Strategi Milih Jurusan di SBMPTN

Strategi Milih Jurusan di SBMPTN

Halo gaes, untuk lo yang mau menjalani ujian SBMPTN, gimana nih udah pada daftar SBMPTN belum? Atau mungkin masih ada yang galau milih jurusan dan bingung nentuin urutan prodi sebagai pilihan 1-3? Okay, di artikel zeniusBLOG ini gua akan coba bantu lo untuk membuat strategi milih jurusan dalam pendaftaran SBMPTN. Jadi buat lo yang belum daftar sampai dengan hari ini, simak pembahasan gue baik-baik di sini.

Akhir-akhir ini, banyak banget yang nanya ke akun media sosial zenius tentang hal-hal kayak gini nih,

Yang mana pertanyaan-pertanyaan tersebut bermuara pada satu hal: Bagaimana sih memilih jurusan pada SBMPTN itu?

Nah, untuk menjawab hal tersebut, ngga cukup nih hanya dengan beberapa karakter tweet aja, perlu penjelasan panjang lebar mengenai hal tersebut. Karena pertanyaan-pertanyaannya baru rame sekarang, sebenernya artikel ini agak telat sih, namun paling ga moga-moga artikel ini bisa membantu mencerahkan bagi yang belum sempet daftar SBMPTN.

Sebelumnya, gue cuma mau ingetin kalo deadline pendaftaran terakhir tanggal 29 Mei 2015, ya. Saran pertama dari gua, jangan daftar di tiga hari terakhir karena trafik ke websitenya akan sangat padat, jadi loadingnya suka lama dan gagal konek terus ke websitenya. Selain itu, ada kemungkinan tempat ujian juga penuh. Jadi setelah baca artikel ini, coba secepatnya direnungkan, dipertimbangkan, dan segera daftar SBMPTN sebelum trafik ke websitenya keburu padet.

Aturan Pemilihan Jurusan dan Wilayah di SBMPTN

Sebelum membahas hal-hal strategis, pertama lo mesti paham dulu aturan teknis pemilihan jurusan di SBMPTN. Berikut ini tiga aturan pemilihan jurusan SBMPTN yang menurut gua bisa menjawab sebagian besar pertanyaan lo:

  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi
  2. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  3. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

Oke, sekarang kita coba bahas dulu satu per satu, ya. Poin pertama, jadi setiap peserta dapat memilih program studi maksimal 3 (tiga) program studi/jurusan di PTN mana saja yang dia kehendaki. Boleh ketiga jurusan tersebut berada di PTN yang sama semua atau ketiganya berada di PTN yang berbeda-beda, pokoknya bebas!

Jika lo cuma ngambil 1 prodi dari total 3 jatah yang tersedia, artinya pilihan kedua dan ketiga lo kosongin, maka sesuai dengan poin kedua, lo bisa tes di panitia lokal (panlok) mana saja.

Namun apabila lo memilih 2 atau 3 jurusan, maka sesuai dengan poin ketiga lo mesti tes di salah satu WILAYAH PTN yang lo pilih. Misal dari 3 PTN yang lo pilih ketiganya berada menyebar di wilayah I, II dan III, maka lo bebas milih panlok DI MANA SAJA asalkan berada di wilayah I, II dan III (Nggak boleh di wilayah IV). Namun, apabila misal dari 3 PTN pilihan lo berada di wilayah I semua, maka ya lo mesti tes di panlok mana saja, asalkan berada di wilayah I (gak boleh di wilayah II, III, IV).

Okay, kalo bingung gue kasih contohnya deh:

  • CONTOH #1: Maudy Ayunda ikut SBMPTN cuma milih FKG UI, pilihan 2 & 3 kosong. Maka sesuai poin 2 di atas, Maudy bebas milih tempat tes (panlok) dimana aja di Indonesia, mau dari ujung Aceh sampai Papua diperbolehkan! Maudy bisa tes di Panlok Jakarta, Panlok Papua, Panlok Medan, Panlok Surabaya, Panlok Yogyakarta, dll.
  • CONTOH #2: Al Ghazali milih FMIPA ITB (wilayah I), Hukum UGM (wilayah II) & Fisika ITS (wilayah III), maka Al bisa milih tempat tes panlok dimana saja asalkan berada di wilayah I, II atau III, tetapi gak boleh di wilayah IV. Jadi Al bisa tes di Panlok Jakarta, Panlok Medan, Panlok Surabaya, Panlok Yogyakarta, dll. Tetapi ga bisa tes di Panlok Papua karena Papua termasuk di wilayah IV.
  • CONTOH #3: Veranda memilih FK Unair (Wilayah III) dan Teknik Industri ITS (Wilayah III) pilihan ketiga kosong. Karena memilih lebih dari 1 jurusan namun semua pilihan jurusannya berada di wilayah III, maka Veranda cuma bisa tes di wilayah III dan gak boleh di panlok wilayah I, II, dan IV. Jadi Veranda bisa tes di Panlok Malang, Panlok Surabaya, Panlok Samarinda, dll. Namun Veranda ga bisa tes di Panlok Yogyakarta (Wilayah II), Panlok Bandung (Wilayah I) dan Panlok Papua (Wilayah IV).

Dengan melihat 3 contoh di atas aja moga-moga jelas ya. Oiya ingat, pemilihan tempat tes ini didasarkan pada lokasi kampus dari prodi yang lo pilih, dan NGGAK dipengaruhi oleh alamat rumah dan alamat sekolah.

 

Sedikit Tips untuk yang masih galau milih jurusan di SBMPTN

Sebelum kita masuk ke pembahasan strategi uat lo yang masih galau mau milih jurusan apa, lo bisa artikel Tips Memilih Jurusan ini.

Tapi, intinya adalah dalam menentukan pilihan, ikuti apa yang ada dalam hati lo sendiri, karena lo sendiri yang paling tau apa yang lo inginkan, apa yang memotivasi lo. Bisa jadi, pilihan lo didasarkan pada karena lo minat banget ama jurusannya, bisa jadi karena suka dengan sistem belajar di kampus yang lo inginkan, atau lo ngefans dengan dosen kampus, bisa jadi macem-macem. Tapi, yang paling penting, alesan lo untuk milih jurusan tersebut harus didasarkan pada alesan yang jelas, bukan suatu orientasi pertimbangan jangka pendek.

lqwjt

Jangan sampai lo memilih jurusan berdasarkan gengsi semata, ikut-ikutan temen atau dipaksa orang tua. Karena biasanya yang milih jurusan karena alesan yang cetek begitu, banyak yang akhirnya nyesel dan salah jurusan. Pada akhirnya yang nyesel adalah diri lo sendiri, bukan orangtua lo, bukan temen-temen lo, karena elo sendiri yang akan menjalani masa kuliah itu dan membawa ilmunya sampai tua.

Untuk mengingatkan, berikut ini gue share lagi resep memilih jurusan dari Kak Glenn:

"Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..."

 

Sedikit info tentang sistem seleksi SBMPTN.

1. Apakah sebaiknya pemilihan prodi didasarkan pada Passing Grade?

Banyak yang nanya sebaiknya urutan pilihan SBMPTN itu gimana. Apakah sebaiknya urutan jurusan itu disesuaikan dengan passing grade? Jawaban singkatnya : Nggak ada satupun PTN di Indonesia yang memberlakukan seleksi berdasarkan Passing Grade!

Wah, masa? Terus kenapa banyak yang ribut-ribut soal passing grade? Pertama, lo mesti tau apa itu passing grade. Passing grade secara sederhananya artinya batas minimal. Artinya apabila lo sudah melampaui nilai tertentu, maka lo bisa dikatakan lolos, lulus atau memenuhi standar. Nah dalam konteks sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem seleksi berdasarkan passing grade ini ga mungkin diaplikasikan secara penuh dalam sistem seleksinya mengingat kuota PTN sangat terbatas sementara peminatnya relatif banyak. Bisa dibayangin apabila yang dari kuota 50 kursi yang nilainya di atas passing grade ada 150? atau sebaliknya dari kuota 50 kursi yang nilainya di atas passing grade hanya 20?

Nah, untuk memperkuat argumen gue tersebut, bisa lo baca publikasi dari mengenai penilaian jalur ujian (SIMAK UI dan SBMPTN) di UI berikut (yang mana berlaku juga untuk semua PTN)

Screen Shot 2015-05-19 at 21.47.40
sumber: Panduan Jalur Masuk UI 2014 Page 13 (link: http://old.simak.ui.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/JALUR-MASUK-UI-2014.pdf)

Di sini dapat dilihat bahwa di UI (maunpun PTN lain) ga memakai sistem passing grade, adapun penerimaannya berdasarkan nilai terbaik dengan mempertimbankan kuota. Jadi ya batas nilai minimal diterima bakal berubah-ubah tiap tahun. Jadi sebetulnya, fungsi dari passing grade itu jangan dijadikan acuan untuk milih jurusan, tapi justru jadi sumber evaluasi lo waktu try out. Dalam arti, lo bisa evaluasi mana materi yang masih belum lo kuasai untuk bisa ditingkatkan sehingga passing grade lo bisa semakin meningkat dari try out sebelumnya.

2. Memangnya kalo bukan berdasarkan passing grade, penilaian SBMPTN bakal kayak gimana?

Sebelumnya gue kasih tau kalo sistem penilaian SBMPTN itu cukup tertutup, dari dulu ngga pernah ada publikasi resmi dari panitia yang menjelaskan secara rinci tentang penilaiannya, terutama masalah pembobotan ataupun nilai mati. Jadi, kalo ditanya apakah ada nilai mati atau nggak, terus terang gua gak tau pastinya. Saran gua sih lo upayakan yang terbaik aja untuk setiap mata pelajaran, jangan sampai ada 1 matpel yang dikosongkan semua. Di aturan SBMPTN tahun lalu pun dicantumin bahwa "Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata uji harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan."

Acuan penilaian di SBMPTN sebagaimana yang telah resmi diumumkan panitia hanyalah terkait dengan penghitungan nilai mentah yaitu:

  • Benar +4
  • Kosong 0
  • Salah -1

Namun pengolahan lebih lanjut nilai tersebut tidak dijabarkan secara detail.

Screen Shot 2015-05-19 at 23.55.20
Sumber: Panduan Penerimaan UI 2010 Page 19 (link: http://penerimaan.ui.ac.id/doc/PenerimaanUI2010.pdf)

 

Screen Shot 2015-05-19 at 21.48.32
Sumber: Panduan Penerimaan UI 2013 Page 13 (link http://simak.ui.ac.id/wp-content/uploads/files/Panduan_PMB_2013_versi_2013_01_16-1.pdf)

Masalah pembobotan dan nilai mati di SBMPTN saat ini belum ada informasi resmi/validnya. Sebenernya ada referensi mengenai hal tersebut, yaitu Buku EBTANAS atau UMPTN mana yang lebih dapat diandalkan? karya Toemin A. Masoem yang diterbitkan tahun 1997 (ada di perpus UI), tapi gue juga ga bisa jamin apakah sistem penilaian ini tetep dipergunakan sampai sekarang.

 

Strategi Menentukan Urutan Pilihan Prodi di SBMPTN

Nah sekarang, setelah lo udah manteb dengan pilihan prodi yang mau diambil dan juga udah ngerti sistem seleksi penilaian SBMPTN terus gimana cara milih urutan prodi di SBMPTN? Banyak banget hal yang bisa lo jadiin pertimbangan dalam memilih jurusan-PTN mana yang lo jadiin prioritas. Tapi yang akan gua bahas di sini adalah, bagaimana strategi lo ngurutin pilihan prodi supaya memperbesar peluang lo buat keterima dalam seleksi SBMPTN. Jadi gua nggak bisa ngejabarin supaya diterima di Pilihan 1, 2, atau 3.

lqwcq

 

1. Pertimbangan Keketatan (tingkat persaingan) Jurusan di Suatu PTN

Untuk memperbesar peluang lo untuk lolos, hal yang perlu lo pikirkan pertama-tama adalah tingkat persaingan jurusan di beberapa PTN yang lo kehendaki. Sebagai bahan acuan dalam menentukan pilihan, sebenernya panitia udah ngasih data yang cukup bisa buat dijadikan acuan yaitu data daya tampung dan peminat tahun lalu. Dari kedua data tersebut kita bisa mengukur perkiraan tingkat keketatan suatu jurusan. Maksudnya keketatan di sini adalah, lo membandingkan jumlah peminat tahun lalu, dengan jumlah kuota kursi yang dibuka untuk prodi tersebut. Berdasarkan hal itu, lo bisa memperkirakan hal yang kurang lebih mirip juga akan terjadi ada tahun ini.

Contoh, misalnya setelah lo mempertimbangkan minat jurusan, lo akhirnya memilih kuliah di jurusan Ilmu Hukum. Langkah yang pertama adalah cek pendaftar tahun lalu dan kuotanya beberapa PTN yang lo jadiin kandidat pilihan yang menurut lo oke (misalnya tolak ukurnya adalah kampus yang punya akreditasi A. Lalu lo bikin deh semacam list kandidat seperti ini:

  • Ilmu Hukum UI: peminat tahun lalu 3269, kuota tahun ini 75
  • Ilmu Hukum UNPAD: peminat tahun lalu 4219, kuota tahun ini 175
  • Ilmu Hukum UNDIP: peminat tahun lalu 3521, kuota tahun ini 150
  • Ilmu Hukum UB: peminat tahun lalu 2.577, kuota tahun ini 138
  • Ilmu Hukum UNSOED: peminat tahun lalu 1.776, kuota tahun ini 68
  • Ilmu Hukum UGM: peminat tahun lalu 3.181, kuota tahun ini 105
  • dan masih banyak lagi (jurusan hukum yang terakreditasi A)

Kemudian dari data peminat dan kuota tsb, bikin persentasenya:

  • Ilmu Hukum UI: 2,3%
  • Ilmu Hukum UNPAD: 4,1%
  • Ilmu Hukum UNDIP: 4,3%
  • Ilmu Hukum UB: 5,3%
  • Ilmu Hukum UNSOED: 3,8%
  • Ilmu Hukum UGM: 3,3%
  • dan masih banyak lagi...

Inget, semakin kecil persentase, maka jurusan tersebut semakin ketat. Dari data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa persaingan masuk jurusan Ilmu Hukum UI relatif lebih ketat dibanding beberapa PTN lainnya dengan gap yang cukup jauh. Nah, kalo lo emang minat masuk UI dan optimis bisa bersaing memperebutkan 2,3% kuotanya ya monggo. Namun apabila lo pengen persaingan yg ga seketat itu, bisa pilih jurusan Ilmu Hukum di PTN lain dengan akreditasi A di atas.

Silakan cari-cari sendiri ya, sesuai dengan jurusan yg lo inginkan sendiri di sbmptn.or.id/?mid=14. Sedangkan referensi bagaimana mencari data akreditasi secara cepet, udah pernah gue rekam di sini:

 

2. Pertimbangan Ketersediaan Jalur Mandiri

Selain keketatan, ketersediaan Jalur Mandiri bisa juga lo jadiin suatu pertimbangan. Cek apakah PTN-PTN yang menyediakan pilihan jurusan yang lo minati membuka peluang seleksi lain atau tidak (Jalur Mandiri). Kalo pada beberapa pilihan PTN ada jalur mandirinya, (optional) mungkin ada baiknya, lo bisa lebih fokus ngincer PTN yang gak ada pilihan UM di SBMPTN. Untuk kemudian kalian bisa lanjut memperluas peluang dengan ikut UM di PTN yang kalian incer.

