Strategi dan Contoh Nilai Rapor yang Diterima SNMPTN

Lulus SNMPTN 2023 – Info dan Tips SNMPTN Terbaru!

Halo Sobat Zenius, siapa nih yang lagi mempersiapkan strategi & tips lolos SNMPTN 2023? Kalo iya, pas banget. Karena SNMPTN adalah jalur masuk lewat seleksi rapor, di artikel kali ini gue akan bahas contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN supaya bisa diterima di kampus impian. 

Gue mau ingetin lagi, kalau informasi gak terbatas buat anak kelas 12 aja. Elo yang masih duduk di kelas 10 sampai 11 SMA/SMK sederajat juga bisa membaca informasi di artikel ini. 

Tapi, sebelum lebih jauh membahas strategi & tips lolos SNMPTN 2023, gue mau memberikan informasi dulu mengenai alur pendaftarannya yang terbaru dan terlengkap yang bisa elo lihat di sini:

Alur Pendaftaran SNMPTN 2022 (Arsip Zenius)
Alur Pendaftaran SNMPTN 2023 (Arsip Zenius)

Pada prinsipnya, cara mendapatkan SNMPTN itu bukan proses yang bisa dikuantifikasikan. 

Artinya, saat elo berniat ikut SNMPTN, nggak ada cara lain yang bisa elo usahakan, selain mengandalkan nilai rapor yang baik dan keputusan dari pihak otoritas yang menyelenggarakannya.

Kalo diibaratkan sebagai sebuah permainan kartu, maka kartu yang jadi “modal” elo agar lulus SNMPTN adalah seperti berikut:

  • Nilai rapor elo selama ini (nilai rapor elo harus masuk dalam kategori nilai raport SNMPTN)
  • Indeks atau akreditasi sekolah elo.
  • Strategi untuk memilih PTN dan jurusan yang mempunyai peluang lulus SNMPTN yang besar.
Ilustrasi surat pemberitahuan lulus SNMPTN. (Arsip Zenius)
Ilustrasi surat pemberitahuan lulus SNMPTN. (Arsip Zenius)

Itulah bedanya SNMPTN dengan UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kalo di UTBK, elo akan betul-betul diuji dengan sistem seleksi yang relatif lebih transparan dan bisa dikuantifikasi.

Contohnya, elo bisa melihat hasil nilai UTBK SBMPTN pada masing-masing soal. Ini artinya elo juga bisa melihat skoring atau nilai orang lain yang mengikuti UTBK SBMPTN. 

Sementara itu, dalam proses SNMPTN, satu-satunya hal yang masih bisa elo lakukan adalah “memainkan” kartu yang udah ada di tangan elo dengan optimal, atau memainkan taktik menentukan jurusan supaya bisa lulus SNMPTN 2023 mendatang.

Karena, cara mendapatkan SNMPTN ini kurang transparan dibanding UTBK SBMPTN. Artinya elo gak bakal tau seberapa banyak dan seberapa bagus nilai para lawan elo (siswa lain yang mengincar jurusan dan universitas yang sama).

Sehingga pada dasarnya, elo juga nggak akan pernah tau persis berapa peluang untuk lulus SNMPTN.

Oleh karena itu, elo perlu mengasah kembali pengetahuan terkait faktor-faktor yang berpengaruh dalam kelulusan SNMPTN. Berikut ini udah gue rangkum informasinya, yuk, disimak sampai selesai, ya!

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lulus SNMPTN

 Ilustrasi Siswa sedang Belajar. (Dok. StockSnap on Freepik)
 Ilustrasi Siswa sedang Belajar. (Dok. StockSnap on Freepik)

Merujuk pada sistem SNMPTN tahun-tahun sebelumnya, hal pertama yang mesti elo pahami sebagai syarat lulus SNMPTN 2023 adalah memaksimalkan penilaian SNMPTN dan mengetahui apa aja sih yang dinilai di SNMPTN itu. Semisal, apakah nilai naik turun bisa lulus SNMPTN?

Selama ini banyak yang menganggap kalo SNMPTN itu cuma bagus-bagusan nilai rapor, sehingga banyak sekolah yang naikin nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)-nya atau “meninggi-ninggikan” nilai siswanya.

