Sumpah Pemuda: Mengapa Bahasa Indonesia yang Dipilih Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda? Mengapa bukan bahasa Jawa, yang jumlah penggunanya lebih banyak di Nusantara? Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gue yakin banget kalo lo tahu bahwa kalimat-kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda …

10 Film Biografi Sejarah yang Keren Banget

Artikel ini berisi 10 rekomendasi film biografi sejarah yang akan membuka cakrawala baru terhadap pengetahuan & pemahaman kamu tentang sejarah dunia. Film adalah salah satu sarana yang praktis untuk menerima informasi. Kita tinggal duduk manis tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran, sebuah film dapat memberikan kita informasi yang cukup padat dalam waktu yang relatif singkat. (ya setidaknya lebih singkat daripada baca buku, hehe...) Namun sayangnya, bentuk kepraktisan yang ditawarkan …

Garam: Bahan Pengawet, Mata Uang, Hingga Pemicu Gerakan Revolusi

Dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, garam selalu menjadi trending topic di berbagai kalangan. Di kalangan emak-emak, garam menjadi perbincangan karena harganya naik. Di kalangan pengamat politik, kelangkaan garam menjadi isu menarik yang bisa diperdebatkan menjelang pilpres. Di kalangan netizen kekinian, garam sempat menjadi perbincangan karena viralnya Salt Bae, koki Turki yang pas naburin garam kayak tante-tante sosialita bawa tas Hermes seharga 2 miliyar. Nah mumpung lagi rame pada ngomongin garam, dalam artikel …

Bagaimana Sikap Anti-Asing Menghancurkan Kekaisaran Tiongkok

Kata siapa sikap anti-asing tidak membahayakan? Ini cerita bagaimana Kehancuran Tiongkok karena menolak kolaborasi teknologi dari kebudayaan Barat. Halo ketemu lagi sama gw Marcel, di topik sejarah Zenius Blog! Pada kesempatan kali ini gua mau ceritain kisah tentang hubungan 2 kekaisaran raksasa yang unik banget, yaitu tentang Kekaisaran Rusia dan Kekaisaran Tiongkok pada abad 17-20. Wah, kok tiba-tiba zenius bahas tema yang aneh begini? Nah justru itu, topik ini jarang banget …

Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Mekanisme perputaran keuangan negara dikupas tuntas, termasuk pengeluaran pemerintah, sumber dananya, dan upaya pemerintah dalam pengelolaan uang negara. Halo semuanya, ketemu lagi sama gua Meby. Kali ini lagi-lagi gua mau nulis artikel dengan topik Ekonomi. Kalo sebelumnya gua udah pernah nulis tentang kondisi utang Indonesia, seluk-beluk perkuliahan ekonomi, dan juga alasan kenapa harga barang jaman dulu selalu lebih murah. Nah, kali ini gua mau bahas tentang perputaran uang di pemerintahan negara, khususnya di …

Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Penasaran gimana sih pandangan lo seputar topik sosial, ekonomi, dan politik? Yuk kita bahas bareng-bareng melalui quiz online yang seru banget! Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, …

Stalin: Ketika Seorang Paranoid Memimpin Negara Terbesar di Dunia

Stalin dianggap sebagai sosok yang kejam, gila kekuasaan, maniak, tidak berperikemanusiaan, dan semacamnya. Tapi siapakah sosok Stalin sebenarnya? Halo ketemu lagi sama gua Marcel. Kalo pada artikel-artikel sebelumnya zenius sering mengulas kisah hidup dari tokoh nasional maupun tokoh dunia yang dikenal karena kontribusi yang positif terhadap sejarah peradaban seperti Gandhi, Sukarno, Hatta, Tesla, Bill Gates, dll. Nah kali ini, gua ingin mengulas seorang tokoh yang justru banyak dianggap sebagai sosok …

Indonesia kok utang melulu, kapan lunasnya?

Bagaimana kondisi utang negara Indonesia saat ini? Indonesia negara kaya tapi kok berutang? Semuanya akan dijelaskan di sini dengan gaya bahasa sehari-hari. Lo pernah denger atau baca berita tentang utang negara Indonesia? Biasanya kalo ngomongin soal utang negara, banyak orang awam yang langsung berkesimpulan bahwa banyaknya utang negara adalah indikator kemerosotan ekonomi. Kalo lo perhatikan, tiap kali ada berita yang mengulas topik utang negara, belum apa-apa netizen udah berkomentar kira-kira seperti …