Beberapa PTN yang ngga ada seleksi mandirinya antara lain ITB, UNPAD, dan UNAND. Jadi lo bisa memprioritaskan ketiga kampus tersebut di SBMPTN apabila salah satunya menjadi inceran lo. Sementara untuk PTN lain yang menyediakan jalur mandiri, mungkin bisa dikorbankan sementara dalam pilihan SBMPTN, untuk kemudian lo fokus perjuangkan di kalur Mandiri.

Mengenai biaya kuliah, saat ini banyak PTN telah memberlakukan perlakuan yang sama bagi mahasiswanya yang diterima melalui SNMPTN, SBMPTN maupun Jalur Mandiri. Namun masih ada beberapa PTN yang memberlakukan lulusan jalur mandiri dengan perlakuan biaya yang lebih mahal dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Oleh karena itu pelajari juga sistem pembiayaan kuliah di jalur mandiri tiap-tiap PTN.

 

3. Jangan Asal Milih Jurusan di Pilihan 2 dan 3.

Penilaian SBMPTN dilakukan secara terpusat tidak berdasarkan penilaian masing-masing PTN seperti SNMPTN. Pengaruhnya gimana kalo sistem penilaian terpusat atau berdasarkan masing-masing PTN? Kalo berdasarkan masing-masing PTN, maka kemungkinan besar peserta yang memilih jurusan Pilihan 1 akan lebih diprioritaskan untuk diterima seperti seleksi SNMPTN 2015 kemarin.

Akan tetapi, untuk sistem seleksi SBMPTN yang dilakukan secara terpusat, kemungkinan sistem seleksinya akan berbeda. Dalam hal ini, memang tidak pernah ada keterangan sumber resmi tentang sistem penilaian SBMPTN, tapi menurut dugaan gue sih, peluang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III bisa jadi sama besarnya dengan pilihan I. Dalam arti, kompetisi dalam SBMPTN ini kemungkinan tidak akan melihat urutan pilihan 1,2,3 tapi betul-betul murni melihat jumlah score hasil SBMPTN kamu. Hal ini bisa diketahui dari cukup banyaknya peserta yang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III di SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Jadi sekali lagi, fokuskan pada nilai score SBMPTN lo setinggi-tingginya, lalu pilihlah opsi jurusan prodi yang memang bener-bener lo minati. Jangan sampai pada akhirnya, lo milih jurusan 2 dan 3 asal supaya senggaknya bisa kuliah. Tapi begitu pengumuman lo diterima pilihan ketiga, jadinya galau lagi apakah mau diambil atau nggak. Yakinkan diri lo, kalaupun lo keterima di pilihan 2 atau 3, lo nggak akan nyesel dan lo bakal tetep ambil dan jalanin keputusan lo itu dengan penuh tanggung jawab.

****
Okay, tiga hal di atas bisa jadi lo jadiin pertimbangan dalam memilih urutan jurusan lo, tentu saja, dengan disesuaikan dengan minat lo di mana. Selain itu, tentu saja lo bisa tambahin pertimbangan sendiri, misal, lokasi kampus atau hal-hal lain yang memang make sense karena sekali lagi, lo sendiri yang paling paham keadaan lo dan apa yang bikin lo termotivasi. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan lo untuk milih jurusan di SBMPTN dan bisa kuliah di jurusan yang lo inginkan. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang peraturan SBMPTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Ari Candra bertanggung jawab sebagai administrator untuk semua account social media Zenius Education seperti twitter, facebook, instagram. Saat ini Ari juga aktif mengurus berbagai portal web info pendidikan Indonesia, termasuk akun twitter info_SNMPTN. Ari merupakan lulusan spesialisasi D-III Akuntansi Pemerintahan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
 

Follow Twiiter Ari di @aricandra

  • ines

    ka ari wota ya? wkwk

    • Muthazhar Alrasyid H

      wkwkkw ngidol parah XD

  • anonim

    ada ga sih strategi makan apa sebelum sbm atau pas istirahatnya gitu

    • Iqbal Lail Mukarom

      Banyak yg bilang pas istirahat makan coklat & minum air mineral. Selain replenish energi ada riset nya juga kalo coklat bikin lebih relax (bukan white chocolate ya, karena white chocolate justru memicu stress).
      Untuk sarapan usahakan jangan makan makanan yang terlalu asam dan jangan makan terlalu banyak, antisipasi supaya tidak ada keinginan untuk 'defekasi' selama ujian hehehe...
      Good luck!

      • Pepe

        permen karet 5menit sebelum ujian katanya..

    • adrian

      pisang ,sob.

    • Terkhusus untuk anak 2016 mungkin akan bermanfaat, ini tipsnya. Istirahat yang cukup sebelum hari H sbm, olahraga atau sejenisnya. Kalau udh di hari H usahakan bawa air. Kalau strategi untuk ujian, mungkin asah to terus menerus hingga passing grade yg dituju dapat dicapai. Salah satu referensi bagus untuk Passing Grade : Passing Grade SBMPTN 2016
      Best Of Luck!

  • ahmadri

    kak, klw mnrtku keketatan gk spnuhnya bsa djadiin referensi, krna kualitas pmilihnya bisa beda2, gmna kak?

    • Ari Candra Arista

      yup memang, makanya di tulisan di atas gue juga ga nyaranin juga agar diurutin dari yang % ketetatan kecil ke besar. angka2 tsb buat gambaran kita aja bagaimana tingkat persaingannya. ujung-ujungnya ngurutin pilihan jurusan pertimbangannya macem-macem.

  • Moxie

    mau nanya misal di snmptn itu contoh nya milih informatika di ui kalo pas sbmptn itu boleh gak milih jurusan yang sama dengan yang snmptn tadi

    • Ari Candra Arista

      boleh aja

  • Muhammad Fadhil Ayyasy

    Bang, gue kan dari IPS, gue pingin daftar 2 jurusan IPA dan 1 jurusan IPS di 1 PTN. Kira-kira itu pilihan yang bijaksana nggak? Secara kesiapan gue di IPS jelas lebih tinggi daripada IPA, tapi tingkat keketatan di jurusan IPA yang gue pilih jauh lebih rendah daripada pilihan jurusan IPS nya. Jadi lebih baik gimana? Mohon sarannya ya bang!

    • Ari Candra Arista

      kalo gue sih selalu berpedoman pada "pilih yang paling kamu minati" dulu, tentu saja yg diminati dengan alasan yg masuk akal.

  • Nur Fatimah

    Kak,kalo milih 1 univ 3 prodi boleh gak yaa di sbmptn?

    • Difiayra

      boleh aja, asalkan univ nya itu satu lokasi dgn lokasi ujian kamu

  • Jimmy Ramadhan

    makasi kak , mudah2an tips di atas bisa buat saya lolos 3 prodi pilihan saya

  • vera debora

    maaci kak ari

  • william

    bang, gue mau tanya, cuma rada lari ya dari topik...
    aku kan pernah denger istilah matrikulasi, itu apaan kak? di tiap universitas diadain? atau hanya univ tertentu aja? terus kalau misalkan ada, itu hukumnya wajib ikut atau engga?
    dijawab ya kak, makasihh...

    • Ari Candra Arista

      univ tertentu aja, biasanya sih buat mahasiswa baru yg diterima melalui jalur tertentu. tujuannya untuk penyamaan kompetensi.

  • asd

    bang saran lu gimana kalo nilai TO di bimbel belum sampe di target yang diinginkan belum sampe, tapi gua pingin banget masuk situ?

  • alfinsa

    kak, gue nanya dong masalah penjurusan (jutsu wkwk)

    gue rasa sense of wonder gue muncul di dunia dagang. gue lebih cocok masuk mana nih? kebetulan bisa pilih 2-3 prodi.

