Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan

contoh soal pts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

Hi, Sobat Zenius! Udah mulai persiapan belum, nih, menghadapi ujian tengah semester buat mata pelajaran bahasa Indonesia? Kalau belum punya bahan pembelajaran, gue mau ngasih tahu ke elo beberapa contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 dan pembahasan lewat artikel ini.

Yap, mata pelajaran bahasa Indonesia identik dengan jawaban jebakan. Dalam mengerjakannya, kita perlu sangat teliti dalam membacanya supaya tidak salah pilih.

Skill membaca cepat tentu sangat diperlukan saat mengerjakan soal cerita. Nah, supaya elo terlatih dari sekarang, ada baiknya mulai mempelajari beberapa contoh soalnya terlebih dahulu.

Sebelum beranjak ke contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1, gue mau ngasih tahu ke elo beberapa daftar materi bahasa Indonesia kelas 11 semester 1.

Yuk, simak bareng-bareng!

Daftar Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1

Teks Prosedur

Teks Eksplanasi

Teks Ceramah

Cerita Pendek

Oh iya, semua materi di atas bisa Sobat Zenius pelajari langsung lewat video pembelajaran dari Zenius, ya!

Elo tinggal menuju website Zenius.net, kemudian pilih menu belajar dan cari mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 11.

Nantinya, elo akan ditampilkan menu seperti ini. Tinggal klik deh mana yang mau dipelajari terlebih dahulu.

contoh soal pts bahasa indonesia kelas 11 semester 1
Ilustrasi tampilan website Zenius (Dok. Zenius)

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Topik: Teks Prosedur

Berikut ini yang merupakan ciri teks prosedur ialah …

A. bersifat fiksi

B. berisi langkah-langkah

C. berisi sindiran

D. berisi ulasan

E. berisi pengajuan

Pembahasan:

Buat menjawab contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 di atas, elo harus ingat dulu, nih, apa, sih, teks prosedur itu?

Yap, teks prosedur yaitu teks yang berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu supaya tujuannya tercapai.

Kira-kira dari jawaban di atas, mana yang cocok sama petunjuk? Jelas ya jawabannya yang benar B, yaitu berisi langkah-langkah.

Jadi, setiap ada teks prosedur pasti akan berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guna mencapai suatu tujuan tertentu.

Untuk jawaban A itu lebih ke teks karangan karena berisi fiksi. Lalu, jawaban C merupakan teks anekdot karena berisi sindiran.

Kemudian, jawaban D mengarah ke teks resensi karena berisi ulasan. Dan yang terakhir jawaban E lebih ke teks proposal karena berisi pengajuan.

Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur

Contoh Soal 2

Topik: Teks Prosedur

contoh soal pts bahasa indonesia kelas 11 semester 1
Ilustrasi mau interview (Dok. Zenius)

Seleksi masuk ke perusahaan biasanya terdiri dari proses berlapis. Dari sekian lapisan tersebut, ada satu hal yang cukup menentukan, yaitu pertanyaan wawancara kerja. Pada sesi wawancara, kamu sebagai pelamar akan bertemu dengan pihak HRD, bahkan langsung berhadapan dengan direktur. Kadang, ada saja pertanyaan wawancara yang gampang-gampang susah untuk dijawab. Oleh karena itu, teks ini akan membahas tips menjawab pertanyaan saat wawancara.

(Diadaptasi dari glints.com)

Pernyataan yang sesuai pada teks prosedur di atas ialah ….

A. pelamar akan bertemu customer service saat wawancara

B. pertanyaan saat wawancara tidak terlalu penting

C. seleksi masuk ke perusahaan terdiri dari proses yang berlapis

D. pelamar tidak mungkin bertemu direktur saat wawancara

E. pertanyaan wawancara sangat sulit untuk dijawab

Pembahasan:

Mari kita bedah satu-satu jawaban di atas. Untuk jawaban A jelas tidak sesuai, ya, dengan teks di atas karena pelamar akan bertemu dengan pihak HRD, bukan customer service saat wawancara.

Jawaban B juga tidak benar karena di teks tertulis salah satu hal yang menentukan saat proses wawancara yaitu pada sesi wawancaranya.

Jawaban C merupakan jawaban yang benar karena di teks disebutkan kalau seleksi masuk perusahaan itu terdiri dari proses yang berlapis.

Eits, tapi kita coba liat dulu jawaban D dan E. Ternyata, jawaban D salah karena di dalam teks mungkin saja bertemu direktur saat wawancara.

Kemudian, jawaban E juga salah karena pertanyaan wawancara gampang-gampang susah, jadi bukan sangat sulit untuk dijawab.

Jadi, jawaban C benar, ya!

Baca Juga: Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks, dan Protokol

Contoh Soal 3

Topik: Teks Deskriptif

Berikut ini yang bukan merupakan ciri kalimat deskriptif ialah …

A. diakhiri tanda titik

B. intonasi datar

C. berisi penggambaran objek

D. diakhiri tanda tanya

E. banyak ditemukan kata sifat

Pembahasan:

Nah, untuk menjawab contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 di atas, elo perlu tahu dulu, nih, apa itu kalimat deskriptif.

Buat elo yang lupa, kalimat deskriptif yaitu kalimat yang menerangkan suatu objek dengan sejelas-jelasnya.

Contoh kalimat deskriptif yaitu:

“Pilihlah buat stroberi berukuran besar, berwarna merah cerah, beraroma segar, dan tidak lembek saat ditekan”.

Dari contoh di atas, kita sesuaikan, nih, sama jawaban di atas mana yang bukan ciri kalimat deskriptif.

Dari jawaban A sampai C itu merupakan ciri kalimat deskriptif ya karena kalimat di atas diakhiri tanda titik, intonasinya datar, dan menggambarkan suatu objek, yaitu stroberi.

