Bahan Kimia Buatan Bisa Lebih Sehat Daripada Bahan Alami

Banyak orang berpikir bahan kimia itu pasti berbahaya, sedangkan bahan alami itu aman dikonsumsi. Padahal kenyataannya tidak sesederhana itu. Berikut adalah penjelasan ilmiahnya. Lagi belanja ke supermarket, liat cemilan. Duh kayanya enak deh buat temen nonton TV series ntar di rumah. Baru aja mau ambil, nyokap langsung bereaksi. “Kamu jangan sering-sering makan gituan deh, itu kan banyak bahan kimianya!” atau pas lagi mau beli obat ke toko obat, tiba-tiba tukang obatnya nyeletuk… …

Manusia Baru Make 10% Otaknya, Gimana Kalo 100%?

Benarkah manusia hanya menggunakan 10% kapasitas otaknya? Berikut adalah sejarah dan bukti ilmiah yang menjelaskan bahwa ini adalah hoax. Hello, Guys.. Bagi lo yang suka nonton, udah nonton film Lucy belum? Film yang rilis Juli 2014 lalu dibintangi Morgan Freeman dan Scarlett Johansson. Kalo belum nonton, lo bisa liat trailer-nya nih. Jadi, di film ini diceritakan Scarlett berubah jadi super pinter, bisa belajar satu hal dengan super cepat, tau super banyak hal, …

Kenapa Setiap Tahun Hari Idul Fitri Selalu Berbeda?

Kenapa sih Hari Idul Fitri setiap tahun jatuh di tanggal dan hari yang berbeda? Artikel ini membahas sejarah sistem kalender dan peranan astronomi yang akan menjawab mengapa hari Lebaran selalu bergeser. Setiap mendekati lebaran Idul Fitri, di malam takbiran banyak orang nonton TV untuk nentuin apakah besok masih puasa atau udah melahap opor ayam. Hampir tiap tahun kita nemuin masalah serupa yang berulang-ulang. Biasanya ada yang lebaran duluan, lebaran belakangan atau …

Neil Armstrong Mendarat di Bulan, Masa sih?

Banyak yang ragu bahwa Neil Armstrong mendarat di Bulan. Artikel ini mengupas berbagai bukti secara ilmiah untuk memberi jawaban yang rasional. Hey, Guys.. Ada yang tau nggak, sepanjang sejarah peradaban manusia nih, apa sih pencapaian terbesar yang pernah diraih umat manusia? Apakah itu pas manusia pertama berhasil mendaki puncak Everest? Pengembangan vaksin pertama kali? Penemuan teori radiasi elektromagnetik oleh James Maxwell? Deklarasi Hak Asasi Manusia pertama kali di AS? Penemuan …

Aktivasi Otak Tengah.. Beneran Nggak, Tuh?

Apakah Aktivasi Otak Tengah itu fakta atau hanya penipuan? Metode aktivasi otak tengah ini dikupas tuntas dengan pembahasan ilmiah. Hai, berhubung lo sekarang udah beres UAS dan hampir mau liburan, Zenius Blog kali ini akan bahas hal yang santai-santai tapi menarik dan yang pasti menggelitik pemikiran kritis lo. Beberapa tahun yang lalu pernah ada fenomena yang cukup menggemparkan di Indonesia, namanya Program Aktivasi Otak Tengah (Selanjutnya disebut AOT). Program AOT …

Apa Sih Konsep IQ – EQ – SQ Itu Sebenarnya ?

Apa bedanya antara IQ, EQ, dan SQ? Semua istilah ini dibahas tuntas dari sejarahnya, pengertian, dan lain-lain. Udah jadi dambaan tiap ortu kalo anaknya itu bakal jadi anak yang pinter, cerdas dan berbudi pekerti luhur (sedaapp). Pasti lo sering ngalamin deh, didoain, diharepin, dipaksa, bahkan diomelin sama ortu cuma biar lo jadi pinter. Oleh karena itu, pasti lo nggak asing dong sama singkatan IQ, yg merupakan singkatan dari Intelligence Quotient …

Ramalan Astrologi : Beneran Atau Omong Kosong Doang?

Sejauh mana kebenaran dari ramalan astrologi dibahas lengkap dengan analisa yang rasional, dari sejarahnya hingga kenapa bisa populer sampai sekarang. Apakah lo percaya astrologi? Apakah lo termasuk yang suka buka majalah hanya untuk ngeliat ramalan zodiak minggu ini? Gimana keadaan asmara lo minggu ini? Keuangan aman? Kesehatan drop karena sering begadang? Eits, sebelum lo tenggelam lagi dalam kata-kata manis zodiak, gw ingin menantang belief lo tentang astrologi. Melalui tulisan ini, gw akan …

Bedah Tuntas Mitos Otak Kanan / Otak Kiri

Mitos populer otak kanan dan kiri dibahas tuntas dimulai dari asal usulnya hingga bagaimana bisa menjadi mitos yang masih dipercaya banyak orang. “Men.. Lu nggak cocok masuk IPA karena lu dominan otak kanan” “Anak IPS tuh cocok jadi businessman, dominannya otak kanan kata seminar-seminar bisnis” “Gw kayaknya kebanyakan make otak kiri nih, apa aja gw itung termasuk probilitas nembak cewe” Pernah nggak, denger kalimat-kalimat serupa di obrolan sehari-hari? Pengalaman gw …