Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Halo-halo, ketemu lagi dengan gue, Ari "Patrick" :3 Sebagai bahan persiapan SNMPTN, gue udah nulis tentang Informasi Penting SNMPTN 2016 dan Strategi Memaksimalkan Peluang di SNMPTN. So, setelah baca kedua tulisan tersebut, sekarang lo udah pada daftar SNMPTN belum? atau masih pada galau? :p Ya gpp kok kalo masih bingung, take your time. Tapi perlu diinget, jangan daftar di akhir di akhir-akhir periode pendaftaran ya, karena nanti akan rame banget dan websitenya takutnya jadi down. Nah ngomong-ngomong soal pendaftaran SNMPTN, lo tau gak sih kuota SNMPTN 2017 ini akan dikurangi menjadi 30%? Selain itu peserta SNMPTN yang dibatasi sesuai dengan akreditasi sekolah membuat peluang diterima di jalur ini menjadi lebih ketat.

Anak-anak yang ga bisa daftar dan yang ditolak SNMPTN sebagian besar akan berbondong-bondong untuk ikut SBMPTN. Terus apa yang terjadi di SBMPTN? Dengan kuota 40% tentu akan terjadi persaingan berat pula. Belum lagi ditambah para alumni-alumni SMA yang menyimpan dendam kesumat karena gagal dapat PTN tahun lalu dan berencana ngulang untuk ikut SBMPTN tahun ini. Maka jadilah, persaingan di SBMPTN ga kalah ketat, atau bahkan bisa jadi lebih ketat.

sbmptn

"Wah ngeri banget! jadi takut nih zen.. :("

Sebenernya ini bukan buat nakut-nakutin ya. Tapi kalo lo takut, sini peluk kakak dulu. Tujuannya cuma mengingatkan kalo persaingan mendapatkan PTN itu ga main-main. Perlu usaha dan kerja keras lebih terutama buat lo yang mengincar jurusan atau PTN favorit. Selain itu, dengan mengetahui tingkat persaingan SNMPTN dan SBMPTN yang seperti gue jelasin di atas, lo sebaiknya punya planning apabila gagal di kedua jalur tersebut. Eits! ini bukan ngajarin lo biar jadi orang pesimis ya, tapi agar bagaimana lo bisa pandai menyiasati risiko dengan baik.

Selain SNMPTN dan jalur SBMPTN, terdapat juga satu jalur penerimaan lagi yaitu Seleksi Mandiri PTN atau biasa disebut juga Ujian Mandiri. Dengan kuota Jalur Mandiri sekitar 30%, maka sebaiknya lo lebih menganggap serius jalur ini dan mulai mempersiapkannya juga jauh-jauh hari. Sebagaimana pernah dibahas sama Glenn di artikel 5 kesalahan umum yang bisa bikin lo gagal masuk universitas, jangan pernah hanya mengandalkan 1-2 jalur untuk bisa kuliah. Manfaatkanlah segala ruang dan kesempatan yang ada, karena memang persaingan di setiap jalur juga tidak mudah.

"Dengan kuota Jalur Mandiri menjadi sekitar 30%, maka sebaiknya lo lebih menganggap serius jalur ini dan mulai mempersiapkannya juga jauh-jauh hari"

Nah, untuk jalur alternatif selain SBMPTN maupun SNMPTN, di artikel ini gua mau bahas tentang Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri masuk PTN. Seleksi Mandiri PTN merupakan penerimaan mahasiswa baru di suatu PTN yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tersebut. Jadi misal Universitas Negeri Malang (UM) atau Universitas Indonesia (UI) nih ngadain penerimaan khusus UM sendiri (di luar jalur nasional dan SBMPTN) maka itulah yang gua maksud dengan jalur Seleksi Mandiri PTN. Okay?

timthumb.php
Suasana Ujian Mandiri UM Malang (credit image: um.ac.id)

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program S1

Dalam Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN tahun 2015 terdiri dari Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Bersama (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN tergabung dalam 1 kategori yaitu Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola secara terpusat untuk semua PTN, sedangkan Seleksi Mandiri PTN dikelola oleh masing-masing PTN yang menyelenggarakan, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

jalur-mandiri-1024x597

Jenis-jenis Seleksi Mandiri PTN

Karena dikelola sendiri oleh masing-masing PTN, maka ragam seleksi mandiri S1 PTN berbeda-beda. Beberapa mekanisme Seleksi Mandiri PTN yaitu:

  1. Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan mengadakan ujian / tes. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UI (SIMAK UI), UNDIP, UGM (UTUL), IPB (UTMI), UNY, Unnes dll.
  2. Seleksi Raport / PMDK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melakukan seleksi raport / prestasi. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UGM (PBUTM), Unnes (Jalur Prestasi)
  3. Seleksi Melalui Nilai SBMPTN: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melihat nilai SBMPTN siswa. Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Jadi pendaftar harus ikut SBMPTN sebelumnya. PTN yang tahun 2017 ini memakai mekanisme ini antara lain: ITS, UNHAS, UNS, Unair, UB, UPN Jakarta, UPI

Jadi, sebagian besar PTN memakai mekanisme Ujian Mandiri dalam Seleksi Mandirinya.

