Latihan Soal SBMPTN untuk Semua Materi Pelajaran

Artikel ini gua buat khusus untuk para pejuang SBMPTN yang dalam beberapa bulan ke depan akan menghadapi FINAL BOSS yang akan sangat menentukan kisah kehidupan kuliah lo sampai 4--5 tahun ke depan. Bisa dibilang, artikel yang satu ini wajib banget hukumnya lo bookmark atau senggaknya lo simpen url link artikel ini baik-baik. Kenapa? Karena artikel ini gua jadikan sebagai "portal" ke setiap link artikel maupun video zenius yang berhubungan dengan topik SBMPTN.

Di sini gua akan rangkum semua hal yang lo butuhin, dari mulai artikel panduan belajar setiap matpel dari TKPA-Saintek-Soshum, link ke video pembahasan seluruh materi SBMPTN, video pembahasan soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu, catatan perjuangan dari kakak-kakak senior lo yang udah berhasil menempuh SBMPTN tahun-tahun kemarin, sampai strategi belajar yang tepat sasaran supaya lo bisa memanfaatkan waktu dan energi lo dengan waktu yang tersisa.

So, gua saranin lo buat jadiin artikel ini sebagai "Kitab Pedoman Sakti" yang terus akan jadi panduan lo dalam mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN. Jangan lupa juga buat share artikel ini ke temen-temen seperjuangan lo yang lagi sama-sama belajar untuk SBMPTN, moga-moga artikel ini bisa ngebantu lo dan temen-temen seperjuangan lo untuk bisa berkuliah di jurusan dan universitas yang lo impikan!

persiapan akhir sbmptn

KUMPULAN ARTIKEL 1: TIPS PERSIAPAN SBMPTN

 

KUMPULAN ARTIKEL 2: CATATAN PERJUANGAN DARI ANGKATAN LALU

Selama ini zenius juga udah ngumpulin catatan perjuangan dari kakak-kakak angkatan lo maupun para tutor-tutor zenius sewaktu mereka dulu menghadapi SBMPTN. Moga-moga denganmenelusuri pengalaman mereka, lo juga bisa terinspirasi dan juga mengikuti jejak langkah mereka untuk bisa meraih keberhasilan dalam SBMPTN dan bisa berkuliah di PTN impian lo.

 

KUMPULAN ARTIKEL & VIDEO 3 : PANDUAN LENGKAP BELAJAR SBMPTN

Di bagian yang ketiga ini, gua udah ngerampungin semua bahan materi SBMPTN yang zenius miliki sampe tuntas. Dari mulai kumpulan video pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun lalu, panduan belajar tiap mata pelajaran, contoh tipe soal, sampai frekuensi topik yang paling sering keluar tiap tahunnya... pokoknya gua jamin komplit banget, lo gak perlu pusing-pusing lagi ngubek-ngubek website zenius.net, intinya semua udah gua rangkum dalam satu artikel ini. Oke, sebelumnya gua mau ingetin lagi nih pembagian soal SBMPTN yang nanti bakal lo tempuh itu akan dibagi jadi 3 bagian yaitu TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum, selengkapnya bisa lo liat di bawah ini :

Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)

  1. Tes Potensi Akademik
  2. Matematika Dasar
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris

Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek)

  1. Matematika IPA
  2. Biologi
  3. Kimia
  4. Fisika.

Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum)

  1. Sosiologi
  2. Sejarah
  3. Geografi
  4. Ekonomi.

Untuk semua peserta ujian SBMPTN, lo pasti akan menjalani ujian TKPA, terlepas apakah lo milih program studi IPA maupun IPS. Sementara itu, buat lo yang milih program studi IPA seperti kedokteran, teknik, mipa, dkk.. lo akan menghadapi ujian TKD Saintek. Sementara buat lo yang milih jurusan IPS seperti hukum, ekonomi, studi ilmu politik, psikologi, dll... lo akan menghadapi ujian TKD Soshum. Sedangkan buat lo yang milih jurusan pilihan 1 dan pilihan 2 terdiri dari program studi IPA maupun IPS (misalnya pilihan 1 kodekteran pilihan 2 ekonomi), berarti lo akan menghadapi ujian IPC (Campuran) alias ujian Saintek sekaligus Soshum juga.

