comparative and superlative

Comparative dan Superlative dalam Bahasa Inggris

Hai Sobat Zenius, kali ini gue bakalan sharing mengenai kalimat comparative and superlative dalam bahasa Inggris.

Gue mau tanya deh. Di keluarga elo siapa sih yang paling tinggi? Kalau tinggi badan ibu dan bapak elo dibandingin, siapa yang lebih tinggi? Ketika kita membandingkan sesuatu dalam bahasa Indonesia, kita biasanya memakai kata ‘lebih’ dan ‘paling’ seperti dua pertanyaan yang udah gue sebut tadi. Begitu juga dalam bahasa Inggris, ada imbuhan ‘-er’ dan ‘-est’, serta kata ‘more’ dan ‘the most’ yang digunakan untuk mendeskripsikan kata ‘lebih’ dan ‘paling’.

contoh comparative and superlative
Contoh Comparative (Arsip Zenius)

Gambar di atas merupakan contoh comparative and superlative adjectives. Saat kita belajar membandingkan dalam bahasa Inggris, kita akan bertemu dengan kata comparative dan superlative. Nah, kita akan bertemu juga dengan imbuhan  ‘-er’ dan ‘-est’ serta kata ‘more’ dan ‘the most’ yang sudah disebut tadi. Memangnya apa ya comparative dan superlative itu? Yuk, langsung saja kita bahas bersama!

Apa itu Comparative

contoh comparative
Contoh Comparative dan Superlative (Arsip Zenius)

Comparative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk membandingkan dua objek dengan menambahkan imbuhan ‘-er’ di belakang kata sifat tersebut. Dengan menambahkan imbuhan ‘-er’, arti kata sifat yang elo pilih itu berubah jadi kaya gini.

Tall → tinggi

Taller → lebih tinggi

Short → pendek

Shorter → lebih pendek

Kalo ngeliat contoh di atas, apa yang kesimpulannya? Iya betul banget, dengan menambahkan ‘-er’, kita jadi seperti menambahkan kata ‘lebih’ kalo di bahasa Indonesia. Gimana, jelas nggak sampai sini?

Ngomong-ngomong, pernah nggak sih elo nonton film atau video YouTube gitu ya, sebagai contoh kalimat comparative pada video itu: “you look more beautiful with this color”. Itu kan artinya eloterlihat lebih cantik dengan warna ini gitu kan. Nggak pernah kan elo dengar ada orang ngomong “you look beautifuller with this color”. Nah, jadi memang selain imbuhan ‘-er’, elo juga bisa menggunakan kata moreyang juga berarti lebih.

Biasanya  ‘more’ digunakan bersama dengan kata sifat yang memiliki dua suku kata atau lebih. Misalnya, more handsome (lebih tampan) atau more expensive (lebih mahal). 

Handsome → tampan

More Handsome → lebih tampan

Expensive → mahal

More Expensive → lebih mahal

Namun, tentu saja seperti biasa, ada pengecualian dalam bahasa Inggris. Misalnya untuk kata busy, simple, dan tidy. Mereka berubah jadi kayak gini.

Busy → sibuk

Busier → lebih sibuk

Simple → simpel

Simpler → lebih simpel

Tidy → rapi

Tidier → lebih rapi

Coba lihat, apa pola yang bisa didapatkan dari situ? Pertama, kata-kata tersebut terdiri dari dua suku kata tapi tetap pakai imbuhan ‘-er’. Kedua, bila kata tersebut diakhiri huruf ‘y’, maka diganti dengan huruf ‘i’ dan kemudian baru ditambah imbuhan ‘-er’. Ketiga, bila kata tersebut diakhiri huruf ‘e’, tinggal tambah ‘r’ aja. Terus pertanyaannya sekarang, gimana dong cara tahu kata apa yang perlu diubah? Lalu juga gimana cara menentukan kata dengan dua suku kata itu pakai ‘more’ atau imbuhan ‘-er

Jawabannya: elo harus banyak-banyak mengekspos diri terhadap bahasa Inggris. Dengan begitu, elo jadi paham pola bahasa Inggris dan pengecualian-pengecualiannya.

