Cerita Tiga Sekawan menghitung hutang Pak Kepeng

Hutang Pak Kepeng (Episode 3) – Cerita Tiga Sekawan

ZenParents, petualangan Tiga Sekawan, Gika, Maji, dan Aksa kembali berlanjut. Masih ingat, kan, bagaimana keseruan mereka dalam mencari istana rahasia di episode sebelumnya?

Di cerita kali ini, Gika dan Maji bermain ke rumah Aksa. Sepulangnya dari sana, keduanya tidak sengaja bertemu Pak Kepeng dan membantu menghitung hutangnya.

Hutang Pak Kepeng kepada Ibu Nana, pemilik warung kelontong, sudah cukup menumpuk. Karena itu, Pak Kepeng pergi ke Warung Bu Nana dan berniat untuk membayarnya. 

Namun, karena uang yang dimiliki tidak sebanyak total hutang di catatan Ibu Nana, Pak Kepeng akhirnya tidak jadi melunasinya. Ibu Nana kemudian marah karena merasa Pak Kepeng sudah membohonginya.

Dibantu oleh Gika dan Maji, bagaimana solusi untuk permasalahan hutang Pak Kepeng pada Ibu Nana? Cari tahu ceritanya yuk, ZenParents!

Video Tentang Hutang Pak Kepeng

Berbicara tentang hutang Pak Kepeng, saya punya pertanyaan untuk ZenParents. Sudahkah ZenParents mengajarkan konsep uang ke anak?

Sebagai orang tua, sudah seharusnya kita mengajari anak tentang nominal uang dan bagaimana cara menabung. Sehingga sejak kecil, ZenKids sudah memahami fungsi uang dengan baik.

Salah satu cara untuk mengajarkan anak tentang konsep dan fungsi uang adalah dengan mengajak mereka untuk menabung
Menabung menjadi cara efektif untuk mengajarkan konsep uang ke anak. (Arsip Zenius)

Secara sederhana, ZenParents bisa mengajak anak untuk berbelanja di pasar atau warung. Minta mereka untuk bantu menyerahkan uang ke penjual, serta menghitung total harga dan jumlah kembalian. Dengan begini, rasa keingintahuan anak tentang uang mulai muncul.

Seperti halnya Gika dan Maji. Meskipun masih kecil, keduanya sudah tahu bagaimana cara menggunakan uang dengan benar. Bahkan, mereka membantu menyelesaikan masalah keuangan Pak Kepeng dengan menghitung selisih catatan hutangnya.

ZenParents mau tahu bagaimana cara Gika dan Maji membantu menghitung jumlah hutang Pak Kepeng? Yuk, tonton Cerita Tiga Sekawan di bawah ini bersama ZenKids!

Baca Juga: Hari Pertama Sekolah (Episode 1) – Cerita Tiga Sekawan

Cara Gika dan Maji Menghitung Hutang Pak Kepeng

Bagaimana ZenParents? Sudah melihat cara Gika dan Maji dalam menghitung hutang Pak Kepeng?

Sepulang sekolah, Aksa mengajak Gika dan Maji untuk bermain di rumahnya. Di sana, Aksa menceritakan ketertarikannya dengan teknologi dan keinginannya untuk mengikuti sebuah kompetisi.

Di perjalanan dari rumah Aksa, Gika dan Maji bertemu dengan Pak Kepeng yang terlihat sedang terburu-buru. Ternyata, dia baru saja dikejar oleh Ibu Nana yang menagih Pak Kepeng untuk melunasi hutang miliknya.

Pak Kepeng akhirnya menceritakan masalahnya ke Gika dan Maji. Ada sedikit perbedaan jumlah antara catatan hutang Pak Kepeng dengan milik Ibu Nana. Pak Kepeng kebingungan, bagaimana bisa kedua catatan itu punya perbedaan.

Melihat Pak Kepeng yang kesulitan, Gika dan Maji berniat untuk membantu. Di rumah Pak Kepeng, mereka mencari di mana letak perbedaan catatan hutang Pak Kepeng dengan Ibu Nana. 

Gika dan Maji membantu menghitung selisih hutang Pak Kepeng
Selisih catatan hutang Pak Kepeng dengan catatan milik Ibu Nana. (Arsip Zenius)

Dari perhitungan Gika dan Maji, ada selisih Rp22.000 antara catatan hutang Pak Kepeng dengan catatan Ibu Nana. Tapi, mereka masih bingung, kenapa ada perbedaan itu?

Setelah ditelusuri, ternyata selisih tersebut adalah hutang Alek, seorang pedagang keliling yang berteman dengan Pak Kepeng. Berdasarkan pengakuan Alek, dia berhutang ke Warung Bu Nana atas nama Pak Kepeng. Pantas saja, ada perbedaan di catatan hutang Pak Kepeng dengan Ibu Nana.