    SBM (setau gue di ITB)
    Ilmu Manajemen (dimana2 banyak ini mah)
    Akuntansi (kayaknya ini juga sama kayak manajemen, banyak dimana2)

    dan tingkat ketetatan untuk ketiga prodi tsb di PTN gimana? patokan PTN Bandung aja soal.a ngejer disitu (ITB, UNPAD, UPI)

    thanks kakak wota, oi oi oi

    • Ari Candra Arista

      dagangnya kayak gimana nih? lo sebagai pemilik usaha atau sebagai sales? kalo sbg pemilik usaha lebih pas belajar di kewirausahaannya di SBM, kalo sebagai sales bisa di manajemen.

      kalo akuntansi nanti arahnya lebih ke pencatat/pemeriksa keuangan. agak jauh dari kegiatan dagang secara langsung.

      • Sasmita Arief

        kak kalau pilihan aku kya' gini :
        1. FK UNHAS
        2. FK UNDIP
        3. FKG UNHAS
        boleh gak kak?
        mkasih 🙂

        • Ramdani

          boleh.

      • Niα Kusnαini

        ka katanya usahakan tidak memilih jurusan yg sama dalam univ yg berbeda misalkan fk ui terus fk unpad lg ,emang bener ka?

        • ahmadri

          gk papa sis, bnyk yg kyk gtu

      • alfinsa

        pemilik usaha rangkap sales kak. sbm atw manajemen ya? saran dong hehe

  • Sasmita Arief

    kak kalau pilihan aku kya' gini :
    1. FK UNHAS
    2. FK UNDIP
    3. FKG UNHAS
    boleh gak kak?
    mkasih 🙂

    • Ihsanuddin Zaini

      boleh ,,tapi lebih baik UNDIP pilihan pertama

      • Sasmita Arief

        alasannya kak?

        • Abi Rilo Pambudi

          karena undip lebih baik

  • Ichaa

    Gimana kalo masalah urutan universitas? saya tinggal di makassar dan pilihan pertama universitas saya di unhas, ke 2 di undip, dan ke 3 di ugm dgn jurusan yang sama ilmu komunikasi. Apa gg ada masalah dgn urutan univnya? thanks before:)

    • Sasmita Arief

      pilihan ptn pertama dan kedua kita sama yah 🙂 saya juga tinggal di makassar

      • Sahrul HS

        Makassarnya tgl dimana nihh ?

      • Ichaa

        gg ada masalah ya sama pemilihan ptn kayak gitu?

    • Ramdani

      wah saingan gw nih wkwkw,gw jga tnggal d mkssar.

      • Ichaa

        Dibawa santai aja:)

  • Muhajir sam

    Apakah pemilihan panlok mempengaruhi penerimaan di SBMPTN ? Misal sy pilih PTN di wilayah 2. Tapi saya ambil Panlok di wilayah 4 ?

    • elfandy

      iyalah kalo ambil panlok 4 tapi PTN di panlok 2 jelas gk bakal diterima

      • Muhajir sam

        Begini bisa gk bro :
        1. Wilayah 2
        2. Wilayah 2
        3. Wilayah 4

        Tesnya di wilayah 4 ?

        • Ahmad Baihaqi Musyafa

          Bisa bro

        • elfandy

          bisa

  • Budiman Batara

    Mau nanya' nih. Kalau pilih prodi di SBMPTN itu pilihan pertamanya harus di dalam daerah atau terserah mau di pilihan ke dua atau ke tiga. Soalnya saya mau pilih yg di luar daerah juga. Jawab yah.

    • Ari Candra Arista

      coba baca dulu artikelnya, udah dijelasin 🙂

      • Muhajir sam

        Klw begini bisa gk kak
        1. Wilayah 2
        2. Wilayah 2
        3. Wilayah 4

        Tesnya wilayah 4 ?

  • Nita Cassie

    kak, mau tanya agak melenceng juga sih.
    kalo sbmnya milih kayak gini : unair, unesa, unair. itu boleh gak kak? takutnya itu ngaruh T.Tv

    • Ari Candra Arista

      kenapa ga boleh?

  • <-- Kadang suka greget sendiri dan suka sedih kalo masih ada yang nanya-nanya lagi pertanyaan yang emang udah jelas ditulisin artikel... :((

    • Ahmad Baihaqi Musyafa

      Same here bro wkw

    • Indra D. Herdiana

      Sama. -_-
      Pada males baca atau gimana ya? -_-

      • Edy Sutrisno

        Bolehkah SBMPTN memilih 3 PTN yang berbeda ? Ataukah spt ketentuan SNPTN, yaitu dibatasi max 3 prodi dalam 2 PTN ? Mohon penjelasannya. Makasih..

  • Hilmika Mika

    kak akreditasi kampus/prodi harus diliat juga ga? mau milih univ yang tahun ini baru jadi negeri tapi akreditasi prodinya masih C. gimana tuh?

    • Ari Candra Arista

      akreditasi itu penilaian atas kualitas jurusan, sebaiknya dijadikan pertimbangan juga 🙂

  • Dita Aisyiyah Larasati

    unpredictable, passing grade itu pasti cuma brenchmark berdasar hasil tahun lalu, bisa aja beda untuk tahun ini

  • Dita Aisyiyah Larasati

    kenapa sebaran peminat di web sbm banyakan pada kosong?

    • Ramdani

      itu mungkin karna masih baru

  • Ligent Eiixes Squad

    Kak.. klo milih tempat tes berdasarkan apa?

    • Ari Candra Arista

      coba baca lagi artikelnya ya

  • arista

    kak, jadi nentuin urutan plihan SBMPTN nya lebih bijak berdasarkan presentase persaingan atau berdasarkan passing grade? thanks!!

    • Ari Candra Arista

      coba baca lagi artikelnya ya 🙂

  • Hanny

    Kak kalo misalnya nilai saya (insyaallah) cukup untuk masuk ke semua pilihan, ntar jadinya saya keterima di pilihan pertama kan? Tetep berlaku sistem prioritas?

    • Ari Candra Arista

      iya

  • Hanny

    Terus yg jd referensi kakak td kan dari SIMAK UI bukannya sistem ujian mandiri sama sbmptn beda ya kak? Soalnya setau saya kalo ujian mandiri memang gak ada passing gradenya jd univ langsung aja ngambil dari rank 1 sampe jumlah kursinya penuh. Apakah sistem Ujian Mandiri dan SBMPTN sama seperti itu?

    • Ari Candra Arista

      itu yg dimaksud UI, untuk SIMAK dan SBMPTN, ga cuma SIMAK UI saja

  • Rifky Taufiq Fardian

    maaf kalau pertnyaanya agak gak penting banget tapi spya gak penasaran aja mending ditanyain apLgi kalau d jawab maksih bnget hehe
    gede mana ya peluang lolosnya ketika memilih tiga prodi di satu PTN dibanding sama tiap prodi beda PTN? Emang sih gk ada aturannya tapi mnrut pngalaman taun2 sblumnya gmna ka? Mksih

  • atika mardhiyah

    kak saya mau nanya,pilihan sya di wlyah 1 smua, tapi univ.nya beda ketiganya kk dan bgitu jga dg jrusan nya, juga beda ketiga nya,,boleh gak? ini pil.saya 1. farmasi unand 2.PDSD unp 3.hukum unsika,,mohon saran nya kak..

    • Ari Candra Arista

      boleh, yg penting panloknya di wil 1

      • atika mardhiyah

        makasi ya kak 🙂

  • adeiko

    kak apakah kita boleh memilih 3 unniv yang berbeda? ex : ipb,undip,unsil. makasih.

    • Ari Candra Arista

      boleh kok

  • Diya 22

    bang minta saranya kalau aku milih 1 statistika UB 2 T industri UPN Jatim boleh gak , mungkin ada saran lain untuk jurusan , serius gue masih bingung ? please kang sarannya ?

