Kupas Tuntas Fakultas Teknik UGM

Kupas Tuntas Fakultas Teknik UGM

Hai Zenius fellows, khususnya kelas 12 atau Alumni, sekarang pasti makin kotar-katir ya menghadapi tes masuk PTN. Udah mantep belum dengan pilihan jurusan dan universitasnya? Untuk ngebantu lu nimbang-nimbang mau masuk universitas mana, sebelumnya Zenius Blog udah sempat mengulas dunia perkuliahan di Universitas Indonesia dan kampus ITB. Nah, gue jadi tertarik buat mengulas perkuliahan di kampus gue dulu, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM).

Perkenalan dulu deh ya. Nama gue Peter Lunando, dipanggil Peter. Gue merupakan lulusan Teknik Elektro, UGM. Sekarang gue aktif di Zenius sebagai Zenius Club Tutor. Kalo lo biasa nongkrong di Zenius Club, mungkin lo udah sering liat gue jawabin pertanyaan di forum Fisika dan Matematika.

Oke, sedikit pengantar dulu ya tentang UGM. Mungkin udah pada tau, UGM merupakan universitas yang berlokasi di Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar. Sehebat apa sih UGM sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia? Ya bisa dilihat dari lulusan-lulusan UGM yang hebat. Siapa aja? Presiden RI sekarang, Jokowi, adalah alumni Fakultas Kehutanan. Anies Baswedan (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita sekarang) dan Boediono (mantan wakil presiden kemarin) itu alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Tau Sultan Yogyakarta yang sekarang? Beliau juga alumni UGM. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga alumni UGM. Menteri juga udah banyak banget yang almamaternya UGM.

Gimana dengan peringkat universitas? UGM bersama UI dan ITB suka ganti-gantian jadi universitas peringkat satu nasional.

alumni ugm
Jokowi muda, aktif jadi anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Silvagama Fakultas Kehutanan UGM. Anies Baswedan muda, jadi Ketua Senat Mahasiswa UGM 92/93

 

Apa sih yang unik dari UGM?

UGM itu terkenal dengan sebutan kampus kerakyatan. Kok bisa?

Alasan pertama itu karena keberagamannya. Di UGM, lu bisa nemuin mahasiswa yang asalnya dari Sabang sampai Merauke. Tiap angkatan pasti ada anak yang dateng jauh-jauh dari ujung Indonesia buat menuntut ilmu di UGM. Selain mahasiswanya beragam, fakultas dan jurusannya banyak banget. Gue udah kuliah hampir 4 tahun aja belum bisa nyebutin langsung seluruh fakultas dan jurusan di UGM.

Alasan kedua itu karena jas almamaternya. Pernah liat almamater dari UI, ITB, ITS, dan lainnya? Mentereng dan keren banget kan, apa lagi UI (yellow jacket cuy). Tapi kalo UGM warnanya aneh sendiri. Konon katanya warna almamater UGM itu adalah warna karung goni (coklat-coklat butek gitu). Terus modelnya juga itu-itu melulu, kaya jas biasa, ngga modis banget.  Kenapa sih warnanya kaya gitu? Konon katanya, warna karung goni mencerminkan perjuangan rakyat Indonesia, yang dulu saat dijajah Jepang rakyat Indonesia hanya mampu membuat pakaian dari karung goni. Jadi, mahasiswa-mahasiswa UGM itu akan selalu ingat dengan perjuangan Indonesia.

karung goni

 

Sejarah UGM

Tau ngga kalau UGM itu merupakan universitas pertama di Indonesia. Awalnya sebelum menjadi Universitas, UGM terdiri dari beberapa perguruan tinggi yang pada akhirnya tanggal 19 Desember 1949 ditetapkan menjadi Universitas. Awalnya, fakultasnya baru ada 6, meliputi Teknik, Kedokteran, Pertanian, Kedokteran Hewan, Hukum, sama Sastra dan Filsafat. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Rektor pertamanya adalah Prof. Dr. M. Sardjito, yang namanya menjadi nama rumah sakit di Yogya. Luas wilayah UGM mencapai  183,36 hektar.

Peta UGM

Visi:

Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi:

Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Fakultas dan Jurusan di UGM

Buat fakultas dan jurusannya, gue batesin untuk program sarjana aja ya. Kalo mau tau yang lain-lainnya cek di sini aja um.ugm.ac.id. Total fakultasnya sekarang udah ada 18. Jurusannya kalo gue ga salah itung itu ada 67. Ini listnya:

