Pembahasan Soal SBMPTN 2014

Berikut adalah kumpulan pembahasan soal SBMPTN 2014 untuk semua materi TKPA, Saintek, dan Soshum.

Artikel Zenius kali ini sifatnya sakral banget. Artinya, wajib hukumnya buat di-bookmark terutama sama lo semua yang udah membulatkan tekad untuk menempuh SBMPTN. Okay, gua yakin sebagian besar dari lo yang masuk (atau nyasar) ke artikel ini punya harapan yang sama, yaitu untuk bisa berkuliah di universitas atau perguruan tinggi impian lo. Nah, ada banyak cara untuk bisa merealisasikan harapan lo itu, salah satu jalurnya adalah SBMPTN.

Perlu lo semua ketahui, pada Saringan SBMPTN 2014 yang lalu, terdapat 104.862 siswa yang lolos dari total 664.509 peserta – artinya, cuma sekitar 15,78% siswa yang lolos SBMPTN 2014. Semoga ini bisa jadi sedikit gambaran buat lo semua bahwa tingkat kesulitan soal dalam SBMPTN itu jauuuh lebih tinggi daripada Ujian Nasional SMA yang memiliki tingkat kelulusan 99,52% di tahun 2014. Dengan begitu, gua sih berharap lo semua yang di kelas 12 SMA bisa lebih bijak dalam mengalokasikan porsi waktu belajar lo antara UN dengan SBMPTN.

Nah, sebelum mulai belajar buat SBMPTN, ada 3 hal penting yang perlu lo ketahui dulu, yaitu:

  1. Apa sih PENYEBAB utama orang bisa GAGAL dalam SBMPTN?
  2. Gimana sih STRATEGI BELAJAR yang paling efektif buat nempuh SBMPTN?
  3. Pastiin lo udah yakin sama JURUSAN KULIAH yang lo pilih

Kalo lo udah mantap merenungkan ketiga point di atas, baru deh lo masuk ke langkah pertama belajar efektif buat SBMPTN, yaitu dengan coba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun lalu. Eh, tapi dapet dari mana nih soal SBMPTN tahun 2014? Tenang, udah kita sediain semua di sini. Okay, langsung aja deh, buat lo semua yang penasaran sebetulnya gimana sih tingkat kesulitan soal SBMPTN 2014, yuk kita lihat selengkapnya soal + video pembahasan SBMPTN 2014 di bawah ini:

TKPA SBMPTN

TKD SAINTEK SBMPTN

TKD SOSHUM SBMPTN

SBMPTN 2014

Anyway, untuk sebagian pembahasan soal di Soshum, sorry banget kalo update-nya nanti akan menyusul belakangan. So, pastiin aja lo semua bookmark halaman artikel ini. Untuk sementara, mungkin lo bisa coba jajal untuk ngelihat tingkat kesulitan soal SBMPTN 2013, 2012, dan tahun-tahun sebelumnya.

Okay deh, sekarang lo cobain deh tuh kerjain soal SBMPTN 2014. Dengan lo nyoba ngerjain soal SBMPTN tahun sebelumnya, lo jadi langsung dapet gambaran dari tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN itu kayak gimana dan lo juga jadi bisa kira-kira udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo sampai dengan saat ini. Abis itu, baru deh lo bisa masuk ke langkah-langkah berikutnya untuk belajar efektif SBMPTN seperti yang udah gua tulis di artikel sebelumnya. Sip yow, selamat mencoba yak!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Glenn soal strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.