Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?

Pernah gak sih, kalian mikir gini: “Kok nilai ulangan Bahasa Indonesia gue gak bagus-bagus amat, ya?” “Perasaan nilai ulangan Bahasa Indonesia gue lebih jelek dari Bahasa Inggris, deh.” Gue sering banget mendengar keluhan-keluhan tersebut dari para siswa. Selama gue mengajar, hal ini selalu saja menjadi fenomena yang berulang setiap tahunnya. Nilai ulangan atau ujian bahasa Indonesia kebanyakan siswa lumayan pas-pasan dan kadang lebih rendah daripada nilai ulangan bahasa asing, apalagi bahasa Inggris. …

Gimana sih Cara Efektif Menurunkan Berat Badan?

Gue jamin kalau banyak di antara kita minimal di suatu saat tertentu dalam hidup pengen ngurangin berat badan, entah karena emang udah kegendutan, pengen dapet pacar, pengen hidup sehat, pengen jadi idol, ataupun alasan-alasan lainnya. Emang harus diakui, kemajuan teknologi bikin hidup kita jadi relatif mudah secara fisik sehingga kita lebih hemat dalam memakai energi untuk aktivitas sehari-hari (sedentary lifestyle). Mau pergi ke mana2, tinggal duduk manis di motor/mobil. Mau …

Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Halo semuanya, ketemu lagi sama gua Meby. Kali ini lagi-lagi gua mau nulis artikel dengan topik Ekonomi. Kalo sebelumnya gua udah pernah nulis tentang kondisi utang Indonesia, seluk-beluk perkuliahan ekonomi, dan juga alasan kenapa harga barang jaman dulu selalu lebih murah. Nah, kali ini gua mau bahas tentang perputaran uang di pemerintahan negara, khususnya di Negara Indonesia. Oke, gua tau sebagian besar pembaca blog zenius itu anak muda yang berpikir kritis, termasuk juga …

5 Pengetahuan Dasar Ekonomi yang Perlu Diketahui Semua Orang

“Ngapain gua belajar ekonomi? Ekonomi rasanya ngga pernah ngaruh tuh ke kehidupan gua sehari-hari. Lagian gua nanti mau jadi pemain bola, gua ga perlu ngerti ekonomi untuk jadi pemain bola.” Gua ngerti mungkin nggak semua orang suka dengan pelajaran ekonomi. Tapi melalui artikel ini, izinkan gua untuk menyampaikan sebuah kenyataan bahwa pada akhirnya semua orang, cepat atau lambat, akan berurusan dengan uang. Terlepas dari apapun jurusan kuliah lo, apapun bidang …

Indonesia kok utang melulu, kapan lunasnya?

Lo pernah denger atau baca berita tentang utang negara Indonesia? Biasanya kalo ngomongin soal utang negara, banyak orang awam yang langsung berkesimpulan bahwa banyaknya utang negara adalah indikator kemerosotan ekonomi. Kalo lo perhatikan, tiap kali ada berita yang mengulas topik utang negara, belum apa-apa netizen udah berkomentar kira-kira seperti ini: “Ini negara kok utangnya nggak lunas-lunas ya? Malah nambah utang melulu, malu-maluin banget deh!” “Katanya Indonesia ini negeri yang kaya raya, tapi …

Yuk, Bareng-bareng Mengukur Keliling Bumi!

Segala kecanggihan teknologi dan sains yang kita nikmati sekarang bisa dibilang berakar dari rasa ingin tahu (curiosity). Manusia mengamati lingkungan sekitarnya, membuat dugaan, melakukan eksperimen, dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Dimulai dari eksperimen yang sederhana, sebuah pengetahuan akan diestafetkan dari zaman ke zaman untuk terus diperbarui. Pada artikel kali ini, gue ingin bercerita tentang sebuah eksperimen sederhana yang menjadi basis salah satu bidang ilmu pengetahuan hingga sekarang. Eksperimen ini dilakukan oleh Eratosthenes, seorang matematikawan …

Seperti Apa sih Teknologi Digital itu?

Waktu kecil dulu, untuk memudahkan mengingat dan menghafal warna, guru SD kita memberikan akronim mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu) yang juga merupakan urutan dari warna pelangi. Apakah warna cuma sebatas mejikuhibiniu? Tentu enggak, warna ada banyak banget. Bahkan satu jenis warna aja ada berbagai kemungkinan. Contohnya warna biru, kita tahu kalau birunya langit itu berbeda dengan birunya air laut. Birunya air laut juga berbeda dengan birunya celana …

Kenapa Listrik Rumah Menggunakan Arus Bolak Balik?

Kalau iseng-iseng cek meteran listrik di rumah, kita akan melihat tulisan, “220V, 50Hz”. Sebenernya ada banyak tulisan di meteran listrik, tapi di artikel ini kita cuma bahas tulisan tersebut. Oke, apa nih maksudnya tulisan “220V, 50Hz”? Bagian 220V-nya itu menunjukkan bahwa listrik di rumah kita mendapatkan tegangan sebesar 220 volt, sementara bagian 50Hz-nya menunjukkan bahwa arus listrik yang tiba di rumah kita itu adalah listrik bolak-balik dengan frekuensi sebesar 50 …