Tips Ngerjain Soal Reading pada SBMPTN Bahasa Inggris

Tips Ngerjain Soal Reading pada SBMPTN Bahasa Inggris

Hello Zenius fellows! Pada kesempatan kali ini, gue mau bahas salah satu komponen dari ujian SBMPTN TKPA yaitu Bahasa Inggris. Jadi buat lo semua anak kelas 12 atau alumni yang ngerasa kemampuan Bahasa Inggrisnya masih lemot, ngerasa paling takut sama yang namanya bacaan Bahasa Inggris, atau mungkin gak pede menghadapi ujian Bahasa Inggris... gua saranin banget baca artikel ini sampai beres! 🙂

Okay sebelum gue masuk ke tips belajar SBMPTN Bahasa Inggris, gue sedikit mau ngebahas beberapa bentuk kesalahan umum para peserta ujian waktu menghadapi materi SBMPTN Bahasa Inggris. Okay, pertama-tama gua mau kita sama-sama lihat dulu jadwal ujian TKPA yang terdiri dari materi TPA, Matdas, Bhs Indonesia, dan Bhs Inggris di bawah ini:

TKPA rundown

Nah, sekarang kita bisa sama-sama ngelihat bahwa ujian Bahasa Inggris itu disatukan pada jenis ujian TKPA dengan perbandingan soal sebanyak 15 soal (dari total 90 soal) yang harus diselesaikan dalam durasi waktu 105 menit.

Emang sekilas kalo lo lihat soal Bahasa Inggris itu cuma 15 nomor doang sih. Tapi jangan salah, walaupun cuma 15 nomor, tapi semua jenis pertanyaan dalam ujian Bahasa Inggris adalah tipe pertanyaan dalam bacaan yang relatif makan waktu banyak untuk baca teks bacaan yang panjang dulu baru bisa jawab soalnya. Masalahnya soal Bahasa Inggris itu ditaro di urutan pelajaran yang paling akhir, jadi seringnya porsi waktu dalam pengerjaan soal Bahasa Inggris ini cuma tinggal sisa-sisa waktu doang, padahal justru jenis soal Bahasa Inggris itu yang justru butuh waktu lebih banyak karena harus baca teks dulu.

"Banyak peserta ujian TKPA yang kelamaan ngerjain soal TPA, Matdas, & Bhs Indonesia. Jadinya pas masuk ke soal Bahasa Inggris, waktunya udah mepet banget. Padahal justru jenis soal SBMPTN Bahasa Inggris itu yang memerlukan waktu lebih banyak karena formatnya adalah pertanyaan dalam bacaan semua."

Yup, inilah kesalahan umum yang sering banget kejadian. Cuma gara-gara lo gak bisa ngebagi waktu dengan efisien, lo jadi gak maksimal waktu ngerjain soal SBMPTN Bahasa Inggris. Gak jarang, banyak peserta yang ngerjain soal Bahasa Inggris dalam panik bahkan gak sempet dikerjain sama sekali. Sayang banget kan?

Sekarang lo coba pikirin aja deh, yang namanya PTN top nasional itu kan pasti punya standard kemampuan Bahasa Inggris yang oke untuk menyaring para calon mahasiswanya dong. Pihak kampus juga gak mau nerima mahasiswa yang kemampuan Bahasa Inggrisnya payah, karena dari mulai buku cetak kuliah, jurnal ilmiah, sumber referensi artikel, bahkan kadang soal ujian semester kuliah itu menggunakan Bahasa Inggris. Sekarang kalo dalam ujian SBMPTN lo gak ngisi soal Bahasa Inggris sama sekali atau asal nembak doang... secara gak langsung lo memberikan kesan pada tim seleksi, bahwa kemampuan Bahasa Inggris lo payah banget atau bahkan gak bisa sama sekali!

