Informasi Penting dan Aturan Baru tentang SBMPTN

Catatan: Artikel ini membahas SBMPTN 2015. Tapi, masih banyak informasi yang relevan dengan SBMPTN tahun ini.

Halo-halo, gimana kabarnya nih? Khususnya buat yang kelas 12, ngga kerasa ya, UN udah kelewat begitu aja, perasaan baru sekitar 3 tahun yang lalu masuk SMA. -_-

UN telah berakhir, tapi bukan berarti penderitaan perjuangan juga berakhir. Kini, para pelajar mulai menata hati, mempersiapkan diri untuk belajar buat SBMPTN. Baru selesai, udah belajar lagi. Hayati lelah bang 🙁

Hidup itu keras, Hayati!

Mau gimana lagi, dengan tingkat kesulitan soal yang lebih tinggi dan tingkat persaingan yang lebih ketat, kalian mesti mempersiapkan materi pelajaran SBMPTN dengan semaksimal mungkin. Bagi yang belum bedanya soal UN dan SBMPTN coba baca dulu tulisan ini "Bedanya Belajar untuk UN dengan SBMPTN".

nasar meme

Selain persiapan materi pelajaran, ada satu hal penting yang juga perlu lo ketahui, yaitu pemahaman tentang informasi penting dan aturan-aturan dalam proses seleksi SBMPTN ini. Sebetulnya sih, secara umum peraturan SBMPTN tahun 2015 ini masih bisa dibilang cukup mirip dengan tahun 2014 lalu, jadi buat alumni yang udah ikut SBMPTN 2014, kalian bisa baca tulisan ini sambil merem, sambil kayang atau sambil apalah..

Tapi, buat lo yang kelas 12 SMA atau buat yang baru pertama kali menempuh SBMPTN, tulisan ini penting banget buat lo, karena sebelum lo mulai "bertempur" ada bagusnya lo harus tau dulu "aturan main"-nya dulu. Apa sepenting itu ya, memahami peraturan? Bisa gua bilang penting banget, biar ngga salah langkah dan salah sangka. Misalnya aja, peraturan membolehkan kamu tes di kota yang deket rumahmu, tapi karena lo ngga ngerti, lo tes di luar provinsi, kan jadi rempong Cyiiiin...!!

Oke buat yang belum tau, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) itu merupakan seleksi yang diadakan oleh sekumpulan PTN berupa ujian tertulis secara serentak untuk menjaring calon mahasiswa baru dengan nilai terbaik sesuai dengan kuota masing-masing PTN. Jadi soal seleksi untuk yang pengen masuk UGM, UI, UNAIR, UNHAS dan semua PTN lain semua sama. Namun ga seperti di SNMPTN, persaingan di SBMPTN juga melibatkan alumni lulusan 2 tahun kebelakang (lulusan 2014 dan 2013), jadi bakalan lebih greget.

 

Beberapa poin penting dalam ketentuan SBMPTN 2015 yang harus kamu pahami:

Peraturan resmi panitia SNMPTN 2015 bisa kamu baca disini, namun di artikel ini gue mau bahas beberapa hal yang sekiranya penting dan perlu untuk mendapatkan penjelasan tambahan.

1. Pendaftaran

Pendaftaran SBMPTN 2015 akan dibuka secara online di website http://pendaftaran.sbmptn.or.id mulai tanggal 11 Mei  2015 pukul 08.00 WIB sampai dengan 29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB. Sebagai informasi, pengumuman hasil seleksi SNMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015. Jadi, misal apabila ngga diterima SNMPTN, lo bisa langsung daftar di SBMPTN beberapa hari kemudian.

Pendaftaran SBMPTN dibuka untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2013, 2014, dan 2015. Biaya Pendaftaran sebesar Rp100.000,- dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Kantor Pos setempat, atau ATM Bersama.

2. Pelaksanaan Ujian

Ujian tertulis SBMPTN rencananya akan digelar selama 1 hari tanggal 9 Juni 2015. Tanggal ini merupakan bersamaan waktu pelaksanaan daftar ulang bagi siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2015. Daftar ulang SNMPTN tidak bisa diwakilkan, jadi misal kamu diterima SNMPTN tetapi ingin mengikuti SBMPTN, pilihannya ada 2:

  1. Tidak daftar ulang SNMPTN (yang berarti melepas status diterima SNMPTN) untuk mengikuti SBMPTN.
  2. Daftar ulang SNMPTN sehingga tidak bisa ikut SBMPTN.

Perlu diketahui juga bahwa melepas status diterima SNMPTN mungkin dapat mengurangi index sekolahmu di PTN yang telah kamu tinggalkan. Siapa sih yang ga sebel, udah diterima cintanya tapi tiba-tiba diputusin.. Aku tuh ngga bisa diginiin!

3. Materi Ujian

Materi ujian SBMPTN tersebut terdiri dari:

  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), yang terdiri atas soal Tes Kemampuan Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 105 menit;
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), yang terdiri atas soal Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu 105 menit; dan/atau
  • Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum), yang terdiri atas soal Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 75 menit.

4. Kelompok Ujian

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

  1. Kelompok Ujian Saintek  (IPA) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek
  2. Kelompok Ujian Soshum  (IPS) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum
  3. Kelompok Ujian Campuran (IPC)  dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Kalian dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran tanpa dibatasi penjurusan di sekolah asal. Jadi buat yang misal SMA IPA, boleh ikut kelompok ujian Soshum atau Campuran, ngga harus Saintek. Bagi yang SMK Akuntansi, boleh milih Kelompok Ujian Saintek, dll. Intinya dia ngga melihat masa lalu mu pacaran sama jurusan apa, SBMPTN akan selalu menerimamu apa adanya, halah...

5. Pemilihan Jurusan/Prodi

Kamu dapat memilih prodi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti. Peserta kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Saintek, peserta kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Soshum, dan kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 Prodi yang merupakan campuran dari kelompok Saintek dan Soshum.

Jika kamu hanya memilih satu prodi dapat memilih prodi di PTN mana pun, sedangkan jika kamu memilih 2 prodi atau lebih, maka salah satu pilihan prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempatmu mengikuti ujian. Peserta dibebaskan memilih lokasi ujian yang paling mudah diakses. Tempat ujian tidak menjadi kriteria penerimaan.

Pembagian wilayah sesuai dengan aturan SBMPTN:

  1. Wilayah 1 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat (+ Untan);
  2. Wilayah 2 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta;
  3. Wilayah 3 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan (- Untan); dan
  4. Wilayah 4 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

6. Hal yang sering salah dipahami

Selama menjadi admin di @info_SNMPTN, ada beberapa pertanyaan yang sangat sering ditanyakan dan kesalahpahaman dalam hal tersebut, antara lain:

A) Pemilihan jurusan, jenis tes dan wilayah

Kesalahpahaman ini mungkin disebabkan karena sebagian besar siswa menganggap sistem SNMPTN dan SBMPTN sama. Padahal, ada beberapa perbedaan cukup mendasar. Oleh karena itu, gue membuat bagan di bawah sebagai gambaran tahapan-tahapan dalam SBMPTN

Beberapa item yang harus dibedakan di antara kedua jalur tersebut:

  1. SBMPTN tidak peduli asal dan jurusan sekolahmu dulu. Jadi, entah kamu dari SMA IPA, IPS atau SMK kamu bebas memilih jurusan kelompok Saintek atau Soshum, cuma ya seperti dalam bagan di atas, jurusan yang kamu pilih akan mempengaruhi jenis ujian yang akan kamu jalani. Misal nih, contoh si Frieska anak SMK Farmasi, trus dia pas SBMPTN milih pilihan 1 itu jurusan Farmasi UNAIR (Saintek-wilayah III), pilihan 2-nya Kimia ITS (Saintek-wilayah III) dan pilihan 3 Manajemen UGM (Soshum-wilayah II), maka, jenis ujian yang dia harus jalani adalah kelompok campuran, karena jurusan yang diambil Frieska terdapat jurusan kelompok Saintek dan Soshum.
  2. Wilayah tidak sama dengan provinsi. Di SNMPTN, terdapat aturan bahwa salah satu jurusan yang dipilih harus berasal dari PTN yang berada satu provinsi dengan asal sekolah. Nah, kalo di SBMPTN agak beda aturannya, di SBMPTN aturannya salah satu jurusan yang dipilih harus berasal dari PTN yang berada satu wilayah dengan panitia lokal tempat peserta mengikuti ujian.  Wilayah di sini tidak sama dengan provinsi, wilayah merupakan gabungan dari beberapa provinsi, yang tentu scope-nya lebih luas. Dalam contoh nomor 1 di atas, Frieska bisa mengikuti ujian di semua panitia lokal dalam wilayah II dan III, karena jurusan yang dia pilih berasal dari PTN di kedua wilayah tersebut.

 

B) Kesalahpahaman tentang Passing Grade

Passing grade (batas minimal) merupakan fenomena tersendiri yang popular bagi calon mahasiswa baru. Banyak yang beranggapan bahwa passing grade merupakan batas minimal agar diterima di sebuah PTN. Pandangan itu sebetulnya keliru, karena pada dasarnya PTN maupun panitia SBMPTN tidak pernah menggunakan passing grade dalam sistem seleksi penerimaannya.

