John Snow: Detektif Medis yang Mengungkap Misteri Wabah Kolera

Mana yang umurnya lebih panjang, orang di zaman dulu atau orang di zaman sekarang? Buat yang sering baca artikel zenius, pasti tahu dong ya kalau orang zaman sekarang umurnya lebih panjang. Menurut PBB, di tahun 2010-2015, life expectancy atau angka harapan hidup dunia itu sekitar 71,5 tahun. Artinya, anak yang lahir pada tahun 2010-2015, diperkirakan rata-rata akan hidup sampai usia 71,5 tahun. Di Jepang, angka harap hidupnya bahkan mencapai 84 …

Sumpah Pemuda: Mengapa Bahasa Indonesia yang Dipilih Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda? Mengapa bukan bahasa Jawa, yang jumlah penggunanya lebih banyak di Nusantara? Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gue yakin banget kalo lo tahu bahwa kalimat-kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda …

Bagaimana Vaksin Menyelamatkan Jutaan Nyawa Manusia

Artikel ini akan mengajak kamu ke masa lampau saat wabah penyakit menular merampas jutaan nyawa dan mengkaji bagaimana vaksin menyelamatkan peradaban manusia. Pernah ga kamu denger orang di sekitar kamu menderita atau bahkan meninggal karena penyakit difteri, tetanus, polio, campak, gondongan, atau cacar variola? Kemungkinan besar, kamu bakal jawab “jarang banget” atau bahkan “ga pernah sama sekali”. Ya, manusia yang hidup di zaman sekarang cukup beruntung. Kita jarang mendengar suara batuk rejan (pertusis) yang khas …

Apa itu Stres dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa itu stres? Bisakah kita hidup tanpa stres? Pada titik apa stres menyeret orang ke gangguan mental lain? Bagaimana pula cara mengatasi stres dengan cara yang tepat? Semua dibahas tuntas di artikel ini oleh dokter yang fokus mendalami neurosains. Beberapa waktu lalu, publik dunia dihebohkan dengan kasus bunuh diri Chester Bennington, vokalis band Linkin Park. Chester dilaporkan bunuh diri karena stres yang membuatnya depresi berkepanjangan sejak lama. Jauh sebelum kasus …

4 Prinsip Utama dalam Belajar Bahasa Asing

Artikel ini mengupas 4 prinsip utama dalam mempelajari bahasa asing. Dilengkapi juga dengan indikator penguasaan bahasa, tingkat kesulitan, serta tips-tips mempelajari bahasa asing dengan cara yang efektif dan menyeluruh. Pernah gak sih, lo nyoba belajar bahasa asing? Entah itu bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Mandarin, atau bahasa Jerman? Hayo, udah sampe mana penguasaannya? Berdasarkan pengalaman gua jadi guru bahasa asing, gak sedikit pembelajar yang semangat belajarnya gak bertahan lama, mungkin ada juga yang sampe putus asa, …

Penerapan Persamaan Kuadrat dalam Genetika

Siapa sangka persamaan kuadrat di Matematika bisa diterapkan di Biologi? Khususnya dalam menentukan distribusi gen dalam sebuah populasi. Masih inget bagaimana matematika bisa dipakai dalam penemuan Teori Genetika Mendel? Beberapa waktu yang lalu, gue pernah menulis artikel tentang itu. Kalau lu belum pernah baca, lu bisa baca artikel tersebut di sini: Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel Di artikel itu, gue bercerita bagaimana Mendel melakukan eksperimen terhadap puluhan ribu tanaman …

Kupas Tuntas Dunia Investasi Bagi Pemula

Artikel ini mengupas dunia investasi secara komprehensif bagi para pemula. Dari mulai jenis-jenis investasi, hingga kelebihan & kekurangannya masing-masing. Halo para pembaca setiap zenius blog, ketemu lagi dengan gue Meby. Pada artikel kali ini gua mau lagi-lagi mau cerita tentang topik ekonomi, khususnya tentang dunia investasi. Artikel ini sekaligus menyambut beberapa request yang zenius terima untuk membahas dunia investasi. Oke pada artikel ini, gua harap bisa mengupas tuntas dan juga …

Gimana sih Cara Efektif Menurunkan Berat Badan?

Lebih ngaruh mana sih buat nurunin berat badan? Olahraga atau diet makanan? Artikel ini akan mengupas cara efektif menurunkan berat badan. Gue jamin kalau banyak di antara kita minimal di suatu saat tertentu dalam hidup pengen ngurangin berat badan, entah karena emang udah kegendutan, pengen dapet pacar, pengen hidup sehat, pengen jadi idol, ataupun alasan-alasan lainnya. Emang harus diakui, kemajuan teknologi bikin hidup kita jadi relatif mudah secara fisik sehingga …