Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Persaingan SNMPTN dan SBMPTN ketat. Jangan lupa mencoba jalur seleksi mandiri universitas. Info selengkapnya di sini.

Halo-halo, ketemu lagi dengan gue, Ari “Patrick” :3 Sebagai bahan persiapan SNMPTN, gue udah nulis tentang Informasi Penting SNMPTN 2016 dan Strategi Memaksimalkan Peluang di SNMPTN. So, setelah baca kedua tulisan tersebut, sekarang lo udah pada daftar SNMPTN belum? atau masih pada galau? :p Ya gapapa kok kalo masih bingung, take your time. Tapi perlu diinget, jangan daftar di akhir di akhir-akhir periode pendaftaran ya, karena nanti akan rame banget dan websitenya takutnya jadi down. Nah ngomong-ngomong soal pendaftaran SNMPTN, lo tau gak sih kuota SNMPTN 2017 ini akan dikurangi menjadi 30%? Selain itu peserta SNMPTN yang dibatasi sesuai dengan akreditasi sekolah membuat peluang diterima di jalur ini menjadi lebih ketat.

Anak-anak yang ga bisa daftar dan yang ditolak SNMPTN sebagian besar akan berbondong-bondong untuk ikut SBMPTN. Terus apa yang terjadi di SBMPTN? Dengan kuota 40% tentu akan terjadi persaingan berat pula. Belum lagi ditambah para alumni-alumni SMA yang menyimpan dendam kesumat karena gagal dapat PTN tahun lalu dan berencana ngulang untuk ikut SBMPTN tahun ini. Maka jadilah, persaingan di SBMPTN ga kalah ketat, atau bahkan bisa jadi lebih ketat.

sbmptn

“Wah ngeri banget! jadi takut nih zen.. :(“

Sebenernya ini bukan buat nakut-nakutin ya. Tapi kalo lo takut, sini peluk kakak dulu. Tujuannya cuma mengingatkan kalo persaingan mendapatkan PTN itu ga main-main. Perlu usaha dan kerja keras lebih terutama buat lo yang mengincar jurusan atau PTN favorit. Selain itu, dengan mengetahui tingkat persaingan SNMPTN dan SBMPTN yang seperti gue jelasin di atas, lo sebaiknya punya planning apabila gagal di kedua jalur tersebut. Eits! ini bukan ngajarin lo biar jadi orang pesimis ya, tapi agar bagaimana lo bisa pandai menyiasati risiko dengan baik.

Selain SNMPTN dan jalur SBMPTN, terdapat juga satu jalur penerimaan lagi yaitu Seleksi Mandiri PTN atau biasa disebut juga Ujian Mandiri. Dengan kuota Jalur Mandiri sekitar 30%, maka sebaiknya lo lebih menganggap serius jalur ini dan mulai mempersiapkannya juga jauh-jauh hari. Sebagaimana pernah dibahas sama Glenn di artikel 5 kesalahan umum yang bisa bikin lo gagal masuk universitas, jangan pernah hanya mengandalkan 1-2 jalur untuk bisa kuliah. Manfaatkanlah segala ruang dan kesempatan yang ada, karena memang persaingan di setiap jalur juga tidak mudah.

“Dengan kuota Jalur Mandiri menjadi sekitar 30%, maka sebaiknya lo lebih menganggap serius jalur ini dan mulai mempersiapkannya juga jauh-jauh hari”

Nah, untuk jalur alternatif selain SBMPTN maupun SNMPTN, di artikel ini gua mau bahas tentang Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri masuk PTN. Seleksi Mandiri PTN merupakan penerimaan mahasiswa baru di suatu PTN yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tersebut. Jadi misal Universitas Negeri Malang (UM) atau Universitas Indonesia (UI) nih ngadain penerimaan khusus UM sendiri (di luar jalur nasional dan SBMPTN) maka itulah yang gua maksud dengan jalur Seleksi Mandiri PTN. Okay?

timthumb.php
Suasana Ujian Mandiri UM Malang (credit image: um.ac.id)

