Walkthrough UN Sosiologi 2015

Prologue

Selamat datang di walkthrough: UN Sosiologi. Kenapa namanya walkthrough? Soalnya di sini lo bakal nemu strategi serta materi apa aja sih yang penting dan akan dijelasin step-by-step gimana cara menghadapi salah satu bagian final boss dari petualangan lo di SMA selama tiga tahun. Salah satu penentu kelulusan lo, yaitu UN Sosiologi.

enemy
Bayangin lawan ginian tapi persiapan lo gak bener. Bye.

 

Berhubung ini final boss masa SMA lo, pastinya UN menguji semua skill dan ilmu yang udah lo dapet selama lo berpetualang tiga tahun ini. Nggak mungkin melenceng jauh dari itu. Bagaimana lo mempersiapkan diri lo selama tiga tahun ini berperan penting untuk menang. Kalo lo ngerasa gak ada yg nyangkut di otak lo selama tiga tahun. Ya, Selamat. Kemungkinan besar lo kalah.

“Yah, gue nggak ada yg nyangkut Sosiologi selama tiga tahun ini. Gue nggak lulus, dong?”

Nah, di sini lah gunanya walkthrough ini. Dirancang khusus untuk membantu ngejar ketinggalan lo dan membuat lo siap ngelawan final boss UN Sosiologi 2015. Mulai dari strategi umum, highlight ke kesulitan belajar Sosiologi yang biasanya dialami para murid, jabaran materi, sampe latihan beberapa soal. Selamat membaca!

 

Strategi Belajar buat UN Sosiologi 2015

Kolom strategi ini intinya akan menjabarkan apa yang harus lo lakuin secara umum supaya lo bisa menang lawan final boss. Hal-hal apa aja sih yang perlu diperhatikan, dikemas dalam poin-poin yang simpel.

1. Waktu

Ini yang paling pertama dan paling sering digampangin, akhirnya gagal. Gunakan waktu sebaik-baiknya. Ini bagian terpenting.

Kalo lo ngerasa gak ngerti sama sekali. Ya, nggak mungkin juga kan lo belajar cuma sehari dua hari. Lo mulai kejar dari sekarang. Namanya persiapan itu nggak bisa lo kebut. Kalo lo kebut, ya hasilnya nggak maksimal. Bahkan bisa kalah. Di poin-poin bawah, akan gue ilustrasikan lebih lanjut kenapa ngebut persiapan adalah ide buruk yang bakal menggagalkan lo di UN nanti.

scumbag sos

Mulai dari sekarang lo cicil baca. Dikit-dikit aja gak usah bener-bener semua. Kenapa nyicil itu penting? Menurut testimoni murid-murid, bagian paling susah di Sosiologi itu adalah banyak banget istilah. Nah, bisa mulai deh lo cicil. Tapi, gimana supaya dalam mempelajari istilah-istilah nggak bikin lo bingung? Langsung lah ke poin selanjutnya.

2. Pembagian antarbab

Maksudnya gimana tuh? Sebisa mungkin coba lo klasifikasikan bab materi Sosiologi jadi bagian-bagian sendiri di otak lo. Lo coba inget kelas 10 tuh apa aja babnya? Bab 1 apa, bab 2 apa, bab 3 apa.

Materi Sosiologi Kelas 10

Bab 1: Sosiologi

Bab 2: Nilai & Norma

Bab 3: Interaksi Sosial

Bab 4: Sosialisasi & Kepribadian

Bab 5: Penyimpangan Sosial

Bab 6: Pengendalian Sosial

Setelah lo bagi gitu, coba inget suatu istilah munculnya di bab apa. Misal: Joint-Venture. Itu apa sih? Intinya dua perusahaan gabung tujuannya untuk mencari laba. Nah, istilah ini ada di bab apa? Sebelom lo bagi ke bab, sebenernya joint-venture itu bagian dari apa? Bagian dari salah satu perilaku asosiatif, yaitu kerja sama. Baru dari sini lo tarik lagi ke atas, bab apa sih yang ngomongin perilaku asosiatif?

jv

Contoh lain: Non-etis. Ini istilah apa? intinya adalah salah satu ciri ilmu pengetahuan yang menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan itu tidak mempermasalahkan baik atau buruk. Istilah ini bagian dari apa? Masuknya ke bab apa?

ne

Lo harus bisa ngebagi gini. Istilah apa bagian dari bab apa. Dengan lo terbiasa memetakan tiap istilah ke bab-bab tertentu, lo bisa lebih cepet memahami dan meraba artinya. Punya mind-map sendiri di kepala lo bakal ngebantu lo banget supaya ga overwhelmed (kelimpungan) dengan materi yang perlu dikuasai buat UN.

