Gimana Sih Serunya Tahun Pertama Kuliah?

Akan mulai kuliah sebentar lagi? Artikel ini membahas serunya kehidupan dunia kuliah sebagai mahasiswa baru, dari segi akademis dan non-akademis.

Tulisan ini emang sengaja dikhususin buat elo-elo pada yang bentar lagi lulus SMA. Tapi tenaang, buat anak kelas 10 dan 11 pasti berguna juga kok buat gambaran ke depannya gimana. Jujur aja, gue bikin nih tulisan emang gara-gara terinspirasi dari pengalaman gue pas di kampus dulu, di mana banyak banget temen-temen, senior-senior, dan junior-junior gue yang ngerasa ga betah di kampus dan akhirnya bingung mau ngapain di sana. Persis banget sama apa yang baru aja Glenn tulis di artikel sebelumnya tentang warning jangan sampai lo salah milih jurusan. Tapi tenaang, kali ini gue nggak bakal bikin lo galau lagi soal milih jurusan. Malah, dari tulisan ini lo bisa dapet gambaran enaknya kehidupan di dunia perkuliahan, terutama di tahun pertama kuliah.

Emang ada apa sih sama taun pertama di kampus? Ya intinya sih, gimana serunya kehidupan kampus lo nanti tentunya bakal jauh lebih baik kalo diarahin sama gimana caranya lo mengambil sikap di tahun-tahun awal lo kuliah. Kalo lo ngambil jurusan yang emang sesuai minat lo, pastinya lo bakal nikmatin dunia kampus dengan maksimal. Tapi, emang yg namanya jadi orang baru di tempat baru itu pasti selalu ada kesan yang beda deh. Apa aja sih emang?

NASIB JADI MABA - MAHASISWA BARU

Buat lo semua yang bakal pada mau masuk kuliah tahun ini, pasti udah pernah dong ngerasain jadi anak baru pas kelas 7 SMP dan 10 SMA dulu? Kebayang kan perasaan girang-girang penasaran, bercampur sama takut dikit, dan rada malu-malu kucing. Ada juga sih yang emang ga tau malu dan emang langsung bisa akrab sama banyak orang termasuk senior, tapi palingan jumlahnya jauh lebih dikit ketimbang yang malu-malu(in).

dunia kuliah

Emang nih kadang-kadang ada aja yang nyebelin kalo lo masih berstatus mahasiswa baru. Perasaan canggung, malu, kikuk, sering banget hinggap di kepala. Mau negur orang di sebelah, takut.. Mau negur dosen, nanti dibilang sok akrab.. Mau negur satpam, takut disangka maling.. Yaudah deh mending diem aja jaim-jaim dikit sambil dikit-dikit tebar pesona. Siapa tau ada yang negor duluan.

Udah gitu, kalo laper atau haus, harus ke kantin doong. Pas ke kantin, isinya senior semua. Mulai dari cowo-cowo gondrong brewokan ga jelas bermuka kriminil, tukang palak, dan kanibal.. sampe cewe-cewe cakep yang siap memandang rendah ke arah junior bertampang dekil tapi imut-imut kaya lo. Yaah, mending ditahan deh kan jadinya haus/lapernya. Trus, masuk kelas, kita berasa paling bego sedunia pula, ga ngerti nih apa yang lagi dibahas sama dosennya. Mau gimana coba, jauh banget bahasannya sama apa yang pernah dipelajarin waktu SMA.

Tapi ya, walaupun terkesan pahit dan getir, masa-masa di taun pertama kuliah itu nyediain banyaaaak banget kesempatan buat lo buat berkembang, baik secara intelektual maupun secara sosial. Seperti yang pernah gue bilang di tulisan gue tentang cara milih jurusan yang tepat - bahwa kuliah itu adalah sarana buat lo ngembangin minat dan intelektualitas lo, biar nantinya jadi bekal buat lo berkarya di dalam masyarakat. Apalagi klo elo beruntung bisa masuk ke perguruan tinggi yang emang terkenal berkualitas ya, wah pasti bakal banyak banget yang bisa lo jadiin sumber buat ngembangin intelektualitas lo tadi. Apa aja sih emangnya yang bisa kita lakuin sebagai anak baru di kampus?

