Belajar Fisika Untuk UN SMA 2013

Sebagian besar orang kalau denger kata “Fisika” biasanya langsung males duluan. Anggapan yang paling umum nih: Fisika itu susah, banyak rumus yang harus dihapal, banyak hitung-hitungan, ... “pokoknya gue paling nggak ngerti fisika deh”.

Nah, kalau lo termasuk orang yang kayak gitu, saran gue sebelum baca tulisan ini: Buang jauh-jauh dulu deh anggapan kalau Fisika itu susah, apa lagi anggapan kalau lo nggak akan bisa ngerti Fisika. Karena sebenernya Fisika itu nggak sesusah yang dibayangin, terutama kalau lo belajar Fisikanya bener-bener dari konsep.

Kalau lo mau lihat gimana contoh belajar Fisika pakai konsep, tonton video di bawah ini deh. Ini gue ambil dari soal UN SMA Fisika tahun 2012.

Nah, sekarang di bawah ini gue udah daftarin SKL (Standard Kompetensi Lulusan) yang diujikan untuk Fisika UN SMA 2013. Dan udah ada daftar video teori dan latihan soal di zenius.net yang bersesuaian sama SKL yang diujikan itu. Check aja daftarnya di bawah:

SKL UN Fisika - 01

Yang paling penting di sini adalah lo tahu gimana cara mengukur dengan Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup. Terus juga harus kuasain konsep vektor. Teori + Latihan Soalnya lengkap ada di sini:
Besaran dan Satuan (+latihan soal)
Vektor (+latihan soal)

SKL UN Fisika - 02

Nah, ini harus kita bagi per indikator:
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola
Gerak Lurus (+latihan soal)
Gerak Melingkar Beraturan (+latihan soal)
Gerak Parabola (+latihan soal)

Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Hukum Newton dan Gravitasi (+latihan soal)

Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar
Kesetimbangan Benda Tegar (+latihan soal)
Dinamika Rotasi (+latihan soal)
Titik Berat dan Pusat Massa (+latihan soal)

Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait
Usaha dan Energi (+latihan soal) Semua materi di Fisika itu nyambung satu sama lain di konsep Usaha dan Energi. Jadi, penting banget untuk kuasain materi ini 100%!!!

Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas
Elastisitas (+latihan soal)


Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik

latihan soal kekekalan energi mekanik, soal nomor 20 dan seterusnya

Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum
Impuls dan Kekekalan Momentum (+latihan soal)

Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik atau fluida dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Fluida Statis (+latihan soal)
Fluida Dinamis (+latihan soal)

SKL UN Fisika - 03

Nah, materi yang ini gabungan dari materi Kalor di kelas 10 dan materi Gas Ideal dan Termodinamika di kelas 11. Konsep dan latihan soalnya bisa dilihat di sini:
Kalor, asas Black (+latihan soal)
Persamaan Umum Gas Ideal (+latihan soal)
Termodinamika (+latihan soal)

SKL UN Fisika - 04

Nah, untuk yang ini, kita masuk ke materi Fisika Kelas 12: Gelombang, Bunyi, dan Optika Fisis. Ditambah materi kelas 10 tentang Mikroskop dan Teropong.
Gelombang (+latihan soal)
Bunyi (+latihan soal)
Optika Fisis (+latihan soal)
Mikroskop dan Teropong (+latihan soal)

SKL UN Fisika - 05

Prinsip Kelistrikan dan Kemagnetan:
Listrik Statis: Hukum Coulomb, Potensial Listrik, dll (+latihan soal)
Listrik Dinamis: Hukum Kirchhoff (+latihan soal)
Magnet (+latihan soal)
Arus Bolak-balik AC (+latihan soal)

SKL UN Fisika - 06

Untuk kompetensi terakhir ini, semua materinya berasal dari materi Kelas 12. Materinya udah dirangkum di serial video yang ada di Fisika Kelas 12.
Fisika Modern: Atom
Fisika Kuantum – vol 1
Fisika Kuantum – vol 2
Fisika Inti
Relativitas

Okay, DONE!!
Kalau semua materi di atas udah dipelajarin, udah cukup banget untuk persiapan UN Fisika 2013.

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang tips belajar UN Fisika, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.