Oke, udah paham kan? Sekarang langsung aja deh lo telusurin nih satu per satu panduan belajar yang udah zenius siapin semua buat lo. Lo tinggal ikutin aja semua langkah dan panduan di bawah ini, dan kalo lo bener-bener telusuri dan memanfaatkan semua panduan dan tips belajar di bawah ini, gua yakin secara materi lo akan siap bersaing dengan para peserta ujian lainnya!

SBMPTN TPA

 

SBMPTN Matematika Dasar & IPA

 

SBMPTN Bahasa Indonesia

 

SBMPTN Bahasa Inggris

 

SBMPTN Biologi

 

SBMPTN Kimia

 

SBMPTN Fisika

 

SBMPTN Sosiologi

 

SBMPTN Sejarah

 

SBMPTN Geografi

 

SBMPTN Ekonomi

 

 ****

Okay guys, itulah semua informasi, tips, panduan belajar, dan semua bahan yang Zenius miliki untuk bisa lo jadiin "senjata andalan" dalam menghadapi test ujian seleksi SBMPTN. Apa yang kita coba sediakan di sini hanyalah bekal amunisi yang terbaik bisa kita berikan buat lo, tapi pada akhirnya keberhasilan lo buat dapetin jurusan dan universitas impian lo tetep ada di tangan dan usaha lo sendiri. Kita di zenius berharap lo bisa mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan kemampuan, usaha, serta kerja keras lo. Selamat berjuang untuk meraih tempat kuliah impian lo!

"Whatever you wants, makes yourself deserve it !"

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan belajar SBMPTN, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini. Buat lo yang mungkin ngerasa agak ketinggalan kereta sama yang lain dan baru mau mulai serius belajar SBMPTN dari sekarang, coba deh baca artikel gue yang ini

Kalo gua baru mau mulai serius belajar SBMPTN dari sekarang, masih sempet gak yah?

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • retno

    thx bang 🙂
    yang biologi tulisanya Prasdianto kok yang ngisi embak2nya si bang,, hehe
    klo boleh tau itu yg ngisi konten biologi yg cewek siapa bang ?

    • kemungkinan itu video lama buatan kak Rahmi, tapi skrg doi udah gak kerja di zenius lagi. Digantiin sama Kak Fanny.

      • Bimantara Hanumpraja

        iya bang. bisa gk diganti jadi video" yang pengisi suaranya bang prasdianto. Jujur, sy kurang ngerti klo sama yang embak"

  • Muhammd Zaky

    kak fanny

  • Kaaffah

    GUA HARUS TETAP BERJUANG!!!

  • anonim

    bang kalo biologi yang ngisi bang prasdianto itu dibagian mana ya? yang modelnya mind mapping gitu bang hehe

    • kayaknya hampir semua video pras diawali dengan mind map deh, cobain cek aja di link yang gua kasih di atas.

  • April Nica

    thank you so much kak glenn for this article. kak mau tanya, lebih baik belajar dr materi/mapel yg kita suka dulu atau dr mapel/materi yg ngertinya masihh lemah??

    • kalo lo lagi dlm kondisi semangat belajar dan otak lo lagi seger banget, belajarlah topik yang lo masih lemah. Kalo lo lagi gak full-power, pake aja waktunya buat latihan soal untuk topik yang lo suka aja.

  • retno

    yaa bang aku kurang mudeng kalo videonya kak rahmi,jadi kalo mau belajar bio harus ngublek2 videonya kak pras,, hoho pake zenius.net pula

    • sekarang lagi on progress untuk replace video2 lama kak rahmi jadi video baru buatan kak pras, kita usahakan secepatnya ya 🙂

  • Ambar Isminingtias

    makasih banyak deh buat zenius. Tpi knpa ya bang, aku ngerasa santai aja, nggak tegang sama sekali. apa krna udh siap mental menang ataupun kalah ? dri kemaren tu mikirin SBM taun depan mulu, serasa semangatnya tu udh semangat ngulang setahun lagi. gimana tuh bang.. saran?

    • Nabila Azzahra

      Maaf ya aku ikutan jawab. Aku juga ngalamin kayak gitu tahun lalu :))

      • Ambar Isminingtias

        iyakah ? waah, ada temennya.. hehe... waktu SBMPTN 2014 ?

