Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris 17

Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris

Tips jitu untuk menghadapi soal-soal reading dalam UTBK Bahasa Inggris, termasuk soal HOTS. Berikut juga panduan belajar untuk belajar grammar dan vocab dengan cara efektif.

Hello Zenius fellows! Pada kesempatan kali ini, gue mau bahas salah satu komponen dari ujian UTBK TPS yaitu UTBK Bahasa Inggris. Jadi buat lo semua anak kelas 12 atau alumni yang ngerasa kemampuan Bahasa Inggrisnya masih lemot, ngerasa paling takut sama yang namanya bacaan Bahasa Inggris, atau mungkin gak pede menghadapi ujian Bahasa Inggris… gua saranin banget baca artikel ini sampai beres! 🙂

Disclaimer: Penjelasan mengenai jadwal ujian TPS di bawah ini hanya relevan untuk UTBK sebelum tahun 2019. Hingga tulisan ini di-update, panitia UTBK belum mengumumkan lebih lanjut komposisi soal dan jadwal ujian UTBK Bahasa Inggris di UTBK. 

Okay, sebelum gue masuk ke tips belajar UTBK Bahasa Inggris, gue sedikit mau ngebahas beberapa bentuk kesalahan umum para peserta ujian waktu menghadapi materi UTBK Bahasa Inggris. Pertama-tama gua mau kita sama-sama lihat dulu jadwal ujian TPS yang terdiri dari materi TPS, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan UTBK Bahasa Inggris di bawah ini:

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bahasa Inggris dari Zenius

3 Hal Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Yang WAJIB Lo Tahu!
5 Ungkapan Maaf Dalam Bahasa Inggris
5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan
7 Salah Kaprah Penggunaan Bahasa Inggris
Idiom dalam Bahasa Inggris
Siapa Bilang Bahasa Inggris itu Ribet
Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris
Greetings: Menyapa dalam Bahasa Inggris

Pada tabel di atas kalian bisa melihat jadwal ujian UTBK untuk tahun 2020. Bahasa Inggris tergolong dalam jadwal kelompok campuran. Untuk jumlah soalnya sama seperti yang tahun lalu, kamu bisa lihat dibawah ini:

Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris 18

Nah, sekarang kita bisa sama-sama ngelihat bahwa ujian UTBK Bahasa Inggris itu disatukan pada jenis ujian TPS dengan perbandingan soal sebanyak 15 soal (dari total 90 soal) yang harus diselesaikan dalam durasi waktu 105 menit.

Emang sekilas kalo lo lihat soal Bahasa Inggris itu cuma 15 nomor doang sih. Tapi jangan salah, walaupun cuma 15 nomor, semua jenis pertanyaan dalam ujian Bahasa Inggris adalah tipe pertanyaan dalam bacaan. Tipe soal bacaan begini nih relatif makan waktu banyak untuk baca teks bacaan yang panjang dulu baru bisa jawab soalnya. Masalahnya soal Bahasa Inggris itu ditaro di urutan pelajaran yang paling akhir. Jadi seringnya porsi waktu dalam pengerjaan soal Bahasa Inggris ini cuma tinggal sisa-sisa waktu doang. Padahal justru jenis soal Bahasa Inggris itu yang justru butuh waktu lebih banyak karena harus baca teks dulu.

“Banyak peserta ujian TPS yang kelamaan ngerjain soal TPS, Matdas, & Bhs Indonesia. Jadinya pas masuk ke soal Bahasa Inggris, waktunya udah mepet banget. Padahal justru jenis soal UTBK Bahasa Inggris itu yang memerlukan waktu lebih banyak karena formatnya adalah pertanyaan dalam bacaan semua.”

Yup, inilah kesalahan umum yang sering banget kejadian. Cuma gara-gara lo gak bisa ngebagi waktu dengan efisien, lo jadi gak maksimal ngerjain soal UTBK Bahasa Inggris. Gak jarang, banyak peserta yang ngerjain soal Bahasa Inggris dalam panik bahkan gak sempet dikerjain sama sekali. Sayang banget kan?

