SERIOUS WARNING: Jangan Sampai Lo Salah Milih Jurusan!

SERIOUS WARNING: Jangan Sampai Lo Salah Milih Jurusan!

Halo Guys, nggak kerasa udah bulan Mei aja.. Biasanya bulan Mei ini adalah 'bulan harap-harap' cemas sekaligus 'bulan galau' bagi lo semua yang lagi berjuang untuk bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Buat lo yang masih ketinggalan berita, gua ingetin lagi kalo Pembukaan Pendaftaran SBMPTN Tertulis 2016 itu dibuka 25 April dan ditutup pada 20 Mei 2016. Sedangkan pengumuman SNMPTN Undangan itu tanggal 9 Mei 2016. Artinya apa? Artinya, You're at the crossroad of your life! Karena dalam satu bulan ke depan, lo akan menentukan masa depan dan arah hidup lo (baca: nentuin jurusan yang lo ambil). Eng Ing Eng... Kesannya lebay yah? Nggak kok, ini emang beneran serius dan penting banget buat lo sadarin dari sekarang.

milih jurusan-2

Kenapa menurut gua penting? Nih, gua ceritain sedikit pengalaman gua waktu jadi mahasiswa tingkat awal..

Pada zaman dahulu kala sewaktu gua masih jadi mahasiswa tingkat awal, ada satu fenomena sosial yang muncul di lingkungan kampus, yaitu terbentuknya satu genk mahasiswa yang suka uring-uringan tiap hari dan punya hobby ngumpul bareng yang kerjaannya tidak lain adalah mengeluh.. Yap! mengeluh sepanjang hari tentang kuliah-nya ngobosenin, dosen X galak, tugas banyak banget, quiz dadakan, ujian bentar lagi, dsb.. Lucunya, ternyata genk semacam ini kerap muncul di hampir setiap jurusan. Kalo boleh gue namain, mungkin paling gampangnya genk ini disebut “Genk Mahasiswa Galaw Karena Salah Jurusan”.

Coba deh nanti kalo lo udah duduk di bangku kuliah, kemungkinan besar lo bakal nemuin fenomena kayak gitu juga. Nah, sebetulnya itulah kenapa gua bilang dari awal kalo urusan milih jurusan itu emang gak boleh disepelein.  Sayang banget kan udah duit kuliah mahal, cuma dipake buat mengeluh doang, kuliah nggak serius, sampe akhirnya DO. Udah buang-buang duit, buang-buang waktu, dan buang-buang kesempatan juga.. So, tujuan gua dalam artikel zenius kali ini adalah untuk mencegah supaya kalian jangan sampai tergabung sama genk seperti itu.

Secara singkat, tulisan gua kali ini akan dibagi jadi 3 bagian:

  1. Apa hal yang paling penting untuk dipikirin sebelum milih jurusan
  2. Pikir ulang sebetulnya motivasi lo buat milih jurusan itu apa
  3. Bagaimana rumus yang paling jitu buat milih jurusan yang cocok

 

1. Pastikan lo tau apa yang akan lo hadapi & tau betul konsekuensinya.

Beberapa minggu yang lalu, waktu gua ngobrol sama anak-anak dari Zenius-X, mereka ceritain satu hal yang lucu, jadi dari sekian banyak orang yang daftar bimbel di zenius utk program alumni atau intensif SBMPTN, ternyata sekitar 70% bilang MAU NYOBA FAKULTAS KEDOKTERAN. Buset dah, banyak amat yak yang mau jadi dokter.. Gue jadi inget waktu TK atau SD kalo guru nanya cita-cita jadi apa, hampir semua bilang mau jadi dokter, menyusul yang mainsteam lainnya adalah profesi pilot dan presiden. Kadang gua mikir apa mereka masih terbuai romantisme masa kecil yak? Hehehe..

Sebetulnya nih, nggak ada salahnya sama sekali kalo mau jadi dokter, tapi yang masalah itu kalo niat lo setengah hati, apalagi kalo bilang cuma "mau nyoba" jadi dokter, wah bahaya banget tuh!

Kenapa gua bilang bahaya? Karena rupanya sebagian besar anak yang ditanya kenapa pengen masuk FK, banyak banget yang alesannya tuh agak-agak kurang meyakinkan. Contohnya:

  • “Wah kenapa yah..kayaknya seru aja masuk FK, hehehe..”
  • “Jadi dokter itu profesi idaman calon mertua"
  • "Jadi dokter kan keren dan kerjaannya jelas ngapain, duitnya juga oke kayaknya."

Terus giliran gua ceritain kuliah kedokteran itu susahnya kayak apa..

"Waduh, iya juga yaah.. gua kayaknya nggak siap jadi dokter yang harus siap ngeliat darah setiap saat dan tetap tenang ngeliat orang yang sekarat dan mati tiap hari.. Lagian juga agak jijikan dan takut ngeliat darah.."

y u no guy tentang milih jurusan

Nih gini yah, kalo lo emang mau nentuin jurusan, pastiin lo harus tau betul secara detil apa aja yang akan lo alami di kuliah lo nanti. Sebagai contoh buat lo yang kuliah di kedokteran, pastiin kalo lo tuh bisa tahan bedah-bedah mayat yang udah kondisinya udah gak karuan karena udah meninggal berbulan-bulan dan cuma diawetin sama formalin, pastiin juga lo rela kuliah lebih lama daripada temen-temen lo yang milih jurusan laen dan siap mengabdi ke daerah pedalaman sebagai syarat profesi selama kurang lebih 2 tahun, pastiin lo masih harus belajar keras di tahun keempat buat dapet gelar Sarjana Kedokteran (belum jadi dokter lho!)... sementara temen-temen lo yang di jurusan lain udah kerja di perusahaan multinasional, merintis bisnis sendiri, keterima beasiswa kuliah S2 di luar negeri, dan menapaki karir jadi artis ibukota, dsb.. PS. Lo bisa baca kisah perjuangan kuliah kedokteran di artikel zenius yang ini.

Kalo lo emang udah siap nerima semua konsekuensi itu dan tetap mau jadi dokter karena emang lo berambisi untuk terjun dan terlibat dalam perkembangan dunia medis, itu baru keputusan yang MANTAB buat milih jurusan!

Intinya sih, apapun jurusan yang lo ambil, pastiin lo tau apa yang akan lo hadapi dan juga siap nerima konsekuensinya. Ini gua ambil satu contoh aja dari sudut pandang FK. Hal yang sama juga berlaku bagi bidang apapun yang mau lo tekuni, baik jadi insinyur, psikolog, musisi, arsitek, pilot, politisi, seniman atau apa pun juga!

 

2. Jangan pernah milih jurusan hanya karena prospek finansial

Pertanyaan klasik yang biasanya ditanyain anak yang mau milih jurusan adalah

“Eh Glenn.. Kalo ambil jurusan X nanti kerjanya ngapain yah? Karirnya bagus gak? Duitnya oke gak?”

Gua ngerti sih, duit itu emang penting. Siapa juga yang nggak mau jadi orang kaya yang sukses dan punya kebebasan finansial. Biasanya nih, faktor ini juga yang jadi pertimbangan orangtua yang pengen anaknya bisa nyaman dengan hidupnya, ya salah satu cara paling simpel ya memang dengan jadi orang kaya. Jadinya nggak jarang ada orangtua yang mengambil peran cukup besar dalam keputusan milih jurusan anaknya. Yah wajar sih, namanya juga (biasanya sih) mereka yang bayarin duit kuliah kita.. Hal yang sama juga dilakukan kok sama ortu gua dulu..

Dari sini, gue paham kekhawatiran ortu dan niat baik mereka buat menjaga anak-anaknya supaya tetap sejahtera dan hidup “nyaman” sampai akhir hayatnya. Kita juga harus bisa liat dari kacamata mereka juga dalam hal ini.. di zaman mereka muda dulu, mungkin memang langkah pragmatis - dengan melihat segalanya dari tolak ukur 'uang' adalah hal yang paling realistis, makanya mereka bisa nyekolahin lo sampai sejauh ini.