        • Iya, aku lulusan 2014 . Kalau kamu? Eh lanjutin di sosmed yuk ngobrolnya

          • Ambar Isminingtias

            iya kak.. 😉 twitter kaka apa, nanti aku follow

          • @nblaaa 😀

          • Ambar Isminingtias

            syudah kak, cek.. @ambar_tias

          • Getta

            wkkw sama Nabila, kita satu angkatan 😀

          • Wah, ada temen lagi nih 😀

          • Farhan

            gue juga hehe

    • Abdan Rausandinnur

      wakakakakaka sama lah, tahun kemaren, gue h-3 sbmptn demam saking deg-degannya.. it sounds lebay ya... tapi tahun ini gaada deg-degannya sama sekali.. udah ninggalin kuliah pula... ya mudah-mudahan aja tahun ini emang jadi rejeki kita..

    • Nah ini gw tahun lalu, skrg juga sih -_- kemakan waktu kerja sana kerja sini, hadeh. Kalo ngulang taun depan lagi, 2 tahun dari umur gw korbanin buat belajar sbmptn, tapi kalo skrg masuk asal aja, yg penting negeri, bakal ngaruh seumur hidup gw, krn kerjaan itu dari jurusan kuliah gw, FUUUFUUUUU

    • boleh2 aja kalo emang mau ngulang thn 2016, tapi pastikan kamu komitmen dan konsisten ya. lagian ga ada salahnya juga lo nyoba sbmptn 2015 buat sekedar nyicip medan tempurnya kayak gimana, jadi ada pengalaman buat thn depan

      • Ambar Isminingtias

        oo, gitu. makasih kak glenn, di zenius selain gue punya guru privat yang kece kece juga punya psikolog pribadi yang keren deeh. klo aku ngulang taun depan, zen masih mau nemenin kan... 😀

  • yasri

    bang gue baru persiapan sbmptn pas akhir UN, gw bru jd member premium minggu kmarenan dan gw nemuin buanyyaak banget hal yang bgitumenarik yg gw perlu pelajarin. betah lama2 dpan layar! hehe. really enjoy the process.

    tapi sayangnya, waktu buat bkin list kgiatan ber-goal SBMPTN skrg itu MEPET bgt.

    nah menurut abang mendingan gw masuk PTN taun ini tp gk mnikmati proses blajarnya (alias negbut), atau ngulang taun depan tp nikmatin proses blajarnya dan bnr2 ngonsep? . . mnta pndapat aja ya bang../

    • itu sebetulnya tergantung gimana enaknya kamu aja. Kalo kamu emang pengen bertekad sbmptn tahun 2016 boleh2 aja, asal yakin harus komitmen dan konsisten. tapi menurut gua sih gak ada salahnya juga nyoba sbmptn 2015, walaupun blm 100% siap. senggaknya kamu udah punya pengalaman ngerasain medan tempurnya kayak gimana.

  • Eko

    bang, yang pelajaran geografi juga lagi proses buat nambah ga bang? soalnya ada beberapa materi yang ga gua temuin bang (kayak pengindraan jauh, SIG, pola keruangan kota dan desa, interaksi kota, industri), kalau pelajaran yg lain rasanya udah cukup lengkap sih bang 😀 thanks bang

    • lagi dalam proses penambahan, kita upayakan secepatnya ya 🙂

      • almol

        iya bang, to mulu yang banyak salah geo.. :'(
        tolong secepatnya yah bang..
        aku dulu smk, jadi minim pengetahuan geo.. aku googling, tapi susah paham.. maklum tipe audio bang, kagak betah baca lama".. bawannya nguantuk terus..
        terima kasih

      • Getta

        sejarah juga ada beberapa sub bab yang hilang itu kenapa ya kak? hehe

  • dery

    kak, ada soal-soal snmptn yang tahun 90-an ga? sekalian sama pembahasannya juga 🙂

    • beberapa pelajaran soshum ada pembahasan spmb dan umptn tahun 90an, cek aja linknya di atas

  • Muhammad Fadhil Ayyasy

    kak, request panduan belajar sbmptn fisika dong...

    • lah itu kan udah gua kasih link-nya di atas.

