Kingdom Plantae: Materi Biologi Kelas 10

Artikel ini akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi kingdom Plantae. Hi, guys! Kamu pernah jalan-jalan ke puncak? Apa yang membuatmu betah berlama-lama di sana? Udaranya yang dingin? Lingkungannya yang asri dan serba hijau? City light dan kebun teh yang menakjubkan dari dataran tinggi? Semuanya? Oke deh, sebagian besar menjawab semua yang aku sebutkan tadi pasti menjadi hal yang selalu dirindukan dari puncak. Nah, tahukah kamu kalau kebun teh dan …

Kingdom Animalia: Materi Biologi Kelas 10

Artikel ini akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi kingdom Animalia. Hi, guys! Siapa di sini yang pernah ke kebun binatang? Pasti sebagian besar pernah ya. Coba kita flashback, ada hewan apa aja sih di sana? Sangat beragam, bukan? Dari hewan yang berukuran kecil hingga yang sangat besar. Nah, semua hewan tersebut ternyata masuk dalam satu klasifikasi lho, yaitu kingdom Animalia. Bahkan, manusia juga masuk dalam kingdom tersebut! Kira-kira apa …

Materi Biologi: Sistem Peredaran Darah

Artikel ini membahas mengenai materi biologi yaitu sistem peredaran darah, termasuk fungsi darah, penyusun jaringan darah, golongan darah, organ-organ yang berperan dalam sistem peredaran darah, sistem limfatik, serta gangguan atau penyakit dalam sistem peredaran darah. Pernah gak sih kalian penasaran kenapa jantung kita berdetak? Yap, benar untuk hidup, tapi apa sih sebenarnya hubungan antara jantung yang berdetak dengan hidup? Nah, pada artikel ini kita bakal kupas tuntas mengenai penghubung keduanya …

Larutan Basa: Materi Kimia Kelas 11

Artikel ini menjelaskan tentang pengertian larutan basa, ciri-ciri, hingga contoh larutan basa dalam kehidupan sehari-hari. Hi, guys! Kamu pernah memiliki riwayat penyakit maag gak? Maag merupakan kondisi dimana tubuh memproduksi asam lambung berlebih. Untuk mengobati maag tersebut, kamu bisa menggunakan obat antasida, yaitu obat yang digunakan untuk menetralkan kadar asam di dalam lambung. Sifat dari obat tersebut adalah basa. Dengan begitu, basa dalam antasida akan bereaksi dengan HCl atau asam …

Larutan Asam: Materi Kimia Kelas 11

Artikel ini menjelaskan tentang larutan asam, mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga jenis dan contohnya. Hi, guys! Kali ini aku akan membahas tentang larutan. Kamu perlu tau bahwa larutan itu dapat diklasifikasikan sebagai larutan asam, basa, dan netral. Di artikel ini, aku akan membahas seluk beluk larutan asam. Kamu pernah minum jus lemon kan? Bagaimana rasanya? Tentu saja asam, tapi segar banget, apalagi diminum saat cuaca panas. Nah, jus lemon ternyata …

Sistem Pernapasan Manusia

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian sistem pernapasan, organ-organ sistem pernapasan, dan gangguan pada sistem pernapasan manusia. Hi, guys! Berbicara mengenai makhluk hidup, bernapas termasuk salah satu ciri-cirinya. Manusia bernapas untuk menghirup oksigen (O2) dan melepaskan karbon dioksida (CO2). Apa yang terjadi kalau manusia tidak bernapas? Tubuh akan kekurangan oksigen dan bisa menyebabkan kematian lho. Coba deh selama 5 menit kamu tahan napas, apa yang akan terjadi? Hihihi. Selain itu, …

Materi Kimia Kelas 11: Hidrolisis Garam

Artikel ini membahas mengenai materi kimia yaitu hidrolisis garam termasuk mengenai pengertian garam, pengertian hidrolisis dan juga mencari nilai pH garam beserta dengan contoh soalnya. Yang namanya garam pasti udah gak asing lah ya bagi kita? Apa lagi buat kalian yang suka masak, pasti udah jago banget dalam nakar-nakar garam dalam masakan. Nah, dalam artikel ini kita gak bakal bahas mengenai garam dalam masakan, tapi garam dalam kimia yaitu hidrolisis …

Materi Kimia: Sistem Koloid

Artikel ini membahas mengenai materi kimia yaitu sistem koloid termasuk pengertian, jenis-jenis koloid, sifat koloid, serta proses terbuatnya koloid. Meskipun rasanya kata “koloid” itu agak kurang familiar di telinga kita, sebenarnya penerapan sistem koloid itu cukup mudah kita temukan di kehidupan kita sehari-hari misalnya, susu dan agar-agar dan lain-lain.  Sebenarnya seperti apa sih sistem koloid itu? Nah, dalam artikel ini kita bakal bahas mengenai sistem koloid termasuk pengertian, jenis-jenis koloid, …