Panduan Belajar SBMPTN TPA : Tipe Soal Pola Gambar

Artikel ini mengupas tipe soal TPA Pola Gambar SBMPTN, lengkap dengan contoh soal, pembahasan jawabannya, dan tips untuk mengerjakan soal TPA Gambar SBMPTN.

Haloo, Bro/Sis.. Gue mau review sedikit nih ya tentang salah satu materi di TPA SBMPTN yaitu tentang Pola Gambar. By the way, TPA ini adalah salah satu bagian dari materi TKPA yang ada di SBMPTN. Materi TKPA lainnya adalah Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Sebelumnya, kalo lo pengen baca beberapa tips lain tentang tipe soal TPA, lo bisa baca di artikel blog zenius yang udah gue buat tahun-tahun sebelumnya. Tulisan itu masih relevan kok untuk dibaca, dan tentunya bisa membantu persiapan SBMPTN lo juga.

Kalau lo ngikutin twitter gue, mungkin yang gue omongin di sini udah pernah lo dapetin sebelumnya karena dulu gue juga pernah nge-twit tentang tipe pola gambar. Tapi, nggak papa lah ya, kita ulang sedikit. Hehe. Yuk, kita liat tipe-tipe soal Pola Gambar.

 

Tipe Soal Pola Gambar TKPA SBMPTN

Pola gambar pertama kali muncul itu di tahun-tahun pertama soal TPA mulai ikut di-tes-in di SBMPTN, tahun 2009 dan 2010. Abis itu sempet ilang, baru muncul lagi di 2014 kemaren. Jaga-jaga kali aja yang tahun depan bakal ada lagi, gak ada salahnya nih kalo kita belajar aja. Nggak susah kok, gampang-gampang dan sederhana 😉

TPA-POLA GAMBAR

 

Nah, sebelum masuk ke tips, kita coba pemanasan dengan latihan soal dulu yah, biar lo bisa evaluasi dulu sejauh mana kesiapan lo. Berikut ini nih soal-soal yang langganan keluar banget di soal TPA SBMPTN tahun-tahun lalu, terutama 2 soal pertama:

1. Pola Kelanjutan

(1.1)

pola kelanjutan 11

Setelah tiga gambar pertama, gambar mana yang paling cocok untuk menjadi gambar lanjutannya? Yang A, B, C, D, atau E? Coba lo pikirin dulu, terus cek jawaban lo sama kunci di bawah ini:

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya yang D

 

(1.2)

pola kelanjutan 12

Bisa lah ya kalo ini. Sama aja kayak kalo gue punya barisan A1, B2, C3, … lanjutannya pasti D4, E5, dst. Intinya. lo harus bisa menebak apa pola dari 3 gambar yang diketahui untuk nentuin gambar yang berikutnya.

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya yang D

 

2. Pola Beda Sendiri

Pada tipe soal ini, lo disuruh pilih satu pola yang berbeda di antara 5.

pola beda sendiri

Nemu nggak kalo ini? Yang beda sendiri yang mana?

Mungkin sekilas jawabannya A karena doi punya lekukan ke dalam sendiri. Eh, tapi jawabannya bukan itu :p Ada yang lebih tepat lagi.

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya B.

Karena yang lain adalah segi lima, sedangkan B adalah segi empat sendiri.

 

Nah, kedua tipe soal di atas sering banget nih masuk SBMPTN. Jadi, lo wajib udah mantap bener latihan kedua tipe soal di atas. Tapi sebenarnya, ada tipe soal lain yang bisa lo pelajari, atau cukup sih dengan sekedar tau. Pasti nantinya udah bakal bisa ngerjain sendiri, ada ini nih:

3. Kotak 9 Gambar

Pada tipe soal ini, lo disuruh tebak polanya.

(3.1)

31Biasanya, boleh lo baca polanya secara horizontal (per-baris, dari kiri ke kanan) atau vertikal (per-kolom, dari atas ke bawah). Yang penting KONSISTEN! Di soal 3.1 kebetulan bisa dibacanya secara horizontal nih.

