Mengupas Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Mengupas Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Tulisan ini gue buat spesial untuk yang tertarik atau penasaran dengan jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, atau sejenisnya. Berhubung gue lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, jurusan/program studi (prodi) Ilmu Komputer, gue sering banget ditodong pertanyaan seperti berikut.

  • “Fan, kuliah di Ilmu Komputer itu ngapain sih? Jadi hacker ya?”
  • “Kak, bedanya Ilmu Komputer (UI) dengan Teknik Informatika (ITB) apa ya?”
  • “Ilmu Komputer dengan Sistem Informasi itu sama ngga? Kalo dengan Teknik Komputer, sama juga?”
  • dan sebagainya dan sebagainya…

Karena tempo hari Zenius Blog udah sempat cerita tentang sistem bilangan biner dan “kode-kodean” pake teknik kriptografi, rasanya bakal lebih komplit kalo kita sajikan tulisan yang ngebahas lebih dalam tentang dunia ilmu komputer (Computer Science) atau Teknik Informatika (Information Technology).

Sebelum gue masuk untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, gue mau share sedikit dulu observasi gue pas kuliah. Selama kurang lebih 4 tahun, pengalaman kuliah gue di Fasilkom UI, gue melihat ada 4 tipe mahasiswa yang mengisi kampus tersebut.

Mahasiswa Tipe #1: “Computer science/IT adalah passion gue”

Mahasiswa yang udah tau banget atau punya bayangan, kuliah Ilmu Komputer itu mau belajar apa. Mereka masuk Fasilkom karena emang suka dunianya dan punya ambisi besar jadi expert dan membuat terobosan di bidang ini. Sebagian dari mereka merupakan jebolan Olimpiade Komputer semasa SMA, sebagian lagi at least udah pernah otak-atik programming di bangku sekolah.

Mahasiswa Tipe #2: Ngiler dengan prospek kerjanya

Mahasiswa tipe ini (atau ortunya) membayangkan kuliah di Ilkom/IT itu keren, bergengsi, mengikuti jaman. Kalo udah lulus punya lapangan kerja yang luas, bisa masuk kerja ke mana-mana. Gajinya juga ngga kacangan.

Mahasiswa Tipe #3: Anak pintar kesasar

Lo ngerasa ngga sih, dengan sistem pendidikan Indonesia sekarang, murid yang dilabeli pintar, “diarahkan” untuk masuk ke tempat yang isinya anak pintar juga? Anak pintar ngumpulnya sama anak pintar, di tempat yang “menuntut” kepintaran juga.

Gue masuk Fasilkom tahun 2007. Saat itu, passing grade jurusan Ilkom kedua tertinggi setelah Kedokteran untuk bidang IPA di UI. Kedua jurusan ini jadi kombinasi yang “pas” untuk dipilih “anak pintar”. So, anak pintar "nyasar" yang gue maksud di sini adalah mereka-mereka yang pinter dan pengen masuk UI, ketika tes masuk PTN (waktu itu namanya SPMB), pilihan pertamanya Kedokteran UI, keduanya Ilkom UI. Ketika pengumuman tes, mereka gagal masuk FK, keterimanya di pilihan 2, yaitu Ilkom UI. Agak konyol, ya? Tapi, inilah realita yang gue lihat pas kuliah.

Atau.. mahasiswa tipe ini adalah simply anak pintar yang cari tempat bergengsi dan penuh anak pintar juga, tapi sebetulnya nggak tau apa yang akan mereka hadapi.

Mahasiswa Tipe #4: Kenapa gue bisa ada di sini??

Lebih tepatnya, mahasiswa tipe ini adalah yang punya ekspektasi keliru terhadap jurusan Ilkom/TI. Mereka kira, di jurusan Ilkom/TI, mereka akan belajar desain grafis, desain multimedia, bikin film, dan sebagainya. Mereka-mereka ini adalah yang “ketipu” ketika membaca kurikulum atau daftar mata kuliah di prodi Ilkom. Emang sih ada mata kuliah Grafika Komputer atau berbau Multimedia di Ilkom, tapi lo ngga bakal diajarin cara mendesain. Beda banget. Trus ngapain dong? Gue bakal bahas lebih lanjut tentang ini di bawah, ya.

Oke, gue sadar 4 tipe mahasiswa di atas tidak bisa sama persis lo temukan di atau merepresentasikan dinamika mahasiswa jurusan komputer di kampus-kampus lain. Tapi, gue rasa 4 tipe mahasiswa ini bisa menjadi gambaran kasar mengenai lika-liku perkuliahan di jurusan berbau komputer.

Nah, kira-kira lo bakal jadi tipe mahasiswa nomor berapa kalo beneran keterima di Ilkom/TI?

Untuk tipe #1, udah aman lah ya. (Calon) mahasiswa tipe #1 mungkin bakal angguk-angguk aja baca tulisan gue. Untuk tipe #2, ya sebenarnya sah-sah aja kalo masuk jurusan Ilkom dengan pertimbangan demikian. Tapi, apakah lo udah tau apa yang bakal lo hadapi dan pelajari selama masa perkuliahan nanti? Pertanyaan yang sama juga gue ajukan untuk tipe #3. Lo mungkin pintar, tapi lo bener-bener udah ngerti belum sepak terjang yang bakal lo jalani ke depan seperti apa? Dan terakhir, untuk yang #4, plis banget lo harus tinjau lagi bener-bener pilihan lo. Lo tentunya ngga mau 4 tahun lo ke depan merasa “terpenjara” melakukan sesuatu yang ga lo suka.

FYI aja, ketika gue kuliah, gue pernah baca hasil suatu survey. Survey ini dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi UI untuk mengukur tingkat stres mahasiswa per jurusan. Hasilnya? Mahasiswa Ilkom UI menempati #2 sebagai mahasiswa paling stres di UI, di bawah Arsitektur. Kenapa Ilkom UI menempati urutan kedua? Menurut penilaian subjektif gue sih, karena bisa dibilang ilmu yang akan lo pelajari itu belum pernah terbayangkan sebelumnya oleh para mahasiswa baru (maba). Juaraang banget dipelajari atau di­-expose di bangku sekolah. It’s new things to learn for most of them. Butuh logika tinggi. Buat yang semasa sekolahnya mengandalkan hafalan, ke laut aja deh. Hasil survey ini mungkin tidak bisa digunakan untuk mengeneralisir semua jurusan komputer di berbagai universitas. Tapi, kadang passing grade tidak berbohong.

Oleh karena itulah, gue mengajak lo tadi untuk refleksi diri berdasarkan 4 tipe mahasiswa Ilkom yang gue paparin di atas. Otherwise lo akan menjalani 4 tahun ke depan dengan penuh denial, keterpaksaan belajar, dan merasa tersiksa melakukan sesuatu yang ternyata lo ga expect sama sekali dan ga lo suka lagi. Tapi, kalo lo beneran mantep dengan pilihan lo, 4 tahun ke depan lo akan menjadi masa-masa yang produktif dan batu pijakan yang berharga banget.

Oke deh, daripada gue panjang lebar lagi, mending kita langsung masuk aja ke pembahasan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas seputar jurusan berbau komputer.

Catatan: Harap maklum kalo informasi yang gue tuangkan di sini banyak mengambil sistem Fasilkom UI sebagai acuan karena, ya, 4 tahun gue kuliah di sana. Walaupun pasti ada bedanya,  gue rasa, keadaan jurusan komputer di kampus lain secara garis besar kurang lebih sama. Tinggal disesuaikan aja. Kalo ada teman-teman yang berasal dari jurusan komputer kampus lain, silakan melengkapi artikel ini di bagian komen kalo gue ada yang kelewat atau keliru. 

 

Kuliah di Ilkom Itu Ngapain, sih?

Ilmu Komputer atau Teknik Informatika identik dengan computer programming. Tapi, sebenarnya programming itu ngapain sih?

Programming adalah cara gimana lo ngajarin hal yang paling bego sedunia (komputer) untuk melakukan apa yang lo mau. Ya, komputer yang lo lihat sangat canggih bisa ngapain aja, sebenarnya adalah sebuah perangkat yg punya otak dasar dan siap diisi untuk menjalankan sebuah fungsi yang lo harapkan.

Dari mulai hal yang sangat sederhana dan terkesan sepele, seperti menampilkan tulisan “Hello World” di layar komputer ketika kita meng-klik icon tertentu, menghitung luas segitiga dengan input angka alas dan tinggi, mengidentifikasi wajah dari foto/sidik jari pada KTP dengan mencocokkan data pada database pemerintah, sampai cara untuk memberikan komando tertentu pada robot yang mendarat di planet Mars dengan jarak 225,300,000 km dan delay time sampai 13 menit.

Nah, lo ajarin deh tuh komputer dari scratch. Lo pecah fungsi yang lo harapkan komputer bisa jalankan jadi urutan langkah kecil-kecil. Misalnya, pada contoh program menghitung luas segitiga. Lo ajarin dulu komputernya gimana cara menerima input angka alas dan tinggi dari user, lo tentu mesti ajarin juga rumus luas segitiga gimana, mengkalkulasikan angka yang dimasukkan user, sampai akhirnya lo ngajarin si komputer gimana menampilkan hasilnya ke layar.

Masalah sesederhana menghitung luas segitiga, lo bisa break jadi langkah-langkah yang terurut. Urutan langkah ini disebut dengan algoritma. Kemudian, lo terjemahkan algoritma itu dalam bentuk kode-kode dalam bahasa pemrograman (bahasa yang dimengerti komputer). C++, misalnya.

triangle
Program Sederhana Menghitung Luas Segitiga menggunakan bahasa pemrograman C++

 

Hampir semua hal yang kita gunakan sehari-hari adalah hasil dari programming. Mulai dari Facebook, Twitter, Google, LINE, Ms Word, iTunes, game COC, sampe website zenius.net yang sering nemanin lo belajar. Semua berawal dari orang-orang yang punya ide besar, merealisasikannya dari nol, dipecah-pecah fungsinya sampe sesederhana mungkin, dari tiap fungsi sederhana itu mereka pikirin urutan langkah untuk “ngajarin” ke komputernya (algoritma), sampai akhirnya program mereka bisa berjalan baik dan digunakan oleh jutaan orang di bumi. Programming memungkinkan lo mewujudkan ide kreatif tak terbatas di dunia informasi digital seperti sekarang.

Program studi Ilmu Komputer membekali mahasiswanya untuk memiliki keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah program/aplikasi/software/perangkat lunak sistem. Dari program yang hanya bisa menjalankan satu fungsi hingga sebuah sistem besar dengan ratusan fungsi yang menghubungkan ribuan karyawan di suatu perusahaan.

langDalam mengembangkan sebuah program, selama perkuliahan, lo bakal diajarin berbagai bahasa pemrograman. Mulai dari C++ pada contoh program segitiga di atas, Java, Phyton, HTML, CSS, Javascript, PHP, Perl, mySQL, Ruby, dan masih banyak lagi bahasa pemrograman dengan fungsi dan tujuannya masing-masing.

Keterampilan menyusun algoritma dan pemrograman sangat menguras logika. Oleh karenanya, di prodi ini, lo bakal banyak belajar matematika untuk mengasah logika. Ada sekitar 5 mata kuliah yang berbau matematika. Bisa dapat dirasakan nanti, merunut logika untuk menyusun algoritma itu seperti merunut logika dalam menyelesaikan sebuah masalah matematika.

Setelah lo punya basic skills dalam pemrograman, lo bisa memilih spesialisasi yang menjadi minat lo mulai semester 5. Fasilkom UI menyediakan 4 bidang minat yang kurang lebih menggambarkan spesialisasi ilmu yang ada di dunia IT sendiri. Deskripsi gue pada tiap bidang minat juga bisa memberi lo bayangan tentang karir yang digeluti lulusan yang punya spesialisasi di bidang minat tertentu.

1. Arsitektur dan Infrastruktur TI

architecture-itJika sebuah organisasi ingin membangun infrastruktur TI, mereka perlu merancang arsitektur TI terlebih dahulu. Arsitektur TI adalah blueprint yang menentukan hardware tipe apa aja yang dipake, server yang dipake jenis apa, lokasi server di mana, konfigurasi jaringan (network) antar hardware seperti apa, dsb.

Ingat, Zenius Blog sebelumnya tentang Kriptografi? Nah, matkul itu akan dipelajari di bidang minat sini. Dipadukan dengan matkul lain di bidang minat ini, matkul Kriptografi akan membekali lo bagaimana menjamin keamanan sistem supaya ga gampang dijebol pihak yang ngga berwenang (hacker ilmu hitam, a.k.a cracker)

2. Teknologi Perangkat Lunak

Spesialisasi ini akan fokus membekali lo untuk jadi programmer atau pengembang perangkat lunak, mulai dari web, mobile application, software2 yang dipake di perusahaan, aplikasi e-learning, termasuk juga game. 

3. Pengolahan Informasi Multimedia

Di bidang minat ini, lo bakal banyak belajar banyak tentang pengolahan informasi atau grafis.

  • Pengolahan Informasi. Lo bakal diajarin membuat sebuah sistem yang dapat menyimpan dan mengolah data yang banyaaak banget, misalnya database data karyawan perusahaan yang bisa ribuan jumlahnya (disimpen tuh nama karyawan, nomor induk, jenis kelamin, umur, jabatan, gaji, departemen, dsb) sampai search engine kayak Google.
  • Pengolahan Citra dan Grafis. Buat lo yang tertarik mengembangkan aplikasi grafis, seperti Photoshop, Corel Draw, dsb., ini bidang minatnya. Selain itu, di bidang minat ini lo bisa belajar bagaimana membuat aplikasi semacam Google Maps, aplikasi yang menganalisis citra peta geografi menjadi informasi yang berguna dan diinginkan user.