Apabila digambarkan dalam bentuk bagan, maka pembagian jalur Penerimaan Maba PTN seperti ini:

penerimaan-maba-PTN-1024x723

Dari bagan di atas udah tau kan bedanya SNMPTN dan PMDK? Ya meskipun sama-sama seleksi raport / prestasi, namun bila lo liat di bagan, posisinya udah beda, berarti jalur seleksinya juga beda.

Di samping itu, ada juga beberapa PTN yang memilih untuk tidak membuka jalur Seleksi Mandiri PTN, dan hanya menerima mahasiswa dari 2 jalur saja, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. PTN yang tidak mengadakan Seleksi Mandiri PTN untuk S1 antara lain: ITB dan UNPAD.

 

Informasi Penting Seputar Ujian Mandiri/Tulis di Beberapa PTN di Indonesia

Nah, karena nanti pasti banyak banget yang butuh dan nanyain, terutama untuk tipe soal dan tanggal pelaksanaan. jadi berikut ini gue jelasin secara singkat aja tentang beberapa ujian mandiri PTN di Indonesia.

1. SIMAK UI

photoSeleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) merupakan jalur seleksi masuk UI untuk menyaring mahasiswa baru S1 Paralel, Vokasi dan, S1 Kelas Khusus Internasional. SIMAK UI 2017 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2017.

Materi Ujian SIMAK UI terdiri dari:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan IPS Terpadu.

Info lebih lanjut tentang SIMAK UI bisa dilihat disini >> http://simak.ui.ac.id

Tips SIMAK UI dan pembahasan soal-soal tahun sebelumnya bisa lo download disini >> https://www.zenius.net/blog/1421/simak-ui

2. UTUL UGM

250px-Logo_Universitas_Gadjah_MadaUjian Tulis Universitas Gadjah Mada (UTUL UGM) merupakan jalur seleksi masuk UGM yang bertujuan untuk menyaring mahasiswa baru program sarjana UGM.

UTUL UGM 2017 dilaksanakan pada 21 Mei 2017 di Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan. Tiap tahun UTUL UGM selalu bareng ama SIMAK UI. Jadi ya bagi yang minat keduanya, lo dipaksa memilih salah satu diantaranya.

Materi tes UTUL UGM meliputi kemampuan potensi akademik, kemampuan dasar, tes kemampuan sosial humaniora dan atau kemampuan sains teknologi.

Info lebih lanjut tentang UM UGM bisa dilihat disini >> http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan

3. UM UNAIR

Logo_UnairUjian Mandiri Universitas Airlangga (UM UNAIR) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNAIR yang diselenggarakan secara mandiri. Mulai tahun ini UM UNAIR tidak memakai tes tetapi memakai nilai SBMPTN.

Pendaftaran UM UNAIR 2017 dilaksanakan sekitar bulan Juni-Juli.

Info lebih lanjut tentang UM UNAIR bisa dilihat disini >> http://ppmb.unair.ac.id/web/site/mandiri

4. UM UNDIP

200px-UndipUjian Mandiri Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakan jalur seleksi masuk untuk berbagai program perkuliahan di UNDIP. Untuk program S1, pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei – 24 Juni 2017, sedangkan tesnya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2017.

Materi Ujian Mandiri adalah sebagai berikut:

  • SAINTEK (IPA) : Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia
  • SOSHUM (IPS): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Georgrafi, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan
  • Campuran: Gabungan antara Saintek dan Soshum

Info lebih lanjut tentang UM UNDIP bisa dilihat disini >> http://um.undip.ac.id/

 5. UMB PT

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT) merupakan Ujian Mandiri yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Jadi secara pengertian mirip SBMPTN namun PTN yang mengikuti UMB PT lebih sedikit. Jika SBMPTN diikuti oleh sekitar 65 PTN, UMB PT diikuti oleh 15 PTN. Saat ini pendaftaran UMB PT 2017 belum diumumkan jadwalnya, sebagai gambaran, UMB PT tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2016, jadi UMB PT ini termasuk seleksi PTN paling akhir.

Daftar PTN yang mengikuti UMB PT 2016 lalu: Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh, Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Samudra, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Andalas, ISI Padangpanjang, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Jambi (UNJA) Jambi, niversitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten, Universitas Terbuka (UT), Universitas Palangka Raya, Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Udayana Bali (Unud)

Materi Ujian terdiri dari:

  • Soal Penalaran Matermatika dan Bahasa terdiri dari: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  • Soal Penalaran Sains terdiri dari : Matematika Sains, Fisika, Kimia, Biologi
  • Soal Penalaran Ilmu Sosial terdiri dari : Ekonomi, Sejarah dan Geografi

Untuk keterangan lebih lanjut atau keterangan seleksi mandiri PTN lain, langsung aja kepoin website PTN masing-masing ya. Kalo dijelasin semua, akan panjang banget artikelnya.

Info lebih lanjut tentang UMB PT bisa dilihat disini >> http://penerimaan.spmb.or.id/welcome

Apakah Seleksi Mandiri PTN selalu mahal?

Banyak anak yang skeptis apabila mendapat tawaran untuk mengikuti Seleksi Mandiri PTN. “Ngga ah bro! ane ga ada duit”. Biasanya sih gitu. Tapi tunggu dulu deh, apakah semua jalur mandiri selalu mahal? Ternyata enggak kok. Ada banyak PTN yang memberlakukan perlakuan biaya kuliah yang sama bagi yang diterima di semua jalur penerimaan, misalnya di UTMI IPB, atau UNNES, dll.

