Persiapan UN SMA Matematika IPA 2015

Persiapan UN SMA Matematika IPA 2015

Hello Bro/Sis kelas 12 yang sebentar lagi mau UN. Gimana kesiapan lo sekarang ini? Kalau Ujian Nasional diselenggarain sekarang juga, kira-kira lo dapet nilai berapa nih? 🙂 Semoga aja nggak jelek-jelek amat yah. Tapi kalaupun masih jelek, ya berarti lo harus belajar lebih banyak lagi supaya nanti siap. Masih ada waktu kok.

By the way, emang nanti UN 2015 akan tetep ada ya?

Ya, beberapa bulan yang lalu memang beritanya masih simpang-siur. Tapi belakangan ini mulai jelas kok kalau UN tetap ada. Cuma bukan dijadikan syarat kelulusan lagi, tapi cuma jadi ujian evaluasi aja. Sehingga akhirnya kelulusan lo itu ditentukan oleh pihak sekolah, bukan oleh hasil Ujian Nasional.

By the way lagi, kadang-kadang gue nemuin murid yang nanya gini: Boleh nggak sih, Nu, kalau gue nggak belajar UN dan fokus untuk SBMPTN aja? Jawaban serius dari gue, boleh-boleh aja. Heh, serius boleh? Iya, boleh kok. Karena sebenernya kalau lo belajar SBMPTN dengan bener, semua bab yang lo pelajari itu juga udah mencakup yang dipelajari di UN. Tapi syaratnya itu, belajar untuk SBMPTN-nya yang bener.

Di sisi lain, ada juga yang nanya gini: Kalau kita belajar untuk UN, itu mengganggu belajar untuk SBMPTN nggak sih? Jawaban gue: Enggak. Kalau lo belajarnya bener, belajar untuk UN itu sama sekali nggak mengganggu belajar untuk SBMPTN. Tapi lagi-lagi perhatiin syaratnya, yaitu belajarnya harus bener. Nah, emang maksudnya apa tuh belajar yang bener? Lanjut baca terus deh, pertanyaan itu gue bahas di bawah.

Banner Matpel UN Matematika IPA SMA

 

Cara Belajar yang Benar buat UN 2015

Jangan cuma menghafal tipe soal, tapi kuasai konsepnya

Semoga lo nggak bosen yah denger kita ngomong gini. Tapi ini memang penting banget untuk ditekenin. Kalau lo pernah ngerjain soal-soal UN tahun 2014, 2013, 2012, dan seterusnya... lo akan melihat bahwa sebenernya soal UN dari tahun ke tahun nggak banyak perubahan. Artinya, tipe-tipe soalnya gampang banget dihafal. Bahkan nih, udah buanyak banget buku dan bimbel yang nyediain trik-trik cepat untuk ngerjain soal-soal itu.

Gue harap lo nggak kejebak di situ yah. Karena cara belajar yang seperti itu bisa merusak otak lo dalam jangka panjang, nggak bikin lo termotivasi juga, lama-lama jadi ga suka sama namanya belajar. Selain itu, belajar UN yang model begini ini yang bisa menggangu persiapan SBMPTN lo. Karena tipe soal yang lo hafalin di UN itu tentunya NGGAK akan keluar di SBMPTN! Sebaliknya kalo lo belajar UN dengan cara yang bener (baca: bener-bener ngerti sama konsepnya), mau tipe soalnya keluar kayak apapun juga, mau di UN ataupun di SBMPTN, harusnya sih lo bisa ngerjainnya.

Lagian, bisa jadi loh nanti trik-trik cepat itu nggak kepake lagi. Beberapa waktu yang lalu, Menteri Pendidikan Anies Baswedan memberikan pernyataan agar jangan ada lagi low order thinking untuk mengerjakan soal UN. Maksudnya low order thinking itu ya hafalan itu tadi. Jadi pemerintah sekarang ini berharap supaya kualitas soal UN itu bisa ditingkatkan supaya yang diuji itu bukan cuma hafalan-hafalan aja.

 

Kisi-kisi UN SMA Matematika IPA 2015

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, UN tahun ini juga udah ada kisi-kisinya.  Kalau lo mau lihat lengkap seluruh kisi-kisi UN tahun 2015, buka aja halaman ini: SK Kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2014-2015 keluaran BSNP. Kisi-kisi itu dibuat oleh pemerintah yang lama, waktu menteri pendidikannya masih M. Nuh. Selama belum ada pernyataan lain dari pemerintah yang sekarang sih, sementara ini kita asumsikan aja kisi-kisi itu masih dipakai lah ya.

