Insights

Insights

Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel

Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel

Beberapa waktu yang lalu, ketika gue sedang menjelaskan ke murid-murid di kelas bahwa ilmu yang didapat di sekolah itu saling berhubungan, ada yang nyeletuk gini:  “Kalau lu bisa nunjukin hubungannya Biologi sama Matematika, lu gue traktir deh, Nu.” Biologi itu sering banget dipersepsikan sebagai hafalan. Mungkin karena kebanyakan anak belajarnya dengan cara begitu, dan nggak sedikit juga guru di sekolah yang mengajarkan dengan cara menghafal. Sebaliknya, pelajaran matematika selalu dianggap … Baca Selengkapnya
Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Halo semuanya, ketemu lagi sama gua Meby. Kali ini lagi-lagi gua mau nulis artikel dengan topik Ekonomi. Kalo sebelumnya gua udah pernah nulis tentang kondisi utang Indonesia, seluk-beluk perkuliahan ekonomi, dan juga alasan kenapa harga barang jaman dulu selalu lebih murah. Nah, kali ini gua mau bahas tentang perputaran uang di pemerintahan negara, khususnya di Negara Indonesia. Oke, gua tau sebagian besar pembaca blog zenius itu anak muda yang berpikir kritis, termasuk juga … Baca Selengkapnya
Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, ada yang namanya istilah "nilai sosial". Pengertian sederhananya, nilai sosial itu adalah sesuatu yang dianggap berharga sebagai hasil dari konstruksi sosial dalam … Baca Selengkapnya
Stalin: Ketika seorang paranoid memimpin negara terbesar di dunia

Stalin: Ketika seorang paranoid memimpin negara terbesar di dunia

Halo ketemu lagi sama gua Marcel. Kalo pada artikel-artikel sebelumnya zenius sering mengulas kisah hidup dari tokoh nasional maupun tokoh dunia yang dikenal karena kontribusi yang positif terhadap sejarah peradaban seperti Gandhi, Sukarno, Hatta, Tesla, Bill Gates, dll. Nah kali ini, gua ingin mengulas seorang tokoh yang justru banyak dianggap sebagai sosok “antagonis” dalam sejarah peradaban manusia. Yak, sebagaimana bisa lo tebak dari judulnya, tokoh tersebut dikenal dunia dengan nama … Baca Selengkapnya
5 Pengetahuan Dasar Ekonomi yang Perlu Diketahui Semua Orang

5 Pengetahuan Dasar Ekonomi yang Perlu Diketahui Semua Orang

“Ngapain gua belajar ekonomi? Ekonomi rasanya ngga pernah ngaruh tuh ke kehidupan gua sehari-hari. Lagian gua nanti mau jadi pemain bola, gua ga perlu ngerti ekonomi untuk jadi pemain bola.” Gua ngerti mungkin nggak semua orang suka dengan pelajaran ekonomi. Tapi melalui artikel ini, izinkan gua untuk menyampaikan sebuah kenyataan bahwa pada akhirnya semua orang, cepat atau lambat, akan berurusan dengan uang. Terlepas dari apapun jurusan kuliah lo, apapun bidang … Baca Selengkapnya
Indonesia kok utang melulu, kapan lunasnya?

Indonesia kok utang melulu, kapan lunasnya?

Lo pernah denger atau baca berita tentang utang negara Indonesia? Biasanya kalo ngomongin soal utang negara, banyak orang awam yang langsung berkesimpulan bahwa banyaknya utang negara adalah indikator kemerosotan ekonomi. Kalo lo perhatikan, tiap kali ada berita yang mengulas topik utang negara, belum apa-apa netizen udah berkomentar kira-kira seperti ini: “Ini negara kok utangnya nggak lunas-lunas ya? Malah nambah utang melulu, malu-maluin banget deh!” “Katanya Indonesia ini negeri yang kaya raya, tapi … Baca Selengkapnya
Yuk, Bareng-bareng Mengukur Keliling Bumi!

Yuk, Bareng-bareng Mengukur Keliling Bumi!

Segala kecanggihan teknologi dan sains yang kita nikmati sekarang bisa dibilang berakar dari rasa ingin tahu (curiosity). Manusia mengamati lingkungan sekitarnya, membuat dugaan, melakukan eksperimen, dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Dimulai dari eksperimen yang sederhana, sebuah pengetahuan akan diestafetkan dari zaman ke zaman untuk terus diperbarui. Pada artikel kali ini, gue ingin bercerita tentang sebuah eksperimen sederhana yang menjadi basis salah satu bidang ilmu pengetahuan hingga sekarang. Eksperimen ini dilakukan oleh Eratosthenes, seorang matematikawan … Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab dan Cegah Kanker Serviks Sedari Dini

Ketahui Penyebab dan Cegah Kanker Serviks Sedari Dini

Haloo. Ketemu lagi nih dengan gue, Wilo. Kali ini, gue akan membahas hal yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Biasanya gue bikin blog tentang tips-tips belajar TPA. Nah, mumpung masih dalam rangka memperingati HARI KANKER SEDUNIA, yaitu tanggal 4 Februari kemarin dan hari ulang tahun gue tanggal 6 Februari kemaren (yang ini gak nyambung, sih :p hehe), gue mau membahas tentang Kanker Serviks atau kanker leher rahim. Telat dikit gak papa … Baca Selengkapnya