  • Fakultas Biologi
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis
    • Jurusan Ilmu Ekonomi
    • Jurusan Manajemen
    • Jurusan Akuntansi
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Filsafat
  • Fakultas Geografi
    • Jurusan Geografi dan Ilmu Lingkungan
    • Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh
    • Jurusan Pembangunan Wilayah
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya
    • Jurusan Pariwisata
    • Jurusan Antropologi
    • Jurusan Arkeologi
    • Jurusan Sastra Asia Barat
    • Jurusan Ilmu Sejarah
    • Jurusan Sastra Indonesia
    • Jurusan Sastra Inggris
    • Jurusan Sastra Jepang
    • Jurusan Bahasa Korea
    • Jurusan Sastra Nusantara
    • Jurusan Sastra Prancis
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Jurusan Politik dan Pemerintahan (sebelum tahun 2010 bernama Jurusan Ilmu Pemerintahan)
    • Jurusan Hubungan Internasional
    • Jurusan Manajemen & Kebijakan Publik (sebelum tahun 2010 bernama Jurusan Ilmu Administrasi Negara)
    • Jurusan Komunikasi
    • Jurusan Sosiologi
    • Jurusan Pembangunan Sosial & Kesejahteraan (sebelum tahun 2010 bernama Jurusan Sosiatri)
  • Fakultas Kedokteran
    • Jurusan Pendidikan Dokter
    • Jurusan Ilmu Keperawatan
    • Jurusan Gizi Kesehatan
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Kehutanan
    • Jurusan Manajemen Hutan
    • Jurusan Budidaya Hutan
    • Jurusan Teknologi Hasil Hutan
    • Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan
  • Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
    • Jurusan Fisika
    • Jurusan Kimia
    • Jurusan Matematika
    • Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika
  • Fakultas Pertanian
    • Jurusan Budidaya Pertanian
    • Jurusan Perlindungan Tanaman
    • Jurusan Tanah
    • Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
    • Jurusan Mikrobiologi Pertanian
    • Jurusan Perikanan
  • Fakultas Peternakan
    • Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak
    • Jurusan Produksi Ternak
    • Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan
    • Jurusan Teknologi Hasil Ternak
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Teknik
    • Jurusan Arsitektur
    • Jurusan Teknik Fisika
    • Jurusan Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    • Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
    • Jurusan Teknik Geologi
    • Jurusan Teknik Mesin
    • Jurusan Teknik Nuklir
    • Jurusan Teknik Industri
    • Jurusan Teknik Kimia
    • Jurusan Teknik Sipil
  • Fakultas Teknologi Pertanian
    • Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian
    • Jurusan Teknik Pertanian
    • Jurusan Teknologi Industri Pertanian

 

Lebih dalam tentang Fakultas Teknik UGM

Karena fakultas dan jurusannya banyak banget, kali ini gue mau ngebahas tentang Fakultas Teknik aja ya berhubung gue dulu emang kuliah bernaung di bawah FT UGM. Teknik UGM itu fakultas yang menerima paling banyak mahasiswa baru per angkatannya loh, bisa mencapai 1500 mahasiswa per tahunnya. Macam-macem jurusannya tinggal liat diatas ya. Kalu masuk ke kampus teknik yang pertama kali keliatan pasti tugu teknik yang bentuknya kubus.

tugu teknik

 

1. Jurusan Arsitektur dan Perencanaan

Arsitektur adlaah jurusan yang paling “nyeni” atau artistik di teknik. Liat aja di kampusnya, ada taman yang bagus dan rapi. Biasanya, di teknik terkenal kalau cewenya sedikit, kalo jurusan Arsitektur, cewenya banyak kok, tenang aja. Sesuai namanya, jurusan Arsiteksur dan Perencanaan memiliki 2 program studinya, yaitu Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota (PWK). Kalo arsitektur tau dong, kerjaannya merancang bangunan, gedung, dan sebagainya. Kalo PWK lingkupnya lebih luas, seperti merancang real-estate, kota, atau wilayah (memperhitungkan letak atau lokasi dengan memperhatikan aspek kependudukan dan sosial-ekonomi juga).

http://archiplan.ugm.ac.id/

arsi ugm

 

2. Jurusan Teknik Kimia

Nah, ini jurusan yang sering kali dibingungin antara Kimia Murni dan Teknik Kimia. Mudahnya gini, Kimia Murni fokusnya menemukan sesuatu yang baru (discover), seperti mencari material baru atau pemrosesan yang baru. Sedang untuk Teknik Kimia, fokusnya adalah memanfaatkan material baru tersebut atau mengefisienkan pemrosesan sesuatu. Jurusan ini merupakan jurusan teknik di UGM yang pertama kali menerima akreditasi international dari Institution of Chemical Engineering (IChemE), lembaga akreditasi untuk teknik kimia yang pusatnya di London.

http://chemeng.ugm.ac.id/

 

3. Jurusan Teknik Fisika dan Nuklir

fisika ugmTeknik Fisika dan Teknik Nuklir bertempat di gedung yang sama, walau jurusannya berbeda. Teknik Fisika itu cabang ilmu yang menjembatani fisika murni dan teknik. Kalo fisika murni, lu bakal lebih banyak belajar konsep, kalo Teknik fisika lo bakal fokus ke bagian fisika yang lebih aplikatif. Kalau di UGM, Teknik Fisika bakal belajar banyak tentang kontrol, sensor, dan otomasi. Buat Teknik Nuklir jelas dong bakal belajar apa aja. Intinya tentang reaksi nuklir dan radiasi. Di Indonesia, pendidikan teknik nuklir di tingkat sarjana hanya ada di UGM loh. Isu-isunya di dekat kampus Teknik Fisika dan Nuklir ada hewan mutan hehehe...