Terus gimana dong caranya supaya bisa jago ngerjain soal reading dengan cepat dan efektif? Tenang mas bro and sis. Berhubung tipe soal ujian SBMPTN Bahasa Inggris bisa dibilang 100% tipe soal reading comprehension, berarti secara praktis lo bisa langsung tau bahwa yang perlu lo lakukan adalah meningkatkan skill reading (membaca dan memahami bacaan berbahasa Inggris).

Nah, dalam artikel zenius blog kali ini, gue akan bahas masalah apa yang bikin orang sulit ngerjain soal reading, tips untuk mengatasi masalah itu, tipe-tipe soal reading, sampe tips untuk menjawab tipe soal reading comprehension, khususnya untuk ujian SBMPTN. Sebelum gue masuk langsung ke tipsnya, yuk kita kenali dulu ujian reading kita kayak apa.

Baca Kasual vs Baca untuk Ujian

"… Baca kasual tuh gimana yah?"

Lo doyan baca apa, bro, sist? Setiap orang punya topik bacaan kesukaannya masing-masing. Kalo lo hobi ngikutin olahraga sepak bola, kemungkinan lo doyan baca berita tentang dunia sepak bola. Kalo hobi lo baca novel, biasanya lo baca novel sampai bener-bener meresapi dan menikmati alur ceritanya. Biasanya sih kalo emang kita hobi baca topik tertentu, cara kita membaca itu juga bisa sampai mendetil. Sama juga kalo lo baca novel, biasanya lo baca sampai bener-bener meresapi setiap maknanya. Nah gampangnya, itulah yang gua sebut dengan baca kasual. Baca kasual itu adalah saat kita membaca koran, novel, atau berita yang mana saat kita baca juga bawaannya santai, diresapi, dinikmati, dan relatif mendetil.

"… Apa bedanya sama baca buat ujian ya?"

Nah ini dia hal penting yang mau gua tekankan. Baca untuk ujian itu jangan disamakan seperti lo baca kasual. Khusus untuk Ujian Bahasa Inggris, bacaan itu punya tujuan, yaitu menguji kemampuan reading comprehension kita dengan durasi waktu yang terbatas, dimana hasilnya akan menggambarkan sejauh mana penguasaan kita untuk membaca dan memahami bacaan berbahasa Inggris.

Nah, dalam konteks ujian SBMPTN, khususnya sesi Bahasa Inggris, biasanya durasi waktu yang tersedia akan amat sangat singkat! Itulah kenapa gua menekankan bahwa lo jangan sampai membaca bacaan teks dalam ujian seperti lo membaca novel atau koran. Terus gimana dong cara baca untuk ujian? Baca secara cepat dan fokus pada info yang penting. Cara membaca seperti itu, biasanya disebut dengan istilah skimming. Dalam membaca skimming, lo membaca dengan cepat, dan berusaha konsentrasi pada ide pokok yang ingin dijelaskan dalam bacaan tersebut.

Sebetulnya apa sih yang ngebedain baca kasual dengan baca untuk ujian? Kalo lo lagi baca kasual, kita membaca secara santai dan menikmati proses membaca. Kalo baca buat ujian, yang penting adalah NGERTI SECARA UMUM DALAM WAKTU SINGKAT. Indikator kita sukses ngerjain reading buat ujian adalah ngerjain soal sebanyak-banyaknya yang bener dalam batas waktu yang ditentuin. UN, SBMPTN, SIMAK, TOEFL, maupun IELTS ini adalah jenis bacaan untuk ujian, pastikan lo bedakan teknik baca untuk ujian dengan untuk baca kasual.

 

Kesalahan Umum dalam Ngerjain Ujian Reading

Setelah kita tahu ujian reading kayak apa, terus gimana nih cara bikin kita bisa ngerjain ujian? Nah, sekarang gue mau identify masalah-masalah yang umum ketika kita gak bisa ngerjain ujian reading. Inilah 3 besar masalah yang biasa gue temuin.

Masalah 1: Gak belajar grammar dan vocab karena ngerasa gak keluar di soal

Nah ini step paling penting untuk kita yang masih payah dasar Bahasa Inggrisnya. Pokoknya grammar dan vocab itu adalah fondasi dasar kita dalam ngerti bahasa Inggris. 