4. Kecerdasan Komputasional

Pada bidang minat ini, lo akan belajar melakukan komputasi secara cerdas untuk berbagai aplikasi (artificial intelligence). Bidang minat ini sebenarnya menunjang pengembangan aplikasi yang udah ada di ranah bidang minat lain. Tapi, ada satu mata kuliah yang unik hanya ada di bidang minat ini, yaitu bioinformatika. Ini adalah disiplin ilmu yang mengawinkan biologi, matematika, dan komputer. Biasanya digunakan untuk menganalisis DNA secara digital.

Kalo lo pengen tau detil mata kuliah untuk masing-masing bidang minat, silakan cek di Kurikulum Ilmu Komputer UI, hal 27 – 33.

 

Apa Bedanya Ilmu Komputer (UI) dan Teknik Informatika (ITB)?

Dulu, waktu gue masih jadi maba di Fasilkom, kita juga suka nanya hal serupa. Berikut jawaban yang dikasih senior dan dosen-dosen di Fasilkom: bedanya terletak di penamaan. Kenapa bisa? Pas pertama kali memprakarsai berdirinya fakultas yang mempelajari komputer di Indonesia, guru-guru besar UI belajar dan berkiblat ke US. Istilah di US adalah computer science (ilmu komputer). Di sisi lain, guru-guru besar ITB, belajar dan berkiblat ke Eropa, khususnya Perancis. Istilah yang dipake di sana adalah informatics. Terus, kenapa di ITB namanya ga Informatika aja? Di ITB, prodi ini sengaja dinamai Teknik Informatika biar bisa masuk ke fakultas teknik (waktu itu). Nama ini terus dipake di ITB sampe sekarang. Dan kalo lo liatin kurikulumnya, prodi ini sekarang diberi kode IF (singkatan dari informatics) supaya ga bentrok dengan kode TI yang udah dipake prodi Teknik Industri di ITB. Tiap universitas atau sekolah tinggi emang punya wewenang untuk menamai prodi/jurusan yang mereka buka sesuai dengan kriteria, struktur, dan sistem yang ditentukan.

Namun, pada dasarnya, lulusan Ilkom (UI) dan TI (ITB) akan menggeluti bidang yang sama (infrastruktur dan arsitektur TI, pengembangan software, pengolahan informasi dan grafis, serta artificial intelligence). Ilmu yang dipelajari juga kurang lebih sama. Gue ga bisa bilang secara persis 100% sih, karena tiap universitas pasti punya formulasi kurikulumnya sendiri untuk memberikan corak atau karakter yang khas pada lulusannya.

Untuk lebih jelasnya, kita intip aja yuk kurikulum Teknik Informatika ITB. Seperti yang bisa lo amati, kurang lebih ruang lingkup yang dipelajari sama. Jurusan ini fokus membekali mahasiswanya dengan programming skill dan software development.

  • Di Ilkom UI dan IF ITB, sama-sama belajar: Algoritma, Pemrograman, AI, Software Engineering, Database, OS, Jaringan Komputer, Matematika Diskret, Teori Bahasa & Automata, dll.
  • Untuk Mata Kuliah Umum, Ilkom UI dan TI ITB sama-sama belajar: Statistika & Probabilitas, Aljabar Linier, Matematika, Fisika.
  • Beberapa Mata Kuliah yang wajib di Ilkom UI, ngga wajib di IF ITB: Pemrograman Deklaratif, Pemrograman Sistem, Analisis Numerik
  • Beberapa Mata Kuliah yang wajib di TI ITB, ngga wajib di Ilkom UI: Sistem Paralel dan Terdistribusi (jadi MatKul pilihan di Ilkom UI), Grafika Komputer (MatKul pilihan di Ilkom UI), Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MatKul pilihan di Ilkom UI), Interaksi Manusia & Komputer (MatKul pilihan di Ilkom UI), Sistem Informasi

Secara detil, pastilah ada perbedaan dalam formulasi kurikulum antara Ilkom UI dengan TI ITB. Tapi setelah lulus, mereka akan menggeluti dunia yang sama. Hanya saja, karakter lulusannya pasti punya corak masing-masing.

 

Apa Bedanya dengan Sistem Informasi (SI)?

Sistem Informasi merupakan salah satu prodi yang tergolong muda di UI. Pertama kali dibuka pada tahun 2007 oleh Fasilkom, prodi ini berfokus membekali mahasiswanya dengan ilmu manajemen teknologi informasi dan user behavior.

Lulusan Sistem Informasi diharapkan dapat menjembatani kerjaan orang “teknis” dengan klien atau user dari salah satu departemen di sebuah perusahaan. Misalnya, ada perusahaan klien yang ingin pasang sebuah sistem IT baru di organisasinya. Umumnya, klien itu ga tau persis mau dia apa atau tidak bisa mendefinisikan dengan baik apa kebutuhannya dari sebuah sistem (system requirement). Ranah kerja orang SI biasanya hadir untuk ngebaca kebutuhan klien. Untuk bisa memahami kebutuhan klien, anak SI butuh pengetahuan dari segi proses bisnis hingga manajemen resource atau sistem IT yang udah ada sebelumnya di perusahaan tersebut. Setelah tektok-tektokan dengan klien, orang SI akan menerjemahkannya ke bahasa teknis. Barulah system requirement ini direalisasikan oleh technical team (ranah kerja anak Ilkom) menjadi fitur-fitur pada sebuah software yang dipesen klien tadi.

programmers_vs_users

Kalo software yang dipesan udah jadi, udah sukses di-install, ga berhenti sampai di situ aja. Orang SI kadang berperan banyak dalam mensosialisasikan sistem baru ini ke user2-user di perusahaan klien tersebut, membantu user beradaptasi dengan sistem baru, hingga mengadakan training. Tapi bukan berarti orang Ilkom dan SI bekerja secara terisolasi ya. Mereka pasti bekerja secara simultan dan beberapa kerjaan juga saling beririsan meski punya ranahnya masing-masing.

Walaupun fokus ke manajemen, bukan berarti anak SI ngga diajarin programming. Di prodi SI, lo bakal diajarin juga dasar-dasar pemrograman pada semester-semester awal, tapi ga terlalu dalam. Sebagai pihak yang menjembatani user dengan technical team, orang SI perlu tau juga dong teknisnya seperti apa. Karena belajar programming, anak SI juga bakal dibekali beberapa matkul berbau matematika.

Selama perkuliahan, anak SI dibekali mata kuliah yang khas SI banget, seperti Administrasi Bisnis, Manajemen, Customer Relationship Management, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Proyek TI, Pengembangan dan Pemasaran Produk, E-Commerce, Komunikasi Bisnis dan Teknis, Perilaku Organisasi, Manajemen Pengetahuan, Manajemen Sistem Informasi. Karena fokus prodinya udah beda, bidang peminatan prodi SI juga beda ya dengan Ilkom/TI. Lebih lengkapnya, lo bisa cek Kurikulum Sistem Informasi UI, hal 34 – 39.

Kalo lo tertarik dengan dunia Ilkom/TI tapi ngga mau terlalu dalam mengulik programming, terus juga suka dengan bisnis dan manajemen, mungkin jurusan Sistem Informasi lebih cocok buat lo.

ITB juga punya program studi serupa. Masih bernaung di bawah STEI, prodi ini dinamakan Sistem dan Teknologi Informasi dan baru dibuka sejak 2008. Cek kurikulum Sistem dan Teknologi Informasi ITB di sini.

 

Apa Bedanya Ilmu Komputer dengan Teknik Komputer?

Di UI sendiri, fakultas yang berhubungan dengan komputer ada 2, yaitu Fasilkom dan Fakultas Teknik (FT). Di Fasilkom, ada jurusan Ilkom dan Sistem Informasi. Di FT, ada jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering). Kenapa satu jurusan ini masuknya malah ke FT?

chip-a7-apple-samsungBanyak yang mengira kalo Teknik Komputer itu fokus ke hardware komputer. Ini cukup misleading. Lulusan Teknik Komputer nantinya BUKAN yang bikin komputer, smartphone, robot, dsb. Bukan itu yang mereka bikin. Di jurusan Teknik Komputer, lo akan mempelajari bagaimana bikin otak dari suatu alat elektronik. Semacam chip atau processor-nya. Mereka yang buat sistem canggih biar suatu barang elektronik bisa jalan.

Kalo lo beli laptop, tau kan istilah laptop kosongan? Yang belum diisi sistem operasi atau software-software lainnya itu lho. Walaupun belum bisa lo pake buat ngerjain tugas sekolah atau main game, tapi laptop itu udah bisa hidup dan jalan bukan? Nah, itu karena laptop udah dipasang otaknya, dan "otak" itulah yang dibuat oleh orang-orang teknik komputer. Sementara itu, kalo udah ada otaknya, barulah kita install software macem-macem. Pasang OS Windows 7, misalnya. MS Office, Skype, Photoshop, iTunes, Google Chrome, dll. Nah, siapa yang bikin software2 aplikatif itu? Yak, betul. Orang2 dari dunia computer science/IT.

Terus, siapa dong yang bikin hardware laptopnya? Itu adalah kombinasi mahakarya orang Elektro, Kelistrikan, Telekomunikasi, Teknik Material, sampe Fisika. Tapi, biasanya ilmu yang dipelajari di TekKom pun bisa lo temukan di bidang peminatan Elektronika pada prodi Teknik Elektro. Jadi, ngga jarang juga anak Teknik Elektro ngeprogram otak suatu barang elektronik. Alat elektronik itu kompleks. Lulusan-lulusan prodi tersebut bekerja sama dan emang kerjanya saling bersinggungan untuk menciptakan suatu alat elektronik.

Jadi, anak Teknik Komputer ngeprogram juga? Iya, tapi bukan pemrograman seperti anak Ilkom. Kalo anak Ilkom, ngoding, menghasilkan software aplikatif. Kalo anak Teknik Komputer, teknik ngodingnya itu lebih ke "bahasa" mesin. Kalo lo ulik lebih dalam Kurikulum Teknik Komputer UI, lo bisa liat banyak banget mata kuliah berbau teknik, elektronika, dan mesin.

 

Terus, Kalo Desain Grafis Belajar tentang Apa?

Mungkin bagi sebagian orang, perbedaannya udah jelas banget, ya. Tapi, seperti yang gue sebut di atas, ada aja mahasiswa #4 salah jurusan masuk Ilkom karena ngiranya sama dengan desain grafis. Apa yang membuat mereka kecele dan berpikir keliru seperti itu?

Di Ilkom/TI, emang ada mata kuliah Grafika Komputer atau yang berbau Multimedia. Tapi di sana, lo ga bakal diajarin untuk mendesain karya seni yang artistik.

Ilustrasinya begini. Tau program Ms Paint, kan? Kalo di desain grafis atau jurusan Desain Komunikasi Visual, lo bakal diajarin bagaimana menggunakan program Ms Paint untuk menggambar dan menghasilkan gambar yang berseni. Dengan sebelumnya, kalian udah dibekali dengan teknik-teknik dasar menggambar dan filosofi dasar seni.

Di sisi lain, kalo di Ilkom/TI, lo bakal diajarin gimana cara bikin program Ms Paint! Lo harus bisa menyusun formula matematis dan algoritma yang kemudian diterjemahkan ke bahasa pemrograman, misalnya, untuk membuat suatu tool di program lo yang kalo misalnya di-klik dan di-drag, bisa membentuk lingkaran. Jauh beda kan, Broow?

 

Gimana dengan Jurusan Sistem Komputer Bala-bala di Universitas Anu?

Sekarang udah banyak program studi berbau komputer dibuka di berbagai universitas atau sekolah tinggi di Indonesia. Tiap universitas punya wewenang untuk menamai program studi yang mereka buka berdasarkan pertimbangan formulasi kurikulum dan kiblat mereka. Gue ngga mungkin satu per satu mengecek tiap universitas atau sekolah tinggi di Indonesia yang punya prodi komputer.

Saran gue, kalo lo tertarik masuk suatu jurusan yang berbau komputer di suatu universitas, coba lo cek deh kurikulumnya trus lo bandingkan dengan daftar mata kuliah yang udah gue bahas di atas. Nama-nama mata kuliah yang ada mungkin masih terdengar asing bagi kalian. Tapi, setidaknya bisa memberikan lo sedikit bayangan.

Kalo banyak mata kuliahnya fokus ke pemrograman dan pengembangan software aplikatif, ya berarti prodi itu mirip Ilkom/TI. Kalo banyak manajemen sistem komputer dan interaksi manusianya, kemungkinan mirip SI. Kalo banyak teknik dan elektronya, mungkin lebih mirip Teknik Komputer.

Ini gue juga saranin buat kalian yang tertarik mau masuk jurusan apapun. Coba tilik-tilik website prodinya, liat kurikulumnya, cek mata kuliahnya. Biar lo kebayang gitu ntar yang lo pelajari dan hadapi di dunia perkuliahan itu kayak apa. Dan pastinya, biar ga salah jurusan.

 

Apa Gue Bakal Cocok/Suka Kuliah di Ilkom/TI?

Kalo lo seorang math freak, atau suka ulik-ulik sistem bilangan biner dan kode-kodean pake teknik kriptografi, itu udah awal yang bagus banget untuk tau apakah lo bakal suka kuliah di Ilkom/TI. Tapi, menurut gua sih cara terbaik untuk bisa tau lo bakal cocok/suka kuliah di Ilkom/TI itu adalah dengan sedikit mencicipi tantangan programming untuk ngasih bayangan apa yang bakal lo geluti selama 4 tahun di perkuliahan. Kalo lo udah coba nyicipin dasar-dasar programming dan menurut lo itu adalah hal yang asik, seru, memicu "sense of wonder" dalam diri lo, bikin lo gemes dan terus penasaran, kemungkinan besar emang jiwa lo ada di situ. Tapi, kalo lo coba nyicip tapi udah jenuh, bingung, stress, gak konsen, atau ngebosenin... bisa jadi sebetulnya passion lo ada di bidang lain, bukan di sini.

