Neil Armstrong Mendarat di Bulan, Masa sih?

Banyak yang ragu bahwa Neil Armstrong mendarat di Bulan. Artikel ini mengupas berbagai bukti secara ilmiah untuk memberi jawaban yang rasional.

Hey, Guys.. Ada yang tau nggak, sepanjang sejarah peradaban manusia nih, apa sih pencapaian terbesar yang pernah diraih umat manusia?

Apakah itu pas manusia pertama berhasil mendaki puncak Everest? Pengembangan vaksin pertama kali? Penemuan teori radiasi elektromagnetik oleh James Maxwell? Deklarasi Hak Asasi Manusia pertama kali di AS? Penemuan benua Amerika oleh Columbus?

Banyak ahli sejarah dan akademisi yang sepakat kalo pencapaian tertinggi yang pernah diraih oleh umat manusia adalah pendaratan manusia pertama kali di bulan oleh NASA.

Nah, pas banget nih. Tanggal 20 Juli kemarin, kita memperingati 45th anniversary dari momen bersejarah itu. Pada masa itu, masih banyak orang yang memimpikan untuk mencapai puncak gunung Everest. Tiba-tiba saja, pada 20 Juli 1969 , seluruh dunia dikejutkan dengan pemberitaan bahwa National Aeronautics and Space Administration (NASA) berhasil mendaratkan manusia ke bulan melalui misi Apollo 11. Manusia itu adalah Neil Armstrong, astronot Amerika Serikat, bersama rekannya, Buzz Aldrin. Sebenarnya ada 1 astronot lagi sih yang ikut ke bulan, yaitu Michael Collins. Tapi doi stay di dalam pesawat karena punya peran tersendiri. 

"Ah.. Pendaratan Neil Armstrong di bulan itu kan hoax/bohongan!!"

Eitss.. Boleh aja sih skeptis tentang satu hal. Cuma skeptisisme itu juga harus didukung dengan research. Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang masih ragu akan keberhasilan NASA mendaratkan manusia di bulan. Dan bukan ga mungkin, lo, keluarga lo, guru-guru lo adalah salah satu dari orang-orang yang meragukan hal tersebut. Ya bisa dimaklumi juga sih. Bulan adalah tanah "asing" ratusan ribu kilometer dari Bumi yang tidak bisa dijangkau, hanya bisa kita lihat, menjadi bahan angan-angan. Nggak kebayang aja mungkin, kok bisa manusia bisa sampe berjalan di bulan?!

Nah sekarang nih, gw mau berbagi insight dari hasil riset gw untuk mengulik bener nggak sih Neil Armstrong itu pernah mendarat di bulan. Banyak banget blog , artikel, dan website yang mengklaim bahwa pendaratan manusia di bulan adalah bohong. Tapi apakah klaim tersebut pantas meruntuhkan kalo Neil Armstrong tidak pernah mendarat di bulan? Seperti kata Carl Sagan, extraordinary claims require extraordinary evidence.  Yuk, kita kupas satu per satu.

 

1. Bendera yang Berkibar

Pernah lihat nggak, foto seperti di bawah ini? Ini adalah foto ketika Buzz Aldrin menancapkan bendera Amerika di permukaan Bulan.

KATANYA: bendera pada foto ini terlihat berkibar-kibar. Ini bikin orang ragu sama pendaratan di Bulan karena nggak mungkin bendera bisa berkibar di Bulan. Kan Bulan nggak punya atmosfer, nggak ada udara, nggak ada angin!

  • Kiri: Buzz Aldrin memberi hormat bendera setelah memancangkannya di bulan (tonjolan kecil di atas helmnya adalah jarinya)
  • Kanan: Potret 6 detik setelah potret di atas. Aldrin telah menurunkan tangannya. Posisi bendara ga berubah.

195px-AldrinFlag-animation

Animasi dari kedua 2 foto sebelumnya. Posisi bendera ga berubah.

FAKTANYA: bendera itu bukan berkibar. Bendera itu kelihatan agak bergerak atau mengkerut karena dalam perjalanan ke bulan, benderan disimpan dilipat. Jadi pas dibuka, emang udah nggak rapi. Kalo lo lihat video di bawah, si astronot ada beberapa kali nancepin tiang benderanya. Nggak lurus-lurus, akhirnya terakhir baru berdiri tegak. Inersia membuat bendera masih agak bergerak.

Terus, perhatikan, deh. Sisi atas bendera itu kaku. Itu karena tiang pancangnya berbentuk Г-shaped . Sengaja dipake tiang pancang bentuk begitu supaya ya benderanya bisa tegak. Kalo nggak pake tiang pancang berbentuk seperti itu, nggak bakal keliatan jelas motif benderanya. Namanya juga kain, buka papan reklame. Sulit lho, merentangkan kain di ruang hampa udara dan bergravitasi rendah, seperti bulan.

 

2. Kok Bisa Ada Jejak Kaki di Bulan?

Berikutnya, ada klaim lain yang bilang kalo jejak kaki astronot di Bulan itu palsu.

KATANYA: permukaan bulan itu kering. Tapi jejak kaki yang kecetak di bulan terlalu clear (jelas). Kayaknya cuma bisa bikin jejak kaki begitu di pasir basah deh.

moon-hoax-footprints_10054_600x450

FAKTANYA: Bulan bukanlah tempat tanpa gravitasi. Gravitasi bulan = 1/6 gravitasi bumi. Debu Bulan, atau yang disebut regolith, adalah seperti bubuk yang digiling halus. Mirip debu vulkanik. Lo bisa coba sendiri kok. Gampang, pake aja bubuk bedak bayi atau tepung terigu. Kalo lo melangkah di atasnya, lo bisa dengan mudah meninggalkan jejak kaki yang jelas. Plus, bulan nggak punya atmosfer kan. Hampa udara. Jadi nggak ada angin deh yang mampu menyingkirkan jejak yang telah dibuat.

 

3. Nggak Ada Fotografer

KATANYA: Cuma ada 2 astronot yang mendarat di bulan. Tapi, gimana ceritanya kedua astronot bisa visible (keliatan) di foto ini? satu yang difoto dan satu lagi yang tercermin di kaca helm astronot. Lha terus siapa yang moto?

moon-hoax-reflections_10060_600x450

FAKTANYA: kamera sudah ditanam di bagian dada baju para astronot. Di foto ini, lo bisa lihat kalo tangannya si Neil berada dekat dada. Jadi, dia nggak perlu jepret kamera mendekati matanya. Selain itu, ada beberapa foto lain yang diambil oleh modul pendaratan di bulan (Eagle) dan kamera melayang yang dikendalikan jarak jauh dari Bumi. NASA tahun 1965 sudah cukup canggih, Bro!

13-flag-714

 

4. Kok Nggak Ada Bintang?

KATANYA: ruang angkasa penuh dengan bintang. Tapi kok pada foto-foto dari bulan nggak kelihatan bintang sama sekali? Ah, ini pasti foto studio nih!

FAKTANYA: Lo pernah denger ada yang namanya polusi cahaya, nggak? Kalo di kota besar, kita kan susah nih ngelihat bintang-bintang di langit. Beda ceritanya dengan di desa atau di tengah laut. Kenapa bisa gitu? Intinya, karena gemerlap lampu perkotaan menyulitkan kita untuk melihat cahaya bintang. Inilah mengapa teleskop umumnya diletakkan di puncak gunung buat menghindari polusi cahaya dari bumi.

Dalam kasus ini, permukaan bulan yang memantulkan cahaya matahari itu menjadi polusi cahaya sehingga menutupi cahaya dari bintang yang jauh.

Kalo lo belajar fotografi, para astronot motret petualangan mereka di bulan dengan settingan kamera eksposur cepat yang membuat cahaya yang masuk kecil. Mereka mengambil gambar pada eksposur 1/150 atau 1/250 detik. Kalo lo ga ngerti, coba tanya deh temen lo yang hobi fotografi.

Justru aneh kalo di foto kelihatan bintang. Coba aja deh, lo moto temen lo pas malam hari dengan latar belakang bintang-bintang. Bintangnya nggak bakal kelihatan! Kecuali lo pake kamera dan teknik khusus buat capture bintang di background-nya.

 

5. Kok Nggak Ada Kawah Bekas Pendaratan Modul?

Dari pesawat luar angkasanya, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin turun ke bulan menggunakan modul pendaratan, bernama Eagle.

KATANYA: mesin modul yang kuat seharusnya membuat bekas kawah yang dalam di permukaan bulan yang lembut. Tapi, seperti keliatan di foto ini, permukaan bulan di bawah modul masih terlihat smooth. Seakan-akan mesin itu udah ditaruh sebagai properti studio, bukan seperti modul yang mendarat.

moon-hoax-no-crater_10057_600x450

FAKTANYA: mesin modul sudah diturunkan power dan kecepatannya tepat sebelum mendarat. Modulnya juga ga melayang (hover) cukup lama untuk membuat kawah atau menerbangkan banyak debu.

Lapisan bulan itu tipis. Tapi, di bawahnya adalah batuan yang keras. Jadi, walaupun kaki astronot berbekas, kaki modul bulan tidak dapat mencapai kedalaman yang cukup untuk membuat kawah.

 

6. Banyak Sumber Cahaya, Seperti di Studio TV!

KATANYA: beberapa bayangan pada foto ini tidak tampak paralel satu sama lain. Beberapa objek dalam bayangan malah terlihat jelas. Seolah-olah cahaya datang dari berbagai sumber, seperti lighting studio kamera.

moon-hoax-light-weird_10056_600x450

FAKTANYA: emang banyak sumber cahaya. Ada matahari, ada Bumi yang memantulkan cahaya, ada cahaya dari pantulan modul, baju astronot, dan permukaan bulan.

Selain itu, para astronot sengaja mengambil potret mereka di daerah perbukitan supaya mendapatkan penerangan baik. Lo bisa coba sendiri kok. Berdiri di atas bukit di bawah sinar bulan purnama. Kontur permukaan yang naik turun menghasilkan banyak bayangan dengan panjang yang bervariasi.