Nah, masalahnya. Kalo misalnya ada istilah yang masuk ke lebih dari satu bab, gimana hayo? Contohnya: koersi. Jadi gimana bedain babnya kalo kayak gini? Yak, masuk ke poin selanjutnya.

3. Arti kata

Arti kata koersi apa sih? Pemaksaan (bukan kekerasan). Istilah "Koersi" ini muncul di bab Pengendalian Sosial dan bab Interaksi Sosial. Kalo dibikin pemetaan babnya, kira-kira jadi seperti ini.

koersi

Ya artinya sama aja, pemaksaan.

  • dalam konteks Akomodasi Konflik (penyelesaian konflik), koersi maksudnya ya konflik selesai karena ada suatu paksaan dari salah satu pihak yang bertikai.
  • dalam konteks Pengendalian Sosial, ya berarti anggota masyarakat dikendalikan secara paksa.

Kalau istilah itu diartikan per kata, jadi gampang. Contoh lain: Etnosentris. Ini sebenernya kan terdiri dari dua kata, Etno dan Sentris. Etno itu ya "etnis", atau suku. Sentris itu sebenernya center, atau pusat. Jadi etnosentris itu berpusat di suku. Memandang suku sendiri sebagai suku terbaik. Contoh lagi: Xenosentris. Xeno adalah bahasa latin yang artinya "asing". Jadi, arti kata Xenosentris adalah berpusat pada asing. Memandang hal asing sebagai hal terbaik --memuja hal-hal di luar budaya sendiri.

Muka lo abis baca itu semua
Muka lo abis baca itu semua

 

Banyak ya? Hehehe. Nah, itu makanya gue bilang waktu penting banget. Lo harus mulai nyicil dari sekarang. Pelan-pelan. For once, selamat pusing! Jangan terlalu santai. But it will worth the price. 

 

Materi UN Sosiologi 2015

Sebelum lebih lanjut, mending lo baca dulu tips belajar Sosiologi buat SBMPTN berikut yang bisa juga diaplikasiin untuk UN

Okay, sekarang kita lanjutin buat persiapan UN Sosiologi SMA 2015

UN Sosiologi 2015

1. Back to Basic

Nah, kalau gue perhatikan, walaupun udah 3 tahun belajar Sosiologi, masih ada aja dari lo yang ga ngerti sebenarnya ilmu Sosiologi itu apa. Untuk lo yang merasa seperti ini, gue saranin tonton dulu video ini deh. Biar dapet konsep jelas, sebenernya Sosiologi tu ilmu yang mempelajari apa sih? Semua dijelasin di situ. Kalo lo udah dapat pegangannya, ke depannya lo bisa lebih nyerap konsep-kosep yang dipelajari di ilmu ini. Ngga nerawang asal-asalan lagi.

2. Prioritaskan Bab yang Dipelajari

Gue liat soal UN dari taun 2010 sampe 2014, hampir sama model dan materi soalnya. Proporsi soal yang keluar, kurang lebih sama. Semua bab punya proporsi yang merata. Artinya, lo harus pelajari semua bab, kecuali penelitian sosial.

“Loh, ada apa dengan bab Penelitian Sosial?”

Jumlah bab Penelitian Sosial itu ada empat, sedangkan soal yang keluar maksimal lima. Lo bayangin, waktu yang lo pake buat belajar empat bab (setengah buku!), tapi keluar cuma lima soal. Saran gue, penelitian sosial ga usah terlalu dalem belajarnya, sayang waktu. Mending lo mantepin di bab lain. Soalnya satu bab selain penelitian sosial biasanya keluar tiga sampe lima soal. Kalo lo udah menguasai bab lain, baru deh lo baca penelitian sosial. Intinya, prioritasin bab lain dulu.

3. Masih Menghafal atau Udah Kuasai Konsep?

Nah, dalam mempersiapkan diri lo buat belajar buat UN nanti, penting banget bagi lo untuk menguasai. bukan menghafal. Bedanya apa tuh? Langsung aja gue kasih contoh penggunaannya.

jabat tangan

Ini keliatannya gampang. Norma apa tuh? Ternyata pertanyaan sesimpel ini masih banyak yang salah. Coba jawab dulu sebelum nerusin baca.

