Belajar Efektif dan Efisien untuk UN Biologi bagian 2

Oke, ini adalah lanjutan dari blog yang udah gue buat minggu lalu, tulisan blog sebelumnya bisa dilihat di tautan postingan blog sebelumnya yang berjudul Belajar Efektif dan Efisien untuk UN Biologi bagian 1 . Jadi minggu lalu tuh ceritanya kita udah nyampe di hari Rabu dan menguasai materi kelas X dan XI, naah sekarang kita lanjut di hari berikutnya (Kamis) untuk nguasain materi kelas XII nih!

Kamis, Kelas XII bagian 1

Materi kelas XII berkontribusi paling banyak di soal UN, 50% atau sekitar 20-25 soal UN diambil dari kelas XII. Sebenarnya inti dari Biologi ada di kelas 3, maka dari itu bobotnya paling banyak. Ok kita coba liat dulu apa yang ada di kisi-kisi

SKL Biologi kelas 12

Poin pertama tentang hormon dan faktor pertumbuhan. Poin kedua sampe akhir? Nah ini yang disebut materi Biokimia dasar, mulai dari Enzim, Katabolisme sampai Anabolisme. Untuk pembekalan awal, disaranin untuk nonton bagian Biokimia di zenius.net. Setelah itu lanjut untuk materi Enzim.

Materi di poin pertama, meliputi hormon-hormon tumbuhan dan faktor pertumbuhan. Karena materinya tidak terlalu banyak, maka bisa dilakukan latihan dari pembahasan soal2. Sempatkan untuk melihat pembahasan soal-soal pertumbuhan perkembangan di tautan ini. Sekaligus mendapat gambaran soal apa yang kira-kira akan keluar. Total waktu yang dibutuhkan kira-kira 45 menit.

UN Bio 2012 soal no: 27-28
UN Bio 2011 soal no: 23
UN Bio 2010 soal no: 23-24

Untuk bagian Katabolisme dan Anabolisme, karena materinya lumayan rumit jadi kita dedikasikan satu hari untuk KTSP Ini. Sebenarnya pemahaman Bab metabolisme ga lepas dari penguasaan dasar-dasarnya. Sayangnya pengetahuan dasar Biokimia tuh cuma sekilas ada di bab sel sewaktu kelas 11. Karena itu sempatkan liat seri video zenius tentang Biokimia dasar sebelum masuk belajar Metabolisme.

Biokimia Biologi kelas XII

Gambar diatas, adalah konsep gw untuk KTSP bagian pertama di kelas XII ini. Jujur, ini bab yang asik banget. Ga ada apalan dan klo lu belajar konsepnya dengan benar, malah bisa jadi bekal yang gede untuk persiapan SNMPTN. Setelah ngabisin waktu 30 menit dengerin Biokimia. Kita lanjut ke Teori Metabolisme di kedua tautan ini, yang berdurasi total hampir 1.5 jam

video zenius teori metabolisme bagian 1
video zenius teori metabolisme bagian 2

Soal-soal mengenai Metabolisme (Enzim, Katabolisme dan Anabolisme) bisa mencapai 5-7 soal tiap tahunnya di UN. Karena penguasaan konsep adalah target kita, maka mau soalnya diutak-atik gimana pun kita bakal bisa PD ngejawab soal-soal ini. Berikut soal-soal UN lampau tentang metabolisme, liat gimana pemahaman kita jadi bertambah drastis setelah menguatkan pengetahuan dasar, tentang biokimia dan metabolisme. Waktu yg dibutuhkan memang agak lama, karena di video pembahasan, beberapa konsep diulang-ulang supaya paham. Total durasi yang dibutuhkan untuk nonton video secara penuh berkisar antara 45 menit sampai 1 jam.

UN Bio 2012 soal no: 23-26
UN Bio 2011 soal no: 34-37
UN Bio 2010 soal no: 25-29

Kalo ikutin tulisan dari awal, mulai dari Bab pertumbuhan dan perkembangan sampai Metabolisme, total waktu yang kita habiskan adalah: 3 jam 45 menit. Dan berarti lu udah bisa jawab soal UN sampai 27 soal yang berarti kira-kira 65%, klo targetnya “Cuma” lulus, artinya udah terlampaui kan? Tapi target kita adalah nilai terbaik karena itu... stop dulu untuk hari ini.

“Lho.. masih kuat belajar ko? Kenapa stop?” . Untuk revisi pelajaran, apalagi yang agak rumit, otak harus diistirahatkan sebentar. Belajar terus, bukan aja ga efektif, tapi juga berbahaya. Kita seakan udah merasa belajar materi tersebut, tapi tingkat penguasaannya rendah. Kalau mau terus belajar, sekedar saran: Istirahat 1 jam dan setelah itu baca buku teks tentang bab ini secara santai.