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya B

Gambar di kolom pertama itu adalah gabungan dari gambar yang ada di kolom 2 dan 3. Aturan ini nggak cuma berlaku di salah satu baris, tapi berlaku untuk tiga-tiganya. Jadi baik barisan gambar yang atas, tengah, maupun yang bawah mengikuti pola ini. Itu yang dimaksud dengan konsisten.

 

(3.2)

Ada juga yang kalo lo baca per-baris atau per-kolom, polanya sama-sama konsisten, kayak gini:

32

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya E

 

4. Analogi Gambar

Mirip dengan analogi kata yang ada di verbal.

(4.1)

41

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya C

Perhatiin kalau gambar kiri dan kanan di contoh yang di atasnya itu sama-sama segi lima, cuma bedanya segilima yang di kiri itu beraturan sementara segilima yang di kanan itu dua sisi yang di atas masuk ke dalem.

Nah, kalau ide yang sama kita terapin ke gambar yang segienam, berarti gimana? Ambil aja dua sisi yang atas dari segienam itu, terus kita masukin ke dalem. Jadinya gambar yang C.

 

(4.2)

42

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya B

Kedua bangun digabung trus dirotasi 90 derajat searah jarum jam.

 

5. Gambar Lipet-lipet (Jaring-jaring)

Ini kayak kita mau bikin bangun dari kertas karton. Yang disajikan di soal adalah polanya. Kalo dilipet bakal jadi bangun yang mana.

5

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya A

 

6. Cari Cerminan

6

Kalau nggak dikasih tau cerminnya itu tegak atau mendatar, maka lo bisa asumsikan bahwa yang dimaksud sama soalnya itu cerminnya tegak ya.

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya gambar 2.

Perhatiin bahwa kalau di soal disebutin bahwa cerminnya itu mendatar, maka jawabannya jadi yang nomor 3.

 

7. Mencari Sifat Gambar

Tipe soal yang terakhir ini bukan diminta cari polanya sih. Tapi, kita ditanyain hal berkaitan dengan gambar juga, jadi gue masukin aja ya. Beberapa kali suka muncul juga soal tipe gini di SBMPTN.

7

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya 12

Tahapannya, lo cari semua segitiga yang terdiri dari 1 segitiga, lanjut ke segitiga yang terdiri dari 2 segitiga, 3, dst.

 

Soal dan Pembahasan TKPA SBMPTN 2014

Sekalian, gue mau ambil satu soal dari SBMPTN TKPA 2014 kemarin. Coba lo kerjain deh. Soalnya ada di bawah ini:

TKPA SBMPTN 2014, soal nomor 90
TKPA SBMPTN 2014, soal nomor 90

Gimana? Bisa? Lo bisa lihat pembahasannya di video di bawah ini:

Video pembahasan selengkapnya bisa lo lihat di TPA SBMPTN 2014. Sementara untuk soal dan video pembahasan pola gambar lainnya, bisa lo lihat di Latihan Soal Pola Gambar.

Nah, udah deh. Sejauh yang gue amati, paling itu aja sih tipe pola gambar yang umum. Harusnya masih banyak lagi karena kan mau bikin pola apapun juga bisa-bisa aja sebenernya. Hehe. Tapi segini dulu cukup sih daripada puyeng.

Gimana gimana? Nggak susah kan? Yakin sih gue, pasti lo pada bisa. Tinggal latihan aja ya yang banyak. Oke, gue udah bantuin nih mengidentifikasi tipe-tipe soal gambar di TKPA SBMPTN. Selanjutnya, gue mau share dan ingetin ke lo hal yang penting dalam ngerjain tipe soal ini.