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program S1

Dalam Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN tahun 2015 terdiri dari Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Bersama (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN tergabung dalam 1 kategori yaitu Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola secara terpusat untuk semua PTN, sedangkan Seleksi Mandiri PTN dikelola oleh masing-masing PTN yang menyelenggarakan, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

jalur-mandiri-1024x597

Jenis-jenis Seleksi Mandiri PTN

Karena dikelola sendiri oleh masing-masing PTN, maka ragam seleksi mandiri S1 PTN berbeda-beda. Beberapa mekanisme Seleksi Mandiri PTN yaitu:

  1. Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan mengadakan ujian / tes. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UI (SIMAK UI), UNDIP, UGM (UTUL), IPB (UTMI), UNY, Unnes, dan lain-lain.
  2. Seleksi Raport / PMDK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melakukan seleksi raport / prestasi. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UGM (PBUTM), Unnes (Jalur Prestasi)
  3. Seleksi Melalui Nilai SBMPTN: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melihat nilai SBMPTN siswa. Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Jadi pendaftar harus ikut SBMPTN sebelumnya. PTN yang tahun 2017 ini memakai mekanisme ini antara lain: ITS, UNHAS, UNS, Unair, UB, UPN Jakarta, UPI

Jadi, sebagian besar PTN memakai mekanisme Ujian Mandiri dalam Seleksi Mandirinya.

Apabila digambarkan dalam bentuk bagan, maka pembagian jalur Penerimaan Maba PTN seperti ini:

penerimaan-maba-PTN-1024x723

Dari bagan di atas udah tau kan bedanya SNMPTN dan PMDK? Ya meskipun sama-sama seleksi raport / prestasi, namun bila lo liat di bagan, posisinya udah beda, berarti jalur seleksinya juga beda.

Di samping itu, ada juga beberapa PTN yang memilih untuk tidak membuka jalur Seleksi Mandiri PTN, dan hanya menerima mahasiswa dari 2 jalur saja, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. PTN yang tidak mengadakan Seleksi Mandiri PTN untuk S1 antara lain: ITB dan UNPAD.

 

Informasi Penting Seputar Ujian Mandiri/Tulis di Beberapa PTN di Indonesia

Nah, karena nanti pasti banyak banget yang butuh dan nanyain, terutama untuk tipe soal dan tanggal pelaksanaan. jadi berikut ini gue jelasin secara singkat aja tentang beberapa ujian mandiri PTN di Indonesia.

1. SIMAK UI

photoSeleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) merupakan jalur seleksi masuk UI untuk menyaring mahasiswa baru S1 Paralel, Vokasi dan, S1 Kelas Khusus Internasional. SIMAK UI 2017 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2017.

Materi Ujian SIMAK UI terdiri dari:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan IPS Terpadu.

Info lebih lanjut tentang SIMAK UI bisa dilihat disini >> http://simak.ui.ac.id

Tips SIMAK UI dan pembahasan soal-soal tahun sebelumnya bisa lo download disini >> https://www.zenius.net/blog/1421/simak-ui

2. UTUL UGM

250px-Logo_Universitas_Gadjah_MadaUjian Tulis Universitas Gadjah Mada (UTUL UGM) merupakan jalur seleksi masuk UGM yang bertujuan untuk menyaring mahasiswa baru program sarjana UGM.

UTUL UGM 2017 dilaksanakan pada 21 Mei 2017 di Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan. Tiap tahun UTUL UGM selalu bareng ama SIMAK UI. Jadi ya bagi yang minat keduanya, lo dipaksa memilih salah satu diantaranya.

Materi tes UTUL UGM meliputi kemampuan potensi akademik, kemampuan dasar, tes kemampuan sosial humaniora dan atau kemampuan sains teknologi.

Info lebih lanjut tentang UM UGM bisa dilihat disini >> http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan

3. UM UNAIR

Logo_UnairUjian Mandiri Universitas Airlangga (UM UNAIR) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNAIR yang diselenggarakan secara mandiri. Mulai tahun ini UM UNAIR tidak memakai tes tetapi memakai nilai SBMPTN.