http://tf.ugm.ac.id/

 

4. Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JTETI)

Jurusan ini terdiri dari dua prodi, yaitu Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Untuk sekarang, JTETI sedang kebingungan karena jumlah mahasiswa dan karyawan yang tinggi tidak didukung dengan fasilitas gedung yang memadai. Jadi, saat ini beberapa kelas masih numpang dengan gedung MM UGM (Magister Manejemen). Tapi hal ini enggak membuat mahasiswanya putus asa, tetap banyak prestasi-prestasi yang diperoleh, dari lomba PLC (programmable logic controller), robot, dan IT. Untuk prodi Elektro terbagi atas dua konsentrasi yang dipilih saat semester 4, yaitu Arus Kuat dan Arus Lemah. Arus Kuat lebih fokus ke transmisi dan distribusi listrik. Untuk Arus Lemah, nanti terbagi lagi menjadi elektronika, kontrol, telekomunikasi dan pengolahan isyarat. Kalo untuk teknologi informasinya konsentrasinya ditentukan dengan mata kuliah pilihan yang diambil.

http://te.ugm.ac.id/

 

5. Jurusan Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi didirikan pada Agustus 1959 yang merupakan gabungan antara geodesi dan geologi. Mahasiswa Teknik Geologi akan fokus mempelajari bumi, mulai dari berbagai jenis batuan di bumi, lipatan bumi, hingga fosil untuk menentukan suatu wilayah itu dulunya mengandung potensi sumber daya alam apa aja. Makanya Teknik Geologi lekat banget sama minyak dan pertambangan sehingga prospek kerja dari jurusan ini bergengsi tinggi. Teknik Geologi UGM akan terbagi atas tiga konsentrasi, yaitu Geologi Sumberdaya Mineral, Geologi Sumberdaya Energi, dan Geologi Lingkungan. Teknik Geologi isinya anak lapangan semua nih, ya gimana mau mempelajari bumi kalo ngga liat langsung. Banyak nih anak geologi yang pas masuk gendut, setelah kuliah beberapa tahun jadi kurus hehehe..

http://geologi.ugm.ac.id/

 

6. Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI)

arjunaJurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri adalah dua program studi yang beda banget orang-orangnya, tapi satu gedung. Yang satu (Teknik Mesin) isinya cowo semua, yang satu lagi (Teknik Industri) julukannya "jurusan IPA tapi lebih banyak mata kuliah IPS". Walaupun begitu, keduanya erat banget dengan urusan perbengkelan otomotif. Teknik Mesin jauh lebih dalam mendalami konsep matematika dan fisika yang kaitannya dengan permesinan. Di sisi lain, Teknik Industri banyak matkul berbau entrepreneur. Anak industri tidak hanya diajarkan sisi teknis, tapi juga bagaimana bisa membuat segala sesuatu dengan lebih efisien, baik dari segi sistem, biaya, waktu, dsb, sehingga bisa memberi keuntungan lebih dan menekan biaya yang dibutuhkan. Nah, kedua jurusan ini sering berkolaborasi yang terkenal menghasilkan mobil-mobil yang sering menang lomba. Tiga yang terkenal adalah Arjuna, Bimasakti, dan Semar. Arjuna (yang ada di gambar) sering mengikuti lomba yang berhubungan dengan mobil listrik, Bimasakti bermain di kecepatan dan endurance, sedangkan Semar berprestasi dalam efisiensi bahan bakar. Jadi kalau elu mau berkontribusi dalam salah satu tiga tim tersebut, jangan ragu-ragu masuk JTMI :).

http://pstm.ft.ugm.ac.id/ dan http://psti.ft.ugm.ac.id/

 

7. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil paling keliatan sibuk kalo elu ke kampus Teknik. Nemuin anak-anak sipil gampang banget, di selasar teknik pasti ada anak sipil yang lagi sibuk gambar-gambar atau ngukur-ngukur. Mereka ke mana-mana pasti bawa tabung gambar. Kalau anak arsitektur kerjaannya nge-desain gedung, anak sipil kerjaannya lebih ke perencanaan pembangunannya, seperti bahan apa yang dibutuhkan, harganya, cara konstruksi, dan sebagainya. Di Fakultas Teknik UGM, ada kantin pusat yang letaknya di tengah-tengah FT tapi setiap jurusan biasanya memiliki kantin juga. Nah, kantin sipil merupakan kantin yang paling bagus diantara kantin-kantin jurusan lainnya, jadi nutrisi anak-anak sipil terjaga nih :p.