Sekarang lo coba pikirin aja deh, yang namanya PTN top nasional itu kan pasti punya standar kemampuan Bahasa Inggris yang oke untuk menyaring para calon mahasiswanya dong. Pihak kampus juga gak mau nerima mahasiswa yang kemampuan Bahasa Inggrisnya payah, karena dari mulai buku cetak kuliah, jurnal ilmiah, sumber referensi artikel, bahkan kadang soal ujian semester kuliah itu menggunakan Bahasa Inggris. Sekarang kalo dalam ujian SBMPTN lo gak ngisi soal Bahasa Inggris sama sekali atau asal nembak doang, secara gak langsung lo memberikan kesan pada tim seleksi, bahwa kemampuan Bahasa Inggris lo payah banget atau bahkan gak bisa sama sekali!

Terus gimana dong caranya supaya bisa jago ngerjain soal Reading dengan cepat dan efektif? Tenang mas bro and sis. Berhubung tipe soal ujian UTBK Bahasa Inggris bisa dibilang 100% tipe soal Reading Comprehension, berarti secara praktis lo bisa langsung tau bahwa yang perlu lo lakukan adalah meningkatkan skill reading (membaca dan memahami bacaan berbahasa Inggris).

Nah, dalam artikel zenius blog kali ini, gue akan bahas masalah apa yang bikin orang sulit ngerjain soal reading, tips untuk mengatasi masalah itu, tipe-tipe soal reading, sampe tips untuk menjawab tipe soal reading comprehension, khususnya untuk ujian UTBK. Sebelum gue masuk langsung ke tipsnya, yuk kita kenali dulu ujian reading kita kayak apa.tips mengerjakan utbk bahasa inggris

Baca Kasual vs Baca untuk Ujian

“… Baca kasual tuh gimana yah?”

Lo doyan baca apa, bro, sist? Setiap orang punya topik bacaan kesukaannya masing-masing. Kalo lo hobi ngikutin olahraga sepak bola, kemungkinan lo doyan baca berita tentang dunia sepak bola. Kalo hobi lo baca novel, biasanya lo baca novel sampai bener-bener meresapi dan menikmati alur ceritanya. Biasanya sih kalo emang kita hobi baca topik tertentu, cara kita membaca itu juga bisa sampai mendetil. Sama juga kalo lo baca novel, biasanya lo baca sampai bener-bener meresapi setiap maknanya. Nah gampangnya, itulah yang gua sebut dengan baca kasual. Baca kasual itu adalah saat kita membaca koran, novel, atau berita yang mana saat kita baca juga bawaannya santai, diresapi, dinikmati, dan relatif mendetil.

“… Apa bedanya sama baca buat ujian ya?”

Nah ini dia hal penting yang mau gua tekankan. Baca untuk ujian itu jangan disamakan seperti lo baca kasual. Khusus untuk ujian Bahasa Inggris, bacaan itu punya tujuan, yaitu menguji kemampuan reading comprehension kita dengan durasi waktu yang terbatas, di mana hasilnya akan menggambarkan sejauh mana penguasaan kita untuk membaca dan memahami bacaan berbahasa Inggris. Nah, dalam konteks ujian UTBK, khususnya sesi Bahasa Inggris, biasanya durasi waktu yang tersedia akan amat sangat singkat! Itulah kenapa gua menekankan bahwa lo jangan sampai membaca bacaan teks dalam ujian seperti lo membaca novel atau koran.

Terus gimana dong cara baca untuk ujian? Baca secara cepat dan fokus pada info yang penting. Cara membaca seperti itu biasanya disebut dengan istilah skimming. Dalam membaca skimming, lo membaca dengan cepat, dan berusaha konsentrasi pada ide pokok yang ingin dijelaskan dalam bacaan tersebut.

Sebetulnya apa sih yang ngebedain baca kasual dengan baca untuk ujian? 