Belajar grammar emang makan waktu, lumayan susah, banyak aturan (udah kayak pacaran aja), dan perlu diulang-ulang sampe paham. Tapi, kalo kita gak bisa grammar, jangan harap bisa ngerti suatu bacaan dengan gampang. Karena tingkat pemahaman kita di grammar juga otomatis bisa bikin kita baca jadi lebih cepet dan jauh lebih akurat. Belajar grammar itu gak bisa singkat. Coba deh kita ulang materi grammar kelas X, grammar kelas XI, dan juga grammar kelas XII. Oh ya, gua juga sempet merangkum materi grammar untuk SBMPTN di sini.

Kalo gak bisa yang namanya vocab, kita juga gak bakalan ngerti konteks bacaan yang kita baca. Caranya belajar vocab? Nah kalo ini mau gak mau memang harus ngafalin. Gak semua orang sanggup sih ngafalin kata-per-kata doang, soalnya itu terlalu ngebosenin dan cepet lupa. Mendingan untuk belajar vocab kita masuk ke poin 2.

Masalah 2: Jarang baca kasual bacaan berbahasa Inggris

Kalo gue perhatiin, rata-rata dari murid zenius yang kesulitan dalam ngerjain ujian reading itu ternyata... gak doyan baca dalam kehidupan sehari-hari (jarang baca kasual bacaan berbahasa Inggris).

Buat yang ngerasa males baca, mungkin sekarang lo lagi tersenyum kecil nih. Meskipun di atas gue bilang baca kasual beda sama baca buat ujian, tapi dari mana lagi coba kita ngumpulin vocab kalo bukan dari baca bacaan berbahasa Inggris sehari-hari?

Membaca gak cuma belajar vocab baru, tapi juga memperluas konteks dari vocab yang lama, dan makin inget makna vocab yang pernah kita hafalin dulu (tapi sekarang lupa). Selain itu, makin sering baca bacaan berbahasa Inggris ya makin cepet juga kecepatan membaca kita. Kita juga bisa makin paham sama pandangan penulis yang bermacam-macam sampe ngerti tujuan si penulis nulis artikel ini tuh apa.

“Duh, serius.. Gue paling males deh kalo disuruh baca, apalagi kalo bacaannya Bahasa Inggris”

Males itu emang enak, tapi males belajar Bahasa Inggris itu sama artinya dengan memupuk masalah. Buat lo yang sekarang anti banget sama yang namanya bacaan teks berbahasa Inggris, maka bersiap-siaplah untuk susah-payah menjalani kuliah yang hampir semua textbook pegangan resminya pake Bahasa Inggris. Bersiaplah karena semua bahan jurnal ilmiah, sumber materi ujian, bahkan beberapa soal ujian akan lo hadapi dengan format Bahasa Inggris. Sekarang kalo lo baru umur 17-19 tahun aja udah anti sama bacaan Bahasa Inggris, gimana lo mau survive di dunia kuliah? di dunia kerja professional, dan di dunia komunikasi global? Mulai sekarang yuk kita merubah mindset dalam diri kita untuk mulai belajar menyukai Bahasa Inggris. Gua yakin usaha lo untuk melawan kemalasan belajar Bahasa Inggris sekarang ini, akan jauh lebih terbayar dengan manfaat yang gede banget untuk jangka panjang.