Tapi, memang ada juga beberapa PTN yang memberlakukan mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN itu lebih mahal bila dibanding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di beberapa PTN tersebut, bagi yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN, langsung di plot di UKT (Uang Kuliah Tunggal) tinggi. Sehingga, pilihan biaya nya menjadi lebih sedikit. Jadi rajin-rajin cek dulu di website masing-masing PTN atau bertanya kepada humas PTN yang bersangkutan sebelum kamu memutuskan daftar di Seleksi Mandiri PTN yang kamu inginkan ya 🙂 Kecuali kalo biaya emang ga jadi persoalan, itu lain lagi ya 😀

****

Okay deh, itulah sedikit pembahasan dari gua tentang seleksi mandiri PTN. Semoga bisa bermanfaat buat lo semua dan bisa jadi jalur alternatif selain SNMPTN dan SBMPTN buat masuk ke jenjang kuliah. Good Luck buat semuanya!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang Ujian Seleksi Mandiri PTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Buat lo yang mau daftar SNMPTN, jangan lupa juga buat belajar untuk jalur seleksi lain seperti SBMPTN, berikut adalah beberapa artikel menarik seputar info SNMPTN dan panduan belajar SBMPTN yang udah kita rancang supaya lo semua enjoy belajarnya:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Ari Candra bertanggung jawab sebagai administrator untuk semua account social media Zenius Education seperti twitter, facebook, instagram. Saat ini Ari juga aktif mengurus berbagai portal web info pendidikan Indonesia, termasuk akun twitter info_SNMPTN. Ari merupakan lulusan spesialisasi D-III Akuntansi Pemerintahan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
 

Follow Twiiter Ari di @aricandra

  • Arie Prabowo

    bagaimana bila saya mengikuti tes pada tanggal 12 juni di UI dan 22 Juni di UGM dengan alasan untuk berjaga jaga apabila di UI tidak diterima lalu saya tinggal menunggu hasil yang dari UGM nya . secara ringkas , UGM untuk cadangan apabila tidak diterima di UI.

    • Ari Candra Arista

      gpp ikut tes mandiri sebanyak-banyaknya, yang penting jadwalnya ga bentrok aja sih.

      • Arie Prabowo

        ok sip, makasih

      • Galih Dwi Caksono

        Bukannya batas max cma dua ptn buat daftar ptn?

        • Philip Dahal

          Kalau ujian mandiri gak apa - apa sebanyak - banyaknya

    • Iqbal R

      sekedar info, utul sama simak barengan

      • Arie Prabowo

        oh gitu , ok makasih infonya @iqbalr:disqus

      • yudha

        masa sih ? perasaan cuma taun 2014 doang yang bareng. sebelum2nya kan juga engga

        • Philip Dahal

          Sampe sekarang masih barengan kok

  • Muhammad Azam

    kak Maksud S1 Reguler, S1 Paralel SIMAK UI gimana?? ane blom paham. hehe...

    • Reza Depari

      Itu kalo gak salah jalur nya doang bro.. tapi coba cek aja lagi di ui.ac.id

    • Ari Candra Arista

      S1 Reguler untuk lulusan 3 tahun terakhir. Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler SNMPTN = S1 Reguler SBMPTN = S1 Reguler SIMAK. Ada bantuan biaya pendidikan berupa biaya operasional berkeadilan.

      S1 paralel ga ada batasan usia. Jalur masuk program ini hanya melalui SIMAK UI.

      • Dinda Puspita DEwi

        Penting bgt nih mohon bantuan nya , Mau tanya aku kan daftar unsoed pake bidik misi milih nya PR kedokteran aku kira PR itu pendidikan dokter .tp pas aku dftr ke unsoed nya pas mau memilih jurusan yg otomatis d ambil dr situs bdikmisi sy malah tdk bsa d lakukan. Lalu saat finalisasi jurusan kosong, no.peserta ujian kosong. Dan otomatis sy belum terdaftar di spmb unsoed sudah tlfn pihak unsoed tp tdk menyelesaikan masalah. Kemungkinan masalah nya di situs ujian mandiri bidikmisi . sy menghubungi cs bdikmisi tdk prnh di angkat. Gimana solusinya? Apakah jika saya mengurungkan niat dftr spmb unsoed dan mengganti Sm Uns yg pke bdikmisi jalur mandiri apakah bisa? Karna hanya di kolom bdikmisi nya sja sudah terdftr unsoed.tp blm dftr d situs unsoednya. Jdi mubazir begitu saja. Apakah bisa di uns mengajukan bidikmisi tp d bidikmisi tercantumnya unsoed? Krna kesalhan teknis

      • Philip Dahal

        Bisa lewat PPKB juga kok

    • rismayanti pratami

      kalau yang masuk paralel biayanya aga mahal,

  • Annisa Taniasari

    Kak tips buat ips terpadu simak ui dong kak

  • m.husaini ansori

    kk saya mau nanya nih, di simak ui kan maksimal memilih jurusan ada 8 nih, kedelapan pilihan jurusan tersebut peluangnya sam gak , atau yang dilihat cuma yang pilihan 1 aj?
    dijelesin ding kk

    • Ari Candra Arista

      Akan diurutkan sesuai prioritas

      • Muflih Abdul Azhim

        Kak share website resmi universitas negeri malang dong

  • Doel Th’matematickes Lieq

    kak,,, kenapa sih ko bidikmisi g boleh daftar ke UIN?