Baca juga: 5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan

Sebelum lanjut, yuk download dan instal aplikasi Zenius. Elo bisa dapetin akses ke ribuan materi pelajaran, latihan soal, dan fitur-fitur gratis. Klik gambar di bawah ini sesuai dengan device yang elo pake, yah!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Apa itu Superlative

contoh superlative
Contoh Comparative dan Superlative (Dok. Zenius)

Sobat zenius, apa sih yang elo bayangkan kalau denger kata super? Kalo gue sih langsung kepikiran sama superman, pahlawan yang menurut gue paling kuat. Nah, superlative adjective itu juga digunakan untuk membandingkan lebih dari dua objek (tiga atau lebih) dengan menambahkan imbuhan ‘-est’ atau kata ‘most’. Nah, dalam bahasa Indonesia, ini seperti menambahkan kata paling. Contohnya seperti ini.

Tall → tinggi

Tallest → paling tinggi

Short → pendek

Shortest → paling pendek

Mirip pola di bagian comparative tadi, untuk kata dengan dua suku kata atau lebih biasanya kita pakai kata ‘most’. Dengan catatan, ada beberapa kata dua suku kata yang tetap memakai ‘-est’.

Busy → sibuk

Busiest → paling sibuk

Simple → simpel

Simplest → paling simpel

Tidy → rapi

Tidiest → paling rapi

Handsome → tampan

Most Handsome → paling tampan

Expensive → mahal

Most Expensive → paling mahal

Oke sobat Zenius, kita sudah membahas comparative dan superlative. Dari pembahasan tadi, apa sih pola yang elo bisa ambil? Coba deh jawab di kolom komentar ya.

Irregular comparatives and superlatives

Sekarang kita lanjut ke irregular comparative dan irregular superlative ya. Elo bisa tebak nggak apa sih yang dimaksud irregular di sini? Mungkin elo udah sering nemu kata regular ya pas pesan makanan atau minuman. Regular itu artinya  biasa jadi kalau irregular, berarti tidak seperti biasanya. 

Biasanya kita kan tinggal entah tambahkan ‘-er’ atau ‘more’ untuk comparative dan ‘-est’ atau ‘most’ untuk superlative. Namun, ada beberapa kata yang punya bentuk comparative dan superlative yang tidak biasa alias irregular. Nih contohnya.

Good → bagus/baik

Better → lebih bagus/baik

Best → terbagus/terbaik

Bad → buruk

Worse → lebih buruk

Worst → terburuk

Contoh kalimat comparative dan superlative

Berikut ini beberapa contoh kalimat superlative dan comparative yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

I had the worst day yesterday.

He is the best badminton player.

He looks more handsome with that hairstyle.

This bag is more expensive than that bag.

My watch is cheaper than yours.

My brother is taller than me.

Sobat Zenius, yuk sekarang coba elo bikin contoh kata comparative and superlative beserta artinya sendiri di kolom komentar ya. Nanti kita bahas bareng-bareng. 

Penutup

Bagaimana Sobat Zenius, apakah elo ada pertanyaan seputar topik kita kali ini? Atau mungkin elo punya ide untuk artikel selanjutnya? Elo bisa pelajari materi bahasa Inggris lainnya dengan klik banner di bawah ini.

Comparative dan Superlative dalam Bahasa Inggris 17

Sobat Zenius, daftar paket belajar Zenius Aktiva yuk! Elo dapat lebih paham lagi semua materi yang sedang dipelajari ditemani fitur-fitur kerennya. Cek info selengkapnya dengan klik banner di bawah ini ya.

Comparative dan Superlative dalam Bahasa Inggris 18

Kalau elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

Originally Published: October 25,2021
Updated By: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!