  • Desrina Anandatama

    kk kalo penerimaan SBMPTN masih sama gk kak kayak SNMPTN yg lebih memprioritaskan putra-putri daerahnya sendiri ? soalnya denger2 banyak isu yg ga enak. Makasih

    • Ari Candra Arista

      ga dilihat kok asal daerahnya 🙂

  • elfandy

    " Jika lo cuma ngambil 1 prodi dari total 3 jatah yang tersedia, artinya pilihan kedua dan ketiga lo kosongin, maka sesuai dengan poin kedua, lo bisa tes di panitia lokal (panlok) mana saja. "

    .

    " 2. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun. "

    .

    loh kak di poin ke 2 gk disinggung soal WILAYAH PANLOK kok kakak bisa simpulin kalau yg dimaksud poin nomor 2 itu seperti argumen kakak di atas.

    • Ari Candra Arista

      itu gue ambil mentah2 dari web SBMPTN. tapi yang dimaksud itu "dapat mengikuti ujian di panlok manapun". intinya, udah bener sesuai dengan contoh yg gue kasih.

      dulu gue sempat kepikiran juga pada poin tersebut kalo kalimat di web SBMPTN kurang pas. tapi pas nulis artikel lupa ngasih keterangan tambahan. thanks koreksinya.

    • awan

      Setuju boya, ck *jari telunjuk door, :v

  • Lazuardi Rahadian

    Kak Ari, tolong jawab dong :
    Apa mungkin ketika kita daftar kita milih 3 Prodi di 1 Universitas yang sama??

    Misalnya aku mau di Jurusan Soshum aku mau ambil
    Pendidikan Bhs. Inggris, Pendidikan Bhs. Indonesia sama DKV di 1 kampus ??
    Jadi barngkali aku bisa masuk disalah satu 3 prodi tersebut, hehehe

    Makasihh Kak 😀

    • Ari Candra Arista

      boleh saja

      • Lazuardi Rahadian

        oke makasih Kak

      • awan

        Kak oi kak, sedikit pantun untuk anda hai kak ari yg gokil nan santai,
        Uhuk uhuk batuk kumat
        Terus liat genteng rumahh h
        Ehem kak ari yg smart
        Ada sedikit pertanyaan dijawab yahh h
        -,<

        " bagaimana BILA , ngambil 3 prodi berbeda, dan 3 PTN berbeda *wilayah 1 / 2 ???" ¤.¤

        Sebagaimana telah Awan ketahui, bahwa 3 prodi berbeda dlm ptn berbeda di wilayah sama diperkenankan, namun awan ingin tahu kebnaran pertanyaa awan yg tadi, ¤.¤ ♥♡♥

        *dibalik layar #i_feel_like_pouk XD, KIDDING XD

  • TEDDI

    boleh apa enggak kalo misal memilih 3 PTN tapi prodinya sama semua...???????

    • Ramdani

      boleh

  • alisha

    Kak boleh tanya dong.... aku kan sma ipa terus aku milih jurusan soshum semua, ga ada yang saintek. itu boleh ngga? Soalnya aku bingung sama pennjelasan yang bilang kelompok soshum, kelompok saintek, sama kelompok campuran. Aku bingung masuk kelompok mana karena kyk yg aku bilang di awal kan asal sma ku ipa dan ujian sbm malah pilih jurusan soshum semua. Terus univ yang aku pilih ada dua dan itu satu wilayah semua ga ada yang di luar wilayah itu boleh kak?

    • Indra D. Herdiana

      Kuncinya, masuk kelompok soshum, saintek, atau campuran itu ditentukan sama prodi yang kita pilih. Asal jurusan SMA sama sekali gak ngaruh.

      Kalau kamu soshum semua milihnya, berarti masuk tes soshum. Mau kamu SMA IPA, IPS, Bahasa, SMK Seni, SMK Multimedia, dll.

  • iin

    Max 3 prodi ,trs maksimal pilihan PTN 2 apa 3?

  • aji ramadhan

    kak saya mau nanya, saya pengen masuk ke jurusan yang saya sangat minati tetapi daya tampungnya sedikit dan peminatnya lumayan banyak. apakah saya terus mencoba atau tidak? dan apakah benar penilaian sbmptn itu secara pararel/dari nilai yang terbaik.

  • Rizqi Fadhlillah

    Kak gimana sih caranya ningkatin passing grade kita supaya > 60% soalnya udah 4 kali try out passing grade saya mentok di 46 % saya stuck banget di STEI ITB nih!!!!!

  • ErkanTaufiq

    ka ari kalo jurusan yang tahun kemarin dikit pesaing biasanya tahun selanjutnya malah banyak pesaing yah? aku takut kejebak ka

  • dearni

    kak, gimana klo plihan prodi 1. teknik sipil di USU, pilihan prodi 2 di ITB dan pilihan prodi 3 juga teknik sipil di UNDIP, boleh kan?? maksudnya pilihan prodi 1,2,3 teknik sipil pada 3 PTN yang berbeda.mohon penjelasannya kak..Trims.

  • Kalisa

    Kak, apa bener kalo katanya UI atau bbrp PTN ga mau dijadikan pilihan kedua?

  • Mirza Gunawan

    Brarti misal aku ujian nya di aceh trus pilihan 1,2,3 ptn bandung/jakarta bisa?

  • Putri Laydia

    kak, sebenernya sistem sbmptn itu gimana sih? katanya klo selesai test terus nilai kita dikirim ke pilih pertama trus pilih pertama nentuin diterima atau gak, klo gak diterima di kirim ke pilih kedua dan strusnya?

    • Indra D. Herdiana

      Secara kasar, seperti itu.

  • aulia

    kak sebenernya ngurutin jurusan itu perlu pake passing grade gasih? kok ada yg bilang pake ada yg bilang enggak

    • Indra D. Herdiana

      Sebenarnya, gak ada ketentuan buat pengurutan prodi, sih. Mau FK UI pilihan 3 juga boleh.

      Tapi sesuai tips dia artikel ini, tentunya harus dipertimbangkan segala macamnya.

  • Rahmah Mardliah

    kak, di sbmptn ini pemilihan panlok itu ngaruh sama peluang kita diterima di suatu ptn gak sih?
    misal gue mau ngambil pilihan 1 itb pilihan 2 ugm pilihan 3 unair, tapi rumah gue di surabaya, nah untuk memperbesar peluang gue keterima di pilihan 1 gue ngambil panlok bandung buat tempat tesnya. itu ngaruh gk kak???

  • Wulan Septareni

    Kak mau tanya . misal nih plihan Univnya pertama sma kedua di Bali, nah yang ketiga di Jakarta, kalo tempat tesnya di Bali pngruh sma penilaian dtrimanya gak?

  • Reza alfiano

    Ka, kalo saya milihnya itu FTTM ITB, Teknik Perminyakan UPNYK, Teknik Fisika ITS. Dan saya test nya di jakarta itu bisa kan?

    • Sekar Nadia

      Kak, kalo pilihanku:
      1. Kehutanan-UGM
      2. Biologi-UGM
      3. Agribisnis-UPNYK

      Bener gak sih kak?
      Thanks : )

    • Indra D. Herdiana

      Lho, kan sudah jelas di artikelnya. 🙂 Coba pahami lagi. 🙂

  • Indra D. Herdiana

    Tips tambahan (opini)

    1. Yupz bener. Perbandingan kuota dengan peminat itu hanya menghasilkan gambaran kasar. Data tersebut hanya menampilkan kuantitas, bukan kualitas. 🙂 Jadi, prodi yang rasio peminat dan kuotanya lebih kecil belum tentu lebih ketat daripada yang rasionya lebih besar. Bisa aja meskipun peminatnya sedikit, orang-orang yang milih prodi tersebut adalah orang-orang berkualitas. Anak OSN, anak Boarding School, dll, misalnya. 🙂

    2. Iya, saya mendukung pernyataan "Urutan pilihan gak ngaruh di SBMPTN". Selain seleksinya terpusat, bukti banyak anak diterima di pilihan 2 dan 3 SBMPTN juga banyak. Di prodi saya aja anak SBMPTN lebih banyak yang lolos di pilihan 2 sama 3 nya. 🙂

    Terima kasih. 🙂

    Indra Herdiana - Math Unpad

    • Belinda Danduru

      ohww gtu yaah kak, btw kak klo misalnya pilihan pertama pendidikan dokter, kedua teknik elektro, n ketiga teknik arsitektur, jadi itu smua sama rata peluang lulusnya? gak ada sistem kuota kyak SNMPTN? misalnya pilihan pertama presentase lulus lebih besar dibanding pilihan kedua, contoh saya pilih pilahan pertama pendidikan dokter tapi ternyata tidak lulus, lalu di oper ke pilihan kedua yaitu teknik elektro.. apakah kuotanya tidak full/ memprioritaskan siswa lain yang memilih teknik elektro di pilihan pertama?