    • Ari Candra Arista

      mungkin Bidik Misi di UIN dialokasikan ke jalur penerimaan lain

    • Indra D. Herdiana

      Izin menjawab ya. Kebetulan saya mahasiswa Bidikmisi. 🙂

      Bidikmisi tidak ada di UIN karena Bidikmisi karena UIN berada di bawah naungan departemen agama, bukan departemen pendidikan nasional. 🙂 Jadi UIN bukan termasuk sasaran Bidikmisi. 🙂

  • retno

    makasih kak infonya .. 🙂
    kak kalo jalur mandiri tuh ngeliat latar blakang sekolah ga kak ?? aku smk soalnya kak ..

    • Ari Candra Arista

      kalo tipe nya seleksi mandiri yang memakai nilai raport / PMDK, pasti ngeliat latar belakang. Kalo ujian, ga dilihat.

      • retno

        oke kak stukron ..
        pernah denger isu2 kalo anak smk apalagi yg swasta gak bisa masuk PTN .. itu yg mbuat aku down bgt tahun kemaren .. hehe
        do'ain ya kak semoga anak zenius semuanya bisa lolos test PTN.. 🙂

        • Indra D. Herdiana

          Isu itu sangat sangat sangat tidak benar. 😀

          Belajar kritis dan logis ya kalau nerima informasi. 😀 Kan katanya calon mahasiswa PTN.

          • retno

            iya indra makasih 🙂
            itu kan dulu .. wkwk
            disitu mereka yg bilang rame2 .. sedangkan aku sendirian .. hanya bisa mewek dlm hati .. 😀

          • Indra D. Herdiana

            Iya. Sebel juga kalau ada yang rame-rame ngomongin sesuatu dengan sok tau.

  • alfinsa

    bener ga sih ITB ga nyelenggarain UM? seleksi MaBa cuma dari SNM/SBM aja?

    betewe Unpad ada UM-nya kaga ye ._.

    • Ari Candra Arista

      sudah dijelasin di atas, baca dulu ya

      • Arik

        ada gak ptn untuk jalur um yang ada bidikmisinya?

        • arum sekar

          maaf mau jwb. tapi jwbnnya jg telat. yang aku tau ui (simak ui) bisa pake bidikmisi. temanku dftr itu. tp simak ui sdh dlaksanakan bln juni kemarin 🙂

  • Hinsa Simatupang

    UMB pt bayarnya mahal banget anjir

    • Arie Prabowo

      Emang paling murah kisaran berapa ? Ada rinciannya gk ? Gw nyari di google kagak ada tuh cuma biaya pendaftarannya aja

      • Hinsa Simatupang

        Berbeda dia setiap univ dan fakultas. Tergantung kebijakan fakultas dan univ masing2. Yang aku baca artikel officialnya ada tu di UNSYIAH untuk jalur UMB-PT kedokteran dia bayarnya 100-125 juta uang bangunan dan uang smester kisaran 20-25 juta...
        Iya aku pernah baca, errr kalo ga salah masih disimpan di boorkmark, kalo ga salah....

  • Guest

    Kak, mau nanya dong, bedanya sastra inggris dengan pendidikan bahasa inggris apa ya? Trus kalo untuk prospek kerja nya , lebih dibutuhin yg mana diantara keduanya? Tha

    • Indra D. Herdiana

      Pendidikan Bahasa Inggris diperuntukkan untuk menghasilkan pengajar dalam studi bahasa inggris, sedangkan sastra itu beda sama bahasa. Cakupan sastra lebih luas daripada bahasa. Sastra mempelajari linguistik, budaya, teater, karya sastra, dll.

      Prospek kerja? Saya gak bisa menjelaskan panjang lebar. Kamu bisa menyimpulkan sendiri dari penjelasan saya di atas. Intinya, niati kuliah untuk mencari ilmunya, bukan prospek kerjanya. Kalau kamu anak zenius, harusnya kamu sudah bebas dari doktrin "kuliah buat kerja".

      Sebagus apapun prospek jruusannya, kalau kamunya gak bersungguh-sungguh, itu sama aja bohong.

  • kak denger" utul ugm sistemnya pake ukt tapi gak ada uang pembangunan gitu. trus simak ui dipukul rata semua maksudnya gimana kak? emang kayak sistem uktnya itb gitu? tolong dijelasin kak. thx

  • Deny Arya Wiranata

    Bang mau nanya, kalau ikut mandiri gitu gak ada panlok tes yang tersebar di provinsi2 lagi ya? Misal daftar undip, tesnya di Kalimantan kayak SBMPTN. Soalnya emang tinggal di Kalimantan sih hehe

    • Ari Candra Arista

      ada yang seperti itu, cuma cakupannya ga seluas di SBMPTN

      • ulfa

        Kak saya alumni tidak ikut SBMPTN 2015 bisa nggak daftar seleksi mandiri ptn

  • iqbal sambora

    Kak mau naya kalo peluang saya di snmptn, gini kak kalo ada satu jurus dari satu sekolah dengan nilai rata2 pelajaran sama tapi nilai ipa unggu saya kecuali bio namun dia ada piagam osk dan osp sedangkan prodinya kedokteran hewan. Gimana baiknya? Terus maju atau pilih yg lain?