Jumat, Kelas XII bagian 2

Jumat buat sebagian orang adalah hari yang pendek, tapi tidak untuk persiapan UN Biologi. Kita akan buat hari ini jadi hari yang panjang untuk mempelajari Bab yang amat super duper maha penting (ok jadi berlebihan he he) di Biologi, yakni Genetika!!. Pertama-tama kita lihat dari SKL

SKL Biologi kelas 12-2

SKL genetik ada 7 poin, kalau di buku teks biasa tersebar di 4 bab, yaitu : Substansi genetika, Pembelahan Sel, Pola-pola hereditas, Mutasi. Di Zenius bagian Biologi pembagiannya dibuat seperti ini:

Genetik Biologi kelas XII

Genetika dibagi 2 bagian besar: Genetika molekular yang membahas struktur DNA & RNA, Replikasi DNA dan Sintesis Protein. Penguasaan bab ini penting untuk bab terakhir di kelas XII, yakni Bioteknologi. Untuk bagian genetika molekular ini bab-bab yang relavan dengan SKL dan buku teks adalah Subtansi genetika dan Pembelahan sel. Untuk penjelasan teori dapat dilihat di kedua tautan berikut, durasi waktu total? 2 jam :P

video zenius teori genetika
video zenius teori pembelahan sel

Bagian kedua dari genetika adalah genetika Mendel. Disini kita akan belajar persilangan-persilangan antar individu dan memperkirakan fenotip dan genotip apa yang akan keluar. Banyak yang bilang ini bab yang sulit, engga sama sekali!! Klo ada soal genetika mendel keluar banyak di UN, kita harus bersyukur. Karena sekali kita nguasain konsep persilangan Mendel, semua (iya semua!) soal persilangan bisa kita kerjakan. Berikutnya adalah bab mutasi. Bab ini merupakan penjelasan apa yang terjadi kalau mekanisme genetika yang terjadi di bab-bab sebelumnya melakukan kesalahan di dunia nyata. Nah kalau udah nguasain Bab genetika molekuler, bab ini jadi sederhana banget. Berikut kedua tautan penjelasan teori untuk Bab Pola-pola hereditas dan Bab Mutasi dan kalau ditonton semua, mungkin makan waktu yang sama.. 2 jam.

Video zenius teori pola-pola hereditas
Video zenius teori mutasi

Udah 4 jam kita habiskan untuk dalemin teori-teori di genetika, sempatkan istirahat 30 menit. Setelah itu kita hajar soal-soal dan tonton pembahasan soal-soalnya dari UN tahun-tahun sebelumnya, ini daftar soalnya:

UN Bio 2012 soal no: 23 & 29, 30-35
UN Bio 2011 soal no: 24-30
UN Bio 2010 soal no: 31-35

Soal-soal mengenai genetika lumayan banyak keluar di UN tahun-tahun sebelumnya. Kadang sampai 7-9 soal tentang genetika keluar dalam 1 tahun. Keuntungan untuk kita yang belajar konsep dasar, tanpa hafalan seperti materi kelas 1, kita bisa menjawab dengan benar 7 soal di UN. Durasi total pembahasan soal adalah 1,5 jam.

Benar kan hari Jumat jadi hari yang panjang, kira-kira total durasi waktu yang kita gunakan untuk genetika adalah 5 jam 30 menit. Karena itu perlu jeda istirahat diantara keduanya. Tapi imbalannya? Dari hari Senin sampai akhir hari Jumat, kita sudah sanggup mengerjakan 34 soal yang artinya? Yak benar sekitar 75%. Yak lanjut ke hari Sabtu untuk kesempurnaan..

Sabtu, Kelas XII bagian 3

Sabtu belajar? Iya kenapa engga, apalagi topik untuk hari ini menarik banget Asal-usul kehidupan, Evolusi organisme dan Bioteknologi. Nah sekilas kita lihat dulu apa yang diminta sama SKL

SKL Biologi kelas 12-3

Di buku-buku teks SKL terakhir ini dibagi jadi 2 bab, yaitu Bab Evolusi dan Bab Bioteknologi. Bahasan-bahasan di bab-bab terakhir ini sangat menarik dibaca, apalagi ditambah pengetahuan di luar buku teks yang melimpah, yang bahkan bisa berupa video dari BBC atau National geographic. Tapi karena target kita adalah UN, kita prioritaskan untuk mampu menjawab soal-soal terlebih dahulu. Untuk gambaran umum tentang bab Evolusi dapat dilihat di gambar berikut:

Evolusi Biologi kelas 12

Untuk teori Bab Evolusi, sekaligus bahasan tentang asal-usul kehidupan serta evolusi anorganik dapat dilihat di video zenius teori evolusi. Total durasi memang agak lama, karena pembahasan disertai dengan sejarah teori evolusi biar seru. Total durasi yang ada sekitar 2 jam.

