Konflik Sipil-Militer Amerika Serikat dalam Perang Korea

Artikel ini membahas tentang keterlibatan Jenderal MacArthur dan Presiden Truman selaku militer dan sipil Amerika Serikat dalam perang Korea. Halo sahabat-sahabat Zenius, ketemu lagi sama gue, Marcel. Di artikel kali ini, gue mau ngelanjutin sejarah konflik di daerah Asia Timur. Setelah sebelumnya membahas bagaimana Tiongkok menjadi negara komunis, di artikel ini gw mau membahas seputar perang Korea. Namun, kalau membahas perang Korea-nya, artikelnya bakal terlalu banyak membahas pertempuran-pertempurannya, ujung-ujungnya malah jadi artikel …

Mengenal Pemilu di Indonesia

Artikel ini membahas tentang apa saja pemilu yang ada di Indonesia. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Hilman. Kali ini gue pengen bahas sebuah topik yang belakangan ini (dan hingga beberapa waktu ke depan) anget banget, yaitu tentang pemilihan umum. Apaan sih, Man. Gak asik banget ngomongin politik. Gak penting juga. Toh pemilu itu gak ada pengaruhnya dalam hidup gue Nah, pasti di antara lo ada yang mikir kayak gitu. Meski sebagian dari lo udah atau akan memiliki hak untuk nyoblos alias ikut pemilihan umum, ternyata gue …

Ribuan Tahun Berbentuk Kekaisaran, Bagaimana Tiongkok menjadi Negara Komunis?

Ribuan tahun Tiongkok berbentuk kekaisaran, kok sekarang malah berubah menjadi negara komunis? Artikel ini menceritakan bagaimana Partai Komunis Tiongkok bisa meraih kekuasaan dan bagaimana komunisme mempengaruhi berbagai sendi kehidupan rakyat Republik Rakyat Tiongkok. Halo, ketemu lagi sama gw Marcel di blog Zenius. Kali ini, lagi-lagi gw mau berbagi cerita sejarah yang seru banget, yaitu tentang peralihan bentuk salah satu peradaban tertua dan terbesar dalam sejarah dunia, yaitu peradaban Tiongkok. Kita semua tahu bahwa selama ribuan tahun …

Kenapa Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Atom di Jepang?

Kenapa Amerika Serikat harus menjatuhkan bom atom? Apakah tidak ada alternatif lain? Artikel ini akan mengupas kronologi Perang Pasifik yang klimaksnya adalah ledakan mahadahsyat kedua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Setiap perang memiliki peran dan pengaruh bagi sejarah dunia. Kehancuran dan kematian yang diciptakan perang sudah pasti meninggalkan luka di daerah yang mengalaminya, sekitarnya, dan bahkan di tempat yang jauh dari lokasi perang. Perang Dunia II adalah perang terhebat …

Mengapa Jerman Kalah di Perang Dunia II?

Artikel ini menceritakan tentang penyebab kekalahan Jerman di Perang Dunia II, meski nampaknya mereka unggul dan hampir memenangkan perang masif ini. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Marcel. Seperti biasa, gue mau mengajak lo semua untuk melirik ke masa lampau (lebay), ke salah satu peristiwa besar dalam sejarah manusia, ke peristiwa yang nyaris mengubah peta politik dunia, terutama Eropa. Peristiwa itu adalah Perang Dunia II. Kenapa gue nyebut bahwa peristiwa ini nyaris mengubah peta politik dunia? Karena pada saat itu …

Kenapa nilai Rupiah merosot & Dolar naik terus sih?

Kenaikan nilai tukar USD terhadap Rupiah tahun 2018 ramai dibicarakan, tapi tidak ada yang menjelaskan penyebabnya dengan tuntas. Artikel ini menjelaskan kenaikan USD sekaligus sisi negatif dan positifnya bagi Indonesia. Lo pasti belakangan ini sering denger banyak orang yang ribut-ribut soal nilai tukar Rupiah yang terus merosot. Faktanya memang demikian, nilai tukar Rupiah terus melemah terhadap mata uang Dolar AS sejak awal tahun 2018. Kalo awal tahun 2018, 1 Dolar USA bisa …

Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Negara?

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana ketergantungan subsidi yang berlebihan bisa berakibat sangat fatal bagi perekonomian negara. Subsidi itu kan enak. Harga BBM murah. Biaya listrik dan air ledeng murah. Kalo perlu, semuanya aja deh disubsidi oleh pemerintah. Kenapa pemerintah nggak subsidi semua bahan kebutuhan pokok aja, sih? Kalo semua disubsidi, kan rakyat sejahtera. Rakyat jadi nggak terbebani biaya ekonomi yang tinggi. Negara yang memberikan banyak subsidi bagi rakyatnya pastilah pemerintah yang baik dan berpihak …

Kisah Runtuhnya Dinasti Terakhir Kekaisaran Tiongkok

Selama ribuan tahun, Kekaisaran Tiongkok (China) bertahan, berkembang, serta membangun salah satu peradaban yang terbesar sepanjang sejarah manusia. Namun, peradaban yang katanya besar, kokoh, dan eksis selama lebih dari 2000 tahun itu toh akhirnya tumbang juga di awal abad ke-20. Bagaimana ceritanya? Artikel ini menceritakan beberapa penyebab kunci dari kehancuran dinasti terakhir Tiongkok (Dinasti Qing). Halo ketemu lagi sama gua Marcel, di topik sejarah Zenius Blog! Pada kesempatan kali ini gua …