Kenapa nilai Rupiah merosot & Dolar naik terus sih?

Kenaikan nilai tukar USD terhadap Rupiah tahun 2018 ramai dibicarakan, tapi tidak ada yang menjelaskan penyebabnya dengan tuntas. Artikel ini menjelaskan kenaikan USD sekaligus sisi negatif dan positifnya bagi Indonesia. Lo pasti belakangan ini sering denger banyak orang yang ribut-ribut soal nilai tukar Rupiah yang terus merosot. Faktanya memang demikian, nilai tukar Rupiah terus melemah terhadap mata uang Dolar AS sejak awal tahun 2018. Kalo awal tahun 2018, 1 Dolar USA bisa …

Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Negara?

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana ketergantungan subsidi yang berlebihan bisa berakibat sangat fatal bagi perekonomian negara. Subsidi itu kan enak. Harga BBM murah. Biaya listrik dan air ledeng murah. Kalo perlu, semuanya aja deh disubsidi oleh pemerintah. Kenapa pemerintah nggak subsidi semua bahan kebutuhan pokok aja, sih? Kalo semua disubsidi, kan rakyat sejahtera. Rakyat jadi nggak terbebani biaya ekonomi yang tinggi. Negara yang memberikan banyak subsidi bagi rakyatnya pastilah pemerintah yang baik dan berpihak …

Pemerintah Bisa Saja loh Menurunkan & Menaikkan Nilai Mata Uang Rupiah. Gimana Caranya?

Pemerintah bisa saja menurunkan atau menaikkan nilai tukar Rupiah. Bagaimana caranya? Apa konsekuensi dan risiko dari kebijakan ekonomi tersebut? Simak penjelasan tentang revaluasi, devaluasi, apresiasi, depresiasi, redenominasi, dan sanering di bawah ini. Halo guys, ketemu lagi dengan gue, Meby. Pada kesempatan ini, lagi-lagi gue mau berbagi tentang ilmu Ekonomi. Nah, pertama-tama gue mau nanya dulu nih, pernah gak sih lo penasaran dengan nilai mata uang Rupiah (IDR) yang terus berfluktuasi terhadap mata uang asing? …

Kupas Tuntas Dunia Investasi Bagi Pemula

Artikel ini mengupas dunia investasi secara komprehensif bagi para pemula. Dari mulai jenis-jenis investasi, hingga kelebihan & kekurangannya masing-masing. Halo para pembaca setiap Zenius Blog, ketemu lagi dengan gue Meby. Pada artikel kali ini gua mau lagi-lagi mau cerita tentang topik ekonomi, khususnya tentang dunia investasi. Artikel ini sekaligus menyambut beberapa request yang zenius terima untuk membahas dunia investasi. Oke pada artikel ini, gua harap bisa mengupas tuntas dan juga …

Garam: Bahan Pengawet, Mata Uang, hingga Pemicu Gerakan Revolusi

Dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, garam selalu menjadi trending topic di berbagai kalangan. Di kalangan emak-emak, garam menjadi perbincangan karena harganya naik. Di kalangan pengamat politik, kelangkaan garam menjadi isu menarik yang bisa diperdebatkan menjelang pilpres. Di kalangan netizen kekinian, garam sempat menjadi perbincangan karena viralnya Salt Bae, koki Turki yang pas naburin garam kayak tante-tante sosialita bawa tas Hermes seharga 2 miliyar. Nah mumpung lagi rame pada ngomongin garam, dalam artikel …

Gimana sih perputaran uang dalam pemerintah?

Mekanisme perputaran keuangan negara dikupas tuntas, termasuk pengeluaran pemerintah, sumber dananya, dan upaya pemerintah dalam pengelolaan uang negara. Halo semuanya, ketemu lagi sama gua Meby. Kali ini lagi-lagi gua mau nulis artikel dengan topik Ekonomi. Kalo sebelumnya gua udah pernah nulis tentang kondisi utang Indonesia, seluk-beluk perkuliahan ekonomi, dan juga alasan kenapa harga barang jaman dulu selalu lebih murah. Nah, kali ini gua mau bahas tentang perputaran uang di pemerintahan negara, khususnya di …

Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Penasaran gimana sih pandangan lo seputar topik sosial, ekonomi, dan politik? Yuk kita bahas bareng-bareng melalui quiz online yang seru banget! Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, …

Stalin: Ketika Seorang Paranoid Memimpin Negara Terbesar di Dunia

Stalin dianggap sebagai sosok yang kejam, gila kekuasaan, maniak, tidak berperikemanusiaan, dan semacamnya. Tapi siapakah sosok Stalin sebenarnya? Halo ketemu lagi sama gua Marcel. Kalo pada artikel-artikel sebelumnya zenius sering mengulas kisah hidup dari tokoh nasional maupun tokoh dunia yang dikenal karena kontribusi yang positif terhadap sejarah peradaban seperti Gandhi, Sukarno, Hatta, Tesla, Bill Gates, dll. Nah kali ini, gua ingin mengulas seorang tokoh yang justru banyak dianggap sebagai sosok …