Well, tanpa mengurangi rasa hormat gue sama ortu gue dan ortu lain di luar sana, gua menolak dengan hormat untuk memakai sudut pandang itu untuk jaman sekarang.

Karena menurut gue, yang namanya esensi pendidikan itu bukan lagi untuk mempersiapkan diri lo di dunia kerja supaya lo bisa cari duit yang banyak dan jadi orang kaya. Mungkin pandangan ini memang masih relevan di zaman orangtua kita dulu yang mana belom banyak ada kesempatan. Tapi sekarang? Lo udah sampai di zaman di mana lo bisa jadi apa pun yang lo mau asal lo cukup niat buat memperjuangkan hal itu.

Jadi, pendidikan itu buat apa dong kalo bukan buat persiapan kerja dan cari duit?

Pendidikan itu untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual lo untuk bisa berkembang sesuai dengan apa yang bener-bener lo inginkan.. Pendidikan membuat lo bisa melihat masalah di sekeliling lo dengan cara yang lebih tepat, dan membuat lo bisa menyelesaikan hal itu dengan cara yang paling efisien.. dan kalo lo emang bener-bener menikmati proses belajar itu dan menjadi expert dalam bidang lo, percaya deh kalo urusan duit itu gak akan kemana..

Kalo bidang yang emang lo nikmati itu sekarang dinilai kurang berprospek dari segi finansial.. Well, sebetulnya balik lagi sampai sejauh mana lo menghargai hasrat dan ambisi lo itu dibandingkan peluang finansial. Tapi kalo boleh gua kasih saran nih.. Akan jauh lebih mudah lo untuk mencari celah untuk selalu bisa dapet peluang, kalo lo menikmati bidang yang lo tekuni - daripada lo kuliah di jurusan yang bergengsi tapi ujung-ujungnya jadi masuk genk mahasiswa salah jurusan yang cuman bisa mengeluh dan kuliah dengan setengah hati..

Sekarang coba deh lo nonton salah satu TED Talk di bawah ini, tentang Juara Dunia Yoyo (iya beneran yoyo, maenan roda-rodaan pake tali itu), coba deh tonton video-nya.. menurut gua ini inspiring banget!

Btw, kalau mau lihat versi aslinya di TED, lo bisa tonton di sini. Di situ lo bisa pake subtitle Bahasa Indonesia juga.

 

3. Jangan Milih Jurusan (hanya) berdasarkan Pelajaran yang lo kuasai atau lo sukai.

  • "Gua suka sama Biologi, berarti gua cocoknya jadi dokter kali yaa.."
  • "Gua suka pelajaran gambar, berarti gua cocoknya jadi arsitek dong yah?"

Banyak banget siswa yang mikirnya kalo pilih jurusan itu ya liat aja pelajaran apa yang paling lo sukai sama yang nilainya paling bagus. Yah, emang di satu sisi bener sih, nilai pelajaran yang bagus atau lo sukai, bisa jadi SALAH SATU indikator buat nentuin jurusan. Tapi jelas pelajaran di sekolah bukan tolak ukur yang paling tepat buat nentuin jurusan.

Lha Emang Kenapa? Gua pikir milih jurusan yang bener itu yah tercermin dari nilai pelajaran atau pelajaran yang kita sukai selama di sekolah?

Ada dua alesannya, yang pertama : Karena bidang yang terbentang di hadapan lo itu jauuh lebih luas daripada cuman 13 mata pelajaran yang ada di Sekolah lo. Jadi jangan cuman liat dari sudut pandang 13 mata pelajaran yang selama ini lo pelajarin selama 12 tahun doang. Kedua : Lo bakal kebingungan sendiri kalo lo pake standar ukuran "pelajaran sekolah" buat ngeliat bidang yang lo sukai. Gua sering buanget dapet pertanyaan kayak gini :

"Kak, aku suka banget sama Biologi, tapi nilai Fisika aku juga bagus.. Aku harus pilih jurusan apa yah? Terus sebetulnya aku tertarik nolong orang gila jadi pengen masuk Psikologi deh. Tapi mama ngelarang aku jadi psikolog karena katanya aku suka gak bisa tegas nentuin keputusan. Mama jahat deh. Terus kata papa sih aku cocoknya jadi tentara. Menurut kak Glenn gimana?"

Nah lho, lo aja bingung sama diri lo sendiri, gimana gua bisa ngasih saran nentuin apa yang cocok buat lo? Hehehehe.. Oke, intinya disini point gua adalah : Mata pelajaran di sekolah memang bisa jadi SALAH SATU faktor pertimbangan buat lo nentuin jurusan, tapi jangan jadi SATU-SATUnya hal yang lo liat dalam diri lo.

 

4. Terus apa dong rumusnya cara milih jurusan yang bener?

Sebenernya apa yang mau gua bahas di point ketiga ini udah pernah dibahas sama Faisal di artikel sebelumnya yang berjudul gimana caranya milih jurusan yang tepat, tapi gua akan coba kasih ulasan yang lebih ringkas disini..

Ngomong-ngomong kalo lo perhatiin, artikel Faisal tentang gimana milih jurusan yang tepat itu udah nembus 446 comment.. Mirisnya nih, kebanyakan dari comment di situ balik lagi mempertanyakan hal yang sebetulnya udah dia jelasin di artikelnya sendiri, haha.. Contohnya klisenya seperti

  • "Bang, saya suka pelajaran A, tapi saya jago di pelajaran B, saya juga minat di pelajaran C. Sebaiknya saya ngambil jurusan apa yah?"
  • "Bang, gue sebetulnya minat di jurusan A, tapi ortu gue gak setuju.. Mereka menyarankan gue di jurusan B. Gimana dong solusinya kak?"
  • "Bang, saya minat banget di jurusan A. Tapi nilai A saya dari dulu jelek banget, saya juga gak ngerti-ngerti pelajaran A di kelas. Gimana yah solusinya?"

Nah, untuk pertanyaan "Gue sebaiknya ambil jurusan apa?", itu gua jamin nggak akan pernah kita jawab. Kenapa? Karena lo gak bisa ngelempar tanggung-jawab dari keputusan sebesar itu pada orang lain. Seolah-olah, "Zenius tolongin gue dong buat putusin arah hidup gua mau kemana.."

Untuk soal yang satu ini, lo harus bisa membuat keputusan buat diri lo sendiri. Karena pada akhirnya yang akan jalanin dan nerima konsekuensinya seumur hidup adalah diri lo sendiri, bukan gue, bukan orangtua lo, bukan temen-temen lo, bukan pacar lo, tapi diri lo sendiri.

Nah, terus gimana dong caranya supaya lo bisa ambil keputusan yang tepat? Nih gua kasih satu tips jitu.. Intinya cara milih jurusan yang bener resepnya tuh...

"Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener akan jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..."

Itulah menurut gue, rumus yang paling tepat buat milih jurusan yang bener... Kalo lo nemu bidang yang menurut lo seperti itu, cari jurusan yang relevan terhadap bidang itu. Entah itu bisa jadi kedokteran, fotografi, design, hukum, filsafat, ekonomi, sastra, musik, atau apapun juga.

Kalo lo udah nemuin bidang yang bikin diri lo 'merinding' karena tertantang, gak akan ada lagi tuh pertanyaan semacam.. “kalo jurusan X ini kerjanya nanti ngapain? Prospek gajinya gede nggak? Jurusan ini belajarnya ngapain aja sih yah nantinya?” Kalo lo masih berputar-putar dengan pertanyaan semacam itu, lo layak khawatir buat jadi masuk ke genk mahasiswa salah jurusan..

