Mengapa Jerman Kalah di Perang Dunia II?

Artikel ini menceritakan tentang penyebab kekalahan Jerman di Perang Dunia II, meski nampaknya mereka unggul dan hampir memenangkan perang masif ini. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Marcel. Seperti biasa, gue mau mengajak lo semua untuk melirik ke masa lampau (lebay), ke salah satu peristiwa besar dalam sejarah manusia, ke peristiwa yang nyaris mengubah peta politik dunia, terutama Eropa. Peristiwa itu adalah Perang Dunia II. Kenapa gue nyebut bahwa peristiwa ini nyaris mengubah peta politik dunia? Karena pada saat itu …

Kenapa nilai Rupiah merosot & Dolar naik terus sih?

Kenaikan nilai tukar USD terhadap Rupiah tahun 2018 ramai dibicarakan, tapi tidak ada yang menjelaskan penyebabnya dengan tuntas. Artikel ini menjelaskan kenaikan USD sekaligus sisi negatif dan positifnya bagi Indonesia. Lo pasti belakangan ini sering denger banyak orang yang ribut-ribut soal nilai tukar Rupiah yang terus merosot. Faktanya memang demikian, nilai tukar Rupiah terus melemah terhadap mata uang Dolar AS sejak awal tahun 2018. Kalo awal tahun 2018, 1 Dolar USA bisa …

Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Negara?

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana ketergantungan subsidi yang berlebihan bisa berakibat sangat fatal bagi perekonomian negara. Subsidi itu kan enak. Harga BBM murah. Biaya listrik dan air ledeng murah. Kalo perlu, semuanya aja deh disubsidi oleh pemerintah. Kenapa pemerintah nggak subsidi semua bahan kebutuhan pokok aja, sih? Kalo semua disubsidi, kan rakyat sejahtera. Rakyat jadi nggak terbebani biaya ekonomi yang tinggi. Negara yang memberikan banyak subsidi bagi rakyatnya pastilah pemerintah yang baik dan berpihak …

Kisah Runtuhnya Dinasti Terakhir Kekaisaran Tiongkok

Selama ribuan tahun, Kekaisaran Tiongkok (China) bertahan, berkembang, serta membangun salah satu peradaban yang terbesar sepanjang sejarah manusia. Namun, peradaban yang katanya besar, kokoh, dan eksis selama lebih dari 2000 tahun itu toh akhirnya tumbang juga di awal abad ke-20. Bagaimana ceritanya? Artikel ini menceritakan beberapa penyebab kunci dari kehancuran dinasti terakhir Tiongkok (Dinasti Qing). Halo ketemu lagi sama gua Marcel, di topik sejarah Zenius Blog! Pada kesempatan kali ini gua …

Sumpah Pemuda: Mengapa Bahasa Indonesia yang Dipilih Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda? Mengapa bukan bahasa Jawa, yang jumlah penggunanya lebih banyak di Nusantara? Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gue yakin banget kalo lo tahu bahwa kalimat-kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda …

10 Film Biografi Sejarah yang Keren Banget

Artikel ini berisi 10 rekomendasi film biografi sejarah yang akan membuka cakrawala baru terhadap pengetahuan & pemahaman kamu tentang sejarah dunia. Film adalah salah satu sarana yang praktis untuk menerima informasi. Kita tinggal duduk manis tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran, sebuah film dapat memberikan kita informasi yang cukup padat dalam waktu yang relatif singkat. (ya setidaknya lebih singkat daripada baca buku, hehe...) Namun sayangnya, bentuk kepraktisan yang ditawarkan …

Garam: Bahan Pengawet, Mata Uang, hingga Pemicu Gerakan Revolusi

Dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, garam selalu menjadi trending topic di berbagai kalangan. Di kalangan emak-emak, garam menjadi perbincangan karena harganya naik. Di kalangan pengamat politik, kelangkaan garam menjadi isu menarik yang bisa diperdebatkan menjelang pilpres. Di kalangan netizen kekinian, garam sempat menjadi perbincangan karena viralnya Salt Bae, koki Turki yang pas naburin garam kayak tante-tante sosialita bawa tas Hermes seharga 2 miliyar. Nah mumpung lagi rame pada ngomongin garam, dalam artikel …

Bagaimana Sikap Anti-Asing Menghancurkan Kekaisaran Tiongkok

Kata siapa sikap anti-asing tidak membahayakan? Ini cerita bagaimana Kehancuran Tiongkok karena menolak kolaborasi teknologi dari kebudayaan Barat. Halo ketemu lagi sama gw Marcel, di topik sejarah Zenius Blog! Pada kesempatan kali ini gua mau ceritain kisah tentang hubungan 2 kekaisaran raksasa yang unik banget, yaitu tentang Kekaisaran Rusia dan Kekaisaran Tiongkok pada abad 17-20. Wah, kok tiba-tiba Zenius bahas tema yang aneh begini? Nah justru itu, topik ini jarang banget …