Sederhananya, pertimbangan peserta ujian lolos/tidak adalah berdasarkan nilai-nilai terbaik yang disesuaikan dengan kuota. Misal kuota jurusan Teknik Kimia PTN X tahun ini 50 anak, maka 50 anak dengan nilai terbaik yang mendaftar PTN X yang akan diterima. Jadi pada prinsipnya, jangan menjadikan passing grade sebagai indikator, kejarlah nilai setinggi-tingginya untuk bisa mengalahkan para pesaing lo yang mau jurusan/prodi yang lo incer.

****

Okay, demikian beberapa informasi SBMPTN 2015 yang sebaiknya lo pahami. Keterangan lebih lanjut bisa lo baca di website SBMPTN atau di apabila ada pertanyaan terkait peraturan bisa lo tulis di komentar di bawah atau tanyain langsung ke helpdesk SBMPTN. Pahami peraturannya agar kamu bisa melangkah dengan mantap untuk memperjuangkan harkat dan martabatmu di SBMPTN 2015 ini. #lebay

Semangat!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang peraturan SBMPTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini, ya. Berikut adalah beberapa artikel yang menurut gua pas banget buat lo yang mau mempersiapkan diri untuk belajar SBMPTN, cekidot!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Prisca

    Ka, mau tanya nih. Untuk aturan penilaian sbmptn kan klo salah nilai dikurangi 1 (-1).
    Nah sebenernya bisa ngga sih, klo kita ngga yakin sama jawaban yg kita pilih itu dikosongin aja ?

    • Akhlis Ilham Pascaputra

      bisa pris, kalo dikosongin itu nilainya nol "0"

      • Prisca

        oke thanks ya.
        ohh iya tapi itu ngga ngaruh kan ke pembacaan LJK ?
        takutnya nnti klo ada yang kosong jadi ngga bisa kebaca LKJ nya >,<

        • Indra D. Herdiana

          Gak ngaruh ke LJK.

        • Akhlis Ilham Pascaputra

          oke,
          nggak ngaruh kok, pris...

      • Nurhardiman Surahmat

        Kak, kira2 setelah lulu sbmptn, daftar ulang sekitar brapa hari setelah pengumuman yah?

        • Akhlis Ilham Pascaputra

          ketentuan masing-masing ptn berbeda-beda

    • Dion Teddy Sebastian

      jangan dikosongin isi aja asal,biar greget

    • Ary Wahyu Rian

      😀 ane dari info G* gini jika salah satu pelajaran di kosongin .. bakal kena nilai mati 😀

      • sulthan

        Serius gan ?

      • sulthan

        Langsung ga kterima gitu ?

      • Cristie Tania

        Nilai mati mksudny ap ya?

  • Winata

    Malah fokus ke kata-kata

    "Intinya dia ga melihat masa lalu mu pacaran sama jurusan apa, SBMPTN akan selalu menerimamu apa adanya"

    Gua mah gitu orangnya.

    • H R R ?

      Kak kalau daftar sbmptn jurusannya sama kaya snmptn. Apa bisa mempengaruhi nilai sbmptnnya?

  • Akardia Erika Zahira

    Ka saya masih bingung nh ama SBMPTN, kan ada pil 1, 2, 3, nah di pil itu tuh ada kuota masing2 pil lgi ga sh? Misal daya tampung prodi X 120 orang, nah kan baklan ada orang yang milih prodi X di pil 1, 2, 3, nah misal daya tampung pil 1 80% dari 120 daya tampung dengan orang nilai terbaik, pil 2 15%, trus pil 3 5%, gtu ga sh? Ato gmna? Trus sbmptn itu kan sistem penyeleksiannya di satu tempat bkan? Mksdnya ga di kasih k ptn msing2, tpi doalah di satu tempat di pusatmemakai komputer. Terima kasih atas jawabannya......

    • Indra D. Herdiana

      Gak ada kuota-kuotaan kayak gitu. Kesempatan tetap sama di semua pilihan.

      Gini sistemnya.

      Diseleksi di pilihan 1

      Lolos : Ya? Diterima. Tidak? Lempar ke pilihan 2.

      Diseleksi di pilihan 2

      Lolos : Ya? Diterima. Tidak? Lempar ke pilihan 3.

      Diseleksi di pilihan 3

      Lolos : Ya? Diterima. Tidak? Maaf, Anda tidak lolos.

      • Akardia Erika Zahira

        Wah iya gtu? Itu sumbernya drmana emng? Sebelumnya saya pernah nanya k ka glen ardhi, jawabannya ya kebalikannya, jdi ya yg milih di pil 1 itu kuotanya lbih tinggi. Coba liat ksini https://www.zenius.net/blog/72... . Trus dibawah ada komenan saya.

        • Indra D. Herdiana

          Saya gak bisa ngasih sumber yang pasti. Tapi kalau di SBMPTN emmang kayak gitu. Buktinya, banyak yang diterima di pilihan 2 bahkan 3. Di prodi saya pun yang diterima sebagai pilihan 1 cuma sedikit.

        • Indra D. Herdiana

          SBMPTN, lho, ya. Bukan SNMPTN.

        • Indra D. Herdiana

          Link yang Anda beri juga gak bisa dibuka.

      • Kai

        oh berarti ga masalah pilihannya mau ditaruh di pil.1,2,3 gitu? berarti anak yg milih prodi X di pil.1 punya kesempatan sama dengan anak yg milih prodi X di pil.2 atau 3?
        thanks before

        • erni

          maaf bantu jawab simpel nya yang ditaro di pilihan 1 itu yang tingkat keketatan nya paling tinggi . contoh kalo kamu pilih fk unpad , teknologi bioproses ui , kimia ipb . secara logika karna fk paling ketat jadi harus ditauh di pil 1 , karna sama apa yg dibilang indra tadi kalo kamu ga diterima di pil 1 kamu dilempar ke pil 2 , scr strategi pil 2 harus lebih lengang dari pil 1. ini secara strategi ya bukan scr aturan teknis resmi sbmptn

          • Kai

            ohh gitu ya makasih jawabannya, doain ya keterima di pil 1 .

          • Kai

            ohh oke thanks erni

      • adrian

        menurut gue, peluang di tiap urutan pilihan itu berbeda. misalnya A dan B mau masuk FTTM dan score mereka sama-sama 60%. tapi si A naro FTTM di pilihan pertama dan B naro di pilihan kedua. lalu score paling rendah di FTTM akhirnya adalah 60%. tentu A lebih berpeluang masuk FTTM di banding B.

  • Brigitta Michelle

    Halo kak, kalo mau SBMPTN ngambil jurusan bahasa itu TKDnya soshum atau saintek sih?

    • Indra D. Herdiana

      Baca lagi artikelnya sama baca ketentuan rincinya di http://www.sbmprn.or.id. Nanti, pertanyaanmu terjawab.

      • Guest

        Wah iya gtu? Itu sumbernya drimana emng? T kta ka glen ardhi beda banget loh, jdi kta dia ya yg milih peluang dil 1 lbih tinggi

      • Akardia Erika Zahira

        Wah iya gtu? Itu sumbernya drmana emng? Sebelumnya saya pernah nanya k ka glen ardhi, jawabannya ya kebalikannya, jdi ya yg milih di pil 1 itu kuotanya lbih tinggi. Coba liat ksini https://www.zenius.net/blog/7278/masalah-dalam-belajar-solusi . Trus dibawah ada komenan saya.

  • Prasetyo

    kak saya mau tanya misal pilihan saya:
    1. teknik industri UGM
    2. teknik industri UB
    3. teknik industri untirta
    ujiannya di jakarta nah itu boleh ga 3 univ kaya gitu? soalnya ada yg bilang boleh ada yg bilang engga (note: untirta wilayah 1)

    • Indra D. Herdiana

      Jakarta wilayah berapa?
      UGM, UB, dan Untirta wilayah berapa?

      Silakan simpulkan sendiri. 🙂

  • tiara

    Kak ari, mau tanya dong...
    misalkan nih aku cmn pengen 1 jurusan, itu berarti bebas ya univnya aku mau pilih dmna aja? Gak bergantung sm wilayahnya?

    • Ari Candra Arista

      iya bebas

      • tiara

        Oooh... 3 univ ya kak?

  • elfandy

    Masih bingung nih dgn wilayahnya

    Kalau misalnya sy tinggal di wilayah I tapi target PTN ada di wilayah II berarti tes SBMPTNnya harus di wilayah II yah??

    • fauzanibnup

      gue alumni 2014 , bantu jawab ya. . . semoga ga salah nih . .
      ga harus di wilayah II kok, . thun kemaren gue dftar ITB,unpad, sama undip testnya di UGM. . .

      • Herdanein Refalli G Hitto

        @fauzanibnup:disqus ya itu elu gasalah emang men, kan Undip dan UGM berasal dari satu wilayah yang sama (which is wil 2). cmiiw. Intinya salah satu harus ada di wilayah tempat test sbmptn nya (jika mau milih 3 pilihan). Seperti itu...

        • elfandy

          oh ok tenkyu, jadi wilayah itu bergantung dgn PTN, kalau mndftr di 2 PTN berbeda berarti tesnya harus dlm wilayah salah satu dari 2 PTN tersebut, diluar wilayah PTN dianggap tdk sah.