Nah, tapi menurut gue nih, kisi-kisi itu pun nggak terlalu banyak membantu sih. Lebih baik kalau lo belajar semuanya dan nggak pilih-pilih. Coba aja lihat daftar seluruh bab Matematika yang lo pelajari dari kelas 10, 11, sampai 12. Terus lihat apakah bab tersebut ada di kisi-kisi 2015? Apakah bab tersebut diuji di UN tahun-tahun sebelumnya? Ini gue bikinin daftarnya:

Kelas Bab Judul Bab Ada di Kisi-kisi 2015? 2014 2013
Kelas 10 1 Pangkat, Akar, dan Logaritma Ada 3 soal 2 soal
2 Persamaan dan Fungsi Kuadrat Ada 2 soal 3 soal
3 Sistem Persamaan Linear Ada 2 soal 1 soal
4 Pertidaksamaan Nggak ada
5 Logika Ada 2 soal 2 soal
6 Trigonometri Dasar Ada 2 soal 1 soal
7 Dimensi Tiga Ada 2 soal 2 soal
Jumlah Soal Kelas 10: 13 soal 11 soal

 

Kelas Bab Judul Bab Ada di Kisi-kisi 2015? 2014 2013
Kelas 11 1 Statistika Ada 2 soal 1 soal
2 Peluang Ada 3 soal 4 soal
3 Trigonometri Lanjut Ada 1 soal 2 soal
4 Persamaan Lingkaran Ada 1 soal 1 soal
5 Sukubanyak (Polinom) Ada 1 soal 1 soal
6 Fungsi Ada 1 soal 2 soal
7 Limit Ada 2 soal 2 soal
8 Turunan Ada 1 soal 1 soal
Jumlah Soal Kelas 11: 12 soal 14 soal

 

Kelas Bab Judul Bab Ada di Kisi-kisi 2015? 2014 2013
Kelas 12 1 Integral Ada 6 soal 5 soal
2 Program Linear Ada 1 soal
3 Matriks Ada 1 soal 1 soal
4 Vektor Ada 3 soal 3 soal
5 Transformasi Geometri Ada 1 soal 1 soal
6 Eksponen dan Logaritma Ada 2 soal 2 soal
7 Baris dan Deret Ada 2 soal 2 soal
Jumlah Soal Kelas 12: 15 soal 15 soal

 

Sebagai catatan, daftar di atas ini sebenernya versi simplifikasinya ya, ada sebagian kecil soal yang gak ditampilin berupa campuran dari berbagai bab. Contoh, ada soal Integral yang sebenernya juga menguji kemampuan trigonometri, di daftar ini gue mengategorikan soal itu sebagai soal integral aja.

Lo bisa lihat bahwa satu-satunya bab yang tidak muncul soalnya di soal UN itu adalah bab tentang pertidaksamaan. Nah, tapi salah besar kalau lo terus nggak belajar tentang pertidaksamaan, karena untuk mengerti bab-bab lain, seperti konsep definit positif di persamaan kuadrat, pertidaksamaan di trigonometri, pertidaksamaan di eksponen dan logaritma, dll, itu semua dasarnya ya di satu bab pertidaksamaan ini.

Jadi kesimpulannya adalah semua bab yang lo pelajari dari kelas 10, 11 sampai 12 itu keluar semua di soal UN. Ada yang cuma 1 soal, ada yang sampai 6, ujung-ujunga ya bisa dibilang semua butuh buat  dipelajari, nggak ada yang sama sekali nggak kepake. So, untuk UN ini memang bagusnya nggak pilih-pilih sih, hitung-hitung latihan nyicil buat SBMPTN juga.

 

Tips Persiapan Belajar UN SMA Matematika IPA 2015

1. Latihan Soal per Bab

Sama seperti di persiapan SBMPTN, kuncinya ada di latihan soal per bab. Daftar di atas itu udah disertai dengan link-link ke video di zenius.net. Bab apa yang lo merasa masih lemah? Coba lo tonton lagi teorinya, kerjain latihan soalnya, dan kalau perlu lo coba buktikan rumus-rumus yang ada di bab-bab tersebut. Dengan model belajar begini, lo juga jadi bisa sekalian belajar untuk SBMPTN juga, jadi nggak perlu khawatir SBMPTNnya ketinggalan ketika lo belajar untuk UN.

Gue ambil contoh sedikit. Kita mulai dari daftar di atas ya. Bab Pangkat, Akar, dan Logaritma itu keluar di UN 2014 sebanyak 3 soal. Salah satu soalnya, yang tentang Akar, itu begini:

UN Mat IPA

Bisa ngerjain soal di atas? Kalau lo belum bisa ngerjainnya, ya berarti lo wajib banget belajar lagi teorinya. Pembahasan soal di atas sebenernya simple aja, seperti yang bisa lo lihat di video di bawah ini:

Simple kan? Nah, tapi jangan berhenti di situ. Coba cek juga berbagai variasi soal lainnya. Download soal-soal tentang akar di zenius.net misalnya, contohnya yang ini. Terus coba lo kerjain deh soal-soal di situ. Usahain kerjain dulu soal-soalnya sebelum lihat video pembahasannya. Soal-soal yang ada di link itu masih yang gampang. Tapi setiap kali lo lanjut ke bab berikutnya, akan berasa kalau tingkat kesulitannya makin lama makin tinggi. Lakuin aja begitu terus sampai tamat semua babnya. Dijamin jago deh matematikanya kalau udah tamat 🙂