Yeay! Masalah selisih hutang Pak Kepeng sudah terpecahkan. Tapi, Gika dan Maji masih punya satu tugas lagi, yaitu membantu Pak Kepeng menghitung besarnya cicilan hutang yang harus dibayarkan.

Selain di Ibu Nana, Pak Kepeng juga mempunyai hutang di Bang Ucok. Agar pembayarannya tidak terasa berat, Pak Kepeng berniat untuk mengangsur hutangnya.

ZenParents, coba tanyakan ke anak, berapa total uang yang harus dibayarkan Pak Kepeng ke Ibu Nana dan Bang Ucok? Dari sini, kita bisa lihat sampai mana pemahaman anak setelah menonton video Cerita Tiga Sekawan.

Cara menghitung cicilan hutang Pak Kepeng dan besaran yang harus dibayarkan sebanyak tiga kali
Cicilan hutang Pak Kepeng ke Ibu Nana dan Bang Ucok. (Arsip Zenius)

Jadi, Pak Kepeng ingin melakukan cicilan pembayaran hutang sebanyak tiga kali, masing-masing ke Ibu Nana dan Bang Ucok. Pertama, Gika dan Maji menjumlahkan total hutang yang Pak Kepeng miliki. Setelah itu, mereka membagi tiga jumlahnya. Hasil pembagian inilah yang menjadi besaran cicilan yang harus Pak Kepeng bayarkan.

Setelah semua perhitungan hutang Pak Kepeng selesai, Gika, Maji, dan Pak Kepeng pergi ke Warung Bu Nana. Di sana, mereka menjelaskan kenapa bisa terjadi perbedaan catatan hutang.

Tak lupa, Pak Kepeng juga menyampaikan keinginannya untuk membayar hutang dengan cicilan ke Ibu Nana. Beruntung, Ibu Nana memahami kondisi Pak Kepeng dan menerima cara pembayaran hutang Pak Kepeng.

Berkat bantuan Gika dan Maji, masalah hutang Pak Kepeng berhasil mendapatkan solusi. Tidak hanya menceritakan petualangan Tiga Sekawan yang seru, cerita Gika dan Maji juga membantu anak Ayah dan Ibu untuk belajar, lho. Kenapa demikian?

Baca Juga: 5 Cara Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

Hutang Pak Kepeng (Episode 3) - Cerita Tiga Sekawan 17
Hutang Pak Kepeng (Episode 3) - Cerita Tiga Sekawan 18

Belajar dari Masalah Hutang Pak Kepeng

ZenParents, sadar tidak? Dari video Cerita Tiga Sekawan episode Hutang Pak Kepeng ini, anak bisa belajar banyak hal baru. Salah satunya adalah tentang konsep uang yang sebelumnya sudah disebutkan.

Bukan berarti kita mengajarkan anak untuk berhutang, ya. Tapi, dari cerita Gika dan Maji, anak bisa belajar perhitungan Matematika tentang uang. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, sampai pembagian. Mereka akan mengenal bagaimana cara menghitung dan memanfaatkan uang dengan semestinya.

Hal tersebut ditunjukkan oleh Gika dan Maji yang mencari tahu selisih hutang Pak Kepeng, menelusuri penyebabnya, serta menghitung cicilan hutang selama tiga kali pembayaran. Dari sini, masalah hutang Pak Kepeng berhasil dipecahkan dan kesalahpahaman antara Pak Kepeng dengan Ibu Nana juga bisa diselesaikan.

besarnya cicilan yang harus dibayar Pak Kepeng ke Ibu Nana untuk melunasi hutangnya
Maji, Pak Kepeng, dan Gika menjelaskan besarnya cicilan yang harus dibayar ke Ibu Nana. (Arsip Zenius)

Selain mengenal konsep uang dan Matematika, anak juga bisa mencontoh sikap tolong menolong yang dilakukan Gika dan Maji, Meskipun keduanya lelah sepulang sekolah dan bermain, mereka tetap membantu Pak Kepeng yang kesulitan.

Baca Juga: 6 Aplikasi Game Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak

Menurut Ayah dan Ibu, pelajaran apa lagi yang bisa didapatkan anak dari menonton video Cerita Tiga Sekawan episode ini? Yuk silahkan tulis di kolom komentar.

Tidak hanya membantu menghitung hutang Pak Kepeng, cerita Gika, Maji, dan Aksa masih terus berlanjut dalam seri video Cerita Tiga Sekawan dari ZeniusLand. Lewat video tersebut, anak Ayah dan Ibu bisa belajar konsep baru dengan cara yang menyenangkan.

Ingin tahu informasi selengkapnya tentang ZeniusLand? Klik gambar di bawah ini, ya!

Belajar Rasa Main ZeniusLand

Referensi

Komik Perencanaan Keuangan Mr. Edu – Mike Rini Sutikno, Putri Dewi, Andi Zaenuddin (2010)

Financial Parenting: Menjadikan Anak Cerdas dan Cermat Mengelola Uang – Seto Mulyadi, Lutfi Trizki (2012)

Bagikan Artikel Ini!