  • Bimantara Hanumpraja

    Kak, sy masih agak bingung nih buat peraturan milih berdasarkan wilayah.
    Misalkan sy milih kyk gini:
    1. ITB
    2. UI
    3. UGM

    No 1 & 2 kan satu wilayah, tapi no 3 beda wilayah. Jadi itu akan mengakibatkan apa?

    Terus klo misalnya sy milih gini boleh gk?
    1. ITB
    2. ITB
    3. UI

    itu ngaruh gk ka?
    Makasih sebelumnya. As soon as possible di jawab ya kak. Soalnya takut banget gagal karena kesalahan sepele begini heheh :p

    • Ari Candra Arista

      ga mengakibatikan apa-apa

      boleh ga ngaruh apa-apa

      • Bimantara Hanumpraja

        KLo tempat tes nya bakal ngaruh gk kak?

  • arditya

    Ka aku juga masih bingung nih soal pemilihan ptn. Biasanya cm dijelasin prodi maks yg bs dipilih. Nah kalau aku misal mau milih
    1. SITH ITB
    2. Mikrobiologi pertanian Fak pertanian UGM
    3. Biologi FMIPA UNY
    Dengan catatan nanti aku tes di Jogja. Nah kalo gitu boleh enggak ya

    • Ari Candra Arista

      boleh

  • Rit Meidyana

    berarti kalo misalnya nyari PTN 1 di Jawa tengah (wilayah II) trus yg satu lagi di Bali (wilayah III).. saya bisa tesnya di Bali aja. gitu kan kak? 😀

    • Ari Candra Arista

      Iya

  • Husen

    halo kak mau curhat dikit, jadi nanti aku rencananya mau pndah rmah ke makassar , nah awalny kan dari NTB nih, jadi bisa gk ikut SBMPTN nya di makassar gitu? ato kudu di NTB?

    • Ari Candra Arista

      tergantung PTN yg km pilih

  • tashawidyas

    kak misalkan nih kangw gak jago fisika tapi seneng di kimia nah nanti pas TKD Saintek kalo fisika nya cuma gue isi 2 soal aja dan yakin bener, tapi kimia gw isi 10 dan yakin bener. itu ngaruh gak sih? maksudnya yg dinilai permata pelajaran atau emang scr keseluruhan?

    • Ari Candra Arista

      sayangnya penilaiannya dilakukan secara tertutup

  • tia

    kak mau minta pencerahan dong, kan tadi peraturannya begini nih
    "Jika kamu hanya memilih 1 prodi dapat memilih prodi di PTN manapun, sedangkan jika kamu memilih 2 prodi atau lebih, maka salah satu pilihan prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempatmu mengikuti ujian"
    nah kak kalo misalnya kita pilih 3 prodi dalam 1 PTN yang sama dengan wilayah kita, berarti boleh kan kak?

    ohiya satu lagi, ttg pemilihan jurusan. misalnya aku pilihannya prodi sama ptnnya
    pil 1: fkui
    pil 2: arsinterior ui
    pil 3: fisika ui

    sbm diurutin berdasarkan nilai tertinggi kan...
    anggaplah aku gugur di pilihan pertama, (misalnya kita tahu nilai sbmptnnya) nah nilai aku tuh ternyata beda tipis sama anak rank terakhir di fkui, berarti kan aku kegeser ke pilihan 2, nah ntar kan anak rank terakhir itu bakalan kegeser jg kan kak?

    inti pertanyaannya sih....kalo milih di satu univ tapi pilihannya berdasarkan keketatan saingan gakpapa kak? -dibandingkan dgn ambil 3 prodi terketat saingannya dari tiga univ berbeda. mohon pencerahannya ya, makasih kak:)

    • Ari Candra Arista

      nah kak kalo misalnya kita pilih 3 prodi dalam 1 PTN yang sama dengan wilayah kita, berarti boleh kan kak?
      - boleh

      berarti kan aku kegeser ke pilihan 2, nah ntar kan anak rank terakhir itu bakalan kegeser jg kan kak?
      - kalo detail seperti ini sebenernya ga bisa diketahui dengan pasti, karena memang penilaiannya tertutup

      kalo milih di satu univ tapi pilihannya berdasarkan keketatan saingan gakpapa kak?
      - gpp, tapi sebaiknya pilih berdasarkan yg paling kamu minati aja

      • fadila Esmeralda Ilmi

        Tapi bukannya maksimal 2 jurusan di 1 ptn?

        • Ari Candra Arista

          itu untuk SNMPTN, kalo SBMPTN terserah

  • wulan

    ka mau tanya dong kalo ikut sbmptn gitu kita lokasinya dimana ya tempat buat ikut sbmptnnya? apa di ptn yang kita incer atau dimana? mohon ijawab ya trima kasih 🙂

    • fauzanibnup

      lokasi testnya bisa milih sesuka hatimu. . . yang penting klo milih lbih dari 1 prodi, salah satu prodinya harus berada satu wilayah dengan tempat tesmu, . .misal km mau test di wilayah II (contoh: Jogja) pemilihan prodi km harus ada yg satu wilayah dengan Jogja . . misal UI,ITB, Undip . . undip > Semarang, termasuk wilayah II kan?

    • Ari Candra Arista

      milih di kota yang mengadakan, daftarnya disini >> http://www.sbmptn.or.id/?mid=15

  • mawar agustia malela

    ka, gue pernah denger katanya dalam memilih jurusan itu berdasarkan urutan passing grade nya, jd kayak misalnya pilihan ke1 itu yg passing grade nya tinggi, yg ke2 agak rendah dan yg ke3 yg rendah, itu bener ga sih ka?

    • Ari Candra Arista

      sesuaikan dengan yang paling kamu minati saja

      • papoy

        so.. apakah buku panduan "passing grade" yg dikeluarin bimbel2 salah?

  • Muh dzul fadly

    Kak, mau nanya nih, bagaimana jika semua prodi yang di daftar di SBMPTN beda dengan wilayah tempat tinggal, kemudian ujiannya itu di wilayah tempat tinggal. Misalnya, saya mendaftar SBMPTNnya itu di ITB dan UGM, kemudian ujian SBMPTN nya saya laksanakan di Unhas Sulawesi?

    http://gudangilmu93.blogspot.com

    • Ari Candra Arista

      ga bisa

  • adis

    nilai UN ngefek kah untuk pendaftaran SBMPTN?

    • Ari Candra Arista

      ga ngefek sama sekali

      • adis

        beneran? soalnya kan katanya nilai UN 2015 dipake untuk pendaftaran PTN. nah tapi aku ga ngerti itu untuk SNMPTN aja atau sama SBMPTN...

  • fauzanibnup

    bang ari, klo pemilihan prodinya selang seling gimana? bisa ga si? contoh : ITB,UGM,ITB. . .

    • Ari Candra Arista

      bisa

  • Muhammad Fadhil Ayyasy

    Kak, misalnya kalau aku ikut IPC, terus yang pilihan pertama jurusan IPS, nah di pilihan pertama itu nilai IPAnya berpengaruh nggak?

    • Ari Candra Arista

      ga pengaruh

      • Muhammad Fadhil Ayyasy

        Kalau mau ambil IPC, pilih dua jurusan IPA dan satu jurusan IPS boleh nggak kak? Atau harus dua jurusan IPS dan satu jurusan IPA?

        • pejuang sbm 2015

          bebas gan.

  • almol

    ini bener ga urutannya?
    UPN-HI, ADM.Bisnis
    UGM HI
    nah, itu boleh tes di panlok semarang?

    • Ari Candra Arista

      boleh

  • Halimah Tri Salasati

    Kak, aku mau nanya nih. Tapi mungkin rada melenceng pertanyaannya, tentang SIMAK UI.
    Jadi gini, bener ga sih kalo ikut SIMAK UI yg lokasi tesnya di Depok dan sekitarnya itu peluang lulusnya lebih gede? Emang ngaruh?
    Soalnya aku pernah denger isu kaya gitu. Kalo pengen lolos simak, tesnya deketin kota kampusnya aja, yg berarti kan di Depok.
    Terus kalo emang isu itu bener. Berarti itu artinya SIMAK UI ngasih kuota penerimaannya berdasarkan kota dong? Kan bisa aja yg tes di Surabaya atau Jogja nilainya jauh lebih tinggi dr yg tesnya di Depok? Lalu.. Gimana dg nasib anak-anak daerah? Harus melancong ke Depok biar dapet peluang lolos gede? Hehehe jd pusing
    Hmm.. Butuh pencerahan nih. Reply yah.. Atau kalo perlu dibikinin post khusus ttg aturan-aturan SIMAK UI. Kaya post yg ini nih, hehe. Thank you

    • Doakan saya lolos SI-UI

      Saya ingin mencoba bantu jawab. Saya lulus SMA pada tahun 2014. Sekarang sedang menjalani kuliah di salah satu PTN di Bandung.

      Secara pasti nya sih saya tidak tahu, karena hal tersebut tergantung dari kebijakan panitia SIMAK UI.
      Tapi dari pengalaman saya selama kuliah, orang-orang di PTN tempat saya kuliah menurut saya jujur dan adil, apalagi UI. (ini subjektif dari saya)
      Jadi kalau masalah pembagian kuota berdasarkan wilayah menurut saya itu tidak ada.