Kalo lo lagi baca kasual, kita membaca secara santai dan menikmati proses membaca. Kalo baca buat ujian, yang penting adalah NGERTI SECARA UMUM DALAM WAKTU SINGKAT.

Indikator kita sukses ngerjain reading buat ujian adalah ngerjain soal sebanyak-banyaknya yang bener dalam batas waktu yang ditentuin. UN, SBMPTN, SIMAK, TOEFL, maupun IELTS ini adalah jenis bacaan untuk ujian, pastikan lo bedakan teknik baca untuk ujian dengan untuk baca kasual.

Kesalahan Umum dalam Ngerjain Ujian Reading

Setelah kita tahu ujian reading kayak apa, terus gimana nih cara bikin kita bisa ngerjain ujian? Nah, sekarang gue mau identify masalah-masalah yang umum ketika kita gak bisa ngerjain ujian reading. Inilah 3 besar masalah yang biasa gue temuin.

Masalah 1: Gak belajar Grammar dan Vocabulary karena ngerasa gak keluar di soal

Nah ini step paling penting untuk kita yang masih payah dasar Bahasa Inggrisnya. Pokoknya grammar dan vocab itu adalah fondasi dasar kita dalam ngerti bahasa Inggris. 

*Grammar = tata bahasa atau aturan dalam menyusun kalimat, Vocabulary (vocab) = perbendaharaan kata*

Belajar grammar emang makan waktu, lumayan susah, banyak aturan (udah kayak pacaran aja :p), dan perlu diulang-ulang sampe paham. Tapi, kalo kita gak bisa grammar, jangan harap bisa ngerti suatu bacaan dengan gampang. Karena tingkat pemahaman kita di grammar juga otomatis bisa bikin kita baca jadi lebih cepet dan jauh lebih akurat. Belajar grammar itu gak bisa singkat. Coba deh lo ulang materi grammar berikut.

Kalo gak bisa yang namanya vocab, kita juga gak bakalan ngerti konteks bacaan yang kita baca. Caranya belajar vocab? Nah kalo ini mau gak mau memang harus ngafalin. Gak semua orang sanggup sih ngafalin kata-per-kata doang, soalnya itu terlalu ngebosenin dan cepet lupa. Mendingan untuk belajar vocab kita masuk ke poin 2.

Masalah 2: Jarang baca kasual bacaan berbahasa Inggris

Kalo gue perhatiin, rata-rata dari murid Zenius yang kesulitan dalam ngerjain ujian reading itu ternyata… gak doyan baca dalam kehidupan sehari-hari (jarang baca kasual bacaan berbahasa Inggris).

Buat yang ngerasa males baca, mungkin sekarang lo lagi tersenyum kecil nih. Meskipun di atas gue bilang baca kasual beda sama baca buat ujian, tapi dari mana lagi coba kita ngumpulin Vocabulary kalo bukan dari baca bacaan berbahasa Inggris sehari-hari?

Dengan membaca, kita gak cuma belajar vocab baru, tapi juga memperluas konteks dari vocab yang lama, dan makin inget makna vocab yang pernah kita hafalin dulu (tapi sekarang lupa). Selain itu, makin sering baca bacaan berbahasa Inggris ya makin cepet juga kecepatan membaca kita. Kita juga bisa makin paham sama pandangan penulis yang bermacam-macam sampe ngerti tujuan si penulis nulis artikel ini tuh apa.

“Duh, serius.. Gue paling males deh kalo disuruh baca, apalagi kalo bacaannya Bahasa Inggris”

Males itu emang enak, tapi males belajar UTBK Bahasa Inggris itu sama artinya dengan memupuk masalah. Buat lo yang sekarang anti banget sama yang namanya bacaan teks berbahasa Inggris, maka bersiap-siaplah untuk susah-payah menjalani kuliah yang hampir semua textbook pegangan resminya pake Bahasa Inggris. Bersiaplah karena semua bahan jurnal ilmiah, sumber materi ujian, bahkan beberapa soal ujian akan lo hadapi dengan format Bahasa Inggris. Sekarang kalo lo baru umur 17-19 tahun aja udah anti sama bacaan UTBK Bahasa Inggris, gimana lo mau survive di dunia kuliah, di dunia kerja profesional, dan di dunia komunikasi global?

