Perbedaan PTN dan PTS

Apa Saja Perbedaan PTN dan PTS?

Halo, para pembaca sekalian! Bagaimana kabar kalian hari ini? Buat calon mahasiswa, ada gak sih yang udah daftar buat kuliah di PTS? Sebenarnya perbedaan PTN dan PTS itu apa aja? Oke, mari kita coba jabarin yak.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS), menurut undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi adalah perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh masyarakat. 

Hal inilah yang menjadi perbedaan paling mendasar antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di mana PTN merupakan perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh pemerintah. 

Meski PTS didirikan oleh swasta, perguruan tinggi tersebut harus mendapatkan izin dari menteri. Tidak hanya itu, dalam proses pendiriannya pun harus melalui tahap pembentukan badan penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba. 

Bada penyelenggaranya sendiri bisa berupa beberapa bentuk tetapi yang umum digunakan adalah yayasan. Oleh sebab itu enggak mengherankan sama sekali kalau biasanya kita menemukan nama yayasan tertentu di atas nama universitasnya. Nah, itu tadi sedikit mengenai apa itu Perguruan Tinggi Swasta (PTS). 

Perbedaan PTN dan PTS
Photo by Icha Rizkina on Unsplash

Perbedaan PTN dan PTS

PTN dan PTS memiliki beberapa perbedaan. Di awal tadi sudah kita singgung bahwa salah satu perbedaan paling mendasarnya adalah siapa yang mendirikan perguruan tinggi tersebut apakah masyarakat atau pemerintah. 

Pendanaan

Perbedaan selanjutnya adalah dalam hal biaya. PTN mendapatkan sumber pendanaannya dari pemerintah. Berbeda dengan PTN, PTS mendapatkan sumber dana secara mandiri meskipun tidak menutup kemungkinan masuknya bantuan dana dari pemerintah. Mungkin karena inilah muncul anggapan bahwa kuliah di PTS cenderung lebih mahal daripada kuliah di PTN meski sebenarnya tidak selalu demikian karena biaya kuliah sendiri dipengaruhi beberapa faktor seperti misalnya di PTN sekarang diterapkan sistem UKT yang nominalnya dibeda-bedakan ke dalam beberapa golongan. 

Beberapa PTS menerapkan biaya pendidikan yang lebih murah dari PTN. Hal ini juga dipengaruhi dengan pilihan jurusan yang hendak diambil. Intinya, biarpun sumber pendanaannya berbeda, bukan berarti yang satu pasti lebih mahal dari yang lainnya. 

Jalur Masuk atau Ujian Masuk

Perbedaan PTN dan PTS selanjutnya adalah dalam hal jalur masuk. Ketika ujian masuk PTN diadakan dalam satu waktu (SNMPTN dan SBMPTN), universitas swasta biasanya menyelenggarakan seleksi masuknya sendiri-sendiri. Bahkan, beberapa universitas swasta mengadakan pendaftaran sejak awal semester genap. 

Dengan adanya perbedaan PTN dan PTS dalam jalur masuk ini, kita bisa memanfaatkannya untuk membuat perencanaan kuliah. Misalnya di awal kita sudah ikut seleksi masuk PTS dan diterima di jurusan impian, berikutnya kita bisa fokus ikut ujian PTN. Atau sebaliknya, kita ikut seleksi PTN terlebih dahulu dan ketika dinyatakn tidak diterima barulah kita ikut seleksi PTS.

Jurusan dan Fakultas 

Sebenarnya ini buka hanya terjadi dalam perbedaan PTN dan PTS saja tetapi bisa menjadi perbedaan dari setiap perguruan tinggi karena setiap universitas memiliki jurusan dan fakultas yang berbeda-beda. Tetapi, perlu diketahui bahwa beberapa PTS memiliki jurusan yang cukup sulit ditemukan di PTN.

Hal ini terjadi terutama pada PTS yang memiliki studi yang cukup spesifik misalnya sekolah perhotelan atau pelayaran. Keadaan ini bisa banget untuk dimanfaatkan terutama kalau kamu memiliki impian yang jurusannya tidak bisa kamu temukan di PTN


Okay, sekian beberapa perbedaan PTN dan PTS yang bisa kamu ketahui. Jika kamu memiliki opini tentang perbedaan lainnya, langsung tulis di kolom komentar saja yaa. Sampai jumpa di artikel lainnya. Terima kasih sudah mampir.