Belajar Efektif dan Efisien Untuk UN Biologi - Bagian 1

Belajar Efektif dan Efisien Untuk UN Biologi - Bagian 1

Dua kata yang sering disandingkan efektif dan efisien. Tapi dua kata itu nggak sama lho artinya, apakah sih bedanya efektif sama efisien? Efektif itu artinya pekerjaan yang tepat sasaran, sedangkan efisien adalah dengan usaha sedikit mendapat hasil yang maksimal. Kalau dihubungkan dengan cara belajar untuk UN, dua kata tersebut dapat didefinisikan kaya gini:

  • Efektif: belajar bab-bab yang punya persentase soal keluar di ujian nasional tinggi dan bab-bab dasar, penguasaannya bisa jadi fondasi kuat di bab selanjutnya
  • Efisien: Cara belajar yang tidak membuat otak dan badan lelah, tapi mendapat hasil yang maksimal. Yaitu pemahaman menyeluruh untuk semua materi yang diujikan.

Ada dua keuntungan di ujian nasional. Pertama, sifat ujian nasional adalah ujian evaluasi. Maksudnya, semua materi yang akan diujikan sudah pernah dikasih, dijelaskan di sekolah, dan ada di buku-buku teks pelajaran. Bedakan dengan tipe ujian seleksi seperti SNMPTN atau SIMAK UI, yang bisa aja soalnya bukan dari materi yg diajarkan. Kedua, materi yang diujikan diberikan kisi-kisi mengenai perkiraan soal-soal apa saja yang kemungkinan besar akan keluar. Dari sini pembahasan soal-soal tahun lalu akan sangat membantu kita belajar efisien.

Kumpulan soal-soal plus pembahasannya bisa dilihat di zenius.net bagian UN. Durasi pembahasan per set soal UN yg jumlahnya 40 soal berkisar antara 2 sampai 4 jam. Kalau kita sempatkan sehari untuk melihat pembahasan soal untuk 1 mata pelajaran, maka dalam seminggu kita bisa dapat gambaran gimana sih tipikal kesulitan soal-soal UN itu.....

Nah.. dengan memakai hal-hal yang dibahas di paragraf sebelumnya. Dari melihat kisi-kisi sampai melihat contoh soal berikut pembahasannya. Kita mulai cara belajar efektif dan efisien dengan menggunakan paket Zenius UN. Kita contohkan agenda belajar seminggu untuk persiapan UN Biologi. Walau sebenarnya mau mulai hari apa aja nggak masalah..

Senin, kelas X
Klo kita liat dari kisi-kisi UN Kelas X Seperti berikut..

kisi-kisi UN Biologi Kelas X

Materi kelas 10 berkontribusi sekitar 20% dari total soal, berarti ada 8--10 soal di UN. Sedangkan materi pelajaran kelas X Biologi banyak banget sampe-sampe klo emang ada anak yang beneran nguasain semuanya, dijamin deh jadi taksonom yang kerja di LIPI, hehe.. Nah cara ngatasin hal itu adalah dengan liat Peta Konsep Taksonomi Mahluk Hidup kaya di bawah ini.

konsep taksonomi makhluk hidup

Kita sempetin 10--15 menit untuk pelajarin kunci dikotom klasifikasi semua mahluk-mahluk yang dirangkum di gambar, lalu sempetin baca buku 1 jam aja untuk detilnya. Otak kita akan lebih mudah nyerap, klo udah ngerti gambaran besarnya. Dan setelah itu, kita lihat penjelasan soal-soal yang pernah keluar di zenius.net UN. Untuk panduan apakah kita udah nguasain bagian ini, coba tonton video UN SMA IPA Biologi di zenius.net

Kisi-kisi materi kelas X berikutnya, agar lebih mudah, tentang ekologi dan siklus Biogeokimia.

kisi-kisi UN Biologi Kelas X-2

Disaranin, habisin 15 menit baca siklus Nitrogen, Karbon, dan Sulfur, karena bagian ini perlu pemahaman yang dalam. Nah, untuk soal-soalnya biasanya agak bersifat normatif, yg terbaik untuk lingkungan yg dipilih. Berikut contoh soal berikut pembahasan UN SMA Biologi di zenius.net

UN Bio 2012 no. 9--11
UN Bio 2011 no. 8--10, 15
UN Bio 2010 no. 8--9

Di akhir hari Senin, kita udah nguasain dan bisa ngerjain 8--10 soal UN.

Selasa, kelas XI bagian 1

Hari kedua persiapan, Kita dedikasikan untuk materi-materi kelas 11. Untuk mudahnya, kelas XI dibagi 2 bagian besar. Pertama Sel dan jaringan, baik hewan dan tumbuhan, bagian berikutnya, sistem-sistem di manusia. Secara keseluruhan materi kelas XI berkontribusi sekitar 30% dari soal UN, berarti ada 12--15 soal yang keluar di UN dari materi kelas XI. Untuk hari kedua, kita fokuskan ke bagian pertama. Kita mulai dengan bahas kisi-kisi bagian 3. Kita bisa lihat berikut, apa aja sih yang mau dites ke kita?

kisi-kisi UN Biologi Kelas XI

Walau kelihatan sedikit, cuma 3 poin, kompetensi yang harus dikuasain di kelas XI cukup banyak materinya. Untuk 2 poin pertama, Struktur sel dan fungsi organel bisa dilihat di rangkuman berikut.

struktur sel dan fungsi organel

Poin ketiga tentang jaringan, walau materi di buku banyak banget. Kita bisa lihat rangkuman tentang jaringan berikut. Dan setelahnya, baru kita baca buku teks sekitar 1 jam untuk detilnya. Untuk mastiin kita udah nguasain materi sel dan jaringan, kita bisa dapat gambaran soal yang akan keluar, dari penjelasan soal-soal yang keluar di tahun sebelumnya. Berikut pembahasan soal-soal di zenius.net yang relevan dengan kisi-kisi bagian 3, tentang sel dan jaringan.