 

ASIKNYA JADI MAHASISWA BARU

Nah, sekarang baru deh kita bahas gimana serunya nanti kehidupan kuliah lo di tahun pertama lo sebagai mahasiswa.. di point ini gua bakal kupas dunia kampus jadi 3 topik, diantaranya sebagai berikut:

1. Lingkungan sosial yang berbeda

Dari semua hal yang akan lo alami di tahun pertama, sebetulnya tema besarnya cuman satu, yaitu proses ADAPTASI. Seringkali proses adaptasi ini dianggap sebagai sesuatu yang nyusahin, karena kesannya lo harus mencocokan diri sama lingkungan yang asing... padahal kalo aja lo bisa liat dari perspektif yang beda, proses adaptasi ini bisa jadi suatu kesempatan buat lo untuk memiliki paradigma yang baru yang lebih luas..

Satu hal yang paling terasa dari semua proses adaptasi yang perlu lo lalui adalah perubahan lingkungan yang homogen menjadi heterogen.. Maksudnya gimana? Jadi gini, demografi masyarakat di Indonesia itu sangat beragam, dari mulai persebaran geografis yang terdiri dari 18.307 pulau, dengan dihuni oleh lebih dari 300 etnis/suku, dan berkomunikasi dengan 737 ragam bahasa daerah.. Gila nggak tuh, beragam banget kan..!!? Cuma sekarang gua tanya deh ke lo, di lingkungan lo yang sekarang nih, emangnya lo bisa ngerasain keberagaman Indonesia yang luas buangeet itu? Dugaan gua sih sebagian besar jawaban lo "nggak" yaah.. Karena emang sayangnya nih, situasi di Indonesia menuntut kita secara gak sadar untuk dibesarkan di lingkungan yang homogen dari kecil sampai SMA. Dari  kecil kita udah tumbuh dari budaya masyarakat yang sama, bahasa daerah yang sama, nilai-nilai masyarakat yang sama, temen-temen dengan budaya yang sama, tetangga dengan pergaulan yang sama, dsb..

Naaah, tapi semua tabir homogenitas lingkungan bakalan terbuka nanti begitu hari pertama masuk kuliah.. lo jangan kaget kalo (calon) temen-temen seperjuangan lo di masa kuliah itu adalah "makhluk-makhluk yang ajaib" di mata lo.. Dari mulai berasal dari suku/etnis yang beragam, budaya sopan-santun yang beda tolak ukurnya, bahasa daerah yang suka nyamber kesana-kemari, punya temen-temen yang beda keyakinan - dari agama sampai pandangan politik yang beda... pokoknya "kacau" (baca: seru) banget deh temen-temen lo nantinya!

Kalo dari kecil lo cuma punya temen, guru, dan tetangga dari suku yang sama, agama yang sama, dan bahasa daerah yang sama... Sekarang di dunia kampus, lo baru bisa melek dan melihat keragaman Indonesia yang sebenar-benarnya di depan mata lo.. Ada yang bilang kalo kampus adalah miniatur sebuah bangsa, dan keragaman dari Indonesia menurut gua akan sangat merepresentasikan kata-kata itu.

2. Kesempatan terbaik buat ngasah ilmu

Pas lo tahun pertama di kampus, wah.. lo bakal ngerasain yang namanya NIKMATNYA BELAJAR di kampus (apalagi klo di jurusan yang emang lo minatin).  Nikmat belajar yang gua maksud itu emang bener-bener belajar buat nuntut ilmu yah, bukan buat supaya nilai bagus dalam ujian.. karena di dunia kuliah, udah gak jaman lagi lo ngakalin nilai dengan nyontek, nanya soal ulangan ke kelas sebelah, atau nyari kisi-kisi soal yang ada di ujian. Sekarang adalah saatnya lo belajar buat bener-bener jadi EXPERT di bidang lo!

Emang nikmat belajarnya gimana sih? Bayangin ya, selama ini ngerasa gak sih kalo proses belajar lo di mata pelajaran apapun itu dibatesin ilmunya sama buku cetak, catetan, atau apa yang keluar dari omongan guru... Nah di dunia kampus, lo bisa gali pengetahuan di bidang yang lo minati itu sebebas-bebasnya dengan cara yang mandiri. Bisa dari internet, buku-buku di perpus, online learning, dan juga diskusi sama dosen dan mahasiswa lain.

