Gimana sih Cara Efektif Menurunkan Berat Badan?

Gue jamin kalau banyak di antara kita minimal di suatu saat tertentu dalam hidup pengen ngurangin berat badan, entah karena emang udah kegendutan, pengen dapet pacar, pengen hidup sehat, pengen jadi idol, ataupun alasan-alasan lainnya. Emang harus diakui, kemajuan teknologi bikin hidup kita jadi relatif mudah secara fisik sehingga kita lebih hemat dalam memakai energi untuk aktivitas sehari-hari (sedentary lifestyle). Mau pergi ke mana2, tinggal duduk manis di motor/mobil. Mau …

Gimana Caranya Berpikir untuk Menghasilkan Inovasi?

Setitik demi setitik, hujan membasahi kaca pada jendela kantor Zenius. Apa yang mengakibatkan hujan jatuh dari langit menuju tanah? Jatuh dengan bentuk menyerupai daun, menyerupai tanda koma. Melingkar pada bagian bawah dengan bagian atas yang meruncing. Apa yang menyebabkannya berupa demikian? Setiap butir air hujan, walaupun kecil, mereka memiliki massa. Dan setiap benda yang memiliki massa harus bergerak menuju pusat massa yang jauh lebih besar dibanding dirinya. Apa artinya setetes …

Jago Ngitung, Bukan Berarti Jago Matematika

Hi guys! Kenalan dulu yah, nama gua Catherine. Gua baru beberapa bulan bergabung di tim Marketing Zenius sebagai Online Advertising Specialist. Walaupun gua sekarang kerjanya di bidang Marketing, tapi latar belakang akademis dan topik bacaan gua ga jauh-jauh dari sains dan Matematika. Nah, di artikel perdana gua ini, gua mau ngebahas secara khusus tentang Matematika. Lebih spesifiknya, gua mau bahas tentang anggapan masyarakat umum (stereotype) bahwa orang yang jago Matematika …

IPTEK Indonesia Ga Maju, Terus Gimana Dong?

Kalo diminta untuk membanggakan Indonesia, biasanya lo sebagai warga negara Indonesia bakal mengangkat poin atau kelebihan apa sih dari negeri ini? Pastinya berbagai varian jawaban akan muncul. Tapi gue yakin, salah satu poin kelebihan yang lumayan sering dibanggakan oleh orang Indonesia adalah: “Wah, Indonesia adalah negara yang kaya raya akan sumber daya alam. Banyaknya kekayaan alam yang terkandung di bumi Indonesia ini, mungkin tidak bisa dihitung. Gemah ripah loh jinawi!” …

Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel

Beberapa waktu yang lalu, ketika gue sedang menjelaskan ke murid-murid di kelas bahwa ilmu yang didapat di sekolah itu saling berhubungan, ada yang nyeletuk gini:  “Kalau lu bisa nunjukin hubungannya Biologi sama Matematika, lu gue traktir deh, Nu.” Biologi itu sering banget dipersepsikan sebagai hafalan. Mungkin karena kebanyakan anak belajarnya dengan cara begitu, dan nggak sedikit juga guru di sekolah yang mengajarkan dengan cara menghafal. Sebaliknya, pelajaran matematika selalu dianggap …

Yuk, Bareng-bareng Mengukur Keliling Bumi!

Segala kecanggihan teknologi dan sains yang kita nikmati sekarang bisa dibilang berakar dari rasa ingin tahu (curiosity). Manusia mengamati lingkungan sekitarnya, membuat dugaan, melakukan eksperimen, dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Dimulai dari eksperimen yang sederhana, sebuah pengetahuan akan diestafetkan dari zaman ke zaman untuk terus diperbarui. Pada artikel kali ini, gue ingin bercerita tentang sebuah eksperimen sederhana yang menjadi basis salah satu bidang ilmu pengetahuan hingga sekarang. Eksperimen ini dilakukan oleh Eratosthenes, seorang matematikawan …

Seperti Apa sih Teknologi Digital itu?

Waktu kecil dulu, untuk memudahkan mengingat dan menghafal warna, guru SD kita memberikan akronim mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu) yang juga merupakan urutan dari warna pelangi. Apakah warna cuma sebatas mejikuhibiniu? Tentu enggak, warna ada banyak banget. Bahkan satu jenis warna aja ada berbagai kemungkinan. Contohnya warna biru, kita tahu kalau birunya langit itu berbeda dengan birunya air laut. Birunya air laut juga berbeda dengan birunya celana …

Kenapa Listrik Rumah Menggunakan Arus Bolak Balik?

Kalau iseng-iseng cek meteran listrik di rumah, kita akan melihat tulisan, “220V, 50Hz”. Sebenernya ada banyak tulisan di meteran listrik, tapi di artikel ini kita cuma bahas tulisan tersebut. Oke, apa nih maksudnya tulisan “220V, 50Hz”? Bagian 220V-nya itu menunjukkan bahwa listrik di rumah kita mendapatkan tegangan sebesar 220 volt, sementara bagian 50Hz-nya menunjukkan bahwa arus listrik yang tiba di rumah kita itu adalah listrik bolak-balik dengan frekuensi sebesar 50 …