Selamat Hari Guru Sedunia, Para Guru Sekalian

Zenius membahas hari guru dan menampilkan profil dari beberapa tutor Zenius sebagai bentuk apresiasi yang sederhana atas jerih payah yang telah mereka lakukan selama ini. Selamat hari guru sedunia, semuanya. Hari guru sedunia dirayakan pada tanggal 5 Oktober setiap tahunnya. Perayaan ini untuk pertama kali diadakan pada tahun 1994. UNESCO lah yang menetapkan hari guru sedunia tersebut. Lembaga PBB yang salah satu fokus isunya adalah dunia pendidikan saat itu mengadakan …

Catatan Perjuangan Murid Zenius yang Lolos UTBK SBMPTN 2019

Kumpulan kisah dan pengalaman murid Zenius yang berjuang menghadapi UTBK SBMPTN 2019 demi berkuliah di kampus impian mereka. Sudah 12 tahun Zenius berdiri, dan sudah selama 12 tahun pula Zenius telah membantu perjuangan banyak sekali siswa untuk lolos ke kampus impiannya. Di tahun ini, kami menerima ratusan cerita pengalaman kelulusan UTBK SBMPTN. Nah, buat lo para pembaca Zenius Blog, pasti lo udah tahu bahwa setiap tahunnya kita punya ritual di Zenius …

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2019

Artikel ini berisi kumpulan cerita perjuangan dan strategi para pembelajar Zenius yang berhasil lolos di jalur undangan SNMPTN 2019. Halo, guys! Gimana nih kabarnya? Kayaknya, pengumuman SNMPTN Undangan tahun ini cukup bikin deg-degan, ya? Gimana nggak? Kuota siswa yang diterima via SNMPTN di tahun 2019 ini berkurang cukup signifikan. Belum lagi berbagai ganjalan yang sering membuat calon pendaftarnya keok duluan. Namun, ternyata berbagai permasalahan yang cukup memusingkan saat momen pendaftaran SNMPTN …

Jurusan IPA VS Jurusan IPS

Bener ga sih anak IPA lebih pintar dari anak IPS? Artikel ini membahas berbagai miskonsepsi tentang jurusan IPA dan IPS SMA. Halo, semuanya! Ketemu lagi sama gue, Sasa. Buat lo yang sekarang di bangku SMA, pasti tau dengan istilah “penjurusan”. Penjurusan di SMA ini secara umum dibagi menjadi IPA (Ilmu pengetahuan alam) dan IPS (ilmu pengetahuan sosial). Dulu sih masih ada beberapa sekolah yang masih memberikan opsi jurusan Bahasa (mungkin …

3 Hal Penting untuk Memaksimalkan Diri di Dunia Kuliah

Artikel ini membahas surviving tools untuk perkuliahan dan bagaimana caranya memaksimalkan diri saat berada di dunia kuliah. Halo #ZeniusFellows! Nama gua Ifandi Khainur Rahim, lo bisa panggil gua Evan. Gua adalah #ZeniusAlumni yang berkuliah di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Kebetulan sekarang gua baru aja lulus dari Fakultas Psikologi UI dan berkesempatan untuk menjadi Blog Editor Intern di Zenius. Mungkin beberapa dari lo udah sempet ngeliat nama gua di website ini. …

Mengupas Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Apa bedanya ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, teknik komputer, dan teknologi informasi? Terkesan serupa tapi tak sama. Ini penjelasannya. Tulisan ini gue buat spesial untuk yang tertarik atau penasaran dengan jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, atau sejenisnya. Berhubung gue lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, jurusan/program studi (prodi) Ilmu Komputer, gue sering banget ditodong pertanyaan seperti berikut. “Fan, kuliah di Ilmu Komputer itu ngapain sih? Jadi hacker ya?” “Kak, bedanya …

Kupas Tuntas Fakultas Teknik UGM

Artikel ini membahas lengkap tentang Fakultas Teknik di UGM, serta penjelasan singkat dunia perkuliahan UGM. Hai Zenius fellows, khususnya kelas 12 atau Alumni, sekarang pasti makin kotar-katir ya menghadapi tes masuk PTN. Udah mantep belum dengan pilihan jurusan dan universitasnya? Untuk ngebantu lu nimbang-nimbang mau masuk universitas mana, sebelumnya Zenius Blog udah sempat mengulas dunia perkuliahan di Universitas Indonesia dan kampus ITB. Nah, gue jadi tertarik buat mengulas perkuliahan di kampus gue dulu, yaitu Universitas Gadjah …

Lika Liku Mahasiswa Universitas Indonesia

Tertarik kuliah di Universitas Indonesia? Artikel ini membahas UI mulai dari sejarahnya, fakultas & jurusan yang ditawarkan, serta kampus dan fasilitasnya. Setelah minggu kemaren gue cerita mengenai SIMAK UI, buat kali ini kita santai-santai layak di pantai aja yuks ngomongin serunya kuliah di UI. Buat lo yang ga berencana  masuk UI juga gapapa ikutin cerita serunya. Bisa jadi buat bahan omongan lo kalo lagi ngegebet anak UI. Atau bisa jadi …