So, langkah pertama jangan cari tau jurusan A belajarnya apaan, jurusan B belajar apaan, terus lo baru mikir kira-kira cocok nggak sama lo... Terbalik Cuy! Justru lo yang harus balik nanya ke diri lo sendiri dulu “Bidang pekerjaan apa yang membuat kapasitas intelektual lo tertantang? Hal apa yang bisa bikin lo gak tidur karena penasaran?” Kalo udah tau bidang lo itu, baru deh lo cari tau jurusan apa yang relevan dengan bidang yang membuat lo 'merinding' karena tertantang itu.

Oke, segitu aja sih tips dan sharing dari gue, moga-moga bermanfaat buat lo semua.

"There’s No Greater Prize, No Greater Challenge to spend Your Life than to Spend it the Way You Want to"

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Glenn tentang proses pemilihan jurusan di SBMPTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Berikut adalah beberapa rekomendasi artikel lain bagi para pembaca yang sedang kebingungan memilih jurusan kuliah:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Andi Syafrianda

    ane suka komputer, ane pilih semua yang hubungan komputer
    menurut kk glenn gimana?

    • Glenn Ardi

      Bidang komputer itu luas beroo.. 'suka komputer' yg lo maksud itu lo suka ngoprek hardware-nya atau software-nya?

      • Andi Syafrianda

        software
        kalau hardware blom coba

  • IB

    kak glen ga ada ips terpadu kah thun ini? brarti smnentara ini ga usah dplajari>>?

    • Glenn Ardi

      IPS terpadu itu diganti dengan TKD Soshum... jadi kalo lo mau milih jurusan yang bidangnya IPS ya harus tetep harus belajar Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah

      • IB

        video ips terpadunya zenius diabaikan dulu ya?

        • Glenn Ardi

          iya, sekarang sih fokus aja per mata pelajaran.. tapi kalo lo mau tengok2 soalnya boleh aja, toh masih tetap relevan.

  • Ikhsan Ramadhani

    Bagaimana caranya membujuk orangtua biar ngebolehin kita memilih jurusan yang kita mau?

    • Strela

      Cara paling gampang itu ya dengan berprestasi pada bidang yang sama dengan jurusan yang lo pilih. Misalnya lo mau masuk Sastra yang notabene jurusan yang paling gak masuk akal dimata orang tua, berjuanglah menang kompetisi puisi, novel, atau sejenisnya. Walau saya bilang gampang, ya memang gak bener-bener gampang tapi untuk masa depan tak ada salahnya berjuang sedikit

    • Glenn Ardi

      Kalo soal ngebujuk ortu emg rada susah2 gampang sih.. karena yg paling tau hubungan orangtua lo sama diri lo adalah diri lo sendiri.

      Paling bener sih lo berani ngomongin hal ini secara serius dengan cara yang baik-baik.. Nah kebanyakan anak ngmgin hal ini tuh dgn posisi yang blm apa2 udah nuntut, ngambek, dan mengeluh.. kalo gt caranya sih biasanya gak dibolehin.

      Intinya lo harus bikin spy ortu melihat lo sbg anak yang udah manteb sama keputusannya dan udah tau betul apa yang sbenernya pengen lo lakuin.

      • anita

        Kalau uda berkali2 di bicarakan smpe mohon2 sm ortu.. dan akhirnya ttep ga d bole kan.. dan ortu maksa buat ambil jurusan ssuai dgn plihan ortu gimana?? Pdhl gw ud brusaha dftr di jurusan yg gw mw dan di terima.. dan ortu gamau bayarin biaya uang pendaftarannya..

      • Nonik Rina Firdaus

        Salah ga sih kak, kalo kita ambil jurusan yang kita mau pake modal nekat padahal ga dibolehin sama ortu?

        • Alif

          Menurut gue gak salah. Masa depan lo, elo yang nentuin, bukan orang tua lo. Bener sih, kebanyakan biaya hidup sampai biaya kuliah lo nantinya yang bayar itu orang tua sebelum lo bisa mandiri membiayai hidup lo sendiri, tapi masa depan lo gak bisa dibelenggu oleh orang lain. Kalo lo mau ngambil jurusan yang lo mau, pastiin itu bener-bener (seperti kata Kak Glenn) yang lo mau sampai bener-bener udah sakit-sakitan tuh, tetep lo cinta sama bidang itu.

          Dan dalam dunia yang serba materi dan prospek seperti sekarang ini, lo harus berani juga mengambil langkah yang tepat ke depannya. Ya lo misalnya tetep ngikutin saran gue, tapi kalo lo bener-bener gak diskusiin ini sama orang tua lo ya mungkin lo bisa jadi nyesel seumur hidup. Bisa jadi karena udah berlama-lama kuliah ternyata di pertengahan lo malah gak sreg yang mana udah buang-buang duit banget, atau lo udah bener-bener fitted in di jurusan itu seperti yang Kak Glenn bilang, tapi pas kerja lo malah ngeluh karena NYARINYA susah. Yah, bagaimana pun intinya juga lo boleh memberontak tapi harus bener-bener wajar yah.

          Terdengar ngawur, but you do get my point lah..

    • Salma Humaira

      kamu browsing dan cari tahu tentang jurusan yang kamu mau sedetil-detilnya. nah terus jelasin ke ortu tentang prospeknya. kalau aku sih gitu. tadinya ayah aku jg kurang setuju kalau aku pilih sith-s di pilihan kedua. tp setelah aku cerita betapa nyambungnya jurusan itu sama cita-citaku. barulah ayahku setuju. alhamdulillah ^-^

  • Muhammad Najieb Haitami

    Nah ada 1 hal yg sekilas gua baca kayaknya gak kesebut, yaitu pengen milih jurusan A tapi ketakutan gara2 peminatnya banyak.
    Ini gua bang, cara belajar gua salah parah selama 6bln. Baru akhir2 ini udah ngerasa nyaman dgn cara belajar yg baru
    Gua jd mikir juga kalo gua udah ketinggalan sama yg lain. Di samping itu kadang2 gua lupa teori pdhl udah DP-in sampe 4x (sekitar 100 soal di 1 bab totalnya). Ini nih sumber pikiran negatif terbesar..
    Ada solusi? Thanks bang

    • Glenn Ardi

      Hmm.. biasanya jurusan yg peminatnya banyak tuh juga dibarengin sama byknya universitas yang buka lowongan terkait jurusan tersebut. Harusnya sih berarti pilihan universitas lo mayan banyak yah..

      Contohnya kalo lo mau masuk Kedokteran, ya lo bisa milih antara UI, UGM, Unpad, Brawijaya, USU, Unair, Undip, Atma, dll...

      Apapun jur yg mau lo ambil, coba cari univ yg kira2 paling realistis sama kesiapan lo sekarang.

      • Nur Suci Aulia

        Tapi kak, klo misalnya kita tuh bukan ngeliat jurusan di ptnnya, tp lebih ngicer ptn mana yang bakalan jadi kampus yang pengen kita pilih apa boleh? soalnya dari jaman gua kelas 11 gua selalu ditanya sm guru bp "kamu kuliah ngejar apanya, tempat ptnnya kah atau jurusannya?"
        agak klise sih pertanyaannya cuman kadang buat gua bimbang ka.. serius

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    sip kak, makin mantap sama pilihan. mudah2n tembus 🙂

  • arya suhendar

    hanjierr..(^-^) betul itu. gua mengerti sangaat. alhmdllh gua udh nentuin jurusan mana yg bisa bahagiain gua sampe akhir entaar yahhahahaha.(merinding lo gua baca tips trakhirnya itu)

  • Putrie Agustinos

    kak, gue suka banget sama komputer terutama di bidang software. gue suka ngutak ngatik hal - hal berbau software, gue juga sering ngecrack software yg ga bisa gue punya (ini ga baik sebenernya ya) hehe,gue seneng ngutak-ngatik blog,walaupun jarang ngepost,tapi gue seneng ngoprek tampilannya,gue juga kadang ngubekin printer . kalau lagi nemu masalah dibidang ini gue bisa begadang dan ga tenang tidur kalau masalahnya belum kelar. nah masalah nya,org tua gue pengen gue ngambil fkip bhs inggris soalnya gue pernah menang juara beberapa kompetisi di bidang bhs inggris. beberapa minggu ini gue ngejar materi IPS, dan kalau di sisa waktu skrg gue mau fokus ke jurusan ini,berarti gue harus ngedalemin lg materi Ipa gue. gue takut ga bisa. dan gue juga juga ga tau jurusan apa yg terkait sama bidang yg gue pengen tekuni.
    help please kak, gue galau bgt ini sumpah.