UN Bio 2012 no. 12-14
UN Bio 2011 no. 5-7
UN Bio 2010 no. 10-13

Rabu, Kelas XI bagian 2

Hari rabu bakal jadi hari yang panjang, materi sistem dan fisiologi manusia mendominasi kompetensi yang akan diuji di UN, ok kita lihat apa yang ada di kisi-kisi.

kisi-kisi UN Biologi Kelas XI-2

Mulai dari sistem gerak sampai imunitas, ada di sini. Bagaimana kita belajar menguasainya dalam sehari? Memang kita nggak akan bisa nguasain detail, tapi dari semua bab tersebut, ada dua hal yang difokuskan. Pertama, nama-nama organ dan kedua, fungsi organ. Contoh di sistem peredaran darah, kita tau beda Aorta dan Vena dan tau juga fungsinya. Untuk pendalaman materi, bisa dilihat di bagian teori pembahasan biologi kelas 11 di zenius.net.

Dan untuk pembahasan soal-soal di UN Biologi tiga tahun lalu, bisa dilihat berikut:

Klo ternyata dari pembahasan soal, masih ada bagian-bagian yang belum jelas. Kita bisa baca bagian tersebut di buku teks. Untuk panduan, skema utama Fisiologi manusia dan bagian mana aja yg kita fokuskan untuk belajar bisa dilihat di gambar berikut.

konsep fisiologi sistem organ manusia

Kalau dilihat di skema gambar, bagian bab sistem imunitas ko nggak ada? Memang dilihat dari UN 2009--2012 kemarin, soal-soal imunitas sangat jarang keluar di UN. Di akhir hari Rabu, kita sudah menguasai materi UN, 20% materi kelas X, dan 30% kelas XI. Sejauh ini, berarti kita siap untuk jawab 50% soal UN.. hey hasil yang lumayan kan untuk belajar 3 hari?

Tapi, gimana untuk materi kelas XII? Kita lanjut di posting blog bagian 2 ya 🙂

to be continued つづく

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Pras tentang tips belajar UN Biologi, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini. Buat lo yang mau ngintip tips belajar UN Biologi bagian 2 bisa langsung masuk ke artikel ini :

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Prasdianto adalah senior tutor pelajaran Biologi di Zenius Education tahun 2009-2016. Prasdianto mengambil S1 Fakultas MIPA Jurusan Biologi di Universitas Indonesia
 
Follow Twitter Pras at @prasdianto

  • melani

    keren kak 🙂

    • Thx, nah ayo mulai nyicil belajarnya. Karena semakin awal persiapannya, semakin siap kita untuk Ujian 😀

      • lima

        ditunggu yang bagian 2nya ya ka.. 😀
        makasih

  • niesahanum

    jelas banget penjelasan materi biologi dari kakaknya, jadi bisa paham ga cuma hafal, tips belajar biologinya keren juga, 😀

  • keren pras for SNMPTN mana
    request ya ?

  • ditunggu untuk yang sbmptn nya mas heehe 🙂

    • Setalah tulisan kedua, memang lagi disiapin buat tulisan persiapan untuk tes PTn termasuk SBMPTN

  • Res

    mau kasih pujian dikit nih kak, seneng banget nonton video biologi disini. kalo di sklh anak2 hapal mati, nah gw justru jadi jago banget biologi hehe.. truss, kak pras kocak banget asli. emang sih 8 menit suka kelamaan (jegerrr), tapi gak ngefek kok, orang gak berasa 😀 dan udah dikasih peta konsepnya. mantep banget kak, siapin buat SBMPTN juga yaaa...

    • Untuk SBMPTN udah gw buat tulisan yg bahas per soal SBMPTN 2012 Bio, tungguin aja ya. Tulisan itu gw buat untuk pengiring (penganten kali pake pengiring :P) rekaman SNMPTN 2012 yg bakal ada di zenius.net . He he sori klo durasi videonya kelamaan. klo lg rekaman suka ga kerasa, 1 jam tuh serasa 60 menit.. beneran 😀

  • keren banget lah zenius.net
    gak rugi gw gabung kesini 🙂

  • ilham

    makasih kak 🙂 videonya bagus...kalo saya cocoknya sama video yang durasinya lama kak... soalnya kakak mulai ngajarnya dari konsep dasar... sehingga saya bisa nguasain konsep dasar secara langsung lewat soalnya tanpa buka zenius yg teori... mantappp.

  • zulfa

    bagian khusus siklus biogeokimianya dimana sih kaa ?? ga nemu T_T

  • vitis indra qomariyanti

    🙂 ditunggu untk bgian k2.nya mas...

  • Bruce Wayne

    aa

  • Bunga

    Kak.. kalo cara yang efektif buat ngapain nama-nama latinnya gimana ya kak? soalnya suka ketuker-tuker gitu.. :/

  • evi

    biologi bab apa saja yang biasanya di UNAS?
    terimah kasih

  • Nadia Nurahma

    semoga aku sukses ka un pake cara ini aamiin

  • christin

    kak soal-soal uji kompetensi kelas X tapi pelajaran nya yang di UN kan ya ka , share dong.tapi khusus sma kk