      • Indra D. Herdiana

        Iya. Tidak ada kuota-kuotaan berdasarkan urutan. Buktinya sudah ada.

        • Belinda Danduru

          terima kasih kak 🙂 jadi peluangnya smua sama tergantung nilai sbmptn kita kan kak? hheh

  • furqan

    Kalo uda daftar sbmptn trs mau ubah pilihan gmna?

  • Novi Yuliani

    Kak gue salah nyantumin pilihan 2 dan 3. Jadi gue browsing tentang ptn itu setelah gue udah cetak kartu sbmptnnya. Ternyata akreditasinya kurang bagus. Gue terlalu ngeliat tingkat keketatannya yang besar dan peluang yang besar pula, padahal berdasarkan cerita dari alumni sana yang kebetulan saudara gue, ptn itu kurang bagus dari segi bahan materi yang diajarkan. Gimana ya, gue baru tau ini semua setelah udah dicetak kartunya. Dan sekarang gue kepikiran tiap hari, gimana ya?

    • Ari Candra Arista

      kalo menurut gue sih standar minimal akreditasi nya B lah, soalnya kalo di penerimaan CPNS misalnya, ada syarat akreditasi minimal B

      • Ralat kak, untuk jadi PNS, kalo dari PTN peringkat akreditasinya itu bebas asal sudah terakreditasi. Kalo PTS minimal harus B. Heheheh.

        Tapi emg bener sih, kalo nentuin universitas harus liat akreditasi dulu. Gue juga salah pilih pas daftar SNMPTN, walaupun akhirnya gue keterima di pil. 2 tapi PTN yang gue pilih akreditasinya C, dan gue baru tau sesudah lulus. Akhirnya gak gue ambil huhu 🙁

  • Me. I am Gilberd

    yah gua lupa nih yg akreditasi. gue malah milih salah satu jurusan tanpa akreditasi.

  • julyogape

    Mohon dijawab: Misalkan skor kita gak lebih besar dari pesaing2 kita di pil. ke 1, lalu kita dilempar ke pil. ke 2. Tapi di pil. ke 2 kursinya sudah penuh oleh pesaing2 kita, yang mana mereka memilih itu di pil. ke 1. Padahal skor kita melampaui salah satu orang di situ. Manakah yang akan diloloskan? kita yang punya skor lebih tinggi tapi memilih di pil. ke 2 atau dia yang memilih pil. ke 1 sehingga memenuhi kursi tapi skornya tidak lebih tinggi dari kita?

  • Winda Lintang Vinayu

    lagi bingung, lebih baik
    pil 1. akuntansi undip
    pil 2. akun uns
    atau
    pil 1. akun uns pil
    2. akuntansi undip ya?

  • Sophie

    Ka ari maaf mau nanya, ada yg blm jelas masalah passing grade, tadi baca permisalan di atas kenapa yg passing gradenya rendah justru paling ketat? Bukannya yg paling susah itu yg passing gradenya tinggi ya? Atau karna yg passing grade rendah banyak yg mencapai? Mohon di bls cepat kak mkasih 🙂

    • Ari Candra Arista

      itu bukan passing grade, tapi persentase diterima berdasarkan perbandingan kuota dan peminat tahun lalu

  • Pepe

    ada tips gak sih buat ngisi soal2 sbm? biar ga kehabisan waktu misalnya.. atau ngerjain tpa segimana,soshum segimana,yaaa yg gitudeh.. semoga ngertiii aku ga bisa ngejelasin:( mohon bantuannya saudaraku..

    • Ari Candra Arista

      lagi on process ditulis ama Glenn

  • akekepia

    Kak,kalo prodi yang aku pilih pertama itu baru buka tahun ini peluang nya lebih besar dibanding yg ke 2&3 gak ya?

    • Ari Candra Arista

      ga bisa ditebak kalo belum ada tren nya.

  • m. taufik

    kak boleh milih 3 prodi 1ptn ga sih ?

    • Ari Candra Arista

      boleh aja

  • akekepia

    Kak saya harus dftr lagi gak kalo salah urutin pilihan? Saya naro prodi yang baru buka di pilhan pertama

  • Fikry

    saya kan milih prodi sendratasik di UNLAM Banjarmasin dan sastra arab di UGM, tapi tes keterampilan sendratasik di makasar. apakah sah sah saja?. soalnya tes keterampilan sendratasik tempatnya sudah ditentukan, dan tempatnya bukan di UNLAM dan UGM

  • tri

    Kak, saya dari jurusan ipa. rencananya tahun depan mau ikut sbmptn tapi lintas jurusan kak. Saya nanti mau ikut tes rumpun ips. Menurut kakak kira2 kekejar ga ya ka materi ips itu saya pelajarin nanti?

    • Ari Candra Arista

      kekejar kok, alangkah baiknya mulai dicicil dari sekarang

  • Elgi Berutu

    ka mau nanya nih, kalo mau milih jurusan kedokteran harus kuat di fisika matematika juga ya?

  • Nabilah Silmi

    kak ari, mau tanya saya dari jurusan ips pengen ngambil jurusan fakulitas ilmu gizi, nah itu kan dari mapel ipa, bisa gak kak klo dari ips ngambil jurusan itu, terus daftar SBMPTNnya itu gimana? Tolong responnya ya kak, makasi

  • Jimmy Simanungkalit

    bro mau nanya nih PTN USU Sastra Inggris itu saingannya gimana yah ?

  • YUliani MEgantari

    bang, gue cuma kurang pede aja nih sama jurusan yang udah gue dapetin
    gue mah selalu tertantang sama namanya ngedit video
    gue rela gak dibayar, megadang demi buat film pendek atau sekedar dokumenter , kadang sampe lupa belajar

    gue juga suka tampil di depan umum, sekalipun kata kebanyakan orang, "gak menarik"

    gue pilih ilmu komunikasi di sebuah universitas, apa itu pas buat gue bang?
    Lo bisa gak kasi gue lagi tentang apa tantangan anak ilkom?

  • mr x

    ty min lega gw

  • ainisyah

    Kak kalo ikut sbmptn trus keterima, mau ikut jalur mandiri lagi bisa kak?

  • Elina Rose

    Ka, masih ga ngerti, kalo saya dari SMK Farmasi tapi ntar insyaAllah kalo sbmptn tahun depan pengen ikut nya di Teknik Informatika, kalo ptn itu nentuin juga dari sekolah sebelumnya engga sih?, misal yang jurusan farmasi dlunya ga diprioritasin buat lulus yang teknik informatika gitu?

  • adenuryunita

    Kak gimana klau pilihanku gini:
    1. Manajemen UNAIR
    2. Akuntansi UNAIR
    3.Manajemen UNHAS
    Klau kya gitu boleh ngak kak ? Trus klau lokasi ujiannya boleh ngak di pilihan ke3 ?
    Tolong dijawab ya kak. Trima ksih

  • Suci Legowo

    Kak, kalo bidang kesehatan itu mending di poltekkes apa di univ ya kak?