  • tio ramadhan

    Hallo bang arii,mau nanya nih,itu undip ujianya ngak pake TPA ya bg?trus ada ngak bahasan soal2 tahun lalu?info nya ya bg,thx sblumnya :))

  • James Gautama

    Apakah dalam seleksi tulis mandiri di PTN siswa smk bisnis diperbolehkan ikut jalur IPA atau harus IPC?

  • Nur Fatimah

    Kak,kalo mau download dan liat pembahasan soal ujian mandiri UGM dimana??

  • Galih Santoso

    Maaf saya mau tanya apakah lulusan tahun 2012 masih berkesempatan untuk kuliah,

    dan jalur mana yang pas buat lulusan tahun tersebut.
    saya ingin kuliah jurusan DKV Di UNS,ITS,ISI..mohon untuk bantuan dan solusinya,terima kasih

    • Alisa vebri

      Tolong bantu kita dong

    • yulinda natalia

      Untuk lulusan 2012 apa masih bisa ikut UM ??

    • Muhammad Davie

      untuk tahunini hanya lulusan 2013,2014, dan 2015 saja yang boleh ikut tes

  • winson tanaka

    pemilihan jurusan nya gimana yah kak?? saya mau UMB PT di USU nih.
    apakah bisa memilih jurusan dari saintek dan soshum??

  • mel

    universitas mana aja sih yang biaya kuliahnya dibedain dr jalur masuk? undip sama ub lbh mahal ga kalo lewat jalur mandiri?

    • Ari Candra Arista

      UB dan UNAIR lebih mahal, kalo UNDIP belum sempet ngecek

  • raju pratama

    Katanya yang masuk jalur UTM IPB waktu kuliahnya dikasih kelas tambahan berupa pembinaan, itu gmana penjelasannya kak?

    • Ari Candra Arista

      Maksudnya matrikulasi ya? ya memang buat pelajaran tambahan aja buat yang lolos melalui jalur tertentu

      • raju pratama

        oo gtu, min, klo yang udah lulus jalur SNMPTN(undangan) msih bsa ikut SIMAK UI lgi nggak? Atau jalur SNMPTN nya jdi batal?

  • Abdurrahman Faiq

    ka mau nanya, apakah benar um ugm yang tesnya di jogja lebih berpeluang masuk dibanding yang tes di jakarta/luar jogja?? mohon penjelasannya ka termiakasih

  • maria

    kalo mandiri peluang masuknya lbh besar ga dari sbm? karena, (lets be honest) ga semua org punya uang.
    trus kalo mandiri itu tesnya harus dtg ke univ nya ga? misalnya kita di jakarta mau ke UNUD, apa kita harus ke Bali atau bisa tes di jakarta?
    mandiri sm sbm itu soalnya lbh susah mana ya?
    tolong di jawab ya ka Ari dan terimakasih.

    • Ari Candra Arista

      Tergantung ke masing-masing PTN, baik peluang, tempat tes dan kesulitan soal

  • Achmad Fawwaz B

    untuk UM apakah cara penilaiannya juga benar 4, salah -1, tidak diisi 0?

    • Ari Candra Arista

      beda2 tiap PTN aturannya

  • yulia riska ananda

    Kak kalo udah lulus snmptn masih bisa ikut simak ui karna kalo sbmptn ga bisa katanya kak kalo yang udah lulus snmptn

    • Ari Candra Arista

      bisa kok

  • Alamsyah

    mas ijin bertanya..
    knpa unpad ngga ngadain UM ya ?? :3

    • Ari Candra Arista

      kebijakan internal unpadnya

  • ksatriawan

    kak, saya ini anak ipa dan ikut tes campuran SBMPTN, tapi saya lebih condong ingin masuk jurusan soshum, pertanyaan saya : apakah penilaian soshum dan sainstek berbeda walau tes campuran ?.... maksdunya TPA+ SAINSTEK + SOSHUM = nilai ?.. atau TPA + SOSHUM = nilai ?.. atau TPA+Sainstek = nilai ?.. abis ribet banget belajarnya IPA dan IPS pusing atuh. please yang tahu jawab.

  • yeni apriyanti

    kak kalau kita mau ikut SBMPTN di universitas 1 tapi kalau misalnya kita gak berhasil apakah kita bisa ikut PTN mandiri di universitas lainnya atau harus di universitas 1?

    • Ari Candra Arista

      boleh saja

  • Erra

    kak ari mau tanya mandiri um, unesa dan uin malang itu pendaftarannya kpn ya?? aku buka di web nya um kok gak ada??

    Tolong di jawab ya kak ari 🙂

  • Muhammad Aditya T M

    ijin menanyakan, pola penilaian seleksi jalur mandiri bisa tolong dijelaskan ?

  • Yossa Rider

    Mau nanya, kalau misalnya saya mau ikut SBMPTN (emang udah daftar sih), tapi saya mau ikut UTUL UGM bisa gak? Soalnya tanggalnya berdekatan. Dan misalnya keterima di SBMPTN, tapi gak keterima di UTUL UGM begitu juga sebaliknya, apakah berpengaruh?

    • Ari Candra Arista

      bisa saja, ga pengaruh

  • riezki

    kalau um ugm itu ukt-nya langsung ditetapkan golongan berapa kak?

