Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1

PTS KIMIA Kelas 11 (Arsip Zenius)

Hai Sobat Zenius, apa kabar nih PTS nya? Kabar baik dong ya, elo udah belajar belum untuk PTS Kimia kelas 11? Kesempatan elo nih untuk belajar lebih banyak lagi!

Siapa nih yang paling anti sama pelajaran kimia. Nggak baik deh terlalu benci gitu, soalnya benci itu kependekan dari bener-bener cinta. Eh fokus fokus, untuk mempersiapkan elo menghadapi PTS gue bakal contoh soal beserta pembahasannya.

Materi PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 ada apa aja sih? Yuk simak berikut ini.

Hidrokarbon dan Minyak Bumi

Gas Ideal dan Kinetika Gas

Termokimia

Cukup banyak juga ya materi semester 1 nya. Tapi tenang aja abis ini kita belajar bareng-bareng contoh soal PTS Kimia kelas 11 semester 1 dan pembahasannya di bawah ini!

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1

Contoh Soal 1

Topik: Isomer dan Tata Nama Alkana

Senyawa dengan rumus Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 241 diberi nama ….

A. 2-metil-4-(tert-butil)heksana

B. 2-(tert-buti)l-2-metilheksana

C. 4-etil-2,5,5-trimetilheksana

D. 3-etil-2,2,5-trimetilheksana

E. 2,2,5-trimetil-3-etilheksana

Pembahasan:

Untuk bisa menjawab soal di atas yuk kita bikin rantai karbonnya dulu. Jadi kayak gini nih.

Rantai karbon (Arsip Zenius)
Rantai karbon (Arsip Zenius)

Kalau dilihat dari soal CH mengikat CH3 sebanyak dua kali, lalu ada CH2, lalu ada CHyang mengikat C2H5 sehingga cabangnya CH2 dan CH3, kemudian yang terakhir C mengikat 3 CH3. Rantai di atas berdasarkan ini ya!

Karena nggak ada ikatan rangkap, berarti ini termasuk alkana ya. Kita cek dulu mana yang menjadi rantai terpanjang alias rantai utama. Kita dapati rantai utamanya adalah berikut ini

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 242

Sebelum masuk ke penamaan, elo perlu nomorin dulu nih dari ujung ke ujung. Di mulai dari ujung yang mana? Jadi yang elo pilih adalah yang paling dekat dengan cabang, cek rantai karbon di awal tadi. Karena sama-sama dekat dengan cabang, jadi gimana nih milihnya. Kita bisa memilih dengan melihat mana yang memiliki jumlah nomor cabang paling kecil.

Okay, perhatikan gambar di bawah ya. Nomorin dulu tuh mulai dari satu dari kiri, dan satu dari kanan. Lalu tulisin angka di mana terdapat cabang, kayak dari kiri, cabang ada di nomor 2, 4, 5, 5. Nomor 5 ditulis dua kali karena ada cabang di atas dan bawah ya. Kalau di kiri ada 2, 2, 3, 5.

Penamaan alkana (Arsip Zenius)
Penamaan alkana (Arsip Zenius)

Nomor tadi elo tambahin tuh. Dari situ bisa tau tuh mana nomor cabang yang lebih kecil. Di soal kali ini yang lebih kecil adalah penomoran dari sebelah kanan, maka penamaan dimulai dari ujung kanan ya!

Penyusunan nama cabang rumusnya gini nih: nomor cabang – nama cabang – nama rantai utama. Elo tinggal beri nama cabangnya atau alkil, kalau lupa inget-inget penamaan alkana deh, tinggal diganti ana nya jadi kil.

Alkil atau cabangnya terdapat 3 metil, sehingga diberi nama trimetil. Trimetil ini ada di nomor berapa aja? Yups di 2, 2 dan 5.  Lalu ada pula 1 cabang Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 243 dan Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 244 yang diberi nama etil pada nomor 3. Lalu nama rantainya adalah heksana karena memiliki 6 karbon Lalu nama rantainya adalah heksana karena memiliki 6 karbon.

