Latihan Soal Lengkap untuk UN SMA Biologi

Artikel ini membahas strategi dan tips belajar yang efektif dan efisien untuk persiapan UN SMA Biologi beserta video pembahasan materi dan soal.

Dua kata yang sering disandingkan efektif dan efisien. Tapi dua kata itu nggak sama lho artinya, apakah sih bedanya efektif sama efisien? Efektif itu artinya pekerjaan yang tepat sasaran, sedangkan efisien adalah dengan usaha sedikit mendapat hasil yang maksimal. Kalau dihubungkan dengan cara belajar untuk UN, dua kata tersebut dapat didefinisikan kaya gini:

  • Efektif: belajar bab-bab yang punya persentase soal keluar di ujian nasional tinggi dan bab-bab dasar, penguasaannya bisa jadi fondasi kuat di bab selanjutnya
  • Efisien: Cara belajar yang tidak membuat otak dan badan lelah, tapi mendapat hasil yang maksimal. Yaitu pemahaman menyeluruh untuk semua materi yang diujikan.

Ada dua keuntungan di ujian nasional. Pertama, sifat ujian nasional adalah ujian evaluasi. Maksudnya, semua materi yang akan diujikan sudah pernah dikasih, dijelaskan di sekolah, dan ada di buku-buku teks pelajaran. Bedakan dengan tipe ujian seleksi seperti SNMPTN atau SIMAK UI, yang bisa aja soalnya bukan dari materi yg diajarkan. Kedua, materi yang diujikan diberikan kisi-kisi mengenai perkiraan soal-soal apa saja yang kemungkinan besar akan keluar. Dari sini pembahasan soal-soal tahun lalu akan sangat membantu kita belajar efisien.

Kumpulan soal-soal plus pembahasannya bisa dilihat di zenius.net bagian UN. Durasi pembahasan per set soal UN yg jumlahnya 40 soal berkisar antara 2 sampai 4 jam. Kalau kita sempatkan sehari untuk melihat pembahasan soal untuk 1 mata pelajaran, maka dalam seminggu kita bisa dapat gambaran gimana sih tipikal kesulitan soal-soal UN itu…..

Nah.. dengan memakai hal-hal yang dibahas di paragraf sebelumnya. Dari melihat kisi-kisi sampai melihat contoh soal berikut pembahasannya. Kita mulai cara belajar efektif dan efisien dengan menggunakan paket Zenius UN. Kita contohkan agenda belajar seminggu untuk persiapan UN Biologi. Walau sebenarnya mau mulai hari apa aja nggak masalah..

Senin, kelas X

Klo kita liat dari kisi-kisi UN Kelas X Seperti berikut..

kisi-kisi UN Biologi Kelas X

Materi kelas 10 berkontribusi sekitar 20% dari total soal, berarti ada 8–10 soal di UN. Sedangkan materi pelajaran kelas X Biologi banyak banget sampe-sampe klo emang ada anak yang beneran nguasain semuanya, dijamin deh jadi taksonom yang kerja di LIPI, hehe.. Nah cara ngatasin hal itu adalah dengan liat Peta Konsep Taksonomi Mahluk Hidup kaya di bawah ini.

konsep taksonomi makhluk hidup

Kita sempetin 10–15 menit untuk pelajarin kunci dikotom klasifikasi semua mahluk-mahluk yang dirangkum di gambar, lalu sempetin baca buku 1 jam aja untuk detilnya. Otak kita akan lebih mudah nyerap, klo udah ngerti gambaran besarnya. Dan setelah itu, kita lihat penjelasan soal-soal yang pernah keluar di zenius.net UN. Untuk panduan apakah kita udah nguasain bagian ini, coba tonton video UN SMA IPA Biologi di zenius.net

Kisi-kisi materi kelas X berikutnya, agar lebih mudah, tentang ekologi dan siklus Biogeokimia.

kisi-kisi UN Biologi Kelas X-2

Disaranin, habisin 15 menit baca siklus Nitrogen, Karbon, dan Sulfur, karena bagian ini perlu pemahaman yang dalam. Nah, untuk soal-soalnya biasanya agak bersifat normatif, yg terbaik untuk lingkungan yg dipilih. Berikut contoh soal berikut pembahasan UN SMA Biologi di zenius.net

Di akhir hari Senin, kita udah nguasain dan bisa ngerjain 8–10 soal UN.