  • amalia sasanti

    kak gimana cara ngajuin bidikmisi jika kita lolos di jalur SM ? thx before 🙂

  • Heriawan

    ujian tulis UGM itu ada materi sosiologinya gak?

  • Wahyu Ridiansyah

    Mau tanya kak

    apa saja ya yg di test kan di SPMK UB dan Ujian Mandiri UM (Malang)?
    soalnya lebih muda atau sama dengan SBMPTN?

    terima kasih

  • ryan fauzi

    kalo daftar UM PTN yang ada di luar jakarta bisa gak tesnya di jakarta?

  • bisa di share ga ujian mandiri yang ga mahal.maksudnya yg sama biayanya seperti sbmptn . thanks beforee

  • Hanif

    kak tingkat kesulitan soal UM itu lebih sulit dari soal SBM ga? ane mau ikut UM Undip nih .. minta tips belajarnya dong 🙁 kak

  • Zulfa Rahmadita NA

    kak tanya nih, untuk UM yang materi ujiannya ada Tes Potensi Akademik universitas mana saja? katanya tidak semua universitas pake materi tes TPA? Terimakasih

  • Fikri Irfandi

    kak, kalo UMB PT ujiannya hanya ada di universitas yang bersangkutan, atau ada di tempat lain..???

  • Soffan

    Salam, kak mau tanya..
    Udah ikhtiar search biaya UKT mandiri jalur UMBPT Untirta gak ketemu, bisa dibantu?
    Ada gak beasiswa untuk kita kalau udah keterima mandiri?
    Apa kalau kita ikut jalur mandiri nanti, terus keterima, apa boleh ikut SBMPTN tahun depan?
    Makasih kak..

  • farah

    info mandiri ub dong kak

    • Almira Nuringtyas

      udah dibuka mulai hari ini sampe tgl 1-23 juli. tesnya harus di malang ya setauku. soalnya gampang kok, setingkat di bawah SBMPTN lah, download aja soal2 SELMA UB tahun2 sebelumnya, dan kuotanya, setauku lumayan banyak hehehe. glad to help 🙂 -anak UB yg lwt SPMK-

      • farah

        kak kalo ujian mandiri itu soalnya lebih susah dari sbm ga ?? kalo misalnya kita bayar ukt nya yang rada mahal peluang masuknya lebih besar ga? terimakasih

      • Bintang Dwi K

        lolos lewat spmk juga kak? tanya sekalian ya, emang kalo keluarga kita punya kemampuan finansial lebih kuat, lebih berpeluang buat lolos ya?? apa cuman murni hasil tes itu?

  • Florentina Sandy Larasaty

    Kak, mau tanya dong. Apa aja sih yang menjadi bahan pertimbangan untuk masuk ptn jalur mandiri? Apa dari penghasilan ortu atau yang lainnya? Trims.

  • adis

    ada contoh soal UM UNAIR gak kak?

  • yulinda natalia

    Kak mau nanya nih , untuk tahun 2015 ini .
    Apa lulusan 2012 sudah tidak berkesempatan ikut UM ?

  • yulinda natalia

    Saya mau tanya bang ari .
    Saya lulusan 2012 ingin pindah ke PTNdari PTS apa masih bisa ikut UM ? Khususnya UNDIP

  • Nadiza

    Bidikmisi berlaku buat jalur ujian mandiri ga? Info dongg

  • yunita ayu anggraini

    kak tanya, banyak yang bilang tahun ini ujian mandiri ada jalur bidikmisi nya. apa benar kak? kalau iya PTN mana saja kak yang ada? terima kasih..

  • udin

    UM UNDIP bukannya 26 Juli 2015, ya?

  • fikri

    Kak mau tanya, kalo untuk um mandiri yang nyediain bidikmisi kecuali unsoed, mana lagi ya kak?

  • bayuwirandana

    Btw sayaa keterima sbmptn di UPN jawa timur. bisakah saya mendaftar mandiri di ITS tanpa merelakan UPN saya ?

  • Rani

    Kak untuk soal2 um apakah lebih sulit dibandingkan sbm ?
    Saran kakak mending belajar dari sbmptn apa ga?

  • reykayuliaasrianty

    kalau ujian mandiri itu ujiannya harus langsung ke Universitas nya ya? apa masih sama seperti SBMPTN kmaren ya kak ?

  • Zamara Putriasa

    Kaa, kalo kita ikutan ujian mandiri bakal pasti keterima gak sih kalo uang bangunannya kita gedein gitu? Yaa contoh gitu paling gede.

  • ThreHartati Manullang

    Jadi ikut jalur mandiri itu ujian lagi ? Kirain langsungg ya gmn gtu

  • Hafizha Hayati Barus

    halo kak mau nanya untuk materi ujian mandiri apa lebih sulit dari sbmptn? zenius punya ga soal2 ujian mandiri?

  • disqus_rWGWqD8S1C

    ka mau tanya dong.. kalau kita ikut UM terus udah buka websitenya .. disitu ditulis Biaya UKT.. nah semisal kita keterima yang kita bayar itu senominal yang di UKT atau ada uang pangkal yang lain??

  • ana

    Jadi kalo seleksi mandiri belum tentu di terima ya kak ?

  • Krisna Murti

    Min. Kan kalau ikut mandiri yaa.. kan kita bayar biaya nya itu ya itu kalai semisal kita gak lolos uang kembali enggak?

