Cara Agar Tugas Kelompok Bisa Efektif

Cara Agar Tugas Kelompok Bisa Efektif

Yakin banget deh, pasti tugas kelompok adalah hal yang elo tunggu-tunggu kan? Elo jadi punya alasan untuk main ke rumah teman dan pulang lebih sore dari biasanya. Sambil belajar, sambil main deh.

Tapi elo sadar nggak, seringkali kerja kelompok bukannya memudahkan elo untuk paham tugas dan materi yang diberikan, eh malah nggak efektif karena kebanyakan mainnya daripada ngerjain tugas kelompoknya. Hayoo? 

Supaya tugas kelompok bisa efektif, nih, Zenius kasih tahu caranya lewat artikel ini. Check this out!

Manfaat Kerjasama dalam Menyelesaikan Kerja Kelompok

Tugas kelompok ini efektif lho dalam melatih kerjasama anak. Kira-kira mengapa tugas kelompok efektif dalam melatih kerjasama anak?

Sebenarnya kerja kelompok adalah metodologi guru untuk melihat berbagai kemampuan muridnya mulai kemampuan kepemimpinan, sosialisasi, dan pemahaman materi.

Elo dikasih kesempatan oleh Bapak dan Ibu guru untuk memahami sebuah materi bersama teman-teman elo. Diharapkan, dengan memahami sebuah materi bareng teman-teman, elo bisa lebih paham karena ada proses brainstorming di dalamnya.

Coba, sebelum lanjut, coba elo sebutkan tiga manfaat kerjasama dalam menyelesaikan kerja kelompok.

1. Melatih kepemimpinan

Dalam sebuah kelompok, pasti ada satu orang yang ditunjuk sebagai ketua kelompok. Tugas seorang ketua dalam sebuah kelompok itu nggak mudah lho! Ketua kelompok memiliki kewajiban mengatur pembagian tugas yang dikerjakan antar anggota kelompok. 

Ketika elo dinobatkan menjadi ketua kelompok, elo harus tahu tugas yang dikerjakan, goals yang ingin dicapai, dan kemampuan tiap anggota kelompok. Elo juga bertugas untuk mengecek apakah semua anggota kelompok sudah mengerjakan tugas dengan baik atau nggak. Nah, kalau ada anggota yang kesulitan, elo juga bertugas untuk membantu.

Ketua kelompok harus yang paling pintar? Nggak juga, kok. Asalkan elo jago dalam mengatur anggota kelompok, elo bisa jadi jadi ketua. Eits, jadi ketua kelompok bukan berarti elo bebas nggak mengerjakan tugas ya! Elo juga harus mengerjakan tugas sama seperti anggota lainnya.

Gimana? Ternyata nggak mudah ya untuk jadi ketua kelompok. Inilah saatnya elo belajar kepemimpinan. Siapa tahu nanti elo bisa jadi bos karena terbiasa jadi ketua kelompok saat sekolah?

2. Memudahkan Pekerjaan

Kalau nggak bekerja secara berkelompok, elo pasti mengerjakan tugasnya sendirian. Pasti lebih susah deh.

Dengan kerja kelompok, tugas akan terasa lebih mudah karena setiap orang sudah mengerjakan bagiannya masing-masing. Elo sudah nonton Mencuri Raden Saleh belum? Di situ elo akan lihat pembagian tugas antara Piko, Ucup, Sarah, Fella, Gofar, dan juga Tuktuk. Mencuri sebuah lukisan karya Raden Saleh tentu bakal sulit banget kalau cuma dilakukan oleh salah satu dari mereka. Supaya goals-nya tercapai, mereka bekerjasama dengan baik.

Sama halnya dengan tugas kelompok kan? Jadi, usahakan mengerjakan sesuai atau paling dekat dengan keahlian lo ya. Eits, ini ngomongin kerja kelompok ya. Jangan sampai dari artikel ini elo malah kepikiran untuk jadi pencuri kayak di film!

3. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Berkomunikasi itu penting banget, guys! Nggak usah jauh-jauh komunikasi untuk dunia sekolah atau dunia kerja deh. Elo mau beli cilok aja membutuhkan proses komunikasi. Elo harus bisa ngomong ke abang cilok mau pesen cilok berapa, pedas atau nggak, pakai kecap atau nggak.

Di taraf yang lebih tinggi, komunikasi yang baik adalah kunci bertahan hidup. Dengan komunikasi yang baik, elo bisa masuk ke berbagai circle dan punya banyak teman.