http://tsipil.ugm.ac.id/

teknik sipil ugm

 

8. Jurusan Teknik Geodesi

geodesiDulu, Teknik Geodesi merupakan bagian dari prodi Teknik Geologi. Lalu, pada tahun 1962 cerai menjadi dua jurusan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0214/U/1979. Anak-anak Geodesi juga gampang nih ditemuin di teknik, sama seperti anak sipil. Kerjaannya buat pemetaan bumi. Kalo elu masuk ke FT UGM, hati-hati deh di sekitar jalanan banyak anak geodesi dengan theodolite-nya. Theodolite adalah alat yang digunakan untuk mengukur sudut pada bidang horisontal dan bidang vertikal yang nantinya data-datanya digunakan untuk pembuatan peta. Jadi, anak geodesi ngga mungkin deh lepas sama peta-peta bumi.

 

KKN di UGM

Ok terakhir nih, salah satu yang menarik dari kuliah di Jogja, khususnya UGM, adalah adanya KKN atau Kuliah Kerja Nyata. KKN itu gampangnya begini, kita sebagai mahasiswa Indonesia, rasanya bakal lebih keren kalo bisa terjun ke desa-desa sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat. Nah, KKN memberi kesempatan pada para mahasiswa untuk menerapkan ilmu-ilmu yang udah dipelajari pas kuliah. Sekitar 30 mahasiswa dari berbagai macam fakultas dan jurusan membentuk sebuah kelompok. Dengan bantuan dosen pembimbing lapangan dan UGM, mereka memilih satu tempat untuk berkarya. Pemilihan tempatnya bisa dipilihkan oleh kampus, atau miliih sendiri. Ada loh yang KKN sampai ke Papua. KKN kemarin, gue mengunjungi desa Kulur, kecamatan Temon, Kulon Progo, DIY. Selama KKN, gue dan teman-teman membantu pembangunan jembatan dan penerangan jalan di desa tersebut.

kknugm

****

Oke, itu tadi cerita gue tentang UGM. Semoga dengan ulasan gue barusan, lu makin semangat buat kuliah di UGM, khususnya di Fakultas Tekniknya, dan merasakan suasana kerakyatan di kota pelajar. Sebagai penutup, gue mau kasih liat video dokumentasi kegiatan PPSMB PALAPA UGM, yaitu rangkaian kegiatan ospek yang bakal lu ikutin kalo jebol masuk jadi mahasiswa baru UGM. Semangat yah 🙂

 

Referensi
sumber gambar
jokowi: http://kabar24.bisnis.com/read/20131026/77/183059/jokowi-ternyata-jago-naik-gunung-saat-kuliah-di-kehutanan-ugm
anies: https://twitter.com/bemkmugm/status/501564689260617728
peta kampus: http://www.ugm.ac.id/id/tentang-ugm/1494-peta.kampus
tugu teknik: http://www.panoramio.com/user/1282774/tags/UGM
arsi: https://asanggiasari.wordpress.com/tag/postaweek2011/
fisika: https://nukers2002.wordpress.com/2007/12/17/sejarah-teknik-nuklir-ugm/
arjuna: http://pstm.ft.ugm.ac.id/update/Arjuna.html
sipil: https://sipilugm.wordpress.com/gallery/
geodesi: http://madengurah.blogspot.com/2014/03/mengenai-teknik-geodesi-dan-geomatika.html

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau nanya lebih lanjut sama Peter tentang dunia perkuliahan UGM, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Peter adalah programmer muda di Zenius Education. Peter mengambil gelar Sarjana di Fakultas Teknik, Jurusan Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada.

Follow Peter at @peterlunando

  • Guest

    bismillah teknik mesin!!

  • kak,teknik elektronya ugm mulai penjurusan arus kuat/arus lemah(kontrol,telekomunikasi,elektronika) di semester berapa?
    oh ya ngomong" kakak sendiri teknik elektro penjurusan apa kak hehe

    • Peter Lunando

      Semester 3 pembagian konsentrasi Arus kuat atau arus lemah
      semester 4 arus lemah dibagi menjadi elektronika, kontrol, dan telkom
      semester 6 kontrol dibagi menjadi pengolahan isyarat dan kontrol

      gue masuk ke pengolahan isyarat 🙂

      • Adri Pratama New

        hallo mas,... kalo masuk di UGM jurusa elektro ,.. biasanya persyaratannya apa aja si mas?

        aku lulusan SMK Wiworotomo Tahun ini sekarang lagi UN jurusan Elektro,.....
        Pinginnya si Masuk Di UGM

        tolong jawabannya Thanks 🙂

  • Sahrul HS

    kak, emangnya di ugm nggak ada teknik informatika ?

    • ada tuh di fakultas mipa, jurusan ilmu komputer dan elektronika (mirip2)

      • Sahrul HS

        Ohh sama aja yeahh ?