  • Ninda Ayu Ningtiyas

    kak, pengen nanya. Saya masih bingung. Bener kagak sih kalo :
    1. misal : milih FK UNAIR, FK UNPAD, F.Pendidikan biologi UNTIRTA. khusus FK, itu sama dengan 'bunuh diri'? kalo iya, sebaiknya gimana?

    2. terus, kan milih prodi itu max. 3.. dan yang nentuin 'jumlah PTN pilihan kita' itu 'wilayah ujian/tes' bukan 'univ tempat kita tinggal' kan?

    >>Soalnya ada yang bilang, kalo kita cuma bisa milih 3 prodi, 2 PTN. 1 PTN WAJIB di wilayah kita tinggal (contoh : banten, PTN : wajib milih UNTIRTA(misalnya : PTNnya cuma UNTIRTA)). sedangkan UNTIRTA dan UNPAD 1 wilayah, UNAIR wilayah 3. Jadi, yang bener gimana kak?

  • Adin

    Kak lebih baik gimana gua pilih 3 jurusan di 1 univ ato 1 jurusan di 3 univ?kenapa?

  • Yusra Faisal H

    Kak kalo misalnya 3 jurusan semuanya di ptn yg sama gimana?
    Misal
    Fk ui
    Mesin ui
    Fkg ui

  • Ayu Krisna

    Kak mau tanya.
    Misalnya kalo aku pilih fkunud, fmipaunpad, fmipaunud bisa nggak? Terima kasih sebelumnyaa

  • azmif

    ka, kalo STAN bisa dijadiin pilihan juga ga sih? terus tes nya sama ga sperti SBMPTN?

  • Luthfio Indra Permana

    Gan nanya nih.. kalo aja ketrima di jalur sm, krna kurang puas mw ikut sb ntu gmn yak?.
    Apa harus dicabut dlu sm nya trus baru ikut tes sb?

  • Valerie Paulina S

    Saya jurusan IPA kelas 2 SMA. Saya ada niat lintas jurusan ke Akuntansi kak. kan ada PTN yang nerima jurusan IPA masuk Akuntansi, apakah PTN yang seperti itu ketika SBMPTN tes nya Saintek?

  • Joel

    Kakk klo misalnya kita ipa ngambil jurusan ips pas d sbmptn kan kata kakak prioritaskan d sbmptn kann , tapi saya bnyk yg kurang mengerti di pelajaran ipa kyk kimia fisika gituuu , trus klo misalnya saya prioritaskan sbm , apa yg hrus saya lakukan supaya saya juga bisa mngrti jurusan saya? Lakukan 2 duanya sekaligus? Apa mungkin? Nnti pas un gimana klo saya fokusin pelajaran ips di sbm 🙁

  • Joel

    Kakkk saya ipa tpi nnti saya sbm ambil ips , tpi kan kata kakak kita hrus prioritasin sbm , trus klo saya belajar ips mulu padahal bnyk pelajaran ipa yg saya ga tau itu gimana nnti nasib unnya? Kasian dong 🙁

  • Dhevan Brian

    kak maaf sy mau tanya, misal saya pilih teknik industri, teknik kimia, sama kimia di UGM buat sbmptn bisa nggak ya? makasih

  • Gregory Ryan

    Kak, mau nanya..
    kalau dari pengalam kakak selama ini,ada gak yang pernah lulus pilihan ke 3 di ITB?
    Atau lulus pilihan 3 di universitas ternama dengan jurusan yang bagus juga,misal kan di UI,ITB,Unpad..

  • eh kalau milih Teknik Informatika sama Ilmu Komputer itu dianggap sama nggak sih prodinya?
    kan kenyataanya itu prodi yg sama cuman beda title doang ..

  • Naufal Gugus p

    kadang ikutan esmossi kalo tanya apa yg udh di jelasin di atas :v

  • Bartholomeus Lavelim

    bang, gue kan udah tau ni mau milih jurusan apa, tapi ternyata jurusan itu belum terakreditasi, kira-kira gue lanjut aja atau cari jurusan lain ?

  • Yasmin Tsana ‘Afifah

    Kak, kalau pilihan 1 dan 2 di UNS terus pilihan ke 3 di UB boleh nggak sih pas SBMPTN ?
    Mohon penjelasannya.

  • Alwi

    bang sori nanya-nya baru sekarang, boleh ga kalo milih prodi 3-3nya di satu PTN yang sama, hehe saya agak fanatik PTN nih bang 🙂 ditunggu jawabanya ya bang..matur nuwun

    • Ari Candra Arista

      Boleh aja

      • Alwi

        gak kaya sbmptn ya bang? -seengaknya harus- 2 prodi dalam satu univ,terus 1 prodi dalam pilihan lain,ga gitu kan bang? hehe

  • Anggie Achsania

    Kak mencari persentase dari data peminat dan kuotanya gmn ya?

  • Ifa Insyirah Nuraini

    kak kalo pilihan saya :
    1.FMIPA KIMIA -UI
    2.FMIPA FISIKA-UI
    3.FK-UI
    apakah boleh?

  • Annisa Emka Aqilla

    Kak, pusing nih kak. Banyak perdebatan sama orangtua sama teman juga.
    1. UPI Pend. Matematika
    2. UNY Pend. Matematika
    Lebih baik seperti diatas atau UNY duluan kak?? Karena kata temenku, dia bilang lebih baik U
    NY pilihan satu karena takut UNY kayak gak mau diduain. (sebenarnya saya juga gak ngerti).

    Tolong bantu yah kak.

  • widyawati hunta

    kak kalau misalnya aku pilih FK di UNPAD pilihan 1 terus pilihan ke 2 FK juga di UNIBRAW dan pilihan ke 3 juga FK di UNDIP. itu bisa gak kak? atau ada saran lain kak?

  • widyawati hunta

    KAK ARI AKU MANYA KLW MISALNYA AKU PILIH PILIHAN 1 FK UNPAD, PILIHAN 2 FK JUGA DI UNIBRAW, PILIHAN 3 FK DI UNDIP. ITU GPP KAH? ATAU ADA SARAN LAIN KAK? MOHON BALASAN DAN PENCERAHAN YA KAK.

  • rayNisa Hidayat

    Kalo misal nih gue milih Univ A, B, C dengan jurusan X dan Y. Nempatin urutannya Univ A prodi X, Univ B prodi Y dan Univ C prodi X. Boleh nggak?

    • Ari Candra Arista

      Boleh. Kalo SNMPTN baru ga bisa.

  • Ghea Soraya

    Kak, tadi saya nyoba nelpon hello center sbmptn tapi susah dihubungi. Saya peserta snm, lebih baik ndaftar sbm setelah pengumuman snm atau dalam kurun dekat saja? Katanya kalo ndaftar sbm sekarang nanti snm-nya hangus -_- terima kasih.

    • Ari Candra Arista

      ga pengaruh apa-apa

  • Gigih

    Kak kalo misal gw daftar 3 prodi. 2 prodi di wil II trus yg 1 dil wil III bisa kan? Thanks

    • Ari Candra Arista

      Bisa, asalkan lokasi tes / panlok di wilayah 1 atau 3

      • Gigih

        Okay terima kasih

  • Randy Meina

    Kak saya SMAnya di jambi, apakah saya bisa jika daftarnya di universitas yang ada di Aceh dan Jakarta tanpa harus mendaftar juga di universitas yang ada di jambi?

    • Ari Candra Arista

      asal SMA ga dilihat. kalo lo pengen tes di jambi, bisa milih PTN yg ada di aceh dan atau jakarta

  • Andi nurul Qalby

    klo gini :
    1.Wilayah 4
    2.Wilayah 4

    bisa ?

  • Haidar Si Otonk

    Bermasalahkah jika pengurutannya begini kak?
    1. UNDIP
    2. UGM
    3. UNNES

    Setahu saya kampus semacam UGM tidak mau dinomorduakan. Tapi jika dilihat dari prodi yang saya pilih, passing gradenya lebih besar yang UNDIP daripada UGM.
    Saya bimbang, untuk itu saya mohon bimbingannya kak..