 

Catatan Penting dalam Mengerjakan Tipe Soal Gambar TKPA SBMPTN

Ilmu di TPA itu sesungguhnya nggak ada yang baru. Rata-rata semuanya udah lo dapet dari lo SD. Jadi, kalo lo nemu tipe/soal yang belom pernah lo liat sebelumnya, jangan buru-buru protes “Wah, belom diajarin nih. Gue jadi gak bisa jawab”. Okee. Sebetulnya bisa di-review atau diperbaiki lagi pengetahuan lo (kalo ada) yang salah. Jadi, pada dasarnya, gak ada yang lo nggak tau. Karena ya, emang nggak ada materi baru lagi. Nah, terkait hal ini, ada dua hal penting yang mesti lo inget baik-baik ketika ngerjain soal TPA.

1. Yang penting adalah lo wajib mikir!

Mungkin kedengarannya klise, ya. Tapi beneran, kalo udah dihadapkan dengan soal gambar gitu yang keliatannya ngejelimet (padahal belum tentu), lo males-malesan ngerjainnya. Jangan pernah males buat mikir, ya. Baca soalnya yang bener, yang diminta apa, tinggal lo “puter kepala lo dikit” pasti lo bisa kok dapet jawabannya.

Ini berlaku hampir di semua materi TPA apapun ya. Mau yang aritmetika, barisan, gambar, analitik, logika, dll. Udah gak ada materi baru lagi. Semuanya tinggal lo comot aja dari kepala lo. Kecuali tipe soal verbal. Kalo lo emang udah buntu banget gak tau artinya sama sekali dan gak bisa dikira-kira, yaudah mau gimana lagi emang lo gak bisa jawab. Nggak papa, nggak usah dipaksain.

2. Fokus pada Solusi

Sering nggak, lo denger orang lain atau lo sendiri ngomong “Aduh, gue dulu kayaknya pernah ngerjain soal ini deh, tapi lupa caranya”  terus akhirnya malah jadi gak bisa jawab. Nah, buru-buru deh ini lo lenyapkan dari muka bumi, eh, dari pikiran lo aja cukup sih. Bahaya nih. Why why why?

Karena kalo lo bilang  “lo lupa”,  lo bakal dengan sekuat tenaga untuk nginget-nginget CARA LO yang dulu ngerjain soal itu gimana dan lo bakal kusut sendiri. Akibatnya apa? Instead of lo mikir untuk ngejawab soal itu, lo malah sibuk mikirin cara atau runutan step yang dulu lo pake untuk dapet jawabannya. Dan biasanya jadi stuck.

Nah, kalo lo mengalami kayak begini lagi nih, lo wajib untuk (balik-balik lagi) MIKIR, dari awal. Anggep aja lo belom pernah ketemu itu soal, jadi lo bisa fokus mikir yang ditanya apa, data yang lo punya di soal apa, dll. Dengan begitu, lo bisa jauh lebih gak kusut karena fokus lo adalah untuk solve the problem, BUKAN nginget cara atau step di masa lampau. Lupain cara lama yang lo pake, fokus di saat itu, kerjain di saat itu juga. Mau ternyata caranya beda, ya gak masalah.

TIPS Penting Ngerjain soal TPA Pola Gambar : JANGAN SUKA MENGINGAT-INGAT TRIK LAMA yang sebelumnya udah pernah lo pake, apalagi NGINGET JAWABAN YANG DULU PERNAH LO JAWAB, itu cuma bikin lo lebih kusut dan buang-buang waktu.

Biasain start mikir dari awal. Kedengerannya sepele. Tapi, sesuatu yang basic yang sering terlupakan ketika kita udah gugup di bangku ujian. Oke deh, selamat latihan soal TPA dan menyiapkan mental sematang mungkin menjelang SBMPTN nanti. Good luck Bro n Sis..

Buat lo yang mau fokusin belajar SBMPTN TPA, berikut ini adalah beberapa link yang hukumnya wajib banget lo intip:

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Wilona tentang persiapan SBMPTN TPA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Meli

    kak wilo itu yg pola kelanjutan nomer 1.2 jawabannya bukannya yg D ya?

    • Reza Depari

      Setuju sis. Menurut saya yang D. Kenapa bisa C kak?