Nah gimana caranya buat nyicipin programming? Coba deh lo mampir ke situs CODE.ORG atau CODEACADEMY. Kedua situs itu adalah platform yang pas banget buat pemula yang ingin mempelajari pemrograman. Walaupun gambarnya anak-anak banget, banyak mahasiswa non-IT di luar sana yang menggunakan situs ini buat memuaskan rasa penasaran mereka tentang basic computer science. Lo tinggal sign-up, dan bisa langsung coba belajar buat programming. Kedua situs ini udah dirancang sedemikian rupa untuk memberika level tantangan bertahap dan pada akhirnya mengarahkan lo untuk menyelesaikan sebuah project, seperti merancang web. Selamat mencoba ya..!

****

Oke deh, sekian dulu kupasan dari gue. Semoga bisa membantu memantapkan pilihan kalian nanti buat masuk PTN. Melalui tulisan ini, gue berharap ga ada lagi mahasiswa tipe #4 yang salah jurusan pas masuk Ilkom/TI. Gue juga berharap tulisan ini dapat memberikan pencerahan untuk calon mahasiswa tipe #2 dan #3 akan apa yang mereka geluti ke depan. Dengan demikian, isi kampus-kampus Ilkom/TI adalah orang-orang yang benar-benar punya passion menggeluti bidang ini dan melahirkan inovasi-inovasi berguna bagi kemaslahatan umat. Mungkin orang itu adalah salah satu dari kamu yang sedang baca tulisan ini. Sebagai penutup, gua tampilin sebuah video dari Code.org

 

Referensi
http://tekkom-ui.blogspot.com/search/label/tekkom
http://www.jurusankuliah.net/2013/09/jurusan-teknik-komputer-ilmu.html
http://eng.ui.ac.id/sarjana-kelas-regular/
sumber gambar program luas segitiga: http://www.engineersgarage.com/c-language-programs/calculate-area-triangle-given-three-sides
sumber gambar bahasa pemrograman: https://funwebapp.weebly.com/uploads/3/2/1/2/32123941/732537118_orig.jpg?221
sumber gambar arsitektur TI, dimodifikasi dari http://www.aspegardh.com/topBanner-it-strategy-architecture.jpg

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Fanny tentang dunia jurusan informatika, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat lo yang pengen masuk bidang ini, gua saranin banget buat ikutin saran Fanny utk coba nyicip dulu di dua website rekomendasi Fanny, di sana lo semua bisa belajar basic programming dengan gratis!

 

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Fanny adalah editor blog zenius. Fanny mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Follow Fanny at @frofalina

  • Rasyid Sulaeman

    Keren bgt kak artikelnya.. (y)

  • Fisal

    Masih tipe 2 nih kak :(. Belom yakin banget ini passion saya atau bukan. Pernah belajar programming dan lumayan suka sih, tapi belom terlalu memicu sense of wonder saya.

    • Fanny Rofalina

      Hayoo hayoo dieksplor lagi..

  • S’Ramadhan

    terimakasih infonya kak, jadi tambah semngat (y) .. jadi ingat waktu bikin server di ubuntu, butuh waktu cukup lama hanya untuk ngoreksi kesalahan koding dan salahnya hanya lupa ngasih "titik" 🙂

    • Fanny Rofalina

      Hahaha, iya emang ngeselin tuh kalo udah error karena masalah titik atau koma. Kayak nyari jarum dalam jerami.

  • rafid

    kak, kalo d teknik informatika diajarin ngebuat web g?

    • Fanny Rofalina

      Ada dong. Udah dibuka belum link kurikulum TI ITB nya?

      • rafid

        udh kak, tapi mendalam g?

        ohiya kak, kalo mau mulai belajar ngebuat software basis web ,otodidak buat pemula, langkah awalnya dari mana y?

        • Fanny Rofalina

          Mendalam dong. Kan emang bidang ilmunya.

          Ya mesti definisikan dulu software berbasis webnya bisa ngapain aja. Kalo lo udah bisa nge-list fitur apa aja yang lo harapkan ada di software itu, baru deh periksa satu per satu tiap fitur itu bisa dibangun pake resource IT apa aja, bahasa pemrograman apa, platform apa, dsb.

          • rafid

            kalo kakak dulu pertama banget masuk dunia programming blajar apa dulu?
            masih bingung sebernya buat abil ancang2 jadi programmer mulainya dari mana 🙁

          • Fanny Rofalina

            Gue mulai dulu belajar C pas kuliah.

        • Programming dasar > C lanjut C++, terus masuk ke OOP, terus coding Java, PHP buat TA :v, wkwk #cmiiw

          • rafid

            Good om, thanks

  • agung aprianto

    kak, gue suka sama programing cuma kok kalo belajar programing suka mumet gitu, tapi besok atau lusa gue inget lagi pengen belajar programing, apa cara belajarnya yang gk cocok ya? mohon pencerahannya ka biar gue bisa lancar belajar programing

    • Fanny Rofalina

      Lo udah pernah coba belajar pake Codecademy?

      Belajar ngoding itu proses, ga dalam 1-2x nyoba langsung suka. untuk itu di awal butuh motivasi, misal anggap aja ngoding itu main game puzzle. nah codecademy itu juga udah cukup membantu membangun mindset begitu (gamification) biar newbie users bisa nyaman & berminat buat make.

      setelah mulai ngerti konsep programming, step paling besar berikutnya menurut yg udah dikonsultasikan sm teman2 gue adalah setting tujuan/goal besar, yaitu bikin project IT. Mau itu website, apps, dsb.
      trus dicicil pelan2 belajarnya

      Kalo lo udah bisa accomplish sebuah project, wah kepuasannya itu bisa nge-boost motivasi lo buat ngulik programming lagi dan lagi

      • agung aprianto

        udah ka, cuma masih belum ngebentuk mindset gitu. pertama belajar html sama css udah kelar tapi bingung cara makenya pas mau nyoba iseng2 bikin web.

        apa harus di ulang2 lagi ya biar kebentuk mindset ?

        • Fanny Rofalina

          kalo bikin halaman web sesimpel ini, lo udah bisa belum?

          http://csb.stanford.edu/class/public/pages/sykes_webdesign/05_simple.html

          kalo udah bisa, ya coba deh lo hias biar lebih rapi sesuai imajinasi lo.

          • agung aprianto

            ok, gue coba hias2 deh.

            oh iya ka gue mau tanya kalo cara mengajar anak sd kelas 3 yang efektif itu gimana ya ka? soalnya kalo diliat2 anak kelas 3 itu kan banyak bercanda sama ketawa2nya. nah kalo gitu kan susah masukin informasinya ke mereka apa lagi belajar matematika.

          • Sandi Widianto

            ngajar anak Kelas 3 SD supaya efektif itu dengan cara masuk kedunia mereka, contohnya misalkan siswa tersebut suka sama game nah kita masukin matematika dengan cara menyampaikannya lewat game. dan supaya mereka tertarik dengan matematika biasanya kalo gue sendiri nih ngajar mereka agar mereka tertarik dengan matematika gue kasih mereka challenge dan kalo mereka bener jawab challenge tersebut biasanya gw kasih reward ke mereka.

          • Fanny Rofalina

            Kalo ada yang bilang, ngajar SD itu paling gampang dan SMA paling susah, justru kebalik.

            Ngajar SMA atau anak kuliah justru relatif lebih gampang, karena yg penting lo nguasain materi. Paling susah justru ngajar anak SD, karena walau materinya ga belibet, tapi lo butuh effort ekstra biar materinya bisa masuk ke anak SD.

            anak SD ya masih banyak mainnya, logikanya belum keasah. Kalo mau ngajarin mereka, lo harus bisa mikirin psikologi anak.

            benar kata Sandi (FYI, Sandi ini tutor SD di bimbel Zenius-X), lo harus bisa masuk ke dunia mereka, bermain bersama mereka. mengenali kelebihan dan titik kelemahan tiap anak, dari situ lo masuk untuk memperkenalkan konsep.

            ini ada salah satu pengalaman teman gue y cukup kreatif ngajarin anak kelas 2 SD
            https://www.facebook.com/RadenSitiNurulQomariah/posts/776755919081164

          • agung aprianto

            berarti pertama2 kita harus pahami karakter mereka dulu ya, lalu masuk kedunia mereka dan tanamkan ide perlahan-lahan.

          • Guest

            kalo ada yang bilang, ngajar SD itu paling gampang dan SMA paling susah, justru kebalik.

            Ngajar SMA atau anak kuliah justru relatif lebih gampang, karena yg penting lo nguasain materi. Paling susah justru ngajar anak SD, karena walau materinya ga belibet, tapi lo butuh effort ekstra biar materinya bisa masuk ke anak SD.

            anak SD ya masih banyak mainnya, logikanya belum keasah. Kalo mau ngajarin mereka, lo harus bisa mikirin psikologi anak.

            benar kata Sandi (FYI, Sandi ini tutor SD di bimbel Zenius-X), lo harus bisa masuk ke dunia mereka, bermain bersama mereka. mengenali kelebihan dan titik kelemahan tiap anak, dari situ lo masuk untuk memperkenalkan konsep.

            ini ada salah satu pengalaman teman gue y cukup kreatif ngajarin anak kelas 2 SD

            https://www.facebook.com/RadenSitiNurulQomariah/posts/776755919081164

  • Alysa

    Gila gue bikin program c++ sampe depan laptop 9jam tuh haha parah keasikan
    Nice post deh kak (y)

    • Fanny Rofalina

      thank you alysa..

  • elfandy

    stlh baca artikel ini sy jd tau kalau jurusan SI itu hrs bisa berkomunikasi sdngkn sy krg bisa berkomunikasi dgn org lain tapi suka programming. Pandangan awal sy itu kirain di SI cuma bikin software yg dipakai perusahaan2 atau ngatur2 data trs diolah jd informasi.. tapi kalau urusan komunikasi agak ribet deh. Pertanyaan sy, apa gk susah kuliah jurusan SI bagi org yg krg mahir berkomunikasi??? tolong dijawab kak bisa2 sy slh msk jurusan

    • Fanny Rofalina

      Setelah berkonsultasi dengan teman2 gue yg anak SI, berikut ini jawaban mereka.

      Skill komunikasi mah ga terlalu ngaruh buat survive di perkuliahan SI. Kuliah di SI itu lebih heavy belajar teori dan konsep. Gue liat emang banyak mahasiswa yg asik sama dunianya sendiri pas kuliah di Fasilkom. Tapi seburuk-buruknya skill komunikasi lo, efek paling parahnya palingan lo jadi jomblo pas kuliah. Hehehehe.

      Tapi.. Skill komunikasi itu dibutuhin banget kalo lo masuk ke dunia kerja, apalagi di pekerjaan bidang SI, sepeti konsultan IT dan business analyst. Apalagi kalau kliennya rewel, ya harus dihadapi. Tapi, kemampuan komunikasi itu bisa meningkat seiring jam terbang. Pas kuliah, juga ada mata kuliah Komunikasi Bisnis dan Teknis. Tapi tentunya, kalo ga dipraktekin mah sama aja. Komunikasi, makin lama makin bagus kalau mau belajar.

      Kalo lo suka bisnis dan programming, ya emang SI jalurnya. Tapi emang suka programming aja, ya lebih ke Ilkom aja.

      • salsabilla shafa adzra

        pengen banget masuk SI UI *aamiin* tapi
        ya itu gue kayaknya termasuk tipe tipe yang nomor 2. ya gue suka
        peminatannya itu yang istilahnya "gue banget" tapi pas di semester awal
        "gak gue banget" belum pernah ngerti/ngulik2 komputer sama sekali, yang
        adacuman doyan makenya aja :(. kira kira apa ya solusinya? makasih 🙂

  • Adi Wicaksono

    nah ini nih artikel keren, makasi banget kak artikelnya.
    boleh dong blog zenius mulai nge review2 jurusan2 paling nggak dari para tutornya dulu lah hehe

  • Guest

    Kak kalo belajar programming dari online judge bisa membantu sedikit dalam latihan programming tidak untuk yang punya keinginan masuk ilkom? 😀

    • Fanny Rofalina

      online judge?

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      ijin jawab ya kak, bisa banget malah bisa melatih lo buat lebih dulu paham konsep materi dari basic algorithm, data structure dan Analysis algorithm dll, yang ikut Olimpiade komputer tingkat OSN kan mereka latihannya pakai OJ juga, tapi kalau dasar sih teman gw nyaranin latihan di OJ indonesia aja

  • Guest

    Nanti kalo masuk jurusan ilkom make bahasa pemrograman apa aja nih kak? soalnya aku baru ngerti Pascal doang gara-gara olim komputer kemarin 😀

    • Fanny Rofalina

      mulai dari C, Java, HTML, CSS, mySQL, Perl, wah banyak deh.
      Ya tenang aja, justru di perkuliahannya kamu bakal diajarin.

  • diah e a

    kak kalau teknik informatika sama teknik telekomunikasi bedanya apa ya? mhn bantuan dong kak 🙂

    • Teknik Informatika seperti yang dijelaskan di atas, sedangkan kalo Teknik Telekomunikasi itu simplenya, lebih menekankan ke arah bagaimana berurusan dengan sinyal, radar, dlsb. yang terkait dengan komunikasi. Ya kaya urusan jaringan telpon, internet, dan semacamnya gitu deh.. [cmiiw]

  • Boris Tambun

    untung ga jadi masuk IT..baru algoritma cetek aja dah kelelep :v hehehe

    • salsabilla shafa adzra

      akhirnya masuk mana nih?