Selasa, kelas XI bagian 1

Hari kedua persiapan, Kita dedikasikan untuk materi-materi kelas 11. Untuk mudahnya, kelas XI dibagi 2 bagian besar. Pertama Sel dan jaringan, baik hewan dan tumbuhan, bagian berikutnya, sistem-sistem di manusia. Secara keseluruhan materi kelas XI berkontribusi sekitar 30% dari soal UN, berarti ada 12–15 soal yang keluar di UN dari materi kelas XI. Untuk hari kedua, kita fokuskan ke bagian pertama. Kita mulai dengan bahas kisi-kisi bagian 3. Kita bisa lihat berikut, apa aja sih yang mau dites ke kita?

kisi-kisi UN Biologi Kelas XI

Walau kelihatan sedikit, cuma 3 poin, kompetensi yang harus dikuasain di kelas XI cukup banyak materinya. Untuk 2 poin pertama, Struktur sel dan fungsi organel bisa dilihat di rangkuman berikut.

struktur sel dan fungsi organel

Poin ketiga tentang jaringan, walau materi di buku banyak banget. Kita bisa lihat rangkuman tentang jaringan berikut. Dan setelahnya, baru kita baca buku teks sekitar 1 jam untuk detilnya. Untuk mastiin kita udah nguasain materi sel dan jaringan, kita bisa dapat gambaran soal yang akan keluar, dari penjelasan soal-soal yang keluar di tahun sebelumnya. Berikut pembahasan soal-soal di zenius.net yang relevan dengan kisi-kisi bagian 3, tentang sel dan jaringan.

Rabu, Kelas XI bagian 2

Hari rabu bakal jadi hari yang panjang, materi sistem dan fisiologi manusia mendominasi kompetensi yang akan diuji di UN, ok kita lihat apa yang ada di kisi-kisi.

kisi-kisi UN Biologi Kelas XI-2

Mulai dari sistem gerak sampai imunitas, ada di sini. Bagaimana kita belajar menguasainya dalam sehari? Memang kita nggak akan bisa nguasain detail, tapi dari semua bab tersebut, ada dua hal yang difokuskan. Pertama, nama-nama organ dan kedua, fungsi organ. Contoh di sistem peredaran darah, kita tau beda Aorta dan Vena dan tau juga fungsinya. Untuk pendalaman materi, bisa dilihat di bagian teori pembahasan biologi kelas 11 di zenius.net.

Dan untuk pembahasan soal-soal di UN Biologi tiga tahun lalu, bisa dilihat berikut:

Klo ternyata dari pembahasan soal, masih ada bagian-bagian yang belum jelas. Kita bisa baca bagian tersebut di buku teks. Untuk panduan, skema utama Fisiologi manusia dan bagian mana aja yg kita fokuskan untuk belajar bisa dilihat di gambar berikut.

konsep fisiologi sistem organ manusia

Kalau dilihat di skema gambar, bagian bab sistem imunitas ko nggak ada? Memang dilihat dari UN 2009–2012 kemarin, soal-soal imunitas sangat jarang keluar di UN. Di akhir hari Rabu, kita sudah menguasai materi UN, 20% materi kelas X, dan 30% kelas XI. Sejauh ini, berarti kita siap untuk jawab 50% soal UN.. hey hasil yang lumayan kan untuk belajar 3 hari?

Kamis, Kelas XII bagian 1

Materi kelas XII berkontribusi paling banyak di soal UN, 50% atau sekitar 20-25 soal UN diambil dari kelas XII. Sebenarnya, inti dari Biologi ada di kelas 3, maka dari itu bobotnya paling banyak. Ok, kita coba liat dulu apa yang ada di kisi-kisi

SKL Biologi kelas 12

Poin pertama tentang hormon dan faktor pertumbuhan. Poin kedua sampe akhir? Nah ini yang disebut materi Biokimia dasar, mulai dari Enzim, Katabolisme, sampai Anabolisme. Untuk pembekalan awal, disaranin untuk nonton bagian Biokimia di zenius.net. Setelah itu lanjut untuk materi Enzim.

Materi di poin pertama, meliputi hormon-hormon tumbuhan dan faktor pertumbuhan. Karena materinya tidak terlalu banyak, maka bisa dilakukan latihan dari pembahasan soal2. Sempatkan untuk melihat pembahasan soal-soal pertumbuhan perkembangan di tautan ini. Sekaligus mendapat gambaran soal apa yang kira-kira akan keluar. Total waktu yang dibutuhkan kira-kira 45 menit.

Untuk bagian Katabolisme dan Anabolisme, karena materinya lumayan rumit jadi kita dedikasikan satu hari untuk KTSP Ini. Sebenarnya pemahaman Bab metabolisme ga lepas dari penguasaan dasar-dasarnya. Sayangnya pengetahuan dasar Biokimia tuh cuma sekilas ada di bab sel sewaktu kelas 11. Karena itu sempatkan liat seri video zenius tentang Biokimia dasar sebelum masuk belajar Metabolisme.

