3 Hal Penting untuk Memaksimalkan Diri di Dunia Kuliah

Artikel ini membahas surviving tools untuk perkuliahan dan bagaimana caranya memaksimalkan diri saat berada di dunia kuliah. Halo #ZeniusFellows! Nama gua Ifandi Khainur Rahim, lo bisa panggil gua Evan. Gua adalah #ZeniusAlumni yang berkuliah di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Kebetulan sekarang gua baru aja lulus dari Fakultas Psikologi UI dan berkesempatan untuk menjadi Blog Editor Intern di Zenius. Mungkin beberapa dari lo udah sempet ngeliat nama gua di website ini. …

Mengapa Dinosaurus Bisa Berukuran Raksasa?

Kenapa dinosaurus bisa berukuran raksasa? Kenapa pula hewan zaman sekarang cuma “segede” gajah atau “setinggi” jerapah? Artikel ini akan menelusuri jawabannya dari berbagai faktor. Hai #ZeniusFellows! Perkenalkan, saya Julio, salah satu guest blogger untuk Zenius Blog. Di artikel perdana ini, saya mau berbagi tentang suatu hal yang saya gemari. Sebagai orang yang menghabiskan masa kecil di era 90-an, saya termasuk anak yang terjangkit dinosaur hype. Dinosaurus sangat populer di masa …

Apa Jadinya Ketika Bumi Mendekat dan Menjauh dari Matahari?

Artikel ini membahas pengaruh aphelion dan perihelion terhadap suhu rata-rata bumi dan hoax seputar fenomena alam tersebut. Akhir-akhir ini, sering banget kita menemukan informasi-informasi yang terbukti hoax dan ga sedikit yang menimbulkan kepanikan bagi masyarakat. Parahnya lagi, kalo hoax-nya tuh “bandel” alias punya tren berulang tiap tahun seperti isu fenomena alam atau astronomi. Miskonsepsi terhadap suatu hal biasanya gampang banget jadi hoax yang beredar. Gue punya pengalaman pas lagi ngobrol sama temen …

Mengapa Kita Bisa Mirip Dengan Orang Tua Kita?

Kenapa kita bisa mirip dengan orang tua kita? Lantas kenapa kita punya sedikit perbedaan fisik dan karakter dengan kakak-adik kandung kita? Bagaimana mekanisme biologis yang terjadi dibalik kemiripan orang tua dan anak? Coba perhatikan foto keluarga lo, bagaimana wajah dan penampilan kalian semua, semuanya agak mirip-mirip kan? Dari warna rambut, warna kulit, bentuk rahang, bentuk telinga, warna bola mata, dan lain-lain. Tapi coba deh lo perhatiin lebih detil lagi. Secara …

Perjalanan Menjawab Misteri Pewarisan Sifat

Kenapa anak sering kali mirip dengan orang tuanya? Artikel ini menceritakan perjalanan ilmuwan menguak materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat induk ke anaknya. Pernah ga kamu iseng melihat foto ibu/ayah kamu zaman dulu? Kalau kamu bandingin foto orang tua pas seumuran kamu dengan fisikmu saat ini, kamu akan melihat hal yang menarik. Yap! Kalian seperti kembar! Dan ternyata, tidak cuma dengan dirimu aja. Wajah adik atau kakakmu mirip banget …

Ribuan Tahun Berbentuk Kekaisaran, Bagaimana Tiongkok menjadi Negara Komunis?

Ribuan tahun Tiongkok berbentuk kekaisaran, kok sekarang malah berubah menjadi negara komunis? Artikel ini menceritakan bagaimana Partai Komunis Tiongkok bisa meraih kekuasaan dan bagaimana komunisme mempengaruhi berbagai sendi kehidupan rakyat Republik Rakyat Tiongkok. Halo, ketemu lagi sama gw Marcel di blog Zenius. Kali ini, lagi-lagi gw mau berbagi cerita sejarah yang seru banget, yaitu tentang peralihan bentuk salah satu peradaban tertua dan terbesar dalam sejarah dunia, yaitu peradaban Tiongkok. Kita semua tahu bahwa selama ribuan tahun …

Belajar Sosiologi buat Apa?

Artikel ini mengupas tentang apa itu Sosiologi, serta berbagai miskonsepsi dan kesalahpahaman orang akan bidang ilmu yang sering diremehkan ini. Halo, guys! Perkenalkan, nama gue Adam Bagaskara. Gue adalah salah satu tutor di Zenius, dan gue bergabung sebagai tutor mata pelajaran Sosiologi. Kalo lo semua suka baca Zenius Blog, lo pasti dah familiar, dong, dengan tulisan-tulisan keren para tutor Zenius. Topik-topiknya juga keren banget, dari Fisika, Sejarah, Matematika, Biologi, Teknologi, Linguistik, sampe Filosofi juga ada! Namun, kayaknya mata pelajaran Sosiologi belum terlalu banyak dikupas, nih. Makanya gue pengen banget nulis tentang Sosiologi. …

Kenapa Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Atom di Jepang?

Kenapa Amerika Serikat harus menjatuhkan bom atom? Apakah tidak ada alternatif lain? Artikel ini akan mengupas kronologi Perang Pasifik yang klimaksnya adalah ledakan mahadahsyat kedua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Setiap perang memiliki peran dan pengaruh bagi sejarah dunia. Kehancuran dan kematian yang diciptakan perang sudah pasti meninggalkan luka di daerah yang mengalaminya, sekitarnya, dan bahkan di tempat yang jauh dari lokasi perang. Perang Dunia II adalah perang terhebat …