Politik

Politik

Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Halo semuanya, ketemu lagi sama gua Meby. Kali ini lagi-lagi gua mau nulis artikel dengan topik Ekonomi. Kalo sebelumnya gua udah pernah nulis tentang kondisi utang Indonesia, seluk-beluk perkuliahan ekonomi, dan juga alasan kenapa harga barang jaman dulu selalu lebih murah. Nah, kali ini gua mau bahas tentang perputaran uang di pemerintahan negara, khususnya di Negara Indonesia. Oke, gua tau sebagian besar pembaca blog zenius itu anak muda yang berpikir kritis, termasuk juga … Baca Selengkapnya
Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, ada yang namanya istilah "nilai sosial". Pengertian sederhananya, nilai sosial itu adalah sesuatu yang dianggap berharga sebagai hasil dari konstruksi sosial dalam … Baca Selengkapnya
Stalin: Ketika seorang paranoid memimpin negara terbesar di dunia

Stalin: Ketika seorang paranoid memimpin negara terbesar di dunia

Halo ketemu lagi sama gua Marcel. Kalo pada artikel-artikel sebelumnya zenius sering mengulas kisah hidup dari tokoh nasional maupun tokoh dunia yang dikenal karena kontribusi yang positif terhadap sejarah peradaban seperti Gandhi, Sukarno, Hatta, Tesla, Bill Gates, dll. Nah kali ini, gua ingin mengulas seorang tokoh yang justru banyak dianggap sebagai sosok “antagonis” dalam sejarah peradaban manusia. Yak, sebagaimana bisa lo tebak dari judulnya, tokoh tersebut dikenal dunia dengan nama … Baca Selengkapnya
Indonesia kok utang melulu, kapan lunasnya?

Indonesia kok utang melulu, kapan lunasnya?

Lo pernah denger atau baca berita tentang utang negara Indonesia? Biasanya kalo ngomongin soal utang negara, banyak orang awam yang langsung berkesimpulan bahwa banyaknya utang negara adalah indikator kemerosotan ekonomi. Kalo lo perhatikan, tiap kali ada berita yang mengulas topik utang negara, belum apa-apa netizen udah berkomentar kira-kira seperti ini: “Ini negara kok utangnya nggak lunas-lunas ya? Malah nambah utang melulu, malu-maluin banget deh!” “Katanya Indonesia ini negeri yang kaya raya, tapi … Baca Selengkapnya
Apa sih Pentingnya Belajar Sejarah?

Apa sih Pentingnya Belajar Sejarah?

Halo! ketemu lagi sama gw, Marcel. Mungkin banyak para pembaca setia zenius blog udah hafal kalo gua langganan nulis artikel tentang topik sejarah. Nah, dari pengalaman gua berinteraksi dengan pembaca, sebagian besar memang menyambut positif tulisan-tulisan dengan tema sejarah, tapi nggak jarang juga ada beberapa pembaca yang masih mempertanyakan hal-hal seperti ini: "Apa sih pentingnya belajar sejarah? Nggak ada gunanya itu menghafal nama-nama tokoh dan tahun. Sejarah itu kan sudah … Baca Selengkapnya
Latar Belakang Keterlibatan Jepang pada Perang Dunia 2

Latar Belakang Keterlibatan Jepang pada Perang Dunia 2

Kira-kira 75 tahun yang lalu, tepatnya 7 Desember 1941. Terjadi serangan militer mendadak yang menggemparkan seluruh dunia, terutama publik Amerika Serikat. Yak, mungkin beberapa di antara lo ada yang bisa nebak, serangan yang gua maksud adalah serangan atas pangkalan militer AS di Pearl Habor (Kepulauan Hawai) oleh 400+ pesawat tempur imperialis Jepang. Serangan ini begitu mengejutkan karena dilakukan tanpa peringatan atau deklarasi perang apapun. Terlebih, hal ini dilakukan oleh sebuah negara … Baca Selengkapnya
Kenapa sih Setiap Tahun Harga Barang selalu Naik?

Kenapa sih Setiap Tahun Harga Barang selalu Naik?

Halo para pembaca zenius blog! Sebelumnya kenalin dulu nama gue Meby, belum lama ini gue bergabung di Zenius Education sebagai tutor pelajaran Ekonomi. Nah, pada kesempatan kali ini, sebagai perkenalan gue mau mempersembahkan sebuah tulisan yang membahas sebuah fenomena ekonomi yang pasti kita semua pernah rasakan. Yak, bisa lo tebak sesuai dengan judulnya: Gue mau mengupas tuntas sebuah pertanyaan yang mungkin bikin lo penasaran selama ini: "Kenapa ya harga-harga barang … Baca Selengkapnya
Penalaran Sejarah: Kenapa manusia memilih Berdemokrasi?

Penalaran Sejarah: Kenapa manusia memilih Berdemokrasi?

Halo guys, ketemu lagi sama gue si ganteng Ivan! Buat lo yang belakangan ngikutin berita luar negeri, mungkin sempet denger kehebohan tentang hasil pemilu presiden di Amerika beberapa minggu yang lalu. Kehebohan pemilu ini bisa kita lihat dari banyak sisi, dari mulai banyak kalangan yang tidak menduga bahwa capres dari partai Republikan yaitu Donald Trump berhasil memenangkan pemilu ini. Ada juga beberapa elemen masyarakat yang masih tidak bisa menerima bahwa sosok yang … Baca Selengkapnya