  • imam fauzan

    guee setuju banget sama tulisan lo bang..
    intinya temuin dan ikutin passion kita kan..

  • abby

    ngena banget kak Glen makasih banyak! :") sumpahhh.. makasih banyakkk!!

    • Glenn Ardi

      thanks, syukur deh kalo bisa bermanfaat..

      • Hani Anasti P

        Kak mau tanya aku suka dengan seni tari,rencana mah di upi bdg,aku mulai suka karena aku di sekolahku juga mengikuti acara" tari dan aku alhamdulillah punya beberapa sertifikatnya hehe.menurut kaka gimana??^

  • Bunga

    Tapi ada beberapa poin yang kak Glenn belum bahas menurut saya. Ini sih berdasarkan riset saya selama setahun kuliah di tahun pertama ITB (saya fakultas STEI). Beberapa masalah salah jurusanyang temen-temen saya alami adalah
    1. Dia nggak keterima di fakultas pilihan pertamanya. Dia bisa ngikutin seluruh pelajaran di STEI, tapi passion utamanya adalah kimia (jurusan yang FTI banget, tempat dia gak diterima). Dia mau keluar juga galau soalnya nilainya bagus2 aja (dia tetep bisa bagus di both elektro dan informatika), tapi kalau ditanya cita2, dia cuman punya list kalau dia di teknik kimia.
    2. Masalah pada anak multi talenta. Ada beberapa teman saya yang punya kesukaan di bidang lain seperti film. Temen saya itu pemrogramannya termasuk yang cukup bisa, dia juga katanya sempet baru tidur jam 3 pagi cuman buat ngerjain tugas programming yang belum sempurna (tugas utamanya sih udh jadi, cuma dia masih ngulik penasaran gitu) dan dia juga pernah menang tugas programming yg dilombain di awal semester. Tp dia selalu cerita kalau dia udah punya cita2 yang kuat kalau dia bisa kuliah di perfilman (saya liat laptop dia, dan ide ceritanya mantep2 deh). sayangnya di Indonesia perfilmannya belom ada yang bisa support idealismenya dia. Cuma dia lemah di pelajaran inti seperti fisika dan kalkulus. Itu yang sering bikin dia down. Walaupun di informatika gak terlalu dipake, TPBnya udh cukup bikin dia tersiksa kak :'(. Dia sekarang rencananya pengen cuti di tahun ke2, terus cari peruntungan buat apply perfilman ke luar negeri. Katanya dia baru diizinin gitu sama orang tuanya (soalnya tahun lalu gak diizinin karena gak ada back up kalo gak keterima ke luar).
    3. Terus saya juga punya temen yang masuk peringkat 10 besar UN di tahun 2013. Dia akademisnya oke banget, jangan tanya IP-nya berapa. Terus dia pas SNMPTN pilih STEI karena passing grade-nya paling tinggi. Dia bisa semua pelajaran, baik core-nya elektro ataupun informatika. Tetapi, dia masih galau bgt buat milih diantara dua itu. Tapi akhirnya dia bisa menentukan tujuannya kok, soalnya ternyata dia tau dia lebih suka informatika di akhir-akhir semester ini.
    4. Ada satu kasus lagi, temen saya ini multi-talent juga. Dia peraih medali perak OSN astronomi, dia cukup artistik dalam menggambar, dan akademiknya juga oke banget. Dia dulu (dari kecil) pengennya arsitektur, tapi tiba2 dia pengen STEI pas akhir pendaftaran SNMPTN. Dia ragu takut nyesel, tapi ternyata pas dia masuk STEI dan ngeliat temen2nya yg di SAPPK tugasnya edan banget, dia gak nyesel masuk STEI. Jadi intinya, terkadang kita jangan mengabaikan keraguan akan jurusan yang tiba2 datang. Mungkin gak selamanya berlaku, tapi temenku yang ini emg jenius bgt.

    makasih kak, cuma mau sharing pengalaman aja di STEI hehe. Kalau mau berpendapat makasih banget.

    • Glenn Ardi

      Hei Bunga, keren banget sharing-nya. Thanks banget lhoo..

      Anyway, sebetulnya balik lagi sama seberapa besar lo menghargai passion lo ketimbang hal-hal lain, seperti beratnya tugas kuliah, prospek jenjang karir, dsb..

      Kalo emg temen lo lebih memilih tugas kuliah yang gak terlalu berat dibandingkan jurusan yang dia inginkan, ya mungkin emg hasrat dia gak sebesar itu juga. Soalnya kalo emg orang udah berambisi, ya mau tugas sebanyak apapun juga malah mungkin dia nikmatin.

      Masalah orang multi-talenta sebetulnya gak terlalu relevan sama nentuin jurusan.. karena sebetulnya kita gak perlu milih jurusan yg sesuai sm talenta kita.. tapi justru pilih jurusan yang bisa mendukung ambisi kita ke depannya.

      • Bunga

        saya mau nanya tentang permasalahan temen saya yg nomor 2 gak kak?

        jadi misalnya ya dia minatnya di dua bidang itu, programming dan film. dia punya keinginan utk bikin software2 yg kece lah (kreativitas dia emg oke, bahkan idenya (baru ide) dia banyak yg lebih keren dari tugas akhir dan karya2 anak informatika yg menang lomba -menurut saya doang). tapi yang dia rasakan, dia lebih bisa memiliki kontribusi terhadap bangsa dalam bidang perfilman (dan dia juga punya ambisi lebih banget disini). soalnya dia tau di bidang informatika banyak yg lebih ahli dari dia dan dia merasa mungkin dia gak akan jadi apa-apa di sana. dan dia udah yakin banget sebenernya kalau jalan dia emang film.

        kira-kira aku harus dukung dia untuk kejar mimpinya atau bantu dia untuk survive di STEI/Informatika?

        • Glenn Ardi

          kalo menurut gua, ambisi/passion itu dijadiin yang prioritas dulu.. baru kemudian talenta itu bisa jadi support buat apa yg mau dicapai.

          contoh misalnya gue punya concern yg tinggi di dunia pendidikan dari jaman kuliah dulu, tapi potensi gue itu misalnya di skill gambar dan nulis... terus gua malah kuliah business management marketing. Kok gitu? Knp gua gak ambil aja jurusan keguruan atau pendidikan?

          Sekarang gua jadi kerja di zenius dgn peran sbg marketer, editor blog sekaligus illustrator. See the point?

          Intinya concern gue itu pengen terlibat dan berkontribusi di dunia pendidikan, sedangkan skill2 gue yg lain - katakanlah nulis, gambar, dan marketing itu jadi support dari ambisi gue itu.

          Kalo lo pernah baca kisah Steve Jobs, dia juga nekunin belajar kaligrafi dan copywriting spy mendukung passion-nya di bidang teknologi. Kesannya gak nyambung yah, padahal itu ngaruh bgt jd momentum kesuksesan dia, coba lo google deh..