 

7. Batuan Bulan Lebih Mirip Batuan Antartika

KATANYA: batuan yang dibawa balik dari Bulan identik dengan batu yang dikumpulkan dari ekspedisi ilmiah ke Antartika.

FAKTANYA: beberapa batuan Bulan memang ditemukan di Bumi. Tapi rata-rata udah hangus dan teroksidasi ketika melewati atmosfer bumi sebagai asteroid. Selama 45 tahun terakhir sejak hari bersejarah itu, banyak studi dan analisis lebih lanjut dari ahli geologi yang telah mengkonfirmasi dengan pasti bahwa batuan Apollo pastilah batu yang dibawa manusia dari Bulan.

 

"Trus Kok Kenapa Banyak Banget yang Bilang Bohong?"

Nah, mungkin sampe di sini lo bakal mikir, dengan begitu banyaknya evidence dan rasionalitas di depan mata, kenapa masih banyak sih yang meragukan kalo Neil Armstrong mendarat di Bulan? Untuk menjawab keheranan ini, mau nggak mau, kita harus meriksa sejarah.

Usaha pendaratan manusia di bulan oleh NASA dipicu oleh persaingan antariksa pada era Perang Dingin antara Amerika dan Uni Soviet. Pada masa Perang Dingin, ketegangan konflik kepentingan udah nggak dimanifestasikan dalam bentuk perang dan agresi militer. Pada masa Perang Dingin, khususnya kedua negara ini, mereka lebih adu pride.

Uni Soviet sudah berhasil menempatkan manusia pertama di luar angkasa, Yuri Gagarin, pada 15 April 1961. Amerika Serikat mana?

Itu juga mengapa, pada masa Perang Dingin inilah banyak banget roket atau pesawat luar angkasa yang diluncurkan dari Bumi. Teknologi penjelajahan antariksa gencar banget dimulai pada masa ini.

Kalo NASA mengklaim mereka berhasil mendaratkan manusia pertama di Bulan, siapa yang pertama kali akan mengkritik? Ya, tentu saja Uni Soviet. Uni Soviet bisa bilang, “Ah itu kebohongan besar!” Uni Soviet bukan sembarang negara lho. Mereka punya teknologi setara NASA dan kepanjangan politik yang kuat.

Sekarang Uni Soviet sudah runtuh. Tapi beberapa orang yang mungkin memiliki kepentingan ideologi sama dengan Uni Soviet dulu dan punya kapasitas untuk mengkritisi mengajukan beberapa kejanggalan. Tujuannya bisa jadi baik, menunjukkan orang awam gimana proses ilmiah itu terjadi. Seperti biasa, media dengan cepat segera menyebarkannya. Tersebarlah berita baru kalau pendaratan manusia di bulan adalah rekayasa NASA.

Oiya, efek lain dari runtuhnya Uni Soviet adalah penjelajahan luar angkasa udah ga seheboh dulu karena udah nggak ada pride race lagi. NASA masih aktif melakukan eksplorasi, tapi lebih dominan didorong curiosity.

****

Skeptis dan mengkritisi sebuah pencapaian sains merupakan hal yang lumrah. Malah merupakan sebuah kewajiban bagi ilmuwan dan kalangan intelektual. Namun, apapun kritik yang dilontarkan harus disertai dengan bukti dan argumentasi yang kuat. Biar nggak kemakan teori konspirasi yang asal seru aja yang ujung-ujungnya malah menumpulkan pikiran kritis kita. Okeh?!

Stay critical, stay awesome!

lfLGX-900x1171

 

Referensi
Faktailmiah.com: Neil Armstrong Pernah Mendarat di Bulan?
http://news.nationalgeographic.com/news/2009/07/photogalleries/apollo-moon-landing-hoax-pictures/
http://www.telegraph.co.uk/science/space/5833633/Apollo-11-Moon-landing-conspiracy-theories-debunked.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Moon_landing_conspiracy_theories
http://life.time.com/history/yuri-gagarin-celebration-in-red-square-april-1961/#1
Sumber gambar bendera: Wikipedia
Sumber gambar jejak kaki: http://news.nationalgeographic.com/news/2009/07/photogalleries/apollo-moon-landing-hoax-pictures/
Sumber gambar kedua astronot: https://ngm.nationalgeographic.com/1969/12/moon-landing/moon-photography#/13-flag-714.jpg
Sumber gambar quote terakhir: https://thefabweb.com/wp-content/uploads/2012/09/lfLGX-900x1171.jpg

=======Catatan Editor========

Sebenarnya masih banyak poin lain yang membantah fakta pendaratan Neil Armstrong di bulan. Tapi mungkin ga bisa dibahas satu per satu di sini. Jadi kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut, bisa tinggalin comment di bawah.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Seneng banget baca artikel di blog zenius, nih.... Nambah wawasan banget.... Apalagi motivasinya, ngena banget.... 🙂

    • Fanny Rofalina

      Thank youu.. Stay tune ya 😉

  • pernah nonton disini http://www.youtube.com/watch?v=HZRo9T-gDPk
    IMHO, landing moon itu konspirasi
    yg menginjakkan kaki pertama kali NEIL A -> A LIE N

    • Fanny Rofalina

      Lo udah baca belum artikel di atas? Beberapa poin yang dipaparkan di dokumenter yg lo kasih udah gw counter di atas.

      Karena lo ngasih video dokumenter di atas, mungkin ga berlebihan kalo gw berasumsi kalo Bahasa Inggris lo lumayan. Mungkin lebih lanjut, lo bisa baca ini
      http://en.wikipedia.org/wiki/Moon_landing_conspiracy_theories

      Di situ dibahas lengkap, semua poin konspirasai Moon landing, plus udah disajikan fakta penjawabnya.

      Di situ juga disinggung ttg Bill Kaysing, yang sebenarnya ga punya background sama sekali tentang teknologi antariksa dan technical writing. Di link ini juga disinggung tentang Capricorn One. Wah, lengkap deh.

      IMHO, di video doku yg lo kasih, sebenarnya udah dikasih kok fakta penjawabnya. Cuma ya namanya video untuk membangkitkan teori konspirasi, dibuat deh nada-nadanya untuk memuaskan dahaga masyarakat akan gosip. Teori konspirasi emang seru sih.

      Oiya, biar lebih jelas lagi ttg background story nya. Lo bisa baca di sini tentang Space War, persaingan prestasi antariksa anatara AS dan Uni Soviet
      http://en.wikipedia.org/wiki/Space_Race

      • agung

        http://www.tribunnews.com/internasional/2012/08/26/inilah-keraguan-neil-amstrong-pernah-mendarat-di-bulan

        Armstrong berada di dalam sebuah studio alam buatan di sebuah tempat di
        Arizona yang sengaja diseting mirip dengan keadaan di bulan.

        • Aldy

          Ente liat sndiri studio nya ? Kl ga tau jan ngejudge dl gan

          • sandy

            ente liat sendiri dia mendarat dibulan?

          • Affan Abiyyu

            S A V A G E

      • agung

        Ada pakar Fisika yang mengatakan, sampai sekarang (dengan teknologi yang
        ada sekarang-pun!) dia tidak yakin manusia akan bisa bebas dari
        pengaruh radiasi di angkasa luar yang hampa udara

        • Stare

          siapa nama pakar fisikanya? mau tanya gw? kok kudet amat dia gak tau barang yang namanya pakaian astronot

        • Rico

          terus apa yg digunakan astronout di stasiun luar angkasa internasional untuk mencegah radiasi diruang hampa udara ?

      • agung

        Material yang ada sekarang "belum" menjamin bisa melindungi tubuh dari
        hal itu didukung kesaksian mantan awak SKYLAB Russia yang memberi alasan
        kenapa Russia tidak pernah mengirim awak ke angkasa luar di luar
        atmosfer

        TIDAK ADA SATU MANUSIAPUN YANG BISA KE BULAN. KECUALI NABI BESAR MUHAMMAD SAW. TITIK

        • Adi Harmony

          Sumpah aku bingng mksd lo, belum menjamin itu brrti belum tau, nah kalo misal amrik dah tau gmn? Trs ada pelindungnya gmn? Lah emg nabi pernah kebulan?

          • Лутхфи

            kalo muhammad itu isra mi'raj namanya...... ente islam? kalau islam masa gatau sih.........

          • Falseplay

            Nah trs apa hubungannya sama kebulan? Kalo mau emg bisa beliau kesana, tp kan ga ada cerita kalau beliau kebulan? Lah emg isra miraj itu kebulan? Bukannya dr masjidil haram ke masjid aqsho terus ke langit ketujuh?

          • tutk

            broo yang pertama bukanya masjid al aqsho dulu baru masjidil haram baru ke langit ke tujuh

          • Falseplay

            Ga bro, coba liat lagi, mbok2an anda salah baca 🙂 pertama itu dari masjidil haram (mekkah) ke masjidil aqsha (syam) lalu ke langit ketujuh

          • Indra D. Herdiana

            Kebalik.

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            yg ada nabi membelah bulan.....

          • Falseplay

            Lah makanya baca lbh banyak lg, nabi itu isramiraj ke syam dan kelangit ketujuh bukan ke bulan ;v gua islam, gua ngerti mksdnya, tp kalo ada yg salah ya tek jelasin lah ya

        • Aldy

          Ngebelah bulan, ke langit ke tujuh... bukan ke bulan

          • Лутхфи

            Iya maksudnya mungkin ga ada yang sanggup melebihi atmosfer bumi..... Bukan artinya bener2 ke bulan....