  • gw anak jurusan si, gw suka banget pemrograman dulu waktu sma, kebetulan waktu itu gw maenin php, ama css. gw masih semester 2, coba search2 di google ternyata lowongan kerja buat anak TI, bisa juga di SI asal memenuhi kriteria bahasa yang dicari. trus gw coba cari perbedaan di web kampus, ternyata perbedaan ada di program studi, TI lebih ke OS(operating sistem), SI (lebih ke aplikasi),TI(lebih ke HW). nah pas gw tau ternyata begitu gw udah seneng ternyata emang sejalan sama minat gw :D, eh pas ngeliat tulisan kakak malah jadi galau lagii.. apa setiap kampus punya kurilum yang beda2? jadi galau lagi nihh wkwkwk

    • Fanny Rofalina

      di jurusan SI kampus lo ada bidang peminatan yang banyak ke ranah ilkom ga?
      Ambil bidang peminatan yang berbau ilkom aja kalo terlalu merepotkan pindah jurusan.

      • di kampus ane gak ada perminatan kak,semuanya udah di paketin sama kampusnya 🙁

        • Fanny Rofalina

          sebenarnya lo kalo udah kerja, mau jadi apa? mau ngapain?

          ya kalo lo emang maunya heavy ke software developer, dengan keberanian yg mumpuni, pindah jurusan aja.

  • Bilaal Shaafiilana

    Dari 4 kategori diatas kayanya condong dikit ke tipe 1, tapi aku belum yakin sih kak cuma modal penasaran aja :s. Main" di code.org sama codeacademy.com juga udah, pernah codenya ga jalan juga penasaran salahnya dimana. Habis baca postingan kakak jadi lebih penasaran 😀
    Trus mau nanya juga kak, buat pemula sebenernya belajar darimana dulu ya? Thanks

    • Fanny Rofalina

      sebenarnya ngikutin course track di code.org atau codecademy sampe abis, sampe bisa selesain satu project (misal bikin web), udah awal yang bagus sih.

  • dude

    Kak saya mau pinter buat game sendiri.... Tujuanya ga ada. Untuk jaga2 aja kalo bosen nanti....
    Cocoknya kuliah di IT atau di Ilkom?

    • Fanny Rofalina

      err.. dont you read the article, bro?

    • Indra D. Herdiana

      IT sama Ilkom kan same aje bro. -_-

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      kuliah game di Indonesia palink dasar doank isinya sisanya sih klau mau lo explore aja sendiri atau lo konsul sama dosen lo yg bisa buat game, btw mau ke arah web game atau game dekstop ?

      • tisutisu

        berarti useless dong kita kuliah kalo di ajarin dasar nya aja

        • Muhammad Shaufi Imanulhaq

          ga ada yg percuma buat nyari ilmu :p
          kalau tertarik game coba ke binus ada jurusan untuk game, semua materinya juga gitu kali, kulitnya doank yg dikasih, sisanya lo explore sendiri kalau beneran minat lonya

    • Furqon Lanang

      wuihh rumit banget gan ngebuat game make coding mah :3 rata rata developer Game kyk Ubisoft EA Rockstar Tuh , Nge Beli Engine game Gan , terus di bagi bagi lagi , ada yang ngurus map nya , storyline nya , ada game tester nya (jaga jaga kalo ada BUG ) , apa elu mau nge buat game android ?? kalo game android mah 1 orang wae jadi , tapi income nya kemungkinan kecil + gk worth kerja keras elu sama hasil nya But , who's Know ??

      • Muhammad Shaufi Imanulhaq

        setahu gw pernah nanya ke yg paham game engine, game studio sekelas Rockstar sih buat game engine sendiri

  • Ana Mutia Hrmnsyh

    walah, di smk aja udh ngebul gimana kuliah >3<

  • guest

    kak, apakah 4 poin di atas juga dipelajarin sama anak SI?

    • Fanny Rofalina

      coba baca lebih teliti lagi tulisannya dan cermati lagi kurikulumnya

    • Fanny Rofalina

      oh sorry, kalo SI bidang peminatannya lain lagi. Ada 2. Coba kamu cek link kurikulum SI deh.

  • guest

    kak aku minat banget SI tapi logikanya gak kuat kuat banget. gimana ya?? apa bisa dilatih, asal suka bidangnya ?

    • Kalo udah minat ama suka, masalah logikanya pasti bakal dapet soalnya lu pasti pengen ngasah mulu buat ningkatin logika codingan lu 😀

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      bisa donk, sebenarnya sih melatih logika selain di latih itu lo bisa aja imajinasi problem itu terus lo design alur algorithmnya atau pseudocodenya, lama-lama juga logika lo bisa jadi kuat

    • salsabilla shafa adzra

      wah sama banget. takut gak kuat sama hal hal programmingnya:(

  • kak kalo teknologi informasi yg di ugm trus cocoknya sama apaan dong? informatika ato ilkom?

    • Fanny Rofalina

      err, kan udah dibilang informatika n ilkom sama aja.

      • Beda fan.
        Di UGM ada jurusan Teknologi Informasi (bukan Teknik Informatika) dan jurusan ini beda dengan Ilmu Komputer yg juga ada di UGM.
        Personally gue lebih prefer nyebut Informatika sebagai IF dibandingkan TI/IT (Information Technology) seperti yg ada di artikel lo ini. Karena itu bisa bikin orang kebingungan, padahal keduanya punya perbedaan yg cukup signifikan. 🙂

    • Fanny Rofalina

      Waduh sorry. Gue baru ngeh di ugm justru ada prodi Ilkom (di MIPA) dan TI (di Teknik) di fakultas yang berbeda pula.
      Kembali lagi, seperti yg gue bilang, suka2 kampusnya mau bikin penjurusan yang kayak gimana. Walaupun gue sendiri ngelihat agak aneh sih ada 2 prodi yang sebenarnya mirip tapi dipisah.

      Pas gue nanya anak UGM nya sendiri, katanya begini:
      Kalo di UGM, Ilkom itu lebih ke sainsnya. Ilmu Komputer diandaskan pada paradigma pengembangan ilmu (science development) yang didorong oleh rasa keingintahuan (curiousity). Kalo TI, lebih ke engineering (kayak pengembangan produk, pengelolaan data, dsb). Pendorong Teknologi Informasi adalah persoalan atau kebutuhan nyata dalam masyarakat. Konsekuensinya, Teknologi Informasi juga berurusan dengan dampak-dampak non-teknis yang terkait dengan penerapan teknologi komputer.

      Semoga membantu.

      • Fengkie Junis

        Kalo menurut aku perbedaan Ilkomp sama Teknologi Informasi itu lumayan jelas kak, makanya ada pemisahan prodi.

        Ilmu Komputer itu lebih menekankan ke algoritma, pengembangan teknologi komputer, dsb. Sedangkan Teknologi Informasi itu lebih ke infrastruktur dan penerapannya, jadi yang dipelajari itu kek konfigurasi dan perancangan infrastruktur, keamanan infrastruktur IT, dan sertifikasi-sertifikasi yang diambil juga biasanya kayak CCNA, Networking+, MTCNA, dsb.

        Di univ-univ luar juga Computer Science, Information Technology, sama Computer Information System itu pada dipisah. Dan yang paling jelas keliatan di jobdescnya, 'IT Guy' sama 'Programmer'.

        CMIIW :$

      • Eh ternyata udah ada revisi nya haha.
        But my point about IF still standing up tho.

  • #include
    using namespace std;

    int main ()
    {
    cout<<"Syukurlah saya termasuk mahasiswa tipe 1 ^^";<<endl;

    }

  • taqifuadi

    Ka , saya tuh pgn banget masuk dunia programing dari smp sampe sma , kalo udh pelajaran tentang komputer pasti semangat bgt , nah tpi sya bukan jurusan dari ipa tetapi dari jurusan agama , saya bingung pgn masuk kuliah tpi ptn pada tidak terima siswa dari jurusan tersebut ,, lalu saya pun pgn coba masuk dengan ujian mandiri ,, dan pilihan terakhir mungkin masuk pts ,, dan makasih yah kak artikelnya sangat membantu , saya jadi bisa tau maksud dari prodi SI dan TI

    • Fanny Rofalina

      semangat ya.

      If you really want something, you'll find a way. If you dont, you'll find excuses.

  • ~A M N~

    kak apa bedanya lulusan Informatika dengan programmer otodidak?

    • bedanya di ijazah, yang satu ada, yang atunya lagi gk ada..

    • Fengkie Junis

      Beda cara berpikir. Walaupun programnya sama2 bisa jalan, fungsinya jg ama. Kalo nanya bule2, mereka biasanya ttp prefer lulusan kuliah, dan mereka bakalan jawab, lulusan kuliahan itu programnya lebih rapi daripada yang otodidak (walaupun gak semua).

  • Mohon pencerahannya kak :'
    mana yang lebih penting, pseudo code, atau program itu sendiri?
    soalnya bingung mau nguasain yang mana :'( kalo mau semua yg dikuasain susah :'

    • Fanny Rofalina

      urutannya: algoritma --> pseudocode --> kode pemrograman --> jadilah program.

      Kalo lo cuma bisa pseudocode tanpa bener2 bisa menggunakan bahasa pemrogramannya, ga bakal jadi programnya.

  • rehan

    kak saya kan smk jurusan tkj kalo misalnya kuliah ngambil jurusan apa ya ?

    • Fanny Rofalina

      tkj?

  • Agung Rizqi Maulana

    mantap nih kak artikel nya, saya sendiri mau masuk sistem informasi UI kak, mohon doanya yaa 🙂

    • salsabilla shafa adzra

      akhirnya masuk mana kak?

  • dinda

    kak gue udah nyemplung di jurusan TI, tapi gue ngerasa salah jurusan karna passion gue di hal2 berbau biologi. Meskipun gue seneng juga belajar hal2 macem matdis, kalkulus, ataupun sistem bilangan biner, dkk. tapi gue merasa logika gue lemah kalo disuruh ngoding dan sejujurnya gue juga ga suka.
    menurut kakak, gue mending ngulang dan ambil jurusan yg gue minatin, atau tetep survive disana dan bljr mencintai kodingan? Thankyou kak

    • Fanny Rofalina

      I feel you sis. Gue persis banget sama kayak lo.

      Gue adalah tipe mahasiswa #4 yang terus berusaha mencoba bertahan di Ilkom. Tapi rasa cinta itu tak kunjung datang, dan pas masuk dunia kerja rasanya seperti kucing-kucingan.

      Setelah setahun kerja, gue memberanikan diri buat banting setir. Belajar biologi otodidak dan masuk ke zenius, lembaga pendidikan yang bisa memfasilitasi visi dan passion gue. Hasrat untuk mengikuti pembelajaran biologi secara formal dari awal lagi selalu ada, tapi gue masih mencari peluang sekarang ini.

      Gunakan waktu lo dengan wise dan jujurlah pada diri lo sendiri 😉

      • dinda

        tapi kak setelah gue nanya ortu gue, mereka ga ngizinin kalo gue pindah jurusan yg artinya mesti ngulang dr semester awal kan ya.
        kasih tips dong kak, supaya bisa survive di jurusan ini, hehe

        oiya kak, kira2 bidang biologi bisa ga ya disangkutpautin ke TI?

        • Fanny Rofalina

          Di kampus lo, ada bisa milih bidang peminatan ga? Saran gue, ketika matkul2 wajib udah selesai diambil, lo banyakin aja ambil mata kuliah yang lebih lo suka. Kalo gue kuliah dulu, gue banyakin ambil matkul berbau SI karena gue emang suka bisnis n manajemen. Soalnya kampus gue memungkinkan ambil matkul lintas jurusan.

          Seperti yang gue mention di atas, ada Bioinformatika. Walaupun diajarin dikit biologinya, lo mesti pinter2 juga ngejar materi basic biologinya. Kalo mau sih, lo fokusin aja ke sini. Jadi ntar dunia kerja lo bisa bersinggungan dengan dunia biologi.

          • dinda

            yah sayangnya ga ada kak matkul bioinformatika :'(
            okedeh kak, gue bakal nyari tau dan mempelajari dulu matkul apa yg bener2 gue suka.
            makasih ya kak sarannya 😀

          • Fanny Rofalina

            Semangat ya. Jangan menyerah. There will always be a way 🙂

          • dinda

            makasih kak fanny ^_^

  • Shofura Tsabita

    kak keren banget,semua pertanyaan aku. Dijawab kakak,dan sepertinya aku menyadari kalo aku mirip tipe 4. Jadi harus mikir mikir ulang nih. Btw,makasih banyak ya kak udah dikasih pencerahan banget :D. Oh iya kak aku anak zenius x,kapan-kapan mau dong ngobrol-ngobrol banyak

    • Fanny Rofalina

      boleh boleh.. ditunggu yaa

  • husni

    kalo dasar-dasar pelajaran yang harus kita kuasai biar kita gak terlalu jauh ketinggalan apa ya kak??

    • Fanny Rofalina

      kamu udah masuk jurusan ini atau baru mau masuk?

      • husni

        baru mau masuk kak, antara ilkom sama TI kak.. minta sarannya hehe

      • husni

        baru mau kak

  • Denny M Octavian

    Kak, sekarang saya kan mau lulus dari SMK jurusan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak), mau ngelanjutin kuliah, rencananya sih ke jurusan TI tapi masih ragu2 soalnya iya sih saya bisa ngebuat program yang bisa dibilang lumayan lah tapi waktu pengerjaannya kurang ada motivasi. Pernah sih sungguh2 ngebuat program tapi itu juga dengan tuntutan Tugas Akhir. Saya belum menemukan minat dan bakat. Saya cuman suka hitung2an. Enaknya gimana ya?

    • Fanny Rofalina

      coba luangkan waktu main-main dengan matematika. coba cari math puzzle, kerjain soal matematika, pantengin video zenius.net yg mat.
      Kalo emang bikin lo penasaran terus seperti yang lo bilang, ya masuk jurusan Matematika aja.