Untuk bisa lebih mudah melawan kemalasan, mungkin lo bisa mulai melangkah secara perlahan. Dimulai dari hal yang sederhana seperti membiasakan googling dengan bahasa inggris atau kita juga bisa mulai baca artikel pendek yang berhubungan sama hobi kita. Kalo hobinya otomotif, ya silakan cari artikel otomotif berbahasa Inggris. Kalo lo hobi baca manga/komik online, cobalah baca manga/komik terjemahan bahasa Inggris, begitu juga dengan hobi-hobi yang lainnya. Explore aja sebanyak-banyaknya topik yang bisa kamu telusuri. Intinya, gua harap mulai sekarang lo mencoba untuk membiasakan diri baca teks Bahasa Inggris. Biar pelan asal konsisten, dan lo akan menemukan manfaatnya sampai seumur hidup lo. 🙂

Masalah 3: Gak latihan untuk ujian reading 

Setelah lo men-tackle kedua masalah di atas, jangan lupa kalo kita juga perlu latihan baca untuk ujiannya (ya iyalahh!). Buat lo yang bingung dimana nyari bahan latihan soal SBMPTN Bahasa Inggris, bisa download gratis di sini. Latihannya itu dengan menjawab soal reading yang pake batasan waktu. Inget yah, lo wajib banget kita kasih batasan waktu, soalnya reading untuk ujian itu waktunya dibatasi dan seringnya mepet banget. Gue udah ngasih tips untuk tacke masalah 1 dan 2, gimana dong tips buat masalah 3 ini? Ayo lanjut baca ke selanjutnya.

 

Tips Latihan Untuk Ngerjain Ujian Reading English

A. Tips Umum Ujian Reading

1. Skim the text

Karena ujian waktunya terbatas, kita perlu skimming atau 'baca cepet'. Tujuannya untuk dapet ide umum tentang isi teksnya apa. Biasanya ide umum tentang teksnya ada di paragraf pertama dan atau paragraf terakhir. Coba deh baca itu dulu. Dengan seringnya kita berlatih, kita semakin cepet untuk mengidentifikasi info mana yang penting dan yang kurang penting untuk dibaca.

Jangan lupa, untuk membaca teks dengan lebih cepat, hindari menelusuri baris per baris di setiap paragraf secara horizontal. Kalau mau menelusuri teksnya, telusuri paragrafnya dengan garis vertikal (dari atas ke bawah), di tengah baris.

2. Mark the important information

Selagi kita baca, kalo kita nemu sesuatu info yang penting, coba deh kita tandain. Kalo emang ditanya di soal nanti, kita bisa mengacu ke paragraf tersebut dengan cepat. Gak perlu nyari lagi.

3. Guess the unknown vocab

Kadang-kadang kita nemu vocab yang susah kan? Kalau konteksnya ujian, kita perlu bisa nebak suatu makna kata dari konteksnya. Kalo emang gak bisa nebak sama sekali, lewatin aja. Jangan terlalu lama mikirin hal yang gak akan kita ketahui, mending fokus ke soal yang masih dalam jangkauan kita. Nah, mumpung sekarang masih ada waktu untuk belajar dan memperluas perbendaharaan kata (vocab) dalam Bahasa Inggris, lo juga bisa ikutin video tutorial dari gua tentang langkah-langkah belajar untuk memperluas vocab bahasa Inggris kita pada link berikut ini.

4. Read the text first? or the questions?

Sering banget murid-murid nanya: Baca teksnya atau soalnya duluan? Selama ini, kebanyakan murid memang beda-beda kesukaannya. Ada yang hobi baca soal dulu untuk dapat gambaran kira-kira paragrafnya ngomongin apa. Ada juga yang lebih ngerti baca teksnya dulu. Nah lo sukanya yang mana nih?

Tapi, seberapa sukanya kita dengan metode baca yang mana, apa pun yang terjadi, kita ujung-ujungnya bolak-balik dari teks ke soal ke teks lagi dan seterusnya. Contoh deh, pas kita gak ngerti paragrafnya, coba aja cek soalnya. Kalo itu membantu, coba masuk ke paragrafnya lagi.

5. Skip the difficult questions

Gak cuma dalam pacaran, dalam ngerjain ujian pun kita harus belajar move on. Kalo lo ngerasa soalnya emang susah, lewatin aja dulu. Masih banyak soal-soal lain yang masih bisa lo jawab menunggu kita di luar sana. Waktu terbatas! Kalo waktunya memungkinkan, nanti kita bisa selalu kembali ke nomor yang udah kita tinggalkan.