  • Muhammad ALzaid Ponka

    aku mau nanya dong Kak seandainya nih aku daftar di PTN X pilihan pertama terus rupanya aku gak masuk terus dilempar ke pilihan tapi ini metode seleksinya digabung menjadi satu sama pendaftar pilihan pertama atau panitia SBMPTNnya mempriotaskan pilihan pertama dulu untuk diseleksi baru pilihan kedua ?

  • Mulia

    Kak, denger denger kalo presentase nilai TPA dengan SAINTEK tuh beda ya? Ada yang bilang 30%:70%, ada yg bilang sebaliknya. Yang bener tuh gimana ya kak?

  • Gani

    Halo kak. Materi ujian TKPA buat Kelompok soshum ada Matematika Dasar nya ga sih? soalnya ada yang bilang diganti sama sejarah

    • faisal abda’u

      Semoga SNMPTNnya di terima. Amiiin

  • diah

    Kak mau tanya dong,, klo mau masuk fakultas geografi prodi geografi lingkungan ugm,, itu sbmptn nya nti ipa atau ips??

    • hanah

      bantu jawab yah. kamu bisa cek di web sbmptn. kamu cari ugm, nanti liat prodi IPA dan IPSnya. disana bakal ada. coba cek menyeluruh web sbmptn yah anggap sambil refreshing dari pelajaran untuk sebentar:))

  • husni

    permisi kak, mau nanya.. kakak punya informasi ujian masuk polban ga?? apakah soalnya semudah sbmptn? *ccieeee 😀

  • Dion Teddy Sebastian

    oi siapa disini yang udah mahasiswa/pernah jadi mahasiswa yang ikutan SBMPTN lagi tahun ini? ayo angkat tangan :3

  • hanah

    Alhamdulillah:))
    ah makasih kak, kalau gak ada kakak aku pasti salah pilih ini. aku kira sbmptn sama kaya snmptn, kalau pilih dari dua ptn salah satunya kudu wajib di propinsi/daerah tes. ternyata sbmptn itu berpatokan dgn wilayah. awalnya mikir kaya kakak bilang, tapi karna tidak ada yang membantu menguatkan pemikiranku jadi mikir kaya snmptn.
    makasih bgt kak, kalau gak aku udah beli tiket pesawat keluar kota biar bisa pilih ptn beraneka ragam(?)
    infonya serius ngebantu banget kak. ah lega deh hahahaha. sekali lagi makasih kak:D

    • Ari Candra Arista

      sama-sama 🙂

  • halima

    kak mau tnya kalo misalnya ada satu mapel gak aku isi sama sekali apa aku lgsg di dis ??

  • Baskara

    Bener gak sih kalo nilai ( salah satu pelajaran) ada yang min atau ada yang kosong sudah dipastikan tidak lolos SBMPTN? (misalnya nilai masuk ke dalam quota tapi fisikanya min, dan kimia kosong)

  • Dita Aisyiyah Larasati

    Min, berarti boleh ga kalo aku pilih 3prodi yg masing masing beda wilayah, jadinya ada3prodi yg masingmasing berasal dari ptn yang berwilayah beda satu sama lain? Gimana?

    • Ari Candra Arista

      boleh aja

  • Doakan saya lolos SI-UI

    Kak Ari, saya mau tanya..
    Jika saya memilih PTN dengan urutan UI-UGM-UI apakah itu diperbolehkan?
    Terima kasih.

    • Ari Candra Arista

      boleh, ga ada aturan yg melarang

      • Doakan saya lolos SI-UI

        makasih kak ari

  • Karunisa Kirana

    Kak, katanya sbmptn itu nggak mandang nilainya tinggi atau nggak ya? Katanya dilihat potensinya juga dari nilai TPA-nya? Ya tetep dilihat sih nilainya. Tp nanti dilihat lebih mendalam gitu dari potensinya. Emang gitu ya dari dulu? Misal kalo ambil teknik, kemampuan mat sama spasialnya harus oke gitu. Kalo misalnya spasialnya nggak bs jawab sama sekali, peluangnya jadi dikit.

  • ahmadri

    klw dftnya d akhr2 apa pngruhnya,slain servernya down?

    • Ari Candra Arista

      tempat tes penuh

  • meyow

    Jadi yang sekarangbisa daftar di 3univ masing2 1prodi atau 2 univ masing 3 prodi , atau lagi 2 univ tapi maks 3 prodi?

    • Ari Candra Arista

      bisa masing2 satu

  • Ilham

    Berarti kalok universitas yang kita pilih enggak ada alumni nya, apa susah buat masuk ke situ??

    • Ari Candra Arista

      ga pengaruh

  • D. Ga

    Kak bantu kasih pencerahan dong, kan ini sistemnya beda sama SNMPTN lalu kita milih Prodi SBMPTN yg Ke-1, Ke-2 dan Ke-3 berdasarkan apa ya? kuota/Passing Grade. makasih 😀

  • putri siva nurani

    nanya boleh nih, kita kalo pilih ptn 2 atau lebih, berarti kita pilih salah satu ptnnya sesuai panlok tempat kita ujian atau yang penting satu wilayah sama ketentuan sbmptn?

  • okta

    kak klo milih 3 jurusan di 1 univ aja gmana?

    • Ari Candra Arista

      ya gpp

      • Deski

        bang ari gua mau tanya pakaian apa nanti pas mau ujian SBMPTN sma apa aja yg dibawa

  • Damayanti

    ka,kok video soal TPA di zenius gk bisa dibuka yah?gimana cara ngebukanya?

    • Ari Candra Arista

      Keterangan/tulisannya gimana?

  • dery

    mau nanya nih ka, mending gw ambil arsitektur ui yg peminatnya ad 1194 tpi kuotany 24, ato gw ambil itb peminatny 1854 tpi kuotany ad 80

    • Ari Candra Arista

      kalo dilihat secara kasar dari perbandingan jumlah diterima per jumlah pendaftar, lebih besar peluang di ITB. Tapi semuanya kembali ke kamu nya.
      Tambahan: di ITB itu kuota fakultas, belum jurusan arsi nya. Nanti masih dijuruskan lagi ke arsitektur dan PWK

      • dery

        oh ok sippp kak thx

        • tirayun

          kak,mau nanyak nih ,. aku kn udh cetak kartu peserta sbmptn ,.
          masalahnya, pil.1 ku rendah passing grade nyaa daripada pil.2...
          jadi,intinya bisa gk ,pilihan kita waktu ujian tulis nanti diganti ?
          cthnya ni ,pil.1 jadi pil.2 ,. ?
          thx ,.

  • Pia

    Kak aku mau nanya nih,

    Kan aku tinggal di lampung, mau ngambil UGM Undip sama UNS yang posisinya ada di wilayah II. Berarti untuk tesnya aku harus tes disalah satu univ di wilayah tsb kan kak? Gak bisa misalnya tes di Unila gitu?

    Kalo aku mau tesnya di Unila (wilayah I), berarti salah satu pilihan aku harus ada wilayah I, ya kak?

    • Ari Candra Arista

      iya begitu, salah satu pilihan harus ada wilayah I kalo pengen tes di wil I

  • arash

    Ka misalnya pilihan saya:
    1.Program studi pendidikan kepelatihan olahraga - UNJ
    2.Program studi ilmu keolahragaan - UNJ
    3.Program studi ilmu keolahragaan konsentrasi kepelatihan olahraga - UNJ

    Itu bisa ga? Itu saya pilih semua dalam 1 univ dan dalam 1 fakultas olahraga
    Bisa ga ka?

    • Ari Candra Arista

      bisa saja

  • Getta

    kak, kalo kita memilih jurusan yang sama tapi beda univ itu ngefek gak ya? misal mau milih bahasa jepang di unnes sama undip. katanya temen2 itu ngaruh sama keterima enggaknya, soalnya univnya ngerasa diduain gitu lo kak wkwk.
    nah itu gimana kak?
    Trims-

  • Adam

    maaf izin bertanya, apakah ada pengaruhnya ketika salah satu mata pelajaran (misal di soshum, bagian sejarah) saya cuma ngisi 3 soal dan jawabannya semua salah (berarti nilainya minus) bisa menyebabkan kegagalan sbmptn, meskipun jawaban soal di mata pelajaran lain nilainya tinggi? ataukah cara perhitungannya tetap seperti pada rumus secara keseluruhan, tidak dibagi ke setiap mata pelajaran? mohon bantunnya ya,,, 🙂

  • Windar Joshua Parentas

    ka, kalo misalnya gau pilih PTN "X" di darerah surabaya, dan gua test di kalimantan tengah (sama2 wilayah 2) trus jika pilihan ke 2 gua di "Untan" pontianak (wilayah 1) dan pil. 3 PTN "Y" di bandung (wilayah 1) kira2 bisa ngga? thanks

  • Bayu

    Soal per wilayah sama gak? Soalnya kata guru semisal mau ndaftar UGM, tesnya di Jatim aja, soalnya (katanya) soal ujiannya relatif sedikit agak lebih mudah. Bener gak itu?

  • Cynthia Sinaga

    Ka kalau pilihan aku :
    1. UGM - Teknik PWK
    2. UNDIP - Teknik PWK
    berarti aku test di salah satu dari mereka kan ka? tapi apa diperbolehkan pemilihan jurusannya? sama tapi berbeda universitas.