  • Muning

    kak gue suka banget IT dan disekolah gue juga masuk ekskul clubIT. Tapi entah kenapa gak tertarik untuk kuliah dijurusan IT biarpun banyak yang bilang itu pasionnya gue tapi gue cuma jadikan hoby doang. nah yang mau gue tanyain gimana kak cara belajar programming otodidak?

    • Fanny Rofalina

      kan udah gue tulis di atas

  • Indra D. Herdiana

    Ini ada sedikit info yang menguatkan paparan kak Fanny bahwa Ilkom sama saja dengan IT.

    Saya sedang kuliah di Matematika Unpad.

    Dulu sebelum 2011, Matematika Unpad punya 4 bidang minat : Murni (Analisis dan Aljabar), Aktuaria, Industri, dan Ilmu Komputer. Karena peminat bidang minat Ilkom suka banyak banget, akhirnya dibuatlah prodi baru dari bidang minat tersebut. Awalnya, jurusan matematika mengajukan prodi baru ke universitas dengan nama "Ilmu Komputer". Tetapi, setelah di-acc, ternyata nama prodinya diganti menjadi "Teknik Informatika". Jadilah prodi IT di Unpad yang merupakan cabang dari prodi Matematika. Efeknya, bidnag minat di matematika jadi tinggal 3. 🙂

    Agak gak nyambung, ya? :3

    • Fanny Rofalina

      thanks tambahan infonya Indra 🙂

    • Apa alasan diganti namanya?

  • H A N I F

    sejak smp gue tertarik di bidang progammer,, beranjak putih abu-abu gue juga tertarik sama teknik elektro.. dri pd bingung.. gue pikir gue harus kuliah sampai S2 ,, kira-kira lebih pas yang mana nih gan ?

    s1 T.elektro s2 T.Informatika atau sebaliknya.. ?

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      Select appropriate that you interest

    • Fanny Rofalina

      Dua-duanya bisa kok. Buat milih yg mana yg pas buat kamu, kamu harus bisa ngebayangin, ke depannya kamu mau berkarya seperti apa, kerjaan seperti apa yang pengen kamu geluti, kamu mau jadi expert yang kayak gimana.

  • Achan

    kalo mau ke bisnis apa SI paling cocok?

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      ini yg lo maksud bisnis apa ya ?
      kalau bisnis yang ga ada hubungannya sama komputer, ambil kuliah ke business murni,
      SI bukan hanya belajar business, tapi ada programming, database, jaringan, programming web, application mobile dan masih banyak lagi dan ada math dasar macam yg di tulis kak fanny

  • Titi A

    hai kak, aku Mahasiswi Jurusan Teknik Informatika, baru jalan semester 2, masih baru banget kenal sama Java, C/C++, dan aku suka banget artikelnya, semacam ungkapan hati yang terpendam hehe. btw, boleh dong diajarin dasar-dasar algoritma dan programming? soalnya belum nemu titik terang hehe.

    • Fanny Rofalina

      Kamu coba aja mengasah logika programming lewat codecademy dan code.org yg gue sarankan di atas. Rajin2 nanya sama teman. Salah satu hal yg bikin survive kuliah Ilkom, berdasarkan pengalaman gue sih, ya jangan malu bertanya, berbagi ilmu.

  • jonathan

    Trimaksih kakak, udah berupaya mengurangi anak tipe 2, 3 , dan 4 salah jurusan, moga moga biar tipe 1 nya lebih mudah masuk :v

    Izin tambahin linknya kak, tokilearning.org
    Kalo anak olim biasanya maenya disitu
    Disini secara normalnya diajarinya pascal, tapi bisa pake c dan c++ kok

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      thanks atas tambahan linknya jonathan

  • Rifda Annelies

    Yang pengen nyoba ngoding bisa akses ke tokilearning.org itu website buat latihan dasar pemrogramman dr kayak 'hello world', matematika sederhana, number theory, sampai graf, DP pun ada. Nanti bakalan ketemu sama pak dengklek dan bebeknya. Seru banget nagih kayak main riddle gt

    • Fanny Rofalina

      Thanks infonya ya. Tapi agak bingung pas masuk, trus harus ke mana ya kalo mau mulai?

      • Rifda Annelies

        Harus sign up dulu kak:)

      • Muhammad Shaufi Imanulhaq

        coba saranin sabda wisnu coba juga kak :v
        konsepnya soalnya mirip sih macam zeniusleague yg buatan sabda, cuman itu full codingan dan algoritma untuk mengerjakannya sama harus paham math dasar 🙂

  • Blue

    nambahin info aja...
    buat yang mau nambah skill programmingnya bisa ke codechef.com.
    Soalnya ada yang dari tingkat mudah sampe tingkat susah. Soalnya pake Bahasa Inggris :).

  • hapid

    wah bagus banget nih artikel. ohh iya saya ada di no #1 nih emang dari kelas 1 smk (jrsn rpl) udah tertarik ngoding, buat apilikasi, dan hal-hal yang berbau komputer. jadi dah siap and kebayang lah apa yang akan dihadapi kedepannya

  • Fawcet Makay Ryuzaki

    Hahaha. sempat udah pelajarin delphi dengan Pascal visual basic juga.
    Menarik sih, tapi biasa lupa ketik tanda " ; " bisa bikin pusing.
    Hahaha

  • Muhammad Afif Part II

    Kak, mau nanya dulu nih. Kalo masuk jurusan Teknik Informasi/Ilmu komputer pas SMA nya harus jurusan IPA ya? Kalo IPS bisa gak? Mohon dijawab ya kak 🙂

  • Hermon Jay

    Great 🙂 btw aku Jay dari Jurusan Elektronika dan Instrumentasi UGM, prodi Elektronika dan Instrumentasi.. Mau unjuk gigi juga ttg prodi ku hehehe :p..

    Jadi, di UGM, ada yg namanya Teknologi Informasi (Teknik) dan Ilmu Komputer (MIPA), bnyk orang yg bingun apa bedanya 2 itu, sama kayak aku. Tapi, setelah ngobrol", ternyata Teknologi Informasi tuh sama kayak Teknik Informatika, seperti kasus di atas, bedanya terletak pada penamaan, aku gatau alasan pastinya kenapa dikasih nama gitu. Kalo ilkomp, ada di MIPA, bekas pecahannya Jurusan Matematika. (Btw Jurusan di UGM mungkin sama kayak Departemen di UI). Konon ilkomp lebih di titik beratkan pada pelajaran matematikanya. Tapi kurang lebih sama kayak Ilkomp UI, cuma beda porsi matkulnya aja.

    Dan aku sendiri ada di Elektronika dan Instrumentasi (a.k.a ELINS) lebih fokus ke listrik arus lemah. Tapi kok di masukin ke Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika? MIPA pula? Jadi dulu elins adalah pecahannya Jurusannya fisika, trus pihak fakultas melihat ada potensi yang besar kalo dikaitkan dgn ilkomp, jd lahirlah elins. di elins tuh ada 3 peminatan, sistem cerdas, automasi instrumentasi, robotika. Kita tetep butuh bahasa pemrograman utk memprogram robot, ktia cuma belajar C/C++.

    • Doakan saya lolos SI-UI

      waah kak, saya baru mau nanya ke kak Fanny ttg Teknologi Informasi UGM.
      Mungkin saya nanya ke kak Jay aja yah yang kuliah di UGM hehe

      Untuk SBMPTN, saya mau masuk Sistem Informasi UI, tapi saya juga mau Teknologi Informasi UGM untk pilihan 2 nya.
      Naah kak, kan kalau di SI itu sendiri, itu tuh mirip dengan Ilkom yang di titik beratkan ke ilmu manajemen nya. kalau di teknologi informasi ugm itu gimana kak?

      • Hermon Jay

        Iya bener SI adalah jurusan seperti yang kamu bilang. Sementara kalo prodi TI UGM, itu ada dibawah Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JTETI). Jadi, TI dan TE seperti saudara kandung :D, dan saudara" sepupunya adalah jurusan" lain di Fakultas Teknik. Jadi, TI UGM adalah ilkomp yang lebih dititik beratkan ke ilmu Teknik Elektro, katanya sih konsentrasinya ada 2, yaitu Sistem Informasi dan Komputer Komunikasi. Mungkin kamu kurang familiar sama yg ke2 *sama kayak aku* tapi menurut web ini http://nurvirtamonarizqa.blogspot.com/2012/01/perbedaan-ilmu-komputer-dan-teknologi.html Komp Komunikasi lebih ke arah pengolahan citra digital dan User Interface. Dan konon, TI UGM diperkuat dengan pembelajaran teknik telekomunikasi yang gk ada di Tek Inf dan Ilkomp 🙂

      • Angga arya s

        Kak, kalau gw kan suka design aplikasi nih. Enak nya yg IK atau yg TI y?

    • Informatics sama Information Technology itu sama aja? Serius bro?

  • Idontknow

    wah keren :v pengalaman gua masih smp ( botjah ) udah ngutak ngatik komputer secara otodidak terus gua coba bikin program sederhana , terus gua coba bikin game sendiri terus sekarang gw lagi pelajari ilmu hacking rasanya masih belum puas sih.

  • rosa temaja

    Kak mau tanya...apa nanti klo tamat antara fasilkom ui dg mahasiswa tehnik informasi gelar nya akan sama yaa? Kan klo kita liat lowongan kerja diperlukan S1 tehnik informasi.. apa itu juga yg dicari lulusan fasilkom yaaa...terimakasih infonya kk

    • Ga ada yg namanya jurusan Teknik Informasi di manapun

  • Fatahillah Ardhi

    Artikelnya ntap kali kak, btw gue masih smk nih, kebetulan di jurusan perangkat lunak, semakin kesini2 ya malah jadi bosen, gue malah jadi lebih tertarik ke "Hardware" atau "Jaringan" gitu. Menurut kakak, gue mending Arsitektur dan Infrastruktur TI atau Teknologi Perangkat Lunak? Ya gue ngerasa kalo ke teknologi perangkat lunak sih, udah punya banyak bekal. Tapi kalo ke arsitektur gue baru dikit gitu...

  • Nursalim Laimi

    jadi jurusan... untuk Mendesain/Animation, Apa nama Jurusannya?

  • Nursalim Laimi

    kalau jurusan untuk Mendesain/Animation video ap?

    • yoferen22

      DKV

  • Me gandi

    Artikelnya keren banget.. btw saya mau tanya nih
    saya udah belajar
    pemrograman hampir 2 tahun.. dan sangat suka sekali dengan dunia pemrograman ini.. saya
    baru saja naik ke kelas XII. Beberapa aplikasi yang pernah saya buat juga dipakai oleh beberapa instansi seperti sekolahan & pabrik.. namun saya sekolah di SMK. Apakah mungkin
    saya dapat masuk ke Ilmu Komputer UI? saya juga gak terlalu pintar2
    banget.. standar aja, kira kira bisa gak ya mengikuti semua pelajaran
    itu?

  • Thanks kak! Lumayan membuka mata buat belajar coding lagi 😀

  • Dyah

    Gw tipe 1 cuma ketawa baca ini sambil flashback masa2 kaget ketemu programming. Stress krn tiba2 disuruh bikin web mirip blogger tanpa ngeliat contekan sendirian pula padahal belajar programming baru sebulan, pacaran sama gugel tiap malam minggu, gak tidur cuma ngurusin error titik koma, sampe nilai sekolah jelek semua cuma karena harus bikin 3 web sendirian lagi dalam setahun. LOL. Skrg gw dapet buah dari proses itu. Salah satunya kebiasaan gw ngoding tanpa framework yg kata orang susah.

    Tapi makasih udah bikin artikel ini. Ternyata gak jauh dari bayangan gw. Semoga tahun depan nem gw bagus biar bisa dapet Ilkom dimanapun. Amiin... Maap sebelumnya malah curhat. Hehe... 😀

  • Shinichi Idan

    nice post (Y)
    mau nanya dong ? klo ekstensi s1 sistem informasi ui apakah nanti milih salah satu bidang ?
    trus klo mau lanjut S2 bagusnya bidang apa ya ? cz sistem informasi itu luas banget, gw cba nyari informasi bidang di s2 jepang banyak bangget, bgg mau mngerucutkan ke salah satu bidang. mohon sarannya

  • khoerul ageng

    Mba saya mau nanya nih, saya kan punya cita cita masuk ITB atau universitas yang menyangkut tentang komputer, nah saya sekarang baru masuk kelas 12, saya mau mempersiapkannya dari sekarang, jadi pertanyaan saya, persiapan apa saja yang harus saya lakukan mba?

    • khoerul ageng

      oh iya saya lupa, saya sekolah di SMA jurusan IPA, apa saya bisa masuk?

  • anonym

    kak saya kelas 3 sma tapi saya jurusan ipa, selama saya di sma gak pernah dikasih pelajaran ttg IT, tp saya punya minat masuk programming, mungkin gak kak saya gapernah dapet pelajaran IT bisa masuk kuliah jurusan IT?

    • Ryo Supercell

      Mungkin gan, tetapi lu harus tau dulu dasar"nya biar nggak susah pas masuk, trus lu passion lu disana nggak, ini menyangkut masa depan lu, kalo lu rasa kurang suka mending jangan

  • Muhammad Alif Aqsha

    Kak, bahasa jurusan matematika juga dong 😀

  • zha

    Min boleh minta pin elu? Pengin nanya nanya

  • zha

    Ane mau tanya min btw elu ngabisin berapa uang untuk S1 elu min jawab ya min penasaran

  • yoferen22

    gw mo nanya nih kalo mau it kira kira harus ngapainya kalo mo cum laude, gw udah usahain belajar sebelum masuk kuliah: kalkulus, c++, python,javascript, alogaritma dkk wakkwakawk tapi merasa belom cukup nih karna nga tw apa yang harus dipelajari lagi tq sebelumnya!