      • Wilona A. Gatraputri

        iya bener yang D. hehe salah ketik berarti gw. thanks yak. nanti dibenerin 😀

  • Anonymous

    Kak, kalo latihan TPA sebaiknya gimana yah? Apakah harus ngerjain soal dengan adanya batasan waktu, atau lebih baik ngerjain tanpa batasan waktu?

    • Wilona A. Gatraputri

      Menurut gw sih dua-duanya bisa dilakuin. Kalo mau belajar materinya dulu, bisa aja lo ngerjain soal gak usah pake batasan waktu. Jadi, bisa ngutak-ngatik soal sepuasnya. Kalo kira-kira udah bisa dan udah familiar dengan tipe-tipe soalnya, dan kalo mau fokus untuk latihan trik ngerjain soal yang tipe mana duluan enaknya, boleh tuh pake waktu. Tapi sisa soal yang gak kejawab, jangan lupa dikerjain juga ya.

  • flatllander

    keren teh wilo :3 , tipe2 soal gini biasanya dilupakan jg utk d pelajari krn terlalu menganggap remeh ( ngalamin sendiri , hehhe ) tpi pas dah keluar dan dpt soal kyk gini terus gk ngerti mau jwb apaan tuh nilai salahnya sama kyk kita ngisi soal trigonometri dan salah , hehehhe

    • Wilona A. Gatraputri

      Hehe okee. Makasii.. Sebenernya tipe soal kayak gini gak dipelajari lebih lanjut secara serius juga gak papa karena materinya ringan banget, yang penting sekedar tau aja, nanti juga harusnya bisa sendiri. Tinggal latihan-latihan dikit 😀

  • Indra D. Herdiana

    Yang soal pencerminan. DI sebelah mananya disebutin kalau itu pencerminan mendatar?

    • Wilona A. Gatraputri

      Maksudnya kalo nemu soal pencerminan secara umum atau tentang soal di atas aja? Sebenernya tahun-tahun kemaren kan belom pernah ada, tapi ya harusnya kalo muncul soal kayak gitu, di perintahnya dibilang posisi cerminnya di mana. Tapi kalo gw dapet soal kayak di contoh atas, kalo gak disebut di mana, gw asumsiin cerminnya ada di antara kotak gambar soal sama kotak pilihan jawabannya (vertikal).

      di soal di atas emang gak disebut cerminnya mendatar (horizontal), jadi gw pilih jawabannya nomer 2.

  • yudha

    Ka wilo... Sbmptn 2014 kemarin tpa nya kan cuma sampe nomor 45....

    • Iya, MatDas 15, B.Ind 15, B.Ing 15, terus TPA 45. Jadi total TKPA ada 90 soal. Untuk TPA mulai dari nomor 46 sampai nomor 90.

      • Bintang Purba

        Bang wisnu, mau nanya misal kita ada kesulitan dalam mengerjakan MatDasnya itu kan bakal makan waktu lama apalagi misal bener2 gak tau. nah itu di fokuskan untuk ke TPA nya bisa? ya misal MatDas cuman bisa ngerjain 5 Soal, jadi TPAnya aku usahain bisa bener 80%.. gimana?

  • Anonymous

    Kak, waktu pengerjaan TPA sebenarnya berapa menit sih? Apakah testnya digabung sama keterampilan dasar seperti matematika dan bahasa?

    • Wilona A. Gatraputri

      Yang buat tahun 2015 gw belom tau pasti karena yang tahun-tahun lalu berubah-ubah aturannya. Yang 2014 kemaren TPA digabung kemampuan dasar (MatDas, BIndo, English). Total 90 soal, kalo TPA-nya aja 45 soal, waktunya kalo gak salah 105 menit. Tahun-tahun sebelumnya TPA dipisah sama kemampuan dasar, total soal TPA 75 (rada lupa gw, apa ada yang 55 soal juga), waktunya 60 menit.

      Dipantau terus aja infonya yang buat tahun 2015 ya. Siapa tau berubah lagi. Hehe.