Kemudian, jawaban D salah ya karena kalimat di atas tidak ditandai tanda tanya. Kemudian, kalimat E juga merupakan ciri kalimat deskriptif karena banyak ditemukan kata sifat, yaitu segar, merah cerah, besar, dll.

Jadi, yang bukan ciri kalimat deskriptif yaitu jawaban D, diakhiri tanda tanya.

Baca Juga: Pengertian Teks Deskripsi

Contoh Soal 4

Topik: Teks Eksplanasi

Manakah pengertian yang tepat untuk teks eksplanasi?

A. Teks yang berisi ulasan suatu karya, seperti novel, drama, puisi, dan karya lainnya

B. Teks yang berisi tentang proses sebab akibat terjadinya fenomena alam, ilmu sosial, ilmu pengetahuan, dan budaya dapat terjadi

C. Teks yang menggambarkan cerita dan watak manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan

D. Teks yang berisi pemberitahuan ataupun penyampaian informasi di depan khalayak umum dan bertujuan meyakinkan pendengar

E. Cerita fiksi yang mengisahkan satu momen kehidupan manusia secara singkat dan dapat dibaca sekali duduk

Pembahasan:

Untuk menjawab contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 di atas, mari kita bedah satu per satu dari jawabannya.

Jawaban A sudah jelas bukan merupakan pengertian teks eksplanasi, ya. Teks yang berisi ulasan suatu karya itu bisa disebut dengan teks resensi.

Jawaban B benar karena teks eksplanasi itu merupakan teks yang menjelaskan suatu proses sebab akibat yang terjadi pada fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial, maupun budaya.

Jawaban C salah karena itu merupakan teks drama sebab berisi dialog yang dipentaskan. Kemudian, jawaban D juga salah karena itu termasuk teks ceramah.

Terakhir, jawaban E juga salah karena itu termasuk pengertian dari cerpen.

Jadi, jawaban B yang benar!

Baca Juga: Pengertian Teks Eksplanasi

Contoh Soal 5

contoh soal pts bahasa indonesia kelas 11 semester 1
Ilustrasi UFO (Dok. Zenius)

Topik: Teks Eksplanasi

Kalimat berikut yang bersifat ilmiah dalam teks eksplanasi ialah …

A. Individu yang mengalami anxiety disebabkan oleh produksi hormon tiroksin yang tinggi dalam otak manusia

B. Kita seharusnya lebih peduli satu sama lain

C. Mari kawal budaya hidup sehat!

D. Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi

E. Hujan akan selalu terjadi di Jakarta sepanjang tahun 2021

Pembahasan:

Contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 di atas diminta untuk mencari teks eksplanasi yang bersifat ilmiah.

Dari semua jawaban di atas, sudah jelas kalau teks eksplanasi yang bersifat ilmiah itu ditunjukkan pada jawaban A. 

Sebab, di dalamnya dijelaskan ilmu science atau ilmu pengetahuan, di mana saat individu mengalami anxiety itu disebabkan oleh hormon tiroksin yang tinggi pada otak.

Jawaban B dan C bukanlah suatu hal yang ilmiah karena hanya bersifat persuasif dan opini pribadi.

Kemudian, jawaban D juga bukan suatu hal yang ilmiah karena hanya berisi definisi saja. Sedangkan, jawaban E juga hanya bersifat informasi semata, tidak ada penjelasan ilmiah di dalamnya.

Jadi, jawaban A yang benar.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Soal 6

Topik: Teks Eksplanasi

Ada banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan seorang manusia, baik gangguan kesehatan tubuh maupun gangguan kesehatan jiwa. Anxiety disorder/gangguan kecemasan adalah salah satu contoh penyakit kesehatan jiwa tersebut. Seseorang yang mengalami penyakit ini seringkali merasakan kecemasan yang berlebihan akan suatu hal.

Penggalan teks eksplanasi di atas merupakan struktur bagian …

A. tesis

B. pernyataan umum

C. penjelasan

D. interpretasi (pandangan atau simpulan)

E. koda

Pembahasan:

Coba Sobat Zenius baca teks di atas, kira-kira teksnya itu berbicara tentang apa? Yap, teks di atas berbicara mengenai suatu penyakit yang bernama anxiety disorder/gangguan kecemasan.

Nah, elo masih ingat nggak, nih, apa saja struktur teks eksplanasi? Struktur teks eksplanasi itu terbagi menjadi tiga, yaitu pernyataan umum, interpretasi, dan penjelasan.

Jadi, dari jawaban di atas, jawaban A dan E kita singkirkan, ya, karena itu bukan termasuk struktur teks eksplanasi.

Kira-kira teks di atas masuk ke struktur yang mana, nih? Yap, teks di atas masuk ke struktur pernyataan umum karena masih berbicara mengenai awal dari suatu penyakit anxiety disorder, belum menjelaskan secara detail mengenai penyakit tersebut.

Jadi, jawaban B benar, ya!

Itu dia beberapa contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 dan pembahasan yang bisa elo pelajari dengan saksama.

Sebenarnya, Zenius masih punya banyak lagi, nih, contoh-contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11.

Elo bisa mempelajari lewat video materi pembelajaran dengan klik banner di bawah ini, ya!

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 17

Kemudian, buat Sobat Zenius yang mau belajar lewat video materi untuk mata pelajaran lainnya, elo juga bisa, kok, berlangganan paket Aktiva Sekolah dari Zenius.

Selain bisa mengakses ribuan video premium Zenius, elo juga bisa ikut ujian try out sekolah dan mengikuti sesi live class per minggunya

Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk, berlangganan sekarang!

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 18
Bagikan Artikel Ini!