Banyak anak dari sekolah yang bahkan mungkin belum terakreditasi memiliki nilai yang tinggi. Sedangkan ada pula siswa dari SMA yang sudah terakreditasi namun nilainya gak besar-besar banget. 

Nah, kalo masalahnya seperti ini, gimana dong? Apakah nilai yang dipakai untuk SNMPTN hanya dilihat dari nilai rapor? Tapi gimana kalau ada sekolah yang sengaja menaikan KKM supaya banyak siswanya bisa masuk SNMPTN? 

Tenang, sistemnya nggak gitu kok. Karena pada dasarnya setiap sekolah mempunyai standar berbeda-beda mengenai nilai. Ada yang standarnya tinggi dan ada yang rendah. Ada juga yang gurunya pelit ngasih nilai.

Tapi berhubung seleksi SNMPTN memakai nilai rapor, banyak sekolah menggunakan berbagai cara untuk memuluskan siswa-siswanya lulus SNMPTN, salah satunya adalah dengan mengobral nilai.

Berdasarkan hal tersebut, kalo PTN cuma melihat mentah-mentah nilai rapor, tentu siswa yang lolos belum diseleksi secara fair. Maka dari itu, selain nilai rapor dilihat juga syarat lain, yaitu indeks sekolah. 

Dengan kata lain, PTN pun selain melihat nilai yang ada di rapor juga akan melihat siapa pihak yang mengeluarkan rapornya.

Nah, kalo soal indikator seleksi SNMPTN, sebenernya cara penilaian SNMPTN dilakukan secara tertutup, jadi indikator penilaian tidak akan dipublikasikan secara rinci kepada sekolah maupun kepada siswa. 

Tapi jangan khawatir, universitas punya hak otonom tersendiri untuk mempublikasikan kriteria penilaian mereka, meskipun terkadang adalah kriteria yang umum. 

Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Airlangga (Unair) adalah dua universitas yang mempublikasikan kriteria kelulusan SNMPTN mereka, cek di sini ya untuk data lebih lengkapnya:

  1. Indikator Seleksi dari Universitas Gajah Mada
  2. Indikator Seleksi dari Universitas Airlangga

Secara umum, PTN lain akan menggunakan cara yang kurang lebih sama dalam menilai berkas-berkas pendaftaran kalian, meskipun tiap PTN bakal punya kebijakan tersendiri. 

Karena elo udah tau mengenai syarat lulus SNMPTN di dua universitas di atas, elo bisa langsung membuat strategi dan melihat kriteria penilaian berdasarkan indikator seleksi tersebut.

1. Faktor Kualifikasi Siswa

Syarat lulus SNMPTN ini melihat dari capaian siswa selama sekolah, dengan beberapa poin yang bisa menjadi penilaian antara lain:

  • Nilai rapor: meliputi besar nilai, konsistensi nilai, rata-rata nilai, dan nilai mapel tertentu
  • Prestasi siswa: bisa prestasi tingkat internasional, nasional, propinsi, hingga kabupaten/kota

2. Faktor Indeks Sekolah

Faktor kedua ini adalah syarat lulus SNMPTN yang melihat dari indeks nilai sekolah di suatu PTN. Indeks SMA X di PTN A bisa berbeda dengan indeks SMA X di PTN B. Beberapa poin yang bisa menjadi penilaian untuk kategori lulus SNMPTN ini antara lain adalah:

  1. Akreditasi: A, B, C, Tanpa akreditasi
  2. Jenis kelas: Akselerasi atau reguler
  3. IPK dan prestasi alumni di PTN yang dituju di PTN yang bersangkutan
  4. Nilai UTBK tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  5. Banyak alumni SMA yang diterima di SNMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  6. Track record sekolah di PTN yang bersangkutan
  7. Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional

3. Faktor Pemerataan Daerah

Faktor ketiga ini adalah cara lulus SNMPTN yang berkaitan dengan kebijakan PTN untuk memberikan kuota/jatah kepada daerah yang kelak setelah lulus diharapkan bisa memajukan dan berkontribusi untuk daerah asal. 

Jadi bisa jadi beberapa siswa di daerah terpencil di Indonesia mendapatkan “jatah” daerah, meskipun sebetulnya nilai raport dan indeks sekolah mereka relatif tidak sebaik para pesaing peserta SNMPTN lain yang ada di kota besar.

Perlu diingat, bahwa faktor penilaian yang udah gue rangkum di atas merupakan perpaduan dari berbagai PTN. Artinya bisa saja PTN A, nggak memperhitungkan nilai UTBK tahun sebelumnya dan PTN B tidak memperhitungkan prestasi sekolah, atau bahkan ada kriteria penilaian lain di luar poin di atas. 

Tapi pada umumnya, PTN akan menilai seorang siswa lulus SNMPTN di universitas mereka kurang lebih memperhatikan tiga faktor di atas. Oke, buat strategi & tips lolos SNMPTN 2023 selanjutnya, kita kulik dulu soal nilai rapor.

Contoh Nilai Rapor yang Diterima SNMPTN

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN, elo bisa lihat di bawah ya.  

Ini adalah contoh nilai rapor siswa A (jurusan IPS) dari semester 1 (semester 1 kelas 10) sampai semester 5 (semester 1 kelas 12). 

contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN
Contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN. (Arsip Zenius)

Kalo elo lihat contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN di atas, rata-rata nilai mengalami peningkatan namun tidak terlalu signifikan. Kenaikan rata-rata nilai paling tinggi berada di semester 1 ke semester 2 (semester 1 kelas 10 ke semester 2 kelas 11), namun kenaikan ini juga tidak terlalu tinggi (sekitar 4,67 saja).

Ditambah, rata-rata nilai siswa A selama 5 semester juga masih kisaran 87, bukan mendekati angka 100 (nilai sempurna).

Dari ilustrasi di atas, elo tentu sudah bisa menyimpulkan, kalau penilaian SNMPTN 2022 masih sama dengan tahun sebelumnya. Ini artinya, elo bisa membuktikan ke universitas tempat elo mendaftar bahwa selama di SMA/SMK, elo belajar sungguh-sungguh dan memiliki target belajar.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah rata-rata nilai per mata pelajaran yang meningkat. Elo bisa lihat data di atas, nilai per-mata pelajaran sebenernya gak selalu mengalami kenaikan.

Misalnya pada mata pelajaran Ekonomi, siswa A pada semester 2 dan 3 memiliki nilai yang sama (stagnan) sebesar 89. Kemudian, pada mata pelajaran Matematika, siswa A pada semester 2 dan 3 bahkan memiliki nilai yang menurun (82 ke 79).

Perlu diingat, meskipun ada penurunan, elo gak usah terlalu khawatir karena status stagnan atau turun (yang tidak terlalu jauh) masih bisa dipertimbangkan oleh universitas.

Contoh penilaian SNMPTN 2023 lainnya, berhubungan dengan jurusan yang elo pilih saat SNMPTN. Meskipun cara ini tidak bisa benar-benar dibuktikan karena kriteria penerimaan SNMPTN hanya diketahui oleh universitas.

Misalnya, elo memilih jurusan ekonomi di suatu universitas, maka nilai ekonomi elo akan menjadi salah satu pertimbangan penting.

Logikanya nih, kalo elo memilih jurusan ekonomi tapi nilai ekonomi elo dari semester satu sampai lima selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau bahkan menurun artinya elo gak bener-bener memahami atau mengerti ekonomi. 

Universitas akan cenderung ragu menerima elo, karena nantinya mata kuliah di jurusan ekonomi akan lebih susah dari pelajaran di SMA.

Berdasarkan laman LTMPT, pemeringkatan nilai rapor siswa untuk mendaftar SNMPTN dilihat dari nilai beberapa pelajaran sebagai berikut:

Cara lulus SNMPTN - Indikator Penilaian SNMPTN
Ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah sebagai syarat pendaftaran SNMPTN (Arsip Zenius)
Lulus SNMPTN 2023 - Info dan Tips SNMPTN Terbaru! 17

Tips Lulus SNMPTN dan Memaksimalkan Peluang Masuk Universitas Pilihan

Ilustrasi Berpikir (Dok. Freepik)
Ilustrasi Berpikir (Dok. Freepik)

Setelah elo mendapatkan informasi mengenai contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN. Tahap selanjutnya adalah tips lulus dengan memperbesar peluang dengan memaksimalkan indikator yang telah dijelasin di atas. 

Memaksimalkan di sini pada prinsipnya adalah menyusun strategi cara mendapatkan SNMPTN. Misalnya strategi dalam memilih jurusan mana yang kira-kira probabilitasnya paling tinggi, tapi dengan tidak mengabaikan bidang yang elo minati. 

Nah, tips lulus SNMPTN yang bisa elo tempuh buat memaksimalkan peluang di SNMPTN antara lain adalah:

1. Tentukan Jurusan yang Ingin Dipilih 

Hal pertama dan terpenting adalah menentukan dulu jurusan yang elo inginkan.

Jadi, pilih dulu jurusan yang pas, lalu baru tentukan di mana universitasnya. Di sini gue nggak akan jelasin lagi gimana cara menentukan jurusan kuliah, karena sudah pernah dijelasin di artikel Zenius Blog sebelumnya dengan poin-poin yang lengkap. Coba deh elo baca di sini:

2. Pelajari Detail Jurusan yang Mau Diambil di PTN 

Tips lulus SNMPTN yang kedua adalah mengetahui dengan jelas dan pasti semua informasi penerimaan SNMPTN di PTN yang elo inginkan. Detail jurusan yang terdapat di website SNMPTN meliputi:

  • Informasi Umum (daya tampung dan kategori),
  • Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini,
  • Sebaran Siswa Diterima,
  • Jumlah Pendaftar,
  • Jumlah Diterima,

Contohnya detail untuk Prodi S1 Ilmu Komunikasi UI kayak gini. Elo bisa ngelihat statistik jurusan lain di PTN yang elo inginkan di situs LTMPT.

Contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN - Data Keketatan Jurusan Ilmu komunikasi UI
Data Keketatan Jurusan Ilmu komunikasi UI SNMPTN 2021 (Dok. LTMPT on Website)

Dari data-data di atas, elo bisa menyimpulkan beberapa hal pokok sebagai pertimbangan mendaftar, antara lain misalnya:

  • Informasi umum: Ilmu Komunikasi UI merupakan kelompok jurusan SOSHUM yang mana daya tampung untuk tahun 2021 sebanyak 14 mahasiswa.
  • Daftar jurusan yang dapat memilih program studi ilmu komunikasi UI adalah SMA/MA IPA dan IPS. Jadi untuk SMK disarankan tidak memilih jurusan ini.
  • Sebaran siswa diterima pada tahun 2016 sebanyak 32 siswa (1,56%), 2017 sebanyak 30 siswa (2,30%), tahun 2018 sebanyak 30 siswa (2,33%), tahun 2019 sebanyak 30 siswa (3,82%), dan tahun 2020 sebanyak 16 siswa (1,99%).

3. Pelajari Indeks Sekolah dengan Minta Data ke BK Sekolah

Yang ketiga berkaitan dengan cara kerja SNMPTN yaitu tentang Indeks Sekolah.

Seperti yang udah dijelasin di atas, ada 7 variabel yang bisa dijadikan penilaian untuk indeks sekolah. Pada dasarnya PTN nggak mengeluarkan data tentang indeks sekolah elo atau sekolah-sekolah lain. Oleh karena itu, untuk bisa mengetahuinya, elo hanya bisa sebatas meraba-raba.

Indeks sekolah elo di PTN A dan di PTN B berbeda, jadi ya mesti elo sendiri yang aktif bertanya ke Bimbingan Konseling (BK) tentang sebaran alumni di PTN seluruh Indonesia. 

Misal nih, tahun 2021 di sekolah elo yang diterima di PTN A ada 50 anak dari 100 pendaftar, PTN B ada 10 anak dari 30 pendaftar, sementara di PTN C ada 5 dari 50 pendaftar. 

Nah dari angka tersebut elo bisa lebih memperkirakan persentase diterimanya. Berdasarkan angka contoh di atas, jadi PTN A 50% pendaftar diterima, PTN B 33,3% pendaftar diterima, PTN C 10% pendaftar diterima.

Nah, dari angka ini bisa dilihat secara kasar bahwa indeks kasar sekolah elo di PTN A lebih bagus daripada di PTN B dan PTN C. Baru deh dengan melihat indeks kasar sekolah di berbagai PTN, elo bisa menentukan PTN mana yang punya peluang lulus SNMPTN paling tinggi, dengan tetep memperhatikan bidang yang menjadi passion elo ya.

Kesalahan Umum Siswa dalam Mendaftar SNMPTN

Selain memahami tips lulus SNMPTN, informasi lain yang tidak boleh terlewat adalah tentang kesalahan umum yang biasanya dilakukan para siswa saat memilih SNMPTN. 

1.  Memilih Jurusan/PTN Berdasarkan Passing Grade

Banyak siswa yang saat mendaftar SNMPTN kemudian memilih jurusan/PTN berdasarkan passing grade

Padahal passing grade itu dasar perhitungannya dari hasil nilai UTBK SBMPTN di tahun sebelumnya (lagipula angka passing grade juga belum tentu akurat loh). 

Jadi elo gak bisa menyamakan tingkat persaingan SNMPTN dengan UTBK SBMPTN, karena peluang lulus SNMPTN akan sangat tergantung pada indeks masing-masing sekolah.

2. Terlalu Berharap Lulus SNMPTN di PTN Pilihan 2

Nah, ini juga perlu banget elo ketahui bahwa berdasarkan hasil SNMPTN tahun 2021 lalu ternyata ada 854.599 ribu siswa yang mendaftar SNMPTN tapi hanya 110.459 siswa yang diterima lewat jalur undangan ini. 

Dengan total 110.459 orang yang diterima di SNMPTN 2021 artinya hanya ada 12,29% dari keseluruhan siswa yang mendaftar. Ini adalah presentasi yang kecil untuk jumlah pendaftar yang besar ini.

Kesimpulan hasil siswa yang diterima SNMPTN 2015 bisa elo lihat di tabel di bawah ini:

Persentase siswa yang diterima SNMPTN 2021 (Dok. LTMPT on Youtube)
Persentase siswa yang diterima SNMPTN 2021 (Dok. LTMPT on Youtube)

Fakta lain dalam cara kerja SNMPTN bisa elo lihat di data bagian penerimaan di PTN pilihan ke-2 yang dari 10.103 orang, hanya 10,06% yang diterima di pilihan ke-2. 

Dari data ini kita dapat simpulkan fokus aja PTN pilihan 1 yang paling elo inginkan dan realistis sesuai perhitungan peluang yang gue jabarin di atas. 

Sedangkan PTN pilihan 2 anggap aja iseng-iseng berhadiah. Jadi, kalau misalnya nih elo ingin masuk Fakultas Kedokteran (FK) dan sebetulnya nggak terlalu masalah pilihan kampus manapun, ya saran gue sih jangan ambil pilihan 1 secara idealis banget.

Seperti FK UI yang persentase penerimaannya di bawah 1%, mending elo menggunakan strategi cara lulus SNMPTN dengan ambil pilihan 1 dengan pertimbangan yang realistis daripada pilihan yang terlalu idealis.

Kesimpulan survei SNMPTN 2021 bisa elo lihat di chart di bawah ya: 

Cara lulus SNMPTN - chart pembagian dalam penerimaan SNMPTN 2021
Chart pembagian dalam penerimaan SNMPTN 2021 (Arsip. Zenius)

3. Tidak Serius Memilih Jurusan

Banyak siswa menggunakan strategi SNMPTN dengan tidak serius. Misalnya, asal memilih karena kuota suatu jurusan banyak atau memang pesaingnya lebih sedikit. 

Hal ini dilakukan agar bisa lulus SNMPTN tanpa mempertimbangkan jurusan dengan bidang yang menjadi minat dan bakat, akhirnya banyak banget siswa yang diterima SNMPTN tapi ujung-ujungnya dilepas. 

Jadi, sebelum elo ngelakuin hal yang sama nanti, gue tekanin lagi bahwa memilih jurusan di SNMPTN itu bukan main-main, harus serius, dalam artian apabila diterima ya harus dan kudu banget diambil. 

Kalo ngga diambil, maka indeks sekolah bisa jadi akan dikurangi oleh PTN yang elo lepas. Ditambah dengan adanya peraturan baru LTMPT, kalo elo udah milih jurusan dan PTN di SNMPTN kemudian elo diterima maka elo gak punya hak untuk mengikuti UTBK SBMPTN. 

Maka dari itu, gunakan strategi cara lulus SNMPTN dengan baik dan pikir mateng-mateng pemilihan jurusan/PTN di SNMPTN, jangan terburu-buru atau cuman sekedar cari aman aja.

Strategi Lolos SNMPTN di Jurusan Impian

Ilustrasi membuat strategi. (Dok. Ketut Subiyanto on Pexels)
Ilustrasi membuat strategi. (Dok. Ketut Subiyanto on Pexels)

Nah, supaya elo nggak salah pilih jurusan saat SNMPTN, gue punya beberapa strategi SNMPTN yang bisa elo terapkan nantinya. Simak di bawah ini, ya!

1. Cari Jurusan Sesuai Minat

Strategi pertama yang perlu elo perhatikan adalah elo harus tahu dulu apa passion atau minat elo. Misalnya, elo suka banget, nih, sama puisi. Nah, elo bisa ambil jurusan yang berbau sastra Indonesia.

Atau misalnya elo suka sama hal-hal yang berkaitan dengan politik, maka elo bisa pilih jurusan ilmu politik sebagai jurusan SNMPTN nanti.

Hal ini penting untuk diperhatikan demi prospek karier elo juga saat udah lulus kuliah nanti. Jadi, ketahui dulu, ya, minat elo Sobat Zenius!

2. Targetkan Kampus yang Diimpikan

Setelah elo tahu minat dan jurusan yang akan elo pilih, alangkah baiknya elo juga menentukan target kampus yang akan dituju.

Dengan demikian, elo bisa riset terlebih dahulu tingkat persaingannya dari masing-masing jurusan. Cara ini penting untuk diperhatikan dengan cermat, ya! 

Jangan sampai elo asal-asalan milih kampus. Sebab, hal tersebut bisa berpotensi mengurangi tingkat kelulusan elo nanti.

3. Riset Kampus dan Jurusannya

Terakhir, setelah elo udah tahu kampus dan jurusan serta tingkat persaingannya, hal yang perlu elo lakukan adalah melakukan riset terkait kampus dan jurusannya.

Cari tahu visi dan misi kampusnya, fasilitasnya apa saja, beasiswa apa yang tersedia, dan lain-lain. Elo bisa riset kampus tersebut melalui website atau media sosial resmi mereka.

Dengan demikian, elo punya bekal informasi yang bagus sebelum masuk ke kampus impian.

Oke, sekian dulu informasi tentang contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN hingga strategi menghadapinya. 

Yang perlu diingat bahwa elo ngga bisa mengukur dengan pasti peluang di SNMPTN 2023, yang bisa elo lakukan adalah sebatas berusaha dan memperbesar peluang. 

Apakah setelah diperbesar maka elo bisa menaklukkan penilaian SNMPTN? Nah, kalo masalah itu, nggak ada yang tahu pasti. 

Maka dari itu, gue ingetin lagi buat nyiapin UTBK SBMPTN 2023 dari sekarang juga. Jangan terlalu menggantungkan nasib elo di SNMPTN 2023.

Tapi kalo elo masih butuh bimbingan belajar yang lebih lengkap untuk bekal SNMPTN 2023, bisa dicoba nih langganan paket Zenius Aktiva Sekolah. Elo akan dapet akses ke video premium, sesi live class bersama Zen Tutor yang seru, sampai tryout dan latihan soal. Klik gambar di bawah buat info lengkapnya, ya!

Lulus SNMPTN 2023 - Info dan Tips SNMPTN Terbaru! 18

****

 

Dan, kalau elo masih pengen tau lebih detail mengenai tahap-tahap persiapan supaya punya peluang masuk SNMPTN lebih besar, elo bisa cek disini: Persiapkan Peluang Lulus SNMPTN Lebih Awal, Ini Caranya!

Terakhir, buat elo yang mau daftar SNMPTN, jangan lupa juga buat belajar untuk jalur seleksi lain seperti UTBK SBMPTN. 

Berikut adalah beberapa artikel menarik seputar info SNMPTN dan panduan belajar UTBK SBMPTN yang udah kita rancang supaya elo bisa lulus SNMPTN:

Persiapkan Peluang Lulus SNMPTN 2022 Lebih Awal, Ini Caranya!

Pengertian Blocking Time dan Tips Manajemen Waktu Pengerjaan UTBK-SBMPTN

Timeline Kegiatan Kelas 12: Kenapa Lo Harus Belajar SBMPTN dari Sekarang

Panduan Belajar UTBK 2021 Ala Zenius

Panduan Belajar dan Kisi-kisi UTBK 2020 yang Harus Elo Baca

Originally published: October 11, 2021
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty & Arum Kusuma Dewi

Bagikan Artikel Ini!