          • Falseplay

            Dan itu anggapan lu sendiri, motong bulan sama ke bulan beda lah ya, elu kalo ngomong yg jelas sama nyambung lah

        • Diky

          eh bro,nabi bukan ke bulan,tapi ngebelah bulan..
          klok mau bukti bisa buka qur'an d surat al qamar klok ane gak salah

        • Stare

          lu kudet. udah ribuan astronot di kirim ke luar bumi

      • indra baladewa

        Kenapa sih tidak boleh di bantah?kenapa sih harus mencari2 pembenaran? Amerika kan bukan Tuhan?boleh dong dikritik dan di bantah?

        • Zelda

          Boleh aja mas. Tapi dengan sumber yang valid.

        • Stare

          kalau mau membantah ya pake argumen yang baik, dengan tata penuturan dan metode ilmiah. tapi yang membantah kan gk pake gituan, sekali membantah kan udah bisa terjawab

      • Eli Sugianto

        kenapa mesti debat mendarat ke bulan atau tidak mendarat di bulan..? malah lari ke agama, sejak kapan agama bisa disandingkan dengan sains, bodoh..? negara loe, negara gue, negara kita, sampai detik ini belom bisa menjejakan kaki di bulan.. penulis coba menjelaskan mengapa banyak yg mengatakan pendaratan di bulan adalah konspirasi, udh sebatas itu.. siapa elo yg bsa menentukan Neil Amstrong itu mendarat bohongan, setinggi apa ilmu loe bisa menentukan sebuah sejarah..? klo ga setuju, loe simpen, klo loe udh punya bukti (inget, elo yg pny bukti otentik, tulisan saja tidak cukup) baru loe bikin seminar, bahwa Nail Amstrong ga pernah ke bulan.. malah debat disini, IDIOT.. TYPICALLY RETARDED PEOPLE.. PEMIKIRAN2 KAYA GITU YG BIKIN BANGSS LOE, BANGSA GUE, BANGSS KITA GA MAJU2, KARENA KITA HANYA BISA NGOMONG KOSONG

  • Gita Sabrina Jhoti

    Ini wajib dibaca bangeeeet sumpah aku terkesimah bgt sama post yang ini kakkk. Soalnya, desas desus udah tersebar dmn2 dan tmn aku jg pada bilang itu bogong laaah ktnya poto studio atau apalaaah. Tpi aku gak cari tau krna aku pikir udalah gakpenting jugaa. Tapi setelah baca. Malah pgn tau lebih lanjut. Tapi ngmg2 kak, rusia itu masih titisan uni soviet kan ya?

    • Fanny Rofalina

      Yep. Sekali lagi, sah-sah aja sih ragu tentang satu hal. Asal jangan asal sotoy, ga berdasarkan argumen yang jelas. Kita perlu periksa lagi poin-poin yang dikritik, apakah make sense atau enggak.

      • agung

        penjelasan dengan dalil AlQuran bahwa betapa tidak mungkinnya manusia itu hidup selain dibumi berdasarkan ayat “Dan
        bagi kamu di bumi ini ada “MUSTAQAR” (tempat menetap yang telah di
        tetapkan) dan kesenangan hidup sampai waktu yang telah di tentukan”.(QS Al Baqarah:36 & Al A`raaf:24);

        Sebenarnya,
        mampukah manusia pergi ke bulan? jika ya, berarti penafsiran ayat Al
        baqarah dan al a’raf diatas salah? Tapi jika manusia memang tidak
        pernah, berarti penafsiran di surat Ar Rahman tentang ilmu pengetahuan
        sebagai ‘sulthon‘ itu salah??

        • Mųfŗiħuł Fąĵŗį

          ada 2 point,,,
          1.bumi tempat menetap
          2.sampai waktu yg ditentukan (mati)
          kedua poin ini saling berhubungan... jika neils benar ke bulan, kamu salah memasukan ayat ini... karena neils amstrong pulang (bukan menetap)...

          intinya ayat ini menjelaskan bahwa hanya bumi lah tempat untuk tinggal (menetap)

          • Лутхфи

            nah...... "hidup" nya itu mungkin maksudnya bisa "kehidupan" atau dalam jangka waktu lama

        • Adi Harmony

          Lah elu kalo njawab nyolot, sante ngapa. Gua mau ngomong ya, tp ttp sante, menetap itu berarti tinggal, emg iya ga da tempat mnetap lain selain dibumi. itu kalo kesenangan, dan bukan ilmu, allah dalam salah satu suratnya menyuruh manusia berlomba2 menuntut ilmu sampai setinggi yg ia bisa, termasuk keluar angkasa kalo dia bisa.

        • muhammadsyauqi

          Assalamu'alaikum,
          Bukankah Allah SWT menciptakan langit dan bumi tujuh lapis?
          Dan langit tertinggi yg di lalui nabi muhammad SAW adalah sidratul muntaha
          Langit yg kita lihat dgn mata telanjang sekarang adalah langit yg paling bawah Allah menyebutnya dalam surat Al-Mulk 3-5 yg lebih kurang artinya,
          "(3)(Allah) Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Rabb Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (4)Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah. (5) Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al Mulk: 3-5)
          Mungkin maksud ayat pada surar Ar-rahman untuk langit yg lain ntah paling tinggi atau paling rendah, yg jelas Allah tidak menyebut lapisan ke berapa.
          yg Allah abadikan juga pada surat Al-Jin 8-10
          (8). dan sesungguhnya kami(jin) telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, (9). dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barang siapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). (10). Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka.” (QS Al-Jin, 72: 8-20).
          *Maksud sekarang pada ayat 9 ialah waktu sesudah nabi Muhammad SAW di utus menjadi rasul
          Jangan lupa ayat kedua surat Al baqarah, bahwa Al qur'an tidak ada keraguan di dalamnya.
          Dan salah satu ke ajaiban Al Qur'an ialah saling berkaitan satu ayat dgn ayat yang lain.
          Mungkin segini, Allah SWT yg lebih mengetahui apa yg di langit dan di bumi dan di dalam hati. Tidak ada sehelai daun pun gugur yg tidak luput dr pengetahuan-Nya.
          Kepada Allah saya mohon ampun, kepada manusia saya minta maaf *mendadak berubah jadi ustad
          Saya pun bukan ustad
          Yg jelas kita gak tau siapa yg benar, cuma Allah yg maha mengetahui
          Wassalam *benerin kopiah
          Sekali lagi saya bukan ustad

          • gigih santra

            trus intinya apa? kok gak nyambung?

        • Fatur Rahman

          Bego di pelihara,, diam itu emas bung.. Tuh mulut ngomong ga ada ilmunya bgt sih,, malu napa malu.. Berdebat tanpa ilmu sama aja sayur tanpa garam bung..

        • Indra D. Herdiana

          1. Bisa dijelaskan bagian mana di ayat tersebut yang menyebutkan manusia tidak bisa tinggal di tempat kecuali Bumi?

          2. Kemampuan manusia pergi ke suatu tempat tidak lantas mengimplikasikan bahwa manusia mampu hidup di tempat tersebut.

        • anisa sri nurtado

          oh iya saya sebagai muslim masih bingung dengan penggalan ayat yg mengatakan manusia yang ada dibumi dan dilangit.. dan manusia di alam semesta..
          dengan dikatakan di langit itu seperti apa? bukan kah berartu itu ada pembuktian bahwa ada kehidupan di langit sana maksudnya manusia bisa hidup di luar bumi??

      • agung

        foto dan video pendaratan di bulan tersebut terbukti palsu. Mereka tidak pernah mendarat di bulan. Tahun 1969 Amerika butuh
        "citra" sebagai adidaya teknologi. Mereka hanya butuh dunia mengira
        bahwa mereka benar benar ke bulan. Maka dibuatlah "film" pendaratan Neil Amstrong di bulan.

        • asdasdasd

          sabar bang

      • Fransiskus Tetuko

        yep. percaya atau tidak , monggo mbalik ke pribadi masing2, eh tapi kok yaa..masih aja bisa nyangkut ke religi.. Nanti lak malah ngolok2 jadinya, bukan diskus lagi, bahas ilmiah dijawab dengan hal selain ilmiah.. sama aja bilang, "Semua kembali padaNya, Allah Semesta Raya" rampung wes njur an...

    • Glenn Ardi

      Uni Soviet adalah negara salah satu titik poros kekuatan terbesar di dunia yang pada akhirnya runtuh pada tahun 1991 menjadi 14 negara, salah satunya yang terbesar adalah Rusia.

      http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Republics_of_the_USSR.svg
      http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f9/Republics_of_the_USSR.svg

  • Wildan Ichsan Sabila

    wah luar biasa artikel ini. menurutku ini lebih masuk akal dibandingkan yg bilang hoax. apalagi fakta ttg "bendera" nya

  • Fauzy Nur Noviansyah

    Gatau kenapa dulu gw percaya aja itu cmn rekayasa. ya gw mikirnya sama kaya orang pd umumnya. contohnya aja bendera. gw mikirnya ya ga mungkin lah bendera berkibar di bulan. dan setelah gw baca artikel ini, ga pernah kepikiran sampe situ. wkwkwk..

  • na

    kak aku izin share yaaa:)

  • Ridlo

    prtnyaannya, kl memang benar nasa bs mndaratkan manusia di bulan, “Mengapa NASA hingga tahun 2015 hanya sanggup untuk mengirimkan astronaut mereka untuk melayang di orbit Bumi dengan pesawat ulang-aliknya? Mengapa mereka tidak sanggup lagi untuk mengirimkan pesawat berawak keluar dari orbit Bumi?” Artinya, setelah pendaratan Apollo 17, pesawat-pesawat berawak (Chalengger, Colombia, Discovery) buatan NASA tidak sanggup untuk mengudara melebihi batas 1000 mil (1609km) dari permukaan Bumi. Bandingkan dengan pernyataan NASA bahwa mereka telah mencapai Bulan pada tahun 1969 dengan roket berawak (Apollo 11) yang jaraknya dari Bumi lebih dari 350.000km!

    cari d youtube bro,konspiracy neil amstrong mndarat d bulan,bnyak fakta hnya editan studio,d atas cm bukti kecil yg km diskusikan,bukti" lain bnyak mnunjukkan kl editan studio,amerika itu penuh tipu",silahkan lihat konspiracy gedung WTC 9/11,konspiracy HAARP.. jangan kaget,

    • Achmad Feri Ardiansah

      Karena NASA budgetnya dipotong oleh pemerintah Amerika Serikat sehingga perjalanan ke Bulan pun dihentikan dan Apollo 18 tidak jadi berangkat.