Lewat belajar kelompok, elo pasti akan bertukar pikiran antar anggota kelompok. Elo bisa berlatih mengutarakan ide-ide yang ada di kepala elo. Kalau elo nggak berani berkomunikasi dengan guru elo, coba deh, berkomunikasi sama temen-temen lo dulu.

Gimana Cara Kerja Kelompok Supaya Efektif?

Ini dia pertanyaan besarnya. Apa yang diperlukan agar tugas kelompok dapat berjalan dengan baik?  Ada beberapa cara agar tugas kelompok bisa efektif. 

Beri Deadline 

Cara Agar Tugas Kelompok Bisa Efektif
Beri Deadline

Deadline atau tenggat waktu adalah hal yang penting banget. Setiap tugas pasti ada batas waktunya, kan? Itulah pentingnya menentukan tenggat waktu. Jangan sampai tugas yang sudah dibuat susah-susah malah gagal hanya karena deadline.

Pertama-tama, elo harus tahu dulu kapan deadline pengumpulan tugas dari guru yang bersangkutan. Barulah elo dan anggota kelompok lo menentukan kapan waktu yang pas untuk mengumpulkan tugas masing-masing anggota. Jangan terlalu mepet ya untuk mengumpulkan tugasnya, supaya masih ada waktu kalau ada tugas yang salah.

Oh iya, semua anggota kelompok harus taat ya dalam pengumpulan tugas sesuai deadline! Jangan sampai tugas kelompok telat mengumpulkan gara-gara elo nggak patuh dengan deadline kelompok. Ok? 

Pembagian Tugas

Cara Agar Tugas Kelompok Bisa Efektif

Nah, soal pembagian tugas sudah dijelaskan di atas nih. Ini juga menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara menyelesaikan tugas kelompok dengan cara bekerja sama.

Setiap orang punya kewajiban untuk mengerjakan tugas. Tugas tersebut dibagi-bagi dan nantinya akan disatukan lagi untuk diserahkan ke guru.

Dalam kerja kelompok, usahakan tugas yang dibagikan sesuai dengan keahlian masing-masing ya! Kalau memang elo nggak jago sama sekali di dalam sebuah mata pelajaran tersebut, maka elo harus belajar dan nggak malu untuk bertanya teman-teman elo.

Tugas juga harus dibagi sama rata. Artinya, setiap anggota punya beban tugas yang sama. Jadi jangan sampai salah satu mendapat tugas yang lebih banyak dari lainnya ya!

Eratkan Hubungan Dengan Teman

Cara Agar Tugas Kelompok Bisa Efektif
Eratkan Hubungan Dengan Teman

Ini dia nih, ini mungkin terlihat receh, tapi ternyata penting banget, guys! Kalau elo udah dekat dengan semua anggota kelompok, percayalah, tugas kelompok elo akan terasa lebih mudah. Elo jadi lebih enjoy dalam mengerjakan tugas karena rasanya seperti main bareng. Selain itu, elo nggak perlu sungkan-sungkan lagi kalau hubungan elo dan antar anggota memang sudah dekat.

Kalau belum kenal dekat, gimana dong? Elo bisa deketin anggota kelompok elo dengan cara makan bareng sebelum memulai kerja kelompok. Oh iya, pas kerja kelompok, elo dan teman-teman elo bisa main bareng atau masak bareng sebagai selingan. Lama kelamaan, kalian bakal bonding banget deh!

Itu tadi cara supaya tugas kelompok bisa dilakukan efektif. Kalau semua cara ini diterapkan dengan baik, pasti elo juga bisa mengerjakan tugas kelompok dengan baik juga. Belajar jadi makin menyenangkan deh!

Baca Juga:

Mana yang Lebih Baik: Belajar Kelompok atau Belajar Sendiri?

Metode Mengajar yang Efektif Sesuai Kebutuhan Siswa – Zenius untuk Guru

Infografik: Tugas Sekolah yang Membebankan

Source:

Manfaat dan Contoh Kerjasama di Sekolah yang Dapat Menumbuhkan Rasa Persaudaraan | kumparan.com

Kerjasama di Sekolah: Pengertian, Manfaat, Contoh dan Bentuk (visitpare.com)

5 Tips Efektif Kerja Kelompok (simulasiku.id)

6 Strategi Kerja Kelompok agar Efektif dan Menyenangkan (idntimes.com)

Kerja Kelompok, Manfaat, Maksud, dan Metodenya – Edumaster Les Privat Terbaik Sekolah Internasional (edumasterprivat.com)

Bagikan Artikel Ini!