penilaian tengah semester

Apa sih Fungsi Penilaian Tengah Semester dalam Hasil Belajar Siswa?

Halo Sobat Zenius, apa kabar nih? Udah siap menyambut penilaian tengah semester (PTS)? Iya gue tau kok, elo tuh semangat belajarnya selalu membara. 

Gue yakin deh Sobat Zenius tuh bintang kelas! Tapi elo udah tau kan kalau fungsi ulangan tengah semester ini untuk kenaikan kelas? Yuk lah kita bahas lebih mendalam.

Apa Itu PTS

Penilaian tengah semester adalah penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester. PTS biasanya dilaksanakan pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. 

Materi yang diujikan mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS memiliki beberapa fungsi dan tujuan. Nanti gue jelaskan di bawah ya, Sobat Zenius.

Proses penilaian hasil belajar ini sebetulnya sama seperti yang dulu kita kenal sebagai ulangan tengah semester. Hanya saja Penilaian Tengah Semester dilaksanakan hanya pada semester ganjil, dan pengambilan nilai kini dilakukan secara online sesuai konsep dari sistem penilaian yang resmi dikeluarkan oleh Kemendikbud. 

Hal tersebut sudah tertera pada konsep Merdeka Belajar periode satu sejak adanya pandemi Covid-19.

Konsep merdeka belajar periode satu mencakup penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang dikenal juga USBN dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah atau UN yang resmi ditiadakan sejak pandemi. 

Tujuan dan Fungsi Penilaian Tengah Semester 

Nah, kalau sudah tahu apa itu PTS, sekarang saatnya kita bahas tentang fungsi penilaian hasil belajar dari PTS, antara lain:

  1. Untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran serta penilaian tengah semester ganjil.
  2. Mengetahui apakah materi yang sudah diberikan oleh guru setiap mata pelajaran selama setengah semester berlangsung pada kegiatan belajar mengajar sudah dipahami dengan baik atau belum.
  3. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan.
  4. Sarana membangun motivasi untuk belajar lebih giat lagi.

Adapun tujuan dari PTS, antara lain: 

  1. Bentuk evaluasi untuk mengetahui capaian siswa
  2. Tentunya berfungsi sebagai pendorong peningkatan mutu belajar
  3. Sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara umum

Tips Sukses Penilaian Tengah Semester

Mungkin elo bosen ya baca-baca hal teknis seperti di atas. Sepertinya elo tuh lebih suka bukan sekadar bahas apa itu PTS, tapi lebih ke tips belajar, terus latihan soal. Bener nggak? Hehehe… gue berusaha memahami elo nih. 

Ya udahlah tidak perlu berlama-lama, lanjut aja ke tips.

Belajar yang Rutin

Namanya juga menghadapi ulangan tengah semester, hal utama sebagai pelajar yang harus elo lakuin adalah belajar. Biar persiapan Ujian Tengah Semester elo makin optimal, elo bisa meningkatkan fundamental skill di Zenius. 

Tujuannya, biar elo nggak cuma bisa mengerjakan soal-soal ujian, tapi juga paham konsep materi sampai ke akar-akarnya. Elo bisa cek tingkat fundamental skill lo di sini.

Membuat Jadwal Belajar yang Efektif

Sobat Zenius sudah pada tahu kan waktu kerja optimal bagi otak? Coba perhatikan ilustrasi di bawah ini:

penilaian tengah semester
Waktu kerja optimal otak (Dok. Zenius)

Dari ilustrasi di atas, elo jadi tahu kan bagaimana cara mengatur jadwal belajar yang efektif? Apalagi buat menghadapi ujian seperti Penilaian Tengah Semester (PTS). Pakai juga rumus belajar yang 50:10, yaitu 50 menit belajar, 10 menit istirahat. Kemudian, elo boleh lanjut belajar lagi 50 menit, istirahat setelahnya.

Kemudian tentuin skala prioritas materi yang belum elo mengerti ke materi yang sudah benar-benar dikuasai. Tentuin juga dalam satu hari elo mau belajar materi apa aja sesuai dengan skala prioritas tadi.

Kurangi Bermain

Siapa nih yang suka main game online sampai larut malam? Alangkah baiknya menjelang Penilaian Tengah Semester aktivitas bermain game online ataupun tidak dikurangi ya, Sobat Zenius. 

Elo harus mulai fokus ke PTS dan memperbanyak waktu belajar. Karena keseringan bermain game ini ternyata mengurangi produktivitas kinerja otak untuk lebih fokus.

Nanti kalau serangkaian ujian yang banyak ini sudah benar-benar selesai, elo bisa deh balik ke handphone dan main game online lagi.

Jaga Kesehatan

Poin ini nggak kalah pentingnya dengan tips menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) yang lain. Sayang rasanya, sudah susah-susah belajar, eh elo malah sakit di hari H. Maka dari itu, usahakan tidak memforsir diri saat belajar ya, Sobat Zenius.

Belajar mati-matian sih memang perlu, tapi elo harus tahu cara mengukur kapasitas tubuh. Kalau sudah merasa lelah dan jenuh, nggak ada salahnya buat bersantai sejenak sembari beristirahat. Kalau elo terlalu memforsir diri, justru bakal makin sulit mengingat materi pelajaran, lho. 

Selain istirahat yang cukup, elo juga perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih yang banyak. Kalau perlu, elo juga bisa mengkonsumsi suplemen dan vitamin penunjang agar kondisi tubuh makin fit menjelang ulangan tengah semester. 

Perbanyak Latihan Soal

Ini dia nih tips pamungkas yang nggak boleh elo sepelekan. Dengan memperbanyak latihan soal, elo punya banyak referensi dan variasi soal-soal ujian, termasuk ujian Penilaian Tengah Semester (PTS). 

Bisa banget manfaatin fitur latihan soal yang ada di Zenius. Sebagai bimbel online terbaik, Zenius punya banyak latihan soal yang selalu di-update dan disesuaikan dengan jenis atau metode belajar terbaru, lho. 

Buat memperkaya pemahaman materi PTS, elo bisa klik link Persiapan Penilaian Tengah Semester (PTS) ini. Atau kalau ada materi yang belum elo pahami betul, bisa klik di sini untuk mempelajarinya lebih dalam dengan bantuan video atau ikuti live class Zenius.

Baiklah Sobat Zenius, selamat belajar lebih banyak untuk menghadapi PTS. Semoga sukses dan dapatkan nilai maksimal sesuai dengan yang ingin dicapai. Jaga kesehatan. See you!

Originally published: December 14, 2021
Updated by: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!