Pemerintah bisa saja loh menurunkan & menaikkan nilai mata uang Rupiah. Gimana caranya?

Pemerintah bisa saja menurunkan atau menaikkan nilai tukar Rupiah. Bagaimana caranya? Apa konsekuensi dan risiko dari kebijakan ekonomi tersebut? Simak penjelasan tentang revaluasi, devaluasi, apresiasi, depresiasi, redenominasi, dan sanering di bawah ini. Halo guys, ketemu lagi dengan gue, Meby. Pada kesempatan ini, lagi-lagi gue mau berbagi tentang ilmu Ekonomi. Nah, pertama-tama gue mau nanya dulu nih, pernah gak sih lo penasaran dengan nilai mata uang Rupiah (IDR) yang terus berfluktuasi terhadap mata uang asing? …

Penerapan Persamaan Kuadrat dalam Genetika

Siapa sangka persamaan kuadrat di Matematika bisa diterapkan di Biologi? Khususnya dalam menentukan distribusi gen dalam sebuah populasi. Masih inget bagaimana matematika bisa dipakai dalam penemuan Teori Genetika Mendel? Beberapa waktu yang lalu, gue pernah menulis artikel tentang itu. Kalau lu belum pernah baca, lu bisa baca artikel tersebut di sini: Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel Di artikel itu, gue bercerita bagaimana Mendel melakukan eksperimen terhadap puluhan ribu tanaman …

Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?

Kenapa banyak anak yang merasa bahasa Indonesia lebih sulit dibandingkan bahasa Inggris? Artikel ini mengulas penyebabnya dan memberi tips mengatasinya. Pernah gak sih, kalian mikir gini: “Kok nilai ulangan Bahasa Indonesia gue gak bagus-bagus amat, ya?” “Perasaan nilai ulangan Bahasa Indonesia gue lebih jelek dari Bahasa Inggris, deh.” Gue sering banget mendengar keluhan-keluhan tersebut dari para siswa. Selama gue mengajar, hal ini selalu saja menjadi fenomena yang berulang setiap tahunnya. Nilai ulangan …

Gimana sih Cara Efektif Menurunkan Berat Badan?

Lebih ngaruh mana sih buat nurunin berat badan? Olahraga atau diet makanan? Artikel ini akan mengupas cara efektif menurunkan berat badan. Gue jamin kalau banyak di antara kita minimal di suatu saat tertentu dalam hidup pengen ngurangin berat badan, entah karena emang udah kegendutan, pengen dapet pacar, pengen hidup sehat, pengen jadi idol, ataupun alasan-alasan lainnya. Emang harus diakui, kemajuan teknologi bikin hidup kita jadi relatif mudah secara fisik sehingga …

Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Mekanisme perputaran keuangan negara dikupas tuntas, termasuk pengeluaran pemerintah, sumber dananya, dan upaya pemerintah dalam pengelolaan uang negara. Halo semuanya, ketemu lagi sama gua Meby. Kali ini lagi-lagi gua mau nulis artikel dengan topik Ekonomi. Kalo sebelumnya gua udah pernah nulis tentang kondisi utang Indonesia, seluk-beluk perkuliahan ekonomi, dan juga alasan kenapa harga barang jaman dulu selalu lebih murah. Nah, kali ini gua mau bahas tentang perputaran uang di pemerintahan negara, khususnya di …

5 Pengetahuan Dasar Ekonomi yang Perlu Diketahui Semua Orang

Untuk apa belajar ekonomi? Apa sih pengaruhnya perputaran ekonomi pada keseharian kita? Artikel ini mengupas dasar ilmu ekonomi yang perlu diketahui semua. “Ngapain gua belajar ekonomi? Ekonomi rasanya ngga pernah ngaruh tuh ke kehidupan gua sehari-hari. Lagian gua nanti mau jadi pemain bola, gua ga perlu ngerti ekonomi untuk jadi pemain bola.” Gua ngerti mungkin nggak semua orang suka dengan pelajaran ekonomi. Tapi melalui artikel ini, izinkan gua untuk menyampaikan …

Indonesia kok utang melulu, kapan lunasnya?

Bagaimana kondisi utang negara Indonesia saat ini? Indonesia negara kaya tapi kok berutang? Semuanya akan dijelaskan di sini dengan gaya bahasa sehari-hari. Lo pernah denger atau baca berita tentang utang negara Indonesia? Biasanya kalo ngomongin soal utang negara, banyak orang awam yang langsung berkesimpulan bahwa banyaknya utang negara adalah indikator kemerosotan ekonomi. Kalo lo perhatikan, tiap kali ada berita yang mengulas topik utang negara, belum apa-apa netizen udah berkomentar kira-kira seperti …

Yuk, Bareng-bareng Mengukur Keliling Bumi!

2000 tahun lalu Eratosthenes berhasil mengukur lingkar bumi dengan hanya menggunakan tongkat biasa. Mari kita buktikan dan lakukan sendiri percobaan itu. Segala kecanggihan teknologi dan sains yang kita nikmati sekarang bisa dibilang berakar dari rasa ingin tahu (curiosity). Manusia mengamati lingkungan sekitarnya, membuat dugaan, melakukan eksperimen, dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Dimulai dari eksperimen yang sederhana, sebuah pengetahuan akan diestafetkan dari zaman ke zaman untuk terus diperbarui. Pada artikel kali ini, gue …