Contoh Soal PAT Semester 2 Sejarah Kelas 11

Contoh Soal PAT Sejarah Kelas 11 dan Pembahasan

Sobat Zenius, nggak terasa ya kalau Penilaian Akhir Tahun (PAT) sebentar lagi. Ada banyak mata pelajaran yang harus elo pelajari nih, salah satunya sejarah.

Sebelum gue bahas seputar materi apa aja yang muncul di PAT, gue bakal ngejelasin sedikit tentang beberapa ujian sekolah. Buat elo belum tau, ternyata PAS dan PAT itu dua ujian yang berbeda, lho.

Apa sih bedanya? PAS merupakan Penilaian Akhir Semester guna menguji capaian siswa selama enam bulan masa kegiatan belajar mengajar. Biasanya dilaksanakan saat kenaikan semester aja. Sedangkan PAT merupakan Penilaian Akhir Tahun atau ujian kenaikan kelas yang dilakukan di akhir semester dan diikuti oleh murid kelas 7-8 SMP dan 10-11 SMA.

Kenalan dengan PAT Semester 2 Sejarah Kelas 11

Ada berapa banyak materi yang bakal elo pelajari buat PAT ini? Sebenarnya sedikit, kok! Umumnya, elo bakal dapet berbagai soal dari materi yang udah elo pelajari sebelumnya. Hayo, ada yang masih inget nggak?

Di kelas 11 ini, elo sudah belajar tentang beragam materi sejarah mulai dari kolonialisme Belanda, kedudukan bangsa Jepang di Indonesia, hingga sejarah awal kemerdekaan Indonesia. Kalau ditotal, ada 6 materi yang wajib elo pelajari ulang supaya bisa mengerjakan PAT.

Kira-kira apa aja, ya? Yuk, simak gambar di bawah ini.

Persebaran Topik Soal PAT Semester 2 Sejarah Kelas 11
Persebaran Topik Soal PAT Semester 2 Sejarah Kelas 11 (Sumber: Arsip Zenius)

Supaya elo bisa lebih kenal sama soal PAT Sejarah, gue bakal kasih beberapa contoh soal PAT Sejarah beserta penjelasannya. Yuk, coba kerjain bareng-bareng!

Topik 1: Kolonialisme dan Imperialisme Bangsa Eropa di Indonesia

Kolonialisme di Indonesia merupakan salah satu dampak dari peradaban yang dikenalkan oleh masyarakat Eropa. Kedatangan warga Eropa diawali dengan adanya kegiatan perdagangan rempah-rempah di Nusantara. 

Selain berdagang, ternyata Eropa juga menyebarkan kebudayaan mereka sehingga terdapat kebudayaan baru bernama Indis (campuran kebudayaan Belanda dan Nusantara).

Pelopor kolonialisme dan imperialisme di Nusantara bukan dari bangsa Belanda, akan tetapi dari bangsa Portugis dan Spanyol. Kedua bangsa inilah yang menemukan daerah penghasil rempah terbesar, yaitu daerah Maluku.

Udah inget belum materi di bab ini? Sekarang kita lihat contoh soalnya, yuk!

Soal 1

Alasan utama masyarakat Eropa mulai berlayar pada abad ke 15 dikarenakan ….

A. Pada masa itu teknologi kapal sudah lumayan maju

B. Melihat bahwa ada negara kaya di Afrika dan Asia

C. Ingin menyebarkan agama Kristen

D. Menginginkan koloni

E. Mencari jalur perdagangan baru

Jawaban dan Pembahasan

Menurut kronologi, pada abad 15 Kesultanan Ottoman menguasai Konstantinopel yang mereka ubah namanya menjadi Istanbul, karena kejadian ini akhirnya jalur perdagangan menuju asia tertutup dan harus mencari jalur baru. 

Jalur yang dipilih pada saat itu adalah jalur barat yang diawali dengan melewati negara Spanyol dan Portugis. 

Nah, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E.

Soal 2

Wilayah nusantara seringkali diistilahkan sebagai mutiara dari Timur. Banyak bangsa asing yang berlomba-lomba datang ke Nusantara, tak terkecuali Portugis dan Cina. Menariknya, bangsa Portugis selalu bermusuhan dengan kerajaan Islam. Hal ini berbeda dengan Cina yang sudah lebih dahulu melakukan hubungan dagang dengan rakyat Nusantara, namun tetap menjaga hubungan baik dengan penduduk setempat. Hal tersebut terjadi karena….