Zaman sekarang nih, lo bakal ketinggalan kalo cuma belajar dari textbook atau catetan dari dosen doang... Lo harus sadar kalo sekarang ada banyak banget akses lain yang bisa lo upayakan supaya lo bisa bener-bener menikmati proses belajar lo itu, misalnya...

  1. AKSES PERPUSTAKAAN. Dari semester 1, lo sebaiknya sadar kalo sebetulnya lo tuh punya akses ke ratusan bahkan ribuan buku di perpustakaan kampus yang mungkin nilai satuan bukunya disitu seharga ratusan ribu atau bahkan bisa sampe jutaan kalo lo beli sendiri di toko buku atau amazon. Serius deh isi buku di perpus kampus tuh jangan lo samain dengan perpus sekelas SMP atau SMA lo. Kalo lo mau nemuin berbagai bahan literatur, textbook, jurnal, dan dokumentasi ilmu terbaik se-Indonesia ya itu ngumpulnya semua di perpus kampus, bukan di tempat lain! Apalagi kalo lo masuknya ke kampus yang beken yaah, pasti perpusnya juga gokil..
  2. GALI ILMU DARI SUMBER ONLINE. Anak kampus jaman sekarang bukan cuma bisa punya akses ke sumber terbaik dalam skala nasional.. Lo juga sekarang ini punya akses ke berbagai online learning source di dunia maya yang terus progresif tiap detiknya! Dari mulai Coursera.org, KhanAcademy.org, Gcflearnfree.org, sampai salah satunya yang lo semua udah pada tau yaa zenius.net.
  3. DISKUSI SAMA DOSEN DAN SENIOR. Jangan takut buat ngedeketin senior, karena sesungguhnya (pengalaman gue sebagai senior dan mahasiswa hampir abadi), kami ini para senior justru amat sangat senang jikalau ada anak baru yang nyamperin dan nanya-nanya soal kampus dan pelajarannya. Kira-kira sama halnya juga dengan dosen, kalo emang dosen lo orangnya oke nih, dia bakal seneng banget kalo ada mahasiswa yang aktif yang nanya tentang materi di perpustakaan atau di ruangan dosen sekalipun. Tapi, tentu lo harus tau waktu dan moment yang tepat buat ngajakin mereka ngobrol yaah.. Jangan asal nyamber kayak geledek ajee.
  4. SELALU BERPIKIR KRITIS, SELALU! Aturan nomer satu dalam dunia kuliah adalah : Lo jangan pernah langsung terima mentah-mentah apa yang dibilang dosen, senior, atau siapapun tanpa lo cek dulu kebenarannya lewat sumber-sumber yang dapat dipercaya. Kampus bukan lagi tempat buat lo disuapin dan menyerap ilmu kayak jaman SMA.. Kampus adalah institusi dan lembaga tertinggi dalam pendidikan, jadi disinilah ilmu dikembangkan, dikritisi, dipertanyakan, dan diperkaya untuk menjadi lebih sempurna.. So, jangan pernah dengerin kalo ada yang ngomong "udah lo terima aja, gak usah banyak tanya.. yang penting matkul ini dapet A". Saran gue nih, walaupun lo masih anak baru, nggak ada kata terlalu cepat untuk menjadi mahasiswa yang skeptis dan kritis.

3. Kembangin diri lo di luar konteks akademis

Kalo kata ahli psikologi Erik H. Erikson, usia-usia belasan sampe awal dua puluhan itu termasuk ke dalam rentang usia di mana orang tuh lagi nyari identitas, terutama identitas sosial. Maksudnya apa nih? Maksudnya, di usia lo sekarang ini, manusia itu cenderung aktif banget buat nyari tau dirinya itu siapa sih, dan apa sih peran yang paling cocok lo lakuin di tengah-tengah masyarakat..

