struktur tubuh Coelenterata polip dan medusa

Berkenalan dengan Hewan Coelenterata, Yuk!

Artikel ini akan membahas tentang seluk beluk Coelenterata, mulai dari pengertiannya, ciri-ciri, struktur tubuh, hingga klasifikasinya.

Hi, guys! Kali ini aku akan membahas tentang keluarga ubur-ubur nih. Hihihi. Kalau di serial animasi SpongeBob, si spons oren bersama temannya si bintang laut suka banget menangkap ubur-ubur. Iya ‘kan? Ayo pencinta SpongeBob SquarePants kita berkumpul di sini! Ternyata, ubur-ubur merupakan anggota filum Coelenterata lho. Jenisnya juga ada banyak. Daripada penasaran, yuk langsung aja kita bahas salah satu filum ini secara mendalam!

Apa Itu Coelenterata?

Coelenterata ternyata juga disebut dengan Cnidaria lho, guys. Termasuk dalam kingdom Animalia, khususnya hewan tanpa tulang belakang (invertebrata). Nama filum ini berasal dari kata coelos yang berarti rongga dan enteron yang berarti usus. Kalau diartikan secara umum yaitu hewan berongga. Nah, nama lainnya Cnidaria, yang diambil dari nama sel cnidocytes yang mengandung sel-sel penyengat nematocysts. Sel penyengat itulah yang menjadi ciri khas dari anggota filum ini.

Coelenterata menggunakan rongga tubuh atau perutnya untuk mencerna makan. Uniknya, rongga tubuh yang digunakan sebagai mulut juga berfungsi sebagai anus lho. Untuk lebih jelas mengenai karakteristik atau ciri-cirinya, langsung aja deh ke pembahasan selanjutnya, yuk!

Ciri ciri Coelenterata

Kurang lengkap rasanya kalau kita tau pengertian tanpa tau ciri-ciri anggotanya, iya gak sih? Nah, untuk melengkapi pengetahuanmu, aku bakal kasih informasi mengenai ciri-ciri dari filum ini. Ini dia ciri-cirinya.

  • Tubuh berbentuk simetri radial.
  • Tubuhnya terdiri atas dua lapisan atau diploblastik dan memiliki sel penyengat.
  • Mulut dikelilingi oleh tentakel dan tidak memiliki anus.
  • Sistem pencernaan hanya berupa rongga gastrovaskuler.
  • Memiliki satu lubang tubuh yang berfungsi sebagai mulut sekaligus anus.
  • Terdapat dua variasi bentuk hidup, yaitu diam/sesil yang disebut polip dan bergerak/motil yang disebut medusa.
  • Merupakan organisme karnivora atau pemakan daging menggunakan tentakelnya.
  • Pada tentakel terdapat sel unik bernama cnidocytes sebagai alat pertahanan diri dan menangkap mangsa.
  • Umumnya hidup di perairan laut, hanya beberapa spesies yang hidup di perairan tawar.
  • Umumnya hidup di perairan dangkal dan melekat pada substrat atau berenang bebas.

Struktur Tubuh Coelenterata

Pertama-tama, coba kamu perhatikan kedua jenis struktur tubuh filum ini di bawah ini ya!

struktur tubuh Coelenterata polip dan medusa
Struktur tubuh filum ini dibedakan menjadi polip dan medusa (sumber gambar: ck12.org)

Dari gambar tersebut, kita bisa mengetahui bahwa anggota Coelenterata terbagi menjadi dua bentuk tubuh, yaitu polip dan medusa. Meskipun ada dua bentuk tubuh yang sangat berbeda, namun struktur tubuh dari filum ini kurang lebih sama, memiliki tentakel, mulut, rongga gastrovaskuler (coelenteron), dan memiliki dua lapisan tubuh.

Pada bentuk tubuh polip, bentuknya seperti tabung dengan mulut di ujung yang dikelilingi oleh tentakel. Sedangkan, bagian bawah atau dasarnya melekat pada substrat. Untuk bentuk tubuh medusa, mereka berbentuk menyerupai lonceng atau payung. Iya ‘kan? Mereka yang memiliki bentuk tubuh seperti ini memiliki mulut di bagian bawah atau pada bagian cekung (konkaf). Mereka memiliki tentakel yang memanjang dari pinggiran payungnya. Nah, anggota Coelenterata yang memiliki bentuk tubuh medusa biasanya hidup bebas. Jadi, mereka gak menempel pada substrat seperti bentuk tubuh polip.

Klasifikasi Coelenterata

Setelah kamu memahami pengertian dan ciri-ciri dari filum Coelenterata. Sekarang kita masuk ke pembahasan klasifikasi, yuk! Coelenterata dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa. 

klasifikasi coelenterata
Contoh anggota Coelenterata berdasarkan klasifikasinya

Hydrozoa

Klasifikasi pertama dari filum Coelenterata adalah Hydrozoa. Anggota dari kelas ini hidupnya ada yang soliter dan koloni. Mereka termasuk hewan akuatik, yaitu hidup di perairan, baik perairan tawar maupun laut. Umumnya, mereka berbentuk polip.

Contoh hewan Hydrozoa: Hydra sp.

Scyphozoa

Kelas Scyphozoa memiliki anggota dengan ciri-ciri tubuhnya yang menyerupai mangkuk. Mereka memiliki siklus hidup yang terdiri dari fase polip dan fase medusa. Tapi, fase medusa lebih menonjol di sini.

Contoh hewan Scyphozoa: Aurelia aurita (ubur-ubur).

Anthozoa

Terakhir, ada kelas Anthozoa nih. Anggota yang tergabung dalam kelas ini memiliki bentuk yang menyerupai bunga. Mereka hanya mengalami fase polip, karena fase medusanya telah tereduksi.

Contoh hewan Anthozoa: Metridium (anemon laut).

Itu dia informasi mengenai filum Coelenterata atau Cnidaria. Sekarang kamu udah paham ‘kan? Tenang aja, buat kamu yang masih mau belajar lebih tentang filum Coelenterata dan berbagai jenis filum dalam kingdom Animalia, kamu bisa banget belajar dengan menggunakan video pembelajaran dari Zenius.

Baca Juga Artikel Lainnya

Kingdom Animalia

Mengenal Apa Itu Tumbuhan Biji (Spermatophyta)

Berkenalan dengan Tumbuhan Paku (Pteridophyta)