      • Mulya Dwi Gianta

        Apollo 18 udh gk ada lagi. sekarang udh diganti Skylab. tapi gw heran sampai sekarang belum ada peluncuran Skylab.

    • Pramudita Satria

      Sangat mungkin sekali, sebelum itu sudah berapa kali Soviet dan Amrik mengirimkan wahana antariksa ke benda asing tersebut. Luna 2 buatan soviet adalah yang pertama kali mendarat di bulan (tanpa awak). Wajar jika teknologinya berkembang sehingga bisa mendaratkan manusia di bulan. Untuk menjawab pertanyan mengapa NASA tidak mengirimkan wahana berawak ke luar, itu karena biaya. Biaya wahana berawak itu 15-20 kali dibandingkan dengan wahana robotik. Karena misi-misi luar angkasa sekarang mayoritas untuk keperluan sains, akan jauh lebih bermanfaat jika NASA (dan agency luar angkasa lainnya) mengirimkan 15 wahana robotik untuk mengambil sampel yang akan dianalisis secara ilmiah dibandingkan dengan 1 wahana berawak.

      Saat itu budget nasa amat sangat besar karena sedang bersaing dengan Soviet. Pendaratan manusia di bulan juga didorong oleh kepentingan politik sehingga jelas didukung oleh dana yang besar (anda perlu membaca buku karangan Neil deGrasse Tyson jika ingin tahu lebih jauh,

      Satu hal lain, tidak perlu kaget dengan konspirasi HAARP dan lain-lain. Tanpa didukung bukti yang solid, konspirasi hanyalah konspirasi yang tidak mencerminkan kenyataan 🙂 Anda juga perlu melihat acara mythbuster tentang pendaratan manusia di bulan, yang isinya membantah dengan eksperimen dan bukti bahwa konspirasi-konspirasi yang ada ternyata hanyalah mitos belaka 🙂

  • agung
  • Guest

    amerika itu HOLLYWOOD bro.. mau film apa juga bisa di bikin sama doi

    • Лутхфи

      ahahahha

  • agung

    AMERIKA ITU BUKANNYA PALING JENIUS BUAT FILM YA.. HOLLYWOOD GITU LOH..!!

    • Zelda

      Dan amerika juga jenius bisa buat teknologi2 canggih. Elo bisa komen kurang ajar gini jugak ada campur tangan mereka. Serah lo mau bilang gue kafir ato gmana

      • bryan

        haha :))

  • Owensky NK

    nih artikel taun 2009 beserta pembahasan nya
    cuma mau nambahin yg diatas

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/apakah-nasa-memalsukan-pendaratan-di.html

  • Reareo

    ok..tapi bagaimana anda dan Nasa dapat menjelaskan ini?..

    • Muhammad Akbar Sutan Alam

      itu namanya terminator moon illusion, dimana arah sinar matahari bisa berbelok. lucu deh liat orang orang sok pinter kayak gini, lagipula itu bukan foto asli

  • Nova Insan Hidayat

    Sekarang kita pake teori simple aja,bulan kan berputar mengelilingi bumi,intinya bulan itu bergerak,coba lo sekarang lemparin bola trus lo lemparin permen karet yg punya daya rekat,nempel apa ngga?ga kan?!!begitu juga pesawat neil ,apa mungkin sebuah benda bisa mendarat pada objek yg bergerak?apalagi kecepatan orbit bulan itu 1000 km/s,trus kecepatan rotasi bulan 4600m/s ,benda apa sama teknologi apa yg bisa mendarat di kecepatan segitu kilatnya?ga mungkin bakalan ada

    • panjul

      Apa lo gak tau kalo bumi juga bergerak? terus kenapa lo gak terlempar keluar dari bumi? Apa Lo tau yang namanya "Gravitasi"?

      • Saya

        Katanya bulan ga punya gaya gravitasi..

        • Arif Budiman

          Bulan punya gravitasi yaitu 1,622 m/s² atau sekitar 1/6 dari gravitasi bumi.
          Kalau berargumantasi jangan menggunakan "katanya", tapi "faktanya".

      • hery

        Kl aku sih yang jelas itu negara unisoviet bisa bikin stasiun di orbit bumi.amirika menjejakan kaki di bulan sebagian orang katanya HOAK.

    • jebediah_kerman

      komen ini menunjukkan kalo mekanika orbital memang ilmu yg susah buat dijangkau banyak orang.

    • Pramudita Satria

      Satu kuncinya sudah dijawab oleh orang di bawah saya : "gravitasi". Suatu wahana bisa memasuki satu planet ketika ia sudah berhasil memasuki zona gravitasinya-nya. Tidak hanya planet, asteroid saja sudah bisa didarati (cek wahana antariksa: Hayabusa). Gravitasi juga yang membuat banyak meteorit masuk ke dalam bumi (walaupun banyak dari meteorit ini sudah hancur ketika bergesekan dengan atmosfer bumi). Teknologi yang memungkinkan jelas ada, bahkan sudah lebih tua dari Apollo 11. Disiplin astrodinamika (mempelajari gerak planet, bintang, dan wahana antariksa) dan teknologi peroketan lah yang mampu merealisasikan hal tersebut. Sekarang malah sudah jauh lebih lagi, wahana Curiosity sudah mendarat di mars dan berhasil mengirimkan foto-foto planet Mars kembali ke bumi. Teknologi untuk membuat wahana antariksa lah yang memungkinkan hal-hal tersebut terjadi. Dan itu jelas ada. Jika penasaran bisa membuka2 website NASA, ESA (eropa), JAXA (jepang) dan lain-lainnya. Website NASA seringkali memberikan penjelasan yang logis dan juga menjelaskan segi fisika dan engineeringnya. Tidak ada salahnya juga membuka kembali buku fisika untuk mempelajari kembali hukum Newton kesatu, kedua, dan ketiga. Semoga bermanfaat 🙂

      • hery

        Nah itu kl kebulan sabuk van alen.ngak bisa di lewati dong?

        • Pramudita Satria

          mas Hery, sabuk Van Allen itu kumpulan dari elektron dan proton dengan energi tinggi (ada dua layer). Sabuk Van Allen memang berbahaya untuk satelit, satelit pun juga biasa dilengkapi dengan peralatan khusus untuk menangkal radiasi. Begitu jga dengan misi-misi Apollo, mereka juga terkena dampak radiasi Van Belt. Tetapi dampak radiasi ke astronot dibuat agar sekecil mungkin, yaitu dengan cara perlindungan radiasi ke wahana Apollo dan perjalanan wahana dirancang agar melewati Van Allen belt sesebentar mungkin (inilah gunanya Engineering). Sebagai info, radiasi sinar X ray lebih besar daripada radiasi yang mengenai wahana apollo.. Jelas, wahana ataupun manusia tidak akan "terpanggang" ketika melewati radiasi Van Belt. Sudah banyak kok wahana non-Amerika dari Jepang, India, Eropa yang melewati radiasi Van Allen ini.

          Semoga bisa menjawab.

        • Pramudita Satria

          silahkan dibaca juga artikel berikut dari Popular Science, yang memang terpercaya untuk informasi sains, sebagai informasi tambahan:

          http://www.popsci.com/blog-network/vintage-space/apollo-rocketed-through-van-allen-belts

  • Iwa Qoswa AlJad’a

    yg trakhir nginjek bulan thn 1972. Knp gada klanjutannya ya? teknologi taon sgitu aza bsa bawa orang k bulan, plagi skarang lbih canggih. Ooo krena udah gada pride race kali ya...

    • Pramudita Satria

      Tidak ada race lagi, itu juga benar, dan ini berpengaruh terhadap jauh berkurangnya budget yang dimiliki NASA. Sekarang pun juga ada space race walaupun tidak seintens dulu dengan pemain-pemain baru (Cina, Eropa, India, Jepang, dan lain-lain).

    • zulfikar abdul

      bentar lagi manusia ke mars

    • Stare

      karena, misi perjalanan ke bulan saat itu sebenarnya hanya untuk adu kekuatan antara amerika dan rusia. setelah kalah dari rusia untuk manusia pertama di angkasa, amerika membalas dengan perjalanan ke bulan. kalau sekaran, perang dingin udah gak laku, pergi ke bulan juga buat apa? lagian dana untuk NASA juga di potong.

  • umimarfa

    Mangut

  • Tumo Kasur

    Ampun, lihat komen2 dibawah 😀 cuma bisa senyum2 di depan komputer. Ada yang menyematkan tautan ke tribun yang setelah kubaca ga bisa di telusuri kebenerannya karena mereka ga menuliskan sumber2 yang mereka jadikan pokok bacaan, entah itu beneran fakta atau engga, kita ga tau kan.

    Cobalah menelaah informasi yang masuk mas/mbak, dibaca pelan2 artikelnya secara seksama. Setelah baca artikel ini, jangan lupa di buka tautan2 yang mengarah ke sumber, minimal di bookmark lah pakai fb kalo anda kalian semua males, biar bisa dibaca ketika punya waktu senggang

    Setelah dinaca sampai faham semuanya, baru sampaikan opini kalian, biar bagian komentar ini ga ngelantur kemana2 dan tetep fokus ke topik yang dibahas

    Engga setuju dengan pernyataan penulis, ya boleh lah, asal dilandasi sumber yang jelas.

    Tetap berpikir kritis, mas/mba. Jangan jadi orang ignorant

    • hery

      Setelah saya baca ngak ada tentang sabuk van alen di bahas.itu yang gencar di perdebatkan.