Nah untuk menemukan jati diri lo yang sesungguhnya, nggak akan deh lo temuin itu semua di textbook kuliah ataupun dengan belajar teori di mana pun. Identitas lo akan bisa lo temukan ya di saat lo berinteraksi dengan identitas lain di masyarakat, alias interaksi sosial dalam lingkungan kampus! Jadi yang namanya kuliah itu sayang banget kalo gak lo manfaatkan buat mengembangkan diri lo dalam kemampuan bersosialisasi - baik itu arahnya untuk memperluas koneksi, nyari temen seperjuangan yang punya ide yang sama, pemikiran yang sama, dan mungkin juga ambisi yang sama..

Untungnya nih, di dunia kampus.. interaksi sosial yang bisa lo coba ada banyak banget, dari mulai milih temen nongkrong yang cocok, seru-seruan sama temen satu kost, curi-curi pandang sama senior/junior, diskusi ilmu sama professor, kenal sama satpam dan preman kampus, baik-baikin petugas admin di fakultas (kalo SMA namanya tata usaha), ikutan klub unit kegiatan mahasiswa (kalo SMA namanya extra-curricular), sampe ikut organisasi mahasiswa, baik yang formal maupun informal.

Konon banyak yang bilang interaksi sosial di jaman perkuliahan jauh lebih signifikan mempengaruhi kesuksesan lo ketimbang nilai (baca :IPK) akademis. Nggak jarang nih, interaksi sosial yang dikembangin di jaman mahasiswa ini (terutama tingkat awal) akhirnya membentuk arah hidup mereka ke depannya.. Dari yang tadinya demen ngeband buat ngisi acara kampus, akhirnya beneran diseriusin terus tembus ke dunia musik nasional.. ada yang tadinya cuman coba bisnis kecil-kecilan sama temen sekost, akhirnya jadi duet entrepreneur sukses beneran.. dari yang tadinya aktivis mahasiswa tukang demo, akhirnya sukses terjun ke dunia politik..

Jadi ada banyak banget opsi yang bisa lo pilih untuk menghabiskan waktu perkuliahan lo selain buat ngejar ilmu, dari mulai ikut club debat, bikin group musik, coba-coba bikin bisnis, ikut belajar politik di lembaga kepresidenan mahasiswa, sampe ngejar prestasi dengan ikutan lomba antar universitas.. Yang penting jangan jadi mahasiswa kupu-kupu, alias kuliah-pulang ; kuliah-pulang.. Dijamin kalo Mark Zuckenberg cuma jadi mahasiswa kupu-kupu 10 tahun yang lalu, nggak akan ada deh yang namanya Facebook sampe sekarang!

Jadi, pergunakanlah moment awal kuliah ini buat mengambil kesempatan terbaik lo buat membentuk karakter pribadi yang kuat, baik secara mental maupun intelektual!

****

Akhir cerita, kehidupan di awal masa kuliah lo itu penting banget buat nentuin kehidupan kuliah lo secara keseluruhan. Makanya, dimanfaatin deh tuh kesempatan yang luas yang lo dapetin dengan status sebagai anak baru. Ok, selamat menempuh persiapan ujian masuk PTN, mudah-mudahan dapet jurusan yang lo mau, Enjoy your first grade at college!

 

[Catatan Editor : Buat lo yang mau ngobrol sama Faisal, bisa tinggal comment di bawah artikel ini. Pastiin lo dapetin voucher zenius.net buat bisa akses seluruh link video materi dan pembahasan soal SBMPTN di atas. Selain itu, dengan jadi premium member lo juga bisa punya akses buat seluruh materi dan pembahasan soal SBMPTN tertulis dari tahun-tahun lalu]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Nurman Rakhmadi

    Keren infonya kak (Y)
    makasih buat saran"nya

  • Gio

    manteb nih artikelnya. 🙂

  • berguna banget nih infonya buat anak kelas XII yg mau masuk dunia perkuliahan kaya saya.. hehe.. 😀

  • Goesty Randu

    makasih infonya 😀 hhe

  • Guest

    Nanti beta bertemu orang papua! marah sedikit beta langsung dimasukan kesumur!
    Wkwkwkw kayaknya rame deh ngebayangin 1 fakultas yang asalnya beda2
    Terus ngomong pake bahasa daerah masing2 wahahaha pasti asik 🙂