    • Peter Lunando

      Ada kok masuk salah satu prodi di Jurusan teknik elektro dan teknologi informasi
      prodinya teknologi informasi

      • Momoka Duw Noir

        permisi kak, numpang tanya
        antara prodi teknologi informasi dan teknologi informatika itu bukannya beda ya?
        terus kalo di UGM untuk menjurus ke teknologi informatika caranya gimana?
        trims 🙂

  • william

    kak, aku mau nanya, tapi maaf ya kak kalau oot...
    aku kan kemarin ikut olimpiade kimia dari jakarta pusat, puji Tuhan, saya lolos, dan dapat ikut pra osp dki jakarta. tapi, saya hanya sampai pada pra osp tersebut. nah saya mau nanya, kalau sudah sampai pada tahap pra osp, sertifikat yang akan diperoleh itu tingkatannya apa? kabupaten, atau provinsi?
    mohon dijawab ya kak, terimakasih 🙂

  • Fathia Azzahra

    videonya keren banget sumpah ..

  • Shary Devy Agashya

    kak, teknik nuklir tuhh prospek kerjanya gmna??

    • Peter Lunando

      Kalau mau perkerjaan yang berhubungan dengan teknik nuklir langsung memang masih belum ada buat di Indonesia. kalau bisa ke luar negeri, sangat dibutuhkan karena masih dalam perkembangan terus.
      Kalau untuk pekerjaan yang enggak terlalu berhubungan dengan teknik nuklir, anak-anak teknik nuklir masih bisa masuk ke perusaan minyak, tambang, dan energi 🙂

      • AlbaihaqiOS

        iya kak , kalau di Teknik Nuklir susah dan seru gk kak ?
        lulusannya lama-lama gksih ? maf nih kak bnyak tanya cuma pengen tau kondisi dan suasananya kaya gimana soalnya saya tertarik sama Jurusannya.

  • Noviana Damayanti

    request universitas lain juga dong kak

  • Ralfi

    Kak UM UGM itu dibuka pendaftaran online nya kapan kak? 🙂

  • arum

    kak, mau tanya prospek jurusan kimia mipa itu gimana ya?

    • Peter Lunando

      kalau untuk prospek kerjanya, biasanyaluslusan teknik kimia itu jadi
      process engineer, yang dalam industri manufaktur mengurus proses pengolahan dari bahan mentah ke produk
      masuk ke bidang energi juga bisa 🙂

    • Dion Teddy Sebastian

      ah masih mikirn prospek aja,gue aja yang teknik geologi gue tinggalin bro

      • Bella Nurdiyanti

        Memang kenapa ditinggalin?

  • Wulan Ningsih

    Kak izin tanya dong
    Ga ada hubunganya sama teknik sih hehh di FIB bedanya jurusan Sastra Indonesia sama Jurusan Sastra Nusantara apa tuh? Nah kalo Korea kok bahasa yaa bukan sastra?
    Terimakasih:)

    • Peter Lunando

      Bedo dong 🙂 kalau sasindo (sastra indonesia) lebih ke bahasa indonesia sama melayu
      tapi kalau sasnus (sastra nusantara) ke bahasa daerah
      kalau bahasanya, lebih kearah mempelajari bahasa korea, memang engga ada di ugm untuk sastra korea 🙂

  • Atika Pramesti Setiawani Novem

    kak kalau yang SMK nya SMK farmasi masuk fakultas kedokteran emang boleh??
    dari beberapa orang yang saya tanyakan katanya lulusan smk farmasi tidak bisa masuk atau ke terima di fakultas kedokteran ?
    kenapa ya ka ?

  • Akhlis Ilham Pascaputra

    merinding liat videonya gaess... semoga di tahun 2015 ini dapat diterima di salah satu jurusan di fakultas teknik... amiin..

  • Haykal Nabhan Alta

    Ka klo Fisika mipa ugm gimana prospek kerjanya? Dan prodi peminatan di Fisika mipa ada apa aja?

    • Haykal Nabhan Alta

      Eh btw maap yaa kak saya tiba2 minta bahas yg bukan teknik hehe

  • Haykal Nabhan Alta

    Ka mau tanya dong soal prodi di fisika mipa ugm dan program peminatan difisika ugm itu gimana?