  • Muhajir sam

    Ka, bisa tidak kalau lulusan sekolah sulawesi mendaftar SBMPTN panlok Yogyakarta ? reply please

  • buyung upik

    KAK mau tanya, gw kan pilih tempat tes yg deket sm rmh gw (surabaya), otomatis gwe harus memilih nih slh satu prodi yg dlm 1 wilayah (sby : wil.III). Nah selain itu, gw jg interest tuk masuk PTN di wilayah lain, nih gw jabarin :

    pil 1 : manajemen UI (wil 1)

    pil 2 : administrasi negara UI (wil 1)

    pil 3 : administrasi negara Unair (wil 3)

    Nah klo pilihannya kaya gitu apa bisa dirasa tepat kah?

    Gw masih punya persepsi klo tempat yg dijadikan wilayah test itu punya priority pilihan lbih bnyak ketimbang wilayah pilihan di luar test.

    Gimana min? apa UI pilhannya harus cma 1, sdgkan yg di wilayah 3 (sby) hrus lbih bnyak, ato gimana ?

    trims. 🙂

  • Resky_ Adhi

    ka mau nanya kira2 kalo entar sbmptn saya nembaknya

    pil1: ITB (wil 1)
    pil2: UGM (wil 2)
    pil3: Unhas (wil 4)

    bisa enggak? saya tesnya di makassar (wil.4)

  • M. Wildan Akifin

    Kak misal saya memilih 1 prodi di wilayah 1. Cuma 1 prodi kak. Apakah saya bisa memilih panlok tes di wilayah 2? Trims

  • Arvina Muslimah

    Kalo satu jurusan maksimal PTN semua wilayah yang bisa diikutin berapa 2 atau 3 PTN?

  • Samudera

    Kak tanya, kalau melihat PELUANG keterimanya. lebih baik milih satu prodi atau tiga prodi?? yang di SNMPTN kemarin ini, kebanyakan teman saya yang keterima cuma milih satu prodi
    tolong dijawab kak Makasih

  • aan anwari

    ka kalo daftar sbmptn bidikmisinya apa masih bisa digunakan?

  • ariel eurene

    ka ..kalau aku pilih undip..ttp ada di indramayu..tempat tesnya dimana ya???

  • Oktaviana

    Ka mau nanya, kan kita daftar di 2 jurusan tapi tetep satu univ, itu testnya sekali buat 2 jurusan atau testnya 2 kali buat 2 jurusan?

  • Deviana Dewi

    Kak mau tanya,, kalo kt daftar di 3 prodi yg berbeda tapi di universitas yg sama apa boleh ?

  • Elsa

    Kak, jadi gini, aku kan tinggalnya di bengkulu terus nanti pas SBMPTN rencananya mau ngambil prodi pend. b.ing di UNIB sebagai pilihan ke1, terus prodi sastra inggris di UNY sebagi pilihan ke2. Nah yang aku masih bingung entar tesnya dimana?
    hahaha lagi mumet banget nih kak abis gak tembus SNMPTN jadi tolong maklum 😀

  • Ziah Ziah

    maaf mau nanyak. kalau gini bisa gak?
    1.USU Ilmu hukum
    2.USU Ilmu administarasi negara
    3.UNIMED Akuntansi
    makasih sebelumnya. please dong kak dibalas

  • okta

    kak, berpengaruh gak sih kalu misalkan ngambil pilihan soshum saintek soshum..

  • dian wulan

    permisi mau tanya, kalo misalnya daftar cuma di satu ptn di wilayah 1 tapi tesnya di wilayah 3 emang gabisa ya ? terima kasih (bingung antara no 5 sama 6A)

  • ka, boleh share di web saya ga? forthirteen.cf

  • Sylvhana JuniArsih

    Ka mau nanya nih kalau misal nya ngambil ptn di luar pulau kalimantan tapi ikut seleksi sbm nya di pulau kalimantan bisa gak ?
    Mohon jawabannya ka makasih

  • Ica

    kak mau tanya dong, aku kan anak ipa niatnya mau ambil soshum karena pilihanku jurusan ips semua. tapi,pas aku tanya ke guru BK dia bilang tetep harus ikut yang ipc karna aku dari ipa. gimana tuh kak? terus tampat ujian itu diumumin dimana kak? makasih..

  • Rana H.

    ka mau nanya, sbmptn itu sistem penerimaan pilihan jurusan ke 1-3nya gimana ya? kan kalo snmptn misalnya gaditerima di prodi pilihan pertama, dilempar ke prodi pilihan kedua tp diliat dulu kuota pendaftar yang emg dr awal milih prodi ini buat pilihan pertama, kalo sbmptn gimana?sama kayak snmptn atau beda? makasih kaak:)

  • Beny Ilyas

    kak, berarti lulus/tidak tergantung hasil jawab soal tes tsb doog...?

  • mila sari

    Kak mau nnya,diwebsite pendaftaran sbmptn 2015 smpai tnggl 29,tpi kabarnya pembayarannya harus dilakukan sblm tnggl 14 mei apa itu benar kak?
    N melakukan pendaftaran 1mnggu setelah pembayaran bisa kak?
    Mohon blzannya.mksh

    • aya

      bantu jawab yaaa pembayaran itu paling lambat 3 hari setelah kamu datar buat pin sbmptn

  • Wita Reginatsume

    permisi, saya mau nanyak kak, klo kita udah daftar dan ikut ujian sbmptn dan hasilnya diterima, lalu misalnya kita tolak/ tdk terma msuk ke univ tsb apakah ada sanksinya seperti di jalur snmptn yg bkin indeks skolah kita mnurun di univ tsb krna kita menolak msuk ke univ mrk?. Trims

  • Rena Saragih

    Ka,tingkat kesulitan soal SBMPTN itu beda ga di tiap provinsi?misalnya antara jawa dengan sumatra?

  • pejuang sbm 2015

    permisi kak, mau tanya, bobot masing" dari TKPA dan TKD berapa ya? Apa benar 30:70? Terimakasih kak, mohon dijawab ya 🙂

  • Fuad Hasan

    Ka mau tanya, ko tempat tes saya lokasinya jauh banget dr rumah, kalau tmn2 sy deket . sy di cimahi, tmpt tesnya di buah batu, gimana ya solusinya?

  • Amira

    Tanya dong, kalo SNMPTN 2015 kan kalo mau pilih 1 ptn maksimal 2 prodi aja. kalo SBMPTN sama jugakah? atau bisa 1 ptn 3 prodi?

  • vina

    kak masih bingung nih tentang wilayah saya kan dari jawa tengah tapi sbmnya ngambil di unibraw jawa timur itu tesnya harus di daerah terdekat atau di wilayah ptn yg dipilih?

  • Atika Dwii S

    Kak, maaf mau tanya nih aku masih bingung, aku kan tinggal di provinsi Jawa Tengah, terus aku kan mau ngambil UGM, sama UNY tapi aku gak ngambil satupun PTN di Jawa Tengah. Kira2 itu diperbolehkan engga? aku gaada masalah kalau harus tes sbmptn di Yogyakarta, terima kasih sebelumnya 🙂

  • habibatul

    kak bener gaksih kalo kita ngosongin satu mapel di sbmptn ngurangin nilai kelolosan kita? Contoh nih mapel fisika, gak diisi sama sekali gitu

  • Alif Hamidiyah

    kak mau tanya nih.. kalo salah daftar di sbmptn gimana?
    aku kemarin pilih kolom yang warna biru, padahal harusnya aku milih kolom yang warna merah
    jadi gimana kak?? 🙁

  • Arti Novia T. Kristy

    Kak, mau tanya kalo pilihan 1 di undip, 2, uny, dan 3 di unnes, sedangkan aku tesnya pilih antara undip/uny bisakan? karena masih sama-sama wilayah 2.

  • Nurul Anggraeni

    yang nentuin lokasi ujiannya siapa ka

  • sarah raissa

    ka mau tanya jadi kita maksimal bisa pilih berapa ptn dan prodi?

  • Erni Manynisa

    Kak mau tanya nih kalo saya kan berasal dari medan tapi saya lagi ikut orang tua di batam jadi kalau saya ambil universitas di medan atau di riau itu bisa enggak ya ujian nya di batam ada gak panitia nya di batam ya kak ? Soalnya di batam tdk ada universitas yang negeri nya kak. Terimakasih

  • Feisal Farrhan

    ka ane pilih prodinya yang ada di ?wilayah 2 semua, sedangkan tempat tinggal ane di wilayah 1 ane test nya harus di wilayah 2 ya

  • ara

    kak,aku dapet informasi,katanya sbmptn tahun ini tu cuma bisa milih 2 ptn,itu bener ato nggak kak?

  • Prameswari Janendra Dewi

    kak aku masih bingung
    aku mau dftar
    UNUD
    UNUD
    UNILA
    aku di bandar lampung, tpi bisa gak pilih lokasi tes nya di unud langsung ?

  • Fajri RedArmy

    Apakah nilai passing grade harus urutan dari yg terbesar ke yg terkecil dalam pilihan 1,2 dan 3..??

  • firdha eka

    kak mau tnya ,
    di pndaftaran online sbmptn kan ada 4 macam pndftran kan . lah trus aku mlih yng prtama yng warna biru . aku lupa klau aku ikut snmptn tp aku gak ikut dftar di univ nya . trus gmna ? udah trlanjur daftr .

  • Fajri RedArmy

    Kak mau tanya lagi, kalo saya milih 3 ptn berbeda tapi prodinya sama semua apakah bisa..??