  • Jaya

    Artikel yang seharusnya dipublish sebelum gw ikut SPMB, hahaha
    Tipe 3 irisan dengan tipe 2. pas SPMB milih ilkom UI di pilihan kedua
    tapi ya tamat juga, kerja juga haha..

  • rachmawati nur

    ka, artikelnya keren. mau nanya lebih jelas tapi ga disini bisa lewat mana ka? hehe

  • Shara Mardiyanti

    ka, saya baru tamat SMA pengen banget masuk jurusan ilmu komputer, tapi saya belom begitu paham ka yang dimaksud ilmu komputer itu apa . apakah masuk ilkom harus bisa biologi, fisika, kimia, matematika ?

  • tisutisu

    Coding is boring gan

  • winda

    aku pengen banget masuk di jurusan informatika atau

    Arsitektur dan Infrastruktur TI trus kuliah di jogja,gimana sih caranya biar ditrima gitu di universitas yg di jogja

  • winda

    saya ingin masuk jurusan IT gimana caranya?

  • kusnadi

    mantaplah.
    jadi ngebuka hati saya masuk ke teknik komputer apa ilmu komputer.
    tapi masih sedikit bingung. cuma ada sedikit cahaya untuk masuk ilmu komputer hehhe

  • fatony

    kak siapa sih penmu ilmu sisten informasi

  • Rina

    Kak, kalo mau masuk fasilkom itu 3 mapel penunjang utamanya apa ya kak?

  • Arfandi Nasution

    terus untuk lapangan pekerjaan anak ilkom seperti apa?

  • Soni Ardi

    assalamualikum kk kalauu anak ips bisa ngambil ilmu komputerr jugaa saya dari dulu udah pengen bangett masukk ilmu komputerr di UI :')

  • mut

    ka kalo mempermudah penggunaan dan belajar bahasa c yang dasar banget gimana ya? terus gimana caranya lulus jadi skom dengan baik dan lancar ka, tips n trik dong ka....lagi struggling di ilkom :')

  • Zulpan Fahrijal

    kak gue mau nanya, kalo yang sekolah smknya terus swasta jurusan rpl (rekayasa perangkat lunak) bisa masuk ilmu komputer diptn kagak ?

  • Luthfi Hisyam

    kaka emang nanti kalau dijurusan TI semester 1 nya bakal sibuk banget ya?

  • ♬ Rizka ♪

    Good article! 😀
    Jadi gini, aku udah lama berfikir tentang jurusan yang mau aku pilih setelah lulus dari SHS. But, i'm a part of social student and really interested with this program study. Kira kira, aku masih punya kesempatan untuk jadi mahasiswi di bidang ini atau enggak? Terus sebagai persiapan aku yang awal banget karena aku anak sosial, apa?
    Thank you. Hope, my question will be answered ASAP. 🙂

  • hirlan zee

    infonya sangat bermanfaat kak, sambil nunggu pembukaan mahasiswa baru, browsing tentang jurusan ini ni,

  • Saputro Andi Pamungkas

    kak gw bingung nih milih jurusan.. gw dari IPS pengen ke IPA mau ambil Informatika. Tapi kenapa ya matematikanya lemah banget,takutnya nanti pas kuliah keteteran . Mau ambil jurusan lain yg di IPS rasanya kayak dipaksa2in milihnya soalnya bukan dari hati yang paling dalem, beda sama Informatika yang emang bidang ini udah suka dari kecil. Udah sering beberapa kali coding dan rasanya pengen terus tapi kadang ada stucknya juga.

    • Dramatic Alaskaドラマチックアラスカ

      jadi geli aku membacanya, ada benarnya, sama kyk aku & teman2 IT UGM juga kalo ada kode yg hasilnya error tuh rasanya pengen quit. saran ane sih, jangan memaksakan diri bro, survey dulu, klo kamu suka hitung menghitung, welcome to engineering world faculty kalau tidak ya masuk akuntansi (walau ada hitung2an masih diperbolehkan pake kalkulator) ilmu politik dll. jadi inti dari semua ini adalah dunia koding-mengkoding itu ibarat memperlakukan wanita cantik, udah sensitif, bawel, cerewet, manja apa lagi ya begitulah, salah sedikit lelaki selalu salah xD

      • Saputro Andi Pamungkas

        Hehe makasih bro masukannya 🙂 kebetulan udah ketrima di salah 1 universitas swasta di jogja ambil informatika . Kmrn sempet bingung mau gimana, terus makin mendekati sbmptn itu udh fix mau ambil informatika. malahan jadi makin penasaran sama matematika gara2 pake zenius hehe . Wah kalau jurusan yang ips kyknya bener2 gak ada, tapi paling juga geografi semisal g masuk informatikanya kwkw tp juga masuknya ipa.

  • Bilhaq Fajrinda

    Mantap nih,,tapi gini bang gua sama sekali blm ngerti tentang programing dsb. dan gua cuma bisa bikin blog dan dari sript yg download di google tapi gua pengen banget masuk dan penasaran sama ILKOM gua haru gimana ya bang?? Mohon masukan dan sarannya dong 🙂

    • Fanny Rofalina

      Coba deh lo jajalin website yang gue rekomendasikan di atas buat belajar programming. Atau lo juga coba jajalin belajar programming di sini (website nya lebih simpel):
      http://www.freecodecamp.com/

      Kalo lo mau tau apa lo bakal suka dengan programming atau bakal cocok apa enggak dengan jurusannya, ya lo harus coba rasain sendiri lah gimana ngoding.

  • a_n

    Kak, izin nanya..

    Saya masih bingung apa saya cocok masuk jurusan Teknik Informatika atau enggak.
    Saya udh pernah nyoba programming, & yg ngebuat saya tertarik itu karena saya pengen banget bisa buat software sendiri yg bisa bermanfaat buat banyak orang.

    Masalahnya, di Teknik Informatika itu juga belajar Fisika, kan? Nah, saya ga terlalu suka Fisika -_-
    Tapi kalau Matematika, saya termasuk orang yg "bisa" di bidang ini.

    Trus, di Informatika tuh juga mesti belajar tentang hardware2 ga sih? Karena sebetulnya saya ga suka oprek2 hardware, kelistrikan, dsb. Saya cenderung lebih ke software, & dari dulu emang suka kerja (& main :3) atau ngabisin waktu di depan komputer.

    Mohon bantuannya kaka.. saya galau :3

    • Fanny Rofalina

      Hello a_n.

      Makasih ya udah bertanya di mari.

      Terkait Fisika, berkaca dari pengalaman gue dulu kuliah di Fasilkom UI (gue ga tau ya kalo di univ lain gimana), matkul Fisika itu cuma belajar teori dan pengantar doang kok. Ga terlalu heavy mendalami belajar Fisika nya. Perkualihan Fisika gue dulu, diisi oleh dosen tamu dari MIPA, jelasinnya dikit, sisanya dia cuma nyuruh mahasiswa bikin grup buat presentasi gt. Hhahaha.
      Gue rasa sih, kenapa Fasilkom masukin matkul Fisika, cuma sebagai pengantar aja buat mahasiswa2 yang mungkin MAU ambil peminatan bikin software yang bersinggungan dengan Fisika. Tapi bagi gue pribadi, setelah matkul Fisika selesai, gue ga ada tuh nyentuh2 Fisika lagi. Begitu pula pada teman2 gue kebanyakan. Hehee..

      Soal hardware, memang ada beberapa matkul di Fasilkom UI yang akan bersinggungan dengan hardware. Tapi ga sampe bikin rangkaian listrik segala. Biasanya kita malah ke programming side nya gt. Misalnya nih, gimana memprogram sederet lampu untuk menyala dengan pola tertentu tiap berapa detik. Tapi lo hanya akan diminta bikin programnya, ga sampe solder lampunya segala.
      Kembali lagi, tergantung peminatan yang lo pilih pas kuliah nanti. Bagi mahasiswa yang tertarik dengan robotika, pasti bakal banyak milih matkul yang berbau hardware, bahkan bakal sering berinteraksi dengan anak teknik. Tapi kalo ga ambil peminatan robotika, ya lo bisa ambil matkul2 lain yang jauh lebih mendalami pembuatan software.

      FYI aja nih, salah satu mitos buat anak Ilkom adalah karena mentang-mentang kami belajar komputer, banyak yang ngira kami bisa oprec2 komputer. No no no. Big NO! Kemampuan oprec komputer itu lebih curiosity orangnya. Ya mungkin ada sebuah jurusan yang khsus membekali mahasiswanya untuk bisa oprec komputer, tapi yang pasti itu bukan di Fasilkom atau TI. Jadi kalo ada yang punya komputer/laptop error dan sodorin ke kami, sorry kami bukan tukang servis komputer 😉

      Semoga informasinya berguna untuk menghilangkan kegalauan lo ya :_

      Cheers..

      • a_n

        Ooo.. jadi ga terlalu ngedalemin Fisika yaa..
        Baguslah kalo gitu :3

        Wah, justru malah diminta buat programnya? 😀 Wiiih... kalo gitu mah asik!

        Hmm..
        Jadi anak TI ternyata bukan tukang oprek2 komputer toh..:3
        Saya kira mereka2 juga harus jago hardware..

        Thanks banget nih ka.. udah mau jawab. Ngebantu banget 🙂

        O'iya, pertanyaan yg terakhir blm dijawab :3

        • Dramatic Alaskaドラマチックアラスカ

          biar gampang paham nih rinciannya;
          Ilmu komputer tuh ilmu serakah (hardware, software, programming dll)
          teknik informatika (programming)
          sistem informasi (analysis, kayak pelayan restoran jadi menjembatani antara client dengan engineering (ilmu komputer dan IT (teknik informatika)).

          ngadalemin fisika bisa saja jika minat kamu di game developer cth perusahaan agate studio di bandung, konami jepang, ea sports canada, dll dengan memperdalam bahasa pemograman c, c++, swift.

  • Katong

    Kak, kalau dari smk mau ikut sbmptn berarti harus belajar materi sma ya kak ??

  • Anziel Malandri

    Gua tipe 1 kayanya. yah, walau olimpiade komputer baru ikut semester 2 nanti.
    BTW, soal - soal bagian aritmatika itu nyari referensi materinya dimana ya?

  • Redya Nurahman

    Kak boleh minta sarannya gak?
    Saya kuliah di jurusan Teknik Informatika, Kebetulan saya menjadi tim penyelenggara olimpiade komputer di universitas saya. kira2 untuk menyelenggarakan olimpiade komputer, materi apa aja yang perlu diperhatikan selain inti tentang komputer itu sendiri? lalu kira2 materi apa lagi yang perlu diperhatikan untuk olimpiade komputer? atau materi lain yang tidak membahas secara mendalam tentang komputer, tapi memang materi itu ada kaitannya dengan komputer..
    Rencananya olimpiade ini dilaksanakan untuk tingkat sma.

    Ok, kak saya tunggu jawabannya.. terus kaka kalo ada saran mohon di share hehe
    sebelumnya Terima Kasih..

    • Anziel Malandri

      wah... numpang ninggalin jejak ya kak :v
      pengen tau juga

  • Furqon Lanang

    Kak gw kayak nya tertantang sama nih jurusan , By the way kerja nya apaan ?? jadi karyawan google Kah (my dream ) atau semacam Nya Yg jadi pertanyaan apakah gaji nya pasti ??

    • Dramatic Alaskaドラマチックアラスカ

      kerjanya ya buat proyek, proyek apa ? tergantung kamu kerja dimana dan menangani apa ? cth aku kerja di intel menangani piranti processornya. pake bahasa pemograman ? of course. kamu jadi karyawan google, beuh susah berat. tantangannya besar di interviewnya apa kamu bisa sanggup menjawab pertanyaan konyol saat diinterview ? lalu apakah gajinya pasti ? lihat dari pengalamanmu juga kalo kamu skill nya jago bisa menyelesaikan proyek dalam waktu cepat gajimu naik dan naik jabatan tentunya. jika tidak paling dikontrak kenapa ? perusahaan "takut" rugi kalo merekrut kamu trus di training ataupun entah gimana tiba2 1-3 tahun udah hengkang atau bisa dibilang kamu hanya jadi beban perusahaan saja / tak berguna saat bekerja, pikir si atasan begitu.

  • Yuda Setiawan

    kayaknya gue tipe 1 + 2 deh :v emang dari kecil udah dikasih main komputer, dan sampe sekarang gak bisa lepas dari komputer :v alhamdulillah keterima di Manajemen informatika politeknik negeri sriwijaya yang alhamdulillah juga tahun depan berganti menjadi sistem informasi :v

  • Si Untuy

    Kak...request buat "Mengupas Ilmu Komputasi dong"

  • Aldilla P. Prayogo

    hai kak, aku mau request tolong dibahas dong gimana caranya biar anak SMK bidang IT bisa lolos tes masuk PTN yang bidang IT juga.
    soalnya IT kan buat anak IPA, jadi apakah chance untuk lolos PTN anak SMK sama dengan anak IPA?

    terima kasih kak 🙂

  • Tapi kalau math nya jelek may masuk IT/computer science gimana?

    Kalo soal programming ada passion sih kayaknya.