  • Elfin

    bang mau nanya nih, saya kan mau nyoba UNAIR di surabaya, saya tinggal di kalimantan,nanti tes SBMPTN nya dimana ya? apa harus tes disurabaya?

  • resa sakinah

    Bang mau nanya , strategi buat belajar sbmptn tuh lebih baik merjuangin buat nguasain semua bab atau eliminasi bab yg kita anggap susah?

  • Akardia Erika Zahira

    Bang, di SBMPTN itu sebenarnya ada gak sh yang namanya nilai mati? Yang ktanya klo salah satu materi nilainya 0 atau minus bkalan ga lulus. Trus bang penyeleksian SBMPTN itu sma gak sh kya SNMPTN di bagian urutan pilihan, jdi si seleksi dlu di pil 1 semua peserta, sisanya yg ga ktrima baru di pil 2 dan 3, gitu bkan? Terima kasih atas jawabannya....

    • seleksi sbmptn itu berdasarkan jumlah kursi mahasiswa dan para pesaing kamu. Kalo jumlah kursinya byk, peminatnya dikit, dan pesaing kamu nilainya gak sebagus kamu, ya jadinya peluang diterimanya relatif gede. tapi kalo jumlah kursi mahasiswa dikit, jumlah pesaingnya banyak dan nilainya bagus2, jadinya peluang kamu juga relatif kecil. Intinya sih gitu aja.

      Iya betul, seleksi SBMPTN akan di seleksi dari pilihan 1. ke pilihan 2, baru ke pilihan 3. Cuma hati2 aja, karena waktu di pilihan 2, jumlah kursi di jurusan tsb pasti lebih dikit krn udah terisi sama pilihan 1

      • Akardia Erika Zahira

        Ooh, berati gada yg namanya nilai mati ya bang? Makasih jawabannya bang

  • Muhammad Ravi

    glen,btw yg ngajar fisika satu lagi selain wisnu ama sabda siapa sih namanya? yang suaranya berat2 gitu

    • kemungkinan yang lo maksud Pak Medy

      • Novi Chaerunnisa

        Pak Medy ngajar matematika juga gak Bang?

  • Shofwan

    Bang , ada yang mau gua tanyain .. Gua kan ikut lagi ikut les nih , nah tapi gua juga belajar pake Zenius .. Jujur udah lama banget gua gak les "bolos" sejak sebelum UN .. dan rasanya males banget kalo mau les lagi pengennya sih belajar pake Zenius aja , ya intinya gua malas mulai lagi .. sebenernya gak ada masalah gua sama les tapi ya karena temen temen pada malas jadi gua ikut malas . Kemarin udah mau les tapi kata temen kagak ada yang les , Kendor lagi semangat gua .. padahal pengen masuk PTN yang TOP . Kira kira ada solusinya gak bang untuk masalah satu ini ?

  • Muhammad Ravi

    glen,gue mau nanya nih,kan di pembahasan soal-soal tpa logika Sbmptn tahun2 kemarin di zenius suka ada soal yang (ambigu) gak ada jawabannya ,terus nanti kalo pas sbmptn gw nemu soal ambigu kek gitu mending di kosongin ato pilih yang kira2 paling mendekati?

    • hampir selalu ada soal yang seperti itu. tapi ambigu atau nggaknya sebuah soal emg relatif ke penilaian setiap orang sih. Jadi balik lagi aja ke pertimbangan lo sendiri. kalo dr penilaian gua pribadi sih, mending dikosongin aja kalo lo yakin emang salah soal. tapi kalo bs nebak arah soalnya kemana, atau cuma salah ketik doang, mending diisi ke jawaban yg mendekati.

      • Muhammad Ravi

        thanks yak :), sekalian gw juga mau nanya lagi,jujur gw gak terlalu suka ama pelajaran biologi,makanya untuk sbmptn dari bulan november gw cuma memperdalam evolusi,genetika,klasifikasi makhluk hidup ama ekologi,sisa waktu diapake buat mantepin fisika semua bab(kecuali optik),matematika semua bab,kimia semua bab,tpa,inggris ama indo,kalo nanti gw pas sbmptn gw cuma bisa jawab 2-3 soal yang pasti bener gak masalah kan?

