Latihan Soal SBMPTN untuk Semua Materi Pelajaran

Berikut adalah kumpulan strategi persiapan, tips belajar, dan pembahasan soal SBMPTN TKPA, Saintek, dan Soshum tahun-tahun lalu yang akan membantu persiapan belajar untuk SBMPTN.

Artikel ini gua buat khusus untuk para pejuang SBMPTN yang dalam beberapa bulan ke depan akan menghadapi FINAL BOSS yang akan sangat menentukan kisah kehidupan kuliah lo sampai 4–5 tahun ke depan. Bisa dibilang, artikel yang satu ini wajib banget hukumnya lo bookmark atau senggaknya lo simpen URL link artikel ini baik-baik. Kenapa? Karena artikel ini gua jadikan sebagai “portal” ke setiap link artikel maupun video zenius yang berhubungan dengan topik SBMPTN.

Di sini gua akan rangkum semua hal yang lo butuhin, dari mulai artikel panduan belajar setiap matpel dari TKPA-Saintek-Soshum, link ke video pembahasan seluruh materi SBMPTN, video pembahasan soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu, catatan perjuangan dari kakak-kakak senior lo yang udah berhasil menempuh SBMPTN tahun-tahun kemarin, sampai strategi belajar yang tepat sasaran supaya lo bisa memanfaatkan waktu dan energi lo dengan waktu yang tersisa.

So, gua saranin lo buat jadiin artikel ini sebagai “Kitab Pedoman Sakti” yang terus akan jadi panduan lo dalam mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN. Jangan lupa juga buat share artikel ini ke temen-temen seperjuangan lo yang lagi sama-sama belajar untuk SBMPTN, moga-moga artikel ini bisa ngebantu lo dan temen-temen seperjuangan lo untuk bisa berkuliah di jurusan dan universitas yang lo impikan!

persiapan akhir soal sbmptn

KUMPULAN ARTIKEL 1: TIPS PERSIAPAN SBMPTN

KUMPULAN ARTIKEL 2: CATATAN PERJUANGAN DARI ANGKATAN LALU

Selama ini Zenius juga udah ngumpulin catatan perjuangan dari kakak-kakak angkatan lo maupun para tutor-tutor Zenius sewaktu mereka dulu menghadapi SBMPTN. Moga-moga denganmenelusuri pengalaman mereka, lo juga bisa terinspirasi dan juga mengikuti jejak langkah mereka untuk bisa meraih keberhasilan dalam SBMPTN dan bisa berkuliah di PTN impian lo.

KUMPULAN ARTIKEL & VIDEO 3 : PANDUAN LENGKAP BELAJAR SBMPTN

Di bagian yang ketiga ini, gua udah ngerampungin semua bahan materi SBMPTN yang zenius miliki sampe tuntas. Dari mulai kumpulan video pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun lalu, panduan belajar tiap mata pelajaran, contoh tipe soal, sampai frekuensi topik yang paling sering keluar tiap tahunnya… pokoknya gua jamin komplit banget, lo gak perlu pusing-pusing lagi ngubek-ngubek website zenius.net, intinya semua udah gua rangkum dalam satu artikel ini. Oke, sebelumnya gua mau ingetin lagi nih pembagian soal SBMPTN yang nanti bakal lo tempuh itu akan dibagi jadi 3 bagian yaitu TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum, selengkapnya bisa lo liat di bawah ini :

Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)

  1. Tes Potensi Akademik
  2. Matematika Dasar
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris

Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek)

  1. Matematika IPA
  2. Biologi
  3. Kimia
  4. Fisika.

Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum)

  1. Sosiologi
  2. Sejarah
  3. Geografi
  4. Ekonomi.

Untuk semua peserta ujian SBMPTN, lo pasti akan menjalani ujian TKPA, terlepas apakah lo milih program studi IPA maupun IPS. Sementara itu, buat lo yang milih program studi IPA seperti kedokteran, teknik, mipa, dkk.. lo akan menghadapi ujian TKD Saintek. Sementara buat lo yang milih jurusan IPS seperti hukum, ekonomi, studi ilmu politik, psikologi, dll… lo akan menghadapi ujian TKD Soshum. Sedangkan buat lo yang milih jurusan pilihan 1 dan pilihan 2 terdiri dari program studi IPA maupun IPS (misalnya pilihan 1 kodekteran pilihan 2 ekonomi), berarti lo akan menghadapi ujian IPC (Campuran) alias ujian Saintek sekaligus Soshum juga.

Oke, udah paham kan? Sekarang langsung aja deh lo telusurin nih satu per satu panduan belajar yang udah zenius siapin semua buat lo. Lo tinggal ikutin aja semua langkah dan panduan di bawah ini, dan kalo lo bener-bener telusuri dan memanfaatkan semua panduan dan tips belajar di bawah ini, gua yakin secara materi lo akan siap bersaing dengan para peserta ujian lainnya!

SBMPTN TPA

SBMPTN Matematika Dasar & IPA

SBMPTN Bahasa Indonesia

SBMPTN Bahasa Inggris

SBMPTN Biologi

SBMPTN Kimia

SBMPTN Fisika

SBMPTN Sosiologi

SBMPTN Sejarah

SBMPTN Geografi

SBMPTN Ekonomi

 ****

Okay guys, itulah semua informasi, tips, panduan belajar, dan semua bahan yang Zenius miliki untuk bisa lo jadiin “senjata andalan” dalam menghadapi test ujian seleksi SBMPTN. Apa yang kita coba sediakan di sini hanyalah bekal amunisi yang terbaik bisa kita berikan buat lo, tapi pada akhirnya keberhasilan lo buat dapetin jurusan dan universitas impian lo tetep ada di tangan dan usaha lo sendiri. Kita di Zenius berharap lo bisa mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan kemampuan, usaha, serta kerja keras lo. Selamat berjuang untuk meraih tempat kuliah impian lo!

“Whatever you wants, makes yourself deserve it !”

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan belajar SBMPTN, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini. Buat lo yang mungkin ngerasa agak ketinggalan kereta sama yang lain dan baru mau mulai serius belajar SBMPTN dari sekarang, coba deh baca artikel gue yang ini

Kalo gua baru mau mulai serius belajar SBMPTN dari sekarang, masih sempet gak yah?

Bagikan Artikel Ini!