Mending Masuk SMA, SMK, atau MA?

Artikel ini membahas tentang berbagai jenis sekolah menengah tingkat atas seperti SMA, SMK, dan MA, apa perbedaannya, serta bahan pertimbangan untuk membantu kamu memilih. Halo, guys! Ketemu lagi dengan yuuji-sensei. Pada kesempatan kali ini, sensei mau kasih sedikit informasi, nih, terutama untuk kamu yang sebentar lagi akan mengganti warna seragam kamu dari putih biru ke putih abu-abu, dan bingung menentukan sekolah lanjutanmu. Menurut pengamatan sensei, ternyata banyak banget siswa SMP yang masih bingung dalam menentukan …

Di Jurusan Ilmu Politik Itu Belajar Apa, Sih?

Artikel ini membahas tentang jurusan Ilmu Politik; apa saja kajiannya, ruang lingkup belajarnya, hingga peluang kariernya. Halo semua, balik lagi nih sama gue, Hilman. Buat lo yang lagi cari-cari mau kuliah di jurusan apa, gue akan berbagi cerita tentang “belajar apa aja waktu dulu gue kuliah” dan apakah lo bakal sesuai dengan jurusan ini. Kali ini gue mau ngomongin teentang jurusan Ilmu Politik. Berhubung artikel gue yang sebelumnya membahas tentang …

Kupas Tuntas Jurusan Ilmu Psikologi

Artikel ini membahas dunia ilmu psikologi, materi kuliah psikologi, keahlian yang diperoleh dan peluang kerja setelah lulus. Selama lima belas tahun terakhir, tiap kali gue ketemu orang baru (apalagi begitu tau latar belakang bidang gue psikologi) pertanyaan yang dialamatkan ke gue hampir selalu itu-itu lagi: “Oh lo anak psikologi… bisa baca pikiran orang dong??” Saking bosennya gua sama pertanyaan ini, jawaban gua seringkali beda-beda. Dari jawaban yang bener, singkat, sampai asal-asalan, hehe… Tapi tenang aja, …

Mengupas Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Apa bedanya ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, teknik komputer, dan teknologi informasi? Terkesan serupa tapi tak sama. Ini penjelasannya. Tulisan ini gue buat spesial untuk yang tertarik atau penasaran dengan jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, atau sejenisnya. Berhubung gue lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, jurusan/program studi (prodi) Ilmu Komputer, gue sering banget ditodong pertanyaan seperti berikut. “Fan, kuliah di Ilmu Komputer itu ngapain sih? Jadi hacker ya?” “Kak, bedanya …

Kuliah Ekonomi itu Belajar Apa Aja sih?

Penasaran kuliah ekonomi itu belajar apa aja? Pada artikel ini, Zenius mengupas gambaran dunia perkuliahan di jurusan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi. “Kalo kuliah ekonomi tuh belajar apa sih?” Halo guys, ketemu lagi sama gue Meby di blog Zenius. Sesuai dengan judul artikel ini, lo bisa nebak bahwa kali ini gua akan mengupas dunia perkuliahan di fakultas ekonomi. Oke buat lo yang mungkin belum kenal gue, saat ini gue adalah tutor …

Kuliah Jurusan Geografi: IPA atau IPS?

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk ilmu Geografi; apa saja kajiannya, ruang lingkup belajarnya, hingga peluang kariernya. Halo teman-teman pembaca Zenius Blog! Sebelumnya gue mau perkenalkan diri dulu, nama gue Lina, sekarang gue baru aja bergabung dengan Zenius sebagai Tutor Geografi. Ngomong–ngomong soal Geografi, di sini ada yang tertarik ngga dengan ilmu Geografi? Atau mungkin ada yang berminat untuk kuliah di jurusan Geografi? Sepanjang gue menggeluti bidang Geografi, gue sering banget …

Kupas Tuntas Fakultas Teknik UGM

Artikel ini membahas lengkap tentang Fakultas Teknik di UGM, serta penjelasan singkat dunia perkuliahan UGM. Hai Zenius fellows, khususnya kelas 12 atau Alumni, sekarang pasti makin kotar-katir ya menghadapi tes masuk PTN. Udah mantep belum dengan pilihan jurusan dan universitasnya? Untuk ngebantu lu nimbang-nimbang mau masuk universitas mana, sebelumnya Zenius Blog udah sempat mengulas dunia perkuliahan di Universitas Indonesia dan kampus ITB. Nah, gue jadi tertarik buat mengulas perkuliahan di kampus gue dulu, yaitu Universitas Gadjah …

Di Jurusan Hubungan Internasional (HI) Itu Belajar Apa, Sih?

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk jurusan Hubungan Internasional, mulai dari pembelajaran di dalamnya, hingga potensi karier lulusannya. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Rifad. Kali ini gue pengen memenuhi permintaan dari beberapa pembaca Zenius Blog, yaitu membahas tentang jurusan Hubungan Internasional (HI) di Indonesia. Kebetulan, gue sendiri adalah mahasiswa di jurusan HI ini, jadi, gue akan bantu jawab rasa keingintahuan lo akan jurusan ini. Nah, selama gue jadi mahasiswa Hubungan Internasional, gue sering banget denger pertanyaan dan pernyataan seperti ini: Mau jadi diplomat …