Mengapa Kita Bisa Mirip Dengan Orang Tua Kita?

Kenapa kita bisa mirip dengan orang tua kita? Lantas kenapa kita punya sedikit perbedaan fisik dan karakter dengan kakak-adik kandung kita? Bagaimana mekanisme biologis yang terjadi dibalik kemiripan orang tua dan anak? Coba perhatikan foto keluarga lo, bagaimana wajah dan penampilan kalian semua, semuanya agak mirip-mirip kan? Dari warna rambut, warna kulit, bentuk rahang, bentuk telinga, warna bola mata, dan lain-lain. Tapi coba deh lo perhatiin lebih detil lagi. Secara …

Perjalanan Menjawab Misteri Pewarisan Sifat

Kenapa anak sering kali mirip dengan orang tuanya? Artikel ini menceritakan perjalanan ilmuwan menguak materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat induk ke anaknya. Pernah ga kamu iseng melihat foto ibu/ayah kamu zaman dulu? Kalau kamu bandingin foto orang tua pas seumuran kamu dengan fisikmu saat ini, kamu akan melihat hal yang menarik. Yap! Kalian seperti kembar! Dan ternyata, tidak cuma dengan dirimu aja. Wajah adik atau kakakmu mirip banget …

Ribuan Tahun Berbentuk Kekaisaran, Bagaimana Tiongkok menjadi Negara Komunis?

Ribuan tahun Tiongkok berbentuk kekaisaran, kok sekarang malah berubah menjadi negara komunis? Artikel ini menceritakan bagaimana Partai Komunis Tiongkok bisa meraih kekuasaan dan bagaimana komunisme mempengaruhi berbagai sendi kehidupan rakyat Republik Rakyat Tiongkok. Halo, ketemu lagi sama gw Marcel di blog Zenius. Kali ini, lagi-lagi gw mau berbagi cerita sejarah yang seru banget, yaitu tentang peralihan bentuk salah satu peradaban tertua dan terbesar dalam sejarah dunia, yaitu peradaban Tiongkok. Kita semua tahu bahwa selama ribuan tahun …

Belajar Sosiologi buat Apa?

Artikel ini mengupas tentang apa itu Sosiologi, serta berbagai miskonsepsi dan kesalahpahaman orang akan bidang ilmu yang sering diremehkan ini. Halo, guys! Perkenalkan, nama gue Adam Bagaskara. Gue adalah salah satu tutor di Zenius, dan gue bergabung sebagai tutor mata pelajaran Sosiologi. Kalo lo semua suka baca Zenius Blog, lo pasti dah familiar, dong, dengan tulisan-tulisan keren para tutor Zenius. Topik-topiknya juga keren banget, dari Fisika, Sejarah, Matematika, Biologi, Teknologi, Linguistik, sampe Filosofi juga ada! Namun, kayaknya mata pelajaran Sosiologi belum terlalu banyak dikupas, nih. Makanya gue pengen banget nulis tentang Sosiologi. …

Kenapa Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Atom di Jepang?

Kenapa Amerika Serikat harus menjatuhkan bom atom? Apakah tidak ada alternatif lain? Artikel ini akan mengupas kronologi Perang Pasifik yang klimaksnya adalah ledakan mahadahsyat kedua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Setiap perang memiliki peran dan pengaruh bagi sejarah dunia. Kehancuran dan kematian yang diciptakan perang sudah pasti meninggalkan luka di daerah yang mengalaminya, sekitarnya, dan bahkan di tempat yang jauh dari lokasi perang. Perang Dunia II adalah perang terhebat …

Bagaimana Manusia Bisa Melihat Warna?

Warna itu sebetulnya tidak ada. Warna itu hanyalah persepsi visual dalam otak manusia saja. Lalu bagaimana manusia bisa melihat warna-warni yang berbeda? Ini penjelasan ilmiahnya. Pernah nggak sih lo pas lagi bengong ngeliatin langit, tiba-tiba muncul pertanyaan di dalam benak lo. Kenapa ya langit berwarna biru? Kenapa api berwarna merah? Kenapa daun berwarna hijau? Kenapa pelangi bisa memiliki 7 warna? Kenapa pemimpinnya Power Rangers selalu ranger merah? Kenapa gebetan gue …

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengukur jarak antara Matahari dan Bumi, serta benda-benda angkasa lainnya tanpa harus meninggalkan Bumi. Halo guys! Ketemu lagi nih dengan Steve dan Wisnu. Kali ini kita berdua mau ngomongin tentang gimana caranya ngukur benda-benda angkasa. Sebelum kita mulai, lo pernah gak, sih, wondering tentang seberapa jauhnya Matahari dari Bumi? Atau jarak antara Bumi dengan Bulan? Nah, kebetulan, kita sering banget dapet pertanyaan kayak gini: Q: Berapa sih jarak dari Bumi ke Matahari? Z: AU lah. Q: Eh seriusan. …

Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Negara?

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana ketergantungan subsidi yang berlebihan bisa berakibat sangat fatal bagi perekonomian negara. Subsidi itu kan enak. Harga BBM murah. Biaya listrik dan air ledeng murah. Kalo perlu, semuanya aja deh disubsidi oleh pemerintah. Kenapa pemerintah nggak subsidi semua bahan kebutuhan pokok aja, sih? Kalo semua disubsidi, kan rakyat sejahtera. Rakyat jadi nggak terbebani biaya ekonomi yang tinggi. Negara yang memberikan banyak subsidi bagi rakyatnya pastilah pemerintah yang baik dan berpihak …