  • Yustinus Bona V

    Artikel yang sangat bagus kak, menarik, meski sebenarnya ribet tapi jadi mudah dicerna. hehe. Buat temen temen, apalagi si "Agung" yang keliatannya benci banget sama USA. Jangan mencampuradukkan agama dan ilmu pengetahuan. Ada beberapa sisi berbenturan yang belum bisa dijelaskan. Coba , di Al-Qur'an, Injil, dll ada ga penjelasan soal kehidupan prasejarah? Dinosaurus? dan ternyata buktinya di seluruh dunia ditemukan kan fosil dinosaurus, bisa dipegang, disentuh, dipajang di museum? Masih ada banyak hal yang belum bisa dijelaskan oleh agama dan kitab suci, bukannya gue ngajarin kalian utk jadi atheis, tapi lihat tempatnya kalo berkomentar, ini zenius, wahana sains , pengetahuan. Kalo elo Gung, u komen kayak gitu lebih baik di fanpage2 religi begitu.

  • InfoAstronomy

    Penganut teori konspirasi akan datang dengan statement aneh dalam 3.. 2.. 1..

  • Yoyok Aryo

    Ngapain sich jd ribut urusan agama.. bodoh.. yg di bicarakan tentang bulan lain pula yg komen.. mlh ngomongin isra mi'raj.. lolll..

  • Alisah Nurul Aulia

    bisa saling menghargai ga?
    semua org kan punya pendapat. ya mungkin penulis juga ga maksa kalian buat berspektif kaya penulis. just share. dia udh cape cape ngetik ulang terus malah di judge? coba aja kalian buat kaya gini terus banyak yg ga suka gimana rasanya dijudge? kalau kalian punya pendapat lain ya gapapa gaada yg larang kok asal jangan saling judge.

    • hery

      Pusing pala barby

    • Stare

      mirisnya, penulis memberi argumen secara ilmiah dan dibantah dengan pemaksaan kehendak wkwkwkwk

  • Sweet Agent

    Sudah-sudah. Apa sih yang tidak bisa dilakukan oleh Amerika? Amerika saja bisa buat perangkat lunak yang banyak digunakan untuk memanipulasi foto, kan? Film-filmnya pun luar biasa. Belakangan ini, dinosaurus saja bisa dihidupkan kembali. 🙂
    Untuk yang bilang agama jangan dihubungkan dengan sains itu sebaiknya diperdalam lagi ilmu agamanya karena agama dan sains harus berbanding lurus.
    Sudah lihat kan orang-orang sains yang sekarang justru merusak lingkungan?

    Kondisi seperti ini hanya akan menjadi diskusi yang mengedepankan ego masing-masing tanpa ada jalan tengah yang disetujui antara pihak pro dan kontra.

    Cuma mau mengingatkan, Indonesia itu tidak memihak ke blok barat maupun blok timur. Tidak ada gunanya membela negara-negara yang tidak berkontribusi banyak untuk negara kita.

    • Pramudita Satria

      Mungkin yang "membela" itu maksudnya bukannya membela negara-negara seperti Amerika, tetapi meluruskan pemahaman yang salah dan menolak klaim-klaim teori konspirasi yang tidak didukung bukti 🙂

    • Yustinus Bona V

      iya, bukan maksud saya membela Amerika. Dan yang saya bilang itu untuk "penengah" aja. Buktinya sekarang pikiran orang orang terlalu picik. Kalu mendalami Sains, dibilang ga percaya Tuhan, ateis, dan kafir sama kaum agamis. Dan jika mendalami sains secara mendalam, eksplisit, semuanya mengarah ke hal hal yang bertentangan dengan yang terdapat di Kitab Suci. Sejatinya memang ilmu pengetahuan harus didasari konsep agama, kalau tidak ya jadinya ilmu pengetahuan yang membahayakan manusia itu sendiri. Tapi saat ini kenyataannya susah disatuin, jadi menurut saya mending jangan disatukan antara agama dan sains, hehe. Peace kawan, hanya beda pendapat 🙂

    • Yustinus Bona V

      Teori evolusi Darwin, manusia prasejarah,seleksi alam, bukankah itu sangat bertentangan dengan agama yang mengatakan bahwa manusia pertama adalah adam dan hawa? itu sangat sulit diterima dalam ilmu agama.

    • zulfikar abdul

      kemaren ada salah satu petinggi agama di mana gitu gk ngebolehin orang yang se agama ama dia ke mars gara gara nanti susah ngelakuin ibadah nya. cloning , pengubahan sifat sifat genetik , head transplant(belom kejadian tapi bakal epic kalo suskes) kalo di agama yang gw tau itu anggap sebagai pelanggaran etik

    • Stare

      tidak ada kta membela dalam sains

  • Ainidya Hafilda Triafani

    ngak tahu cuma propaganda atau memang bener adanya. kalo dulu itu yang aku denger mereka memperdebatkan soal bayangan di benderanya gitu, tapi ngak tahu gimana maksudnya. ini mah percaya ngak percaya yah, toh sekarang uni soviet sudah runtuh dan amerika tetep jadi negara adidaya.

  • Mohamad Arif Pramarta

    wkwkwkwk

    jarang-jarang zenius isi komentarnya beginian wkwkwk

    • afdal ilham

      Logikanya,Kalo emang itu bener kejadian pernah ada,seharusnya zaman sekarang kita/manusia lebih gampang pergi ke bulan,..karna zaman lebih canggih,lebih maju,sdm lebih mumpuni..dulu aja bsa jarak 4 taun berangkatkan apollo
      Kemana aja nasa dari kemaren2 sampe sekarang..apa uda gak ada yg bisa dieksplor dari bulan.?
      Kesimpulannya,konspirasi itu bisa dlaksanakan karena dulu minim publikasi.zaman sekarang,media dimana2 sehingga sangat sulit untuk menyembunyikan hal konyol seperti itu.
      Walaupun copas tapi emang ada bener nya juga

      Intinya kemana aja?!!! Dulu aja lu canggih bingit masa sekarang ngga?

      • Pramudita Satria

        Logika anda tidak valid. Anda perlu tahu bahwa biaya memberangkatkan manusia ke bulan itu 15-20 kali dibandingkan dengan mengirimkan wahana robot ke luar angkasa. Untuk keperluan saintifik, jelas 15 robot lebih feasible daripada satu wahana berawak. Anda juga perlu mengetahui bahwa budget NASA menurun semenjak masa Apollo (google sedikit maka anda dapat melihat datanya). Harus diakui bahwa pride lah yang mendorong manusia ke bulan saat itu (tepatnya untuk mengalahkan Uni Soviet). Saat ini misi-misi luar angkasa lebih banyak didorong oleh hal-hal saintifik, contohnya untuk penelitian astrofisika, oleh karena itulah sekarang lebih banyak misi yang mengirimkan wahana robotik / instrument saintifik ke luar angkasa. Dan misi-misi ini bisa dibilang lebih canggih, karena ia membawa peralatan-peralatan dan teknologi yang sudah lebih canggih daripada instrumen tahun 1969.

        Kecanggihan itu tidak hanya diukur dari manusia bisa mendarat di bulan saja. Anda dapat melihat kemajuan teknologi antariksa dari misi-misi lain, seperti teleskop Hubble, misi pendaratan di asteroid, pendaratan wahana di mars, misi Pluto (yang baru-baru ini mengirimkan foto-foto pluto), dan lain-lain.

        Sayangnya teori-teori konspirasi sudah dibantahkan semua, silahkan anda melihat acara Mythbuster.

        • afdal ilham

          Kalo gitu coba kirimin robot ke bulan suruh bawa kamera satu, terus fotoin bendera amerika yg nancep disana, baru logika bisa menjawab semuanya

          • Pramudita Satria

            Ada misi Lunar Reconnaisance Orbiter.. Atau silahkan membaca tentang misi SELENE (jepang), Chandrayaan-1 (India), Chang'e 2 (Cina).. Indonesia tidak ada mungkin karena masih sibuk berkonspirasi 🙂

          • afdal ilham

            Itu jawabannya ngga menjawab pertanyaan saya ehehe, ada foto nya ngga ya bukti peninggalan amerika disana?

          • Pramudita Satria

            Itu maksud saya, oleh karena itu anda bisa membuka info-info tentang misi-misi tersebut yang dilakukan oleh space agency non-amrik (in case, seandainya bukti dari NASA pun masih tidak dipercaya). Contoh,, misi SELENE membuat peta topografi bulan yang cocok dengan foto yang diambil misi Apollo. Chandrayaan juga mengambil foto bekas tempat pendaratan Apollo (utk melihat seperti apa hasil-hasil misi non-Amrik anda bisa google, dan bukti tidak harus bendera). Tetapi jika anda masih membutuhkan bukti foto bendera tersebut tertancap persis.. Mgkn anda bisa membantu LAPAN untuk merencanakan misi ke bulan, mendesain roket untuk misi ke bulan, atau merancang wahana luar angkasa yang dapat mendarat di bulan..

          • Arif Budiman

            Ini foto-foto yang diambil misi LRO: https://en.wikipedia.org/wiki/Lunar_Reconnaissance_Orbiter

            Dan masih banyak lagi, silakan gunakan google untuk menelusurinya (jika anda bisa menggunakan google).

      • hery

        Pada ngak mau ke bulan sekarang.abisnya ngak ada yang percaya sih...paling ke stasiun trus balik lg.iss maksudnya

      • Zelda

        Makanya masss coba searching dulu apa bener gk ada yg mendarat ke bulan sampe seakarang. Orang malahan sekarang dari Malaysa udah ada yg pergi ke luar angakasa kok.
        Gosipny malah sekarang Indo jugak mau ke luar angkasa

  • Muhammad Rafdillah

    Sesungguhnya, Allah itu terus menambah ilmu hamba"nya setiap jaman. Seperti halnya jaman dulu orang" berpikir manusia tidak bisa terbang dilangit, mereka pikir itu konyol. Tapi nyatanya sekarang, pesawat terbang sudah menjadi hal yang biasa dibumi. Mungkin orang" sekarang berpikir bahwa ke bulan itu mustahil dan konyol, tapi dengan kehendak Allah dan ilmu yang dia berikan kepada kita, InsyaAllah itu mungkin bisa terjadi. Kun fayakun.
    Terkadang memang hal baru sulit untuk diterima masyarakat.

