About Fanny Rofalina

Find more about me on:

Here are my most recent posts

Panduan Belajar UN SMA Biologi 2019

Artikel ini akan membandingkan kisi-kisi UN Biologi 2019 dengan soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya sekaligus memberi panduan belajar per topik sesuai kisi, termasuk soal HOTS. Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2017 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMA Biologi 2019 terbaru. Ga terasa sebentar lagi Ujian Nasional SMA 2019 bakal digelar. Pastinya para siswa kelas 12 lagi heboh persiapan belajar buat UN. Semangat deh ya. Pada kesempatan kali ini, gue akan membantu lo untuk …

Kompilasi Pemenang Lomba Blog: Rencana Belajar 2018 Bersama Zenius!

Gimana sih caranya supaya bisa belajar asik bareng Zenius? Simak cerita para pengguna Zenius yang membeberkan rencana belajar mereka dengan mengandalkan Zenius sebagai sumber belajar. Hai hai.. Akhirnya tiba lagi waktunya buat gue mengumumkan 5 artikel paling keren yang akan menginspirasi banyak pelajar di seluruh Indonesia. Semuanya tertampung dalam lomba blog Zenius edisi liburan tengah semester tahun ajaran 2017-2018. Tema lomba blog kali ini adalah Rencana Belajar tahun 2018 Bersama …

Pembahasan Soal Ujian Nasional SMP 2017

Berisi PDF soal UN SMP 2017 yang dapat diunduh gratis plus video pembahasan soal ujian nasional untuk semua mata pelajaran yang diujikan di UN SMP 2017. Hai guys, artikel ini gue persiapkan khusus buat yang akan menghadapi Ujian Nasional SMP 2018. Mungkin rasanya sekarang ini terlalu cepat buat mikirin UN. Emang bener sih, Ujian Nasional itu kayaknya masih lama ya. Masih punya banyak waktu buat persiapannya. Tapi kadang waktu yang …

Pembahasan Soal Ujian Nasional SMA 2017

Berisi PDF soal UNBK SMA 2017 yang dapat diunduh gratis plus video pembahasan soal ujian nasional untuk semua mata pelajaran yang diujikan di UNBK SMA 2017. Hai hai.. Sesuai judulnya, Zenius mau bagi-bagi link KOMPLET berisi video pembahasan soal UNBK SMA 2017! Selain video, ada juga file pdf soal yang bisa lo unduh gratis tis tis.. Buat lo yang sedang duduk di kelas 12 SMA, sebelum lo sekedar simpan atau …

Pembahasan Soal SBMPTN 2017

Berisi daftar lengkap PDF soal yang bisa diunduh gratis beserta video pembahasan soal SBMPTN 2017 untuk semua kelompok ujian. Dari 797.738 peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2017, hanya 148.066 peserta yang dinyatakan lolos atau cuma sekitar 18,56% yang akhirnya bisa menyandang gelar “maha”siswa. Faktanya, persentase kelulusan SBMPTN skala nasional tiap tahunnya hanya 15-18%. Untuk tahun 2017, berarti ada 649.672 peserta SBMPTN yang harus menelan pil pahit kegagalan di jalur ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya. Buat lo …

Kurikulum 2013 SMP

Materi belajar + latihan soal lengkap dengan pembahasannya untuk semua pelajaran kelas 7-9 SMP yang sudah disesuaikan dengan urutan bab dari Kurikulum 2013. Seperti yang sebagian besar kita ketahui, saat ini pendidikan Indonesia sedang berjalan menggunakan tiga (3) kurikulum yang berbeda, yaitu KTSP 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikukum 2013 Revisi. Adanya tiga kurikulum yang berbeda ini tentunya menuntut sumber materi belajar yang berbeda pula. Sebagai teman belajar yang setia, Zenius …

Kompilasi Artikel Pemenang Lomba Blog #KenapaMilihZenius

Apa sih istimewanya Zenius dengan bimbel offline dan online lainnya? Simak ulasan para pengguna Zenius yang menjabarkan kenapa mereka memilih Zenius. Saat-saat yang dinantikan tiba juga! Bukan bagi gue aja, tapi gue yakin banyak pembaca Zenius Blog yang menanti-nanti artikel ini. Testimoni, kesan, dan cerita dari para pengguna Zenius tak terelakkan menjadi salah satu kategori terfavorit di Zenius Blog. Daripada cuma cerita sepihak dari tim Zenius yang mengaku-aku kami ini keren …

Belajar dari Mereka yang Gagal SBMPTN

Kompilasi cerita para pejuang yang gagal di SBMPTN. Dilengkapi dengan poin-poin penyebab mereka tidak lolos di SBMPTN dan Ujian Mandiri universitas. Sebuah pepatah klise mengatakan, “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.” Banyak faktor yang mengantarkan kita ke kesuksesan. Tapi dari semua faktor yang ada, kegagalan itu mengandung ironi. Ketika kita mendapati kegagalan, rasanya diri ini semakin jauh dari impian. Rasa pedih karena kegagalan bisa begitu larutnya sehingga membuat kita melakukan hal-hal …