6. Limit your outside knowledge

Ini perlu dicamkan baik-baik karena banyak banget yang salah di sini. Di soal kan selalu ada tulisan “according to the writer”, “according to the text”, dan seterusnya. Dalam soal reading, kita wajib menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi yang ada di teks. Kita GAK BOLEH memasukkan pengetahuan, persepsi pribadi, pengalaman pribadi maupun opini kita yang gak ada di teks, sekalipun itu hal yang kita anggap benar.

Contoh deh. Misalnya di teks, si penulis bilang bahwa “Minum limbah cair itu menyehatkan”. Nah kalo kita ditanya “Eh, kata teksnya, bener gak sih minum limbah cair itu menyehatkan?”, jawaban kita harusnya “iya”. Soalnya kan sesuai sama pertanyaannya “menurut teks”. Coba kita melihat masalah sesuai dengan tulisan si penulis, tinggalkan dulu perasaan dan persepsi pribadi lo. Oh ya, gua juga sempat merangkum tips ngerjain soal reading dalam bentuk video materi di sini.

B. Tips Berdasarkan Pertanyaan Ujian Reading

Kalo lo udah sering latihan soal reading, pasti lo udah hafal deh soal reading itu tipikalnya suka nanyain apa aja. Nah, ini gue bantuin deh mengkategorikan tipe soal reading, contoh pertanyaannya, plus tips untuk tiap kategori soal reading. 

1. Tipe soal yang nanyain Gambaran Umum

Maksudnya, ini tipe soal yang nanya: main idea/information, main topic, purpose, title, conclusion. Tipe soal seperti ini meminta kita tau ringkasan, gagasan utama, ide pokokkesimpulan, atau inti dari teksnya. Semua pertanyaan itu sama aja kayak temen lo nanya: “Eh, teksnya intinya tentang apaan sih?”. Ketika lo menceritakan gambaran umum teksnya dengan satu kalimat, itulah main idea/main information. Ketika lo jawab dengan frase, itulah topic dari teksnya. Contoh pertanyaan tipe 1 seperti ini:

mainquestion

Coba sekarang bayangin kalo kita habis baca ini, terus ada temen kita yang mau jebe. Dia nanya “Eh tentang apa nih teksnya?” Itulah topiknya. Kalo lo penasaran pengen coba ngerjain soal di atas, coba lihat deh text asli dan juga videp pembahasan SBMTPN 2014 soal no 38

2. Tipe soal yang nanyain informasi spesifik

Ini tipe soal yang nanyain informasi spesifik yang ada di teksnya. Contohnya, di teks yang ngejelasin pembunuhan, kita bisa ditanya “siapa yang bunuh”. Kalau di teks yang ngejelasin riset dari minyak kelapa, kita bisa ditanya “kelapa apa yang digunakan oleh si periset”. Masih dengan teks yang sama seperti di atas. Coba deh lihat contoh pertanyaan yang nanyain informasi mendetil:

detilq

Lihat bahwa teksnya nanya informasi spesifik yang salah. Lihat pembahasan SBMPTN 2014 no 34. Nah, untuk lebih detilnya, gua juga sempet bikin video materi yang menjelaskan tipe-tipe soal dalam bacaan SBMPTN Bahasa Inggris di sini.

3. Tipe soal yang nanyain informasi tersirat

Tipe soal ini bakalan nanya informasi yang implisit di dalam suatu teks. Contohnya: “…probably..”, “we can guess that…”, “the author suggests that…”, “the writer seems…”, “it is implied that…”, “it can be inferred that…” 

Yang namanya informasi tersirat, bukan informasi yang asal tebak. Lihat contohnya deh (masih dari teks yang sama).

impliedq

Maksud pertanyaan dari soal ini adalah, tersirat dari paragraf 5, alias gak disebut secara eksplisit. Gimana nih cara jawabnya? Kita lihat clues yang ada di teks. Apa sih yang disebut di paragraf ke-5 tentang semakin sering kita puasa? Yaitu ada di kalimat terakhir. Nah coba lihat pembahasannya di nomor 39.

