Gimana caranya Ningkatin Nilai Tryout SBMPTN Secara Signifikan?

Gimana caranya Ningkatin Nilai Tryout SBMPTN Secara Signifikan?

Jadi gini, banyak yang gue tau udah niat banget nih mau belajar serius buat SNMPTN di semester 2 dan niat juga untuk ningkatin Try Out-nya secara signifikan. Tapi, masalahnya based on pengalaman gue ngajar, ternyata banyak yang gagal ngelakuin tersebut.

"Kenapa banyak yang gagal?"

Karena gini, pertama banyak gangguan tryout UN di sekolah, dan kedua cara belajarnya di semester 2 malah kurang efektif. Nah, keduanya nih sebenernya nyambung, nanti gue kasih tau kenapa nyambung

Pertama, cara belajar yang kurang efektif. Kalo elo belom pernah baca/denger konsep gue tentang Deliberate Practice (selanjutnya bakal gw singkat DP) silahkan denger/baca dulu deh, karena dasar teorinya dari sana nih.

Jadi, berdasarkan konsep DP, yang signifikan dalam ningkatin kemampuan kita tuh sebenernya adalah latihan yang berfokus pada suatu topik, dan justru bukan ngerjain soal di berbagai topik. Latihan campuran itu penting sih, tapi efeknya nggak sedasyat itu, mesti banget nyampur latihan soal campuran dengan latihan khusus di suatu topik.

Nah, kecenderungannya, anak-anak tuh belajar soal di semester 2 udah langsung latihan soal campuran. Sekarang kalo elo udah tau, ya bagusnya elo juga mesti deh ningkatin kemampuan elo dengan cara latihan di suatu topik, terutama topik-topik yang sering elo skip. Jangan takut untuk terlambat dan lama, you have to be patient ok?!

Karena sebenernya gini, dengan kita latihan soal di satu topik khusus, kita bakal sering dapet pola-pola di topik tersebut, dengan variasi soal di topik itu, penguasaannya jadi makin mantep!! Karena based on research di segala bidang, kelebihan seorang expert tuh emang karena udah kebiasa pada pola-pola umum yang keluar. Kalo elo tau cara expert belajar catur ya juga gitu, kalo elo mau liat pemain bola yang jago ya latihannya juga kaya gitu, fokus pada suatu hal dan secara serius kuasain bagian-bagian spesifiknya, bukan dengan cara "tanding" terus.

Nah, sebenernya try out langsung soal campuran semua topik tuh bisa dianalogiin sama tanding, jadi itu nggak signifikan bikin kita jago. Gue ulang lagi, yang bikin jago adalah latihan 1--2 topik dengan variasi soal di topik itu seluas-luasnya sambil review teori di bagian itu.

Masalah kedua yang ngehambat adalah banyaknya try out UN di sekolah. Kecenderungannya anak-anak tuh pas mau try out UN, akhirnya dateng ke bimbel, minta tambahan ke gurunya, dan minta diajarin seluruh pelajaran yg keluar di UN, dan belajarnya cuma 4--6 jam dan berharap semua materi UN dikuasain.

Sorry boy, tapi itu sebenernya rada ngeganggu persiapan SNMPTN elo, karena pertama waktu elo jadi kebuang (kalo elo belajar kaya gini utk 4 pelajaran, dan ada 3 tryout UN, kebuang 12 x 4 sampai 6 jam, kan?). Terus, biasanya kalo belajar kaya gini, cenderung penguasaannya malah ngambang, karena berdasarkan yang gue tulis di atas, jadinya persiapan elo malah nyebar ke semua topik instead of fokus ke topik yang bener-bener pengen elo upgrade.

So, sekarang kebayang kan sebenernya what is the best way to prepare?
Bagusnya, fokus belajar 1-2 topik yang nyambung, review teori, sambil pelajarin variasi soal di topik tsb dan cari tau triknya (pastinya setelah konsep elo mateng di situ ya). Hindarin belajar dengan cara ngebut cuma utk persiapan Tryout UN, penting sih tryout UN, tapi menurut kita jauh lebih penting masa depan lo di SNMPTN, jadi ya bagusnya jangan kejebak berpikir sesaat dan ngorbanin bigger things-nya.

OK, good luck guys & girls! Jangan lupa, lo bisa buka persiapan SNMPTN di zenius.net. Di zenius.net sekarang ada bagian persiapan yang kodenya Deliberate Practice, itu konsepnya ngerjain soal fokus di 1-3 topik, plus review teori nyelip-nyelip, terbukti paling efektif tuh untuk ningkatin kemampuan elo! Dan kerennya, modul ini bisa elo download dulu, kerjain, dan ada kode konten yg tinggal dimasukin ke zenius.net untuk nonton pembahasan soal-soal tsb plus review teori yang nyelip-nyelipnya di playlist yang sama 🙂

Sabda PS (@sabdaps)
Founder & Teacher of zenius education

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut dengan Sabda terkait strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat lo yang lagi kebingungan belajar persiapan SBMPTN, zenius sangat menyarankan lo untuk baca beberapa artikel di bawah ini:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Sabda PS adalah Founder dari Zenius Education sekaligus senior tutor untuk pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan juga Ekonomi. Sabda mengambil kuliah di Informatika ITB dan merupakan alumni SMPN 115 Jakarta & SMAN 8 Jakarta.
 
Follow Twitter Sabda at @sabdaps

  • Fajar Jibril

    Kak tapi gue ini orang yang untuk bisa jago 1-3 bab butuh waktu sebulanan. Sedangkan gue cuman punya sisa waktu 3 bulan menjelang snmptn. Gimana tuh?

  • Koemploenk

    kak saya lulusan MA dari SWASTA lagi apakah  kemungkinan bisa lolos dan masuk SNMPTN ?????

  • dimas

    bener banget nih, belajar soal campuran ga bikin kita tambah pinter kecenderungan malah hafalin soal yg ada giliran dikasih soal lain langsung ga bisa, padahal konsepnya sma aja.

  • Yudhis

    nice lah bang
    I think this method is really effective, though need so much time