  • Darry

    tuyj

    • Peter Lunando

      hmm dulu pas gue sharing sama anak ellins, memang mirip banget sama teknik elektro kosentrasi arus lemahnya. kalau dilihat dari peminatan di ellins malah mirip banget sama teknik elektro arus lemah.
      http://elins.fmipa.ugm.ac.id/web/peminatan/
      kalau untuk prospek kerjanya, ellins mirip dengan teknik elektro arus lemah, bisa di industri manufaktur dan kawan-kawannya. Kalau dilihat luasnya, sama-sama luas sih prospek kerja ellins, teknik elektro (arus lemah) dan teknik mesin. jadi kalau kerja aman 🙂

  • Darry

    Bang, tolong jurusan elektronika dan instrumentasi (ELINS) dong!
    Tadinya
    sempet milih Teknik mesin UGM tapi setelah pertimbangin bbrp hal
    akhirnya pilihan I snmptn milih Elins, pilihan II yg teknik mesin.
    Temen2 pada bilang Elins gajelas lah apa lah. Galaunya baru skrng nih...
    hahaha
    Oiya bang prospek kerja Elins apa aja yaa? Apakah sama luasnya dgn Teknik mesin?
    Makasih

  • Asifa Mufidha

    Merinding nangis liat videonya, semoga tahun ini ada di video itu hehe

  • arum

    kak, kalau yang kimia mipanya yg bukan teknik prospeknya gmna? 🙂

  • Muning

    kak kenapa filsafat dijadikan satu fakultas aja? kan biasanya digabung ke FIB. emangnya ada peminatan lain ya kak di fakultas filsafat selain filsafat murni?

    • Yuska Tribe

      filsafat di ugm dijadikan pusat pembelajaran filsafat nusantara, kurang lebih ugm jadi tempat bernaung filsafat indonesia

  • Afif

    Kak mau nanya kalo prospek kerja teknik elektro itu dimana aja sih? Sama prospek kerja elektronika dan instrumentasi?

    • Peter Lunando

      kalau dilihat dari peminatan ellins, mirip ya dengan teknik elektro arus lemah
      jadi ga jauh beda antara ellins sama arus lemah
      kalau untuk prospek kerjanya luas banget, bisa masuk manufaktur, energi, minyak, tambang, dan kawan-kawannya 🙂

  • Hasbi Diqi

    kapan2 yg fisip dong kak 🙂

    • Peter Lunando

      okay, nanti kalau lagi main ke jogja gue bahas coba bahas sama temen-temen fisip 🙂

      • Hasbi Diqi

        ditunggu y kak... 🙂

  • Diyos Widhi

    kak, nanya dong, kalo tf nanti fisikanya kan aplikasi, aplikasinya itu dimana? mesin kah? atau apa?

    • Peter Lunando

      teknik semuanya aplikasi ilmu
      kalau untuk tf, luas banget. banyak ke instrumentasi, kontrol, bahkan medis 🙂

      • Diyos Widhi

        tadi sudah cari cari tentang 'pelajaran' yang bakal dipelajarin, kaget ketika liat kalo tf nanti bakal mempelajari sistem pemrograman, ada apa dengan sistem pemrograman? kenapa kudu dibelajarin?

        • Peter Lunando

          jangan kaget sama pemrograman
          hampir (mungkin semua) teknik pasti ada kuliah pemrograman
          misal buat TF,
          teknik fisika, mau ke kontrol
          kalau kita mau kontrol mesin gimana selain bagian hardwarenya ? ya di program dong 🙂

          • Diyos Widhi

            oiya ya :v terus nanti pemrograman nya sampe mendalam banget apa khusus yang buat kontrol mesin aja? maaf sebelumnya kalo kepo banget :v

          • Peter Lunando

            ya tergantung, bisa dalem bisa engga. kalau untuk menggunakan alat-alat aja ga dalem. tapi kalau mau sampai desain alat dll bisa aja dalem

          • Dion Teddy Sebastian

            Teknik Fisika hampir melajari semua Teknik kecual geo,tapi ya itu salah satu kelemahannya emang iya sih jadi punya basic banyak tentang teknik tapi nggak sampe mendalam

  • elfandy

    kak di teknik informasi itu belajar apa sj yah?? trs kedepannya prospek kerjanya gmn? secerah jurusan teknik lainnya kah?

    • Peter Lunando

      kalau teknologi informasi di ugm belajar tentang pemrograman dan ada nyentuh elektronya dikit. kalau prospek kerja TI.. gini, sekarang perusahaan besar mana deh yang ga ada bagian IT (Information Technology) ? jadi anak teknologi informasi bisa masuk banyak perusahaan, tapi tentunya di bagian IT 🙂

      • elfandy

        kalo TI itu kebanyakan pelajari hardware atau software?? bedanya sama sistem informasi itu apa kak??

        • Peter Lunando

          banyak ke software nya 🙂

  • Adri Pratama New

    saya SMK Wiworotomo jurusan elektro,,.. kalo masuk UGM jurusan Elektro,. supaya masuk persyaratanya si ap aj ya ?

    • Peter Lunando

      cek ke http://um.ugm.ac.id/

      abis itu klik program sarjana abis itu pilih program studi

      nah untuk teknik elektro itu bisa SMA/MA IPA dan SMK/MAK yang sebidang

  • Tommy

    mau tanya nih, antara teknik mesin dan teknik elektro, ilmu pemrograman yg dipelajari bakal lbh dalem yg mana ya?