  • Masitah Siregar

    Sistem penilaiannya gimana? Dngar2 kabar kalau benar nilainya 4 kalau salah -1. Jadi itu LJK nya boleh ada yg tak terisi?

    • aya

      kalau bener 4 kalau salah -1 kalau gaadiisi nilainya 0 mending kalau gatau jawabanya gausah diisi

  • Fais Khibban

    kak apakah bisa pilihannya seperti ini?
    1. UNDIP
    2. UNS
    3. UNSOED
    saya tinggal di jateng

  • Fithri

    Ka,misalkan saya mau pilih fk unsri,farmasi unpad,gizi ui,klo kaya gitu boleh ngga kam 3 jurusan berbeda di 3 ptn berbeda?

  • Uwen

    Kak, kalo alumni mau daftar sbmptn harus ada nomor ijazah nya gt ya? Soalnya blm ngambil ijazah 🙁

  • hans

    anak sy smax di mataram (NTB) wilayah 3 kalo ikut sbmptn trus ntar dia mau pilih ITB sama ITS. ITB wilayah 1 dan ITS wilayah 3. Dia ga pilih Unram (wilayah 3) dimana sma dia berasal... Mnurut anak sy, dia bisa pilih ITS krn 1 rayon dgn Unram (di NTB)bisa ga ya?

  • hidayat

    Kak, kalau tahun 2015 ini, msih pakai sistem benar 4 salah -1dan kosong 0....? Mhon infonya

  • Maula

    Kak kan saya tes di jakarta, trs kalo mau pilih ptn lebih dari satu di luar kota kan hrs ada satu yg di wilayah tes. Kalo pilih unpad unpad unj bisa ga kak? Kan yang unj di wilayah tempat ikut ujian

  • rizka

    Kak, mau tanya kalau seumpamanya udah terdaftar lalu terlambat membyarkan uang ke bank, apa bis diulang kembali kak?

  • shara

    Maaf kak mau tanya saya dari jurusan ipa mau ikut sbmptn tapi jurusan yang saya ambil ips semua boleh apa tidak?

  • Valdi Armando

    Kak, permisi mau nanya.. Bisa gak milih 1 ptn doang tapi prodinya beda semuaa.. Bisa gak?

  • Valdi Armando

    Kak, kalo milih 3 prodi di 1 univ aja bisa?

  • Astari Alamanda

    kak Ari butuh bantuannya. kalo nilai UN kita ternyata ada yang kurang dari 55,tapi kita dinyatakan lulus. apa benar itu akan berpengaruh pada kelulusan sbm?walaupun nilai ujian kita nanti tinggi? mohon bantuannya.:')

  • Luciana Sirait

    ka mau minta saran univ nih buat sbmptn 2015. Saya pengen ambil teknologi pangan ugm unbraw sm unpad, tpi ragu karena to saya rendah terus ga naik2 dari 30 ka, kira2 urutan yang memungkinkan gimana ya kak?. Makasi kak:)

  • FARIZ

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    KA' BGAIMANA ATURAN ATAU TATA CARA MEMILIH PTN DAN PRODI SOALNYA PENJELASAN DI CONTOH ATAU VIDEO YG DIBERIKAN KURANG JELAS...

  • zakiyah

    kak mau nanya deh, boleh gak si ngambil 3 jurusan di satu universitas?

  • wenny

    kak/mas mau nanya : kalau di sbmptn yang diutamakan pilihan pertama gak seperti snmptn ? terus kalau misalnya nilai kita mencukupi kesemua jurusan yang kita pilih , mungkin gak kita lulus di semua jurusan yang kita pilih ? sebelumnya terima kasih kak / mas

  • moch jaffarshodiq

    Ini daftar di 3 univ beda prodi boleh?

  • Fadhilah Zakiya A

    kak kalo saya pilih ipb unj sama uin jkt terus saya mau ujiannya ditangerang bisa ga?atau saya pilih lokasi ujiannya yg dijakarta ya?

  • Jessica

    Kak, mau tanya kalau saya milih 2 pilihan jurusan dan semuanya di bandung. Saya tinggal di banten. Lebih baik saya ambil test di bandung atau di banter?

  • sher

    kak, aku boleh tanya gak? kira2 untuk biologi, kimia, fisika sama mipa, materi yg paling sering muncul itu yg mana aja ya kak? thankyou 🙂

  • tyas

    halo mau tanya nih. jadi kan aku mau prodi X di UGM dan UNBRAW. aku mau pilih ke2 uni itu di sbmptn nanti dengan jurusan yang sama. nah trus aku nanti ikut tes mandiri UGM juga UTUL. aku bingung, kan aku naro UGM di pil. 1 trus UB di pil. 2 , nah sampe sbmptn aku gak keterima UGM tapi malah keterima UB, trus pas aku tes UTUL UGM dan "misalnya" aku berpeluang utk masuk di UGM lewat jalur UTUL itu, mungkin gak sih aku gak bakal diterima karna aku udah keterima di UB di sbmptn? karna kl kata aku sih gak mungkin aku bakal dikasih pilihan enak tinggal pilih UB atau UGM nantinya, cuman aku jg gatau rules nya. masalahnya aku pgn bgt masuk UGM cuman aku jg pgn UB sbagai second priority. jd enaknya aku pilih UGM aja utk di sbmptn atau UGM dan UB?

  • Nofal

    kak mau tanya, misal SBMPTN saya memilih pil.1 akuntansi lalu pil.2 psikologi dan UM memilih pil.1 Akuntansi, apakah jika saya keterima di psikologi melalui SBMPTN maka saya tdk bisa di terima akuntansi melalui UM?

  • Agus

    kalo mau ngambil bahasa itu pilih yang soshum/saintek/campuran...?

    • aya

      ipc

  • fitria

    Kak mau nnya nih, kalo kelompok saintek milih 3 ptn yg berbeda dalam satu wilayah boleh enggak ya?

  • Dewi Febriana Yasmin

    mau tanya dong..
    kalo wilayah prodi misalnya sama semua..
    kaya wilayah II semua bisa gak?

  • Tivoni

    Bang mau nanya nih
    Kan asal sekolah aku di bukittinggi. Jdi biasanya tes sbmptn nya di padang.
    Tpi padang tgl tes tsb aku lgi di batam. Trus wktu aku mau dftar sbmptn bisa gak bg aku pilih privinsi tes nya di batam?

  • Sarah Diaz

    Kalau ikut program saintek prodi yang bisa dipilih (3) harus memang benar2 pelajaran IPA aja atau bisa yg lain?terimakasih

  • khusna nur laila

    kak mau tanya. kalo misalnya milih jurusannya itu tiga-tiganya dari satu fakultas, satu univ bisa gak?

    • dynasty

      iya saya juga ingin menanyakan yg sama , misal saya ambil Teknik Geologi UPN, Teknik Perminyakan UPN dan agroteknologi UPN , bisa ga ya kak?

      • aya

        di comment sebelumnya udah dijawab kok sama adminya

  • Novia Febriani

    ka mau tanya nih,kalo ikut tes sbm itu sebaiknya langsung ke kota jurusan yg dituju atau cukup ikut tes di provinsi sendiri?

    • Ari Candra Arista

      pilih yg paling dekat / bisa terjangkau

  • dynasty

    kak kalo ambil tiga prodi dalam satu ptn boleh kan kak?

    • Ari Candra Arista

      boleh

  • tika

    Maaf kak mau tanya, aku msh bingung tentang tempat tes, aku kn mau ambil univ di jogja smua, nah tp aku pengen tes di magelang, tp jogja panlok nya hanya di jogja sedangkan magelang adalah sub panlok semarang, apa bisa aku tes di magelang?

    • Ari Candra Arista

      boleh

  • Asry Muliati Karim

    K' MW NANYA. saya dah lulus SNMPTN tpi blum daftar ulang. malah daftar kembali di SBMPTN. apa bisa sya amil kembali SNMPTN sya?

    • aya

      bantu jawab yaa kata guruku kalau kamu ambil sbmptn tapi keterima snmptn terus snmptn dibuang , nanti snmptnya bakal hangus

    • Ari Candra Arista

      ga masalah, yg penting pas daftar ulang SNMPTN dateng

  • Amel

    saya kan peserta SNMPTN 2015 tetapi tidak lulus, Setelah itu saya daftar di SBMPTN. tetapi saya memilih kotak warna biru... gimana? seharusnya kan kotak warna merah. saya sudah terlanjur bayar tapi belum cetak dan belum milih prodi

    • Ari Candra Arista

      ga masalah

  • ipit

    boleh gabung kan kk...
    boleh naya ngak...
    kan aku milih universitas unsiah, airlangga,unsiah boleh kan kk.
    n aku ujian di padang sumbar.

    makasih 🙂

    • Ari Candra Arista

      boleh

  • Farhan Arifin

    kang, mau nanya . bisa ngak kalau kita milih ptn ( pil 1 di ui , pil 2 di its dan pil 3 di undip ) dan tempat ujian di padang ?

    • Ari Candra Arista

      bisa

  • Tania

    Ka mau tanya, kalo sbmptn tuh soalnya sama semua se Indo atau berbeda? Terus apakah da nilai mati jika tidak diisi 1 pelajaran?