      • Anonymous

        Waduh, berarti secara kasar 1 soal cuman 1 menit. Gimana ngakalinnya tuh kak? Apalagi kalo digabung ama matdas, bing dan bindo.

        • Kalo kamu udah punya pola pikir yang tepat, 1 soal 1 menit itu cukup banget kok. Rata-rata soal TPA itu bisa dijawab dalam waktu 30 detik kalau kita udah punya cara berpikir yang bener. 🙂

        • Wilona A. Gatraputri

          Yaa kalo gw sih selalu kerjain yang gampang dulu, kalo nemu soal yang gak bisa dikit, langsung skip aja, nanti balik lagi. Tapi ya jangan di skip semua. Hehe. Trus jangan keasyikkan ngutak-ngatik di 1 soal ya. Seringnya suka lupa tuh pas hari H karena penasaran biasanya.
          Kalo buat persiapan sih latihan yang buanyak biar nemu pola pikir yang bener kayak kata Glenn. 😀 Nanti jadi bisa ngebut deh ngerjainnya. TPA cuma butuh latian kok, karena materinya gampang dan udah pernah dapet semua.

  • farah

    kak mau nanya.. maaf diluar topik, kak kenapa ya saya masih males belajar buat sbmptn? padahal udah tau mau masuk jurusan mana, tapi tetep ga ada semangat belajar, jadinya kalo belajar buat sbmptn tuh kayak setengah2.... gimana dong kak caranya untuk membangkitkan semangat belajar?

  • Guest

    Saya kelas 11 tapi jawabannya benar semua. Hehehe.

    • Wilona A. Gatraputri

      Hehe. gampang kan. 😀 nanti di kelas 12 tinggal latihan aja yang buanyak ya.
      Soalnya kalo buat TPA ,cuma butuh latihan aja kok, karena materinya gampang dan udah pernah dapet sebelumnya. Okee.

  • quraish shihab

    ka wilo trus pertama gue harus belajar yg mana kalo sbnmptnnya itu soalnya bnyak bnget mohon sarannya yaa ka...

    • Wilona A. Gatraputri

      Wah tergantung nih. Sekarang lo kelas berapa? nanti mau SBMPTN ngambil IPA, IPS, atau IPC? trus sekarang di IPA atau IPS atau yang lain? tapi kalo secara umum sih, kencengein di matematika nya dulu karena soal-soalnya paling banyak. 🙂

  • Rasyid Sulaeman

    kak, gue suka kesulitan nih kalo soanya logika analitik :3
    waktu yg kebuang juga jdi banyak. kadang2 suka salah nyimpulin/bikin tabel dr isi teksnya. -_-
    ada tips nya ga kak? biar bisa lbh cpet + bener ngerjainnya.

  • kevintapangan

    Kak, jelasin lagi dong soal nomer 7, buntu nih hehe...

  • quraish shihab

    ka wilo klo gua lagi belajar disaat pala lagi sakit (migran) gitu
    itu ngurangin kecerdasan ngga ?

  • Bintang Purba

    Ka wilo, kalo soal TPA di SBMPTN itu biasanya paling banyak keluar yg mana sih? Verbalnya atau aritmaatikanya atau yg mana?

  • FX Sang Geogerius

    Gokil soalnya Wilo Di perbanyak donk soalnya ,
    biar setia sama web ini heheh...
    dan minat belajar ane nambah kagak kaya dulu2 males,
    dan ternyata Logika itu mengasikan LIKE THIS (Y)

  • Hidayat Taufiq

    Kak kalo nentuin kemampuan fugural kayak gtu, kalo cmn buat satu pola gmna apakah itu bisa memudahkn mengerjakn atau ada cara lain untuk cepetnya?

  • disqus_oKbjhMjS7m

    kak tpa 2016 kan beda tuh yang pola gambar. gada pembahasannya ya?

  • santa veronica

    hy.. kk sorry saya bertanya diluar topik 🙂
    kak wilo gimana trik cepat ngerjain soal bhs.inggris yang soalnya belum pernah dimengerti dan buat kepala jadi pusing sendiri ngerjainnya?