    • Peter Lunando

      setau gue semua teknik pasti belajar pemrograman dasar, kalau lebih dalam yang mana, tergantung peminatan setiap jurusan
      misal gue teknik elektro peminatannya pengolahan isyarat, itu mesti kuat programmingnya 🙂

  • Hary

    Kak di UGM ada teknik lingkungan gak sih? katanya teknik lingkungannya gabung ya sama teknik sipil?

  • al ansori

    Selamat malam, saya seorang mahasiswa teknik elektro medis di salah satu universitas Jakarta. Apakah Teknik elektro UGM ada program lanjutan dari D3 ke S1 mas? mohon infonya, terima kasih mas

  • Anggita Mahardika

    kak, bedanya ilmu komputer dan teknologi informasi apa selain beda fakultas?

  • sri rejeki

    kak.. bedanya teknik fisika sama geofisika sama teknik geofisika apanya yaa? yg dipelajarinya apa aja?

  • gevangga

    kalo pendaftaran gimna ya ka

  • rizal aminnudin

    bang gua mau nanya, kalo mau daftar ugm buat alumni itu lewat jalur apa yang bisa nglampirin sertifikat, soalnya kan aku pernah dapet juara pas lomba di d3 ugm taun 2014 kemarin. ditunggu balesnya bang, maksih

  • Yudhi Hervino

    om mau nanya, klo beda S2 teknik Sistem dengan Ilmu Komputer apa ya om?

  • disqus_RCOj8D2oJ3

    semoga bisa masuk ugm, ilmu komputer Aamiin

  • Devi

    Ka mau tanya, kalo teknik industri prospek kerjanya gimana? Terus yang biasanya dipelajari apa aja?

  • Murni

    kak apa di teknik elektro kemaren ada yang Kerja Praktek di Ciheras PT.LAN utk mobil listrik dan kincir angin punya mas Ricky?

  • Annisa Fakhma

    kak mau nanya dong. buat pwk itu ada ngitung2 nya gitu gak?

  • Yuliance Yu

    Hai. Kalo masuk fakultas teknik pertanian prospek kerja nya kira-kira kayak gimana?

  • Heni MP

    hai kak, mau tanya nih, prospek kerja yang pasti dari PWK itu apa ya??

  • iqbal hadi

    Kakk mau nanya.. kartografi dan pengindraan jauh belajarnya tentang apa kak..? Trimakasih..

  • Ghozy

    Vokasinya diitung fakultas ga nih bang, kan ada banyak juga jurusannya hampir 26 prodi kalo gasalah wkwk

  • Dwi Andri

    kak, kalo mau dapat jalur snmptn teknik nuklir kira kira apa aja yg harus diperkuat nilainya?

    • Ahmad fajar

      Fisika,kimia,indo
      Cmiiw
      ane juga pengen bgt masuk tek nuklir, semoga tahun 2016 dapet. Aamiin
      Mohon doanya

      • Balqis Sukma Pertiwi

        mtk juga, karena bakal belajar kalkulus 🙂

  • putra

    ano numpng tnya, itu teknologi informasi ugm itu sama kayak teknik informatika?

  • Yoanne Ayuningtyas Sania

    kak boleh kasi saran? kalau misalnya passion saya melukis, fisika, inggris, matematika kira-kira lebih condong teknik mana?
    teknik banyak optionnya, awalnya milih teknik informatika its terus tanya-tanya sana sini kalau tek informatika lebih menitik beratkan ke matematika logika tanpa ada fisika apalagi kimia....... apa harus masuk teknik fisika?

    • hilmi

      arsitektur , jangan takut banyak saingan toh mereka sama2 manusia 🙂

  • Yoanne Ayuningtyas Sania

    awalnya berpikiran bahwa teknik sipil sama PWK match sama passion saya, tapi dikarenakan banyak saingan akhirnya saya mengalah

  • ainul yaqin

    dik ... fakultas di perguruan-perguruan tinggi (swasta dan negeri) di negeri ini yang sudah mendapatkan akreditasi international dari Institution of Chemical Engineering (IChemE) mana aja ya ....? makasih sebelumnya ....

  • Yuan

    kak, untuk tahun 2016 untuk jurusan arsitektur apa ada test ujian menggambar? terimakasih sebelumnya.

  • Desi Prihantini

    kak, mau tanya kalo masa pendidikan di ft itu kira2 berapa lama kak? soalnya orang tua agak khawatir kalo masa pendidikannya lama.. terus kalo elins kira2 masa pendidikannya berapa tahun kak? (untuk standar S1) terimakasih..

  • Septyan France

    Bang, kalo mau masuk jurusan arsitektur bisa kalo gua pake kacamata??

  • ihsan

    Kak, kalo mau kerja di LHC atau mempelajari sub-atomik gitu kira2 masuknya fisika mana?

  • Muhammad Arsyad

    Fakultas pertaniannya bagaimana K?

  • Olivia Juanita

    Kak aku kan smk kimia analisis, bisa ga ikut snmptn di teknik kimia ugm?