4. Tipe soal yang nanyain vocabulary & reference

Tipe soal ini biasanya akan nanyain makna, sinonim, antonim dari suatu kata. Contoh:

vocabq

Nah kebetulan, pertanyaan di atas nanyain sinonim dari kata “deprived of”. Untuk menjawab pertanyaan vocab dari soal reading, hindari langsung silang pilihan jawaban (mentang-mentang udah tahu artinya). Kenapa? Soalnya kita perlu memahami konteks dari kata ini. Bisa jadi makna dari kata tersebut lebih dari satu dan semuanya ada di pilihan jawaban. Nah kita harus cari makna yg sesuai konteks penggunaannya. Jadi coba kita baca dari kalimat sebelum atau sesudahnya. Sementara itu, tipe pertanyaan yang nanyain reference biasanya akan nanya: “… refers to …”. Contoh:

referenceqMaksud dari pertanyaan di atas adalah kata “which” bisa digantikan dengan kata apa? Kalo kita ngelihat bentuk kayak begini, biasanya yang ditanya adalah materi pronouns (he, him, his, himself, etc.).

****

Nah, gimana? Udah detil banget kan gue jabarin dari masalah, tipe soal, sampe tips spesifik dari tiap kesulitan yang biasanya lo hadapin pas ngerjain soal reading comprehension. Jenis soal bisa banyak dan lebih bervariasi lagi yah dari contoh yang diberikan di atas. Kalo coba gue ringkas di sini: Intinya buat jago ngerjain reading comprehension (khususnya buat SBMPTN) setelah kita mempelajari fondasi grammar dan vocab, kita perlu rajin baca (mau ga mau). Setelah rajin baca, coba kerjakan latihan-latihan reading. Mumpung SBMPTN masih beberapa bulan lagi, mulai nyicil persiapannya mulai dari sekarang yah. Okeh, semangat guys!!

PS. di zenius.net gua udah bikin video materi untuk belajar SBMPTN Bahasa Inggris lengkap dengan pembahasan soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu. Lo bisa akses video materi & latihan soalnya di sini:

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Donna tentang tips belajar SBMPTN bahasa Inggris, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Donnita adalah Senior Tutor Bahasa Inggris yang juga berkontribusi sebagai pengisi konten Bahasa Inggris di zenius.net dan juga zeniusenglish.com . Donnita mengambil S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Universitas Indonesia
 
Follow Twitter Donnita at @DonnitaSafiera

  • rena k

    Ka, minta tipsnya dong utk memperkaya perbendaharaan kata. Yg praktis gitu. kalo baca biasanya semangatnya gak tahan lama. paling sambil nonton film atau dengerin lagu, tapi itu juga kurang Efektif. Ada teknik yg praktis ga ya??

    • Donnita Safiera

      Kurang efektifnya tuh gimana?

  • FennyFW

    Tipsnya oke bgt nih..

    • Donnita Safiera

      Kalo ada tips tambahan, silahkan ditulis yah @FennyFW...

      • Mufliih Ramadhan

        Bang proff . kelas IPS ke jurusan IPA lwat SBMPTN ? apa bisa ?

  • Anonymous

    Maaf sis, mo nanya sesuatu yang rada off-topic. Abis udah bingung mo nanya di mana. Gini, cara ngaduin kerusakan video zenius gimana yah? 2 hari lalu dah coba email costumer service nya zenius, tapi sampe sekarang belum dibales...

    • Agus Rumus

      maaf kalau boleh tau tentang kerusakan video zenius.net/Xpedia ??, untuk zenius.net sertakan kode kontennya, dan problem nya apa, untuk xpedia (dvd), tolong dijelaskan dvd k13/ktsp dan kelas berapa, thx

  • Kak boleh minta saran biar bisa belajar bhs inggris yg "bener" utamanya pas belajar grammar yg bener jadi momok tiap kali belajar/baca teks bhs inggris di soal sbmptn/ujian mandiri taun lalu? Mohon dibales kak. Thx

    • Donnita Safiera

      Ziadbwdn,

      Broh kalo kemarin kemarin lo belajar nya gimana? Coba ceritain bro...

