Hidup Berdampingan Dengan Bencana Alam

Ketika kedatangan bencana tak dapat ditolak. Mengapa kita tidak mencoba untuk hidup berdampingan dengannya? ♥ Berapa banyak bencana alam yang kamu ketahui? Tanah longsor, gempa bumi, tsunami, puting beliung, kebakaran hutan, apa lagi? Ada begitu banyak bentuk bencana yang dapat muncul di dunia ini. Sebagai makhluk yang hidup berdampingan dengan potensi bencana, kita harus cukup cerdas dalam menghadapinya.  Kita tidak bisa menghentikan letusan gunung berapi. Menghentikan tanah atau salju yang …

Hasil PISA 2018 Resmi Diumumkan, Indonesia Alami Penurunan Skor di Setiap Bidang

Nilai PISA sudah keluar, dan yang cukup menyedihkan adalah Indonesia masih belum beranjak dari papan bawah. Berturut-turut, nilai untuk Membaca, Matematika, dan Sains dari hasil tes di 2018 adalah 371, 379, dan 396. Nilai ini mengalami penurunan dibanding tes di tahun 2015, di mana berturut-turut Membaca, Matematika, dan Sains kita meraih skor 397, 386, 403. Dari semua skor itu, Membaca memiliki penurunan skor terendah, dan bahkan di bawah skor di …

Kisah Sukses Generasi Muda, dari Pengusaha Muda Hingga Menteri

Generasi muda selalu memberikan kejutan dari generasi ke generasi. Dari kejutan yang sifatnya menguntungkan hingga yang meresahkan. Tulisan Zenius Blog kali ini membicarakan beberapa generasi muda serta peran yang dia lakukan saat ini.  “Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan aku cabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 orang pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia,” – Ir. Soekarno Sebuah ungkapan yang sangat tidak asing dari presiden pertama Republik Indonesia. Ungkapan …

Mereka yang Turut Berjasa Bagi Perdamaian Dunia Tetapi Tidak Terpilih Menjadi Peraih Nobel Perdamaian 2019

Meski tidak menjadi peraih nobel perdamaian 2019, nama-nama dalam artikel Zenius Blog kali ini tetaplah menjadi inspirasi bagi kita semua. Apa yang telah mereka lakukan merupakan langkah nyata dalam mewujudkan dunia yang lebih damai bagi kita semua. Manusia.  Peraih nobel perdamaian tahun 2019 telah diumumkan. Abiy Ahmed Ali, Perdana Menteri Ethiopia, dinyatakan sebagai peraihnya. Jasanya dalam mengkampanyekan perdamaian dan kerjasama internasional menjadi pertimbangan Komite Nobel Norwegia untuk memilihnya. Salah satu …

Hentikan Konflik dengan Negara Tetangga, Perdana Menteri Ethiopia Raih Nobel Perdamaian 2019

Nobel perdamaian telah diumumkan. Abay Ahmed Ali terpilih berkat jasanya dalam mengkampanyekan perdamaian dan kerjasama internasional. Salah satu jasa terbesarnya adalah mengakhiri konflik antara negaranya, Ethiopia, dengan Eritrea.  Nama peraih nobel perdamaian 2019 akhirnya resmi diumumkan pada tanggal 11 Oktober 2019. Dari beberapa nama yang masuk ke dalam nominasi, akhirnya satu nama keluar dan menjadi peraih nobel perdamaian. Peraih nobel perdamaian 2019 adalah Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed Ali. Abiy …

Akankah Robot Menguasai Kehidupan Manusia di Masa Depan?

Artikel ini membahas dan mengajak diskusi tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dimiliki oleh robot, dengan berbagai kemungkinannya di masa depan. Halo guys, ketemu lagi sama gue, Ncen. Judul artikelnya kok serem banget? Kayak di film-film aja. Iya, sih, tapi gue bukan lagi lebay, loh, gue mau nulis artikel ini karena gue cukup tertarik dengan ide bahwa bagaimana robot sudah (dan akan) menjadi bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, beberapa waktu lalu, gue baca 2 buku yang menurut gue …

Yuk, Bareng-bareng Mengukur Keliling Bumi!

2000 tahun lalu Eratosthenes berhasil mengukur lingkar bumi dengan hanya menggunakan tongkat biasa. Mari kita buktikan dan lakukan sendiri percobaan itu. Segala kecanggihan teknologi dan sains yang kita nikmati sekarang bisa dibilang berakar dari rasa ingin tahu (curiosity). Manusia mengamati lingkungan sekitarnya, membuat dugaan, melakukan eksperimen, dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Dimulai dari eksperimen yang sederhana, sebuah pengetahuan akan diestafetkan dari zaman ke zaman untuk terus diperbarui. Pada artikel kali ini, gue …

Heboh Soal BREXIT, Sebetulnya Ada Apa sih?

Apa itu BREXIT? Artikel ini menjelaskan 2 perspektif argumen apakah Inggris sebaiknya tetap bergabung atau keluar dari Uni Eropa. Halo para pembaca blog Zenius sekalian! Apa kabar nih liburan lebarannya? Moga-moga liburannya seru & menyenangkan ya. Sambil enak-enak bersantai di libur lebaran, kali ini blog Zenius mau bahas cerita seru tentang pemberitaan heboh di dunia internasional belakangan ini. Wah apaan tuh? Kalo lo ngikutin berita baik di TV, koran, maupun media …