Untuk Bioteknologi, seperti yg dikatakan sebelumnya, penguasaan genetika molekular hukumnya wajib, untuk nguasain bab ini. Disini kita bicara aplikasi sains Biologi dalam bidang kedokteran, pangan dan bahkan forensik. Sayangnya tipe soal-soal yang muncul di UN kadang mengarah pada hafalan nama-nama mikroorganisme yang terlibat saja. Soal seperti ini tidak mencerdaskan dan membuat Biologi mendapat stigma negatif sebagai “Pelajaran Hafalan” Tapi apa boleh buat. Inilah sekilas video zenius tentang teori Bioteknologi:

Dan terakhir untuk latihan-latihan soalnya, kita bisa melihat bagaimana UN lampau mencoba menguji kemampuan siswa di penguasaan SKL.
UN Bio 2012 soal no: 1, 36-40
UN Bio 2011 soal no: 31-33, 38-40
UN Bio 2010 soal no: 36-40

Lagi-lagi, maaf klo pembahasan soal makan waktu yang tidak sebentar. Karena kadang-kadang ketika membahas soal, ga tahan untuk mengulang dasar-dasar teorinya. Total durasi soal-soal untuk SKL terakhir ini adalah, 1 jam. Total di hari Sabtu kita menghabiskan waktu 3.5 jam untuk merevisi materi pelajaran.

Dari hari Senin sampai Sabtu, agenda belajar kita bisa dirangkum sebagai berikut

Agenda Belajar Biologi kelas 12

Sesampainya di hari Sabtu, kita sudah siap 100%. Dan sisa waktu di minggu berikutnya bisa kita isi dengan melihat pembahasan soal UN tahun 2008 dan pembahasan soal UN 2009 di zenius.net untuk pemantapan, atau kalau kurang puas bisa dilihat di beberapa set pembahasan Biologi. Kamu bisa unduh (download) soalnya dalam format pdf terlebih dahulu, uda gitu bisa kalian liat pembahasan untuk soal-soal yang kurang yakin jawabannya. Cobain nih kalian tryout sendiri 8 set prediksi UN Biologi 2013 yang uda zenius buat, pastinya semua nomer di 8 set itu udah ada pembahasannya dengan cara masukin kode konten ke kolom yang ada di sudut kiri atas homepage zenius.net

Kita habiskan 2 minggu maksimal untuk persiapan UN Biologi menggunakan zenius.net. Seminggu, penguasaan materi secara efektif dan Efisien. Seminggu berikutnya pemantapan soal-soal. Kalau begitu ga ada alasan untuk ga bisa, stress atau depresi untuk menghadapi UN Biologi. Dengan agenda dan jadwal belajar di dua tulisan Blog ini kita siap untuk mengikuti UN Biologi 2013!!

About 

Prasdianto adalah Senior Tutor Biologi yang juga berkontribusi sebagai pengisi konten Biologi di zenius.net. Prasdianto mengambil S1 Fakultas MIPA Jurusan Biologi di Universitas Indonesia
 
Follow Twitter Pras at @prasdianto

  • lima

    ditunggu yang fisika, kimia, dan kawan - kawan ya miin... :D
    makasih ...

  • KAMARIAH

    semoga yang fisika, kimia, bahasa indonesia n bahasa inggris utuk SMA IPA,.....cepat2 di terbit kan........AMIN...............

  • http://twitter.com/shaufiman M. Shaufi Imanulhaq

    yang SBMPTN bro mana ?

  • http://www.facebook.com/titosyaajihad Tito Syah Jihad

    kang coba di cek vidionya ko susah di buka ya

    eror ada bacaan unabel failed conecting failed to clip

    padahal internet saya kenceng ,

    • http://twitter.com/kamentrader Prasdianto

      Barusan di cek linknya lagi. Udah bisa diakses lagi ko zenius.net nya :D

  • Uliah

    Good Job, gan..

    • http://twitter.com/kamentrader Prasdianto

      Kalau gitu segera meluncur ke TeKaPe Gan.. (Zenius dot Net) :D

  • Pingback: timberland 3eye

  • Azzahrah Nabilla

    Makasih banget infonya! Sukses terus kak:D

  • uty hangeul

    Makasih banyak atas ilmunya kak! ^_^
    Ini keren banget, kalo semua anak Indonesia tau ini mungkin mereka ga perlu contekan lagi.
    Fisika, Kimia, sama Biologi udah ada.. Berarti tinggal Matematika :D
    Di tunggu ya kaa.. Ganbaree~

  • http://twitter.com/danykarolyn dany karolyn

    bantu banget buat belajar

  • Laras

    keren banget kak!

  • fuziass

    InshaAllah,,,, dengan share ilmu seperti ini, Allah akan memberikan pahala surga bagi anda, karena antara lain adalah ilmu yang tidak terputus. Teruskan yaa,,, tetap semangat, kalo' bisa pembahasan soal-soal OSN biologi. Karena selama ini sepertinya hanya OSN biologi yang tidak care untuk di share kan ke adik-adik yang membutuhkan,, :)

    • Prasdianto

      Amin ya saudaraku fuzias.. :) untuk OSN Biologi, gw lagi kompilasi beberapa soal-soal yg dimasukin ke Kapita Selekta khusus. Isinya soal campuran dari beberapa ujian di luar negeri semacam A-Level, SAT II Bio dan AP Bio. Tujuannya? supaya anak-anak Indonesia lebih luas aja wawasannya dan ga kalah klo saingan dengan warga dunia.

      • Putra

        kapan nih kaa, kapsel khusus maha dahsyatnya? ditunggu lhoo :P