Mengapa Kita Bisa Mirip Dengan Orang Tua Kita?

Kenapa kita bisa mirip dengan orang tua kita? Lantas kenapa kita punya sedikit perbedaan fisik dan karakter dengan kakak-adik kandung kita? Bagaimana mekanisme biologis yang terjadi dibalik kemiripan orang tua dan anak? Coba perhatikan foto keluarga lo, bagaimana wajah dan penampilan kalian semua, semuanya agak mirip-mirip kan? Dari warna rambut, warna kulit, bentuk rahang, bentuk telinga, warna bola mata, dan lain-lain. Tapi coba deh lo perhatiin lebih detil lagi. Secara …

Perjalanan Menjawab Misteri Pewarisan Sifat

Kenapa anak sering kali mirip dengan orang tuanya? Artikel ini menceritakan perjalanan ilmuwan menguak materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat induk ke anaknya. Pernah ga kamu iseng melihat foto ibu/ayah kamu zaman dulu? Kalau kamu bandingin foto orang tua pas seumuran kamu dengan fisikmu saat ini, kamu akan melihat hal yang menarik. Yap! Kalian seperti kembar! Dan ternyata, tidak cuma dengan dirimu aja. Wajah adik atau kakakmu mirip banget …

Bagaimana Manusia Bisa Melihat Warna?

Warna itu sebetulnya tidak ada. Warna itu hanyalah persepsi visual dalam otak manusia saja. Lalu bagaimana manusia bisa melihat warna-warni yang berbeda? Ini penjelasan ilmiahnya. Pernah nggak sih lo pas lagi bengong ngeliatin langit, tiba-tiba muncul pertanyaan di dalam benak lo. Kenapa ya langit berwarna biru? Kenapa api berwarna merah? Kenapa daun berwarna hijau? Kenapa pelangi bisa memiliki 7 warna? Kenapa pemimpinnya Power Rangers selalu ranger merah? Kenapa gebetan gue …

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengukur jarak antara Matahari dan Bumi, serta benda-benda angkasa lainnya tanpa harus meninggalkan Bumi. Halo guys! Ketemu lagi nih dengan Steve dan Wisnu. Kali ini kita berdua mau ngomongin tentang gimana caranya ngukur benda-benda angkasa. Sebelum kita mulai, lo pernah gak, sih, wondering tentang seberapa jauhnya Matahari dari Bumi? Atau jarak antara Bumi dengan Bulan? Nah, kebetulan, kita sering banget dapet pertanyaan kayak gini: Q: Berapa sih jarak dari Bumi ke Matahari? Z: AU lah. Q: Eh seriusan. …

Berbagai Pandangan Keliru tentang Teori Evolusi

Pengertian teori evolusi seringkali disalahartikan hanya sebatas pernyataan Charles Darwin yang mengatakan manusia itu berasal dari kera. Padahal Charles Darwin maupun teori evolusi TIDAK PERNAH menyatakan bahwa manusia itu berasal dari kera. Halo semua, apa sih yang terlintas di pikiran lo kalo ada pembahasan tentang teori evolusi? Wah, biasanya materi teori evolusi ini seringkali jadi topik yang begitu kontroversial. Entah kenapa, satu topik dalam pelajaran Biologi ini jadi hal yang begitu sensitif …

Dari Mana Asalnya Air Terjun?

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk air terjun, proses pembentukan, jenis-jenis, serta siklus airnya. Aloha, guys! Ketemu lagi nih sama gue, Rifad. Kali ini, gue mau ngomongin tentang air terjun. Akhir-akhir ini sering banget publik ngomongin tentang film yang lagi hits, yaitu Black Panther. Udah pada nonton belum nih? Kalo lo nonton, pasti lo familiar dengan ini: Yap. Air terjun di Wakanda ini menjadi lokasi penting dalam film karena menjadi tempat penobatan raja dan ritual …

Akankah Robot Menguasai Kehidupan Manusia di Masa Depan?

Artikel ini membahas dan mengajak diskusi tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dimiliki oleh robot, dengan berbagai kemungkinannya di masa depan. Halo guys, ketemu lagi sama gue, Ncen. Judul artikelnya kok serem banget? Kayak di film-film aja. Iya, sih, tapi gue bukan lagi lebay, loh, gue mau nulis artikel ini karena gue cukup tertarik dengan ide bahwa bagaimana robot sudah (dan akan) menjadi bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, beberapa waktu lalu, gue baca 2 buku yang menurut gue …

John Snow: Detektif Medis yang Mengungkap Misteri Wabah Kolera

Mana yang umurnya lebih panjang, orang di zaman dulu atau orang di zaman sekarang? Buat yang sering baca artikel Zenius, pasti tahu dong ya kalau orang zaman sekarang umurnya lebih panjang. Menurut PBB, di tahun 2010-2015, life expectancy atau angka harapan hidup dunia itu sekitar 71,5 tahun. Artinya, anak yang lahir pada tahun 2010-2015, diperkirakan rata-rata akan hidup sampai usia 71,5 tahun. Di Jepang, angka harapan hidupnya bahkan mencapai 84 …