Bahan Materi Belajar UN SMA Semua Mata Pelajaran 9

Bahan Materi Belajar UN SMA Semua Mata Pelajaran

Berikut adalah tips belajar, prediksi soal, dan pembahasan soal UN SMA dari tahun-tahun lalu untuk semua mata pelajaran.

Halo guys, apa kabar? Sorry banget nih gua beberapa bulan terakhir kurang produktif nulis karena sempet sibuk ngurusin persiapan Wisnu, dkk mewakili Zenius dan Indonesia untuk berpartisipasi di acara pameran bisnis digital terbesar dunia, CeBIT 2015 Hannover, German. Nah, berhubung mereka sudah berangkat, ke depannya gua udah mulai bisa aktif nulis lagi deh, hehe..

Artikel kali ini gua buat khusus untuk lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA dan sedang bersiap-siap menghadapi UN SMA bulan depan. Nggak kerasa yah ternyata udah tinggal kurang dari sebulan lagi lo semua akan menghadapi soal-soal Ujian Nasional. Buat lo yang masih belum tau kapan jadwal UN, bisa ngeliat di bawah ini, nih.

Catatan: Jadwal berikut adalah untuk UN tahun 2015. Jadi lo perlu cek dan sesuaikan dengan jadwal UN tahun ini.

jadwal ujian nasional sma

Di atas itu adalah jadwal Ujian Nasional SMA secara umum yah, supaya lebih jelas sebaiknya lo nanya ke sekolah masing-masing terkait jadwal UN di sekolah lo, karena bisa jadi di beberapa sekolah ada jadwal yang sedikit berbeda, seperti untuk SMK, SMALB, ujian paket C, atau yang ujian menggunakan komputer (CBT test). Tapi, kurang lebih pada umumnya semua dilaksanakan serentak mulai tanggal 13 April.

Untuk tahun ajaran 2014–2015 ini, kabar baiknya memang UN SMA gak dijadikan satu-satunya penentu kelulusan SMA — ketika kelulusan SMA ditentukan oleh pertimbangan sekolah masing-masing. Eit, tapi bukan berarti UN SMA ini bisa lo remehin gitu aja yah, soalnya nilai UN SMA ini juga jadi salah satu pertimbangan seleksi buat lo yang mendaftar jalur masuk kuliah di seleksi SNMPTN. Jadi, buat lo yang ingin memperbesar peluang diterima melalui jalur SNMPTN, berarti harus tetap bisa memaksimalkan nilai Ujian Nasional-nya juga yaah.

ujian nasional sma

Oke deh, terus gimana dong nih persiapan UN SMA lo semua? Apakah lo berarti harus ngulang semua materi SMA kelas 10–12? Nah, buat lo yang belum tau, sebetulnya setiap tahun, pemerintah selalu menerbitkan yang namanya SKL. SKL itu apa? Gampangnya SKL itu adalah “kisi-kisi” yang diberikan pemerintah tentang materi apa aja yang dianggap penting dalam mata pelajaran tertentu, dan kemungkinan besar akan jadi bahan soal yang keluar dalam soal UN.

Wah, terus di mana dong kita bisa dapetin yang namanya SKL itu? Tenaang guys… di Zenius Blog ini, kita udah siapin semuanya buat lo semua. Berikut di bawah ini, gua udah cantumin seluruh link persiapan materi UN SMA untuk setiap mata pelajaran, dari mulai panduan belajar (yang udah disesuaikan dengan SKL), sampai prediksi soal (sesuai SKL juga), dan juga pembahasan soal UN SMA tahun-tahun lalu. Pokoknya komplit bangeet deh..!!

Oh ya satu lagi, mungkin setelah lo coba ngecek beberapa materi panduan belajar dan prediksi soal di bawah ini, masih ada beberapa yang judulnya “Panduan belajar materi UN 2014”, kesannya belum di-update dan udah basi. Gua minta lo gak perlu khawatir yah, soalnya setelah beberapa tahun ini kita perhatikan, kisi-kisi materi SKL untuk setiap mata pelajaran yang diterbitkan pemerintah itu gak pernah berubah sama sekali, bisa dibilang setiap tahun kisi-kisinya 100% sama persis. Jadi, kalo lo ngikutin panduan belajar atau prediksi soal UN SMA tahun 2014, gua jamin masih bener-bener relevan banget dengan materi UN SMA yang akan lo hadapi bulan depan. Oke deh, kayaknya langsung aja yah gua tampilin seluruh Persiapan Akhir Ujian Nasional SMA di bawah ini:

PERSIAPAN UN SMA MATEMATIKA

PERSIAPAN UN SMA BIOLOGI

PERSIAPAN UN SMA KIMIA

PERSIAPAN UN SMA FISIKA

PERSIAPAN UN SMA BAHASA INDONESIA

PERSIAPAN UN SMA BAHASA INGGRIS

PERSIAPAN UN SMA GEOGRAFI

PERSIAPAN UN SMA EKONOMI

PERSIAPAN UN SMA SOSIOLOGI

****

Nah, demikianlah seluruh link persiapan UN SMA dari Zenius. Rasa-rasanya sih link di atas yang gue kasih itu udah lumayan komplit banget buat jadi patokan lo buat belajar menjelang UN SMA bulan depan. Buat lo yang juga mau sedang bersiap-siap untuk menghadapi SBMPTN, di Zenius kita juga udah siapin seluruh bahan yang lo butuhin dari mulai panduan belajar sampai video pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun lalu untuk setiap mata pelajaran. Btw, buat lo yang punya penyakit grogi atau stress menjelang ujian, gua saranin coba baca beberapa tips di bawah ini deh, moga-moga bermanfaat:

Okay Guys, semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat lo semua, good luck yah ujiannya!

****

CATATAN: Untuk kamu yang SMK, maaf ya kita belum bisa buat panduan belajarnya satu per satu, karena kisi-kisi SMK untuk tiap-tiap kelompok jurusan beda-beda, jadi akan banyak banget bila kita harus bikin semua panduannya. Tapi sebetulnya, kamu tetap bisa siasati hal itu kok, caranya dengan menyesuaikan kisi-kisi materi yang adai di link berikut ini, dengan video materi UN SMA yang ada di zenius.net. Karena pada dasarnya semua materi dasar UN SMK juga udah tercover di pelajar SMA. Paling ada beberapa soal matematika terapan yang disesuaikan dengan materi kejuruan kamu, tapi materi dasar matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris UN SMK itu sudah ada di bahasan SMA.

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan Ujian Nasional SMA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Bagikan Artikel Ini!