Kabinet-Kabinet Indonesia dari Masa ke Masa

Indonesia telah dipimpin oleh berbagai kabinet mulai dari Kabinet Presidensial era Bung Karno hingga Kabinet Indonesia Maju era Joko Widodo. Dalam tulisan ini Zenius Blog menyajikan kabinet-kabinet yang pernah memimpin Indonesia.  Sejak kemerdekaan diproklamasikan pada tahun 1945, Indonesia telah dipimpin oleh beberapa presiden mulai dari Presiden Soekarno sampai Presiden Joko Widodo yang memimpin Indonesia pada saat ini. Dalam setiap era kepemimpinan, Presiden Indonesia tidaklah sendirian. Setiap presiden memiliki kabinetnya masing-masing …

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Menteri di Indonesia

Apa aja sih tugas dan tanggung jawab seorang menteri di negeri ini? Kali ini Zenius Blog akan bahas apa itu menteri serta tugas-tugasnya.  Terdapat ratusan negara di dunia ini. Setiap negara yang ada mempunyai sistem pemerintahannya sendiri-sendiri yang harus dihormati oleh negara lain. Ada negara yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer. Negara dengan sistem pemerintahan tersebut dikepalai oleh perdana menteri. Ada juga negara yang menggunakan sistem semi presidensial. Prancis adalah salah …

UU Pesantren, Kado dari Pemerintah di Hari Santri

Santri dan ulama mempunyai peran dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal inilah yang akhirnya membuat pemerintah berinisiatif untuk membuat hari khusus untuk mengenang jasa tersebut. Salah satunya adalah dengan ditetapkannya hari santri setiap 22 Oktober. Selain itu, pemerintah juga telah meresmikan UU Pesantren.  Tanggal 24 September 2019 menjadi hari bersejarah bagi kalangan santri. Pada tanggal tersebut, DPR mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) pesantren menjadi Undang-Undang (UU). Dengan adanya UU ini, pesantren kini …

China, Tjina, Cina, Tiongkok, Manakah yang Benar?

Pernahkah kamu mendengar teman atau pacar kamu menyebut negeri yang sekarang dipimpin oleh Xi Jinping dengan sebutan Tiongkok? Beberapa dari kamu mungkin menyebutnya sebagai Cina, China, atau sebutan lainnya. Jadi, sebenarnya sebutan yang mana sih yang betul?  Jika kita ingin menyebutnya dengan mengacu kepada pemerintah, maka Tiongkok akan jadi lebih tepat. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2014 Tentang Pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/PRES.KAB/6/1967, Tanggal 28 …

Di Jurusan Ilmu Politik Itu Belajar Apa, Sih?

Artikel ini membahas tentang jurusan Ilmu Politik; apa saja kajiannya, ruang lingkup belajarnya, hingga peluang kariernya. Halo semua, balik lagi nih sama gue, Hilman. Buat lo yang lagi cari-cari mau kuliah di jurusan apa, gue akan berbagi cerita tentang “belajar apa aja waktu dulu gue kuliah” dan apakah lo bakal sesuai dengan jurusan ini. Kali ini gue mau ngomongin teentang jurusan Ilmu Politik. Berhubung artikel gue yang sebelumnya membahas tentang …

Konflik Sipil-Militer Amerika Serikat dalam Perang Korea

Artikel ini membahas tentang keterlibatan Jenderal MacArthur dan Presiden Truman selaku militer dan sipil Amerika Serikat dalam perang Korea. Halo sahabat-sahabat Zenius, ketemu lagi sama gue, Marcel. Di artikel kali ini, gue mau ngelanjutin sejarah konflik di daerah Asia Timur. Setelah sebelumnya membahas bagaimana Tiongkok menjadi negara komunis, di artikel ini gw mau membahas seputar perang Korea. Namun, kalau membahas perang Korea-nya, artikelnya bakal terlalu banyak membahas pertempuran-pertempurannya, ujung-ujungnya malah jadi artikel …

Mengenal Pemilu di Indonesia

Artikel ini membahas tentang apa saja pemilu yang ada di Indonesia. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Hilman. Kali ini gue pengen bahas sebuah topik yang belakangan ini (dan hingga beberapa waktu ke depan) anget banget, yaitu tentang pemilihan umum. Apaan sih, Man. Gak asik banget ngomongin politik. Gak penting juga. Toh pemilu itu gak ada pengaruhnya dalam hidup gue Nah, pasti di antara lo ada yang mikir kayak gitu. Meski sebagian dari lo udah atau akan memiliki hak untuk nyoblos alias ikut pemilihan umum, ternyata gue …

Ribuan Tahun Berbentuk Kekaisaran, Bagaimana Tiongkok menjadi Negara Komunis?

Ribuan tahun Tiongkok berbentuk kekaisaran, kok sekarang malah berubah menjadi negara komunis? Artikel ini menceritakan bagaimana Partai Komunis Tiongkok bisa meraih kekuasaan dan bagaimana komunisme mempengaruhi berbagai sendi kehidupan rakyat Republik Rakyat Tiongkok. Halo, ketemu lagi sama gw Marcel di blog Zenius. Kali ini, lagi-lagi gw mau berbagi cerita sejarah yang seru banget, yaitu tentang peralihan bentuk salah satu peradaban tertua dan terbesar dalam sejarah dunia, yaitu peradaban Tiongkok. Kita semua tahu bahwa selama ribuan tahun …