        • Muhammad Ravi

          *2-3 soal biologi

  • Novi Yuliani

    Nilai UN berpengaruh nggak sih ke sbmptn atau SIMAK?

    • gak pengaruh ke SBMPTN atau SIMAK. setau gue Nilai UN cuma jd bahan pertimbangan seleksi SNMPTN.

  • Diko

    cara mantepin materi yang udh kita pelajari gimana yaa? walau udah ngerti pasti ga smua yg ditonton nempel di otak alias ada yg lupa dan harus di review terus2an supaya nempel trus di otak. tapi problemnya kan waktu mepet sementara materinya banyak. Dari tutor zenius solusinya gmana? kira2 metode yg efektif untuk mereview dan menguasai suatu materi gmana? trus lebih efektif mana, setiap mapel dipelajari secara bergiliran atau fokus kuasai smua materi dari mapel tertentu klo sudah selesai ganti ke mapel lain? Terima Kasih

    • Muhammad Ravi

      kalo gw sih dalam 1 minggu gue biasanya mantepin matematika 3 bab ,fisika 1 bab sama TPA ,sambil diselingi sama bahasa indonesia ato inggris ,terus minggu berikutnya gue ganti materi fisika sama kimia 2 bab + review pelajaran minggu lalu yang udah rada2 lupa.(bisa dibilang gw 2 minggu sekali ada review)

      Terus menurut gw tips untuk menguasai pelajaran lo jangan fokus kuasai smua materi dari mapel tertentu klo udah selesai pindah ke mapel lain,jujur pas pertengahan januari gw ngikutin cara gitu untuk belajar kimia karbon sampe kimia lingkungan (2 minggu full) dan hasilnya pun kagak efektif pas pertengahan maret udah lupa dan harus ngulang lagi,terbuang percuma deh 2 minggu yang berharga 🙁 dan gw harus rela gak nguasain fisika optik untuk belajar kimia karbon sampe lingkungan lagi.

  • April Nica

    kak glenn soal dan pembahasan sbmptn eko 2014 ga adaa. tolong lengkapin donggg kaa

  • kak tambahin skala prioritas untuk mata pelajaran yang kira-kira bakal keluar dong selain sejarah sama matematika. Terutama untuk IPS, hehe..

  • Getta

    thanks kak,
    mau tanya video geografi yang litosfer kok sekarang enggak ada lagi ya kak? Trims. 🙂

  • Nur Fatimah

    Bang,itu teori sosiologi sbmptn cuma segitu? Perasaan teori sosiologi ada banyak deh.. :/

  • Usamah Jundi A

    Bang ane numpang nanya bang, ane suka gini kalo belajar :

    Lagi belajar > Lost Focus > Nge Blank> Tau tau udah ngelakuin hal lain.
    gimana nih bang tips nya supaya bisa konsentrasi pas belajar?

    ngomong-ngomong, hasil TO beneran bisa jadi acuan gak sih untuk milih PTN? saya gak terlalu percaya soalnya pengalaman ngerjain soal di buku2 persiapan SBMPTN relatif lebih susah

    thanks in advance,

  • Kiki Aprilla Rusmana

    Kak, saya jurusan IPA. Tapi pas sbmptn nanti mau langsung prodi IPS aja karena saya minat dengan jurusan ilmu komunikasi. Pas snmptn saya lintas jurusan ambil ilmu komunikasi juga. Menurut kakak gimana? Apa saya sebaiknya ampil IPC aja? Terima kasih.

  • Andri Rosdian Fauzi

    Geografi kayaknya perlu ditambah kak materinya 🙂

  • Ary Lades

    Bang teori ttg hukum kepler berapa ya kodenya, dicariin kok ngak ada? thanks

  • april

    Kak gua udh join nih sma zenius tapi gua gk ngerti cara bljrnya. Yang harus beli voucher atau bljr pke cd. Gmn sih tolong jelasin

  • Mizzart Al Fatih

    bang kan di soal tpa itu ada matematika dasarnya, itu belajarnya di bab yg mana ya?

    • lha itu kan udah dikasih link-nya di atas, tinggal diklik aja 🙂

  • anon

    bang mau minta saran ni aku kan udah keterima snmptn didaerah, di univ yg bagus lah... tapi aku masih mau nyoba masuk lwt jalur mandiri di univ yg di jakarta krn masih labil sama jurusannya dan tempat tinggal yg kejauhan. menurut abg gmn? aku terima aja atau aku harus nyoba aja dulu ikut tes mandiri? thnks..