Mulai sekarang yuk kita ubah mindset dalam diri kita untuk mulai belajar menyukai Bahasa Inggris. Gua yakin usaha lo untuk melawan kemalasan belajar UTBK Bahasa Inggris sekarang ini, akan jauh lebih terbayar dengan manfaat yang gede banget untuk jangka panjang.

Untuk bisa lebih mudah melawan kemalasan, mungkin lo bisa mulai melangkah secara perlahan. Dimulai dari hal yang sederhana seperti membiasakan googling dengan bahasa inggris atau kita juga bisa mulai baca artikel pendek yang berhubungan sama hobi kita. Kalo hobinya otomotif, ya silakan cari artikel otomotif berbahasa Inggris. Kalo lo hobi baca manga/komik online, cobalah baca manga/komik terjemahan bahasa Inggris, begitu juga dengan hobi-hobi yang lainnya. Explore aja sebanyak-banyaknya topik yang bisa lo telusuri. Intinya, gua harap mulai sekarang lo mencoba untuk membiasakan diri baca teks UTBK Bahasa Inggris. Biar pelan asal konsisten, dan lo akan menemukan manfaatnya sampai seumur hidup lo. 🙂

Masalah 3: Gak latihan untuk ujian Reading 

Setelah lo men-tackle kedua masalah di atas, jangan lupa kalo kita juga perlu latihan baca untuk ujiannya (ya iyalahh!). Lo bisa pake bahan latihannya di sini nih:

Lo bisa donlot PDF latihan soalnya dengan mengklik tombol “Download Soal” pada link latihan soal di atas.

Latihannya itu dengan menjawab soal reading yang pake batasan waktu. Inget yah, lo wajib banget kasih batasan waktu, soalnya reading untuk ujian itu waktunya dibatasi dan seringnya mepet banget.

Gue udah ngasih tips untuk tacke masalah 1 dan 2, gimana dong tips buat masalah 3 ini? Ayo lanjut baca ke selanjutnya.

Tips untuk Latihan Ngerjain Ujian Reading English

A. Tips Umum Ujian Reading

1. Skim the text

Karena ujian waktunya terbatas, kita perlu skimming atau “baca cepet“. Tujuannya untuk dapet ide umum tentang isi teksnya apa. Biasanya ide umum tentang teksnya ada di paragraf pertama dan atau paragraf terakhir. Coba deh baca itu dulu. Dengan seringnya kita berlatih, kita semakin cepet untuk mengidentifikasi info mana yang penting dan yang kurang penting untuk dibaca.

Jangan lupa, untuk membaca teks dengan lebih cepat, hindari menelusuri baris per baris di setiap paragraf secara horizontal. Kalau mau menelusuri teksnya, telusuri paragrafnya dengan garis vertikal (dari atas ke bawah), di tengah baris.

2. Mark the important information

Selagi kita baca, kalo nemu suatu info yang penting, coba deh tandain. Kalo emang ditanya di soal nanti, kita bisa mengacu ke paragraf tersebut dengan cepat. Gak perlu nyari lagi.

3. Guess the unknown vocab

Kadang-kadang kita nemu vocab yang susah kan? Kalau konteksnya ujian, kita perlu bisa nebak suatu makna kata dari konteksnya. Kalo emang gak bisa nebak sama sekali, lewatin aja. Jangan terlalu lama mikirin hal yang gak akan kita ketahui, mending fokus ke soal yang masih dalam jangkauan kita.

Nah, mumpung sekarang masih ada waktu untuk belajar dan memperluas perbendaharaan kata (vocab) dalam UTBK Bahasa Inggris, lo juga bisa simak video berikut:

4. Read the text first? or the questions?

Sering banget murid-murid nanya: Baca teksnya atau soalnya duluan?