Pendaftaran UM UNAIR 2017 dilaksanakan sekitar bulan Juni-Juli.

Info lebih lanjut tentang UM UNAIR bisa dilihat disini >> http://ppmb.unair.ac.id/web/site/mandiri

4. UM UNDIP

200px-UndipUjian Mandiri Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakan jalur seleksi masuk untuk berbagai program perkuliahan di UNDIP. Untuk program S1, pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei – 24 Juni 2017, sedangkan tesnya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2017.

Materi Ujian Mandiri adalah sebagai berikut:

  • SAINTEK (IPA) : Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia
  • SOSHUM (IPS): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Georgrafi, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan
  • Campuran: Gabungan antara Saintek dan Soshum

Info lebih lanjut tentang UM UNDIP bisa dilihat disini >> http://um.undip.ac.id/

 5. UMB PT

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT) merupakan Ujian Mandiri yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Jadi secara pengertian mirip SBMPTN namun PTN yang mengikuti UMB PT lebih sedikit. Jika SBMPTN diikuti oleh sekitar 65 PTN, UMB PT diikuti oleh 15 PTN. Saat ini pendaftaran UMB PT 2017 belum diumumkan jadwalnya, sebagai gambaran, UMB PT tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2016, jadi UMB PT ini termasuk seleksi PTN paling akhir.

Daftar PTN yang mengikuti UMB PT 2016 lalu: Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh, Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Samudra, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Andalas, ISI Padangpanjang, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Jambi (UNJA) Jambi, niversitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten, Universitas Terbuka (UT), Universitas Palangka Raya, Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Udayana Bali (Unud)

Materi Ujian terdiri dari:

  • Soal Penalaran Matermatika dan Bahasa terdiri dari: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  • Soal Penalaran Sains terdiri dari : Matematika Sains, Fisika, Kimia, Biologi
  • Soal Penalaran Ilmu Sosial terdiri dari : Ekonomi, Sejarah dan Geografi

Untuk keterangan lebih lanjut atau keterangan seleksi mandiri PTN lain, langsung aja kepoin website PTN masing-masing ya. Kalo dijelasin semua, akan panjang banget artikelnya.

Info lebih lanjut tentang UMB PT bisa dilihat disini >> http://penerimaan.spmb.or.id/welcome

Apakah Seleksi Mandiri PTN selalu mahal?

Banyak anak yang skeptis apabila mendapat tawaran untuk mengikuti Seleksi Mandiri PTN. “Ngga ah bro! ane ga ada duit”. Biasanya sih gitu. Tapi tunggu dulu deh, apakah semua jalur mandiri selalu mahal? Ternyata enggak kok. Ada banyak PTN yang memberlakukan perlakuan biaya kuliah yang sama bagi yang diterima di semua jalur penerimaan, misalnya di UTMI IPB, atau UNNES, dll.

Tapi, memang ada juga beberapa PTN yang memberlakukan mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN itu lebih mahal bila dibanding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di beberapa PTN tersebut, bagi yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN, langsung di plot di UKT (Uang Kuliah Tunggal) tinggi. Sehingga, pilihan biaya nya menjadi lebih sedikit. Jadi rajin-rajin cek dulu di website masing-masing PTN atau bertanya kepada humas PTN yang bersangkutan sebelum kamu memutuskan daftar di Seleksi Mandiri PTN yang kamu inginkan ya 🙂 Kecuali kalo biaya emang ga jadi persoalan, itu lain lagi ya 😀

****

Okay deh, itulah sedikit pembahasan dari gua tentang seleksi mandiri PTN. Semoga bisa bermanfaat buat lo semua dan bisa jadi jalur alternatif selain SNMPTN dan SBMPTN buat masuk ke jenjang kuliah. Good Luck buat semuanya!

 

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang Ujian Seleksi Mandiri PTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Buat lo yang mau daftar SNMPTN, jangan lupa juga buat belajar untuk jalur seleksi lain seperti SBMPTN, berikut adalah beberapa artikel menarik seputar info SNMPTN dan panduan belajar SBMPTN yang udah kita rancang supaya lo semua enjoy belajarnya:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.