  • immanuelsianipar

    Maaf kk, selma ub atau jalur mandiri secara tertulis ujian nya hanya formalitas saja atau bagaimna atau diseleksi seperti SBMPTN dan gimna bagi y tidk lulus kak?

  • Desy Harynata

    Kak mau nanya kalo sdh lulus jalur snmptn terus mau mengikuti jalur mandiri, bisa gak kak?

  • Nadine

    dimana ya saya bisa latihan soal ujian mandiri ips universitas brawijaya?

  • abrakadabra

    Kak, Bedanya ujian Ipa sama Ipa terpadu apa yaa?
    Fast Response PLEASEEE, im a bit desperate over here...

  • Kim Henadi

    Kak mau tanya saya kan sudah lolos sbmptn 2015 namun pilihan bukan pilihan 1, kmrn udh daftar UKT juga bersyukur dapet nya murah, tapi saya juga mendaftar seleksi mandiri di prodi lain untuk mengejar pilihan 1 saya, nah itu kira-kira peluang untuk lolos seleksi mandiri nya gimana ya? Soalnya saya dengar ada isu kalau seleksi mandiri diperuntukkan bagi yg tidak lolos sbmptn, jadi yg udah lolos sbmptn kalo daftar lagi langsung otomatis gagal .
    Kejelasan nya gimana ya kak? Oh ya seleksi mandiri yg saya ikuti itu UMBT di Bali, saya diterima nya juga di Universitas dimana seleksi mandiri itu saya daftar
    Trims

  • Gan Cara Itung
    Nilai Jual Objek Pajak untuk form ukt di unud gmana caranya ? luas bangunan 21-35m persegi luas pekarangan <72 m persegi, reply fast ya

  • Lazuardi Rahadian

    kak Ari, tanya nih, tapi sedikit melenceng dari artikel diatas ... UM memang populer ya? Sempet sih saya liat beberapa artikel di ZenBLOG, UM memang sering disebutin.. apa memang Universitas Negeri Malang salah satu PTN Favorit?

    • mungkin kamu salah nangkep, yang dimaksud dengan UM di copywriting zenius itu adalah Ujian Mandiri, bukan Universitas Negeri Malang.

  • Pebi D Patmawati

    kak, sebenrnya aku msih bingung bgt nih.. bnyk pertimbangan ttg ptn yg mau aku ambil (msih bbrp bln lagi sih, hehe), nah rencananya sih pngn msuk ugm atw undip gt trus jalurnya yg sbmptn/ snmptn aja, tapi, jaga2 kan yaa jadi yaa persiapannya buat UM juga.. tpi stlah dnger2 ada info katanya UM itu biaya kuliah nantinya lbh mahal ya kak, bner gak sih kak ???

  • Gogis_007

    Kalau hbs ikut tes program vokasi setelah itu ikut ujian mandiri boleh ga? Terus kenapa biaya vokasi mahal?

    • Ari Candra Arista

      Boleh aja. Vokasi lebih mahal karena ga dapet subsidi.

  • Rizki Anja Mustika

    Kak bagaimana jika berkemauan untuk mendaftar di undip tetapi sudah lulus dari SMA sejak hampir 8 tahun yg lalu. saya vakum bertahun-tahun karena bekerja di perusahaan kelapa sawit di daerah Sei Bengkal - Jambi. lalu apakah latar belakang SMA kita mempengaruhi atau sebagai bahan pertimbangan untuk memilih masuk univ faforit seperti undip ? saya kelulusan SMA 7 Tebo - Jambi tahun 2008. mohon jawabannya

    Terima kasih

    • Ari Candra Arista

      Kalo udah lulus 8 tahun yang lalu, bisanya ikut program non reguler / paralel. Ga semua PTN menyediakan.

  • Beni Nur Wildan An-Nadzory

    Mau nanya dong,, saya sekarang umur 23 dan lulusan sma tahun 2012,, apkh saya bisa masuk ptn ?? Dan ptn ap saja yg nerima pendaftaran ?? Dan jg saya harus masuk jalur ap saja agar bs masuk ??

    • Ari Candra Arista

      Bisanya ikut program non reguler / paralel. Ga semua PTN menyediakan. Misalnya di program paralel UI.

  • Aji wisnugroho

    Bener ga sih kalo persyaratan UM PTN itu ada persyaratan umur (maksimal periode kelulusan) seperti SBMPTN?

    Wah, kalo misalnya ada. Mimpi saya buat jadi mahasiswa PTN cuma angan-angan dong..

    • Murni

      Bisa kok masuk ptn lagi tp yg jalur non reguler / paralel. Tp jrg yg adain. Palingan ada di SIMAK UI

  • Desyandi Iman

    Saya lulusan tahub 2013
    Mau tanya, masih bisa ngga saya ikut SIMAK UI atau UTMI IPB ?
    Terima kasih

  • rilo

    kaa bisa private gitu ga sih dizenius?

  • Hana Susana Simarmata

    Kak, kapan jadwal UM seleksi nilai sbmptn itu kak? Terus, apa persyaratannya? Mksih kak

  • Cynthia Alatas

    Kak mau tanya, bisa sekaligus dua daftarnya? Misalnya sudah dftar SBMPTN trus Daftar UTUL UGM ? Padahalkan hasil SBMPTN nya kita belum tau lulus apa tidak.. :/

  • Michelle

    Kalau pakai jalir UMB PT pasti keterima atau bisa di tolak juga? Terimakasih

  • Ratih Kusuma M

    untuk milih program studi jalur mandiri ada strateginya gitu ga buat pilihan yang di prioritaskan?