2. Uji Kemampuan Lo Dengan Soal UN Tahun-tahun Sebelumnya

Nah, untuk menguji gimana hasil belajar lo selama ini, untuk ngetes apakah lo udah bener-bener siap menghadapi UN, coba aja lo kerjain soal UN tahun-tahun sebelumnya. Minimal banget, coba kerjain soal UN 5 tahun terakhir deh. Berapa persen yang bisa lo kerjain? Terus soal-soal yang ternyata lo masih belum bisa, itu soal-soal dari bab mana aja? Khusus untuk bab-bab yang lo nggak bisa itu, coba lo review lagi materinya sampai bener-bener ngerti.

Ini gue kasih daftar soal UN Matematika IPA 5 tahun terakhir:

Semua soal itu bisa lo download gratis kok, formatnya PDF. Cuma untuk nonton video pembahasannya memang harus jadi premium member dulu. Kalau mau lihat lebih banyak lagi, lo bisa lihat semuanya lengkap di sini:

>> Soal dan Pembahasan UN SMA Matematika IPA 2002-2014 <<

Oke deh. Selamat belajar ya guys. Good luck UN nya.. 🙂

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang persiapan UN Matematika IPA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Wisnu adalah CEO Zenius Education dan salah satu tutor pengisi suara di zenius.net untuk pelajaran Matematika dan Fisika. Wisnu mengambil S1 di Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.
 
Follow Twitter Wisnu at @wisnuops

  • Alfinsyah S

    Kalo mau belajar UN bagusnya ngulang per-bab trus bahas soal atau bahas soal dulu baru ngulang per-bab ? Biar efisien waktu .

    • Kalau belum pernah lihat soal UN sama sekali, saran gue sih kerjain aja satu paket soal UN untuk melihat kesiapan lo sekarang. Periksa hasil kerjaan lo, lihat soal dari bab mana aja yang lo masih salah atau belum ngerti. Terus prioritasin deh bab-bab itu untuk dipelajarin duluan.

      • Sekar

        oke bang, makasih atas sarannya...

  • talitha trifauzia

    Tapi mas kalau boleh jujur nih buat ngawalin belajar perbab gitu susah banget, males maksud nya hehe, padahal nilai matematika ku ga bagus. Khawatir buat UN matematika.
    Menurut mas aku harus belajar dengan cara apa butuh saran nih ?

    • Biasanya emang awalnya berat, tapi kalau udah terbiasa sih jadinya enteng. Kuncinya ada di niat belajar lu itu sih. Kalau niat belajarnya untuk ngerti (bukan untuk ngafal), maka ketika lo berhasil ngerti beberapa materi, malah jadi ketagihan pengen belajar lagi.

  • anan muhammad

    bang, tulis juga persiapan buat SBMPTN 2015 dong

  • liaa

    sorry kalo ga nyambung ka.
    ka jurusan apa sih yang punya prospek bagus di future?
    yang bisa gaji fresh graduate nya sekitar 20 juta per bulan
    thx

    • Rexsy Pangestu

      Presiden RI,bahkan lebih dari cuma sekedar segitu

      • Mohammad Anton Rizki Syahputra

        entah kenapa gue ketawa waktu baca comment ni orang XD
        Aamiin aja deh 😀

    • Sahrul

      hahaha, loh terlalu apa yahh ?

  • hendrijunianto

    kak tolong kasih saran dong buat saya dan teman" untuk belajar mapel un,,lebih" kimia itu susah bgt buat saya,,terus jg temen" bicara masalah kunci jawaban un yang di jual,menurut kakak gmana?

  • Yuda Aditia

    kalo buat smpnya ada ?

  • Dhessy

    Bang, lo aktif di twitter dong jadi bisa nanya-nanya. Hehehe

  • Likaaa

    kalau baru naik kelas 12(belum mulai tahun ajaran baru) baiknya ngulang2 pelajaran dari kelas 10 atau gimana?

    • Saras Granita

      hoho kita senasib nih:) saran gua sih sprti kata zenius lu mantepin aja konsep pelajaran. jgn ngafal. ada baiknya lo nntn video zenius learning guide + basic skills buat prsiapan sbm thun dpn. klo gua sih skrg lagi bljar TPA dulu ahaha.

  • Mia Suci Wahidah

    kak tahun besok ('16) gua un cbt tuh, kls 12 thn gua msh ktsp. gua denger dari slah satu guru gua UN, bsk soal2 kecampur sama materi k13, dan tingkatannya lebih susah. itu gmna bljrnya ya kak, kita tetap latihan soal2 un 5 tahun terakhir kan? tambahannya bgmna? apa ikut bljr materi k13, dan sebenarnya bedanya ktsp sama k13 itu apa?

  • ega septinardi

    Assalamu'alaikum bang , pembahasan soal un sma untuk semua mapel boleh di downloadkan?. Untuk persiapan un 2016!