  • Muhammad Anton

    Kuliah nya di fasilkom, tapi jadi tutor biologi. Kok bisa kak??:D

  • rayandrew

    wah akhirnya ada juga yang ngupas teknik informatika. kebetulan saya masih tahap TPB STEI ITB. dulu pengguna zenius juga hahaha.
    dan memang dari TPB aja udah banyak programming, pokoknya kalo mau bergelut di teknik, computational programming penting banget sih untuk ngasah logika yang nantinya bakal guna untuk problem solving.
    gokil ka!

    nb : yang mau masuk Ilmu Komputer atau Teknik sebaiknya mulai dicoba2 programming deh, guna kok 🙂

  • Muhammad Ajran Saputra

    Cuma kasihtau aja,ada beberapa universitas menggunakan nama jurusan sistem komputer atau kalau dijurusan diatas sama seperti teknik komputer,

  • Mhd Ryan Pranata

    Kak , saya suka banget dengan dunia komputer , dan saya rencana ingin mengambil jurusan SI ? Tapi masalahnya SI itu setahu saya harus bisa jago komunikasi dengan banyak orang . Krna saya orang nya pendiam jarang ngomong apakah itu menghambat nantinya? Kalau mau masuk ke Ilkom saya kurang kuat Matematikanya . Mohon pencerahannya kak. Makasih

  • Angga arya s

    kak. Kalau gw kan minatnya pada design aplikasi. Itu enaknya ke jurusan apa y? Sebenernya gw juga suka ngoding. Tapi gw lebih suka design aplikasi kak

  • Panda

    Nice info 😀

    Kakak, tolong bahas jurusan lain sehingga tidak ada orang 'nyasar' lagi. Kan kasihan udah bayar mahal - mahal tapi 'salah' masuk jurusan.

  • hamsyah abdul

    ka gimana cara masuk Ilmu komputer di UI sedangkan harus ipa katanya , ips gak bisa kak?

  • Riyandi Joshua Seijurou

    kak, saya siswa SMA kelas 3, dulu pernah ikut olimpiade Komputer tingkat provinsi walaupun gak menang :'), waktu di kabupaten cuma ngandalin ngerjain soal logika dibanding soal programing, masalahnya di sekolah gak pernah di ajarin ttg program2 itu, waktu di provinsi ada sedikit diajarin sama tutor nya mengenai program free pascal, dan saya tertarik, tapi masih belum mengerti sepenuhnya, dan saya berencana ingin mengambil jurusan ilmu komputer, apa ada peluang untuk saya bisa "pas" di jurusan tersebut kk? sewaktu kuliah apakah dibedakan antara maba yang sudah mempunyai dasar programing dg maba yg tidak punya dasar sama sekali? apakah maba yg tidak punya dasar sama sekali akan diajarkan sampai mahir? terima kasih atas jawabannya, maaf kebanyakan nanya 🙂 hehe.

    • Angga arya s

      Kamu dari provinsi mana nih?

      • Riyandi Joshua Seijurou

        Provinsi Jambi

      • Riyandi Joshua Seijurou

        dari provinsi jambi kak

  • Makasih banget kak buat penjelasannya ^^
    Saya lebih ngerti kalo prodi komputer itu ngapain aja 😀

  • arya

    Halo kak? Mau tanyaaaa... bisa ga ya dari jurusan akuntansi masuk ke jurusan kaka?.-. Gimana caranya?

  • Kevin Warendra

    Artikelnya keren,Makasih INfonya Kak ^^
    Sekalian Izin untuk copas sebagai referensi (y)

  • Rifki Ridha

    Minat tekkom, passion ilkom, nyasar ke teknik sipil, gue

  • Ghazali Hasan Nasakti

    Ka, boleh tahu apa aja hal-hal yang akan dipelajari (semacam kurikulum lah) oleh seorang anak ilmu komputer di semester pertama...

  • KurniawanRR

    kak, mau nanya, tambah lagi nih..
    bedanya Teknik Informatika sama Teknologi Informasi itu apa sih? di UGM ada jurusan itu.. ada yang bilang beda nama, ada yang bala bala bala bala.. mohon pencerahannya 🙂

  • niken

    kaka aku baru masuk S1 sistem informasi dan udah semester 1
    trus mata kuliahnya masih dasar banget kak tapi aku pengen belajar bahasa program..
    gimana sich cara kak cara biar gak bosan pas belajar bahasa program,,soalnya baru pemula nih

  • Arie Rizki Pratomo

    kak prodi yang mengandung unsur unsur jaringan gitu prodi apa ya ka ?

  • Fitria

    Kak, kira kira ada gak modal yang kita butuhin buat bisa masuk ke jurusan ini. Kaya misalnya harus punya komputer/laptop sendiri, harus paham dasar2 nya. Kalau kita bener bener awam tapi kita tertarik, kira kira bisa gak ya..

  • Lee Ara

    kak, kalo ga jago mtk ato itung2an tapi minat banget ama komputer dan kepengen jadi programmer bisa cocok ga ama jurusan teknik informatika?

  • Muhammad Ichwan

    TKJ itu belajar tentang hardware dan software juga kan ? Klau masuk TKJ udh pasti pelajaran yng di Multimedia ada juga kan di TKJ walaupun sedikit ? bingung nih mau jurusan apa -_- minatnya sih mau jadi progammer 😀

  • Nibbler

    Ilmu komputer juga mempelajari kriptografi gak.?

  • 81kd1g

    :beep: late comment

    Lebih memilih otodidak kayaknya, untuk Programming-nya

  • Yogha Octhanio

    Haduuh kak sya msh bingung nii
    Saya kepingin banget masuk ke bidang IT pemograman gitu dan tahun ini rencanany mau msuk snmptn teknologi informasi UGM
    Tapi saya blum punya dasar pemograman sama sekali? Gimana ya?
    Mohon bantuanny 🙂

  • Yogha Octhanio

    kak, saya pengen masuk jurusan teknologi informasi, tapi saya belum ada dasar pemrograman sama sekali pas sma? gimana tuh? apakah nanti saya bakal ketinggalan pelajaran?

  • only like

    Maunanya Bedanya Teknologi Informasi UGM dan Teknik Informatika di Univ. lain apa ya ?, kok di UGM tidak ada Teknik Informatika, cari artikel di Internet gak paham - paham

  • Isya R

    terima kasih infonya kak, kebetulan entah kenapa saya pengen banget masuk jurusan berbau komputer. Pokoknya komputer wae lah hihihi. . Tapi saya bingung kak saya belum pernah ngoding, apa kemampuan ngoding dll harus dipersiapin sebelum masuk kuliah? Soalnya langkah yg saya ambil untuk sementara fokus belajar SBMPTN 2016 dulu. Kira2 langkah yg saya ambil salah / tidak ya? Jika langkah ini saya ambil apakah saya bisa beradaptasi dengan pelajaran2 dijurusan tersebut?
    Terima kasih

  • kakak lulusan ilmu komputer tapi bisa ngajar biologi juga, Sugoii.... ^-^.
    btw, saya tipe #1 nih kak, meski masih SMA saya udah mencoba belajar coding sama temen-temen saya

  • Karima Manil

    Waktu kelas 3 smk ditanya guru mau lanjut apa habis lulus belum nentuin karena bingung jurusan kuliah yang belajar berbau komputer itu banyak. dulu gk bisa bedain teknik komputer, sistem informasi, teknik informatika, dkk bedanya dimana -_-"

    Dihasut sama temen yang saranin di SI trus udah hampir fix mau daftar disana ternyata bukan minatnya, setelah baca artikel ini sudah di konfirmasi akan masuk jurusan Teknik Informatika :3 udah minat banget dan ability aku mungkin bakal lebih berguna disini, tinggal tunggu graduation mei besok, mohon doanya agar bisa masuk Universitas (Gundar) jurusan TI ya ka 🙂

    Thanks banget ya ka fanny pencerahannya, Great article (y)

  • Reza Skrilrex

    gwe mau nanyak nih kak, gw SMK jurusan TKJ gwe sukak buat web server,dan paling penasaran buat program, gue cocoknya di ilmu komputer ato teknik informatika ??

  • Yura

    Nah ini nih senasib 😀 suka n pensaran sm TInya tpi MTK nya ane bisa gak ya ._.

  • Mohammad Thareeq Izzulhaq

    ilmu komputer bagusnya dmn?

  • Furqon Lanang

    holy crap , im totaly love with coding :3 , i just want ask :v apakah kalo lulus gaji nya pasti ??

    • Hermon Jay

      Pasti? Pasti ada kok wkwk
      Itu semua tergantung dengan keahlianmu, posisi yang dilamar, kerja di perusahaan apa. Tapi yang pasti, prospeknya luas, tapi sayangnya dibarengi dengan saingan yang ketat pula.

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

  • rhenofwn2

    Berguna bgt, thanks 🙂

  • Muhammad Nasry Ashar

    iya nih gan, gw mah kalau perhitungan bisa dibilang payah banget :'v, tapi kalau udah bahas komputer , beda lagi 😀 .. ga di respon ama mimin :'v

  • Kadek Angga

    Gan gw mau nanya nih biasa orang awam, kalo mau jadi developer itu jurusannya ke mana ya? Gw masih bingung sama macem" kurikulumnya. Btw artikelnya menarik, jadinya gw bisa punya bayangan ntar kuliah kaya gimana

  • Naufal Prakoso

    Ini passion ku. Doakan aku biar keterima di IF ITB tahun depan! 😀

  • Rudy Hermawan

    Jadi Ilmu komputer sama Teknik informatika itu sama ya? terus kenapa di UGM ada prodi Ilkom sama TI? kenapa gak digabungin jadi satu aja?

    • Hermon Jay

      Maaf itu kebijakan rektoran dan dekanat, jujur aku sendiri juga gk paham kenapa mereka mecahin elins, ilkomp, dan TI. Tapi dari 3 prodi itu sendiri sering riset ato lomba bareng kok (Biasa sih tambah anak TE)

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

  • Gung Eka

    Artikel yang menarik.
    Blogwalking.
    Salam kenal
    http://www.bloginformatika.com

  • Defi Priambodo

    kak saya mau nanya , apa di jurusan sistem informasi juga akan belajar programing kaya coding,program c dan c++ ???

  • Furqon Lanang

    kak saya dari smp udah ketagihan banget ama coding :3 pengen nya masuk informatika itb :3 tapi by the way apakah gaji besar di informatika itb ? saya liat curhatan hati seorang programer :v di kaskus itu gaji nya miris banget di bawah gaji umr :3 hancur sudah harapan gw apakah benar seperti itu kah ? informatika itb lulusan nya juga bakal begitu ?

    • Hermon Jay

      Gaji sedikit banget hubungannya dengan jurusan. Jurusan cuma menghantarkan kamu ke gelar tertentu dan keahlian tertentu lewat kurikulum. Jujur, kalo cuma ngikutin kurikulum tok, ilmumu sedkit banget. Tergantung kamu ngelamar di posisi dan perusahaan apa. Gk usah fokus dengan curhatan dia/mereka. Itu cuma segelintir dari puluhan, mungkin ratusan, mungkin ribuan, alumni STEI ITB yang luar biasa sukses. Asal jadi mahasiswa yang gk kupu-kupu, aktif organisasi, suka riset, gaji 2x UMR sebagai freshgraduate bisa dikantongin.

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

    • Arie Priyambadha

      Asal lu tau ya, gaji programmer di indo gaji start awal di 7 juta gan info temen yang kerja di toko***ia, senior ane yang pro dan jago coding kerja dua tahun gaji sudah 2 digit kerja di tra**loka. Mau kerja di luar negeri macam dubai gaji bisa 30juta++ tanpa bayar tax karena di dubai ngga ada tax. Magang di glasdoor perusahan US bisa digaji $9000/month bagaimana kalau kerja sebagai karyawan permanen di big 4 company (facebook, google, microsoft, atau amazon)? pastinya lebih besar dong, info terakhir yang gw dapat mereka berani bayar karyawannya $15,000/month, gilaaaaa.

      Orang-orang yang curhat di sosmed atau blog atau forum2 itu mungkin programmer2 yang kurang berkualitas ya atau mungkin kurang gaul karena diluar sana banyak banget perusahaan besar atau startup yang mencari programmer berkualitas dengan harga yang cukup besar. Prospek kerja lulusan IT itu ada banyak banget coba aja cek di jobstreet, akan selalu ada lowongan2 kerja sebagai programmer setiap harinya. Cari programmer berkualitas dan passion di bidangnya, itu susah.

      Kalau memang passionnya di situ kejar sampai dapat. Entah nanti setelah lulus mau kerja atau bisnis juga bisa. Kalau passionnya di bisnis ngga suka ikut orang, bisa bangun startup seperti tokopedia, bukalapak, atau kaskus. Sekarang lagi seksi2nya startup di Indonesia. Pak presiden juga lagi mensupport banget mengenai startup sekarang ini. Atau kalau ingin freelance atau bekerja secara independen juga bisa main aja di situs upwork.com atau freelancer.com. Banyak orang-orang indo yang cari duit di sana, info terakhir yang gw dapat dari kumpul2 freelancer sukses di Indo. Penghasilan relatif lebih besar dari gaji bekerja di kantoran, bisa sampai 2-5x lipat per bulannya. Cuma hasil yang didapat sebanding dengan kerja kerasnya juga ya.

      Segitu aja, semoga membuka wawasannya buat yang temen-temen yang ingin kerja di bidang IT. Tapi gw ingatin sekali lagi, kalau memang bukan minatnya/passionnya di sini mending jangan deh, jangan tergiur hanya karena gaji yang besar. Hidup lu akan tersiksa selama 4 tahun kalau cepet, kuliah di bidang yang bukan lu banget. Thanks, sukses buat semua.

  • Josh Brian Londa

    kak. Apakah untuk mencari Luas Segitiga di atas harus menggunakan C++ only atau bisa menggunakan app yang lain seperti Dreamweaver mungkin? Maaf kak. Saya masih awam untuk yang beginian. Tapi saya berniat untuk menjadi IT specialist juga kak. Mohon untuk bantuan penjelasannya. Saya harap langkah ini bisa menjadi langkah awal untuk sepak terjang saya dalam berotodidak tentang Ilmu komputer ini. Terimakasih untuk responnya.

  • Porman Dame

    kak fanny cara simpel buat ngapal kode kode mesin komputer gimana si

    • Hermon Jay

      Btw pertanyaanmu juga nanggung, kode-kode mesin komputer tuh apaan mksdnya -_- kode komputer mah yang ngerti orang pabrik bagian audit barang wkwk.