Selama ini, kebanyakan murid memang beda-beda kesukaannya. Ada yang hobi baca soal dulu untuk dapat gambaran kira-kira paragrafnya ngomongin apa. Ada juga yang lebih ngerti baca teksnya dulu. Nah lo sukanya yang mana nih?

Tapi, seberapa sukanya kita dengan metode baca yang mana, apa pun yang terjadi, kita ujung-ujungnya bolak-balik dari teks ke soal ke teks lagi dan seterusnya. Contoh deh, pas kita gak ngerti paragrafnya, coba aja cek soalnya. Kalo itu membantu, coba masuk ke paragrafnya lagi.

5. Skip the difficult questions

Gak cuma dalam pacaran, dalam ngerjain ujian pun kita harus belajar move on. Kalo lo ngerasa soalnya emang susah, lewatin aja dulu. Masih banyak soal-soal lain yang masih bisa lo jawab menunggu kita di luar sana. Waktu terbatas! Kalo waktunya memungkinkan, nanti kita bisa selalu kembali ke nomor yang udah kita tinggalkan.

6. Limit your outside knowledge

Ini perlu dicamkan baik-baik karena banyak banget yang salah di sini. Di soal kan selalu ada tulisan “according to the writer”, “according to the text”, dan seterusnya. Dalam soal reading, kita wajib menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi yang ada di teks. Kita GAK BOLEH memasukkan pengetahuan, persepsi pribadi, pengalaman pribadi maupun opini kita yang gak ada di teks, sekalipun itu hal yang kita anggap benar.

Contoh deh. Misalnya di teks, si penulis bilang bahwa “Minum limbah cair itu menyehatkan”. Nah kalo kita ditanya “Eh, kata teksnya, bener gak sih minum limbah cair itu menyehatkan?”, jawaban kita harusnya “iya”. Soalnya kan sesuai sama pertanyaannya “menurut teks”. Coba kita melihat masalah sesuai dengan tulisan si penulis, tinggalkan dulu perasaan dan persepsi pribadi lo. Oh ya, gua juga sempat merangkum:

B. Tips Berdasarkan Pertanyaan Ujian Reading

Kalo lo udah sering latihan soal reading, pasti lo udah hafal deh soal reading itu tipikalnya suka nanyain apa aja. Nah, ini gue bantuin deh mengkategorikan tipe soal reading, contoh pertanyaannya, plus tips untuk tiap kategori soal reading. 

1. Tipe soal yang nanyain Gambaran Umum

Maksudnya, ini tipe soal yang nanya: main idea/information, main topic, purpose, title, conclusion. Tipe soal seperti ini meminta kita tau ringkasan, gagasan utama, ide pokokkesimpulan, atau inti dari teksnya. Semua pertanyaan itu sama aja kayak temen lo nanya: “Eh, teksnya intinya tentang apaan sih?”. Ketika lo menceritakan gambaran umum teksnya dengan satu kalimat, itulah main idea/main information. Ketika lo jawab dengan frase, itulah topic dari teksnya. Contoh pertanyaan tipe 1 seperti ini:

mainquestion

Coba sekarang bayangin kalo kita habis baca ini, terus ada temen kita yang mau jebe. Dia nanya “Eh tentang apa nih teksnya?” Itulah topiknya. Kalo lo penasaran pengen coba ngerjain soal di atas, coba lihat deh text asli dan juga video pembahasannya di sini:

2. Tipe soal yang nanyain informasi spesifik

Ini tipe soal yang nanyain informasi spesifik yang ada di teksnya. Contohnya, di teks yang ngejelasin pembunuhan, kita bisa ditanya “siapa yang bunuh”. Kalau di teks yang ngejelasin riset dari minyak kelapa, kita bisa ditanya “kelapa apa yang digunakan oleh si periset”. Masih dengan teks yang sama seperti di atas. Coba deh lihat contoh pertanyaan yang nanyain informasi mendetil:

detilq

Lihat bahwa teksnya nanya informasi spesifik, yang salah. Lihatjawabannya di sini:

Nah, untuk lebih detilnya, gua juga sempet bikin video materi yang menjelaskan:

3. Tipe soal yang nanyain informasi tersirat

Tipe soal ini bakalan nanya informasi yang implisit di dalam suatu teks. Contohnya: “…probably..”, “we can guess that…”, “the author suggests that…”, “the writer seems…”, “it is implied that…”, “it can be inferred that…” 

Yang namanya informasi tersirat, bukan informasi yang asal tebak. Lihat contohnya deh (masih dari teks yang sama).

impliedq

Maksud pertanyaan dari soal ini adalah, tersirat dari paragraf 5, alias gak disebut secara eksplisit. Nah, pertanyaan semacam ini bisa tergolong soal HOTS karena membutuhkan kemampuan penalaran. Penjelasan lebih lanjut mengenai soal HOTS, bisa dibaca di sini: Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS.

Trus gimana nih cara jawabnya? Kita lihat clues yang ada di teks. Apa sih yang disebut di paragraf ke-5 tentang semakin sering kita puasa? Yaitu ada di kalimat terakhir. Nah coba lihat pembahasannya di:

4. Tipe soal yang nanyain vocabulary & reference

Tipe soal ini biasanya akan nanyain makna, sinonim, antonim dari suatu kata. Contoh:

vocabq

Nah kebetulan, pertanyaan di atas nanyain sinonim dari kata “deprived of”. Untuk menjawab pertanyaan vocab dari soal reading, hindari langsung silang pilihan jawaban (mentang-mentang udah tahu artinya). Kenapa? Soalnya kita perlu memahami konteks dari kata ini. Bisa jadi makna dari kata tersebut lebih dari satu dan semuanya ada di pilihan jawaban. Nah kita harus cari makna yang sesuai konteks penggunaannya. Jadi coba kita baca dari kalimat sebelum atau sesudahnya.

Sementara itu, tipe pertanyaan yang nanyain reference biasanya akan nanya: “… refers to …”. Contoh:

referenceqMaksud dari pertanyaan di atas adalah kata “which” bisa digantikan dengan kata apa? Kalo kita ngelihat bentuk kayak begini, biasanya yang ditanya adalah materi pronouns (he, him, his, himself, etc.).

****

Nah, gimana? Udah detil banget kan gue jabarin dari masalah, tipe soal, sampe tips spesifik dari tiap kesulitan yang biasanya lo hadapin pas ngerjain soal Reading Comprehension. Jenis soal bisa banyak dan lebih bervariasi lagi yah dari contoh yang diberikan di atas.

Kalo coba gue ringkas di sini: Intinya buat jago ngerjain Reading Comprehension (khususnya buat SBMPTN) setelah kita mempelajari fondasi Grammar dan Vocab, kita perlu rajin baca (mau ga mau). Setelah rajin baca, coba kerjakan latihan-latihan Reading. Mumpung masih ada waktu, mulai nyicil persiapannya mulai dari sekarang yah. Okeh, semangat guys!!

PS: Di zenius.net, gua udah bikin video materi untuk belajar UTBK Bahasa Inggris lengkap dengan pembahasan soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu. Lo bisa akses video materi & latihan soalnya di sini:

Nah sekali lagi gua ingetin nih, lewat link di atas, lo bisa download semua soal-soal UTBK Bahasa Inggris dalam bentuk pdf, GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma UTBK Bahasa Inggris doang, Zenius juga udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS, mulai dari UTBK, SIMAK UI, UTUL UGM, USM STAN dan banyak lagi. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Oh iya, lo bisa download PDF soalnya dengan mengklik tombol “Download Soal” di sisi kiri atas link soal di atas ya.

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Donna tentang tips belajar UTBK bahasa Inggris, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini.

Baca Juga Artikel Bahasa Inggris Lainnya:

Materi Bahasa Inggris Idiom

Materi Bahasa Inggris Pronunciation

Tips Belajar Bahasa Inggris

Bagikan Artikel Ini!