    • Ari Candra Arista

      beda-beda, ada banyak kode soalnya, dengan tingkat kesulitan relatif sama

  • thalia

    boleh tanya,,,aku ingin masuk disalah satu universitas yang ada di surabaya,boleh gak nnti aku ujian sbmptnnya dimanado?

    • Ari Candra Arista

      yang penting ada salah satu pilihanmu yg berada di wilayah 4

  • Nurul M

    kak tanya.. bidikk misi gag mempengaruhi kita ditrima enggaknya sbmptn kn? jd kita tes tulisnya sma aja sma yg regular...?

  • Abdul Aziz Muslim

    kak..

    Saya kan SMA prodinya IPA.

    Trus saya mau ikut SBNMPTN dg prioritas prodi sperti ini gimana :

    1. Manajemen IPB

    2. Manajemen UIN JKT
    3. Manajemen UNSIKA
    Mohon pencerahannya

    • Nurul M

      gpp kok.. sbmptn bebas lintas jurusan

      • Nurul M

        eh kamu tau gag bidik misi tu mempengaruhi seleksi sbmptn gag sh? misal harus lebih tinggi? atau bdik misi masuknya lebih susah gt?

  • Lazuardi Rahadian

    Kak Ari, Artikelnya tentang peraturan SBMPTN udah bagus nih, nah, ini nih
    Masalahnya aku Angkatan pengguna K-13, apa peraturannya gak akan berubah lagi tahun depannya??? (yang diatas udah cukup meyakinkan sih,)

    Terus, sama materinya, yang kelas 12 kok gak ada Kurikulum 2013?? apa emang belum diupdate ya?

    Makasih Kak sebelumnya 🙂

    • Ari Candra Arista

      tinggal menunggu peraturan UN terbaru aja, kalo UN dirombak kemungkinan aturan SNMPTN juga bakal dirombak. kalo UN tetep, ya kurang lebih aturannya bakalan sama.

      • Dion Teddy Sebastian

        kalau SBMPTN gimana? berubah nggak kira kira peraturannya ataupun tingkat kesulitan soalnya? nasib yang alumni (pemakai ktsp) gimana nih? -_-

  • novindi boiliya

    ka mau nanya kalo misal aku milih 3 PTN dalam satu wilayah sekaligus boleh ngga ? 🙂

  • Fauziah Rusdy

    Kak klo msalnya kita pilih 3 prodi tpi 1 PTN. Bsa tdk?

  • el

    kak mau tanya nih, misalkan kuota di jurusan teknik 50, nah kan ada yg lewat jalur SNMPTN tuh, berarti berkurang dong ya? berarti kemungkinan dikit buat yang SBMPTN, tolong jelasin dong. Makasih

  • nisa

    Ka mau nanya. Kalau misalnya saya pilih campuran. Itu kira kira sistem penilainanya itu terpisah ipa ips apa dicampur yaa ka

  • lili aulia

    ka, kalo kita cuman milih 1 pilihan/prodi aja di SBMPTN, itu berpengaruh ga sama tingkat diterimanya ka? atau sbnernya kita rugi ka kalo cuma milih 1?

  • heny

    maaf sebelumnya,, saya punya kasus bginii,,waktu sya ngisi borang kan saya salah milih jurusan , kalau mau di ganti itu bisa atau tidak,, dan bagaimana caranx,, saya milih universitas mulawarman .. terimakasih

  • heny

    mohon di jawab ya ka..

  • ka mau nanya ni, wktu habis daftar sbmptn ada tu kan peraturan lengkapnya kayk apa aja yg harus dibawa, jam brp sebelum tes udh harus disana, abistu pakaian. itu bisa diliat dimana ya?

  • Yohanes Irwanto

    kak,gua mau tanya? kalau misalnya prodi yang gua pilih
    pilihan 1 2 3 semuanya di universitas yang sama misalnya UNTAN semuanya.
    boleh gak kak? apakah ada pengaruhnya kak? tolong di jawab ya kak? soalnya gua takut gak bisa ikut Ujian SBMPTN Nanti.

  • sinta

    kak mintak pencerahan, saya kan gatau apa apa dulu tentang sbm terus saya milih jurusan ke-3nya dari universitas yg sama. tapi dalam daftar sistemnya ngasi buat kyk gitu, kalo snmptn kan kalo udah jurusannya 2 dari univ sama universitasnya udah gak ada di daftar kan, nah tapi pas daftar sbm dikasi kak. kira-kira ada pengaruh gak? 🙁

  • Deski

    mau tanya pakaian apa nanti pas mau ujian SBMPTN

  • Deski

    sama apa aja nanti yg dibawa

  • Soumi Fardian

    Kak isu tentang nilai mati tu bener ga sih ?
    Di jawab ya kak

  • indra

    kak mau nanya nih, kalau NISNnya beda yang di kartu shun sama yang di pendaftaran gimana? boleh gak?

  • April

    Kak mau nanya nih. Kan saya di SMA jurusan IPS dan saya tertarik mau masuk Arsitektur interior UI sedangkan jurusan tsb masuk dlm fakultas teknik. Jadi kalau saya mau masuk jurusan tsb saya hanya bisa lewat jalur SBMPTN atau bisa lewat jalur lain?

  • Dviya

    Kak aku mau nanya dong, misalnya aku berada di wilayah satu terus aku memilih 3 program studi pada satu universitas. Itu bisa gak ya kak?

  • cindy

    Kak, mau tanya peraturan tentang pakaian nya apa ya kak? Ada yang bilang pakai baju hitam putih, ada yang bilang pakai baju kemeja trus bawahannya bebas kak, kasih info kak,

  • Ariesta Ajeng

    malam..
    saya mau tanya apakah jika sudah masuk universitas melalui tes seperti vokasi dan saya mengikuti sbmptn ternyata dinyatakan lulus pd sbmptn, apakah vokasi akan hangus?

  • Ariesta Ajeng

    malam...
    saya mau tanya apabila saya sudah daftar ulang jalur vokasi dan ternyata sbmptn saya diterima, apakah vokasi saya hangus?

  • Ayu Lestari

    Kak..baru dapat info nih. Kalau ada mapel. Cntohx bhs. Inggria yg kosong itu termasuk nilai mati. Dan langsung digugurkan gitu ya kak? bkan dikalkulasi dgn nilai yg lain ya?

  • tiara

    Kak
    Kalo misalnya gak jawab satupun Madasnya itu berpengaruh gak buat kelulusan?
    Madasnya kan 15 soal kawan aku gak jawab satu pun
    Itu pengaruh gak kak??

    Thx...

  • ryo putra octavian

    salam kenal!
    mau nanya nih.Saya seorang alumni 2014.
    ini adalah pertanyaan yang menurut aku masih banyak yang buat orang bingung.kalo aku nanya nilai mati itu ada apa nggak sih dalam SBMPTN????
    menurut informasi yang aku dapat,NILAI MATI dalam SBMPTN itu TIDAK ADA.
    kalo kita gak jawab satu soal dalam satu mata pelajaran sebenarnya gak pengaruh.
    misalkan dalam mata pelajaran FISIKA yang terdiri dari 15 soal hanya dijawab satu soal,itupun salah menurutnya,itu tidak pengaruh katanya.
    hanya saja kita harus mengerjakan satu soal minimal sehingga tidak ada soal yang tidak dikerjakan.ada hal yang membuat aku yakin nilai mati itu gak ada d SBMPTN:
    1.tidak ada satupun penjelasan tentang peraturan yang menjelaskan tentang NILAI MATI
    2.jikalau nilai mati ada,sangat mustahil kalo banyak orang yang bisa lolos ujian SBMPTN,setidaknya
    hanya 5% dari semua peserta karena soal yang relatif sulit
    3.banyak teman yang sudah masuk PTN mengaku tidak mengisi satu soalpun dalam mata pelajaran tertentu,buktinya dia sekarang di terima di suatu PTN.
    Saya juga salah seorang mahasiswa di salah satu PTN Sumatra Utara walaupun saat ujian tahun lalu saya mengisi setiap mata pelajaran.Mohon Jawabannya ya.penting nih,penasaran.thanks
    beruntung ada blog seperti ini,berguna.

    • Martha Lena Sihite

      Maaf kak saya mau nanya balik. Teman2 kakk yg lulus sbmptn tapi tidak Mengisi sama sekali di salah satu mta peljarn tertentu itu masuk ptn dimana kak? Terimaksih 🙂

  • marthalena

    Kak mau tanya, misalnya ada salah satu mata pelajaran yang tidak diisi sama sekali (dari 15soal tidk ada terisi) itu bneran hangus ya dari peserta sbmptn?
    Mohon dijawab kak 🙂 terimaksih

  • Martha Lena Sihite

    Kak mau tanya, misalnya ada salah satu mata pelajaran yang tidak diisi sama sekali (dari 15soal tidk ada terisi) itu bneran hangus ya dari peserta sbmptn?
    Mohon dijawab ya kakak 🙂 terimaksih sudah mau membantu 🙂

  • ronaldo

    gan..mau tnya nih.. tpa dngn tkd lbih di prioritaskan mna?

    • ronaldo

      soalnya pda saat ujian prtma (tkd) sya tdk tau klo slah 1 nmor akan di kurang 1 nilai..jdi wlaupun jwbannya sya nggk tau saya ttap isi full 60 nmor...stlh istrhat bru tman sya blng (jdi nyesel)..nah d ujian trakhir (tkpa)..sya HAnYA isi yg sya tau saja..ada skitar 68 no yg d isi dan sya yakin 95% itu btul smua..