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya: kebiasaan

Pasti ada yang jawab cara, kan? Soal kaya gini bisa bikin lo salah kalo lo gak menguasai bahannya, cuma hafal. Untuk lebih jelasnya, soal ini udah gue bahas di video pembahasan

Soal UN Sosiologi 2014 No 3

 

Oke, contoh soal lain:

warga

“Wah, kalo sering kerja sama dengan berbeda SARA, pasti jawabannya menghilangkan perbedaan sosial. Karena masyarakatnya jadi bersatu”

Yakin?

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Salah. Perbedaan sosial tidak bisa dihilangkan (kecuali dengan genocide). Suatu masyarakat bersatu (intergrasi) tidak dengan menghilangkan perbedaan sosial. Mindset bahwa perbedaan sosial berarti perpecahan (buruk) itu yang salah besar, artinya lo masih belom ngerti konsep --apa itu perbedaan sosial. Soal ini gue bahas di video pembahasan

Soal UN Sosiologi 2014 No 33

 

Nah gimana? Dari pilihan jawaban lo untuk dua soal di atas aja bakal keliatan apakah selama ini lo cuma ngafal doang atau beneran menguasai konsepnya. Coba lo kuasai konsep, bukan sekedar hafal istilah. Ini penting banget buat lo bisa jawab soal-soal Sosiologi. Menguasai konsep berlaku untuk semua pelajaran sih sebenernya. Khusus untuk Sosiologi: kalo lo gak menguasai konsep, lo bakal pede banget jawab soal karena lo ngerasa soalnya gampang, padahal jawaban lo ngaco.

Selain itu, terkadang soal UN Sosiologi nggak ada hubungannya sama sekali dengan Sosiologi. Liat ni soal.

kawin

APA COBA? Ini bukan pertanyaan ilmu pengetahuan. Mungkin sang pembuat soal lagi curhat, atau kebanyakan nonton sinetron. Ini video gue berusaha menjawab “soal” ini di video pembahasan

Soal UN Sosiologi 2014 No 19

 

Ending

Apa yang lo dapet abis baca ini? Harapan gue sebenernya lo sadar bahwa masih banyak yang harus lo lakuin, jadinya lo gak terlalu santai sebelom UN. Lagipula, lo belajar gak cuma buat UN, sekalian buat SBMPTN juga. Apalagi pelajaran kan gak cuma Sosiologi. Bukan berarti lo belajar 24/7, tapi intinya jangan kebablasan. Udah, ah. Lama-lama gue kayak motivator.

Sebagai penutup, ini gue kasih daftar soal UN Sosiologi 5 tahun terakhir:

Thank you and see you next walkthrough!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Pio tentang persiapan UN SMA Sosiologi, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Arbian Digo

    thanks mas Pio, ngerti lah sekarang garis besar cara jawab Sosiologi. dikit curcol ya, udah 5x TO Sosiologi nilainya ga ada progress sama skali stuck di angka 6-7 ya karena mungkin salah persepsi antara "hafal" dgn "ngeh" haha..

    • Pio

      nah, itu penting banget. kalo udah "ngeh", soal mau kaya apa juga pasti bisa jawabnya. kecuali soal ngaco kaya contoh terakhir itu haha

      • Arbian Digo

        siap gan thanks

  • Aryatama Wicaksana

    Bang, materi sosiologi SBMPTN di zenius.net emang cukup segitu aja atau belom rekaman lagi? 😮

    • Pio

      kalo lo ngerti (bukan hafal) materi yg "cuma" segitu, lo pasti bisa jawab minimal 10 soal. nah, kalo mau lebih mantep lagi, lo liat materi di SMA kelas 11 dan 12. udah mantap.

      • S.Rolibah.P

        SMA kelas 11 dan 12 nya yg ktsp atau sama yg kurtilas juga ?

        • Pio

          kalo untuk sosiologi, ktsp atau kurtilas (baru tau gue singkatannya ini) gak beda jauh, kok.

          • S.Rolibah.P

            ok ka makasih 🙂

  • novi

    typical gamer banget nih 😀

    • Pio

      yoi xD

  • Almasitha

    bang, kok soal sbmptn ekonomi cuman nyampek taon 2013 doang..? taon 2014 nye kemane..?