  • Rimba Erlangga

    Kak. Di situ kan ada FMIPA Jurusan Ilmu Komputer sama Fak Teknik JTETI. Bedanya apa sih kak? Yg ngembangin software dan programming itu Ilkom apa JTETI?
    Lalu kl saya mau masuk situ, otomatis belajar elektronya juva ya? ngga bisa cuma ilkom/teknologi informasinya ya? Tolong jawab kk. Makasih 🙂

  • Sus Lasiyah

    Maaf kak mau nanya, kalo prospek kerjanya teknik fisika bagaimana ?

  • fransiska yuliyanti

    Kak, rencana mau ngambil teknik sipil untuk snmptn, tapi hanya punya sertifikat bahasa tingkat kota. Itu bisa berguna gak kak? Trus, biasanya persentase anak snmptn masuk teknik sipil ugm brapa?

    • Balqis Sukma Pertiwi

      Hai, mau bantu jawab nih. Kalo sertifikat aku ga tau, tapi kalo snmptn tahun kemarin kuotanya 80an (aku lupa persisnya 83 atau 85). Di angkatanku sekarang (2015) ada 164 mahasiswa, itu udah dikurangin sama yang pindah ke univ/ikatan dinas lain. Sebelum dikurangin kira2 ada 170an (udah termasuk snmptn, sbmptn, pbu, utul ugm).

  • Cesc Dedy

    kak ada pin bb nya ngak ,mau nanya"?

  • Yuda Industrial Automation

    anak smk apa bisa masuk elektro g ya mas? : |

  • Ali Raihan N

    Kak mau nanya dong kalo buat prospek kerja dari lulusan teknik industri UGM itu gimana ya?bisa gak sih ditawarin kerja sebelum lulus? Jadi kayak udah dicari sama perusahaan pas masih kuliah

  • Vera Octaferina

    Assalamualaikum. kira-kira peluang diterima bagi pendatang bagaimana? terima kasih sebelumnya kak

  • kaito00

    kak, kalau masuk teknik elektro itu susah nggak?

  • haighin

    Kak kalau Teknik Industri konsentrasinya ke manufaktur atau manajemen? Tiap kampus biasanya beda konsentrasi TInya makasih :))

  • putri ayu

    Kalau teknik kimia ugm apakah pesaingan nya sangat ketat untuk lolosdi fakultas itu ?

  • Desy Yulida

    Ka klo sistem informasi ada gk di ugm?

  • Desy Yulida

    Ka di ugm ada jursn sistem informasi gk?

  • Fahmi Syaifudin

    kak bedanya teknik pertanian sama teknologi industri pertanian itu apa?

  • Aufar Nugroho

    Kak kalo mo lulus cepet kaya kak peter gimana caranya yaa

  • Muthazhar Alrasyid H

    teknik elektro ugm '16 amin

  • permisi kak mau tanya...?
    gimana ya supaya bisa lulus seleksi snmptn ugm tahun depan, soalnya kan berat banget saingannya dari luar kota, dan nilai mereka rata2 8-9 semua di rapotnya.

  • Baiq Izza

    Merinding nonton videonya! haha
    Pengen banget masuk ugm! Bismillah arsitektur:)

  • dayn

    doain akuuu teknik sipil ugm. degdegaan, bentar lagi pengumumaan

  • Olivia

    Kak, mau nanya tentang teknik fisika ugm....
    Apa bedanya teknik fisika itb sama ugm?
    Terus, aku ada searching di google ttg fistek ugm, peminatannya ada 4: instrumentasi dan kontrol, energi terbarukan, fisika bangunan dan akustika, laser dan serat optik...
    Di itb apa ada peminatan kayak gitu jg? Terutama, apa di itb ada peminatan energi terbarukan?
    Peminat teknik fisika itb lebih banyak ya drpd teknik fisika ugm? Apa itu berarti teknik fisika itb lebih bagus dr ugm?
    Aku dr dulu pengen masuk itb, tapi kalo dr hasil searching ku di google, ugm yg paling bagus klo tentang energi terbarukan...

  • Sarah Jesica

    kak mau nanya dong, kalo Teknik Pertambangan ugm gimana ya?

  • Fadli Hidayatullah

    Terima kasih kak atas artikelnya.
    Saya udah mendalami programming, dan saya juga tertarik ke business (technopreneur) apakah Ilmu Komputer UGM sesuai dengan minat saya?

  • Reno Darin

    kak yg dbtkan untuk masuk teknik kimia apa aja?thx

  • Reno Darin

    klo teknik nuklir?

  • AlTof Yuri

    Buta Warna ? :")

  • Arta

    Kak, kalau informatika itu masuk di fakultas apa?

  • rina

    kak mau tanya, kalo teknologi pangan dan hasil pertanian prospek kerjanya gimana?

  • مووفقه نعم الله

    kak, mau tanya tanya tentang Fakultas Kedokteran Gigi ke siapa?