  • Muhammad Rafdillah

    Jangan lah jadi orang yang berilmu tapi tak beriman, itu akan menyusahkan mu diakhirat. Janganlah jadi orang yang beriman tapi tak berilmu, itu akan menyusahkan mu didunia. Jadi lah orang beriman yang berilmu, sesungguhnya Allah mencintai hambanya yang menuntut ilmu. Itulah keterkaitan ilmu dan agama.

  • nuruz

    Wawasan anda terlalu kecil mbak

    • Zelda

      Kalo wawasanny Kak Fanny terlalu kecil itu berati anda sudah merasa lebih hebatkah dari beliau?? Silahkan sih. Tapi coba buktikan wawasan anda lebih besar dan wawasan kak Fanny terlalu kecil jangan asal maen bilang "wawasan orang kecil" dong

  • nuruz

    ??? Lupa mindahin?

    • Zelda

      Nah sekarang yakin itu foto2 ada hubungannya sama NASA atau Neil Amstrong yg mendarat dibulan? Bisa aja itu foto syuting film. Gini aja deh kalo pada maen2 logika2 an. Gua juga ragu sama tu foto. Kalo emang itu foto kejadian pas Neil amstrong mendarat di bulan. Harusny dirahasiakan dong sama amerika. Harusny pada ngawasin jgn sampe ada yg moto"rekayasa" itu. dan kalo foto itu diambil sembunyi2 harusnya gak sejelas itu

  • Pramudita Satria

    Tulisan yang menarik mbak. Menarik juga anda mengutip kata-kata dari Carl Sagan di tulisan anda. Tulisan-tulisan seperti ini harus lebih banyak dibaca orang dibandingkan dengan konspirasi-konspirasi yang menyebar sangat banyak tanpa didukung bukti yang solid. Saya agak sedih sebenarnya ketika orang-orang lebih semangat membahas hal-hal seperti keberadaan Atlantis di Indonesia (yang sama sekali tidak ada buktinya..) atau candi yang dibangun nabi Sulaiman dibandingkan dengan kemajuan sains dan teknologi dewasa ini.

  • M Shacrul Fahrezi

    Boleh boleh aja berargumen , tapi maaf sebelumnya , kayaknya penulis terlalu bela amerika .. aku juga enggak bela russia kok , tapi kata kata penulis "coba deh lo" atau "tanya deh ke temen lo" atau "russia runtuh" kayak maksa banget.. siapa tau kalo misalnya semua sanggahan atas kritik itu adalah bikin bikinan amerika , "memang banyak cahaya" lah , atau "bendera kusut" lah , siapa tahu itu cuma alasan bikinan amerika buat nutupin "kegagalan foto studio"-nya ...
    Maaf kalo ga sopan

    • Zelda

      Makanya gan kalo gak yakin sama tulisannya kak fanny coba selidiki sendiri kan udah dibilang di atas. Skeptis sih boleh2 aja. Harus malahan. Tapi kalo skeptisnya gak mau cari2 bukti kebenarannya sama aja gan

    • Stare

      skeptis itu baik, bahkan dalam sains itu sangat dibutuhkan skeptisme. sains tidak akan berkembang jika hanya percaya tanpa skeptis. tetapi, dengan skeptis harusnya memberikan bukti yang valid.

  • tutk

    denger denger sih ntar akhir desember ada astronot indonesia yang mau ke bulan liat aja ntar cuk

  • Moh Al Fathih

    Klo pun hoax msh ada kemungkinan kok orng bs tinggal di bulan atau mars sekalipun, who knows kan... Gak ada yg tau yg namanya pengetahuan dan teknologi, mngkn gw kebnyakan nntn film, but nothing is impossible, walau lu blng gak mngkn mngkn emng blm wktunya... Yg gak mngkn itu NASA kelangit ke tujuh, nunggu kiamat

  • yoferen22
  • yoferen22

    share aja

    • ikhwan

      ada yang bisa jelasin gambar diatas?

      • Ary Kurniawan

        jejak tapak kaki si amstrong pas mau dikuburkan wkwkwkwkw

      • Zelda

        Nah sekarang kalian yakin itu foto2 ada hubungannya sama NASA atau Neil Amstrong yg mendarat dibulan? Bisa aja itu foto syuting film. Gini aja deh kalo pada maen2 logika2 an. Gua juga ragu sama tu foto. Kalo emang itu foto kejadian pas Neil amstrong mendarat di bulan. Harusny dirahasiakan dong sama amerika. Harusny pada ngawasin jgn sampe ada yg moto"rekayasa" itu. dan kalo foto itu diambil sembunyi2 harusnya gak sejelas itu

        • Stare

          nah kok lu bisa yakin kalo itu foto asli yang diunggah NASA? coba kasih deh link foto asli dari Nasa.gov

          • Zelda

            Ibaratny lo kyak bilang "orang X itu kanibal" ya elo jelasin kenapa mereka kanibal bukannya malah balik nanya "ya elo punya bukti apa kalo mereka gk kanibal"

    • Zelda

      Yakin itu bukn foto laen? Udah gue komen tuh dibawah.

  • Putra Aditya Rachman

    gw ngeliat comen*nya tuh greget semua 😀 gw suka comen*nya orang orang nih :v
    Iya apa enggaknya kalau mendarat di bulan ya yg tau hanya Allah aja 😀

  • Ary Kurniawan

    HAHAHAH..HAHA MAKIN NGAWUR,,, LGIKA NYA TAON 69 SAJA MEREKA BISA KEBULAN MSA SEKARANG YG SDUAH 4 DEKADE SEKALIPON GAK ADA NASA MENGIRIMKAN ORG KE BULAN,,,? ITU KARENA DULU MEDIA MASIH BELUM SEKUAT SEKARANG... DULU TEKNOLOGI YG CANGGIH HANYA BEBERAPA NEGARA SAJA YG PUNYA DAN BELUM BISA DIAKSES SECARA INTERNASIONAL MAKANYA PEMBODOHAN PUBLIK GAMPANG TERJADI... NYATANYA PON SEJARAH YG ADA GAK SAMPE 50 PERSEN YG BENAR SAAT INI FAKTA BANYAK YG DIPUTAR BALIK,,, LIHAT SAJA PARA PENEMU DAN ILMUWAN YG DIPUBLIKASIKAN OLEH MEDIA AMERIKA BANYAK JAUH SEBELUMNYA SDH ADA YG MENEMUKAN, GAK PERLU CAPEK2 NGELUARKAN DANA BANYAK DAN MENINGKATKAN TEKNOLOGI SUPER CANGGIH CUKUP DG MEDIA SEMUA BISA TERJADI SIAPA YG PUNYA MEDIA DIA YG BERKUASA... OALAH GAMPANG KALI DOBODOHI BAGI YG PERCAYA...KASIHANN

  • Zhe Shu
  • Fransiskus Tetuko
  • echoaxis

    pertanyaanya, tuh kan kalo berangkat dari bumi bawa roket gede . pas balik emang bisa dengan alat segitu kecilnya bisa mendarat lagi ke bumi ?

    • echoaxis

      peranyaan kedua, kenapa jaman moderan saat ini diamana teknologi udah canggih, ga ada satupun negara di bumi ini nerbangin manusia ke bulan ? padahal kalo ada kan bisa dapetin foto / video dengan kualitas bagus. selain itu bisa jadi pembelaan buat nasa khususnya tentang berita pendaratan hoax ini

      • Zelda

        Kata siapa gak ada satupun negara yang nerbangin manusia ke bulan nyatany dari malaysa sendiri udah ada yg pergi ke luar angkasa https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sheikh_Muszaphar_Shukor

        Baca juga inihttps://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://techno.okezone.com/read/2013/08/02/56/846466/ini-10-manusia-yang-pernah-mendarat-di-bulan&ved=0ahUKEwjy8IWY1P_NAhXLLo8KHU5BAPUQFggcMAA&usg=AFQjCNEb4a_4o4ytpnvXXoOkNM6hFAhJ6g&sig2=CZJBrOPCkgOLFHEqMAV__Q

        • Tesslaaaa

          dia nanya soal manusia yang ke bulan. bukan ke luar angkasa.. jawaban anda belum menjawab pertanyaannya

          • Zelda

            Oh iya beda. Seinget saya sih mereka mendarat di bulan. Bahkan sampai di kartun Upin Ipin (buatan Malaysa) mengatakan di salah satu episodenya saat gurunya bilang "bahkan dari Malaysa sendiri baru satu orang saja yg baru mendarat di bulan"

            Tapi kartun tidak bisa dijadikan bukti empiris lah yaww.. bisa saja itu cuman tipuan upin ipin. Hehe

  • duta

    Ada yang bialng "Untuk melakukan sebuah pendaratan tentu tidak dilakukan dengan kecepatan tinggi tapi
    dengan kecepatan yang diperlambat. Tidak ada satu orangpun yang memarkirkan mobilnya dengan kecepatan 100 km/jam. Hal yang sama berlaku juga pada Apollo 11. Semburan roket memiliki dorongan 5000 kg, tetapi roket tersebut diperlambat sampai sekitar 1500 kg saat mendekati permukaan. Dengan diameter pipa pengeluaran roket sebesar 54 inci (dari Ensiklopedia Astronautica), dan ukuran roket sekitar 2300 inci persegi, semburan roket hanya menimbulkan tekanan sekitar 0.75 kg /inci persegi. Tekanan sebesar ini tidak akan sampai menimbulkan jejak lubang yang besar.". Terus berapa tekanan kaki yang di hentak kan para astronout ini?? Masukan buat ELO yang nulis nih web. Pakek bahasa yang enak dibaca. Bukan nya ELU ELU. Geli banhet bacanya

  • indra baladewa

    Yg sangat aneh,hampir seluruh manusia menelan mentah2 hoax ini,dan membela mati2an walaupun mereka tidak tahu kebenarannya,termasuk teori heliosentris yg menyatakan bahwa bumi berputar mengelilingi matahari,padahal teori itu dibuat oleh kaum pagan penyembah dewa matahari,dan walaupun cuma sekedar teori,mereka membela mati2an,padahal kalau cuma teori kan boleh dibantah? Bumi satu2 tempat manusia mahluk termulia hidup,kenapa bumi dalam teori mereka dianggap sekunder?