Udah deh tinggal masukin sesuai rumus, untuk menulis alkil setelah nomor sesuai abjad ya. Dari yang kita dapat di atas kita tulis gini 3-etil-2,2,5-trimetil heksana.

Jawaban: D

Baca juga : Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Contoh Soal 2

Topik: Minyak Bumi

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 245
Fractional distillation of crude oil diagram illustration

Dari gambar tersebut terdapat beberapa tahapan pengolahan minyak mentah. Proses pengolahan minyak mentah yang menghasilkan bensin dengan kualitas paling tinggi berada pada suhu ….

A. kurang dari 85 ℉

B. 85 – 185 ℉

C. 185 – 350 ℉

D. 350 – 450 ℉

E. 650-1050 ℉

Pembahasan:

Gambar di atas merupakan proses fraksinasi minyak mentah. Sekarang coba kita lihat satu-satu ya, di paling atas Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 246 yang akan keluar pertama adalah gas. Lalu di Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 247 yang akan keluar adalah bensin.

Lanjut ke lapisan berikutnya, Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 248 yang keluar adalah Naftalena. Di Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 249 ada Kerosin atau Avtur yang biasa dipakai sebagai bahan bakar pesawat. Selanjutnya, pada Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 250yang akan keluar adalah diesel.

Pada Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 251 yang akan keluar adalah pelumas atau oli. Yang terakhir Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 252 yang keluar adalah residunya berupa aspal.

Lalu di suhu berapa menghasilkan bensin? Yups elo udah tau jawabanya dari melihat proses fraksinasi di atas.

Jawaban: B

Pelajari juga: Pembentukan Minyak Bumi

Contoh Soal 3

Topik: Hukum-Hukum yang Berkaitan dengan Gas Ideal

Tangki yang berisi campuran gas-gas seperti: metana, etana, dan propana mengalami kebocoran gas. Pernyataan yang benar terkait jarak jangkauan penyebaran gas-gas pencemar tersebut jika dianggap cuaca tidak berangin adalah ….

A. jarak jangkauan ketiga gas tersebut sama

B. jarak jangkauan gas metana paling jauh

C. jarak jangkauan gas etana paling jauh

D. jarak jangkauan gas propana paling jauh

E. jarak jangkauan gas tidak dapat diprediksi

Pembahasan:

Kali ini kita ngomongin senyawa hidrokarbon yang berbentuk gas dan pertanyaannya soal jarak jangkauan mana yang tepat. Maka yang akan kita gunakan adalah atau massa jenis. 

Sekarang coba masukin ke persamaan dari gas ideal yuk.

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 253

Inget, n masih bisa dipecah tuh

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 254 Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 255

Sampai sini elo bisa gantiContoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 256 jadi Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 257, lanjutin pake pindah ruas ya.

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 258

Dari persamaan ini akan kita kaitkan massa jenis atau Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 259 dengan Mr dari ketiga gas yang tadi. Dari sini kita dapati Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 260 , atau nilainya akan setara.

Gas- gas tadi kan berada dalam tangki nih. Masih inget nggak semakin besar massa jenisnya maka ia akan semakin berada di bawah, kalau berdasarkan gas di atas maka propana akan ada di dasar tangki dan metana ada di paling atas.

Kalau tangkinya bocor yang keluar duluan yang metana dong secara gas ini berada paling atas. Nah, karena propana yang akan paling lama keluar maka jarak jangkauannya pun menjadi yang paling dekat. 

Nah, dari sini bisa kita simpulkan karena dari Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 261, maka gas metana dengan massa jenis paling rendah akan memiliki jangkauan paling jauh.

Jawaban: B

Baca juga: Hukum Gay Lussac: Rumus, Contoh Soal dan Penerapannya

Contoh Soal 4

Topik: Persamaan Gas Ideal dan Gas Nyata

Dilakukan pembakaran asetilena secara sempurna. Jika volume semua gas-gas diukur pada suhu dan tekanan sama, maka berapakah rasio asetilena/O2 pada persamaan reaksi tersebut yang telah disetarakan?

A. 2/1

B. 3/2

C. 5/2

D. 3/1

E. 2/5

Pembahasan:

Nama lain dari asetilena adalah etuna atau Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 262. Nah keliatan kan bentuknya adalah hidrokarbon, lalu dilakukan pembakaran dan direaksikan dengan Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 263.