      • Nggak teratur gitu kak. Cuma ngandelin baca" blog /artikel bhs inggris + nonton film pake sub bhs inggris ama dari pembahasan guru bimbel yang sebenernya malah buat tambah bingung. Efeknya bhs inggris pas TO naik turun gitu kayak rollercoaster. Sebenernya yang paling bingung itu ketika ada dua tenses bergabung jadi sebuah tenses baru tapi kagak tau dipake kapan. Kalo vocab lumayan bisa nangkep cuma belum maksimal gara" efek belajar model gituan hehe

  • Muhammad Rizki

    ka, saya baca di buku bahasa inggris tentang past tense,, yang rumus
    positive sentencesnya S + V2 sedangkan di zenius.net itu rumusnya S +
    V1,, yang benar yang mana kak ???

    • Rasyid D’Rezpector

      suatu event in the past tuh biasanya pake V2.

    • Donnita Safiera

      Halo Rizki,

      Seharusnya S + V2 adalah structure kalimat positif dari past simple. Boleh minta link persisnya di zenius.net yang salah tersebut?

      • Muhammad Rizki

        kalau ga salah,, materinya di SMA kelas 1 bagian grammar chapter 2 tentang Tentes 1 bagian present simple..
        kalau masalah benar atau salahnya saya kurang tahu

  • Yoris Garfield

    untuk masalah 1 seperti vocab diatas, gue terbantu banget dengan vocab software yg ada di cd tools "xpedia". tp sayangnya harus buka laptop/pc dulu baru bisa pake :(. bakalan keren banget tuh kalau bisa dijadiin apps. buat smartphone 🙂

    • Arif Jatmiko

      Software Zenius Vocab gw ga bisa dibuka sejak pertama kali beli Xpedia T_T
      belom pernah nyipin softwarenya nih -_-

      • Muhammad A’raaf

        jangan-jangan karna dvd-nya tu, bukan karna cd-nya. udh di coba di laptop atau pc laen belom?

  • Wah keren nih ane paling gabisa ngerjain inggris hahaha :v

    • Donnita Safiera

      Oi Hagi, yo silahkan bro dicicil belajar dari sekarang...

  • syahidah asma

    Keren nih tipsnya
    Beneran deh ka aku paling lemah di inggris
    Soalnya dari dulu gaterlalu suka jadi suka main lewatlewat aja -,- nyesel deh
    Suka bingung juga mau mulai dari mana tapi untuk grammar lumayanlah

    • Rifad Anjar Jumara

      Gampang kok. Niatin aja dulu 🙂 jangan pernah ngelewatin every section di sbmptn nanti nyesel. Keliatannya gampang tapi kalo Inggris tuh harus lebih banyak drill. Niatin aja satu hari satu article inggris buat dihajar. Worth it kok! ^^

  • tya

    kak bisa ga sih prepare buat sbm bahasa inggris terakhir? maksudnya kan bahasa tuh jadi mungkin agak lebih gampang , jadi belajarnya enggak didahulukan, 2 bulan sebelum sbmptn cukup ga ya?

    • Indra D. Herdiana

      Tergantung setiap orang, sih. Tapi saran saya, jangan terlalu menganggap belajar bahasa gampang. Belajar bahasa itu tidak segampang yang dibayangkan.

  • Mufliih Ramadhan

    Mbak proff . kelas IPS ke jurusan IPA lwat SBMPTN ? apa bisa ?

    • Mulya Noval N.

      bisa, ntar ambil saintek. kalo pilih jurusan ipa dan ips, belajar dua-duanya (saintek & soshum= IPC)

  • Ihsanuddin Zaini

    kak kok materi SBMPTN di zenius.net gak ada???