  • icha farisah

    Kak, mau nanya dong. Kalo um unj gimana? Dia termasuk umb pt ga? Trus tahun kemarin unj ngadain um ga? Kalo memang ngadain, sistem yg tahun kemarin seperti apa ya? Makasih

  • Angga arya s

    Min, utul ugm kalau di terima biaya nya tambah mahal nggak? Apakah ada yang punya info?

    • Salsa

      utul ugm setau gue sama kayak simak ui reguler, biayanya ukt

      • Angga arya s

        Trimakasih atas infonya kak 🙂

  • Vietgar Membalik

    Apakah peserta bidikmisi bisa mendaftar jalur Mandiri, misalnya UNHAS?

  • retno syafitri

    Mau tanya, buat yg ikut bidikmisi ada nggak yg melalui jalur mandiri?

  • Murni

    Bisa ga sih, ga ikut bidikmisi yg sbmptn nya tapi mau ikut bidikmisi yang seleksi mandiri ptn nya??? *fstresponplss

  • Ujian mandiri yg biayanya sama seperti SNMPTN/SBMPTN itu apa saja ya selain 3 yg disebut diatas?

  • gindacitra

    Kak info biaya seleksi mandiri UNUD dong? kalo saya anak IPA pengen ambil mandiri akuntansi UNUD apa waktunya cukup untuk mengejar materi?

  • gindacitra

    bagaimana dengan S-1 non-reguler? apa seleksinya sama dengan S1 reguler?

  • Grace

    Pak bu? Apa ada seleksi mandiri tapi pakai nilai rapot?

  • zacky vengeance

    Kak,kalo mau download/liat cth soal & pembahasan soal ujian mandiri UPI untuk SM bahasa dn IPS dimana ya?? di tnggu balasan scepat nya.. trims 🙂

  • Roo Yuliaa

    kak, mau nanya. kalo untuk utul ugm itu ada batasan umurnya nggak?
    kalo ada, berapa usia maksimal kita untuk bisa mengikuti seleksi utul ugm ?
    terimakasih kak

  • faisal26

    Min zen mau tanya Seleksi Jalur mandiri prestasi itu gimana sih? mekanisme nya seperti apa?

  • Steffi Grafalah P

    Kak Ari, mau nanya, untuk mahasiswa yang masuk FK jalur mandiri di UNS apa ada biaya tambahan lagi selain UKT nya? Kaya fk swasta gitu? terimakasih 🙂

  • kyra

    soal umb pt gak ada tpa nya ya?

  • Ayu Pratiwi

    saya mau ikut sm UNS tapi saya diterima di universitas lain melalui jalur sbmptn, apa boleh ikut sm UNS? terimakasih

  • Ranu Sinaga

    misi min,, nanya ,, saya keterima mandiri. tapi saya gak minat di fakultas itu. so kalo saya mengundurkan diri, sanksi apa saja yg saya terima ? kebetulan univnya UB. trimakasih min.

    • Ranu Sinaga

      ayolaaah balas adiiiin ,,, hiks hiks,, ane galau niih

  • Ari

    slamat malam, saya lulus SMA tahun 2014 mau tanya, kalau dilihat dari tahun kelulusan saya maka ditahun 2017 saya sudah tidak bisa mengikuti SBMPTN lg, apakah dengan ikut ujian Mandiri saya ttp bisa ikut sleksi masuk PTN dengan prodi reguler? mohon dijawab kak, soalnya sblum tau kalau tahun depan tidak bisa ikut sbmptn saya sudah semangat sekali belajar online di zenius, tp setelah tau saya jd putus semangat..

    • Rista Nuna

      aku bantu jawab ya. tetap bisa kok

  • eko putri suryani

    kak jalur mandiri itu kayak gimana sih, apa lagi kalo tes tulisnya apa kita harus dateng ke ptn yang kita mau

  • Wahyu Nugraha

    Kak, kalau daftar jalur mandiri itu pakai batas usia kah ? Terus kalau misalnya thn ijazahnya lulusan thn 2014, apakah masih bisa mengikutinya ? Terima kasih.

  • Ananda Kurniawati

    Kak, kan ada yang bilang kalau jalur mandiri uang gedungnya mahal ya, jadi lebih baik ptn mandiri atau pts bagus? Mohon dijawab

  • Áçé Ryan Michaels Áçé

    Tes jalur mandiri itu di adakan di Kampus PTN yang kita daftar atau di mana tes nya?

  • Hakim Ramadhan

    Kak mau nanya nih
    Kbtulan sya org medan
    Itu nnti ujian mandirinya misalkan simak
    Lokasi harus di jkt/UI kah?
    Mkshh

  • Amalia Nurul Adila

    Sistem penilaian UM UNDIP itu gimana kak?

  • mift lutfia

    Kak, info tentang fakultas biologi kelas international unsoed dong ka. Lewat jalur mandiri & ttg biaya kuliah tunggal (BKT) Dan UKT nya itu gemana ka?Please jawab Kak, Terimakasih.

  • Nur Fitria

    ngaruh gak sih ka kalau kita daftar mandirinya lebih awal sebelum pengumuman sbmptn sama setelah pengumuman?