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 264

Dari step ini kita lanjut menyetarakan koefisiennya.

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 265

Sekarang masuk ke perbandingannya yaitu Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 266 / Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 267. Tinggal masukin deh tuh koefisien masing-masing, jadilah yang berikut ini.

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 268

Jawaban: C


Pelajari juga: Persamaan Gas Ideal dan Gas Nyata

Contoh Soal 5

Topik: Menentukan Perubahan Entalpi Reaksi

Diketahui reaksi pembakaran:

C2H2(aq) + O2(g) → CO2(g) + 2H2O(g) ΔH = – 120 kJ.

Pada pembakaran 11,2 liter C2H2, keadaan standar ….

A. membebaskan 240 kJ

B. memerlukan 240 kJ

C. menyerap 60 kJ

D. melepas 60 kJ

E. entalpi sistem berkurang sebesar 120 kJ

Pembahasan:

Berdasarkan yang telah diketahui  ΔH = – 120 kJ adalah untuk 1 mol. Makanya kita perlu tau dulu nih berapa mol untuk pembakaran 11,2 liter C2H

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 269

Untuk tau sebanyak apa yang dibebaskan atau diperlukan, elo tinggal kalikan dengan  ΔH yang udah diketahui tadi.

 ΔH = – 120 . 12 = – 60 kJ

Nah karena dia minus maka dia adalah eksoterm atau akan melepas energi. Sudah tau dong ya jawabannya yang mana.

Jawaban: D

Baca juga: Materi Termokimia Kelas 11

Contoh Soal 6

Topik: Menentukan Perubahan Entalpi Reaksi

Perubahan entalpi (ΔH) standar pembentukan karbon monoksida dan karbon dioksida masing-masing adalah -110 kJ/mol dan -393 kJ/mol. Gunakan dua harga entalpi tersebut untuk menghitung (dalam kJ/mol) perubahan entalpi standar dari reaksi:

C + CO2 → 2CO

A. -503 kJ/mol

B. -283 kJ/mol

C. +283 kJ/mol

D. -173 kJ/mol

E. +173 kJ/mol

Pembahasan:

Sebelumnya kita tulis dulu yang diketahui ya.

 ΔHf CO = -110 kJ/mol

 ΔHf CO2= -393 kJ/mol

Pertanyaannya adalah ΔH dari reaksi C + CO2 → 2CO. Inget nih kalau kayak gini tinggal kita hitung produk yang merupakan hasil dari reaksi dikurang dengan reaktan.

2 ΔHf CO –  ΔHf CO2

Lho, C nya kok nggak ada sih. C di sini merupakan unsur bebas ya, yang berarti nilainya 0. Lanjut masukin angka-angka dari yang udah diketahui.

2 ΔHf CO –  ΔHf CO2

2 (-110) – (-393) = + 173 kJ/ mol

Jawaban: E

Pelajari juga: Persamaan Termokimia dan Jenis Perubahan Entalpi

Kita udah mencapai akhir dari contoh soal PTS Kimia kelas 11 semester 1. Nggak mudah ya ngerjainnya, soalnya elo harus paham teori sekaligus kuat diitungan. Tapi kalau elo rajin latihan soal gue yakin kok ini nggak bakal sesusah itu.

Biar makin yakin menghadapi PTS Kimia, lanjut kerjain soal lainnya dengan klik banner di bawah ini ya!

soal pts fisika kelas 11
Yuk lanjut kerjain yang lain!

Buat elo yang ingin meningkatkan prestasi di sekolah, yuk cobain paket belajar Zenius. Elo bisa dapetin manfaat seru kayak Live Class bareng Zen Tutor, kumpulan latihan soal buat asah kemampuan, dan ada juga try out untuk mempersiapkan elo di ujian sekolah. Paket yang pas banget buat elo yang ingin melejit di sekolah. Simak info lengkapnya di bawah ini ya!

Contoh Soal PTS Kimia Kelas 11 Semester 1 270

Semangat terus belajarnya, Sobat Zenius!

Bagikan Artikel Ini!