          Buat temen lo juga sama, mungkin banget kan bidang IT dan perfilman itu disatukan dgn membuat film animasi atau effect 3D yg gokil.. 😉

          • Bunga

            wih keren banget kak makasih banget hehe 😀
            saya share artikel ini ke temen-temen yang saya sebutkan tadi, mereka merasa mendapat pencerahan loh. 🙂

          • Tusta Rayana

            gue banget ini yg galau T.Elektro apa T.Infromatika, gue bingung nantinya ngisiin pilihan pertama di elektro apa informatika bang, kasih masukan mungkin buat nentuin pilihan pertama nanti bang. Soalnya dulu T.elektro & informasi jadi satu jadi saya minat bidang itu, terus sekarang udah pisah sendiri2 bang. makasih 🙂

          • Bunga

            cobain STEI ITB aja, disana ada jurusan Sistem Teknologi Informasi. Penyatuan antara T.Elektro, T.Informatika, dan Manajemen 🙂

          • fadhila zara

            wah pada masuk lewat undangan semua ya :'D
            ada kisah yang masuk lewat sbmptn gak kak? buat motivasi gituh wkwk

          • Salma Humaira

            klo ini fb, udh aku like da. inspiring banget. thank you kak glenn. aku jadi ga galau lagi hahaha 😀 makasih jg buat bunga

    • Bella

      woa, thanks for share
      lagi bingung soalnya sbmptn ga boleh ambil ips sama ortu ;-;
      rasanya tiba-tiba ga punya tujuan soalnya yang gw tuju 2 taun belakangan ini cuma fsrd itb ;-;
      sekarang kalo ditanyain 'emang sbm mau ngambil apa?' jawabnya ngasal aja 'mau ambil stei' sok bgt gw-_- padahal bener2 ga suka integral, hish
      yah komennya bener2 ngasih pandangan baru, thanks banget kak..

      • Bunga

        sama-sama bella 🙂 seneng bisa ngasih manfaat, semoga dapet jalan yang terbaik ya 😀

    • ali

      kak bunga keren bet asli, keren juga ya STEI punya kisah kek gini, motivasi abis gambarannya .
      saya mau masuk STEI 2014 kak, intensif abis abisan minta doanya ya kak semoga bisa ketemu hahay

      • Bunga

        nanti kabar-kabarin ya kalau keterima 😀 good luck!

    • Rizaldy Al Kautsar U

      wah ini nih inspiring, kebetulan tahun ini saya juga ambil STEI. Untuk SBMPTN tapinya..

      Saya emang passionate sama komputer dari kecil, software suka dan hardware pun suka. Ngulik juga suka dua2nya

      Hambatannya ortu saya lebih pengen saya ke elektro, katanya "Jurusan nformatika dimana2 juga ada". Tapi saya yakin saya lebih seneng ke Informatika karena jujur aja pas belajar elektro dasar di SMA ngga terlalu klop, walaupun sebenernya paham.

      Visi saya sebenernya bikin start-up sih, kalo cita2 masuk STEI saya terkabul lebih pengen masuk STInya, tapi juga mau observe lagi setelah masuk hehe

      kalo snmptn saya ga berani ambil STEI, terlalu muluk2 pas SMA kebanyakan main soalnya, jadi ambil SBM

      • Bunga

        FYI aja sih, di STEI T.Elektro itu lebih mainstream. Jadi nanti setelah tingkat satu, bakal penjurusan.
        Kuota Teknik Elektro : 150
        Kuota Informatika : 100

        Teknik Tenaga Listrik, Sistem Teknologi Informasi, sama Teknik Telekomunikasi : msg2 50

    • VV

      SIYALANNN!! GUE PAS BANGET SAMA NOMOR 2.

      INI. GA. BOHONG. SUMPAH.

      Relatable banget serius..

      dan juga No. 4..

      Damnn.. dan terimakasih Kak Glenn atas pencerahannya! 🙂

      • Bunga

        Hi, vv, jadi gimana keputusannya kalo boleh share?

    • Guest

      kak, aku pengen masuk kuliah jurusan HI di UI, tapi aku takut sama saingan lain soalnya prestasinya gilaa gilaan sedangkan aku gak punya sertifikat sama sekali, kedua aku agak minder n takut gak bisa bersaing, minta solusinya dong kak, makasih
      sebelumnyaa

    • SeparuhMaho

      Wait wait... keknya aku kenal sama yang nomer 4. anak STEI ITB tahun 2013, gambarannya aliran kartunis, yang rumornya IQnya 140an, ketua SADACO, anak smanssa ._. bang radifan -,-

    • maharani

      kak aku mau nanya dong, kak bunga masuk STEI lewat jalur snmptn juga kan? waktu daftar apa kak bunga masukin prestasi lain seperti piagam dsb? saya pengen banget masuk STEI plis banget kak kasih aku tips strategi gimana caranya lolos STEI lewat jalur snmptn makasih kak sebelumnya:)

  • jess

    halo kak, pas ngebaca tulisan di atas yg disuruh pikiran satu mapel yg bikin semangat atau terpacu buat ngerjain, gue langsung mikir mat. Gue demen bgt sama pelajaran ini yang lainnya biasa aja bahkan cenderung ga suka. Dari dulu emg udh ketanem pikiran pengen akun dan ampe skrg juga gue rencana ngambil akun. tapi setelah baca komennya kak faisal kalo akun itu cenderung kerja di balik meja, entah knp jadi mikir lagi apa emg bener akun yg gue mau? jujur pas smp ato sma lumayan lah akunnya tapi ga minat2 amat juga. Tapi pas searching di internet ya yg berhubungan dengan mat yg paling cocok ya cuman akun ini aja. Nyokap nyaranin tekim dan perminyakan karena lebih explore gitu kak banyak kerja di luar juga dan menurut aku itu fun gitu tapi aku biasa aja ama kim dan parahnya ga suka fisika. gimana ya kak solusinya?thank you:)

    • Glenn Ardi

      Hi Jess... pertama-tama gua disclaimer dulu yah, akuntansi dan matematika itu ibaratnya jurusan masak dengan jurusan kimia - alias gak ada korelasinya sama sekali.

      dalam akuntansi, kamu akan diajarin gimana ngolah data keuangan perusahaan secara tepat, agar perusahaan bisa mengambil keputusan dengan efektif dan efisien.

      sedangkan matematika itu ilmu abstrak modeling tentang logika berpikir.. hanya saja seringkali dalam mengoperasikannya biasanya digunakan angka agar bisa dikuantifikasi. Jadi sebetulnya matematika sama akuntansi itu gak nyambung.

      Kalo lo suka outdoor activity dan matematika, emang sebetulnya paling cocok di teknik.. Kalo soal lo gak suka fisika sama kimia, menurut gua sih lo jangan pernah gak suka sama mata pelajaran tertentu.. karena itu akan ngehambat kesempatan dan pandangan lo sendiri nantinya..

      • jess

        thank you bgt kak sarannya!(y) terbuka pikiran gue akhirnyaaa^^

        • cecep krisna hidayat

          Kak glen minta saran nya dong aku nama nya cecep dari sumedang
          Kak aku tuh orang nya suka banget buat rencana ini itu seneng kalo liat berita politik atau acara debat di tv tentang korupsi , atau sbg nya ..
          Aku orang nya gak suka kalo liat data di suruh buat data yang ribet"
          Kak jurusan apa ya kalo mau kuliah

      • Salma Humaira

        like!

  • brianputra

    Penting ga sih dari mana kita berasal pas ntr cari kerja? Red-almamater .

    • Glenn Ardi

      kalo orientasinya 'cari kerja' sih lumayan ngaruh.. tapi kalo 'penting/nggak' sih menurut gua gak terlalu penting yah..

  • Al

    Kak, saya dari IPA. Sebenarnya nyesal banget masuk jurusan ini. Tapi yasudahlah..
    Terus prioritas utama saya di IPS semua. Bisa gak saya ujian SBMPTN nya ngambil yg IPS aja?
    Mohon di bantu 🙂

    • Glenn Ardi

      yah bisa saja, tinggal pilih jurusan yang IPS murni 😀

      • Al

        IPS murni itu maksud nya, 3 3nya pilihan saya dari jurusan IPS kan?

        • Glenn Ardi

          iya betul seperti itu

          • Al

            Oh oke. Terimakasih atas pencerahannya kak. 🙂
            Jadi semakin semangat.