    • sebaiknya snmptn itu kamu ambil sbg bentuk tanggung jawab kamu karena sudah memilih jurusan tsb, kasihan nanti adik2 kelas SMA kamu yg akan kena imbasnya tahun depan krn sekolah kamu kena "blacklist". Seharusnya sblm memilih jurusan di snmptn itu dipikirkan baik2 dulu, karena konsekuensi gak ngambil cukup merugikan pihak sekolah maupun adik2 kelas kamu.

  • Pranayadna Afif Pradhana

    Kak Glenn maaf klo out of topic. Mau nanya, kan pas tes SBMPTN tu kan ada milih universitas dan jurusannya untuk pilihan 1,2,3. Nah ada triknya gak sih, kak? Soalnya pengalaman taun lalu pil 1 ITB, pil 2 UGM, pil 3 Undip jurusan teknik elektro semua gak da yg ktrima. Salah gak tuh?

    • Pilihan 1: isi dengan yang paling realistis karena 80% kuota kursi semua jurusan akan terisi oleh orang yg menempatkan jurusan tsb sbg PILIHAN PERTAMA. Bisa keterima di pilihan 2 & 3 itu peluangnya jauh lebih kecil, tapi tetep kamu jangan sembarangan milih pilihan 2 dan 3 yah.

      • Pranayadna Afif Pradhana

        Madsudnya pil 2 & 3 jangan sembarangan itu gimana ya, kak? Apa milihnya harus universitas yg rangkingnya dibwh pil 1? Atau gmn? Mksh kak sebelumnya...

        • pilihan 2-3 : relatif yg peminatnya lebih sedikit dari pilihan 1. tapi gak boleh sembarangan, maksudnya: kalo kamu keterima di pilihan 3, gak boleh nyesel karena itu adalah pilihan kamu sendiri.

  • Arie Syihab

    begini, saya mau ikut tes sbmptn IPC,, nah itu kan disuruh pilih 3 PRODI , katanya urutan menentukan Prioritas. kebetulan saya lulusan IPS.
    rencana awal saya, saya mau pilih begini

    -Teknik Informatika
    -Ilmu Hukum
    -Kehutanan

    nah, yang bikin saya galau, kemarin temen saya bilang begini..

    "kalau pilih urutan PRODI itu yang pertama bagusnya sesuai jurusan pas SMA, soalnya kalau yang Prioritasnya beda jurusan, misal gak lolos yang pertama, otomatis gak lolos 2 lainnya"

    kira-kira itu benar gak yah? tolong bantuannya

  • adrian

    Kak Glen, gue mau nanya. Ada jurusan yg daya tampungnya besar dan peminatnya dr tahun ketahun ga terlalu banyak dibandingkan dgn jurusan lain yg ada di kampus tersebut. tapi gue liat di web resmi kampusnya, jurusan tersebut tingkat kesusahan relatifnya sangat tinggi dan passing gradenya (walaupun gue ga percaya PG) tinggi jg. nah menurut Kak Glen gue lebih baik bergantung ke data statistik yg mana ya?

    • kalo itu adalah data statistik yg diluncurkan website resmi kampus tersebut, ya berarti harusnya bener. lebih baik percaya data dan statistik daripada opini orang lain.

      • adrian

        di usm.itb.ac.id ada daftar tingkat kesulitan relatif (TKR). kalo pake perbandingan kuota kursi dgn peminat, FTI diatas 5% (lebih besar daripada mayoritas jurusan lain). tp di daftar TKR, FTI paling tinggi tingkat kesulitannya. kak glen ada ide ga, kenapa hasil kedua data tersebut berbanding terbalik?

  • candrara

    Kak, ada update soal prediksi sama video pembahasan SBMPTN 2015, nggak ya Kak?

    • sorry nih, kita gak bikin soal prediksi utk tahun ini. kalo mau, kamu latihan soal aja dgn soal2 sbmptn thn2 lalu.

