenius)

Gelar yang bakal elo dapetin setelah lulus dari Jurusan di Fasilkom UI akan sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih, contohnya:

  • Gelar S.Kom untuk lulusan Sarjana Ilmu Komputer UI
  • Gelar M.Kom untuk lulusan Magister Ilmu Komputer UI
  • Gelar Dr untuk lulusan Doktor Ilmu Komputer UI

Baca Juga: Informasi Seleksi dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UI

Daya Tampung Fakultas Ilmu Komputer UI

Satu hal lagi yang wajib elo simak sebelum menentukan jurusan kuliah adalah daya tampung dan peminatnya, termasuk Jurusan di Fasilkom UI.

Setiap tahunnya, Fasilkom UI menyediakan tiga jalur pendaftaran nih, yaitu SNMPTN (jalur undangan), jalur SBMPTN atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan jalur SIMAK UI.

Khusus dua jalur tes tertulis, seperti SBMPTN dan SIMAK UI, elo harus mempelajari beberapa materi, seperti materi bahasa Inggris, Tes Potensi Skolastik (TPS), dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Sekarang kita lihat informasi jumlah daya tampung dan peminatnya, yuk.

Info daya tampung Jurusan di Fasilkom UI
Informasi daya tampung Jurusan di Fasilkom UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Ada juga beberapa persyaratan yang harus elo perhatikan sebelum elo milih kedua jurusan di atas, yaitu:

  1. Persyaratan Umum:
  • Lulusan SMA sederajat, maksimal 3 tahun terakhir dari masa pendaftaran.
  1. Persyaratan Kelas Internasional:
  • Lulusan SMA sederajat, maksimal 3 tahun terakhir dari masa pendaftaran.
  • Memiliki TOEFL Institusional bersertifikasi ETS (PBT 500 atau IBT 61 atau CBT 173) atau IELTS 5,5.

Gimana nih setelah baca informasi tentang Fasilkom UI tadi? Udah beneran yakin buat milih salah satu jurusannya? Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu, ya!

Selain itu, nggak ada salahnya buat gas belajar SIMAK UI dari sekarang. Seperti yang udah gue jabarkan, jalur SIMAK UI dapat kuota prioritas. Telusuri tiap info penting SIMAK UI mulai dari syarat, cara daftar, materi ujian, sampai jadwal pendaftaran dengan klik link di bawah ini.

Panduan Lengkap SIMAK UI

Uji juga sejauh mana pemahaman elo dengan latihan soal-soal SIMAK UI. 

Latihan Soal SIMAK UI

Udah ngulik panduan lengkap dan latihan soalnya, giliran elo untuk cobain try out SIMAK UI! Langsung klik banner di bawah ini aja, ya.

try out simak ui zenius

Referensi:

Persyaratan Pendaftaran – Jurusan di Fasilkom UI (https://simak.ui.ac.id/persyaratan-pendaftaran-program-studi.html)

Informasi Fasilkom UI 

(https://cs.ui.ac.id/)

Kelas Reguler – Fasilkom UI 

(https://simak.ui.ac.id/reguler.html)

Bagikan Artikel Ini!