      Tapi kalo yg kamu maksud itu programming, bisa cek codeacademy ato udemy.

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

  • Tuti Maisharoh

    Hallo kaa, ada kontak seperti Line atau BBM gak? Mau sharing dan tanya tanya juga nihh hehe

  • Garda Giri Wardana

    ka fanny, saya mau daftar swasta di uty(frustasi ga dapet ikom di negeri T_T)
    yg lebih banyak belajar coding antara manajemen informatika sama teknik informatika mna ya?

  • salsabilla shafa adzra

    kak aku tahun depan insyaallah pengen banget masuk SI UI *aamiin* tapi ya itu gue kayaknya termasuk tipe tipe yang nomor 2. ya gue suka peminatannya itu yang istilahnya "gue banget" tapi pas di semester awal "gak gue banget" belum pernah ngerti/ngulik2 komputer sama sekali, yang adacuman doyan makenya aja :(. kira kira apa ya solusinya? makasih 🙂

  • kalo Teknologi Informasi UGM, itu apa perbedaannya sama yg dibahas diatas?

  • Fadli Hidayatullah

    Bermanfaat banget kak artikelnya, saya alumni SMK dan ingin daftar SBMPTN. saya udah dirana Programming selama di bangku SMK, namun saya tertarik ke business dan management dan tentunya mendalami programming, kira2 apakah Sistem Informasi cocok buat saya kak? Ohh ya di UGM gak ada ya Sistem Informasi nya?

    • Hermon Jay

      Cocok banget. Gk salah juga milih Ilkomp, tapi perbanyak teman dan ilmu dari jurusan SI dan Management. UGM gk ada Sistem Informasi. Tapi di Ilkomp cukup untuk mengembangkan ilmu management dan bisnis. Terlihat dari banyaknya tim yg lolos gemastik di kategori pengembangan bisnis.

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

    • adef Priambodo

      Setau saya Sistem Informasi itu peminatan dari Program Studi Teknologi informasi JTETI UGM ( cmiiw )

  • Bernard Tjandra

    Kak, kalau saya ingin masuk ke fakultas ilkom hrus dibekali dengan bljr programming yang bagaimana? Apakah jurusan ini cocok kalau keinginan saya membuat smartphone dll? Trims....

    • Hermon Jay

      Ingin masuk? Kalau mau masuk mah harus dibekali dengan niat dan ilmu yang cukup untuk SBM/SNM/UM wkwk. Tapi kalo udah masuk dan mau berkarya, itu lain cerita. Ada banyak sekali bahasa pemrograman dan semuanya kontekstual. Sayang aku juga gatau gimana bikin apps smartphone wkwk. Tapi kebanyakan temenku pake android studio. Btw hampir semua programmer belajar bahasa pemrograman dimulai dari C++ ato Java. Jarang banget yang longkap ujuk" bisa bikin apps smartphone tanpa C++ ato Java. Keinginan? Asal niat pasti bisa. Temenku anak geografi aja bisa bikin software kok. Apalagi murni ilkomp.

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

  • Muhamad Regen

    tipe #1 cuma ga sempet kuliah di ilkom ui,, 🙁 jadi dapet ilmunya naggung,,,

  • Shopa dilla

    terimakasih kak, infonya
    kak kalo masih semster satu berarti yang dipelajari masih dasar dulukan kak? berarti kita diajarkan dasarnya secara keseluruhan kan kak? karena katanya kalo masih semster 1 masih belajar pelajaran sma dulu.

    • Hermon Jay

      Gk ada orang yg bisa naik ke lantai dua tanpa lewatin lantai satu. Semua tuh ada proses. Termasuk belajar, pasti butuh yang namanya dasar. Gk heran mereka *Tim Kurikulum* ngedesain semester 1 tuh isinya kebanyakan hal-hal dasar.

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

  • Murizni

    Mantap kak, makasih info nya.
    saya mau nanya kak, setelah wisuda dari jurusan TI / Ilkom di UI. Apakah langsung kerja ? Lapangan pekerjaan untuk jurusan TI / Ilkom di Daerah Jawa apakah banyak ? Dan juga kaka sendiri sekarang apakah sudah dpt pekerjaan? Kalau boleh tau rata" Gaji untuk jurusan TI/ Ilkom brp ya ka?
    maaf kak banyak nanya 😀 maklum orang luar Jawa + Mempertimbangkan keadaan.

    • Hermon Jay

      Yang namanya kerja itu sangat bergantung dengan skill dan keniatan mahasiswanya sendiri. Gk ada jurusan yg menjamin mahasiswanya dapet kerja. Tapi mahasiswanya sendiri yg jadi alesan dia bisa langsung kerja ato nggak. Lapangan pekerjaan mah pasti luas, tapi inget juga, saingannya banyak. Ada yang jadi analyzer, software programmer, web designer, web developer, mobile apps developer, database, data miner, games, dan masih banyak banget job" lainnya. Percuma pekerjaan luas tapi gk bisa bersaing. Gaji juga, tergantung pekerjaan. Ada yang perproyek, perbulan, ato gimana gatau (ane belom kerja wkwk). Asal gk jadi mahasiswa yg kupu-kupu, bisalah dapet pekerjaan yang gajinya bisa ngehidupin diri sendiri. Mau ngehidupin keluarga? Jadi mahasiswa yg berprestasi, aktif, pinter baik hard dan soft skill, kompetitif, dsb.

      Jay, Elins UGM 2014 (blm tau elins? googling)

  • Ahmad Kripton

    kak saya masih bingung dah . Di Ilkom ui kan ada peminatan Arsitektur TI, itu apa bedanya dah ama teknik computer , soalnya mirip mirip gtu sama sama belajar embedded sytem ama jaringan juga kan ...

    • Hermon Jay

      Yang namanya informatika pasti ada irisan di banyak pembelajarannya, maklum informatika banyak cabangnya. Yang aku tau arsitektur lebih ke bagaimana membangun CPU ato otak sebuah sistem komputer dari sudut pandang software. Sementara Teknik Komputer lebih ke bagaimana membangun sebuah komputer secara hardware. Agak susah juga membandingkannya karena pertanyaanmu itu juga pembandingnya beda, satunya jurusan satunya peminatan.

      cmiiw, ini cuma seingetku wktu 3 tahun yg lalu browsing kurikulum Ilkomp dan TekKomp UI.

      Jay, Elins UGM 2014

  • wilson putri

    kak mau tanya nih kan aku sekarang kelas 3 jurusan IPA , nah aku pengen banget masuk jurusan TI , TAPI DI SEKOLAH KU BELUM MENDALAM kalo masalah programing , kalo buat mapel TIK pun belom ada apa2 nya . klo taun depan aq kuliah masuk jurusan TI itu susah ngak ya kak , trus apa saja yang harus di persiapkan untuk masuk jurusan TI ya kak

  • hampir sama dengan artikel saya yang berjudul "Apa Perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi ?" ini link nya http://makinrajin.blogspot.co.id/2016/08/teknik-informatika-komputer-sistem-informasi.html

  • I Wayan Bagus

    kak sebenarnya arah perkembangan dari ilmu komputer kedepannya itu kemana ya? apakah menurut kakak worth it untuk mendalami di bidang AI?

  • Widyo Utomo

    Bagus nieh artikel... Thanks ya Fan.
    Btw, mau tanya donk... Ada gak yah kuliah Ilkom atau Teknik Informatika untuk karyawan yang background nya bukan dari TI ?? Benar-benar kuliah TI dari awal bgts ?? Please info.

  • egi

    Kak aku mau masuk ilkom nih soalnya aku suka banget sama komputer.Tapi kata 'suka' disini lebih mengarah pada suka ilmu komputer secara general(yang orang omongin aja tentang belajar-belajar komputer aja).Sudah ada pengetahuan tentang komputer seperti itu pun saya masi takut sama jurusan ini karena pelajaran matematika nya soalnya saya kurang pandai matematika dan nilai mm saya gg bagus bagus amat.Menurut kakak saya harus gimana?pencerahannya dong....

  • nice artikel kak, but aku mau tanya? kan di UGM ada jurusan Teknologi Informasi, apakah sama juga dengan STEI-ITB?

  • Chandra Wijaya

    Kak, aku g pande" amat kalo masalah mate. Lambat nangkap malah kalo soal mate, tapi pas udah belajar soal programming sih jadi rasany seru gitu. Yah tp msih tetep kasus yang sama, lambat nangkap :v. Menurut kakak, cocok g aku masuk Fasilkom?

  • Markus Prap Kurniawan

    Boleh buta warna parsial nggak kak?

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      biasanya sih ga bisa, coba tanya langsung ke kampusnya bro

  • Fina Triana Sartika

    Ka mau tanya dong . Aku baru rencana ambil jurusan Ilmu Komputer di UBK (Universitas Bung Karno) kelas malam (karyawan) . Ok ga sih kalau ambil komputer after office hours dan di kampus sana. Mhn rekomendasi nya ya .

  • Hakan Ahmad Fatahillah

    Kak, mau nanya. Bedanya ilkom sama matematika peminatan sains komputasi apa? terima kasih

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      lo nanya tentang ilmu komputasi ?

      • Hakan Ahmad Fatahillah

        semacam itulah

  • Irwin Andriyanto

    Panjang juga artikelnya

  • ateng lenon

    makasih non artikelnya.
    gw nol bgt masalah perkomputeran karena ga ada basic, cuma lagi demen ngotak ngatik bikin web modal web builder.
    2 situs referensi situs buat belajar coding tadi jadi jembatan banget buat belajar, secara di indonesia masih ga gratis klo mau dapet materi bgitu dan sebagian masih belum tersosialisasi.
    mudah2an artikelnya jadi ladang pahala karena nambah ilmu.

  • Husnul Fadhillah

    kebetulan anak sistem informasi dan dari fakultas ilkom, hehe kita sama sama merasakan panis paitnya, semoga kelak bisa jadi andalan bangsa

  • Aini Cahya Setiani

    kak, emang bener ya tugas akhir jurs. TI itu mesti buat software? Trus katanya jurusan ini kebanyakan laki-laki?

    • Muhammad Shaufi Imanulhaq

      tergantung lo ambil TAnya apa dan tergantung kampus yg lo pilih

  • Arta

    Kak,di UGM gaada informatika, adanya ilmu komputer sama teknologi informasi. Kalau teknologi informasi itu bedanya apa sama ilmu komputer/informatika?

  • dhira

    kak, habis kuliah ini, rencananya kakak pengen kerja dimana?

  • Dhimas

    Kak, kan udah diulas tadi di atas kalo Ilmu Komputer (Computer Science) UI dan Teknik Informatika ITB kurikulum/materi yang diajarin sama, cuma beda penamaan aja. Nah kalo ada sebuah perusahaan luar negeri membuka lapangan pekerjaan buat lulusan Computer Science, kira kira yang lulusan Teknik Informatika apa juga bisa apply di pekerjaannya itu? Thanks kak sebelumnya 😀

  • Danissa Handayani

    Ka mau tanya sih, oh ya sebelumnya minta maaf kalau jawabannya ada di artikel ga dibaca semua soalnya. Hehe
    Jadikan aku tuh minat Fasilkom UI di sbmptn, nah Fasilkom UI tuh kan IPA, kalau aku testnya yg soshum gmn?
    Mohon jawabannya kak, terimakasih banyak sebelumnya

  • Thanks udh berbagi https://www.sinopsis.id

  • Zihan Firda

    Klo Ilmu komputer d UNHAS bagus ga kak?

  • Zihan Firda

    Kalau situs yg ditawarkan diatas tadi bisa lewat hp ga belajarnya?

  • Yudhis

    nice , this is my way :))

  • Reza F

    Klo anak smk jurusan tkj cocok ngga ya masuk di teknik informatika...

  • terima kasih, berguna utk memajukan web perusahaan http://selangpedia.com/

  • wah makasi banyak benget untuk tips2 yang detail! Smoga web perusahaan saya juga bisa makin maju
    http://aesthetic.id/

  • Jonathan Arya

    Yok main Lucky Table! kumpulin koin trs tukerin deh sama Asus Zenfone 2. Download game ini nih (android only), ga bakal nyesel deh. Jgn lupa loginnya pake nomor hp dan pake kode pin angpao ini biar dpt 30.000 koin gratis! http://id.luckytablegame.com/envelope.aspx?code=8243222784&name=Andy&t=facebook

  • Ocid Rosyid

    Bagus banget artigkelnya dan bisa menambah wawasan

  • Willa Waliyadin

    kak kalau Information Engineering itu masuknya ilmu komputer atau teknik komputer?

  • Me

    ada yang bisa terangin tentang mata kuliah serta prospek kerja dari anak lulusan Teknologi Informasi UGM ga? atau sekedar gambaran kuliah nantinya gimana

  • Kak perbedaan pendidikan teknik informatika sama teknik informatika itu gimana?
    Dan peluang kerjanya sama atau tidak?

  • Walidz

    kak, kalau ilkom/if cuma belajar coding doang ya? kalau hardwarenya gimana?

  • ranggakirana

    kak mau nanya nih, saya kan lulusan tahun ini di sekolah smk jurusan tehnik komputer jaringan , trus sy mau ngambil jurusan kuliah gitu tp yg tidak terlalu membahas tentang fisika / matematika. 🙁 jadi sy bingung cocok ngambil jurusan, tehnik informatika, sistem informasi, tehnik elektro, akutansi, managemend. atau yg mana gitu kak yg gk meleset dari jurusan tkj ?

  • Dimas Ananda

    Om mau tanya.....kalo gua masuk jurusan IPS tapi besok pengen kuliah di IT berapa banyak dominan sih kalo saya masuk di jurusan IPA?sama aja

  • Septia Dwi Kurniawan

    lengkap banget gan infonya keren banget gan