  • kaz

    Saya tetap ga percaya.

  • Shandy

    Saya merasa sangat miris dengan Hoax-hoax yang beredar di masyarakat, Mulai dari 'Flat Earth' sampai dengan 'rekayasa pendaratan manusia di bulan oleh NASA' yang ada di blog ini.
    Padahal yang memulai teori-teori tersebut adalah orang-orang yang tidak mempunyai pendidikan dan latar belakang dari teori yang dibahasnya.

    Tolonglah kita semua harus lebih selektif dan kritis dalam menerima segala informasi. Jangan diterima mentah-mentah 😀

    Cheers Zenius and keep writing to extend our mind 😀
    Jangan terpengaruh dengan komentar-komentar disini.

  • faizarha

    2 years later, peradaban internet Indo malah makin mundur 600 tahun ke belakang dengan memperdebatkan bentuk bumi itu datar atau bulat :'( Sedih aja baca komen-komen di sini yg berusaha ngelawan bukti empiris dengan data-data gaje dan sok ilmiah. Ga setuju itu boleh, tapi hrs dilawan jg dengan data-data yg jelas juga jangan bikin konspirasi cocoklogi ga jelas -_-" Apalagi cmn ngutip doang dari sumber-sumber yg latar belakang keahliannya ga jelas. Ditambah lagi yg bawa-bawa agama -_-" Bikin orang beragama makin tampak bloon aja di mata orang-orang ateis.

    Ketika bangsa lain berusaha maju untuk menemukan inovasi demi peradaban manusia, we'll stuck with moon conspiracy, flat earth theory, geocentric theory, and another stupid things like that -_-"

  • Diky

    jadi sebenarnya pendaratan d bulan ini bener atau gak,to the point nya deh??
    atau masih konspirasi yang belum jelas

    • Zelda

      Harusnya kalau anda bisa menyimpulkan dari artikel ini mengatakan pendaratan di bulan itu memang terjadi. Bisa anda pelajari lagi atau cari di beberapa sumber lain jika anda masih ragu.

  • Zelda

    Tips buat kak Fanny dan editor blog : tolong selipin berita "Neil Amstrong masuk Islam karna mendengar suara Azan di bulan" biar pada percaya. Dan gak banyak cocologi lagi.
    (Sarkasme)

    • Chairul Dewantoro

      sayang banget sama komentar ini :*

  • Froosenss Kuwii Jenengku

    so bgmn dengan konspirasi yg mengatakan kalau bumi datar(flat) maap agk oot... tp kurasa ada hubungane... msh soal seputar antariksa n konpirasi....

    http://manja33.blogspot.co.id/2012/10/dibohongi-nasa-bumi-ternyata-datar.html

    • Zelda
      • Froosenss Kuwii Jenengku

        la ya bgmn pendapatmu klu bumi itu datar??

        • Zelda

          Gue kira itu kesalahan fatal. Karna itu sangat mempengaruhi perkembangan science. Dan yg gue liat org2 yg lg koar2 kalo bumi itu datar cmn cocologi agama. Karna dari mereka mengatakan bumi itu datar karna kitab suci mereka (maaf) al quran mengatakan bahwa bumi datar (anda bisa mencari di google tentang hal ini). Dan mereka mencoba cocologi (menggunakan pengetahuan science)

          Ya walaupun saat ini banyak juga orang islam yg mencoba melawan bahwa al quran tidak mengatakan bumi datar.

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            al qur'an itu kitab suci... firman alloh... bukan karangan manusia... benar" setiap ayat dan kata" nya mempunyai makna yg sangat mendalam..bs tersirat atau tersurat... gk bisa di pahami sekilas aja...
            misal kata bumi terhampar... gk bs loo lngsung dia artikan klu tu berarti bumi bnr" terhampar....
            al quran itu ilmiah apa yg di sebutkn di alqur'an bs di buktikan scr ilmiah loo sebenre...misal.. proses pembentukan embrio dan janin dalam perut... dan juga proses hujan...dan juga tentang alam semesta ...dan peredarane....aq cuman lupa ae ayat mn yg menjelaskn tentang yg aq sebutkn di atas....
            jujur aq kurang setuju klu bumi itu datar....tp emang kemungkianan gak bulat tetapi elips... allohu'alam....
            mkne al qur'an harus bnr" di kaji dan di pahami scr mendalam jgn cmn di baca tok,,,n cmn ikut" an konspirasi... yg gk ilmiah

          • Zelda

            Tapi kebanyakan cocologi al quran itu ngawur. Cth : 1.kenapa minum harus duduk? Karna pencernaan (gue lupa tenggorokan pa ginjal) akan blablabla padahal gak gitu cara kerja sistem pencernaan
            2. Kenapa laki2 gk boleh menggunakan emas? Karna unsur atom blablabla. Gak gitu padahal (coba aja lu gugel)
            3. Kenapa makanan gak boleh ditiup pas panas? Karna bakal hasilin asam karbonat. Faktanya H2CO3 dari reaksi air plus CO2 itu pake katalis enzim reaksinya di dalam plasma darah, bukan dari niup makanan
            4. Gak boleh makan babi karna ada cacing pita... blablabla

            FYI aja itu semua salah udah dibantah lo pasti punyalah kenalan orang science atau tanya aja sama tutor2 sini kyak kak Fanny (atau bang Pras meski udah keluar)

            Mirisnya banyak orang islam yg nerima cocologi itu mentah2. Padahal kek gitu malah makin memperburuk image islaam dan makin kental kata2 "tukang cocologi"

            Oh iya elo Islam ya? Nah gua berharap aja elo bisa memperbaiki nama islam dari image "tukang cocologi" dgn nggak nerima mentah2 cocologiny. (Coba deh lo belajar IPA yg bener. Dan coba cari sendiri 4 point yg td gue sebutin)

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            jujur anggep ae aq masih bodoh... n aq gk berani langsung sembarangan jawab....sebelum aq bener" pny ilmu yg mendalam berkaitan denngan hal itu... ,tp klu ada rekan ku yang berini jawab dan punya dasar kuat silahkan saja...
            namun satu hal...aq gk mau menerima bgt saja apapun itu scr mentah" ,bhkn opini apapun dari anda...,bhkn untuk al qur'an aq pun berniat ingin mempelajarinya scr mndalam scr ilmiah...
            aq pny impian pingin jd ilmuwan muslim dan bisa membuktikan kebenaran al qur'an scr ilmiah dan riset... shg dunia bnr" kagum thdp islam krn bnr" kagum krn semua misteri alam terungkap krn al qur'an...n al qur'an adlh sumber ilmu segalanya....bkn sekedar omong kosong... aq berharap anda mau sedikit baca terjemahan dan pembahasan langsung dari al qur'an itu.. cari yang menarik yang bahas tentang hal yg ilmiah...yg ada hubungane denagn ilmu alam.....bc yg terjemahan indonesia,jgn yg tulisan arab....
            jgn cmn dari perkataan orng yg cmn ngaku" islam tp gak tahu apa"...,

            saat ini mungkin aq blum bs lngsng buktiin scr ilmiah... tp aq ttp percaya insyaallah al'quran itu benar...itulah nm nya iman...n terkadang sesuatu gk bs lngsng di cerna scr logika....
            anda bisa cri refernsi kisah tntng ilmuwan barat yg terkagum dgn al qur'an krn hasil riset mrk sesuai dgn al qur'an.. bhkn mrk masuk islam krn itu...aq tdk akn bhas bnyk di sini tntng ilmuwan itu anda bisa cari sndri n memahaminya n mempelajarinya sendiri....
            kita semua belajar.. belajar untuk lebih baik....
            tentang haram nya babi atau hewan yg berkuku tajam...n hewan yg hidup di dua alam(darat n air) ,laki" gk boleh pakai emas.. ayolah kita cari referensi nya yg benar... secukup nya....
            aq gk kn bicara dulu tentang hal itu...
            mari kita cari referensi tntng hal itu dri berbgai pihak....baek islam maupun non islam.... ya sambil belajar n nambah ilmu.....

            oh yaa kamu anda ini d zenius sbg apa yaa????.....

          • Zelda

            Okey. Good luck buat anda. Maaf kalo sebelumnya kata2 saya menyakiti anda semoga anda bisa menghilangkan image jelek tentang muslim dewasa ini.

            Saya cmn murid zenius.net kok

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            hehehe... ok bro.. nyantai ae... aq byasa ae kug... aq sadar bnyk orng islam yg sok pintar tp gk pny dasar kuat...bhkn gk pernh ngaji/bnr" mendalami kitab suci n menguji serta membuktikannya... cmn ikut" an tok...
            n maap klu tanggepan ku agak panjang,heehehe....
            oh yaa... klu bleh tau tutor zenius ad yg muslim jg bro....???n cp ae klu boleh tahu, n mas wisnu itu muslim gak....ya pgn lbh kenal tutore zenius lbh akrab ae... pa lg kyk e kamu knl ma tutore zenius eg.... 🙂
            oh ya slm knl bro....