  • Arif Jatmiko

    Nanti beta bertemu orang papua! marah sedikit beta langsung dimasukan kesumur!
    Wkwkwkw kayaknya rame deh ngebayangin 1 fakultas yang tempat asal temen-temenya beda semua,terus ngomong pake bahasa daerah masing2 wahahaha pasti asik 🙂

    • Putra

      RT :))

    • wooooo =)))))

  • Seru dong ya kak, aku juga teringat masa2 pertama tau apa sih itu MOS di SMP, dan tahu tentang senioritas gimana, hmm dewasa itu pasti, bijak itu pilihan 😀

  • Meliana Rizqiyah

    keren..tapi masih dag dig dugg derrr nunggu pengumuman kelulusan

  • Dewangga Prasetya Praja

    Ini kayak bayangin dunia yang gak kebayang

  • Fardhan Zaka

    *seketika semangat belajar SBMPTN* haha thanks bang

  • Gulamm

    Keren dan memotivasi banget nih artikel 😉 Jadi tambah semangat nih dan gak sabar juga, pengen cepet-cepet jadi MaBa

  • Fatimah Bilqis

    thanks kak. setelah loyo belajar akhirnya semangat lagi dah.
    alasan gue pengen kuliah di universitas terbaik di indonesia yaitu karena lingkungannya yang bisa banget membentuk pribadi kita lebih oke

  • Wita Rosmalia

    mantep, bikin pede makasih kakaaaak

  • meimei

    Kak Faisal, berhubung kaka jurusan psikologi, apa sih peluang kerja jadi psikolog?

  • giovanny putri andini

    Kereeen kak, jadi semangaaat 😀 aku sudah beli voucher zenius satu tahun, dan rajin bangeet bahas2 dan nyimak pembahasan soal disini. Tp alhamdulillah, lulus snmptn pilihan 1 di psikologi UGM :3

  • Dini Reskasugih

    Nice info! Thank you kak 🙂

  • Ared Nadhia Faakhirh

    bahasanya kak, deep :") thankyou anyway

  • Gulia Sarah

    bang aku baru masuk kuliah. tapi tahun pertama tpb jadi belum berasa seru ._.

  • Anggy

    termotivasi gue banget nih, thanks ka feisal udh nge post nih blog arigatou

  • Dita Destia

    jadi gak sabar pertama masuk kuliah ;D apalagi pas ospek 😀

  • Indah

    keren banget. intinya tetep kritis, aktif, dan rajin. moga awal kuliah ini lancar 😀

  • Annabelle Pechackova

    Manteb nih informasinya (y)

  • Rosi

    Kak menurut psikologi, malas itu bisa diatasi dengan apa? Hhe thx kak

  • Zulfan Hibatullah

    Makasih Kak 🙂

  • Dodi Setyawan

    jangan jadi mahasiswa kupu-kupu, alias kuliah-pulang ; kuliah-pulang..

    itu yang jadi pegangan gue

  • Erick Gunawan

    Mau tanya kak, kalau pergaulan di PTN atau pergaulan di PTS itu apa bedanya ya kak?
    Terimakasih...

  • Mulya Noval N.

    enak kalo dapet senior yang welcome. tapi bang, kalo kita dapet kampus yang senioritas-nya masih ada, gimana? pas ospek aja, maba udah disorak2in -_-"

  • Vivi Citra Octavia

    Dulu kalo boleh tau pas lo jadi maba hari pertama lo uts dikampus itu perasaan lo gimana?

  • fadhila zara

    bikin jadi mau cepet2 jadi mahasiswa nih :'D
    tapi ya pastinya kalau mau dapet lingkungan pertemanan yang asyik ya harus masuk kampus favorit lah :'')

    semangat SBMPTN~

  • ananta atsila

    keren benar artikelnya
    thank infonya kak..

  • Faldi Antono

    gua mau ngejar akademik aja gausah organisasi2 gaje

  • Zakiya Nafsiyah

    keren kak infonya, abis ngebaca tuh artikel pikiran langsung ngebayangin apa jadinya nanti dah

  • Hesti Fakriatunnisa

    Makasih kak artikelnya bantu bgt. Gak sabar pengen jadi maba hehe