Zenius Lessons

Zenius Lessons

Seperti Apa sih Teknologi Digital itu?

Seperti Apa sih Teknologi Digital itu?

Waktu kecil dulu, untuk memudahkan mengingat dan menghafal warna, guru SD kita memberikan akronim mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu) yang juga merupakan urutan dari warna pelangi. Apakah warna cuma sebatas mejikuhibiniu? Tentu enggak, warna ada banyak banget. Bahkan satu jenis warna aja ada berbagai kemungkinan. Contohnya warna biru, kita tahu kalau birunya langit itu berbeda dengan birunya air laut. Birunya air laut juga berbeda dengan birunya celana … Baca Selengkapnya
Kenapa Listrik Rumah Menggunakan Arus Bolak Balik?

Kenapa Listrik Rumah Menggunakan Arus Bolak Balik?

Kalau iseng-iseng cek meteran listrik di rumah, kita akan melihat tulisan, “220V, 50Hz”. Sebenernya ada banyak tulisan di meteran listrik, tapi di artikel ini kita cuma bahas tulisan tersebut. Oke, apa nih maksudnya tulisan “220V, 50Hz”? Bagian 220V-nya itu menunjukkan bahwa listrik di rumah kita mendapatkan tegangan sebesar 220 volt, sementara bagian 50Hz-nya menunjukkan bahwa arus listrik yang tiba di rumah kita itu adalah listrik bolak-balik dengan frekuensi sebesar 50 … Baca Selengkapnya
Ngapain Peduli Hutan, Kan Gue Tinggal di Kota

Ngapain Peduli Hutan, Kan Gue Tinggal di Kota

Dari kecil, kita diajarin untuk peduli lingkungan. Mulai dari orang tua, guru, hingga buku teks sekolah menyerukan pesan tersebut. Katanya, kita ini pemimpin di bumi, jadi kita harus bisa merawat lingkungan. Ga berhenti sampe di situ, di kehidupan sehari-hari pun, sepertinya kita terus diajak untuk selalu memperhatikan lingkungan. Rasanya udah beberapa kali kita mendengar berbagai kampanye perlindungan lingkungan, salah satunya upaya perlindungan hutan. Tapi pernah ga sih terlintas di pikiran … Baca Selengkapnya
Latar Belakang Keterlibatan Jepang pada Perang Dunia 2

Latar Belakang Keterlibatan Jepang pada Perang Dunia 2

Kira-kira 75 tahun yang lalu, tepatnya 7 Desember 1941. Terjadi serangan militer mendadak yang menggemparkan seluruh dunia, terutama publik Amerika Serikat. Yak, mungkin beberapa di antara lo ada yang bisa nebak, serangan yang gua maksud adalah serangan atas pangkalan militer AS di Pearl Habor (Kepulauan Hawai) oleh 400+ pesawat tempur imperialis Jepang. Serangan ini begitu mengejutkan karena dilakukan tanpa peringatan atau deklarasi perang apapun. Terlebih, hal ini dilakukan oleh sebuah negara … Baca Selengkapnya
Kenapa sih Setiap Tahun Harga Barang selalu Naik?

Kenapa sih Setiap Tahun Harga Barang selalu Naik?

Halo para pembaca zenius blog! Sebelumnya kenalin dulu nama gue Meby, belum lama ini gue bergabung di Zenius Education sebagai tutor pelajaran Ekonomi. Nah, pada kesempatan kali ini, sebagai perkenalan gue mau mempersembahkan sebuah tulisan yang membahas sebuah fenomena ekonomi yang pasti kita semua pernah rasakan. Yak, bisa lo tebak sesuai dengan judulnya: Gue mau mengupas tuntas sebuah pertanyaan yang mungkin bikin lo penasaran selama ini: "Kenapa ya harga-harga barang … Baca Selengkapnya
Bahasa yang Berubah: Kemajuan atau Kemunduran?

Bahasa yang Berubah: Kemajuan atau Kemunduran?

Pada 88 tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, para pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Nusantara berkumpul dan menyatukan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Pada hari bersejarah itu, lahirlah sebuah ikrar yang kemudian kita kenal sebagai Sumpah Pemuda. "Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia." Itulah salah satu bunyi poin dari ikrar yang masih ditulis dengan ejaan tempoe doloe (ejaan van Ophuijsen). Delapan puluh delapan tahun berselang, … Baca Selengkapnya
Membuktikan Rumus dengan Induksi Matematika

Membuktikan Rumus dengan Induksi Matematika

Dalam beberapa kesempatan, baik di blog atau di video zenius.net, kita selalu bilang bahwa yang namanya belajar akan menjadi maksimal apabila lo menguasai konsepnya. Nah salah satu cara melatih pemahaman konsep suatu materi adalah dengan membuktikan rumus. Kenapa? singkatnya sih, dengan membuktikan rumus, kita dituntut untuk memahami beberapa konsep sekaligus. Sebelumnya gue udah pernah nulis tentang pentingnya membuktikan rumus di sini. Di artikel tersebut gue udah jelasin manfaat yg lo … Baca Selengkapnya
Senjata Ampuh untuk Membasmi Miskonsepsi

Senjata Ampuh untuk Membasmi Miskonsepsi

Guys, pernah ga sih kalian ngerasa gemes dengan berbagai miskonsepsi yang seliweran di kehidupan sehari-hari? Lebih gemes lagi kalo orang-orang yang menyuarakan miskonsepsi itu kekeuh banget dengan argumennya. Udah salah, eh malah ngotot. Hehe. Apa sih yang kurang di masyarakat kita sampe lumayan banyak orang kemakan hoax, mitos, miskonsepsi, atau apapun itu namanya? Ada ga sih "senjata" yang bisa kita andelin untuk membasmi semua miskonsepsi itu, atau paling enggak bisa menghindarkan diri kita sendiri supaya … Baca Selengkapnya