Perjalanan Menjawab Misteri Pewarisan Sifat

Kenapa anak sering kali mirip dengan orang tuanya? Artikel ini menceritakan perjalanan ilmuwan menguak materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat induk ke anaknya. Pernah ga kamu iseng melihat foto ibu/ayah kamu zaman dulu? Kalau kamu bandingin foto orang tua pas seumuran kamu dengan fisikmu saat ini, kamu akan melihat hal yang menarik. Yap! Kalian seperti kembar! Dan ternyata, tidak cuma dengan dirimu aja. Wajah adik atau kakakmu mirip banget …

Di Jurusan Hubungan Internasional (HI) Itu Belajar Apa, Sih?

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk jurusan Hubungan Internasional, mulai dari pembelajaran di dalamnya, hingga potensi karier lulusannya. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Rifad. Kali ini gue pengen memenuhi permintaan dari beberapa pembaca Zenius Blog, yaitu membahas tentang jurusan Hubungan Internasional (HI) di Indonesia. Kebetulan, gue sendiri adalah mahasiswa di jurusan HI ini, jadi, gue akan bantu jawab rasa keingintahuan lo akan jurusan ini. Nah, selama gue jadi mahasiswa Hubungan Internasional, gue sering banget denger pertanyaan dan pernyataan seperti ini: Mau jadi diplomat …

Belajar Sosiologi buat Apa?

Artikel ini mengupas tentang apa itu Sosiologi, serta berbagai miskonsepsi dan kesalahpahaman orang akan bidang ilmu yang sering diremehkan ini. Halo, guys! Perkenalkan, nama gue Adam Bagaskara. Gue adalah salah satu tutor di Zenius, dan gue bergabung sebagai tutor mata pelajaran Sosiologi. Kalo lo semua suka baca Zenius Blog, lo pasti dah familiar, dong, dengan tulisan-tulisan keren para tutor Zenius. Topik-topiknya juga keren banget, dari Fisika, Sejarah, Matematika, Biologi, Teknologi, Linguistik, sampe Filosofi juga ada! Namun, kayaknya mata pelajaran Sosiologi belum terlalu banyak dikupas, nih. Makanya gue pengen banget nulis tentang Sosiologi. …

Kenapa Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Atom di Jepang?

Kenapa Amerika Serikat harus menjatuhkan bom atom? Apakah tidak ada alternatif lain? Artikel ini akan mengupas kronologi Perang Pasifik yang klimaksnya adalah ledakan mahadahsyat kedua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Setiap perang memiliki peran dan pengaruh bagi sejarah dunia. Kehancuran dan kematian yang diciptakan perang sudah pasti meninggalkan luka di daerah yang mengalaminya, sekitarnya, dan bahkan di tempat yang jauh dari lokasi perang. Perang Dunia II adalah perang terhebat …

Gimana Cara Mengerjakan Soal TPA Tipe Aritmetika?

Artikel ini membahas berbagai tips untuk mengerjakan soal TPA Aritmetika SBMPTN, lengkap dengan contoh-contoh soal untuk persiapan menghadapi TPA SBMPTN. Haloo.. kali ini gue mau ngebahas sedikit tips cara menjawab soal TPA SBMPTN – Aritmetika. Buat yang belum ngeh, tipe soal SBMPTN TPA Aritmetika kayak gimana sih? Itu lho,, matematika yang dasaaar banget, yang sebenernya nggak butuh rumus apa-apa, tinggal lo pikirin dikit, langsung bisa jawab.   Mulai Berhitung Kreatif Sebelum …

Pemerintah Bisa Saja loh Menurunkan & Menaikkan Nilai Mata Uang Rupiah. Gimana Caranya?

Pemerintah bisa saja menurunkan atau menaikkan nilai tukar Rupiah. Bagaimana caranya? Apa konsekuensi dan risiko dari kebijakan ekonomi tersebut? Simak penjelasan tentang revaluasi, devaluasi, apresiasi, depresiasi, redenominasi, dan sanering di bawah ini. Halo guys, ketemu lagi dengan gue, Meby. Pada kesempatan ini, lagi-lagi gue mau berbagi tentang ilmu Ekonomi. Nah, pertama-tama gue mau nanya dulu nih, pernah gak sih lo penasaran dengan nilai mata uang Rupiah (IDR) yang terus berfluktuasi terhadap mata uang asing? …

Penerapan Persamaan Kuadrat dalam Genetika

Siapa sangka persamaan kuadrat di Matematika bisa diterapkan di Biologi? Khususnya dalam menentukan distribusi gen dalam sebuah populasi. Masih inget bagaimana matematika bisa dipakai dalam penemuan Teori Genetika Mendel? Beberapa waktu yang lalu, gue pernah menulis artikel tentang itu. Kalau lu belum pernah baca, lu bisa baca artikel tersebut di sini: Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel Di artikel itu, gue bercerita bagaimana Mendel melakukan eksperimen terhadap puluhan ribu tanaman …

Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?

Kenapa banyak anak yang merasa bahasa Indonesia lebih sulit dibandingkan bahasa Inggris? Artikel ini mengulas penyebabnya dan memberi tips mengatasinya. Pernah gak sih, kalian mikir gini: “Kok nilai ulangan Bahasa Indonesia gue gak bagus-bagus amat, ya?” “Perasaan nilai ulangan Bahasa Indonesia gue lebih jelek dari Bahasa Inggris, deh.” Gue sering banget mendengar keluhan-keluhan tersebut dari para siswa. Selama gue mengajar, hal ini selalu saja menjadi fenomena yang berulang setiap tahunnya. Nilai ulangan …