  • Deni

    beeh sadis artikelnya 😀
    yang bisa bikin gue melek semaleman ya cuma ngoprek komputer XD

    • Chairunnisa

      Kak glen, kata kakakku jurusan yg kita ambil untuk kuliah itu kurang berpengaruh sama kerja kita nanti?soalnya kakakku anak hukum tapi sekarang kerja di asuransi

  • Alfrida Fitriyah Filmahbubah

    yeay bismillah. frida milih pend fisika karena emg tertantang dan tau kalo itu gabisa untuk main main dan serius. doain ya kaka glenn

  • Fatimah Bilqis

    semoga gwe gak salah pilih jurusan nantinya. makasih bang buat artikelnya :')

  • kingdol

    ga masalah jurusanya, yg penting kan kita yg niat, walaupun awalnya merasa salah jurusan tapi kalo di jalanin serius juga lama" nyaman juga kan

  • tri_dedew

    Kak Glen.. Aku anak IPA tapi minatnya ke IPS semua nih, bisnis dan psikologi. Bukan karena nggak pinter sama pelajaran ipa nih ya, tapi nggak minat mau jadi guru (seperti yg ditawarkan orang2 sama aku kak). Mohon pencerahannya dong kak. Terimakasih 🙂

    • Glenn Ardi

      ya udah gpp kalo lo emang minatnya ke dunia bisnis. Gua juga dulu waktu SMA anak IPA tapi milih jurusan ekonomi kok

  • IP

    ane suka banget ama game, trus suka banget liat artikel software terbaru, saran lo gw mesti dapet passing grade berapa biar keterima jurusan FASILKOM UI?

    • Glenn Ardi

      Ga ada istilah passing grade dalam kelulusan SBMPTN... logikanya kalo Fasilkom UI buka 50 kursi buat angkatan baru ya berarti lo harus jadi 50 orang dengan nilai tertinggi dari sekian byk yg daftar buat masuk Fasilkom UI.

  • Meliana Rizqiyah

    padahal udah ngomen kemarin ada, tapi ini kok gak muncul 🙁

  • SuWim

    Kehutanan 🙂

  • petty

    gue cuma suka bikin acara dan nyari orang yg mau ngalirin duitnya untuk ngebiayain acara gue. jurusan apa tuh yang isinya manusia tipe begituan?

    • Glenn Ardi

      acaranya apa dulu nih? mungkin yg paling relevan jurusan business management kali yah, SBM ITB. Atau masuk Univ Ciputra yang isinya calon entrepreneur semua 🙂

  • Nika

    bang sebenarnya gue minat bisnis, pengennya bisnis internasional di ub. tapi ortu terutama nyokap gak ngebolehin kuliah selain di (ptn) daerah jakarta atau bandung. nah skrg gue udah sem 2 salah jurusan di ui, gue gak mau salah jurusan lagi. menurut lo gmn bang? btw kalo gue ambil adm niaga (ui) itu sama gak sama yg dipelajari di bisnis? bedanya adm niaga sama adm bisnis itu apa ya? makasih

    • Glenn Ardi

      Niaga itu artinya perdagangan... artinya belajar untuk berdagang secara tepat. Membeli dari supplier yang tepat lalu menjualnya kembali ke konsumen

      Bisnis itu cakupannya lebih luas daripada niaga (dagang).. dalam bisnis, kamu menciptakan suatu produk, baik berupa barang ataupun jasa.. kemudian merancang rangka sistem bisnis tsb dari mulai proses produksi sampai ke pemasaran.

  • rizka pordella

    ka kalo saya suka gambar selain jurusan dkv dan arsi ada jurusan apalagi yah ka yang nyerempet2 kesana ?

    • Glenn Ardi

      hmmm... seni murni?

  • carolina

    thank you bang glen 😀 . bang curhat sedikit bang, gue itu dari kecil sampe gede, dari sekolah sampai nanti kuliah dibayarin sama tante gue bang. pribadi gue tuh maunya ke arsitek. Biarpun belon ngerti bakal jadi apa. nah dari pandangan tante gue bang kuliah arsitek ( di PTS/PTN ) mahal dan gak sebanding dengan prospeknya. intinya dia mau yang prospeknya jelas menurut dia yah kuliah lulus untuk kerja. Belakangan , akhir akhir ini sih tante gue udah perbolehin tapi dia nakutin gue dengan masa depan itu. tante gue sendiri kaum berintelek juga bang dia orang kantoran dan udah master (s2).

    1. jadi harus gimana yah? ikutin diri sendiri atau ikutin tante? gue stuck in the middle banget saat pintu udah dibuka. yang jelas bang kalo gue membayangkan diri gue nanti (kalo masuk arsitek) biarpun gue gak kerja di bidang properti gue mau kayak si Roni Gani animator dia kuliah di arsitek UI. nah banyak orang komen kalo gue itu berlebihan, mendingan realistis ikutin tante gue ngarah ke ekonomi. gue juga mau realistis.

    2.kalo bole ulas sedikit tentang arsitek bang. hehehe apa bener design(seninya berbanding gitu sama teknik nya juga? yang pasti bang glen gue demen pelajaran IPA kecuali kimia.) terus emang mahal banget yah bikin maket dan bikin pen segala macamnya?

    • Glenn Ardi

      hei carolina, kalo urusan biaya kuliah.. memang betul jurusan seperti arsitek dan dkv itu menuntut pengeluaran yang lebih besar daripada kuliah lainnya.

      Tapi kalo soal prospek, wah itu tergantung sama prestasi dan usaha kamu.. gue punya kakak kelas yg ambil jurusan arsitek dan lulusan univ swasta di Indonesia, sekarang udah kerja di Dubai buat ngebangun hotel2 mewah disana.. ada juga temen lain yang udah kerja di Singapore buat desain gedung2 perkantoran disana. Kalo disebut prospek (baca: uang), kedua kakak kelas gue itu udah jelas mendapatkan itu - tentu dari hasil keringet mereka sendiri yah..

      So, pada akhirnya ya semua tergantung usaha kamu aja..

  • Muhammad Fadhil Ayyasy

    kak Glen.....

    Aku sekarang IPS, tapi kalau pakai rumus yang tadi kakak sebutin, pelajaran yang aku rela belajar bahkan harus dari ebook english version yg buat pusing, di sekolah pun dibaca juga, cari2 info ttg itu mapel, ya cuma meteorologi dan astronomi, well, it's weird i think -___- sama Bhs Inggris (yg emg kykny wajib dipelajarin dah)

    Tapi ya gimana, pas kelas 10, gue pingin masuk ekonomi akuntansi, hasil shalat istikharah juga gue yakin ke jurusan IPS dan skrg jadi bingung XDa
    Kalau bicara pelajaran jurusan Sains, bagi saya sih ga terlalu ada masalah (kecuali biologi) .. actually saya lebih interest ke Geografi (yang mana ilmu murninya dari astro n meteo *iya kan?), yah tapi gimana lah, astro n meteo itu bidang IPA!!!

    Mohon pendapat / sarannya mungkin kak ><

    • Glenn Ardi

      lha, emangnya kenapa kalo meteorologi dan astronomi itu bidang IPA? Kalo ikut SBMPTN buat TKD Saintek kan bisa2 aja.. SBMNPTN jaman skrg gak peduli asal dan jurusan sekolah lo. Jadi entah kamu dari SMA IPA, SMA IPS atau SMK kamu bebas memilih jurusan kelompok saintek atau soshum.

      Anak-anak di zenius-x sih bnyk banget yg lintas jurusan dari IPS ke IPA dan sebaliknya. Semua cuma masalah niat dan usaha aja sih ujung2nya..

      • Muhammad Fadhil Ayyasy

        Hmmm, iya juga siihh,,

        btw, pernah ada nggak kak, anak2 di Zenius yang lulus lintas jurusan dari IPS ke IPA di SBMPTN?