Biokimia Biologi kelas XII

Gambar di atas adalah konsep gw untuk KTSP bagian pertama di kelas XII ini. Jujur, ini bab yang asik banget. Nggak ada apalan dan klo lu belajar konsepnya dengan benar, malah bisa jadi bekal yang gede untuk persiapan SNMPTN. Setelah ngabisin waktu 30 menit dengerin Biokimia. Kita lanjut ke Teori Metabolisme di kedua tautan ini, yang berdurasi total hampir 1.5 jam.

Soal-soal mengenai Metabolisme (Enzim, Katabolisme dan Anabolisme) bisa mencapai 5–7 soal tiap tahunnya di UN. Karena penguasaan konsep adalah target kita, maka mau soalnya diutak-atik gimana pun, kita bakal bisa PD ngejawab soal-soal ini. Berikut soal-soal UN lampau tentang metabolisme, liat gimana pemahaman kita jadi bertambah drastis setelah menguatkan pengetahuan dasar tentang biokimia dan metabolisme. Waktu yg dibutuhkan memang agak lama, karena di video pembahasan, beberapa konsep diulang-ulang supaya paham. Total durasi yang dibutuhkan untuk nonton video secara penuh berkisar antara 45 menit sampai 1 jam.

Kalo ikutin tulisan dari awal, mulai dari Bab pertumbuhan dan perkembangan sampai Metabolisme, total waktu yang kita habiskan adalah: 3 jam 45 menit. Dan berarti lu udah bisa jawab soal UN sampai 27 soal yang berarti kira-kira 65%, klo targetnya “Cuma” lulus, artinya udah terlampaui kan? Tapi target kita adalah nilai terbaik karena itu… stop dulu untuk hari ini.

Lho.. masih kuat belajar kok? Kenapa stop?” . Untuk revisi pelajaran, apalagi yang agak rumit, otak harus diistirahatkan sebentar. Belajar terus, bukan aja ga efektif, tapi juga berbahaya. Kita seakan udah merasa belajar materi tersebut, tapi tingkat penguasaannya rendah. Kalau mau terus belajar, sekedar saran: Istirahat 1 jam dan setelah itu baca buku teks tentang bab ini secara santai.

Jumat, Kelas XII bagian 2

Jumat buat sebagian orang adalah hari yang pendek, tapi tidak untuk persiapan UN Biologi. Kita akan buat hari ini jadi hari yang panjang untuk mempelajari Bab yang amat super duper maha penting (ok, jadi berlebihan he..he..) di Biologi, yakni Genetika!!. Pertama-tama kita lihat dari SKL

SKL Biologi kelas 12-2

SKL genetik ada 7 poin; kalau di buku teks biasa tersebar di 4 bab, yaitu: Substansi genetika, Pembelahan Sel, Pola-pola Hereditas, dan Mutasi. Di Zenius bagian Biologi, pembagiannya dibuat seperti ini:

Genetik Biologi kelas XII

Genetika dibagi 2 bagian besar: Genetika molekular yang membahas struktur DNA & RNA, Replikasi DNA, dan Sintesis Protein. Penguasaan bab ini penting untuk bab terakhir di kelas XII, yakni Bioteknologi. Untuk bagian genetika molekular ini bab-bab yang relavan dengan SKL dan buku teks adalah Subtansi genetika dan Pembelahan sel. Untuk penjelasan teori dapat dilihat di kedua tautan berikut, durasi waktu total? 2 jam 😛

Bagian kedua dari genetika adalah genetika Mendel. Di sini, kita akan belajar persilangan-persilangan antarindividu dan memperkirakan fenotip dan genotip apa yang akan keluar. Banyak yang bilang ini bab yang sulit, engga sama sekali!! Klo ada soal genetika mendel keluar banyak di UN, kita harus bersyukur. Karena sekali kita nguasain konsep persilangan Mendel, semua (iya semua!) soal persilangan bisa kita kerjakan. Berikutnya adalah bab mutasi. Bab ini merupakan penjelasan apa yang terjadi kalau mekanisme genetika yang terjadi di bab-bab sebelumnya melakukan kesalahan di dunia nyata. Nah kalau udah nguasain Bab genetika molekuler, bab ini jadi sederhana banget. Berikut kedua tautan penjelasan teori untuk Bab Pola-pola hereditas dan Bab Mutasi dan kalau ditonton semua, mungkin makan waktu yang sama.. 2 jam.

Udah 4 jam kita habiskan untuk dalemin teori-teori di genetika, sempatkan istirahat 30 menit. Setelah itu kita hajar soal-soal dan tonton pembahasan soal-soalnya dari UN tahun-tahun sebelumnya, ini daftar soalnya:

Soal-soal mengenai genetika lumayan banyak keluar di UN tahun-tahun sebelumnya. Kadang sampai 7-9 soal tentang genetika keluar dalam 1 tahun. Keuntungan untuk kita yang belajar konsep dasar, tanpa hafalan seperti materi kelas 1, kita bisa menjawab dengan benar 7 soal di UN. Durasi total pembahasan soal adalah 1,5 jam.

