sejarah, akreditasi, dan syarat masuk Fakultas Farmasi UNAIR

Sejarah, Akreditasi, & Syarat Masuk Fakultas Farmasi UNAIR

Satu syarat masuk Farmasi UNAIR yang wajib ada: tidak buta warna total atau parsial. Yuk, simak info lengkap Fakultas Farmasi UNAIR selengkapnya, mulai dari sejarah, akreditasi, daya tampung, dan syarat masuk!

Hai Sobat Zenius, di artikel kali ini gue akan ngajak elo kenalan dengan salah satu fakultas favorit di rumpun saintek. Fakultas ini dekat banget dengan Fakultas Kedokteran karena sama-sama mempelajari bidang kesehatan. Ada yang bisa tebak?

Well, sebenarnya dari judulnya aja udah ketahuan, sih. Kali ini, kita akan mengupas  Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR). 

Fakultas ini dikenal sebagai fakultas yang mencetak lulusan yang jago meramu obat-obatan.Tapi, masih banyak bidang kajian di Fakultas Farmasi UNAIR yang nggak kalah menarik, lho.

Penasaran? Makanya, yuk, simak informasi lengkapnya di sini, ya!

Kenalan dengan Fakultas Farmasi UNAIR

Sejarah Fakultas Farmasi UNAIR diawali dengan peresmian Jurusan Farmasi yang pada saat itu masih tergabung dengan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Menariknya, jurusan ini bisa naik status.

Kayak yang elo kenal hari ini, Fakultas Farmasi UNAIR bisa berdiri sebagai fakultas independen. 

Kegiatan perkuliahan pun dilaksanakan dengan menempati gedung Nanizar Zaman Joenoes, Kampus C UNAIR yang berlokasi di Jalan Mulyorejo, Surabaya.

Di sana Fakultas Farmasi UNAIR mengelola 6 jurusan! Mulai dari jenjang sarjana hingga profesi semua ada, lho. Nah, biar elo nggak kepo, berikut jurusan-jurusan yang ditawarkan Fakultas Farmasi UNAIR:

  1. Program Sarjana Farmasi
  2. Program Profesi Ilmu Farmasi
  3. Program Spesialis Farmasi
  4. Program Magister Ilmu Farmasi
  5. Program Magister Farmasi Klinik
  6. Program Doktor Ilmu Farmasi

Melansir dari kompas.com, pada SBMPTN 2021, Jurusan Farmasi UNAIR menempati peringkat dua jurusan yang paling banyak diminati, lho. Wah, meskipun satu-satunya jurusan pada jenjang sarjana di Fakultas Farmasi UNAIR, kualitasnya nggak diragukan lagi, nih! 

Memangnya, apa saja, sih, yang dipelajari di Jurusan Farmasi UNAIR? 

Baca Juga: Seluk Beluk Kuliah Jurusan Kedokteran dan Prospek Kariernya

Jurusan di Fakultas Farmasi UNAIR

Jurusan yang satu ini erat kaitannya dengan obat-obatan. Nggak cuma meramu obat, elo juga akan belajar berbagai macam bahan kimia, penggunaan obat yang telah diproduksi, hingga proses pengemasan obat. Bahkan proses pendistribusian obat pun akan elo pelajari di Jurusan Farmasi UNAIR. 

Nah, itu yang membedakan Jurusan Farmasi dengan Jurusan Kimia. Jurusan Farmasi memang masih nggak terlepas dari ilmu Kimia, tapi studinya khusus soal obat-obatan. 

Karena itu, lulusan Jurusan Farmasi lebih diproyeksikan sebagai apoteker yang bekerja berdampingan dengan dokter. Soalnya, spesialisasi keilmuannya memang mempelajari senyawa-senyawa kimia yang berkhasiat menyembuhkan penyakit.

Untuk meracik obat, tentu elo membutuhkan laboratorium, dong? Nah, Fakultas Farmasi UNAIR memiliki 8 laboratorium untuk menunjang kegiatan perkuliahan, lho, di antaranya:

Laboratorium di Fakultas Farmasi UNAIR
Laboratorium di Fakultas Farmasi UNAIR (Sumber: ff.unair.ac.id)

Lengkap banget, kan? Pastinya! Nah, biar elo makin kebayang apa yang akan elo pelajari, berikut beberapa mata kuliah Farmasi UNAIR:

  • Falsafah Kefarmasian
  • Kimia Analisis
  • Fisiologi-patofisiologi
  • Farmasi Klinik
  • Biofarmasi

Dan tentunya masih banyak mata kuliah menarik lainnya yang akan elo pelajari. Makin nggak sabar untuk berkuliah di Jurusan Farmasi, dong?