  • Santosa

    bang saya mau tanya kalau soal2 d zenius.net banyak yang keluar ga y pas sbmptn

    • kan kamu bisa menilai sendiri dari soal2 sbmptn thn lalu apakah sama dgn soal2 yg zenius berikan. tuh link-nya semua udah tersedia di atas, coba diulik2 aja. 🙂

  • Blue

    Numpang nanya :D.Pas SBM misal saya gak lolos di pilihan 1, terus pilihan ke-2 ternyata kuotanya dah habis diisi sama orang" yang naruh pil.2 saya di pil.1nya mereka, tapi nilai saya lebih tinggi dari beberapa orang, apakah saya tetep bisa masuk pil.2 dengan menyisihkan orang lain, atau saya tetep gak bisa masuk karena kuotanya dah habis duluan ?

  • Thomas Indra

    Kak, emang bener ya katanya lokasi ujian ngaruh ke peluang diterima di ptn? Misalnya klo milih ITB, peluang keterimanya bakal lebih gede klo pilih panlok di bandung drpd di jakarta. Mohon konfirmasinya kak 🙂

  • siti

    ka tambah video geografi dong buat sbmptnnya

  • Hems

    kak glen, antara teknik fisika UGM ama teknik fisika ITS, diutamakan yang mana dulu nih. Terus kalo gue misal pilih fmipa ITB, tekfis UGM, ama tekfis ITS bener gak urutannya?

  • Elsa

    kak mau nanya nih. kan di SBMPTN kita bisa milih 3 prodi lagi nih sekalian sama 3 universitas yg berbeda asalkan salah satu pilihan kita itu harus berada dalam satu wilayah tempat kita tes kan?
    nah, yang aku mau tanya nih pilihan pertama kita itu yang jadi prioritas bukan sih?

  • kevin

    Bg, materi fisika yg kemungkinan kluar di sbmptn 2015 materi mana yaa???

  • lili aulia

    Ka request frekuensi bahan materi yang keluar di soal-soal SBMPTN 4 tahun ke belakang dong. yg TPA sma SOSHUM, SAINTEK juga deh sekalian buat yg laen jugaa. Plissssss banget, soalnya waktunya udah mepet banget kalo ngejar semua materi di H-11 ini

  • Nurlita Hapsari

    kak glenn yg materi geografi pengindraan jauh&SIG ga ada?
    udah ngubek2 ga ada nih??

  • Auzan Widhatama

    Kak mau nanya, ini aku baru mulai kelas 12. Aku mau nyiapin dr sekarang tapi kan aku blm belajar pelajaran kelas 12 nya. Sedangkan di artikel yg 7 strategi itu langkah pertamanya hrs coba kerjain dulu. Jadi gimana dong kak?

  • Nadhira

    Kak mau nanya, aku anak alumni yang mau nyoba lagi thn depan. lagi bingung nih, kan thn ini kurikulumnya kurikulum 2013, apa nanti soal2 sbmptnnya akan beda juga? jadi apa lebih baik belajarnya mulai dari materi zen kelas 10 yang kurikullum 2013 ato materi sbmptnnya aja??

  • Cahyo Adi Putra Kusuma

    bang mau tanya, misalnya kalau waktu SNMPTN milih ITS dan UB, trus ketrimanya di UB, lalu waktu SBMPTN ikut lagi milih ITS sama UB lagi gimana bang?

  • Lilis

    Keren!

  • Riswandha Imam

    Mau nanya nih kak. Buat belajar SBMPTN FIsika, yang dipelajari itu yang teori ringkas atau yang lengkap.Terus apa sih bedanya materia yang singkat sama yang lengkap. Bingung aja kak. Kalo mau start, takut bingung nanti ditengah jalan. makasih ka.

  • Juliade Putra

    bang glen kupas tentang jurusan filsafat dong kayaknya menarik tuh.

  • yudhis

    wookkeey , thanks bang for this holy guide book ... mmm "site" I mean :)))
    hope it can guide me for my stuudy :)))

  • nesa

    demi apa gue nyesel banget baru pake zenius H-60 UN dan H-90 SBM. rasanya pengen nangis, tapi gue coba buat ngejar materi yang harus gue kuasain secepatnya.
    gue percaya penuh sama zenius, kalo zenius bakal jadi salah satu usaha gue buat tembus PTN.

  • Abdullah Hamsani

    Komen ke-100