  • S’Ramadhan

    Menurut kakak mana yang lebih eektif antara skimming dan scanning?

  • Kaaffah

    grammar sih udh yakin oke kalo gue, tp vocab msih hrus banyak baca.. haduh.
    btw great article *thumb*

  • melania adelia

    kak kok info kayak gini yg buat smp gk ada sih? kan kita jg mo UN 😐

  • Mendem

    Kalo lo pengen belajar bahasa inggris dari dasar sampe mahir gue saranin lo pada download aplikasi DUOLINGO buat android, bagus banget sumpah, cara belajar juga gak ngebosenin, semacam permainan gitu deh, mengasah grammar sama vocab banget. selain English juga banyak banget bahasa yang bisa lo pelajarin kaya Spanish, French, German, Italian, Dutch, etc. Recommended banget!

  • monik

    kak katanya sih kalo mau ngerti sesuatu kita harus menyukainya terlebih dahulu,aku gak suka lebih tepatnya lagi takut sama bahasa inggrs soalnya gak ngerti2 dari jaman sd sampe sekarang,gimana ya kak

  • Alfian Gilang

    Kak mau nanya, mending untuk sekarang belajar fokus untuk semester 5 apa untuk sbmptn dan mengeyapingkan semester 5 ?

  • Muhammad Nizar Aldy

    Intinya untuk bisa memperkaya vocab,lakukan hobimu dengan bahasa inggris.
    Kaya gue nih, suka nonton anime, subtitlenya english.
    Makasih mba Donnita atas tipsnya.
    Sangat membantu (y)

  • Patrick Renata

    nice tips ,it's help me a lot

  • Disga chiyan

    Hi kak kak aku mau tanya tentang TOEFL soalnya ku mau USM universitas kak jdi diuniversitas itu TOEFL harus tinggi, TOEFL itu ada teori apa2 aja sihh kak? sama gk kyk grammar gitu kak? trus contoh soalnya gimana kak, blum pernh tau toefl sebelumnya kak..

  • Almas

    kak, kalo cara nyicil dari awal banget belajar B.inggris sbm, mending belajar apa dulu? grammarnya kah atau apa?

  • wicak

    kak bikin tips buat ngerjain TBI USM PKN STAN juga dong hehe, kan itu kebanyakan soalnya harus handal di grammarnya ,thnks

  • tambain list idioms bahasa inggris nya dong kak yg sering keluar di test2..
    awam banget nih kak, dengan kata2 sinonim yg tidak terlalu umum..

  • Elisa Natalia Sentoso

    Halo kak, bermanfaat banget nih tulisannya. tapi kalo saya boleh request, tolong bikin tulisan yang tentang TOEFL dong. kan test TOEFL lagi penting pentingnya nih untuk kita kita yang mau masuk PT.. yah bisa lah bagi bagi tipsnya untuk test TOEFL biar score nya tinggi gimana, cara ngakalin waktunya gimana,dsb. Thanks! 🙂

  • Sri Murdiani

    Thanks tipsnya kak donnita. Makin terpacu buat nyiapin diri lagi kak. Semngat...:D

  • Endy

    w - 18 huff.

  • Firman

    I have a crush on u
    You're my princess leia

  • Alfinsa EP

    Dilema jawab inferred question adalah mau jawab opsi yang nggak ada di teks takut salah, jawab yang ada di teks malah salah beneran ._.

  • Kayye Sunarsih

    Hallo Kak donita, bisa minta tips & trick cara mengerjakan soal BIAS, HYPOTESIZED & INFERRED ga ya? Masih bingung soalnya cara mencari jawabannya darimana di dalam teksnya

  • Yudhis

    Halow mbak
    thanks for this article , it's so marvelous, makes me want to study and study again for this language .
    but right know I have to focus on my SBMPTN first
    thank you

  • Sam

    Kak, klk kita udh punya akun, dan mw download video" nya, bisa?

  • Suta Rahmadhani

    grammar yg dirangkum itu American atau British :/

  • Anandela

    wah gokil nih web