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas dan cek kampus yang cocok buat elo!

Akreditasi Jurusan di Fakultas Farmasi UNAIR

Ngomongin info kuliah, informasi terkait akreditasi pasti nggak pernah ketinggalan. Hal ini karena akreditasi merupakan bentuk jaminan jurusan, Sobat Zenius. Elo juga pasti pengen berkuliah di jurusan dengan mutu baik, dong?

Buat elo yang tertarik berkuliah di Jurusan Farmasi UNAIR, tenang! Karena, jurusan di bawah naungan Fakultas Farmasi UNAIR ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT, lho. 

Nggak hanya akreditasi nasional, akreditasi internasional seperti ASIIN (Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics) dan AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) pun berhasil disabet oleh Jurusan Farmasi UNAIR. 

Syarat Masuk Fakultas Farmasi UNAIR

Jangan sampai terlewat, Sobat Zenius. Terdapat beberapa syarat masuk farmasi UNAIR, lho. Catat informasi berikut, ya.

Syarat Masuk Fakultas Farmasi UNAIR
Syarat Masuk Fakultas Farmasi UNAIR (Sumber: ppmb.unair.ac.id)

Selain syarat umum, bagi elo yang tertarik berkuliah di Farmasi UNAIR, pastikan elo memenuhi syarat khususnya, ya, yaitu nggak buta warna total ataupun parsial, serta lulusan SMA/MA IPA, SMK Farmasi/Kesehatan. Oke? 

Baca Juga: Seleksi Mandiri UNAIR 2022 – Informasi Pendaftaran dan Jadwal

Daya Tampung Fakultas Farmasi UNAIR

Untuk menjadi bagian dari Fakultas Farmasi UNAIR, terdapat tiga jalur pendaftaran yang dapat elo ikuti. Mulai dari jalur SNMPTN atau undangan, jalur SBMPTN atau tes UTBK, dan jalur mandiri.

Tiap-tiap jalur pasti memiliki daya tampungnya masing-masing, dong. Dan tentunya elo harus bersaing dengan peminat lainnya untuk bisa mengisi kursi daya tampung jurusan ini. 

Sebagai gambaran, yuk, simak informasi peminat Jurusan Farmasi UNAIR di tahun sebelumnya serta daya tampung tahun 2022 di sini. Cek informasi berikut, ya!

Daya Tampung Jurusan di Fakultas Farmasi UNAIR
Daya Tampung Jurusan di Fakultas Farmasi UNAIR (Sumber: ppmb.unair.ac.id)

“Terus, passing grade Farmasi UNAIR berapa, sih?” Well, pertanyaan ini sering banget ditanyakan oleh calon mahasiswa. Padahal sebenarnya nilai passing grade, tuh, nggak ada, lho. Coba, deh, elo inget-inget. Ada nggak sih universitas yang memperlihatkan passing grade jurusannya secara resmi? 

Nilai passing grade baru akan diketahui ketika proses seleksi telah selesai. Untuk bisa menemukan nilai passing grade, penyelenggara baru bisa menghitung ketika data peserta SBMPTN 2022 dan jumlah daya tampungnya telah diketahui.

Itulah mengapa elo nggak boleh berpatokan pada passing grade, karena universitas nggak secara resmi membeberkan informasi passing grade jurusan, Sobat Zenius.

Baca Juga: Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi

Nah, buat elo yang lagi ikutan UTBK 2022 gelombang 1, semangat berjuang! 

Elo masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Makin banyak latihan, pasti makin oke dong persiapannya. Yap, karena ada banyak variasi ujian masuk, elo harus terbiasa mengerjakan berbagai tipe soal. Ikutan Zenius Ultima Bootcamp supaya lo makin pede menghadapi ujian masuk kampus impian. Langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Ikut SBMPTN 2022? Ini 10 Prodi Saintek dan Soshum UNAIR Paling Diminati – Kompas.com (2022)

Informasi – Fakultas Farmasi UNAIR (https://ff.unair.ac.id/)

Syarat Masuk – Fakultas Farmasi UNAIR (https://ppmb.unair.ac.id/)

Akreditasi – Jurusan Farmasi UNAIR (https://akreditasi.bpm.unair.ac.id/)

Daya Tampung – Fakultas Farmasi UNAIR (https://ppmb.unair.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!