Kingdom Plantae: Materi Biologi Kelas 10

Artikel ini akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi kingdom Plantae. Hi, guys! Kamu pernah jalan-jalan ke puncak? Apa yang membuatmu betah berlama-lama di sana? Udaranya yang dingin? Lingkungannya yang asri dan serba hijau? City light dan kebun teh yang menakjubkan dari dataran tinggi? Semuanya? Oke deh, sebagian besar menjawab semua yang aku sebutkan tadi pasti menjadi hal yang selalu dirindukan dari puncak. Nah, tahukah kamu kalau kebun teh dan …

Kingdom Animalia: Materi Biologi Kelas 10

Artikel ini akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi kingdom Animalia. Hi, guys! Siapa di sini yang pernah ke kebun binatang? Pasti sebagian besar pernah ya. Coba kita flashback, ada hewan apa aja sih di sana? Sangat beragam, bukan? Dari hewan yang berukuran kecil hingga yang sangat besar. Nah, semua hewan tersebut ternyata masuk dalam satu klasifikasi lho, yaitu kingdom Animalia. Bahkan, manusia juga masuk dalam kingdom tersebut! Kira-kira apa …

Materi Ekonomi: Pembangunan Ekonomi

Artikel ini membahas materi pembangunan ekonomi, termasuk pengertian pembangunan ekonomi, komponen penting dalam pembangunan ekonomi, indikator pembangunan ekonomi, tujuan dan juga faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi. Sering gak si kalian ngelewatin pembangunan jalan tol? Pembangunan gedung dan pembangunan infrastruktur lainnya. Pernah gak si kalian penasaran kenapa pembangunan infrastruktur di negara kita senantiasa berkembang? Pada dasarnya pembangunan infrastruktur merupakan salah satu wujud nyata atau fisik dari upaya pembangunan ekonomi suatu negara.  …

Materi Ekonomi: Pertumbuhan Ekonomi

Artikel ini membahas materi pertumbuhan ekonomi, termasuk pengertian pertumbuhan ekonomi, teori pertumbuhan ekonomi, ciri-ciri pertumbuhan ekonomi, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, menghitung pertumbuhan ekonomi beserta contoh soalnya. Kalo di artikel sebelumnya kita udah bahas mengenai pembangunan ekonomi, sekarang kita bahas mengenai pertumbuhan ekonomi. Nah, sebenarnya kalian tau gak sih perbedaannya pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi? Salah satu hal yang paling mendasar yang membedakan keduanya adalah PDB atau Produk Domestik Bruto, …

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Artikel ini membahas contoh teks laporan hasil observasi atau disebut juga teks observasi, tentang Kasus COVID-19, Akses Media Sosial, dan juga Angka Melek Huruf Indonesia (AMH). Kalo kalian sebelumnya sudah mempelajari mengenai teks laporan hasil observasi atau teks observasi, biar kalian ada gambaran dan juga makin paham, pada artikel ini kita bakal bahas mengenai contoh teks laporan hasil observasi nih.  Nah, tanpa berbasa-basi lagi, berikut beberapa contoh teks laporan hasil …

Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi

Artikel ini membahas materi teks laporan hasil observasi atau disebut juga teks observasi, mulai dari pengertian, ciri-ciri, metode melakukan observasi, dan juga struktur dari teks laporan hasil observasi. Mungkin hal pertama yang terlintas waktu kalian dengar “teks laporan hasil observasi” itu, kayak  teks yang digunakan abis meneliti sesuatu. Tapi pernah gak sih kalian pas lagi suka sama orang, kalian jadi suka perhatiin atau bahkan cari tau doi orangnya gimana, kayak …

Pendapatan Nasional: Materi Ekonomi Kelas 11

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian pendapatan nasional, konsep, hingga perhitungannya. Hi, guys! Kali ini aku akan membahas tentang pendapatan nasional. Kalau kita berbicara mengenai pendapatan, artinya bisa dilihat dari berbagai sisi. Ada gaji/upah bagi karyawan, laba/keuntungan bagi pengusaha, maupun bunga dari hasil investasi atau menabung. Nah, sekarang kita berbicara tentang pendapatan nasional. Wah, di situ ada kata Nasional, pasti ada hubungannya nih sama negara. Oh, berarti pendapatan suatu negara …

Materi Geografi: Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia

Artikel ini membahas materi Geografi, yaitu potensi Indonesia sebagai poros maritim dunia, berdasarkan letak astronomis, geografis, luas wilayah, batas wilayah, serta karakteristik daratan dan juga perairan di Indonesia. Diartikel sebelumnya kita udah pernah bahas mengenai dinamika planet bumi, dan juga hidrosfer, atau yang mungkin kalian juga sudah temui di geografi kelas 10, Nah materi mengenai Indonesia sebagai poros maritim dunia ini juga sebenarnya berhubungan erat sama kedua materi itu, terutama …