Kenapa Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Atom di Jepang?

Kenapa Amerika Serikat harus menjatuhkan bom atom? Apakah tidak ada alternatif lain? Artikel ini akan mengupas kronologi Perang Pasifik yang klimaksnya adalah ledakan mahadahsyat kedua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Setiap perang memiliki peran dan pengaruh bagi sejarah dunia. Kehancuran dan kematian yang diciptakan perang sudah pasti meninggalkan luka di daerah yang mengalaminya, sekitarnya, dan bahkan di tempat yang jauh dari lokasi perang. Perang Dunia II adalah perang terhebat …

Bagaimana Manusia Bisa Melihat Warna?

Warna itu sebetulnya tidak ada. Warna itu hanyalah persepsi visual dalam otak manusia saja. Lalu bagaimana manusia bisa melihat warna-warni yang berbeda? Ini penjelasan ilmiahnya. Pernah nggak sih lo pas lagi bengong ngeliatin langit, tiba-tiba muncul pertanyaan di dalam benak lo. Kenapa ya langit berwarna biru? Kenapa api berwarna merah? Kenapa daun berwarna hijau? Kenapa pelangi bisa memiliki 7 warna? Kenapa pemimpinnya Power Rangers selalu ranger merah? Kenapa gebetan gue …

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengukur jarak antara Matahari dan Bumi, serta benda-benda angkasa lainnya tanpa harus meninggalkan Bumi. Halo guys! Ketemu lagi, nih dengan Steve dan Wisnu. Kali ini kita berdua mau ngomongin tentang gimana caranya ngukur benda-benda angkasa. Sebelum kita mulai, lo pernah gak, sih, wondering tentang seberapa jauhnya Matahari dari Bumi? Atau jarak antara Bumi dengan Bulan? Nah, kebetulan, kita sering banget dapet pertanyaan kayak gini: Q: Berapa sih jarak dari Bumi ke Matahari? Z: AU lah. Q: Eh seriusan. …

Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Negara?

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana ketergantungan subsidi yang berlebihan bisa berakibat sangat fatal bagi perekonomian negara. Subsidi itu kan enak. Harga BBM murah. Biaya listrik dan air ledeng murah. Kalo perlu, semuanya aja deh disubsidi oleh pemerintah. Kenapa pemerintah nggak subsidi semua bahan kebutuhan pokok aja, sih? Kalo semua disubsidi, kan rakyat sejahtera. Rakyat jadi nggak terbebani biaya ekonomi yang tinggi. Negara yang memberikan banyak subsidi bagi rakyatnya pastilah pemerintah yang baik dan berpihak …

Dari Mana Asalnya Air Terjun?

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk air terjun, proses pembentukan, jenis-jenis, serta siklus airnya. Aloha, guys! Ketemu lagi nih sama gue, Rifad. Kali ini, gue mau ngomongin tentang air terjun. Akhir-akhir ini sering banget publik ngomongin tentang film yang lagi hits, yaitu Black Panther. Udah pada nonton belum nih? Kalo lo nonton, pasti lo familiar dengan ini: Yap. Air terjun di Wakanda ini menjadi lokasi penting dalam film karena menjadi tempat penobatan raja dan ritual …

John Snow: Detektif Medis yang Mengungkap Misteri Wabah Kolera

Mana yang umurnya lebih panjang, orang di zaman dulu atau orang di zaman sekarang? Buat yang sering baca artikel Zenius, pasti tahu dong ya kalau orang zaman sekarang umurnya lebih panjang. Menurut PBB, di tahun 2010-2015, life expectancy atau angka harapan hidup dunia itu sekitar 71,5 tahun. Artinya, anak yang lahir pada tahun 2010-2015, diperkirakan rata-rata akan hidup sampai usia 71,5 tahun. Di Jepang, angka harapan hidupnya bahkan mencapai 84 …

Sumpah Pemuda: Mengapa Bahasa Indonesia yang Dipilih Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda? Mengapa bukan bahasa Jawa, yang jumlah penggunanya lebih banyak di Nusantara? Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gue yakin banget kalo lo tahu bahwa kalimat-kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda …

Bagaimana Vaksin Menyelamatkan Jutaan Nyawa Manusia

Artikel ini akan mengajak kamu ke masa lampau saat wabah penyakit menular merampas jutaan nyawa dan mengkaji bagaimana vaksin menyelamatkan peradaban manusia. Pernah ga kamu denger orang di sekitar kamu menderita atau bahkan meninggal karena penyakit difteri, tetanus, polio, campak, gondongan, atau cacar variola? Kemungkinan besar, kamu bakal jawab “jarang banget” atau bahkan “ga pernah sama sekali”. Ya, manusia yang hidup di zaman sekarang cukup beruntung. Kita jarang mendengar suara batuk rejan (pertusis) yang khas …