A. Adanya peranan dari Laksamana Cheng Ho

B. Dahulu Portugis sempat dikuasai oleh kaum Muslim

C. Asal usul nenek moyang Indonesia mayoritas berasal dari Cina

D. Ada beberapa sultan di Nusantara yang memiliki garis keturunan Cina

E. Masyarakat Nusantara lebih menerima orang Cina dibandingkan Portugis

Jawaban dan Pembahasan

Alasan utama mengapa wilayah nusantara diistilahkan sebagai mutiara dari timur adalah karena wilayah nusantara memiliki kekayaan rempah-rempah yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Eropa. 

Apa yang menjadi penyebab Portugis selalu bermusuhan dengan kerajaan Islam? Apakah karena sekedar perbedaan agama saja? Tentu bukan, jika dilihat dari faktor keilmuan, berikut penyebabnya:

  • Portugis pernah dikuasai oleh kerajaan Islam,
  • Permasalahan Ekonomi, karena Portugis ingin memonopoli Nusantara.

Jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga: Indonesia Dijajah 350 Tahun Oleh Bangsa Eropa, Benarkah?

Topik 2: Perjuangan Kedaerahan Melawan Penjajah 

Perjuangan kedaerahan memiliki arti sebagai tindakan perlawanan terhadap penjajahan yang terjadi di Nusantara pada masa itu. Negara apa saja yang menjajah Nusantara? Ada Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda. 

Pada awalnya, bangsa-bangsa tersebut hanya datang untuk berdagang. Namun, karena mendapatkan keuntungan yang sangat besar saat berdagang di Nusantara, akhirnya bangsa-bangsa tersebut melakukan monopoli perdagangan dengan cara devide et impera atau politik adu domba.

Ilustrasi Politik Adu Domba
Ilustrasi Politik Adu Domba (Sumber: Arsip Zenius)

Karena politik adu domba tersebut melahirkan penjajahan, dari penjajahan tersebut akhirnya memunculkan juga perlawanan daerah yang memiliki karakteristik berbeda. 

Nah, itu dia yang dimaksud dengan perjuangan kedaerahan. Supaya elo bisa lebih paham dengan materi bab ini, gue punya dua soal dan juga pembahasannya, disimak yah!

Soal 1

Berikut merupakan negara yang pernah menerapkan kebijakannya di Nusantara, kecuali….

A. Portugis

B. Belanda

C. Inggris

D. Italia

E. Perancis

Jawaban dan Pembahasan

Dalam konteks sejarah, Italia tidak pernah menjajah Indonesia. Ada sejumlah hal yang melatarbelakangi kenapa Italia tidak pernah mengkolonisasi Nusantara, yaitu:

  • Italia baru menjadi negara yang bersatu pada tahun 1861, sehingga tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk bersaing dengan bangsa Eropa lainnya
  • Koloni Italia kebanyakan berada dekat dengan negaranya, seperti Libya dan Somalia
  • Koloni Italia di Asia hanya satu, yaitu di Tientsin didapat melalui perjanjian bukan penaklukan
  • Kedudukan Belanda di Nusantara sudah cukup kuat

Jawaban yang tepat adalah D.

Soal 2

Munculnya konflik antara Portugis dan Aceh dilatarbelakangi oleh ….

A. Keberhasilan VOC mengusir Portugis dari Malaka

B. Dikuasainya Malaka oleh Portugis

C. Pengkhianatan Portugis terhadap Aceh dalam kesepakatan perdagangan

D. Ekspansi wilayah Aceh oleh Iskandar Muda

E. Agama kristen mulai mendominasi di Aceh

Jawaban dan Pembahasan

Pada 1511, Malaka jatuh ke tangan Portugis. Hal ini menyebabkan banyak pedagang yang menyingkir dari Malaka ke Aceh. Dengan demikian, Aceh berkembang menjadi pusat perdagangan. Perkembangan Aceh yang begitu pesat ini dipandang oleh Portugis sebagai ancaman. Oleh karena itu, Portugis hendak menghancurkan Aceh melalui serangkaian serangan.

Jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga: Dari Perang Dagang karena Rempah, Menjadi Republik Indonesia

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Mau fokus belajar buat Penilaian Akhir Tahun? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Topik 3: Perjuangan dan Pergerakan Nasional Indonesia

Pada awalnya, para pahlawan di Hindia – Belanda hanya memperjuangkan daerahnya masing-masing. Mengapa? Karena pada saat itu, mereka belum mengerti apa yang namanya kesatuan nasional. Hal ini diperkuat dengan Belanda yang melakukan Devide et Impera ke setiap daerah, sehingga setiap daerah memiliki kepentingannya masing-masing.

Pada tahun 1908, keadaan berubah. Setiap daerah di Indonesia mulai bekerjasama untuk memikirkan persatuan Bangsa Hindia – Belanda. Di saat itulah pergerakan perjuangan daerah mulai berganti dengan pergerakan perjuangan nasional.

Buat bab ini, gue punya satu contoh soal dan pembahasannya. Disimak ya!

Soal 1

Indische Partij sebagai organisasi politik pertama di Hindia Belanda lahir karena adanya diskriminasi dalam strata sosial masyarakat. Golongan tertinggi dalam strata sosial masyarakat di Hindia-Belanda ditempati oleh golongan….

A. Eropa

B. Indo

C. Pribumi

D. Timur Jauh

E. Timur Tengah

Jawaban dan Pembahasan

Indische Partij adalah organisasi yang dilatar belakangi karena adanya diskriminasi golongan. Ini dikarenakan Belanda sengaja memeta-meletakan berbagai golongan dan pada saat itu Eropa tidak ingin kebudayaannya bercampur dengan golongan-golongan tertentu. 

Apa golongan atau tingkatan sosial yang ada di Eropa? Ada tingkatan sosial yang berlaku di Hindia Belanda pada saat itu, yaitu:

  • Golongan Eropa
  • Golongan Timur Jauh
  • Golongan Pribumi

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A.

Baca Juga: Sejarah Indische Partij: Latar Belakang, Tokoh, dan Tujuan (1912-1913)

Ilustrasi Organisasi Politik Indische Partij
Ilustrasi Organisasi Politik Indische Partij (Sumber: Arsip Zenius)

Topik 4: Pendudukan Jepang di Indonesia

Latar belakang pendudukan Jepang di Indonesia adalah karena adanya transformasi atau perubahan dari yang tadinya negara tertutup (sakoku) menjadi negara terbuka (meiji) akan budaya dan orang asing.

Lalu di tahun 1941, Amerika menyatakan perang dengan Jepang karena pengeboman di Pearl Harbour. Serangan itu bertujuan untuk mengantisipasi tindakan Amerika yang akan menyerbu kekaisaran Jepang. 

Namun, Jepang akhirnya harus merelakan wilayah penghasil minyaknya dan mencari wilayah lain. Negara sasaran selanjutnya untuk dijajah dan di eksploitasi sumber daya minyaknya adalah Indonesia. 

Nah, supaya elo bisa lebih paham materi ini, gue punya satu contoh soal dan pembahasannya buat elo.

Soal 1

Apa dampak pendudukan Jepang terhadap masyarakat Nusantara….

A. Jepang mengusir Belanda dan membuat Indonesia siap merdeka

B. Belanda kehilangan koloni Hindia Belanda yang diambil Jepang

C. Indonesia menjadi negara Junta Militer

D. Jepang memberikan kemerdekaan pada Indonesia

E. Jepang memberikan fasilitas pendidikan pada masyarakat Indonesia

Jawaban dan Pembahasan

Banyak anggapan bahwa pendudukan Jepang terhadap masyarakat Nusantara membuat Belanda pergi dan Indonesia menjadi siap merdeka. Anggapan tersebut salah. Yang benar yaitu, Sejak Belanda kehilangan koloni Hindia Belanda di nusantara, Jepang masuk lalu merampas Nusantara

Jawaban yang tepat adalah C.

Baca Juga: Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Topik 5: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Awal Republik

Di bab sebelumnya, Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia di tanggal 24 Agustus. Kenapa kemerdekaan Indonesia ada di tanggal 17 Agustus, ya? Ternyata, Indonesia mengusahakan sendiri kemerdekaannya tanpa pemberian Jepang. Selain itu, Jepang juga sedang mengalami kekalahan perang, yang mana kondisi ini dimanfaatkan Indonesia untuk melakukan proklamasi. 

