5 Pengetahuan Dasar Ekonomi yang Perlu Diketahui Semua Orang

Untuk apa belajar ekonomi? Apa sih pengaruhnya perputaran ekonomi pada keseharian kita? Artikel ini mengupas dasar ilmu ekonomi yang perlu diketahui semua. “Ngapain gua belajar ekonomi? Ekonomi rasanya ngga pernah ngaruh tuh ke kehidupan gua sehari-hari. Lagian gua nanti mau jadi pemain bola, gua ga perlu ngerti ekonomi untuk jadi pemain bola.” Gua ngerti mungkin nggak semua orang suka dengan pelajaran ekonomi. Tapi melalui artikel ini, izinkan gua untuk menyampaikan …

Indonesia kok Utang Melulu, Kapan Lunasnya?

Bagaimana kondisi utang negara Indonesia saat ini? Indonesia negara kaya tapi kok berutang? Semuanya akan dijelaskan di sini dengan gaya bahasa sehari-hari. Lo pernah denger atau baca berita tentang utang negara Indonesia? Biasanya kalo ngomongin soal utang negara, banyak orang awam yang langsung berkesimpulan bahwa banyaknya utang negara adalah indikator kemerosotan ekonomi. Kalo lo perhatikan, tiap kali ada berita yang mengulas topik utang negara, belum apa-apa netizen udah berkomentar kira-kira seperti …

Kenapa sih Setiap Tahun Harga Barang Selalu Naik?

Kenaikan harga barang setiap tahun adalah suatu fenomena ekonomi yang bernama inflasi. Bagaimana inflasi bisa terjadi semua dijelaskan di sini. Halo para pembaca Zenius Blog! Sebelumnya kenalin dulu nama gue Meby, belum lama ini gue bergabung di Zenius Education sebagai tutor pelajaran Ekonomi. Nah, pada kesempatan kali ini, sebagai perkenalan gue mau mempersembahkan sebuah tulisan yang membahas sebuah fenomena ekonomi yang pasti kita semua pernah rasakan. Yak, bisa lo tebak …

Apaan sih itu Demokrasi, Liberal, Kapitalis, Komunis, dan Lain-Lain?

Artikel ini mengupas definisi & pengertian berbagai pandangan politik-ekonomi seperti demokrasi, liberal, kapitalis, komunis, fasis, anarkis, sekular, dan lain-lain. Pernah denger ga orang bilang seperti ini: Awas jangan ikut-ikutan mereka yang menganut paham liberalisme! Jangan baca buku-buku itu, nanti kamu jadi komunis! Astaga, tokoh itu ternyata antek-anteknya kapitalis! Dasar kelompok anarkis, kerjaannya merusak dan berbuat onar! Negara itu kan sekuler, berarti mereka pasti anti-agama! Tebakan gua sih senggaknya lo pernah dengar kalimat semacam itu, …

Heboh Soal BREXIT, Sebetulnya Ada Apa sih?

Apa itu BREXIT? Artikel ini menjelaskan 2 perspektif argumen apakah Inggris sebaiknya tetap bergabung atau keluar dari Uni Eropa. Halo para pembaca blog Zenius sekalian! Apa kabar nih liburan lebarannya? Moga-moga liburannya seru & menyenangkan ya. Sambil enak-enak bersantai di libur lebaran, kali ini blog Zenius mau bahas cerita seru tentang pemberitaan heboh di dunia internasional belakangan ini. Wah apaan tuh? Kalo lo ngikutin berita baik di TV, koran, maupun media …

Yuk, Kita Diskusi Tentang Program Bela Negara!

Artikel ini membahas Program Bela Negara, sebuah gagasan dari Kementrian Pertahanan. Lengkap dengan argumen pro dan kontra untuk program ini. Beberapa minggu belakangan ini, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia memberi kejutan yang cukup menghebohkan masyarakat dengan membuat perencanaan program raksasa “Bela Negara” yang diberlakukan bagi warga Indonesia dari tingkat TK sampai umur 50 tahun, dengan jumlah peserta 100 juta orang dengan target waktu 10 tahun. Itu artinya, hampir semua pembaca blog ini …

Pengaruh Konflik Perang Terhadap Perkembangan Sains & Teknologi

Apakah konflik peperangan menghambat perkembangan sains & teknologi atau justru mempercepat perkembangannya? Semua dijelaskan tuntas di artikel ini. “War. War never changes. The Romans waged war to gather slaves and wealth. Spain built an empire from its lust for gold and territory. Hitler shaped a battered Germany into an economic superpower. But war never changes.” – Fallout Hai Guys, Ivan is back! Di kesempatan ini, gue mau bahas topik favorit gue, yaitu …

Penalaran Sejarah: Asal-Usul Konsep Uang

Bagaimana manusia menciptakan konsep uang? Mengapa bentuk fisik uang di berbagai peradaban bisa berbeda-beda? Mengapa uang menjadi alat tukar yang mendunia? Semua dijelaskan di sini. Uang memang memiliki peran yang sangat besar dalam hampir semua aspek kehidupan manusia, terutama pada peradaban dunia modern. Rasanya tidak terlalu berlebihan kalo gua bilang, uang memiliki kekuatan lebih dari sekadar alat tukar nilai. Dalam bermasyarakat, uang seringkali menjadi indikator status sosial, kekuasaan, dan juga simbol dari kekayaan. …