        • Glenn Ardi

          banyak buangeet

  • ImaBest

    Bang gue mau jadi kayak Tony Stark, kuliah jurusan apa yang paling tepat bang? Elektro? Seriuss ni bang

    • Glenn Ardi

      Elektro udah paling tepat sih kalo lo mau jadi Tony Stark.. Sekarang di jurusan elektro udah bukan solder2an lagi jamannya, tapi udah bisa sampe bikin microchip segala :))

  • Mukhtar Luthfi

    kak mau tanya, saya anak smk jurusan multimedia. kira2 jurusan apa aja ya
    yang tersedia di SBMPTN tahun ini buat saya ? soalnya di persyaratan setiap jurusan ada tulisan smk yang relevan tanpa info lebih lanjut. saya juga sudah googling
    katanya cuma bisa sistem informasi saja!. please help kak. apa sebegitu
    di-anak tiri-kannya anak smk, sampai-sampai memilih jurusan kuliah saja harus
    relevan dengan smknya?.

    anehnya, saya pernah ikut SBMPTN 2013 & memilih jurusan :

    pendidikan mtk - UNESA

    pendidikan mtk - UINSA

    mtk murni - UNESA

    & alhamdulillah keterima di pilihan ke-2. apa memang sistem peneimaan sbmptn tahun ini berbeda ya?.

    ditunggu sarannya !!!

    • Glenn Ardi

      coba baca ini https://www.zenius.net/blog/3815/informasi-terbaru-sbmptn-2014 , harusnya semua info yang kamu tanyain ada disitu semua jawabannya..

      kalo milih jurusan, jangan melihat dari pelajaran yang kamu jago apa ; atau kamu sekarang lagi di jurusan apa. Pilih berdasarkan rumus yang gua tulis di atas 😉

  • Gio

    bang gua bingung nih. gua tu sukanya mat,fis,and bio. tapi gk sk kimia. nah kira2 jurusannya apaan ya? apakah dokter? tapi katanya klo dokter harus kuat kimianya. tapi biologi di kedokteran juga banyak. gw jg suka mat and fis. jadi kepikiran masuk teknik informatika ato nuklir jg. nah gmn pendapatnya bang? o ya gua jg suka komputer bang. ngutak-atik softwarenya bang.

    • Glenn Ardi

      jangan melihat dari pelajaran yang kamu jago apa ; terus baru mikir jurusan apa yang cocok.. Coba liat lagi "rumus" yang gua tulis di atas 😉

      • Gio

        tapi bang pengetahuan gw tentang jurusan2 tu kurang bang. klo gw sih tertantangnya ya sama pelajaran2 itu. nah cuman gw bingung jurusan mana yg make pelajaran2 itu. mohon pencerahannya.

  • Mila Wardah

    ini artikel yang slalu aku tunggu tunggu. thanks banget kak. sangat termotivasii :))

  • Dian Wulandari

    Bang, gw pengen banget bisa jadi dokter... Dan Alhamdulillah udah yakin kalo ini bisa buat gue tertantang untuk belajar... Doain lulus yaa bang 😉

  • fourasure sure

    bang, gue suka bingung ama nama jurusan yang tiap universitas beda-beda, kalo misalnya gue pgn T.Metalurgi cuma di UGM kaga ada, yang kira' sejenis apa dah ? thank you before..

    • Gio

      t.metalurgi ada juga di unair

  • istiqomah

    ka... kalau galau milih jurusan gara" keinginan ortu ama diri sendiri tuh beda gimanaa...???

    • Glenn Ardi

      yang satu lo belajar bertanggung jawab sama keputusan lo sendiri

      yang satu lagi lo ngejalanin arah hidup yang didikte sama orang lain

  • sarda putri aulia

    kak kalo saya suka banget sama pelajaran matematika dari sd sampe sma nilai mtk saya selalu tinggi, menurut saya mtk itu menantang bgt karna kalo gak dapet jawaban nya saya bakal nyari2 terus sampe ketemu, tapi saya masih ragu ngambil jurusan matematika ini karna saya takut gak sanggup kak, selain itu saya juga suka di bidang seni, kayak nulis cerpen, gambar sama tari. jadi menurut kaka saya harus ngambil jurusan di bagian mana? please help me

    • Glenn Ardi

      No, gua gak akan jawab.. yang jalanin lo, jadi yang harus nentuin itu diri lo sendiri. Coba liat lagi rumus gue di atas.

  • Arif Jatmiko

    Pengen sedikit cerita nih
    jadi dari kecil gw tuh anaknya ga bisa diem suka lari2,loncat2 di masjid,teriak2 ga jelas,jailin orang,dll setiap gw liat tempat yg luas entah itu didalem masjid yg atapnya tinggi atau di area terbuka bawaanya pengen lari aja
    Terus sampe tahap dimana gw ditanya masalah cita2
    Waktu TK mau jadi Nabi(?) WTF!! SD mau jadi dokter/Pilot (masih Mainstream kayanya) Terus waktu SMP mulai mikir kok kayanya asik ya jadi Ahli Teknik Sipil.
    Ngerancang struktur bangunan,dll Akhirnya gw mikir kayanya emang disini deh tempat gw. Tapi semakin kesini kok kayanya gw malah kurang suka sama T.Sipil.
    Dan akhirnya gw mikir sifat2 gw waktu kecil yg ga bisa diem,dll sampe dimana gw dapet kesimpulan kalo gw lebih asik kalo kuliah/kerjanya sambil mengexplore Alam gw asik liat tempat2 yg luas dan sampe sekarang juga ga bisa diem. Pernah ikutan sekali GeoTrack liat Gunung Purba, Bukit yg kebelah,dll Gilee meenn! asik banget!
    Dan akhirnya gw memutuskan untuk milih Jursan Geofisika. karena gw suka Fisika dan ga bisa diem wkwkwk ya jadi harus liat & Praktek langsung.

    Jadi gw kepikiran aja kayanya sifat2 bawaan lahir tuh bisa dipake buat nentuin dimana passion kita,mau jadi apa kita nanti.

    Btw makasih kak Glenn Artikelnya! Suer makin mendekati SBMPTN gw makin asik aja haha

  • bela

    hai kak. aku jurusan ipa. trus interest bgt sm biologi &sejenis menganalisis data2 gitu, kaya ekonomi, marketing & management. nah tp ga berani ambil biologi murni gara2 ada fobia sm binatang bebulu, jd pilihan kedua ambil gizi. trus untuk pilihan pertama ambil teknik industri. bener gak sih kak kl tek.industri itu managementnya ipa? krn aku ga yakin buat ambil ipc. jd aku putusin ambil tekndus sm gizi. saran dong kakkk:)

  • rzyvx

    saya pengen jadi guru, pengen ngajar di daerah saya cuman kayak yg zenius lakuin, gimana dong?
    rencana sih pengen stei.. dan saya tau nantinya, gaji guru "itu berapa sih?"
    gman tuh kak, orang tua saya pengennya fk

  • Terjun ke dunia medis itu pahalaaaa banget, allahuakbar masyallah :')

  • Well, memang inspiring banget, dan aku emang udah mantapin langkah pgn jadi guru (setelahh nonton drama korea, dan memang berambisi jadi guru yg baik hati untuk anak2 indonesia biar cerdas das das)

    • Glenn Ardi

      wah, ternyata drama korea bisa berimbas ke dunia pendidikan Indonesia juga yah..

  • Dwi

    kak aku suka bio aku suka kimia, aku suka laboratorium aku suka penelitian, relevansi nya kemana ya

  • kak glenn.. kan aku suka kimia, dulunya aku kepengen banget masuk teknik kimia atau semacamnya yg berhubungan dengan kimia.. pas kelas XII aku baru tau kalo aku ini colourblind.. terus semangat aku buat pelajari kimia menghilang pas aku udah tau aku colourblind..
    aku bingung mau masuk jurusan apa?? soalnya pelajaran yg paling aku suka cuman kimia.. sedangkan fisika dan matematika hanya cuma sekedar bisa..
    tapi sekarang aku sih mau masuk teknik sipil.. menurut ka glenn gimana??