  • Froosenss Kuwii Jenengku
  • Froosenss Kuwii Jenengku

    loh bukan bgt mksd q bro....aq hny ingin menjalin persaudaraan sesama muslim ae.....n jg yg non muslim ,yg dlm islam nm ne ukhuwah islamiyah....(persaudaraan islam) islam sngt menjunjung persaudaraan n mnghormati keyakinan n prinsip masing"...
    nah mksd q klu bs knl tutor zenius yg sesama muslim ma aq,, kn bs q ajak diskusi.. n nambah ilmu jg... krn aq lihat pemikiran tutor zenius snt ilmiah....aq jujur sngt pgn pny tmn yg mau berpikir ilmiah.... apapun agamane... klu kebetulan islam... aq yakin untuk tutor zenius insyaallah tetep ilmiah....n logis....

    • Froosenss Kuwii Jenengku

      klu nyinggung gk lah.. kcuali klu ampe mnyerang agama laen ... tu mnrt ku baru menyinggung.... klu bs kita pererat persatuan ae.. yg pnting apapun pemikiran n argumen bs d pertanggungjwbkn n pny dasar yg kuat gk sekedar omong kosong....

      • Froosenss Kuwii Jenengku

        eh boleh tau nm fb mu bro... pgn lbh knl ae... boleh kn?? hehehe....
        ntar aq add 🙂

        • Zelda

          Duh. Gue udah kagak punya fb bro. Haha

      • Zelda

        Hmm tapi (gue jgak bingung knp) apapun alasan lo, nanya agama, umur, hal2 pribadi lainnya itu sangat2 gk sopan bro

        Hmm. Kenapa harus cari yg sesama muslim buat diskusi? Kenapa gak cari aja yg laen agama atau malah yg atheis. Gue bilang gini buat saran aja sih. Kalo lo bisa lbh gaul sama org2 dr luar golongan lo, lo bisa dpt sudut pandang yg gk pernah lo bayangin sebelumnya. Dan sudut pandang itu bakal ngebantu lo banget. (Pengalaman gue sih ini)

        Tapi kalo lo beneran mau kenal sama tutor zenius, lo bisa follow twiter mereka. Chat gue sering dibales kok. Ramah2 lagi mereka (sbnrnya trgantng sikap lo ke mereka sih, kalo lo blm apa2 nanya agama, ya ribet)

        recomended banget bang Pras (yak walaupun dia udah gk ngajar d zenius tapi dia tetep bagi2 ilmu natural science-ny kok) . Cari aja twtrnya (@) kamentrader. Cmn ati2 dia blak2 an banget soalnya mngkn awal2 lo bisa sakit hati sama celotehannya (tapi insight2 ny keren abis kok). Hehe
        Dan orgny ilmiah banget. Gue saranin, jgn tanya agama. Apapun alasan lo.

        • Froosenss Kuwii Jenengku

          https://
          uploads.disquscdn.com/images/aa883c1afe9a29bf85636eb9893e1361e1cfd595c07e663b4545d3cf65cb404c.png

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            tolong d cermati lg kata" ku bro... d situ jelas aq mau jalin persaudarann baik muslim atau non muslim bro... gk cmn muslim ae lah... n aq gk tanya umur,,, klu tny fb... aq kira wajar to... jaman medsos kyk gini....
            klu mslh aq td tny ap ad tutor muslim... ya hny skdr share ae trutama tntng mslh hal" yg khusus dlm islam.. misal.. haram e babi... cwok gk bleh pki emas...kn sewajare kn diskusi dl lah ama yg sekomunitas/seagama dulu... kdng wlu seagama pun bs pandangan loh... n pgn tmbh wawasan ae... nah baru stlh itu yg d luar kelompok/komunitas /agama kita....
            n gk mungkin lah.. pas bs baru chat ma tutor zenius lngsng tny" ap agama mereka... ah aq gk fanatik orang e...,kcuali klu tny ne ad etika ne sih.... n sungguh klu pun umpama aq tanyain agamamu gk ad niat yg jelek... kn lbh mngenal tu kn lbh baek... krn agama gmn pun jg pengaruhi karakter... dgn lbh knl karakter kita akn lbh bs tau cr diskusi dgn tmn kita yg bd itu....
            mngnl scr pribadi kn bleh" ae,,, kn ttp ad batesane....
            itu sih i think.... soory if i'm wrong.... hehehe....

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            soory klu kata "ae" mnjdikn slh phm .... heheeh.... klu ngetik agk kesusu (kecepeten)...

          • Zelda

            Coba lo baca tulisan lo lg. Yg gue mksd td lo bilang:

            "nah mksd q klu bs knl tutor zenius yg sesama muslim ma aq,, kn bs q ajak diskusi.. "

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            nie kutipan mngkin bs tuk jwb...
            "klu mslh aq td tny ap ad tutor muslim... ya hny skdr share ae trutama
            tntng mslh hal" yg khusus dlm islam.. misal.. haram e babi... cwok gk
            bleh pki emas...kn sewajare kn diskusi dl lah ama yg sekomunitas/seagama
            dulu... kdng wlu seagama pun bs pandangan loh... n pgn tmbh wawasan
            ae... nah baru stlh itu yg d luar kelompok/komunitas /agama kita...."

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            krn aq pgn atu bro.. jwbn scr ilmiah dri tutor zenius .... tntng babi yg haram... n n larangan pki emas bg cwok....
            klu ad tutor zenius yg muslim yg nota bene selalu jwb scr ilmiah.. aq pnsaran ama jwbne... n aq jg mau kok dpt jwbn dri yg non muslim...
            tp ya klu bs jgn cmn dri non muslim ae dunk....soale gmn pun jg nie kn peraturan ad ne d islam.. jd butuh jwbn seorang muslim yg cerdas n berpikiran luas....
            intine jwbn dri muslim n non muslim ae lah.... heheehe.....

          • Zelda

            Oh kalo nyangkut paud agama mending lo tanya ustadz bro. Karna tutor zenius itu gk bakal nyampur aduk agama sama science.

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            bro... gini yoo.. justru klu tny ma ustadz,,, gmn pun jg gk kn berkembang... pa lg ustadz yg faantik... aduh capek aq....
            misal kita tny bumi itu datar atau bulat... wah jwbne gk kn meuaskn ...pastinya klu tnyne ustadz....kcuali tuh ustadz gk fanatik tp pndangane luas n ilmiah.....
            nah aq cri muslim yg gk fanatik n pemikirane ilmiah bro... gt lo mkst q....
            n cp tau too... tutor zeniius ad yg seperti itu....
            tolong jgn slh phm bro... mg bs phm mksd q ...
            aq suka ma tutor zenius krn pnjelasane lo logis n imiah....
            kcuali klu ustadz e kyk tutor zenius pola pikire... wah joss brooo ehheeheheh

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            fanatik...jujur aq banci orng fanatik... ustadz...pak yai... pemuka agama mn pu lah... benci yg terlalu fanatik... pikiran sempit...

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            kcuali yg gk fanatik... n memperluas pemikirane heheeh

          • Froosenss Kuwii Jenengku

            q tambahin... dan jg... mslh haram babi n knp cwok gk boleh pki emas... aq kira tuh bisa d jwb scr ilmiah n logis.... tuh jgn cmn d lihat dari sisi agama ae... tp lbh ke ilmiah jg lah.....

          • Zelda

            Wah maaf klo itu. Mnrt gue itu emang cmn aturan agama bro.
            Yaudah lo chat aja ke mereka. Lewat twitter

  • Muhammad Rahmat

    Sya masih kurang mngerti pencahayaan di bulan berdasarkan yg terlihat di foto" neil kak. sumber cahaya di bulan paling besar kan dari matahari. Trus kok suasana cahayanya tdak mirip dngan di bumi? (cahaya matahari agak kekuning"an, langit biru klo lagi siang. Klo malam tdak ada sumber cahaya, kecuali dri bulan).

  • Indra

    sekarang lagi heboh bumi datar kak Fanny @fannyrofalina:disqus

  • GarudhaPutih AgroIndustri

    kenapa harus memalsukan? tujuannya apa?

  • may

    di jaman itu modul nya udah bisa vertical landing mancap ?

  • Padhos Rejeki Halal

    Trus mereka meninggalkan bulan pake roket apa ? Bulan ada gravitasinya kan ?

  • Zezu Zaza

    Orang melayu kata "bodoh tak boleh diajar, pandai tak boleh diikut". Sudah terang lagi bersuluh ini bohong belaka. Cuba kamu buat research mendalam tentang ini.

    Kita tak boleh melepasi bumi kerana ditutup oleh kubah. Bumi itu datar. Bagaimana pula bisa keluar dari bumi? Tiada siapa yang dapat keluar dari bumi mahupun masuk ke bumi.

    Cameraman yang merakam segala foto dan video ini sudah jelas terus terang mengatakan dia yang merakam ini di studio set.

    Earth is flat and covered by dome. Only sun inside the dome but the moon is outside the dome.

    Coba kaji lagi mendalam tentang ini. Jika boleh, artikel ini didelete aja kerna mengajar orang sesuatu yang bohong dan batil itu adalah salah.

    • Warsono Hadisubroto

      Waduh, mudah-mudahan ini sarkas.

      Nyerah deh kalo ini beneran.

  • james

    yg pro pada dapet data dari nasa (baca: yg katanya udah pernah ke bulan)
    yg kontra pada dapet data dari sumber2 skeptis (baca: yg ga pernah ke bulan)

    jadi gimana lo bisa percaya itu bener ato engganya kalo bukan lo sendiri yg buktiin!

    mending lu datengin aja tuh yg punya tropong bintang (contoh bosscha observatory, bandung) buat ngeliat bendera amerika ato sisa2 roket ato (kalo bisa) jejak kaki si neil.
    tapi sebelum itu, lo tanya dulu tuh si nasa dmn letak benda2 itu dan kapan waktu tepatnya buat ngeliat itu semua dr lokasi lo. kelar