Bagaimana Vaksin Menyelamatkan Jutaan Nyawa Manusia

Artikel ini akan mengajak kamu ke masa lampau saat wabah penyakit menular merampas jutaan nyawa dan mengkaji bagaimana vaksin menyelamatkan peradaban manusia. Pernah ga kamu denger orang di sekitar kamu menderita atau bahkan meninggal karena penyakit difteri, tetanus, polio, campak, gondongan, atau cacar variola? Kemungkinan besar, kamu bakal jawab “jarang banget” atau bahkan “ga pernah sama sekali”. Ya, manusia yang hidup di zaman sekarang cukup beruntung. Kita jarang mendengar suara batuk rejan (pertusis) yang khas …

Analisis Bakat lewat Sidik Jari, emang bisa?

Banyak sekali tes bakat & minat melalui analisis sidik jari. Apakah mungkin sidik jari bisa mengukur bakat & minat manusia? Mari kita bedah metode ini. Rasanya baru kemarin ganti seragam dari putih-dongker jadi putih-abu-abu. Bisa pulang sekolah cepet, trus lanjut pergi jalan-jalan bareng temen atau main game sampe malam. Tapi sekarang, beban belajar buat anak kelas 12 rasanya meningkat berkali-kali lipat. Ada buanyak bangeet PR buat anak kelas 12 sekarang …

Senjata Ampuh untuk Membongkar Hoax

Artikel ini menjelaskan bagaimana penggunaan data dan statistika dapat membantu untuk membasmi hoax, beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari. Guys, pernah ga sih kalian ngerasa gemes dengan berbagai miskonsepsi yang seliweran di kehidupan sehari-hari? Lebih gemes lagi kalo orang-orang yang menyuarakan miskonsepsi itu kekeuh banget dengan argumennya. Udah salah, eh malah ngotot. Hehe. Apa sih yang kurang di masyarakat kita sampe lumayan banyak orang kemakan hoax, mitos, miskonsepsi, atau apapun itu namanya? Ada ga …

Mana yang benar: Bumi bulat atau Bumi datar?

Masih belum yakin bumi itu bulat atau datar? Artikel ini akan membahas tuntas perdebatan ini dengan penjelasan secara ilmiah dan rasional. Halo! Artikel blog Zenius kali ini akan membahas tentang bentuk bumi. Sebenernya materi bentuk bumi merupakan materi IPA kelas 3 SD dan sudah diketahui oleh manusia sejak 2300 tahun yang lalu. Tapi berhubung akhir-akhir ini banyak yang mendebatkan, jadi ga ada salahnya kita flashback jauh ke belakang sekaligus mengenang masa kecil kita masing-masing :p Akhir-akhir …

Pandangan yang Keliru Tentang Penularan HIV/AIDS

Berbagai miskonsepsi dan kekeliruan tentang HIV/AIDS yang masih dipercaya banyak orang dijelaskan agar masyarakat lebih paham dengan pandemik ini. Selamat hari AIDS sedunia! Yap, tanggal 1 Desember ditetapkan sebagai hari AIDS sedunia oleh UNAIDS sejak tahun 1988. Ngomong-ngomong kenapa sih AIDS ini harus ada "hari peringatannya" segala? Kok kita seolah-olah harus merayakan hari karena nama suatu "penyakit"? Hehehehe... sebetulnya hari-nya tersendiri bukan dibuat untuk "dirayakan" tapi justru jadi hari peringatan …

Golongan darah bisa mencerminkan kepribadian manusia, masa sih?

Artikel ini mengupas konsep kepribadian golongan darah: sejarahnya, penjelasan secara biologis, dan popularitas membaca sifat berdasarkan golongan darah. Beberapa waktu lalu, pas gue lagi asik jalan ke salah satu toko buku, gue melihat sebuah pemandangan yang membuat gue tersenyum miris. Di dekat kasir, ada satu bagian khusus tumpukan buku Best Seller. Di antara tumpukan buku tersebut, ada satu buku yang dipajang secara mentereng. Buku tersebut berisi kartun-kartun lucu yang menggambarkan …

Sejauh Mana MSG Berbahaya untuk Dikonsumsi?

Yakin MSG itu tidak sehat? Artikel ini menjelaskan MSG secara ilmiah, fungsi MSG & efek samping MSG terhadap tubuh yang ternyata tidak seburuk reputasinya. “Ih kamu jangan banyak jajan yang mengandung MSG gitu. Nanti jadi bodo!” Sering ga sih lo mendapat wanti-wanti seperti di atas dari orang tua atau orang lain supaya gak makan makanan yang mengandung MSG? Selain katanya bikin bodoh, MSG juga katanya berbahaya bagi kesehatan kita. “Iya …

6 (Lagi) Salah Kaprah dalam Berbahasa Indonesia

Berikut adalah 6 contoh kesalahan umum dalam Bahasa Indonesia yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hei, semua! Bertemu lagi dengan gue, Fajar. Pada ZeniusBLOG kali ini, gue ingin mengajak kalian membahas sesuatu yang relatif ringan. Sesuatu yang pasti kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, yaitu berbahasa. Sayangnya, mungkin karena sering digunakan dan lebih mementingkan "Ah yang penting orang itu nyambung dengan omongan gue", banyak yang menyepelekan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar …