Gimana Caranya Memaksimalkan Peluang di SNMPTN?

Gimana Caranya Memaksimalkan Peluang di SNMPTN?

Halo-halo, ketemu lagi dengan gue! Seperti yang telah gue janjiin di tulisan sebelumnya di artikel Info Penting seputar SNMPTN, di tulisan ini gue akan mencoba menjelaskan tentang segala jenis taktik dan strategi untuk memaksimalkan peluang lo diterima SNMPTN.

Okay, sebelum lo lanjut untuk baca tulisan ini, gua saranin banget lo coba baca dulu artikel sebelumnya yang gua tulis tentang aturan SNMPTN dan juga di website resmi SNMPTN. Kalo udah baca di situ, lo akan lebih mudah paham tentang point-point penting yang gua maksud dalam artikel ini. Nah, kalo lo perhatiin, di tulisan sebelumnya yang ngebahas tentang aturan SNMPTN, udah banyak banget pembaca zeniuSBLOG yang nanya-nanya strategi atau peluang lolos SNMPTN. Contoh pertanyannya gini:

  • “Peluang SMK daftar di jurusan ini gimana Kak?”
  • “Kak kalo lintas jurusan gimana peluangnya?”
  • “Kalo nilai seni gue turun satu angka gimana?”
  • “Kalo ada temen yang daftar di jurusan yang sama bagaimana?”

dan lain-lain yang kalo dikombinasikan bisa sampe ribuan pertanyaan. Hehehe... #Lebay. Okay, pada prinsipnya yang perlu gue tekankan di sini, SNMPTN itu bukan proses seleksi yang bisa dikuantifikasi, dalam proses ini bisa dibilang tidak ada yang pasti lolos atau pasti ga lolos. Kalo SNMPTN ini diibaratkan sebagai sebuah permainan kartu, maka kartu yang jadi "modal" lo adalah (1) nilai raport lo selama ini dan (2) indeks sekolah lo masing-masing - yang mana dua hal tersebut udah terjadi dan ga bisa berubah.

Itulah emang bedanya SNMPTN dengan SBMPTN, kalo di SBMPTN lo semua betul-betul diuji dengan sistem seleksi yang relatif lebih "fair" dan bisa dikuantifikasi. Sementara itu, dalam proses SNMPTN, satu-satunya hal yang masih bisa lo lakukan adalah "memainkan" kartu yang ada di tangan lo dengan optimal, atau simpelnya : tinggal bagaimana lo memainkan "taktik menentukan jurusan".

dog snmptn

Ibarat dalam sebuah permainan kartu, lo gak bisa bener-bener tau persaingan semacam apa yang terjadi di jurusan PTN yang kamu bidik. Lo ga bakal tau seberapa banyak dan seberapa bagus nilai para lawan main lo (baca: para pesaing peserta SNMPTN yang lain). Sehingga pada dasarnya, lo juga ga akan pernah tau persis berapa peluang untuk lolos. Tapi meskipun begitu, bukan berarti lo bener-bener ngasal gitu aja. Biar kesannya cuman untung-untungan, main kartu aja ada strateginya. Peluang dalam permainan yang serba tertutup seperti ini, meskipun sulit diukur, tapi lo tetap bisa memaksimalkannya.

Okay, secara garis besar, tulisan ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu :

  1. Indikator Penilaian SNMPTN,
  2. Tips untuk memaksimalkan peluang diterima di SNMPTN, dan
  3. Kesalahan Umum Siswa dalam SNMPTN.

 

I. Indikator Penilaian SNMPTN

Hal pertama yang mesti lo pahami jika ingin memaksimalkan penilaian SNMPTN adalah lo mesti tau nih apa aja sih yang dinilai di SNMPTN itu. Selama ini banyak yang menganggap kalo SNMPTN itu ya cuma bagus-bagusan nilai raport, sehingga banyak sekolah yang naikin nilai KKMnya atau “meninggi-ninggikan” nilai siswanya. Banyak anak dari Sekolah antah berantah nilai Fisika atau Ekonominya 95 atau mendekati 100. Sementara di sisi lain, anak-anak dari sekolah tertentu yang cenderung disiplin pada sistem penilaian pada ngeluh karena dapet nilai 85 di sekolahnya saja susahnya minta ampun.

Nah, kalo bukan nilai raport apa dong yang jadi penilaian SNMPTN?

Setiap sekolah mempunyai standar berbeda-beda mengenai nilai. Ada yang standarnya tinggi ada yang rendah. Ada juga yang dulunya pelit ngasih nilai, tapi berhubung SNMPTN memakai nilai raport, maka nilai-nilainya pada diobral. Berdasarkan hal tersebut, kalo PTN cuma melihat mentah-mentah nilai raport, tentu siswa yang lolos belum diseleksi secara fair. Maka dari itu, selain nilai raport dilihat juga faktor lain, yaitu: indeks sekolah. Dalam kalimat lain, PTN pun selain melihat nilai yang ada di raport juga akan melihat siapa pihak yang mengeluarkan raportnya.

Okay, kalo sekarang kita bicara soal indikator seleksi SNMPTN, sebenernya penilaian SNMPTN dilakukan secara tertutup, jadi indikator penilaian tidak akan dipublikasikan secara rinci. Tapi ada juga beberapa PTN yang mempublikasikan kriteria penilaian mereka, itupun kriteria yang umum. Berikut ini beberapa indikator penilaian dari beberapa PTN yang pernah dipublikasikan:

  1. Indikator seleksi dari Universitas Gajah Mada
  2. Indikator seleksi dari Universitas Airlangga

Nah, dari beberapa kriteria penilaian di atas, gue udah nyoba ngerangkum semua hal yang bisa jadi kriteria penilaian. Secara umum PTN lain akan menggunakan cara yang kurang lebih sama dalam menilai berkas-berkas pendaftaran kalian, meskipun tiap PTN bakal punya kebijakan tersendiri yah. Berikut ini beberapa hal yang (kemungkinan besar) menjadi kriteria penilaian SNMPTN berdasarkan publikasi di atas:

1. Faktor Kualifikasi Siswa

merupakan capaian siswa selama sekolah, dengan beberapa poin yang bisa menjadi penilaian antara lain:

  • Nilai raport, meliputi besar nilai, konsistensi, rata-rata, nilai mapel tertentu
  • Prestasi siswa: tingkat internasional, nasional, propinsi, kabupaten/kota, tidak ada prestasi.

2. Faktor Indeks Sekolah

merupakan nilai sekolah di suatu PTN. Indeks SMA X di PTN A bisa berbeda dengan indeks SMA X di PTN B. Beberapa poin yang bisa menjadi penilaian untuk kategori ini antara lain:

  1. Akreditasi: A, B, C, Tanpa akreditasi
  2. Jenis kelas: Akselerasi, RSBI, Reguler
  3. IPK dan prestasi alumni di PTN yang dituju di PTN yang bersangkutan
  4. Nilai SBMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  5. Banyak diterima di SNMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  6. Track record sekolah di PTN yang bersangkutan
  7. Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional.

3. Faktor Pemerataan Daerah

merupakan kebijakan PTN untuk memberikan kuota/jatah kepada daerah yang kelak setelah lulus diharapkan bisa memajukan/berkontribusi untuk daerah asal. Jadi bisa jadi beberapa siswa di daerah terpencil di Indonesia mendapatkan "jatah" daerah, meskipun sebetulnya nilai raport dan indeks sekolah mereka relatif tidak sebaik para pesaing peserta SNMPTN lain yang ada di kota besar.

Perlu diingat, bahwa faktor penilaian yang telah gue rangkum di atas merupakan perpaduan dari berbagai PTN. Artinya bisa saja PTN A ngga memperhitungkan Nilai SBMPTN tahun sebelumnya misalnya atau PTN B tidak memperhitungkan Prestasi Sekolah, atau bahkan ada kriteria penilaian lain di luar poin di atas. Tapi pada umumnya, kurang lebih udah gua jabarkan di atas.

 

II. Tips untuk memaksimalkan peluang diterima di SNMPTN

Seperti yang telah gue jelasin di awal, walaupun sebetulnya kita ga bisa mengukur peluang diterima di SNMPTN, tapi kita bisa memperbesar peluang dengan memaksimalkan indikator yang telah gue jelasin di atas. Memaksimalkan di sini pada prinsipnya adalah gimana cara cerdik-cerdiknya kita untuk memilih, jurusan mana yang kira-kira probabilitasnya paling tinggi, dengan tidak mengabaikan bidang yang kita minati. Nah, langkah-langkah yang bisa lo tempuh buat memaksimalkan peluang di SNMPTN antara lain:

1. Tentukan jurusan yang kamu inginkan

Hal pertama dan terpenting adalah tentukan dulu jurusan yang lo inginkan. Jadi, tentukan dulu jurusan yang pas, lalu baru tentukan di mana lo akan kuliah di jurusan tersebut. Di sini gue ga akan jelasin lagi gimana cara menentukan jurusan kuliah, karena udah pernah dijelasin di artikel zeniusBLOG sebelumnya dengan point-point yang lengkap. Coba deh lo baca di sini :

2. Pelajari detail jurusan yang kamu inginkan di PTN pilihanmu

Okay, pada point ini, gua asumsikan lo udah paham banget dengan jurusan yang lo ambil, apa saja yang dipelajari dan hal-hal substantif lain. Nah, yang akan gue bahas di sini secara khusus terkait dengan informasi penerimaan SNMPTN di PTN yang kamu incar. Detail jurusan yang terdapat di website SNMPTN meliputi:

  • Informasi Umum (daya tampung dan kategori),
  • Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini,
  • Sebaran Siswa Diterima,
  • Jumlah Pendaftar,
  • Jumlah Diterima,
  • Jumlah Siswa Diterima Berdasarkan Jurusan,
  • Jumlah Siswa Diterima Berdasarkan Provinsi

Contohnya detail untuk Prodi S1 Ilmu Komunikasi UI kayak gini. Kamu bisa ngelihat statistik jurusan lain di PTN yang kamu inginkan di sini.

kriteria penilaian ilmu komunikasi UI

Dari data-data di atas, kamu bisa menyimpulkan beberapa hal pokok sebagai pertimbangan mendaftar, antara lain misalnya:

  • Informasi Umum: ilmu komunikasi UI merupakan kelompok jurusan IPS yang mana daya tampung untuk tahun 2015 sebanyak 45 mahasiswa.
  • Daftar Jurusan yang dapat memilih program studi ilmu komunikasi UI adalah SMA/MA IPA dan IPS. Jadi untuk SMK disarankan tidak memilih jurusan ini.
  • Sebaran siswa diterima pada tahun 2012 sebanyak 60 siswa (3,04%), 2013 sebanyak 63 siswa (1,23%), tahun 2014 sebanyak 48 siswa (1,4%). Angka persentase pada tahun 2012 relatif besar karena pada tahun 2012, tidak semua anak bisa daftar SNMPTN. Sedangkan pada tahun 2013 dan 2014 (serta tahun 2015) semua anak bisa mendaftar SNMPTN, sehingga persaingan makin ketat (persentase makin kecil). Angka persentase tiap tahun tidak akan relatif jauh berubah.
  • Sedangkan sebaran siswa yang diterima berdasarkan jurusan terdiri dari 55 siswa IPS dan 5 siswa IPA pada tahun 2012, 53 siswa IPS dan 10 siswa IPA pada tahun 2013, dan 40 siswa IPS dan 8 siswa IPS pada tahun 2014. Dari data tersebut terlihat bahwa jurusan Ilmu Komunikasi, meskipun termasuk kelompok jurusan IPS, menerima juga siswa dari jurusan IPA. Meskipun demikian, jumlah siswa SMA IPA yang diterima dalam 2 tahun terakhir cuma sekitar 20% atau bisa dikatakan, penerimaan SNMPTN untuk jurusan Ilmu Komunikasi didominasi oleh jurusan IPS.

3. Pelajari indeks sekolah dengan minta data ke BK sekolah

Nah, ini juga penting banget, tentang Indikator Penilaian SNMPTN huruf B. Indeks Sekolah. Seperti yang gue jelasin di atas, ada 7 variabel yang bisa dijadikan penilaian untuk indeks sekolah. Pada dasarnya PTN ngga mengeluarkan data tentang indeks sekolahmu atau sekolah-sekolah lain. Untuk bisa mengetahuinya, kita hanya bisa sebatas meraba-raba. Indeks sekolahmu di PTN A dan di PTN B berbeda, jadi ya mesti lo sendiri yang aktif bertanya ke BK tentang sebaran alumni di PTN di Indonesia. Misal nih, tahun 2014 kemarin di sekolahmu yang diterima di PTN A ada 50 anak dari 100 pendaftar, PTN B ada 10 anak dari 30 pendaftar, sementara di PTN C ada 5 dari 50 pendaftar. Nah dari angka tersebut lo bisa lebih memperkirakan persentase diterimanya. Berdasarkan angka contoh di atas, jadi PTN A 50% pendaftar diterima, PTN B 33,3% pendaftar diterima, PTN C 10% pendaftar diterima. Nah, dari angka ini bisa dilihat secara kasar bahwa indeks kasar sekolah lo di PTN A lebih bagus daripada di PTN B dan PTN C. Baru deh dengan melihat indeks kasar sekolahmu di berbagai PTN, kamu bisa menentukan PTN mana yang peluang diterima lo paling tinggi, dengan tetep memperhatikan bidang yang menjadi passion lo.

 

III. Kesalahan Umum Siswa dalam SNMPTN

Nah, setelah gue jelasin tentang cara memaksimalin peluang di SNMPTN, perlu juga nih lo tau kesalahan-kesalahan apa saja yang sering banget dilakukan siswa

1. Memilih jurusan/PTN berdasarkan passing grade

Banyak anak yang memilih jurusan/PTN di SNMPTN berdasarkan passing grade. Padahal passing grade itu dasar perhitungannya dari SBMPTN (lagipula angka passing grade juga belum tentu akurat loh). Jadi lo ga bisa menyamakan tingkat persaingan SNMPTN dengan SBMPTN, karena peluang SNMPTN akan sangat tergantung pada indeks masing-masing sekolahmu.

2. Berharap pada PTN Pilihan 2? Sebaiknya sih jangan

Nah, ini juga perlu banget lo ketahui bahwa berdasarkan survei yang pernah gue lakuin lewat @info_SNMPTN pada SNMPTN 2012 dan SNMPTN 2013 lalu, ternyata diketahui bahwa 92% siswa diterima di PTN pilihan 1 dan cuma 8% yang diterima di PTN pilihan 2. Kesimpulan survei SNMPTN 2012 bisa kamu lihat di chart dibawah (saat itu siswa bisa memilih maksimal 4 jurusan)

prioritas jurusan

 

Untuk SNMPTN 2013 hasilnya juga mirip, malah persentase siswa diterima di PTN pilihan 1 lebih besar (nanti gue cariin datanya). Nah dari data tersebut artinya apa nih? Yaa.. lo sebaiknya ga terlalu berharap pada PTN pilihan 2 lo. Fokus aja PTN pilihan 1 lo yang paling kamu INGINKAN dan REALISTIS sesuai perhitungan peluang yang gue jabarin di atas. Sedangkan PTN pilihan 2 anggap aja iseng-iseng berhadiah. Jadi, kalau misalnya nih lo ingin masuk FK dan sebetulnya nggak terlalu masalah/ antara pilihan kampus manapun, ya saran gue sih jangan ambil pilihan 1 secara idealis banget seperti FK UI yang persentase penerimaannya di bawah 1%, mending lo ambil pilihan 1 dengan pertimbangan yang REALISTIS daripada pilihan yang terlalu IDEALIS.

PILIHAN 2

3. Tidak serius memilih jurusan

Meskipun gue udah mengingatkan berkali-kali agar milih jurusan dengan memprioritaskan bidang yang menjadi minat kita, tapi nanti bakal banyak banget anak yang diterima SNMPTN tapi ujung-ujungnya dilepas. Jadi, sebelum lo ngelakuin hal yang sama nanti, gue tekanin lagi bahwa memilih jurusan di SNMPTN itu bukan main-main, harus serius, dalam artian apabila diterima ya mesti lo ambil. Kalo ngga lo ambil, maka indeks sekolah bisa jadi akan dikurangi oleh PTN yang lo lepas. Maka dari itu, pikir mateng-mateng pemilihan jurusan/PTN di SNMPTN ini, jangan terburu-buru.

****

Oke, sekian dulu penjelasan tentang Strategi memaksimalkan peluang di SNMPTN. Yang perlu diingat bahwa kita ngga bisa mengukur dengan pasti peluang di SNMPTN, yang bisa kita lakukan adalah sebatas berusaha memperbesar peluang. Apakah setelah diperbesar tersebut kita bakalan lolos nanti, tidak ada yang tau. Maka dari itu, gue ingetin lagi buat nyiapin SBMPTN dari sekarang, karena pelaksanaan SBMPTN cuma kurang dari 2 minggu dari pengumuman SNMPTN. SNMPTN ibarat bermain kartu, yang taruhannya kali ini bukanlah uang, tapi kesempatan lo untuk berkuliah di kampus dan prodi impian lo. Nah, kalau diibaratkan sebagai seorang "penjudi", maka jadinya penjudi yang cerdik dengan mempertimbangkan serta mempersiapkan setiap risiko dari pilihan-pilihannya. Good luck semua untuk proses seleksi SNMPTN!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang taktik memaksimalkan peluang dalam proses penerimaan SNMPTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini, ya. Buat lo yang mau daftar SNMPTN, jangan lupa juga buat belajar untuk jalur seleksi lain seperti SBMPTN, berikut adalah beberapa artikel menarik seputar info SNMPTN dan panduan belajar SBMPTN yang udah kita rancang supaya lo semua enjoy belajarnya:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Ari Candra adalah Social Media Manager Zenius yang bertanggung jawab untuk semua akun social media Zenius Education seperti twitter, facebook, instagram. Saat ini Ari juga aktif mengurus berbagai portal web info pendidikan Indonesia, termasuk akun twitter info_SNMPTN. Ari merupakan lulusan spesialisasi D-III Akuntansi Pemerintahan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
 

Follow Twiiter Ari di @aricandra

  • muthiah

    Kak mau nanya.. saya minat di gizi ui. Thn lalu gada yg lolos snmptn tp ada 1 yg lolos sbm. 2 thn lalu ada yg lolos snmptn. Total 5org alumni gizi ui di 2012-2014. Dan ip nya alhamdulillah bagus. Dan nilai saya kata guru bisa utk gizi ui. Tp yg saya khawatirkan, ui kan msk jkt kak. Brrti kuota utk jabar sedikit. Saya dr bekasi. Pdhl kuota undangan gizi cm 25org thn lalu. Pdhl saya udh optimis krn alumni nya jg bagus disana. Bandingkan dgn ipb yg di jabar kuota undangan 48. Tp thn lalu galolos snmptn. Yg lolos sbm ada tp saya kurang tau ip nya. Tp di sma kemarin dia termasuk siswa yg biasa2 aja. Menurut kakak peluang saya lebih besar di ui apa ipb ya kak? Ketatan mana sih persaingannya? Maaf kak kepanjangan-_- makasih sebelumnya 🙂

    • Ari Candra Arista

      Seperti yang gue jelasin di atas, kita ga bisa tau peluang SNMPTN secara persis, sehingga ga bisa dibandingkan peluang antara 2 PTN tersebut 🙂

      • muthiah

        Trus kak maksutnya alumni itu. Nilai alumni keseluruhan kan? Bukan undangan aja?

        Sent from Samsung Mobile

        -------- Original message --------

        • Ari Candra Arista

          bisa dua-duanya, soalnya emang ga tau proses penilaian di dalemnya

  • Ditianti

    kak gimana kl kita snmptn milih ptn A, tp sbnrnya kita minat bgtnya di ptn B, cuman krna di ptn B gk ada alumni, lain provinsi, dsb, (yg artinya peluang diterimanya sgt sgt kecil), akhrnya kita snmptn milih ptn A. tp trnyata stlh TO sgla macem, hasil di to kita tuh jebol di ptn B. trus trnyta pngumuman snmptn kita juga terima di ptn A. nah itu gmn mnurut kkk?? mnding ambil ptn A, atau ikut sbmptn untuk ngjer ptn B (yg jd minat kita bgt) ?

    • Ari Candra Arista

      Pada titik ini sih semua kembali ke lo sendiri, dengan segala pertimbangan lo. Kalo SBMPTN cukup yakin diterima di PTN B, ya silakan diperjuangkan. Yang gue tau kalo melepas SNMPTN, bisa jadi indeks sekolah akan turun. Jadi pilih jurusan SNMPTN yang kalo diterima, pasti lo ambil.

  • Asna

    Kak, maaf blh minta id line nya ? Soalnya banyak yang mau ditanyain dan ini agak sedikit rahasia kak

  • febriyanti veren

    Kak gimana kalo kita mau pilih jurusan yang belum ada alumninya? trus kalo misalnya udah fix nih 1 PTN tapi jurusannya difakultas tsb sama-sama tinggi, itu bisa didampingin gitu ga?

  • Jakharyan Achmad Fatahillah

    kak saya mau nanya sekalian curhat nih. kan kata lu index sekolah itu mempengaruhi ya tapi masalahnya sekolah gue baru 5 tahun berdiri. yang pastinya masih sedikit banget alumni yang diterima ke ptn. dan alumni gue setiap tahun juga dikit yang lolos ke ptn. masalah selanjutnya gue berencana ngambil prodi ilmu filsafat yang cuman ada di UI sama UGM yang keduanya merhatiin banget index sekolah. jadi gue harus gimana nih kak? tetep pede milih diantara UI atau UGM apa gue harus mikir lagi nyari prodi yang sreg sama hati.

    • Ari Candra Arista

      Kalo emang sreg nya di jurusan tersebut, ya perjuangin aja, tapi mesti siap2 buat SBMPTN. intinya sih jangan ngasal milih jurusan, cuma biar bisa diterima.

  • Sherly Fekay

    kak, kalo angka presentase sebaran siswa di laman snmptn itu bisa dibuat acuan urutan pilihan prodi nggak ?? misal prodi A presentasenya (1,4%) prodi B presentasinya (1,6%) jadi ntar pilihan 1 nya prodi A dan pilihan 2 prodi B. bisa dipakai acuan kayak gitu ?

    • Ari Candra Arista

      tergantung selisihnya sih, kalo cuma sedikit, karena persentase sebaran juga angka kasar, jadi terserah mau milih yg mana

  • Fawcet Makay Ryuzaki

    Bro, Gue bingung nih.
    gue pengenya masuk FTTM-ITB (pertambangan) atau STEI -ITB.
    dari kedua pilihan itu. gue lebih minat masuk FTTM-ITB.
    tapi banyak kakak kelas gue yang bilang lebih baik
    pilihan pertama gue Stei-itb, nanti pilihan kedua fttm, karena passing gradenya stei lebih tinggi dari pada fttm.
    Nah menurut loh, bro. Yang bagus yang mana. stei dulu atau fttm dulu yang jadi pilihan pertama?

    • Ari Candra Arista

      menurut gue, pilih yang sesuai minatmu dulu

    • unname

      Pilihan yg pertama pasing grade nya harus lebih tinggi, karena kalau pilihan pertama lebih rendah dari yg kedua maka saat kamu ga lolos di pilihan pertama maka langsung ga dicek lagi di pilihan kedua alias langsung ga lolos 2 2 nya sedangkan sebaliknya maka akan di periksa lagi untuk di pertimbangan lolos tidak nya.

  • Thomas Gultom

    Kak saya masih kelas 10 sih tapi udah mau nyiapin mental sama nilai dari jauh-jauh hari nih hehe.Kalo SNMPTN sama SBMPTN lebih mudah yang mana ya jalur untuk masuk universitasnya?soalnya saya pengen banget masuk FK di UI,UGM,atau UNPAD tapi takut gak dapet karena nilai gak cukup.Makasih kak 🙂

    • Monika Sola Kristi K

      gak ada yg lebih mudah atau lebih susah dik. Semuanya ada plus minusnya. Kalo snmptn (jalur undangan), enaknya, kamu preparenya gampang, bagus2in aja nilai rapot sama banyak2 ikut lomba tingkat kota paling gak, buat ngumpulin sertifikat. Gak enaknya, sebagus apapun nilai rapot kamu, dan sebanyak apapun sertifikatnya, gak ada yg bisa jamin 100% kamu bakal lulus FKUI, FKUGM, FKUNPAD. Ya harus ikhlas kalo gak lulus. Banyak kok, yg nilai rapotnya luar biasa, tp tetep aja gak keterima. Jurusannya juga harus dipertimbangin baik2. Kalo sbmptn (ujian tulis), gak enaknya, kamu harus prepare lebih. Soal soal sbmptn itu analisis, bukan kayak soal UN, yg ada semua di buku materinya. Tp enaknya, setidaknya sbmptn itu lebih fair dan adil. Ya intinya, usaha gak akan berkhianat lah, banyak2 berdoa dan rendah hati juga. Semangat!^^^

  • Aldhanalia

    kak, mau tanya dong. kalau misalnya alumni dari sekolah saya yg masuk di UI ada banyak, terutama di jurusan X, tapi mereka masuk bkn jalur SNMPTN kak, melainkan PPKB/SIMAK/SBMPTN. IP mereka lumayan bagus kak. Menurut kakak gmn? Indeksnya termasuk bagus/nggak?

    • Ari Candra Arista

      yang jelas mempengaruhi kok

      • Aldhanalia

        tapi belum ada yg jebol SNMPTN di prodi itu kak. Tetep berpengaruh?

  • Monika Sola Kristi K

    kak ari, saya mau nanya. SMA saya masih termasuk SMA negeri baru di Tangerang Kota (pecahan dari SMA negeri lain yg lebih senior), jd msh sedikit banget yg keterima di PTN. Cita-cita saya pengennya ke Akuntansi USU, Amin. Dr sekolah saya, sama sekali belom pernah ada yg daftar snmptn kesana. Cuma ada 1 alumni di USU, itu pun dia anak Psikologi, dan lewat UMB pula. Saya cuma pengen kesana. Jd menurut kakak, saya nekatin aja atau gimana? Sementara juga, td saya liat, dr tahun 2012-2014, yg diterima Akuntansi USU lewat snmptn dr luar Pulau Sumatra, itu gak ada sama sekali, gimana dong ya 🙁

    • Ari Candra Arista

      tergantung kamu nya sih kalo udah tau kondisinya kayak gitu. mau dinekatin iseng-iseng berhadiah sambil nyiapin SBMPTN silakan, atau daftar akuntansi di PTN lain ya bisa. 🙂

    • Guest

      kak, mau curhat dong. jd gini, akukan udah fix bgt mau kuliah di jurusan x di ptn x. org tua nyuruh kesitu, aku sendiri jg pengennya kesitu pokonya udah pgn bgt lah kesitu. nah tp tmn seangkatan aku ada yg ambil jurusan yg sama di ptn yg sama pula. nilai raport dia lebih besar dr aku, dia ranking 3 seangkatan. menurut kk gmn? tetep maju atau ngga? sumpaaahdeh bingung bgt. pertama, kalo mundur aku udh gatau lg mau ambil apa krn di ptn itu jurusan yg aku minati cm itu, dan kalo aku ambil jurusan yg ga aku minati cm grgr pgn lolos snm aku gayakin bs ngejalanin. menurut kk gmn? tolong kasi masukan kaaa. makasih

  • Kiki Oktaria Siregar

    Kak mau minta solusi nih:), aku kepengen banget masuk PTN A yang berada di luar provinsiku, tetapi di sisi lain alumni dari sekolahku yang ada di PTN tersebut cuman 2, itupun mereka tidak di jurusan yang akan aku ambil nantinya dan masuknya pun melalui jalur lokal. Di sisi lain, ada PTN B, yang berada di provinsiku yang mana alumni dari sekolahku pun banyak ada di situ. Untuk bahan prtimbangan, aku punya sertifikat juara 1 olimpiade sekabupaten pada jurusan yang akan aku ambil. Nah menurut kakak aku tetap ngambil PTN A yang bener" aku minati atau ke PTN B aja yang gak aku minati tetapi peluangnya lebih besar?

    • Ari Candra Arista

      sampe disini sih keputusan ada di lo sendiri. kalo itung-itungan peluang secara kasar memang peluang lebih besar di PTN B, tapi ya gue ga tau seberapa minat dan motivasi lo kuliah di PTN A.

  • geraldy

    Kak mau nanya deh, saya kan mau ngambil jurusan ilmu komunikasi ui, alumni saya tiap tahun dari 2013 & 2014 ada yang keterima di jurusan itu. dan saya masuk peringkat10besar paralel & pernah mengikuti osk tingkat kotamadya. nah menurut kakak itu peluangnya gimana? soalnya saya cuma ngambil satu aja jurusannya.

    • Monika Sola Kristi K

      dr kota mana? Cobain aja dulu. Kalo menurutku sih, lebih baik gak keterima karna emang gak keterima, drpd gak keterima karna gak nyoba sama sekali. Nanti malah jd penasaran, nyesel. But, back to yourself ^^^

  • sofi

    bener kata zenius snmptn undangan jangan terlalu diharepin, tapi yak gimana ya pasti ngarep juga lah ya,secara udah 3 tahun belajar giat biar nilai bagus :") ya intinya sekarang buat snmptn undangan daftar, pasrah, doa dan selanjutnya belajar buat sbmptn

  • Putri Novianti Arianto

    Kak mau tanya, apa alumni 2014 masih bisa ikut snmptn? Saya masih bingung, ada yang bilang bisa dan ada juga yng bilang engga. Mohon di jawab ya kak, terimakasih

    • setahu saya sih enggak bisa, SNMPTN hanya untuk fresh-graduate aja alias angkatan 2015, kalau buat SBMPTN 2015, angkatan 2013, 2014, dan 2015 bisa ikut.

  • Nugraha Wirawan

    kak mau tanya, kalo mau masuk ptn A tapi belum ada alumni di ptn tsb, peluang nya gimana kak ?

  • fira

    kak mau tanya nih, sekolah aku kan masih baru tuh kak, aku ini angkatan kedua. trus aku kepengen banget kuliah di arsitektur its. tapi kakak kelas aku tahun kemaren gag ada tuh yang di its, adanya di unair itu pun cuma 1 dan lewat jalur sbmptn. gimana ya kak solusinya ? sebaiknya aku ambil jurusan di its ato di unair ?

    • Ari Candra Arista

      sebaiknya kamu nyiapin SBMPTN dari sekarang 🙂

      kalo alumninya cuma 1 sih ga terlalu ngaruh juga. dan jangan mengorbankan passion karena takut kalah saingan. 🙂

  • Agastya Tarumaijaya

    Kak, kalo gw mau daftar SNMPTN di suatu PTN. Di jurusan yg gw pilih belum ada alumni SMA gw. Tp kalo alumni di jurusan lain banyak dan katanya lumayan berkualitas, tuh gimana?

  • Rizka Fauzia

    Aku suka sama semua pelajaran IPA kec. fisika. Akupun juga punya
    minat di ketiganya. Nilainya pun gak ancur-ancur banget, apalagi Mat
    sama Bio (Kalo kimia nilainya turun di smt terakhir). Yang bikin suka
    dari ketinganya yaitu :
    1. MAT= Mat itu asyik, apalagi kalo udah
    dapet jawaban dari soal yang sulit. Nah kalo belum dapet jawaban, bisa2
    jadi pikiran. tantangan deh
    2. BIO = Bio itu amazing, dari situ aku tau sebuah proses dan itu cepat. bikin takjub jad pengen tahu.
    3.
    KIMIA = Kimia itu seperti rayuan, memikat. Entah knp, tapi kimia itu
    punya daya tarik tersendiri (dibandingin sama fisika). nggak bosen trus
    imut. pokoknya amazing juga

    Nah menurut kakak aku sarannya di jurusan apa? cuma pengen tahu aja, lagian udah punya rencana kok. kali aja saran kakak cocok 🙂

  • bekty rahayu

    kak gmn sih caranya biar jadi member?

  • Imam

    Kak untuk program peminatan ITB itu apakah memperbesar peluang kita untuk masuk di fakultas yang kita mau ? Saya bingung kak, dari ITB fakultas yang saya mau jadikan pilihan pertama (ftmd) ternyata setelah di rangkum tingkat kesulitan relatifnya di web resmi usm itb lebih rendah dari fakultas yang saya ingin masukkan program peminatan sebagai pilihan kedua (STEI) , kalau begini kira2 apa kah ITB akan memberi tempat sisa bagi yang memilih program peminatan tidak peduli memilih pilihan pertama atau kedua? Atau tidak sebaiknya program peminatan ditaruh di pilihan kedua ? Sistem penilaian program peminatan seperti di ITB belum kakak jelasin nih di atas soalnya yang kayak begini baru saya liat di ITB karena mungkin di fakultasnya setelah TPB ada jurusan yang sepi peminat dan akhirnya memengaruhi kesempatan kita untuk masuk di ITB, makasih kak.

    • desta fajri

      Mungkin sama relatifnya kao daftar ITB, yg jelas berdoa aja kakak hehehe

    • Ari Candra Arista

      iya, program peminatan udah jalan di ITB sejak lama, dan memang mempengaruhi peluang diterima, karena program peminatan tsb sedang kekurangan mahasiswa.

      kalo saran sih pilih di pilihan pertama yg paling kamu minati. kalo masalah peluang ga bisa diketahui.

  • Haratdzul Jushar

    Kak, ane mau nanya apa pilihan prodi kita di pil. 1 dan pil.2 berpengaruh? Apa bener kalo kita gaboleh naro prodi yg lebih favorit di pil. 2? Karena prodi prioritas ane yg sesuai passion grade nya ga tinggi2 amat. Apa peluanf lebih gede kalo kita cuma daftar 1 prodi?

    • Ari Candra Arista

      Ga ngaruh juga kalo daftar 1 atau 2 prodi thd peluang. Kalo minatmu ga terlalu favorit ya enak donk, saingan ga banyak 🙂

      • Endah Fitriasari

        kak, mau curhat dong. jd gini, akukan udah fix bgt mau kuliah di jurusan x di ptn x. org tua nyuruh kesitu, aku sendiri jg pengennya kesitu pokonya udah pgn bgt lah kesitu. nah tp tmn seangkatan aku ada yg ambil jurusan yg sama di ptn yg sama pula. nilai raport dia lebih besar dr aku, dia ranking 3 seangkatan. menurut kk gmn? tetep maju atau ngga? sumpaaahdeh bingung bgt. pertama, kalo mundur aku udh gatau lg mau ambil apa krn di ptn itu jurusan yg aku minati cm itu, dan kalo aku ambil jurusan yg ga aku minati cm grgr pgn lolos snm aku gayakin bs ngejalanin. menurut kk gmn? tolong kasi masukan kaaa. makasihhh

  • yufi

    kak saya masi bingung buat milih jurusan. tapi waktu kelas 10 saya ada tes psikologi dan disitu dibikin profesi yg cocok sama kita. jadi bangusnya saya ngambil jurusan yg sama denga hasil tes psikolog saya atau gimana? dan disitu dibilangnya cocok jadi desain komunikasi visual, naah saya mau mintak penjelasan kkak tentang desain kmunikasi visual itu gimana, kerjanya apa? dan saya dengar dengar DKV itu dibagi lagi menjadi 3 lagi ya kak?

  • Mufliih Ramadhan

    bang,
    buat posting SBMPTN doong, ga ada kesempatan nih buat snmptn, ancorsih. Tapi tetep ga nyerah buat sbmptn, tolong buatiin yaa! :))

  • Rizki Rayani

    Kak boleh enggak sih kita ngambil 2 PTN di SNMPTN tapi kita cuman ngambil 1 prodi setiap ptn. Contoh pilihan 1 ngambil FK UGM pilihan 2 ngambil FK UNAIR dan pilihan 3 kita kosongin. Boleh gak sih kak? Soalnya simpang siur ada yang bilang boleh, ada yang bilang gaboleh. Thanks before 🙂

    • Maaf gua yang jawab, hahaha. Boleh boleh aja sih kalo pilihan yang ketiga dikosongin, gak berpengaruh apa-apa juga kayaknya. Atau kalo lu mau lebih yakin lagi, hubungin aja pihak SNMPTN nya. Di situs halo.snmptn.ac.id kan ada nomor call center yang bisa dihubungin

    • carissast

      numpang jwb, boleh asalkan, diantara 2 ptn itu ada yng berada di wilayah sma mu skrg

  • Mayyadah

    Kak mau nanya, untuk upload sertifikat prestasi untuk snmptn itu boleh gak kalau hanya sertifikat penghargaan sebagai peserta? Ga juara gitu. Makasih

  • Annisa N.R

    kaa ari, mau nanya dong.
    1. kan aku siswi mutasi. tapi semester 3 saya sudah masuk di sekolah yang baru, memang benar ya, kalo siswi mutasi itu peluang tembus SNMPTN lebih kecil dibanding murid yang dari awal disitu?
    2. aku kan punya sertifikat, tapi itu dari sekolah SMA aku yang lama, itu boleh disertakan gak ya? kan sekolahnya udah ga di tempat yang lama.
    mohon bantuan nya ka! kurang lebihnya Terimakasih 😀

    • Ari Candra Arista

      1. peluang tidak ada yang tau
      2. boleh kok

  • Khawarizmi Aulia

    Kak, kalo buat sbmptn, persentase yang diterima di pilihan kedua kaya gimana ya?
    apa gajauh beda sama persentase snmptn?

    • Ari Candra Arista

      SBMPTN ga ngaruh sih, soalnya tetep gede2an nilai

  • Novi Rini

    kak, bingung bgt, banyak saran sana sini jdi bingung bgt nentukan tapi abis baca banyak artikel dari zenius jadi banyak ngerti :D, btw mau tanyak saya pingin masuk ITS kak tapi nilai rapot pas" an naik turun , tapi saya punyak sertifikat juara nasional, jarim antar pelajar gtu lah pokok nya tapi di non akademik,, olah raga kak,, menurut kak gmna? bisa keterima apa gak kak?

    • Ari Candra Arista

      kalo keterima ya ga tau, tergantung saingannya nanti gimana. kalo sertfikat non akademik jg bakal jadi nilai plus mu kok.

  • Alasandar Polasio Sihaloho

    kak mau nanya... Sayakan Siswa Pindahan dari Medan ke Jambi. prog IPS ,saya dengar dari teman" klo siswa pindahan susah Masuk Jalur SNMPTN....saya dari Sekolah lama saya berprestasi,,untuk Nilai Raport dari sem 1-5 grafik naik cukup bagus,serta piagam untuk kegiatan olimpiade jg ada saya dapat dari sekolah baru saya...tapi sangat disayangkan,, dari SMA yang baru untuk masuk universitas seperti pilihan 1. ITB jurusan Sekolah bisnis manajemen tidak ada? sangat sulit masuk ITB SBM ya kak?

  • Thomas Gultom

    Kak saya mau tanya nih.Saya kan maunya masuk UI,tapi kakak kelas saya yang udah masuk PTN kebanyakan masuknya UNJ dan cuma sedikit yang di UI,adanya juga di BRawijaya.Nah kesempatan saya untuk masuk UI jadi berkurang atu gimana kak?Makasih 🙂

  • Thomas Gultom

    kak mau naya nih.peluang saya untuk bisa masuk UI itu jadi berkurang gak sih kalo kakak kelasnya itu cuma sedikit yang masuk situ?makasih

    • Ari Candra Arista

      alumni menjadi salah satu penilaian, tapi seberapa pengaruhnya, tidak diketahui

  • RatnaYunita

    kak mau tanya.. saya anak smk jurusan multimedia dan mau melanjutkan ke perguruan tinggi. saya sdh memilih ptn 1 yaitu unpad, tp saya blm menentukan ptn 2 krn masih bingung. nah di ptn1 itu saya mengambil prodi ilkom dan jurnalistik (prodi baru di unpad). sedangkan alumni dr sekolah saya yang ada di ptn 1 tsb tidak terlalu banyak,dan juga kuota anak smk yang diterima di ptn 1 tahun lalu tidak sampai 5 orang. kebanyakan yg diterima adlh anak sma ips.. jadi kira-kira sebesar apa peluang saya utk masuk ke ptn yg saya minati? dan dimohon saranya terima kasih 🙂

  • Malam kak. Aku mau tanya nih kaak,secara garis besar sih pertanyaanku udh sering ditanya tp jawabannya masih simpang siur aku jd bingung, nah aku mau mastiin ke kakak hehe. Aku sekolah jurusan IPA kak, trs insyaAllah aku mau ambil snmptn Sastra Inggris UI. kira2 peluang aku gimana ya kak? krn ada yg blg peluangku hampir 0, ada jg yg blg besar krn aku dr IPA (tp pdhl sasing itu IPS) dan IPA/IPS pny nilai bahasa. mohon penjelasannya ya kak hehe. terimakasih kak 🙂

    • Ari Candra Arista

      udah dibaca artikelnya apa belum nih? 🙂

  • Ullia Nurul Ismala

    Kak kalau misalnya dua tahun berturut2 kakak kelas ku yg diterima cuma dua orang, ada kemungkinan gak kuotanya ditambah 1 orang lagi. Sedangkan aku baca kriteria penilaian UGM (aku mau masuk tekkim ugm) salah satunya adalah rasio pernerimaan.-.mungkin gak kuotanya akan ditambah?

  • novia

    ka mau nanya. saya udh buka web snmptn dan pendaftarannya, di page pendaftaran ada daftar universitas dan ada jg page untuk memilih jurusan, saya program ipa tp mau masuk ke sastra inggris di unpad? bisa atau gak? soalnya jurusan2 tsb ga dipecah sesuai programnya jd saya gak tau kalo sastra inggris unpad bisa masuk lewat program ipa atau gak. jd sebaiknya gimana kak? makasih sebelumnya.

  • Ratri

    kak mau tanya, kan saya sekarang ada di jurusan ipa nih tapi saya pengen banget masuk pendidikan bahasa inggris UM, kalo bahasa inggris bisa gak dari ipa ikut SNMPTN?
    terima kasih sebelumnya ya kak

  • leonita

    Kak mau tanya, saya kan pengen ambil jurusan ilkom atau sasger, pilihan univ nya cuma 2 yaitu untirta dan ui, saya bingung menempatkannya, karna banyak yg bilang sebaiknya univ yg paling bagus itu di tempatkan dipilihan pertama, sementara saya dapet info juga kalau univ pilihan pertama itu harus dari dalam provinsi nya yaitu untirta, saya bingung banget kaa, emang sih ngga berharap sama snmptn, tapi yaaa siapa tau rejeki hehehe oke ka makasih yaa senoga dijawab 😀

  • Mzssuradin

    kak.. saya sudah menentukan jurusan dan PTN, tp ada teman sekelas saya jg yang pilihannya sama dan nilainya sedikit lebih tinggi dibanding saya .. bagaimana kak?

  • DIMAS

    kak, saya dari jawatimur. kebetulan alumni sekolah saya belum ada satupun yang jebol UI. bahkan tahun ini yang milih UI cuma saya sendirian (fyi, kata guru bk sejak 29 tahun sekolah saya berdiri, baru saya yang berani daftar UI). Kalo ga ada alumninya gitu gimana kak indeks sekolahnya ? tapi kalo yg diterima di PTN lain banyak sih. saya ada beberapa sertifikat pemenang lomba jurnalistik (ada yg tingkat internasional sm nasional). saya sudah daftar dan ambil Ilmu komunikasi UI (pilihan 1) sama sastra indonesia (pilihan 2), masih ada peluang untuk lolos kak 🙁 ?

  • nurhalfiah

    kk mau bertanya tentang passing gradenya..menurut info yang saya dapat kalau mau mendaftar snm harus diperbaiki susunannya dengan melihat passing gradenya..jurusan yang dijadikan pilihan pertama yaitu yang passing gradenya tinggi...menurut pengetahuan kk passing grade itu apa?

  • Meisy Lathifah

    kak mau tanya, apabila kita sudah terlanjur memfinalisasikan pendaftaran snmptn, dan ternyata ada data yg salah, dan finalisasinya harus dibatalkan. kira2 ada dampak negatif dari membatalkan finalisasi ke universitas yg bersangkutan? tolong di jawab ya kak, makasi sebelumnya 🙂

  • RANYA

    kak aku mau mau masuk universitas udayana jurusan FK tapi tahun 2013 dan tahun 2014 dari jawa barat tidak ada yang masuk. jd menurut kakak aku harus tetap memilih udayana atau ganti universitas ? terimakasih sebelumnya 🙂

  • Mahda Adila Al-Ulya

    Kak, boleh minta saran? Pilihan jurusan saya ada 2, sebutlah A dan B, keduanya IPB. Saya lebih berminat di A (pilihan 1), tapi berdasarkan perhitungan suatu lembaga, saya lebih berpeluang di B (pilihan 2). Masalahnya, saya lihat di site SNMPTN, lulusan Jakarta yang keterima di jurusan A lebih sedikit dari lulusan yang keterima di jurusan B (saya nggak punya pesaing di sekolah untuk kedua jurusan dan alumni sekolah saya belum ada yang masuk kedua jurusan tersebut, setahu saya). Saya jadi ragu.
    Sebaiknya tetep milih A sebagai pilihan 1, atau dijadikan pilihan 2 aja? Makasih, Kak, maaf kalau kepanjangan .-.

  • Syifa

    Kak aku mau tanya. Kalo blacklist itu berlaku untuk seluruh jurusan di ptn yg ditolak apa cmn berlaku di 1 jurusan yg ditolak? Misalnya kakak kelasku diteroma sastra prancis unpad dn dia nolak. Nah untuk blacklistnya berlaku untuk semua jurusan di unpad apa cmn sastra prancis? Thx for the response kak 🙂

  • Rai

    kak, kan di situ ada indeks sekolah. berhubung aku di sekolah yang belum ter-akreditasi, apa masih ada kesempatan? dan misalkan saya ingin di PTN A tapi dari sekolah saya belum ada alumni yg di PTN A, apa juga masih ada kesempatan?
    makasih kak ari ^^

  • Rizka

    kak sistem blacklist itu emang ada ga sih? terus jadi kalau saya minat ke ptn yang katanya sekolah saya di black list itu gabisa dong?? makasih sebelumnya...

  • egi

    Kak mau nanya ni kak
    Sekolah aku udah akreditasi a, yg lulus di ptn a itu juga udah banyak kak, karna daerahnya masih sama. Cuman di prodi yang aku mau itu cuman ada 1 alumni kak, sedangkan yang minat tahun ini ada 4 dari sekolah aku kak. Jadi bagusnya aku tetep milih prodi itu atau milih prodi yg lain kak? Kira2 persentasi di terima di prodi itu berapa persen kak? Makasi kaak

  • Agung Rohman

    Kak maaf mau nanya .. yang jadi penilaian snmptn kan salah satunya konsistensi nilai raport. nah gimana ya peluang saya jika saya memilih jurusan matematika tapi nilai mapel matematika saya turun naik. contohnya seperti 85,85,81,83,85 . makasih sebelumnya 🙂

  • alfinsa

    jehh bang.. kali aje gue kena SNM buat SBM ITB padahal pelajaran IPS (gue IPS) aja banyak remed wkwkw

  • Wildan JW

    Kak, kalau yg lintas jurusan gmana ? Soalnya kata guru lesku kalau lintas jurusan pas SNMPTN ada nilai yg dikurangi. Betul kah kak ?

  • Hana Bertiani

    Hai kak, aku mau nanya. Aku tuh pengen bgt jadi pengusaha
    mall/supermarket gitu pokonya punya usaha sendiri dimana aku jd
    founder/pemiliknya. nah aku tuh mikir jurusan yg bisa mendukung cita2
    aku ini tuh bisnis management kan nah aku taro tuh di pil 1, nyambung ga tuh ka? nah aku tuh
    mikir2 dipilihan snmptn mau masukin pilihan ke-2 apa aku ngambil misal
    ekonomi pembangunan ato akun? nyambung jg ga tuh ka? makasih ka sebelumnya

  • Kresna

    Kak, mau nanya. Saya minat FK UI, dan alumni sekolah saya kebanyakan lolos lewat jalur SBMPTN, itupun di universitas lain. Tapi sekolah saya sering meraih prestasi baik provinsi/nasional. Sertifikat tingkat nasional saya juga cukup banyak. Saya pindahan di Prov. Gorontalo. Kalau mau lihat statistik saja, provinsi Gorontalo bahkan tidak tertulis di data siswa yang lulus SNMPTN. Terus bagaimana kak peluang saya di SNMPTN FK UI? Thanks 🙂

  • dhiaul

    bang mau minta saran gue angkatan 2015 asal bandung dan untuk ngehadapen sbmptn 2015 ini ngerasa udah ketinggalan terlalu jauh. Jadi kepikirannya sekarang pengen ngulang tahun depan padahal yg sekarang juga belum. Kemarin dah ngobrol ma ortu dan diizini untuk ngulang, rencana gue sendiri sih nanti seandainya bener bener dah mentok g keterima pengen bimbel di zenius x. Kira kira mending gimana caranya biar bisa yakinin ortu untuk ikut bimbel disana, scara kan gue diluar

  • Debby alvio

    kak, saya pilihan 1 di SNMPTN itu Teknologi Hasil Perikanan UNRI tapi alumni dari sekolah saya belum pernah ada yg diterima di PTN trsebut, pas saya tanya ke BK sekolah tntang hal tsb, dia bilang "gapapa coba aja dulu". Gimana solusinya kak? saya lebih memprioritaskan jurusan daripada kampusnya dan pilihan ke 2 blum saya tentukan.

  • Rifqi

    Kak saya mau nanya beberapa pertanyaan tentang SNMPTN.
    1. Persyaratan foto yang di lampirkan atau diupload itu emangnya wajib pake seragam sekolah ? Karena setau saya tidak diwajibkan tapi sekolah saya bersikeras bahwa harus pake seragam atribut lengkap.
    2. Saya berencana mau masuk ke jurusan oseanografi UNDIP tapi seperti yang kakak bilang diatas bahwa kadang universitas itu melihat rekam sekolah atau lulusan yang masuk ke ptn yang dimaksud dan dari data yang ada di laman snmptn juga di tunjukkan bahwa hanya 5 orang yang diterima di jurusan oseanografi dari jawa barat. Apakah sebaiknya saya mundur dan memilih jurusan yang seminat dengan oseanografi atau tetep yakin dengan oseanografi? Makasih kak infonya

  • Putri Wella

    ka peluangnya besar ga sih, ? kan saya mau ambil ekonomi pembangunan UNBRAW tapi sekolah saya di jakarta ?

  • luftiara

    Kaa kalau misalkan indeks kasar UNJ lebih besar namun daya tampungnya sedikit dibandingkan dengan UB di sekolah sy namun data tampungnya jauh lebih bnyk. Itu lebih baik pilih UNJ atau UB yaa kaa ?

  • Addini Setia Ningtyas

    kak mending pilih mana ? KEBIDANAN UNIBRAW pendaftar 2128 diterima 52 2,44% atau FK UNSRI pendaftar 2355 diterima 90

  • Hastinidewi

    Kak mau nanya, ak kan nilai agamanya turun gitu. Tapi aku nyari farmasi di unair. Selain nilai agamaku semuanya sih naik. Itu kira2 bs lolos snm ga kak? Makasih

  • permata alpanja

    kak apa iya kalo snmptn itu yg bener bener bgt diprioritaskan itu pilihan ptn 1 prodi 1 trs prodi kedua nya sedikit kemungkinan? apa snmptn bakal mikir kalo milih 1 prodi berarti niat masuk nya gak kebagi sm prodi ke 2? ngerti gak kak maksud saya.....

  • yusrina

    kak mau nanya thnlalu kakak kls aku ketrima di ptn x snmptn tp dia jg ketrima di stan trs akhrnya ambil stannya .. kira* ngevek engga sama indeks sekolah ?

  • Visia Talimurti

    Kak, jadi galau parah gua baca post-an ini. Gua kan udah fix pilih Gizi-Undip ya kak, tahun lalu gaada yg lolos snmptn. parahnya lagii 2tahun lalu ada yg did.o dr sekolah gua diundip grgr jarang masuk gtu jurusannya kelautan. Tapii (tahun lalu, 2014) jg ada kk kelas gua yg jalur mandiri diundip ipk-nya sempurna. Aku mesti ngopo kak?:"(

  • shin

    kak mau tanya kalau mau menyertakan sertifikat olahraga tanpa rekom dari KONI gimana?? tapi saya tidak menggambil juruasn keolahragaan

  • Zaheen

    panduan belajar bahasa indo gak ada, min?

  • agustin wulandari

    kak mau tanya kalau snmptn pilihan kampus 1 cuma milih 1 prodi. dan kampus kedua milih 2 prodi itu berpengaru apa enggak?

  • agustin wulandari

    kak mau tanya kalau snmptn pilihan kampus 1 cuma milih 1 prodi. dan kampus kedua milih 2 prodi itu berpengaru apa enggak?

  • ibral

    Kak kalau misalnya kita milih pilihan 1 itu univ yang bukan tempat kita tinggal itu peluangnya gmana ya?
    Misalnya aku tinggal di makassar aku nembak UGM

  • chiayu

    ka, saya anak ipa tapi mau ambil jurusan ilmu komunikasi itu peluangnya susah gk ya?tapi disekolah saya udh ada lulusan ilmu komunikasi di unbraw dan kebetulan saya juga mau kuliah disana. menurut kaka gmn?jujur aja saya minat bgt di jurusan ini dari smp. waktu smp saya belum tau kalo jurusan ini termasuk ips dan kata orang tua dan kaka2 saya dari ipa bisa kuliah di bidang ips, sedangkan ips gk bisa dibidang ipa. jadi saya masuk ipa. tapi ternyata gk kaya gitu kenyataannya. maaf agak curhat. menurut kaka gmn?

  • indri hs

    Kak kalo pesrta yang udah lulus snmptn udah di jamin masuk ptn yg di tuju kan? Trus tnggal pndftran ulang dn registrasi doang?

  • eldongdong

    Thanks

  • Hendri Agung Pratama

    kalo mendaftar di univ. yang gak ada alumni dari sekolah saya berasal, gimana kak untuk SNMPTN ?

    Terima Kasih

  • Fajar Adi

    Kak, sertifikat lomba tingkat provinsi itu nilainya gede gk, tentu saja lombanya berhubungan dgn jurusan yang dipilih? Atau yang dipertimbangin cuman yang nasional/internasionalnya saja?

  • noviaaarni

    kak bisa diliatin raport aku gak terus kakak kasih saran, aku bagusnya kemana? soalnya aku bingung sendiri mau ngambil apa. aku minta saran aja kak, bisa gak? buat pertimbangan doang gitu hehe...

  • rizky a

    bang , ini kan aku thn dpn bakalan un ni. ya siap siap mulai dari skarang ceritanya, ada kakak kelas angkatan 2015 ini , nilai pas pas tapi punya prestasi nasional. nah abang tau indeks penilaiannya ? tlg bang , terimakasih

  • rizky a

    terus juga , katanya ada jalur prestasi itu gimana bang ? terimakasih

  • Hana Nurhidayati

    Kaak, sebelumnya tengkyu banget kak informasinya, berguna bangeet, alhamdulillah jadi kebayang bsok mau milih apa.

    Oiya kak, mau nanya nih. Mungkin agak mainstream tapi aku kepo banget sama ini.
    Misal si Ani rank 40 an se sekolah, lalu snmptn daftar kedokteran umum UI, ternyata temen Ani yang daftar KU UI ada 12 an anak se sekolah dan mereka itu rank paralelnya di atas Ani semua. Lalu taun lalu yg keterima SNMPTN di kedokteran umum UI dari sekolahnya Ani ada 10 anak.
    Nahh, yang mau aku tanyain apakah si Ani tsb kemungkinan besar nggak diterima? Atau apakah ada kemungkinan yang diterima itu g cuma rank teratasnya aja (misal yg daftar KU rank 1,2,3,4 paralel lalu yg diterima malah yg rank 4)

    tengkyuu kakk sebelumnya ^^

  • Adriel PL

    Kak, pengen nanya kan saya pengen masuk fkui nah klo ada alumni sekolah saya masuk ui juga tapi bukan fkui itu nempengaruhi saya gak buat keterima di univ itu ?

  • Shofi Airiza Mawarni

    ka mau tanya aku kan pengen FK di UI dan itu dimasukkan kedalam pilihan 1 dan kata kaka "saran gue sih jangan ambil pilihan 1 secara idealis banget seperti FK UI yang persentase penerimaannya di bawah 1%, mending lo ambil pilihan 1 dengan pertimbangan yang REALISTIS daripada pilihan yang terlalu IDEALIS" jadi FK di UI itu pilihan kedua aja? dan pilihan kedua itu juga kan jangan terlalu berharap. trus gimana dong ka?

  • faa

    Kak mau tanya.. Kalau pakai sertifikat juara lomba. Apa harus berhubungan dengan fakultas yang dipilih? Contoh: aq punya sertifikat desain grafis juara 1 kota dan harapan 3 jatim, kalau aku milih fakultas dkv, sertifikat itu bisa ngebantu gak?

  • Indri

    Kak, saya skarang kelas 12 . memang sih masih beberapa bulan lagi untuk memilih jurusan kuliah. Oiya kak,kmaren ini kakak kelas dari sma aku gak ada satu pun yg lulus ptn . trus aku bagaimana dengan pemilihin ptn besok ini. Apakah kecil peluangnya kak? Namanya juga swasta kak.

  • Angel Alice Caroline

    Angel Alice Caroline Kak Boleh nanya saya berminat masuk ke snmptn .kapan di mulai untuk tahun 2016.saya dua pilihan ke Hi atau ke sisiologi ,menurut kakak yang mana harus ku ambil .Alhamdulilah Aku mendapat juara umum di sekolah ku .nilai rata rataku seratus.trima kasih kakak Ari Candra Arista .

  • Gue denger isu kalo berkas SNMPTN 2015 itu ga dikirim ke jurusan/PTN pilihan kedua karena banyaknya peserta. Apa ini benar?
    Kalo ada, gue minta statistik SNMPTN 2015 yg diterima di pilihan pertama dan kedua dong. Thanks.

  • Fadhal Muhammad

    kak gue di sulawesi tenggara, gue punya beberapa sertifikat lomba, tapi cuman tingkat kota dan provinsi. trus kan provinsi gue lumayan terpencil, kalo gue cantumin aja nanti pas daftar, apa bakal berpengaruh nanti pada penilaian snmptn nya?
    trus apa program kelas berpengaruh pada penilaian snmptn nanti? gue program akselerasi, apa nanti bakal mendongkrak penilaiannya atau bahkan nurunin?

  • disqus_6W0qukFVB2

    kak saya mau nanya, saat ini saya udah kelas 12. Dari kelas 10 saya udah mikirin kalo nanti waktu kuliah saya mau nerusin ke ilmu hukum. awalnya saya memang jurusan IPS tapi karena kur.2013 ada tes minat akhirnya saya bisa dpt nilai bagus dan pindah jurusan IPA, awalnya saya memang ingin masuk IPA dr awal cuma 50:50 jadi ortu saya masukin saya ke IPS pdhl saya dr smp minat ke IPA karena waktu sd-smp saya bercita-cita menjadi dokter. Entah kenapa sejak di IPA saya tau susahnya pelajaran IPA bagaimana dan saya juga menyadari kalo passion saya bukan di jurusan IPA skrg saya tau dan berniatan ngelanjutin ke hukum cuma ortu saya rada ga setuju gitu. Tapi katanya kalo minat kita disitu yauda jalanin aja kan? Tapi ada kalanya kata ortu emg bener hukum ga sebegitu wah kedepannya. Saya juga orangnya rada susah ngomong didepan org banyak tapi bukankah itu suatu tantangan buat kedepannya? nah pertanyaan saya, kalo seandainya saya ambil unibraw jurusan ilmu hukum sebagai prioritas pertama apa berpeluang besar masuk disitu apa saya harus ambil ptn didlm prov saya dulu baru unbraw dijadiin prioritas 2? sebenernya dari apa yg saya ketahui ilmu hukum unbraw lebih bagus akreditasnya drpd ilmu hukum yg seprov sama saya. Oiya satu hal lagi, apa benar ilmu hukum itu lebih memprioritaskan jurusan IPSnya dulu kemudian IPA atau bagaimana?

  • Puput Eka Nurdiana

    kak mau nanya klo peluang masuk snmptn bagi siswa smk gmna? apalagi sekolah itu baru anggktan pertama dijurusan tapi udah ada alumni yang lulus angktan pertama lolos seleksi ptn .

    tapi udah lumayan byk prestasi yang sekolah dpt

  • Ichlaz Amal

    Kak mau nanya buat angkatan saya yg nanti menuju snmptn 2016, kalau faktor-faktor dalam snmptn seperti jurusan yg diinginkan, daya saing, daya tampung, dan bahkan indeks sekolah semuanya engga saling dukung gmn kak? saya jadinya terombang-ambing hehe, kasih solusi ya kak.. ditunggu post barunya buat info snmptn 2016 yaa

  • Rona

    Saya masih kelas 11 SMA, kalau mau di persipain dari sekarang entah itu SBMPTN atau SNMPTN gimana cranya k'???

  • ari yantowidodo
  • ari yantowidodo

    Ariyanto widodo

    • ari yantowidodo

      Kak mau nanya ...saya minat di teknik pertambangan di UNSRI...semogah saya lulus ya kak di teknik pertambangan kak

  • anonim

    Ka mau nanya, kelas xi ips rencana mau masuk univ brawijaya jurusan ekonomi dan bisnis, dan kebetulan alumni skolah ku banyak yg tembus snmptn brawijaya. Pelajaran apa ya yg harus saya perhatikan nilainya agar bisa tembus di snmptn jurusan bisnis ?
    Mkasih ka

  • dodik kurniawan

    Bang klo pilih 2 prodi 1 ptn gimana peluang ketrimanya ?
    Misal 1.hukum (ub) 2.sosiologi (ub)

  • Nadiana Yemin Mukti

    Ka saya pengen minta saran, saya rencana pengen ke teknik perminyakan upn jogja ipk saya sampai semester 4 = 3.1 saya sekolah di SMAN 1Cianjur gimana tah peluangnya?

  • Sarah Maulidiah

    kak ari, aku mau nanya. aku minat banget dijurusan fib saskeb korea UI, tapi di sekolah aku belom ada alumni yang masuk jurusan ke sana. ntah gaada yang minat atau emang gak keterima. kirakira kalo aku daftar snmptn bakal lulus ga? trus, kalo misalnya hukum ui gue taro di pilihan ke dua gimana? apa pilihan pertamanya hukum ui trus pilihan keduanya baru fib saskeb korea ui? tolong banget jawab ya kak, udah kelas 12 nih HEHE thank you before

  • rizkybp

    Saya mau tnyak,nilai saya sempet turun disemester 4 apakah berpengaruh di seleksi snmptn? dan juga memiliki prestasi non akademik tingkat kabupaten aja
    Sedangkan saya ingin melanjutkan ke its teknik mesin,apakah saya berpeluang?

  • tri setyo budi

    Kak apakah ada PTN yg gk mau jadi pilihan ke2?

  • laras adinda

    Ka kalo misalnya kita punya sertifikat nasional emang bisa berpengaruh banget ya ka?trus prestasinya harus berkaitan sama jurusan yang kita pilih ga sih ka?

  • Daniel Garnando Kristian

    Halo kak, saya punya pertanyaan penting. Di sekolah saya ada beberapa murid yang memilih jurusan yang sama di PTN yang sama juga. Salah satunya saya dan teman saya ini. Prodi yang ingin kami tuju adalah FTMD - ITB. Nah, kalo masalah nilai rapot, saya memang jauh lebih unggul, karena saya Rangking 1 Paralel pada smstr 4 dan 5 dan nilai saya selalu meningkat semenjak smstr 1, tetapi untuk sertifikat, temen saya lebih baik karena dia pernah mendapat medali perunggu di lomba matematika yang diadakan oleh UNBRAW di Malang. Sedangkan saya, sertifikat terbaik saya adalah lolos 25 besar Olimpiade Fisika tingkat Kabupaten.
    Menurut pendapat kakak, bagaimana peluang kami diterima?, Siapa yang memiliki peluang lebih besar untuk diterima melalui SNMPTN Undangan 2016?, Apa alasannya?
    Sekian dan Terima Kasih
    -Daniel Garnando- : )

  • Yongki Bandaso

    kak bgusan mna UGM atau ITB? sy mw nembak teknik sipil, pendidkan fisika dgn teknik fisika,jika ada itu di kedua antar kedua PTN trsbut... mohn sarannya kak

  • octardwn

    Saya pindahan / siswa mutasi pada Semester 4 (Kelas 11 Semester Genap) masih bisa tidak untuk mendapatkan SNMPTN Jalur Undangan? Thanks

    • Ari Candra Arista

      Bisa, asalkan nilai raport sekolah lama mu diupload di PDSS oleh sekolah lama.

  • Divina Oryza

    Kak mau nanya saya minat prodi sastra inggris UI tapi untuk semester 5 ini ada 2 nilai saya yg turun (matematika,bahasa indo) apa saya masih tetap berpeluang mendapat snmptn walaupun nilai saya turun? Dan satu lagi apakah kalau saya ingin prodi sastra inggris nilai utama saya yg dilihat dlm penyeleksian snmptn adalah nilai bahasa inggris? Atau tetap jumlah nilai rapot keseluruhan? (6 mapel) Mohon penjelasannya kak makasih:)

  • 67r67y

    Kak aku pernah baca katanya mendingan pilih pilihan pertama & kedua itu jurusan yg berhubungan biar PTN ngeliat keseriusan kita, benar gak itu? Jadi misalnya nilai A sama B setara. si A pilihan 1: hukum UI - pilihan 2: hukum unpad. Si B pilihan 1:hukum UI - pilihan 2: sastra korea UI. Terus UI lebih pilih si A karna si A kelihatan gak main2. Beda sama B yg keliatan kaya main2 karna pilihan 1 dan 2 gak berhubungan. Tolong jwb ya kak

  • Nafisa

    Kak gue bingung banget nih, tolong dibantu jwb yah please!
    Jadi
    gini kak, gua anak ipa tapi gua kepengen banget ngambil jurusan dibidang
    ips. nah, menurut lo peluang gue bkalan lulus seberapa besar?

    kalau
    gue ambil jalur undangannya ipa, berarti gue harus fokus un tapi disatu
    sisi gue jg harus fokus sbm. kan musingin banget kalau harus fokus
    keduanya, makanya gue mau ngambil jurusan jalur undangannya sama kyk
    jurusan ntar sbm. tpi gue takut nggk lulus dan kalau gue nggk pake
    kesempatan jalur undangankan sayang kesempatan, kak.

  • Nafisa

    Kak gue bingung banget nih, tolong dibantu jwb yah please!
    Jadi gini kak, gua anak ipa tapi gua kepengen banget ngambil jurusan dibidang ips. Nah, menurut lo peluang gue bkalan lulus seberapa besar?

    kalau gue ngambil jalur undangannya ipa, berarti gue harus fokus un tapi disatu sisi gue jg harus fokus sbm. kan musingin banget kalau harus fokus keduanya, makanya gue mau ngambil jurusan jalur undangannya sama kyk jurusan ntar sbm. Tpi gue takut nggk lulus dan kalau gue nggk pake kesempatan jalur undangankan sayang kesempatan, kak.

  • heli marlina

    aku masih bingung kak,aku suka bhs inggris cita"nya mau jadi diplomat dan mau ambil jurusan HI tapi gak suka politik. kira-kira Gmana kak?

  • Yohanes Dovan

    kak saya mau tanya ni, menurut kakak apakah lebih besar peluang masuk ke ptn wilayah sendiri atau ptn yang di luar wilayah kita ? karena saya tinggal di sumatera tapi lebih meminati ptn di jawa, setelah itu setelah kita memilih ptn diluar wilayah kita apakah peluang kita untuk ujian seleksi selanjutnya di wilayah sendiri akan berkurang ? terimakasih sebelumnya 🙂

    • Ari Candra Arista

      Tergantung dari indeks sekolahnya (jumlah alumni, prestasi alumni). Kalo alumni di sekolahmu banyak juga yang diterima di PTN di jawa, mungkin bisa dicoba 🙂

      • carissast

        kak saya mau nanya, pilihan pertama saya sudah bulat FTI, tapi saya bingung menentukan pilian kedua, kan ITb mengeluarkan jalur peminatan juga kan kak, saya bingung antara stei-telekomunikasi atau fttm, yang lebih memungkinkan diterima di pilihan keduanya apa kak? stei-tele atau fttm? karena saya dengar2 kalau lewat jalur peminatan sedikit jd lebih mudah. Tolong dijawab ya kak. Terima kasih banyak.

  • Hendri Agung Pratama

    tolong jawab ya kak, kalo universitas yang saya inginkan berada diluar provinsi tempat tinggal dan tidak ada alumni dari sekolah saya yang kuliah disana gimana ? apakah ada peluang untuk bisa lulus ?

  • DidieQaedi

    postnya bagus , apakah bisa saya share di blog saya? tentunya saya sertakan sumbernya 🙂

  • irfan fadhilah

    Kak saya mau nanya nihh, saya anak ips yg mau masuk jurusan ekonomi syariah di univ airlanga, saya punya sertifikat non akademik nasional juara 3 ,apakah besar kemungkinan masuk snmptn?? saya dari sma alkautsa b.lampung akreditas A, mohon jawabannya kakak

  • Fahri Tri Setio

    Ka mau tanya, saya tinggal di Kota Tangerang, Banten. Saya berniat ambil 2 Prodi 1 PTN di Jabar, apakah saya wajib pilih 1 PTN di Provinsi lagi / tidak masalah jika tidak dipilih ? terima kasih ka.

  • Ilham Rio

    Kak saya ini Minatnya yang berhubungan dengan antariksa gitu tapi adanya cuman di ITB. Kalau aku masuk ke situ aku ragu akan diterimanya. Terus gimana nih? Minta solusi.

  • Freddi Daniel

    ka mau tanyaa, aku anak IPA pengen lintas ke Manajemen UI di SNMPTN. Mungkin keterima ga ya ka?
    Nilai yang dilihat kalau mau masuk manajemen apa aja sih?

  • Fiky Fauzan Indrayana

    Kak, di ITB tuh gak ada alumni dari SMA saya, nah saya tahun ini akan ikut SNMPTN ke ITB, di FITB, nilai2 saya sih alhamdulillah pada naik 🙂 trus prestasi saya juga ada di olimpiade kebumian, sampe prov, ikut jambore PIK R/M tingkat nasional tahun 2014, sm Marching band tingkat prov, kira2 peluang saya gmna kak?

  • evi

    kak mau nanya.. jika saya berminat di Teknologi Pangan UNPAD namun akreditasinya B, nah tekpang unpad saya jadiin prioritas (pilihan 1) salah ga ka ? atau gimana ? mkasih sebelumnya

  • Kanneaufii Karamel

    Ka mw nanya, kebijakan ptn2 yg kaka cantumkan apakah msh sama smpe taun ini ? Nah, trus kan ada tuh contohny ugm yg mempertimbangkan nilai UN, brati ada beberapa ptn dengan kritea itu ga lngsung milih anakny ya ka, liat dulu UN ny klo faktor2 lainny sudah terpenuhi ? Trima kasih ka..

  • Andi Umar

    Kak bagaimana kalo misalkan si A nembak pilihan pertama di PTN A tapi di pilihan 2 dan ke 3 tdk menembak apa2???? Apakah itu bisa???
    Trus bagaimana kak kalau misalkan si A adalah org prtama dari skolahnya yg mendftar di PTN A alias belm ada alumni dari skolahnya yg kuliah di PTN A. Bagaimna kak???

  • Yosshy Oktafiani

    Kak, klo pilihannya cuma 1 jurusan 1 univ, peluang diterimanya besar apa gmn?

  • Ardi Karra

    Kak mau tanya, saya saya niat mau ke ub teknik industri, tapi alumi disekolah saya 1 taun yg lalu yg ke ub itu jurusan.nya bukan di teknik industri, apa itu masih masuk dalam perhitungan/penilaian biat masuk lwat snmptnsnmptn?

  • Bianca Avianic Sylla Ariesta

    Makasih atas infonya ka:)
    saya minat di prodi manajemen,hubungan internasional,sastra inggris,dan piar.. untuk universitasnya saya berminat di unsoed sama unj ka.. nah menurut kaka pilihan yang tepat dengan daftar minat saya gimana ya ka biar ga salah nempatin antara jurusan dan univnya? makasih ka:)

  • Aulia Ramadhan

    seberapa besar pengaruh nilai un pada jalur SNMPTN ka?

  • sherin khalista

    kak kalo misalnya di ptn a ada temen aku yg sama jurusannya, dan nilainya lebih tinggi dibandingkan aku pdan ada ptn b yg jurusannya sama dgn aku, nilainya lebih rendah dibndingkan aku tetapi dia punya banyak sertifikat. sebaiknya bagaimana? pilihan pertama ptn a apa b?

  • Alddi

    kak mau nanya ni, kalau misalnya gue mau ngmbil snmptn yg alumni SMA gue belum ada dijurusan itu gimana tapi di jurusan lain ada? terus kalau di jurusan yg gue mau ada alumni SMA gue tapi setiap thun nya cuma 1 orangan yg d terima di jurusan itu, menurut kakak situasi yg mana yg harus gue pilih? akreditasi SMA gue udh A, dan gue anak daerah, terus gue ada sertifikat nasional tapi cuma peserta dan itupun gak akademik cuma kayak kongres pelajar nasional gitu, terus gue juga ada sertifikat ketua pelaksana acara acara motor modifikasi kontes dan festival band se prov gue, dan juga sertifikat ketua umum mpk di SMA gue, apa sertifikat kayak gitu juga ngaruh buat penilaian snmptn atau sertifikat yg ngaruh cuma sertifikat akademik aja, mohon dijawab ya kak, makasih

  • Alddi

    kak, kalau sertifikat kayak ketua pelaksana suatu acara kyak festival band, ngaruh gak? terus kalau ketua umum osis di sma ngaruh atau gak? atau yg ngaruh hanya sertifikat akademik aja?

  • ayacha

    kak,anak ipa bisa milih 3 jurusannya di ips gak?aku anak ipa tapi ternyata jurusan yang aku mau itu ips semua...itu bisa gak ya?atau minimal aku harus milih satu jurusan ipa baru selebihnya ips atau gimana?ini buat snmptn

  • ajeng diah

    kak, mau nanya nih.. klo seumpama SNMPTN nggak lolos, tapi PMDK-PN nya lolos kak, trus SBMPTN aku boleh ikut apa engak kak?

  • aditya saputra

    kak, saya mau nanya tentang pilihan prodi disnmptn. apakah boleh misalkan dalam snmptn diberi 3 pilihan priodi. 2 pilihan priodi memilih program ipa dan 1 priodi memilih program ips ??? makasih sebelumnya

  • Rifo Sultan

    Ka.. kalo misalnya cuma pilih 1 prodi aja tanpa pilihan ke 2 gmana? Apa persentase peluang masuknya lbih besar atau sama aja?

  • Anisa

    kak, saya mau nanya apa benar kalo nilai satu pelajaran sekali aja di bawah kkm sudah dipastikan gagal snmptn?
    lalu apa benar kalau nilai rapor ga boleh turun 10 poin? misal bahasa inggris saya dari 96 di semester 4 turun jadi 86 di semester 5

  • Egi Setya Pratama Alhiz

    Kak kan saya mau masuk lewat snmptn,prodinya adm.fiskal UI nah tapi belum ada alumni dari SMA saya yg masuk ke sana. Nah apa bisa saya lulus di snmptn? Terus kalau pilihan 1 adm.fiskal kira2 jurusan ke dua ngambil nya apa?

  • Katherine

    Kak, kalo aku masukin pilihan pertama ke itb fakultas teknik industri- jatinangor (yang terdiri dari jurusan teknik pangan dan jurusan bioenergi), dan pilihan kedua teknik pangan unpad, apa itu bakal memperkecil peluang lolos di snmptn karena jurusan yg dipilih sama? Meskipun kalau di itb yang dipilih adalah fakultasnya dulu

  • Refri A. Srigama

    Kak aku dari IPA , kalo snmptn mau ambil program ips (HI-UGM) gmna yaa ?? apa bner bakalan kalah /peluangnya minim sama anak IPS asliii,,

  • Farhan Akbar

    Mau tanya, misalnya nih SNMPTN saya pengen daftar ke its jurusan sistem perkapalan (reguler) tapi alumni dari sekolah saya salah satunya ada yg keterima di its jalur SNMPTN di jurusan sistem perkapalan juga, tapi dia yg double degree, nah kalo kasusnya kaya gitu apakah peluang saya besar karena ada alumni atau malah kecil karena alumni beda jurusan? Thanks

  • Rizki Dwi Ramadhanty

    kak mau nanya, kalo gua milih ui doang untuk snm, pilihan 1 psikologi dan pilihan 2 statistika itukan udah nyebrang jurusan ya, nah menurut kakak gua tetep nyoba psikologi buat jadi pilihan pertama karna gua minat disitu, atau gua tuker aja? btw gua anak ipa

  • Rizki Dwi Ramadhanty

    kak mau nanya, seperti yang kakak bilang kalo pilihan pertama itu merupakan prioritas kita, nah kalo gua cuman pilih satu univ, nah pilihan pertama psikologi yang notabennya itu lintas jurusan, pilihan kedua statistika. untuk snm lebih baik gua milih statistika dulu atau psikologi dulu, untuk strateginya? mohon masukkannya, terimakasih;)

  • zalfa

    ka aku pengennya pilihan pertama sastra arab ui dan pilihan 2 nya agribisnis unsoed itu bener ga ka

  • zalfa

    ka aku bingung nentuin urutannya... 🙁

  • Akhmad Nur Syaikhudin

    Gue udah ndaftar zen , sampe ndrekdeg :v gue cuma pilih 1 prodi aja , ya biarin Lah yang lain pada Lebih dari satu 🙂

  • Bella Ruli

    kak aku mau tanya, aku pengen masuk snmptn ambil fk UNS , UB, atau Udayana. kalau aku milih UNS pertama, takutnya temenku yang rangkingnya diatasku itu yang kepilih. kalau UB pertama, satu kota Malanng itu cuman diterima satu orang, jadi saingannya lebih banyak. trs kalau Udayana ditaruk di pertama, daya tampung dari jatim dikit banget. trs aku harus milih mana kak? tolong kasih saran ya kak. makasi kakak

  • Dhessy Susanto

    Kak, mau nanya nih. Untuk sertifikat prestasi yang dimasukkan kan terbatas, lebih baik masukkan sertifikat juara 1 kabupaten atau peserta provinsi? Jawab dong ka plissss

  • angg

    Yang dipelajari di teknik lingkungan itu apa aja ya?

  • Nur Fatimah

    Kak mau nanya. Aku sekolah di salah satu SMK (jurusan TKJ) di kab. Sinjai, Sulawesi Selatan. saya minat daftar di PTN 1 ITS pilihan 1 sistem informasi, pilihan 2 manajemen bisnis. PTN 2 UNHAS jurusan manajemen bisnis. Saya udah tanya ke guru BP, Akreditasi sekolah A tapi sebelumnya belum ada kakak kelas yang daftar PTN di luar Sulawesi. Jadi bisa dibilang saya jadi orang pertama.
    Daya tampung ITS untuk jurusan sitem informasi 60. menurut kakak peluang saya untuk masuk ITS berapa persen? Jujur saya gak optimis bisa lulus di ITS. Makasih sebelumnya kak

  • dyah retno

    Kak mau tanyaa, kalo sertifikat osis tp bukan ketos apa bisa buat dftr snmptn? Sama sertifikat yg cuma "peserta" tp lombanya yg ngadain univ X yg mau aku coba dftr, gmn?

  • Rfkq

    kak nanya dong.. Kalo persaingan yg berlaku misalnya dlm 1 seklah yg sama ada 2 org yg mau masuk jurusan itu dan fakultas yg sama (UGM/geo). dg si A nilai nya tinggi namun tidak stabil dan terjadi penurunan yg cukup besar (sem.3 nilai 9 -> 8) . dan si B yg memiliki nilai kalah dari si A namun nilainya stabil. Kira2 mana yg akan masuk? atau bisa kedua2 nya masuk ya.... makasih

  • Yuniana Putri Sulistiyani

    Kak tolong dong bahas PT yang nerima anak SMK , thx Kak

  • Mega Cahaya Shuma

    Kak.. aku mau daftar snm psikologi unpad.. tahun lalu sma aku ada 2 orang yg keterima di psi unpad jalur undangan..
    Nah.. masalahnya adalah.. aku masuk 80 besar rank paralel dari 480 orng.. diatas aku ada 2 orang juga yg mau ambil psi unpad. Salah satunya anak aksel. Trus yg satu lagi anak reguler nilainya gajauh sama aku, tp emang tinggian dia sih. Tapi aku punya sertifikat juara nasional. Nah aku mauuuu bgt masuk psi unpad, menurut kaka aku bisa lolos atau ngga dgn pesaing 2 orang itu? Bisa ga unpad tahun ini ngasih 3 psi di snmptn.. mohon bantuannya kak 🙂 segera di bales ya ka.. deadline 8 hari lagi penutupan snm:( makasih banyak kak♥

  • Akip Nax Dhagadoe

    Kak, sebenernya urutan SNMPTN itu ngaruh gak sih ke seleksinya? Soalnya urutan kedua saya lebih rendah daripada urutan pertama sama ketiga. Urutannya:
    1. Ilmu Komputer UI
    2. Geologi UI
    3. Teknik Informatika UNPAD

  • Anggi Fergian

    ka, saya mau minta pendapat. saya kan minat sama system informasi. pengennya sih di UI tapi peluangnya kecil. jadi saya ganti ke univ lain. saya minat ke upn Jakarta. tapi saya juga minat system computer unj. kalo saran kaka, saya prioritasin nomor 1-nya itu system informasi UPN atau system computer UNJ? makasih ka

  • Nurcahya

    Kak mau nanya. Saya kan minatnya ke PTN A nah itu saya taruh di pilihan pertama. Cuman masalahnya PTN A bukan di jawa barat, sedangkan saya dari Jawa barat. Apakah peluangnya gede? Selain itu pilihan ke 2 mending di kosongkan saja atau diisi? Sebenernya minat saya sih ke PTN A makannya saya taruh pilihan pertama. Nah pilihan ke 2 cuman mengisi kekosongan saja, jadi saya rencana pilih PTN B, kira kira gimana kak?

    Terimakasih

  • carissast

    kak saya mau nanya, pilihan pertama saya sudah bulat FTI, tapi saya bingung menentukan pilian kedua, kan ITb mengeluarkan jalur peminatan juga kan kak, saya bingung antara stei-telekomunikasi atau fttm, yang lebih memungkinkan diterima di pilihan keduanya apa kak? stei-tele atau fttm? karena saya dengar2 kalau lewat jalur peminatan sedikit jd lebih mudah. Tolong dijawab ya kak. Terima kasih banyak

  • carissast

    kak saya mau nanya pilihan pertama saya sudah bulat FTI, tapi saya bingung menentukan pilian kedua, kan ITb mengeluarkan jalur peminatan juga kan kak, saya bingung antara stei-telekomunikasi atau fttm, yang lebih memungkinkan diterima di pilihan keduanya apa kak? stei-tele atau fttm? karena saya dengar2 kalau lewat jalur peminatan sedikit jd lebih mudah

  • rtriayani

    kak mau nanya, kan gini saya adalah salah satu siswa dari sekolah yang baru berdiri dan saya merupakan angkatan pertama, nah otomatiskan pas saya lulus blm ada dong alumni sekolah yg masuk di ptn mana pun. nah kira-kira itu mempengaruhi peluang snmptn gk kak? terus klo misalnya berpengaruh kira2 solusinya gimana ya?. mohon solusi dan sarannya kak, terimakasih.

  • Dea

    Kak, saya minat di uns-kimia tapi alumni belum pernah ada yang memilih kesana. Lebih banyak yang lolos ke ipb dan itb. Jadi lebih baik saya pilih yang mana ya? Tetap uns sesuai minat atau ipb saja?

  • Arin

    Kak, aku mau tanya. Aku kan pengen pemerintahan undip di pil pertama tapi aku kok ragu soalnya temenku sekelas ada yang ngambil pemerintahan juga sedangkan nilainya dia diatas aku. Nah enaknya aku tetep maju apa aku ganti aja kak? Please dong kak kasih solusinya

    • Aniyatun Nahlah

      nilainya beda jauh ga? dan apa ada alumni di jurusan itu? kalo nilainya ga terlalu jauh ya gapapa coba aja. ada alumni sekolah gue tahun lalu, 2 orang keterima di jurusan unbraw manajemen dan mereka itu satu kelas juga loh, ga abis pikir gue-_- mereka termasuk beruntung bisa lolos tuh.

      • Arin

        Aku gatau pasti kak nilainya dia berapa soalnya kl ditanya jawabnya kyk kurang terbuka gt. Ada alumni dijurusan itu kak, tapi mereka keterima lewat jalur sbm bukan snm. Kak jejak alumni itu emangnya dilihat dari yang ada di jurusan tsb apa alumni yang ada di unnive tsb?

  • Marie Muhammad

    Kak mau nanya, kalau misalnya saya ambil jurusan teknik metalurgi ui dan rupanya teman saya juga ambil jurusan yang sama. Nilai rapor saya lebih tinggi daripada dia, tapi dia punya sertifikat peserta osn kebumian. Kira kira siapa yg bakal diambil kak? Terima kasih.

  • neni olivia

    kak tau nggak sih indikator penilaian buat anak smk kayak gimana soalnya kan ada beberapa nilai kompetensi kejuruannya?

  • natasha

    Kak gimana kalau ptn yang masih baru jadi negeri tahun ini (belum ada hitungan alumni dari tahun lalu), apa tetap memakai mekanisme seperti yg dijelaskan di atas

  • nisa wahyu sundari

    mau nanyak kak , itu nempatkan passing grade yg sesuai bisa nentuin lolos gak nya masuk snmptn gak ??

  • ilham rizki

    kak aku milih ujian IPC pilihan 1 Soshum, 2&3 saintek,kalo nanti semisal soshum nilainya tinggi, tapi sainteknya anjlok, gimana,,, mohon dijawab

  • DenaRena Qurotul Ain

    Ka ada peluang ga untuk anak IPA masuk ke bidang ips (sastra inggris) dalam snmptn ?

  • Annisa Indah Maharani

    Kak saya mau nanya, jadi ceritanya di semester 2 kelas 10 ini nilai rata2 rapot saya nurun dari rapot semester satu, besar penurunannya 1,9. Rencana saya mau ngambil ITB, dan saya dari jakarta. kirakira saya masih ada peluang ngga ya??

  • Audrey

    Kak aku kan pengen ikut snmptn, tapi masih 2018. Cuma udah kepikiran sekarang. Aku masuk jurusan ips yang emang lintas minat pilihan ku, dan sekolah ku juga termasuk sma favorit di kota ku. Aku suka banget bahasa inggris. Cuma, di mapel aku dalam seminggu bahasa inggris cuma dikasih jatah 2 jam. Sedangkan anak ipa bisa sampai 6jam/minggu. Nah, peluang masuk jurusan english dari anak ips banyak sih ga kak? Aku mikirnya anak ipa lebih banyak peluang karena mapel english nya dapet jam lebih, sedangkan anak ips engga. Mohon dijawab kak. Terima kasih sebelumnya!

  • JJ

    Kak, mau tanya. Fakultas Psikologi itu kan umumnya jurusan IPS (Soshum), tapi ada juga beberapa universitas seperti UNPAD dan UNS yang memasukkannya dalam jurusan IPA (Saintek). Pertimbangan mata pelajaran jurusan IPS dalam SNMPTN Psikologi kan meliputi mata pelajaran Sosiologi. Nah, pertanyaannya, bagaimana dengan yang jurusan IPA mengambil SNMPTN Psikologi (di universitas yang memasukkan Psikologi di ranah IPA)? Nilai rapor mata pelajaran apa yang perkembangannya berpengaruh dalam SNMPTN Psikologi tersebut sebagai anak IPA? Maksud saya, jika FKU jelas harus kuat di Biologi, Kimia, dan B.Ing; Teknik harus kuat di Fisika. Bagaimana dengan Fakultas Psikologi sendiri? Terima kasih 🙂

  • Daiwa

    Boleh minta email pribadi ga mas? baut diskusi

  • alfaridzi meifano

    Kak, gue mau nanya,
    Gue kn ikut osn 2016 bidang kebumian, gue pngen masuk FITB ITB kak, tapi alumni sma gue cuman dikit yg kuliah d itb, apakah sertfikat osn gue cukup mmbntu gue buat dpet SNMPTN??

  • Fahri

    Mas, tolong cariin materi SBMPTN Teknik Industri, makasih sebelumnya

  • Ahmad Nurfan

    Permisi kak, mau tanyani,, kan gua pindahan dari sekolah lain, trus gua pgn ikutan snmptn/jalur undangan di sekolah baru ini. itu apa gua bisa keterima di jalur undangan juga?
    Sama kalo soal" sbmptn itu soalnya kyk UN ato soal" yg ingin gua ambil jurusan. misal kimia ni, lah itu apa gua bakal dapet soal" kimia aja ato sama kyk UN?
    Makasih kak

  • Faniz Alexandra

    PTN 1 : Jurusan Psikologi
    PTN 2 : Jurusan Hukum dan Ilmu Sejarah.

    Boleh nggak, Kak?

  • Abang Iqbal

    saya mau nanya kak, rata2 nilai saya 86.. tapi grafik rata2 nilainya stabil sih... saya mau snmptn kedokteran di unair.... kira2 peluang keterimanya berapa persen ya? makasih

  • Athena Farah

    Kan kakak bilang ya, snmptn pilihan kedua itu iseng2 berhadiah aja, bagaimana kalo misalkan pilihan ke 1 saya hukum ui sedangkan pilihan ke 2 saya baru akuntansi ui(yang semuanya juga tau passing gradenya paling tinggi), kalo seperti itu gakenapa2 sih kak?

  • Nindya Arina Fauziyah

    Kak, gimana misalnya kita milih satu jurusan dan pelajaran yang paling ditekankan adalah bahasa indonesia dan bahasa jawa tapi nilai kita di kedua mapel itu naik turun? Apakah berpengaruh besar di snmptn?

  • andra alviona

    kak mau tanya kalau misal rapot ada yang kurang stabil tapi dimaksimalkan dengan lomba-lomba dari luar apakah masih memberikan peluang mendapat snmptn

  • Afdhal Kurniawan

    Kak ari .. Aku punya mslah lebih ribet lagi.. Aku sekolah d sekolah yang indeks skolahnya udah d bgus d stu universitas , tpi aku cuman skolah dri smester 1 smpai 5 di skolah itu .. Lalu aku pindah ke skolah yg agk rendah kualitasny dri skolah ku yg tdi , yg mna indeksny blum bgus d univ tersebut .. Jadi klo rapor ku smster1 smpai 5 d kluarin oleh skolah yg indeksnya bgus , tpi bsok aku llus bukan dri skolah itu lgi .. Jdi apkah msih memperhitungkan skolah yg dlu ato skolah yg bru lulus skrang aja .. Mohon pencerahannya kak ? Trimaksih banyak ..

  • YS

    ka, kalo jurusan oseanografi itu banyak yang minat gk ka? dan kalo dari Jakarta untuk masuk ke Undip jurusan oseanografi kira" brp org yah yg di terima?

  • Arta

    Kak, aku bingung. Aku ini anak IPA yang pengen nyebrang ke IPS, karena sadar kalau minatku ternyata itu di IPS. *lah dulu kenapa masuk IPA*
    Nilai IPA, apalagi mapel UN bener-bener semakin menurun tiap semester. Kalau aku mau ambil snmptn ilmu komunikasi UGM, apakah itu termasuk idealis? aku juga ada piagam organisasi majalah sekolah, dan piagam juara penelitian bidang soshum *tapi masih tingkat kabupaten.

    atau daripada milih ilkom UGM, aku lebih baik ambil informatika uns?
    atau kedua hal itu gak ada yang realistis?
    Makasih sebelumnya:)

  • Della Zaoldyeck

    Kak mau tanya nilai mtk ku jelek kemarin aja turun 11 point kalau biologi ku kalau turun cuma 1 sampai 2 point tapi indeks sekolahku bagus..aku mau masuk udayana jurusan FKH lah aku kan ada di luar bali apakah ada peluang kak?

  • nabeee

    kak mau tanya, kira kira kalau mau masuk jurusan sistem informasi UB lewat snmptn kira-kira nilai rapor yang menentukan apa aja kak?teru bagaimana cara memaksimalkan peluang saya agar dapat diterima di jurusan sistem informasi padahal nilai saya juga ngepas?makasih..

  • shellenia vitara agatha

    Kak mau nanya nih, semisal ada 3 anak. Ketiga anak itu pilihan pertamanya sama yaitu tekim UGM, sedangkan pilihan keduanya ada 2 anak yang milih jurusan lain tapi tetep di UGM, sedangkan anak satunya milih jurusan yg sama dengan pilihan pertama tapi lain univ. Kalau seperti itu siapa yang lebih diprioritaskan selain dilihat dari nilai? Makasih kak

  • astrina masda

    Assalamu alaikum kk.. Gini sebentar lagi kan aku pemilihan jurusan jalur SNMPTN. Nah, yg jdi masalah nilai rapor fisikaku smster 4 ke smster 5 turun 6 point. nilai matematika nila matematika saya smster awal dlu pake K 13 tris brubah lgi ke KTSP, nilai MM ku turun 4 point tapi stabil hingga semester 5.. Nah apakah nilai raport seperti itu ada peluang lolos, jika jurusanJ yg nantinya aku pilih itu tekhnik sipil atau enggak arsitek??
    Makasih

  • elsys

    kak, tanya dong. kakak kelasku yg 2016 kmrn daftar di UNS, padahal kami dari jawa timur. dan ternyata semuanya masuk UNS pada pilihan kedua. lalu saya sebaiknya gimana kak? ikut kakak kelas naruh prodi unggulam saya di pilihan 2 atau tetap.naruh di pilihan 1?
    mohon jawabannya.kak. terima kasih

  • Theresia Purba

    Kak, gini, kalau misalnya saya ngambil pilihan pertama sesuai dengan passion saya, terus pilihan kedua yang menurut saya hampir mendekati passion saya dan pilihan ketiga saya ambil karena memang saya tidak punya pilihan lain. Apa itu benar kak? Dan kalau saya ambil jurusan secara acak tanpa memperhatikan passing grade, itu tidak menjadi masalah kan kak? Terima kasih

  • Riska Triayani

    Kak gimana kalo sekolahnya itu negeri belum ada alumni atau sekolah baru, kira-kira ngaruh gak sama point indeks sekolah bagi angkatan pertama yang ikut seleksi snmptn? makasih sebelumnya:)

  • Bilqis Salwa

    ka mau nanya saya minat di fkg ub tapi karena ub itu baru berdiri jadi alumni sekolah saya belum ada yang masuk snmptn di ub. jadi kira" menurut kakak bagaimana ? saya butuh saran ka dan untuk pemilihan jalur snmptn itu diusahakan yang pilihan pertama dari yang sama provinsi atau luar provinsi juga tidk apa" ? terima kasih ka

  • Rigel Aja

    Kak mau tanya, apakah sertifikat organisasian dan kegiatan non akademis berpengaruh terhadap SNMPTN ?

  • Elvi

    kak mau nanya kan aku anak IPA tapi mau SNMPTN-nya mau lintas minat. aku mau ambil PLB kira-kira peluang msuknya besar ngak yaa? terus wilayah itu menentukan ngak? soalnya aku wilayah 4 dan mau pilih ke wilayah 2

  • chatrineevania

    kakkk mau nanya apa bener kalo mau snmptn milih 1 aja? soalnya bakal diprioritaskan sama univnya gitu kata temen2.. tapi kan itu ya beresiko banyak tatag banget. menurut kaka gimana

  • Isma Imanda

    Ka aku pengen banget masuk snmptn dan aku sebenarnya masuk rangking 5 besar trus disekolah. Waktu kelas 10, rapot ku sistem nya pakai nilai 0-4 aku pernah test ngitung rata rata, setelah dihitung nilai rata rata ku naik trus ,tapi setelah nilai kelas 10 dikonversi ke 0-100. Ternyata rata rata ku keseluruhan sem1-5 itu naik turun, 84.33 , 87.33, 83.64, 84.92, 88. Jadi kira kira peluang aku lulus snmptn ada gakk? Agak was was nih soalnya grafik nya naik turun

  • patricia jainniffer

    kak, boleh tanya gk, kalau misalnya aku pilih pilihan 1 dan ke-2 itu fakultas yang sama dan universitas yang sama (universitas di daerah aku), apakah itu memperbesar peluang aku diterima ya kak? pilihan ke-3 dikosongin

  • Ocha Victoria

    Kak aku mau tanya. Dari komentar2 sebelumnya rata2 itu anak SMA, sedangkan aku anak SMK. Aku suka banget matematika tapi matematika itu ada diFMIPA. Kalo kaya gitu peluang aku kemungkinan lolos snmptn besar atau kecil walaupun nilai rata2 rapotku lumayan besar?

  • Khilda Julfani

    Ka kalau pilihan 1. IPB jurusan silvikultur ke 2. Unpad agribisnis 3. Unpad biologi, gimna ka strateginya udah gini aja atau ganti?

  • macharioielocta

    ka gimana donk kalau yang milih jurusan yang aku pilih itu gak cuma aku yang milih tapi kita da 2 orang di universitas yang sama, jurusan yang sama, gimana donk?

  • kachau

    Waduh udah gue finalisasi duluan, yo wes, aku rapopo, hiks ;( , untuk pilihan ke-3 apa nggak ada yang pernah diterima?

  • Sri Airia

    Kak mau nanya, kalau pilihannya hanya 1 jadi pilihan 2 dan 3 dikosongkan itu meningkatkan presentase untuk masuk tidak?

  • Kikiiiiii

    Kak... kalau misal nih aku mau ambil jurusan dan universitas yg sama dengan temen aku yg nilai rapornya lebih tinggi. Menurut kakak gimana? Apa lebih baik aku ngalah aja sama dia yg nilainya lebih tinggi?

  • Agam Syah Fadila

    Kak mau konsul dong. SMA ane kebetulan di salah satu kota di jawa timur dan berdasar hasil snm maupun sbm tahun lalu banyak yg diterima di its maupun unair. Nah ane sih pengennya masuk di ugm jurusan ilmu komputer, tp karena banyak yg diterima di its, ane sih niatnya naruh teknik informatika di urutan pertama dan ilkom ugm di pilihan kedua. Kira kira gimana menurut kakak?

  • Dinda Safarina A

    Ka d sekolah aku kan alumni dari Itb ga lumayan banyak tuh, kek tahun kemaren aja ga ada yg masuk kesana, nah lebih baik aku pertahanin aja buat Snmptn ke itb nya apa d lepas aja? Karena menurut guru bk aku peluangnya lebih kecil.

  • vika

    Kak kalo gue mau daftar PTN A buat SNMPTN. Sedangkan kakak kls gue atau alumni dari sklh gue belom ada yg daftar di PTN A itu, peluang buat gue masuk ke PTN A itu gmn ka? Kecil apa besar?

  • Muliana D.A.

    Kak mau tanya.
    Kalau milih 3 jurusan berbeda kira kira berpengaruh nggak sama peluang keterimanya? Soalnya ada yg bilang kalau memilih 3 jurusan berbeda kelihatan nggak konsisten gitu.

  • Haidar Zein

    Bang apa jadinya kalo milih SNMPTN 3 Universitas? apakah langsung di blacklist atau salah satu pilihan Universitasnya aja yg di coret?

  • Nur Jihan Fadhila .A.

    Kak pengen nanya, penyusunan pilihan snmptn itu berdasarkan akreditasi prodi yang ingin di pilih apa gak?
    Soalnya aku pengen ambil prodi sasjep trus akreditasinya B, dan FKM yang akreditasinya A di PTN yang sama, itu gimana kak?

  • Syifa Irhamna

    Kak saya anak IPA tapi saya mau ambil jurusan hukum, itu termasuk lintas jurusan gak? Kira kira peluang IPA ke hukum besar gak? Lebih baik dan lebih besar mana peluang fakultas hukum di UI apa di UGM?

  • Muhammad Fadil

    Ka mau nanya dong, kalo misalkan disnmptn saya memilih pilihan 1 dan 2 itu sama (misal universitas brawijaya - ilmu administrasi bisnis) itu bisa gak ka??

  • Sri Airia

    kak mau nanya, kalau memilih hanya satu pilihan itu menaikan presentase untuk masuk tidak?

  • dragneel

    bang, mau tanya
    misal saya ngisi :
    - ptn 1
    ugm ; Ilmu HI, Manajemen
    - ptn 2
    unair ; ilmu komunikasi, sosiologi

    dengan urutan dan pilihan demikian, mnurut abang bs lolos d snmptn gk?
    klau kta guru bk, gk bs lolos
    karena, mnjadikan unair d pilihan kedua = pilihan yg salah
    saya tdk akan lolos snmptn ugm, karena grade antara hi dan manajemen it lbih tinggi manajemen, jd bs d bilang salah urutan

    jd mnurut abang gmn?
    kata tman saya klau d ptn 1 tdk d trima, dan bs jd d ptn 2 sya gk d trima krna ptn trsebut tdk mau d jdikan pilihan kedua..klau dmikian, brarti sya gk akan lolos snmptn?

    tp sya bca d artikel abang, klau d ptn 1 tdk dtrima, mka brkas akn d alihkan k ptn 2.....artinya sya msih ad pluang

    mohon pencerahan

  • Thomas Arya

    kak saya mau nanya.
    saya sma di jkt
    kalau saya ingin daftar di fk
    antara fk ub dan uns, di ub sudah banyak alumni tetapi berbeda prodi dan sepertinya yang tahun lalu kakak kelas saya yang nilainya sama seperti saya tidak lolos, sedangkan kalau di uns saya belum ada kakak kelas yang masuk sana, tp sy sendiri kelahiran surakarta. mohon pencerahannya

  • Thirza Frigia

    Malam kak, mau nanya. Aku sering denger kalau mau snm UI dilihat nilai rapot yang ningkat. Kalau engga pasti ke singkir. Itu bener gak ya kak? Trus, masalah indeks sekolah.. disekolahku paling banyak masuk ke unj dan unbraw. Unbraw udh banyak peminat dan saya kayak lebih baik mundur. Tapi, saya tertarik masuk UI dengan alumninya dibilang banyak engga dibilang sedikit engga juga. Jadi sedang-sedang saja. Kalau begitu peluangnya seperti apa ya? Kalau mau masuk teknik industri ptn prioritas melihat nilai fisika, mat, atau gimana ya? Tolong bantu ya kak... makasih

  • Liana Putri

    Hallo kak, kak menurut kakak aku mesti gimana? Aku kan niatnya masuk FH UGM nah kebetulan kakak kelas yang diterima di ugm rada banyak. tapi masalahnya temenku juga ada yang minat masuk fh ugm juga dan sedihnya peringkat dia diatas aku? trus aku harus gimana kak? apa aku harus ganti pilihan pertama? oh ya kak soal sertifikat aku kan ada sertif lomba menulis sama organisasi, itu mending dilampirin aja atau gak kak? dan kalo sertif ekstrakurikuler pilih tingkatannya itu sekolah yah??

  • blqckme

    Kak gue pilihi ptn lintas provinsi, gue emang pengen dan minat banget sama ptn dan prodinya, masalahnya banyak yang bilang kalo lintas provinsi itu peluang keterimanya minim, gue udah lihat semua dari daya tampung, peminat, sama yang keterima dari provinsi gue, gue udah pelajari semua! Tapi kak masalahnya, sekolah gue itu belom ada yang pernah daftar kesono, sekolah gue akreditasi nya A, sih bagus juga prestasinya, na... Menurut kakak gue harus gimana,? Hantem aja, apa mundur?

  • Atira Rewa

    Kak, kalau saya memilih jurusan hukum di UNHAS pada pilihan pertama(saya anak IPA), kemudian pilihan kedua adalah jurusan teknik geologi di UNHAS, dan pilihan ketiga adalah PWK di UIN Alauddin Makassar, menurut kakak bagaimana?☺

  • Nanda Safitri

    kak maaf nih mau tanya, kalau sudah dirterima daftar snmptn, lalu kan ada seleksi, itu seleksinya apa kita harus datang ke ptn tersebut lalu tes tulis, atau hanya kita menunggu hasil penilaian juri lewat nilai raport Kita? saya masih bingung untuk seleksinya, saya kira kalau itu mungkin akan tes seperti sbmptn, saya takut telat
    tolong dibalas ya kak. terima kasih

  • Qisya ad

    Ka mau nanya kalo misalnya nilai semester 4 nya turun 1 angka tapi nilai semester lainya mah naik. Itu masih ada peluang buat ikut SNMPTN gak?

  • Indah Destiana Sihombing

    Sekarang gue kelas 12 smk teknik geomatika yg pengen lanjut kuliah di Itera jurusan teknik sipil melalui jalur snmptn, sekolah gue baru menamatkan dua tahun alumni, jadi gue angkatan ketiga, belum ada alumni yg masuk prodi dan univ incaran gue tersebut. Sekolah gue akredirasi nya uda A. Prestasi gue ga pernah menang lomba apapun juga, selalu kalah bisa dibilang. Cuma gue punya beberapa sertifikat. Peringkat, puji Tuhan gue ga pernah loncat dari peringkat satu di kelas gue. Nilai rata rata? Naik turun kalau gak 89 pasti 90.
    Kira kira gimana kak?