Setelah merdeka, apa yang dilakukan oleh bangsa Indonesia? Indonesia melakukan sidang PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan, seperti membicarakan dasar negara, pemerintahan, dan badan pelengkap. Akhirnya PPKI dibubarkan dan Indonesia membentuk Republik Indonesia Awal.

Nah, di bab ini gue punya satu contoh soal dan juga pembahasannya yang bisa elo simak nih!

Soal 1

Badan atau Lembaga yang didirikan oleh Jepang dalam rangka untuk memperoleh simpati rakyat Indonesia menjelang kekalahan Jepang pada Perang Dunia II adalah….

A. PPKI

B. BPUPKI

C. Kaigun

D. KNIP

E. Rikugun

Jawaban dan Pembahasan

Saat kalah berperang dengan sekutu, Jepang berupaya menarik simpati dari bangsa Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan. Janji kemerdekaan itu kemudian diwujudkan dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 29 April 1945.

Jawaban yang tepat adalah B.

Penjelasan lengkap mengenai BPUPKI bisa elo simak di BPUPKI – Sejarah Pembentukan, Tugas, dan Tujuan Berdirinya

Ilustrasi BPUPKI
Ilustrasi rapat BPUPKI dan informasi pentingnya. (Sumber: Arsip Zenius)

Topik 6: Perjuangan dan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan

Setelah melakukan proklamasi kemerdekaan, tentunya Indonesia menuju ke satu tujuan yaitu Republik Indonesia. 

Saat Indonesia mulai mempersiapkan pembentukan negaranya sendiri, Belanda datang kembali dan menganggap Indonesia masih di bawah kekuasaannya. Alasan utama Belanda melakukan hal tersebut karena faktor ekonomi. Selain itu, adanya rencana bangsa Eropa yang datang kembali setelah Jepang menyerah terhadap sekutu.

Karena Belanda mengganggu kedaulatan Indonesia sebagai ‘bangsa’, maka ada dua opsi yang bisa dilakukan oleh bangsa Indonesia, yaitu melawan dengan peperangan atau diplomasi. 

Buat latihan PAT nanti, gue punya satu soal dan pembahasan yang pas, nih. Yuk, disimak!

Soal 1

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang dilakukan dengan jalur diplomasi pertama kali dilakukan di….

A. Perjanjian Renville

B. Perundingan Philip Christison

C. Perjanjian Linggarjati

D. Konferensi Meja Bundar

E. Perundingan Hooge Veluwe

Jawaban dan Pembahasan

Perjanjian Philip Christison adalah sebuah peristiwa diplomasi dalam konteks kajian periode perjuangan dan revolusi mempertahankan kemerdekaan. Proses negosiasi ini berlangsung pada 10 Februari 1946 hingga 12 Maret 1946. 

Sesuai dengan namanya, perjanjian ini digagas oleh Philip Christison selaku panglima perang AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). 

Pihak Belanda diwakili oleh Hubertus Julius van Mook, sementara pihak Indonesia diwakili oleh Sutan Sjahrir dan rekan. Perjanjian ini membahas usulan bentuk negara dan usulan daftar wilayah yang dapat dimasukkan ke dalam negara baru bernama Indonesia.

Jawaban yang tepat adalah B.

Bahasan lengkap tentang AFNEI bisa elo baca selengkapnya di Tokoh dan Tugas Pasukan AFNEI di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11.

***

Nah, itu dia materi dan contoh soal yang bakal elo temui di PAT nanti. Setelah elo nyoba buat kerjain contoh soal di atas, apa elo udah punya bayangan tentang ujian aslinya? 

Supaya menambah yakin buat mengikuti ujian ini, ayo coba kerjain lagi prediksi soal PAT sejarah yang lebih lengkap di Zenius. Yuk, klik banner di bawah ini!

contoh soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 11

Referensi

Materi Belajar Sejarah Indonesia – Zenius Education

Panduan PAS, PTS, dan PAT – Zenius Education

Sejarah Semester 2 Kelas 11 – Kemdikbud (2017)

Bagikan Artikel Ini!