  • Rizaldy Gondowiardjo

    Ngaruh atau tidak kalau beda2 ngisi prodinya?

  • Abi Rilo Pambudi

    Jadi gini, aku mau daftar FTI ITB, Tekkim UGM, Tekkim UNDIP. Ini masih berlaku enggak buat tahun 2016? Apa harus seperti SNMPTN? Harus 1 yang di luar provinsi :v

  • Λde Mas

    kak ari, mau tanya. contoh kalo saya nyari its itu kan wilayah iii. saya milih 3 prodi di its. itu kan panlok surabaya kak, sedangkan saya berasal dari bali (denpasar). boleh ga saaya ikut tes di panlok denpasar kak? kan sama sama wilayah iii. mohon info secepatnya ya kak 🙂 makasi

  • Triayuni S

    kak boleh tanyak kalo aku pilih dalam jalur SBMPTN:
    1. univ A
    2. univ B
    3. univ A
    boleh tidak????

  • AngeLish S

    ooo kak 🙂 aku dari Medan (wilayah 1).. ^_^)/
    kak, jadi bisa lah ya aku milih
    Pilihan 1 : UNIMED (wilayah 1)
    plihan 2 : USU (wilayah 1)
    pilihan 3 : USU (wilayah 1) ..?
    jadi itu bisa lah kan kak?

  • Manda

    bang, bisa nggak satu voucher dibuka di browser yang berbeda dalam satu waktu?

  • Denny Diva

    Lek . klaw gue milih USU UNSRI USU di SBM BISA???
    contoh teknik sipil USU, teknik sipil UNSRI Ama PERTANIAN USU
    BISA???

  • Dinni

    kak ari kalo misal unsri unpad unsri ga masalah ?

  • ilham rizki

    kak aku milih ujian IPC pilihan 1 Soshum, 2&3 saintek,kalo nanti
    semisal soshum nilainya tinggi, tapi sainteknya anjlok, gimana,

  • ilham rizki

    kak aku milih ujian IPC pilihan 1 Soshum, 2&3 saintek,kalo nanti
    semisal soshum nilainya tinggi, tapi sainteknya anjlok, gimana,,, mohon
    dijawab.. peluang keterimanya gmana

  • Sena Putri

    Saya MIPA tp saya daftar Sbm Soshum prodi manajemen, menurut kakak seberapa besar peluang saya untuk bisa masuk Ptn yg saya inginkan? kan saya termasuk lintas jurusan.

    Trimakasih untuk jawabannya 🙂

  • misal
    pilihan 1: Jurusan P di PTN A
    pilihan 2: Jurusan Q di PTN B
    pilihan 3: Jurusan R di PTN A

    ga apa2 kan kalau pilihannya begitu?

  • Desti Berliana

    kak, mau nanya nih.. kan nih ya misalnya si "cecep" punya tiga pilihan buat sbmptn.. nah terus dia keterima di ketiga pilihan tsb.. nah pertanyaannya, apa si cecep wajib-kudu-harus ngambil pilihan pertama / atau boleh ngambil pilihan kedua maupun ketiga?

    soalnya kan buat masuk sma aja kalo udah diterima di pilihan pertama, ya harus ngambil pilihan pertama, nggak bisa kedua/ketiga.. nah, berlaku juga nggak kalo buat sbmptn? apa beda? apa gimana?

    makasih....

  • Desti Berliana

    kak, mau nanya nih.. kan nih ya misalnya si "cecep" punya tiga pilihan buat sbmptn.. nah terus dia keterima di ketiga pilihan tsb.. nah pertanyaannya, apa si cecep wajib-kudu-harus ngambil pilihan pertama / atau boleh ngambil pilihan kedua maupun ketiga?

    soalnya kan buat masuk sma aja kalo udah diterima di pilihan pertama, ya harus ngambil pilihan pertama, nggak bisa kedua/ketiga.. nah, berlaku juga nggak kalo buat sbmptn? apa beda? apa gimana?

    makasih....

  • Anggi Megandari

    Mau nanya nih kak, InsyaAllah saya bakalan ikut sbmptn tahun 2017. Denger denger peluang lolos di ptn yang diminati itu juga berdasarkan alumni atau angkatan sebelumnya pas di SMA. Bener ga sih kak?

  • jeihan f

    ka kalaupilihan pertama nya FMIPA dan pilihan keduanya FSRD, bolehkah? kalau boleh berarti tes sbmptn nya campuran atau gimana? aku masih belum paham kalau pilihan ke satu dan dua nya beda jurusan :((
    terimakasih :))

    • Saras Granita

      boleh. ya kalo pilihan kamu emang gitu, brarti saat tes sbmptn nanti kamu di rumpun campuran. coba dibaca lagi dan dipahami baik2 penjelasan artikel di atas:)

  • Handayu Diah

    Kak mau tanya nih.. aku pengen daftar di 2univ berbeda dengan prodi berbeda tapi 1 kota semua.. sedangkan saya ingin tes nya ikut yang dijakarta ngambil univ yang di malang.. gmna sarany?

  • belajar sungguh sungguh, mempelajari teknik teknik, serta jangan lupa doa 😀

  • Markus Prap Kurniawan

    Untuk melihat syarat-syarat tiap jurusan di PTN di website apa ya kak? Misal syarat kesehatan dan sebagainya. Takut saya, kita sudah lolos diterima di Jurusan dan PTN yang kita pilih, namun misal kita buta warna sebagian, kita lolos di Jurusan Teknik Informatika. Namun sebelumnya kita belum tau persyaratannya, la waktu mau daftar ulang baru dikasih tau persyaratannya kan jadi kecewa kak. Terimakasih.

  • Akbar Nurhidayatullah

    Ka kalo misalkan anak ips pengen masuk FK bisa engga lewat SBMPTN ??

  • Afif H Jovian

    ka ari, mohon penjelasan dari dari maksut ini
    "CONTOH #2: Al Ghazali milih FMIPA ITB (wilayah I), Hukum UGM (wilayah II) & Fisika ITS (wilayah III), maka Al bisa milih tempat tes panlok dimana saja asalkan berada di wilayah I, II atau III, tetapi gak boleh di wilayah IV. Jadi Al bisa tes di Panlok Jakarta, ((((((((((((((((((Panlok Medan))))))))))))))), Panlok Surabaya, Panlok Yogyakarta, dll. Tetapi ga bisa tes di Panlok Papua karena Papua termasuk di wilayah IV."
    dengan
    "Oiya ingat, pemilihan tempat tes ini didasarkan pada lokasi kampus dari prodi yang lo pilih, dan NGGAK dipengaruhi oleh alamat rumah dan alamat sekolah."

    kan FMIPA ITB masuk wilayah 1, Al Ghazali bisa pilih panlok Medan, tapi pernyataan ke 2 dikatakan kalo tempat tes didasarkan pada lokasi kampus. ITB ada di bandung kenapa al ghazali bisa tes di medan kak?

  • hy

    mau tanya doooong kalo pilihannya
    1. IPB
    2. ITS
    peluang di ITSnya ada atau gak sama sekali? atau ITS gabisa dinomor 2 kan? tolong jawab ya min:)))

  • Ghea Soraya

    kalau ketiganya di wilayah yang sama boleh tidak ya?

  • Reza Ramadhani

    Gmana ya biar pas belajar ataupun pas sbm nanti jadi lebih fokus ? Apa dr pola makan dan istirahat ? Apa ada hal lainnya ?

  • Nafisahnrl

    Kak klo sbm saya milih nya
    Ui- sosiologi
    unj- psikologi
    Unj- PLB
    Itu bisa gk ? Mendingan pilih psikologi unj duluan apa PLB unj duluan soalnya kan plb masuk nya di pendidikan sementara unj pendidikan nya bagus...
    gm kak ?