Benar kan, hari Jumat jadi hari yang panjang, kira-kira total durasi waktu yang kita gunakan untuk genetika adalah 5 jam 30 menit. Karena itu perlu jeda istirahat diantara keduanya. Tapi imbalannya? Dari hari Senin sampai akhir hari Jumat, kita sudah sanggup mengerjakan 34 soal yang artinya? Yak benar sekitar 75%. Yak lanjut ke hari Sabtu untuk kesempurnaan..

Sabtu, Kelas XII bagian 3

Sabtu belajar? Iya kenapa engga, apalagi topik untuk hari ini menarik banget Asal-usul kehidupan, Evolusi Organisme, dan Bioteknologi. Nah, sekilas kita lihat dulu apa yang diminta sama SKL.

SKL Biologi kelas 12-3

Di buku-buku teks SKL terakhir ini dibagi jadi 2 bab, yaitu Bab Evolusi dan Bab Bioteknologi. Bahasan-bahasan di bab-bab terakhir ini sangat menarik dibaca, apalagi ditambah pengetahuan di luar buku teks yang melimpah, yang bahkan bisa berupa video dari BBC atau National Geographic. Tapi, karena target kita adalah UN, kita prioritaskan untuk mampu menjawab soal-soal terlebih dahulu. Untuk gambaran umum tentang bab Evolusi dapat dilihat di gambar berikut:

Evolusi Biologi kelas 12

Untuk teori Bab Evolusi, sekaligus bahasan tentang asal-usul kehidupan serta evolusi anorganik dapat dilihat di video Zenius teori evolusi. Total durasi memang agak lama, karena pembahasan disertai dengan sejarah teori evolusi biar seru. Total durasi yang ada sekitar 2 jam.

Untuk Bioteknologi, seperti yg dikatakan sebelumnya, penguasaan genetika molekular hukumnya wajib, untuk nguasain bab ini. Disini kita bicara aplikasi sains Biologi dalam bidang kedokteran, pangan dan bahkan forensik. Sayangnya tipe soal-soal yang muncul di UN kadang mengarah pada hafalan nama-nama mikroorganisme yang terlibat saja. Soal seperti ini tidak mencerdaskan dan membuat Biologi mendapat stigma negatif sebagai “Pelajaran Hafalan” Tapi apa boleh buat. Inilah sekilas video zenius tentang teori Bioteknologi:

Dan terakhir untuk latihan-latihan soalnya, kita bisa melihat bagaimana UN lampau mencoba menguji kemampuan siswa di penguasaan SKL.

Lagi-lagi, maaf klo pembahasan soal makan waktu yang tidak sebentar. Karena kadang-kadang ketika membahas soal, nggak tahan untuk mengulang dasar-dasar teorinya. Total durasi soal-soal untuk SKL terakhir ini adalah, 1 jam. Total di hari Sabtu, kita menghabiskan waktu 3.5 jam untuk merevisi materi pelajaran.

Dari hari Senin sampai Sabtu, agenda belajar kita bisa dirangkum sebagai berikut:

Agenda Belajar Biologi kelas 12

Sesampainya di hari Sabtu, kita sudah siap 100%. Dan sisa waktu di minggu berikutnya bisa kita isi dengan melihat pembahasan soal UN tahun 2008 dan pembahasan soal UN 2009 di zenius.net untuk pemantapan, atau kalau kurang puas bisa dilihat di beberapa set pembahasan Biologi. Kamu bisa unduh (download) soalnya dalam format pdf terlebih dahulu, uda gitu bisa kalian liat pembahasan untuk soal-soal yang kurang yakin jawabannya. Cobain nih, kalian tryout sendiri 8 set prediksi UN Biologi 2013 yang uda Zenius buat, pastinya semua nomer di 8 set itu udah ada pembahasannya dengan cara masukin kode konten ke kolom yang ada di sudut kiri atas homepage zenius.net

Kita habiskan 2 minggu maksimal untuk persiapan UN Biologi menggunakan zenius.net. Seminggu, penguasaan materi secara efektif dan Efisien. Seminggu berikutnya, pemantapan soal-soal. Kalau begitu, nggak ada alasan untuk nggak bisa, stress, atau depresi untuk menghadapi UN Biologi. Dengan agenda dan jadwal belajar di tulisan Blog ini, kita siap untuk mengikuti UN Biologi!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Pras tentang tips belajar UN Biologi, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini.

Bagikan Artikel Ini!