    • ronaldo

      yg sya mau tnya itu sistem penilaiannya itu bgmna?apakah kdua nilai itu akan d gbung?(Pasti kan) tpi contohnya klo ada si A dan si B, mreka dri kota yg sama dan mmilih ptn yang sama..truz plihan jurusan mreka sama dan d tmpatkan d prioritas 1..nah score mreka sama, dan FTTM yg mreka plih hnya tinggal 1 sja yg d terima. nah pas-pas nilai mreka pling bawah d FTTM trsbut. kira-kira mna yg d trima? jika nilai si A tinggi di saintek(tkd) namun rendah di TPA dan sebaliknya dngn si B yg nilainya bagus d tpa.

  • Pika Oktaviani

    kak? itu beneran kalo ada satu mapel di kosongin bakal kena nilai mati??

  • yogi

    Mau nanya ni,kalau universitas nya ketiga tiga nya di ambil di universitas yg sama tapi tidak ada di pilih di universitas di daerah asal SMA saya apa itu mempengaruhi lulus atau tidak nya ya tolong di balas?

  • yogi

    Kak gimana kak kalau universitas nya ke tiga2 nya sama tpi tidak ada yg di universitas di daerah kita sendiri itu mempengaruhi lulus atau ngk lulus nya di ptn ngk kak?

  • Mira Elisabeth

    ka,bener gak sih,katanya sekarang lebih di dahulukan yg sama region bukan wilayah.bener gak??

  • diillh

    Min, kalo semisal uda daftar terus pas hari H Gak ikut tes, apa ada kemungkinan diterima?

  • Novi Dwi L

    ka, mau tanya. saya kan dari SMK Kesehatan, tapi masih baru sekolahnya kira-kira baru 4 tahun umur sekolahnya, dan yang pasti belum ada alumni yang masuk PTN. nanti jika saya mau ikut SNMPTN atau SBMPTN bakal kehambat ngga karena belum ada satupun alumni masuk ke PTN yang saya tuju?. mohon jawabannya kak

  • alfiya nurul jannah

    Kalo dari smk kemungkinan masuk ptnnya gimana ya??banyak gaksih?

  • dilawarganegara

    ka mau tanya nih kira kira kalo mau daftar ke PTN kirakira udah terlambat belom ya? soalnya aku kayakya udh telat deh, padahal baru mau nyari sama daftar PTN

  • delima

    Hai kak, mau ikut tanya nih. misal pilhan saya
    1. fib bahasa korea UGM
    2. sastra inggris Unair Surabaya
    3. sastra Inggris UIN Malang
    dua ptn pilihan saya, dlm satu wilayah, jd seperti itu boleh kan?
    dan juga, soal prodinya yg berbeda juga ga papa kan?
    asap balesnya kak, makasih ^^

  • hendra_irawady

    mau nanya nih tmen ane lulusan thn 2012 dia ikt sbmptn thn 2015,trs dia ktrma di UNNES ktnya dbtsi cma nympe llsan 2013 gmnh th crtnya gan?

    • zeniusnet

      wah kurang ngerti ini, coba langsung ditanyakan ke unnesnya

  • Indrya Hidayati

    Kak boleh tanya? Saya sekarang sudah kuliah di ptn X, tetapi saya merasa kurang cocok sama jurusan saya. Misal tahun depan ikut sbmptn diprodi yg berbeda tetapi universitas tempat saya kuliah tahun ini boleh atau tidak?

    • zeniusnet

      boleh saja kok, tapi nanti kuliah mulai dari awal lagi. sebelumnya sebaiknya tanyakan dulu, apakah ada mekanisme pindah jurusan di kampusmu, kalo bisa mending pindah jurusan aja.

  • Anggy

    Ka saya mau nanya, "misalkan" saya mau pilih jurusan sistem informasi di UI dan sistem informasi UNDIP
    Pertanyaan saya:
    Boleh ga saya taruh SI UNDIP di pilihan pertama dan SI UI di pilihan ke dua?

  • syafamaulida

    ka, aku anak IPA tapi mau ngambil SBMPTN nya hukum, aku masuk kelompok apa yah? makasih kak

  • Yudha P

    Kak, waktu sbmptn kita hanya boleh milih 1 ptn atau boleh lebih dari satu?

  • tomy hermansyah

    mau nanya ini, saya lulusan tahun 2013 ,ingin ikut sbmptn ditahun 2016 apa bisa ya ? sebelumnya terimakasih.

  • shafa

    kak kan saya dari palembang, saya mau ikut SBMPTN misalkan pilihan nya FITB-ITB, SAPPK-ITB, GEOLOGI-UNDIP. benar atau salah kak? undip kan masuk wilayah 2. saya masih gak paham

  • Alifah Dimar Ramadhina

    kak mau nanya dong, kalo misalnya d sbmptn pilihnya kedoteran unila, kedokteran unsri, kedokteran unand. nah unsri unila unand itu kan di wilayah I semetara saya bertempat tinggal di bengkulu yang juga wilayah I apakah bisa kak kalo test nya di bengkulu? atau mesti di palembang , padang atau lampung? yang lain kalo ada yg tau tolong bntu juga jawab yaa

  • Alifah Dimar Ramadhina

    kak mau nanya dong, kalo misalnya d sbmptn pilihnya kedoteran unila, kedokteran unsri, kedokteran unand. nah unsri unila unand itu kan di wilayah I semetara saya bertempat tinggal di bengkulu yang juga wilayah I apakah bisa kak kalo test nya di bengkulu? atau mesti di palembang , padang atau lampung? yang lain kalo ada yg tau tolong bntu juga jawab yaa

  • Gusti Scarlett

    Mau nanya, kalau ada orang yang berhasil dapat SBMPTN tapi dia ga ngambil nanti kursinya turun ke orang dibawahnya atau engga? Rasanya dosa kalau ikut untuk dapet biar bisa buktiin diri tapi memang ga niat ngambil dari awal... Hohoho nanya aja sih

  • Arthur

    Kak kalau gagal SNMPTN di *misal teknik kimia ugm* trus ikut SBMPTN *ptn dan fakultas yg sama* masih bisa gak

  • Danty Djaelangkara

    KA bisa nga aku ikut ujian sbmptnnya di tenpat lain. Misalnya pilihan pertama aku PTN yg AD di provinsi aku si Sulteng kan. Trus pilihan kedua di luar yaitu di Bandung.. Bisa ngak aku ikut ujian sbmptnnya yg di Bandung aja? Langsung ke PTN yg paling aku minati gituu

  • rinta

    kak, kalau misalnya saya ngambil tes SBMPTNnya di wilayah 1, tapi di wilayah 1 itu ada dua universitas yang beda yang ingin saya masuki. apa boleh dalam 1 wilayah mengambil dua univ yang beda?, terus kalau kita ujiannya di wilayah 1 tapi milih univnya dari wilayah 2 (sambungan kasus yang pertama). terima kasih

  • Eliz

    mau nanya dong kalo udah lulus skitar 4 taun masih bisa ikut SBmptn nggak ?

  • Shopa dilla

    Kak misalnya kita udg dafta terus kan ada deadline untuk bayar nah klo kita ga bayar itu gimana ya kak?

  • Zaitun Adelia

    kak mau nanya kan saya udh daftar sbm kan terus udah sampai laman pemilihan universitas udh klik simpah tiba-tiba keluar?itu gimana ya.mohon bantuannya. trimakasih:)

  • Ana

    Kak misalnya pilihan pertama kita milih passing grade yg rendah, sedangkan pilihan kedua sama ketiga passing gradenya lebih tinggi. Apa klo misalnya ga keterima di pilihan pertama , pilihan kedua dan ketiga juga hangus? Soalnya katanya tentorku gitu.. Jadi kalo pilihan pertama ga keterima, ya 2 ke 3 ga dilihat...

  • Savyy

    kak,mau nanya dong
    klo misalnya milih prodi yang sama (Teknik sipil) di 3 universitas berbeda pembagian wilayah . boleh gk ya?

  • Faiz Royhan

    Kak mau nanya dong, apakah anak SMK sekarang bisa masuk Univ.Indonesia?? Makasih

  • Rifky Achong

    Ada yang bilang kalau passing grade itu biasanya dihutung dari nilai rata-rata semua peserta (baik lolos maupun ngak) yang milih jurusan A. ini betul ngak sih? terus kenapa yah passing grade STEI itb jauh lebih tinggi dibanding FMIPA yah? bukannya seharusnya anak" yang milih FMIPA lebih jago yah?

  • reyza eggia

    Ka kalo saya berasal dari cikarang tp saya daftar kuliah di uns melalui sbmptn , apakah saya bisa mengikuti ujian tertulis terdekat dilokasi cikarang saya?

  • Cristie Tania

    Ka, saya mau tanya, kalo misal utk SBMPTN saya ambil plihan 1 TekPang IPB, 2. Tek. Industri UI, 3 Tek. Industri IPB, boleh ga ya? Sebelumnya trimakasih 🙂

  • Kinanty Afrindaa

    Kak mau tanya nih, aku kan dri ipa mau ambil bhs inggris, sbmptnnya ambil formulir soshum atau ipc?