  • Tusta Rayana

    Bang Glenn, gue mau tanya nih. penempatan pemilihan jurusan itu ngaruh gak buat bisa lolos SBMPTN? dulu kan di UGM T.Eleketro & Informasi masih jadi 1 tu bang, sekarang kan udah sendiri2. kalo mau ngisi pilihan ntar yg jadi pilihan pertama itu yg elektro apa informasi ya bang?

  • Dwi

    kak aku suka biologi aku suka kimia aku suka laboratorium aku suka penelitian relevansinya bisa kemana ya

    • Glenn Ardi

      Jadi Ahli Biochemistry. Bikin penelitian rekayasa genetika buat eradicate kanker. Kalo sampe berhasil, lo beneran bisa dapet hadiah Nobel deh.. 😉

  • Ayu Nadifah Syamsu

    bang glen, kalo bujuk bokap biar merestui jurusan gimane bang ;/ masa ane ama bokap berselisih paham terus ttg jurusan sbm. sbm ane mau ngambil sastra indonesia/jepang tp bokap maunya mandarin -_- trs bang atu lagi bujuk nyokap -_- nyokap maunya ane pilih sainstek aja krn ane anak ipa tp ane gak mau bang ane mau sastra 🙁

  • BJ

    ka saya bingung banget nih,saya sangat suka bidang dirgantara apalagi saya pingin banget sekolah pilot, tapi karena terbatasnya budget saya jadi bingung sendiri buat second plans nya apa karena udah terlalu nge-stuck banget sama pilihan itu. menurut kakak gimana?

  • muthiadestiana

    kak, aku kan inginnya hubungan internasional, passion juga lumayan mendukung ke situ sih. tapi gatau kenapa aku ini gampang banget terpengaruh, gaada pendirian dan sampe sekarang masih gatau passion yg emang bener2 jiwa aku tuh suka dan dominannya dimana. misalkan ngegambar, jadi ingin fsrd, terus bikin rancangan bangunan di sktech up jadi ingin masuk arsitektur terus kalo liat orang jurusan apa gitu, suka ingin juga. sebenernya lebih baik ikutin minat apa bakat sih kak? terus gimana caranya biar kita bisa tau bakat dan minat kita yg sebenernya tuh dimana

    • Alfrida Octaviani

      wahh same story.. problem gue taun lalu nih.. wkwkw

  • January Arka

    kak, saya minat tek. mesin. tp saya kurang emang dalam pelajaran fisika. tp yg nguatin saya ngambil tek.mesin saya pengen bikin alat yang dr dl pengen sy buat. menurut kk glen gmn?

  • Alfrida Octaviani

    kak, gue udah hantam semua materi zenius buat sbmptn, tp pas ngerjain soal gue taun lalu, ternyata masih aja susah ya -_- soalnya gue dr ipa mau ke ips.. sarannya apa nih spya bsa lbh oke lg persiapannya? gue udah ngerjain soal2 di buku 3taun turun temurun, tp ttp aja ga nemu soal yg sama kyk apa yg gue kerja taun lalu..

  • Alfrida Octaviani

    eh satu lagi deh kak, gue kan daerah makassar nih tesnya, salah ga sih pilihan pertama milih UI? soalnya isu2 gue denger kalo gue tes di mks mau nembak ptn di jawa itu rada sulit keterimanya. malah taon lalu temen gue bela2in ke daerah t4 universitas yg mau dia ambil.. menurut lo, daerah itu ngaruh ga sih kak? tq before

    • Glenn Ardi

      Daerah itu emang ngaruh, tapi bisa jadi nguntungin juga.. tiap universitas itu juga udah ngejatah tiap provinsi pasti punya minimal kursi. Kalo di Makasar mungkin "jatah kursi" lo di UI emg gak sebanyak di Jawa, tapi saingan lo juga mungkin gak seberat di Jawa kan? 😛

      • Alfrida Octaviani

        heyyah! tq infonya kak 😀 oh iya terakhirrr banget nih. kan gue lebih ada skill di 3 pelajaran soshum kecuali ekonomi.. bisa ga kalo ekonomi gue cm isi se-tau-nya aja? soalnya gue jg prnah denger nih kak taun lalu, mreka blg jumlah bener tiap mata pelajaran itu harus seimbang, jgn ada yg kuraang banget nah sementara rencana gue mau isi ekonomi se-ala-kadarnya dan memperkuat skill di mata pelajaran lain :/

  • Nursela Istiqomah

    Kak, saya sukanya hal hal yang berhubungan dengan lingkungan. Saya baru sadar beberapa hari ini. Tapi di SNMPTN saya malah milih jurusan teknik industri. Mnurut kk saya mesti ganti jurusan di sbmptn atau gimana?

  • niesa hanum

    ada video yang menginspirasi jg tentang passion/minat terbesar, INSPIRING! check! http://www.youtube.com/watch?v=fHoFdbinjfw dan http://www.youtube.com/watch?v=vjFogC3B2HA

    • Bobby Surya

      Ini baru Passion ..

  • Mita Kania

    Cerita dikit.. Gue baru kuliah belom satu tahun, tapi kasus diatas (org org yang suka ngeluh gara2 salah jurusan) udah kerasa dari awal masuk, kadang gue juga mikir gtu, udah satu semester orang orang itu semakin mengeluh, nilainya buruk, yang ada mereka setress bareng temen temennya, gatau udah ga peduli, dan gue setuju jangan sampe salah jurusannya, efeknya bukan cuma ke lo, klo di kampus gue yang super ketat dalam berbagai hal, itu ngaruh ke dosen, ke temen sekelas, jurusan, dosen mau bahas lebih jauh, tapi mereka makin tertinggal, temen temen mau bantu juga mereka ga punya semangat disini, trus kualitas mahasiswa jurusan menurun karena beberapa orang atau mungkin banyak yang ga suka sama jurusan itu. Jadinya bawa pengaruh buruk buat orang disekitarnya bukan cuma dirinya sendiri.

    Trus kasus gue, gue punya passion atau penasaran atau ketertarikan (banget banget) sama satu bidang, tapi gue ga lolos buat kuliah di bidang itu, sebut fisika, dan keterima di bidang lain yang gue suka, tapi suka nya biasa aja, sebut teknik informatika, keren sih kata orang orang, dan nilai gue cenderung di atas rata-rata, ya gue bisa, gue juga suka ngoding, tapi kadang gue mikir gue ga perlu jago hehe, walau kadang temen temen gue nyuruh buat gue latih terus biar jago. Mau pindah, gue bisa survive disini dan orangtua udah seneng, tapi hati gue pengen memahami fisika, ortu ga larang sih tapi gue yang ga enak ke mereka, harusnya gue usaha lebih klo mau losos (berhubung gue lolos di tahun kedua), klo nyoba berarti tahun ketiga, alhasil, gue cari solusi lain, gue mikir untuk tetep bertahan tapi gue sempet sempetin deh belajar fisika, karena gue belum jago, dan pemahaman gue cenderung masih dangkal, masih lebih menghafal. Dan untungnya gue punya tujuan di fisika ataupun teknik informatika yang buat gue ga masalah klo harus bertahan.

    • Glenn Ardi

      Hi Mita, jangan salah lo.. jaman sekarang orang Fisika tuh berlomba2 pengen belajar ngoding. Bisa jadi ini justru kesempatan buat lo jadi scientist programmer beneran.

      Ada tuh temennya si Wisnu, dia fisikawan Indonesia yang sekarang udah di kerja Max Planck Institute German. Sekarang dia lagi desain software utk mengetahui temperatur, gravitasi dan kandungan kimia dari sekitar satu milyar bintang, berdasarkan cahaya yang kita ukur dari bintang tersebut melalui satelit.

      Gokil kan? Nah, lo juga bisa jadiin motivasi buat jadi programmer yang bantu perkembangan dunia fisika ke depannya!

      • Mita Kania

        Wooo...
        Gokil parah.. Iya ada niat gtu, gue belajar coding yang nantinya gue implementasiin di dunia fisika, dan gue juga punya ketertarikan di bidang pendidikan, satu satunya alasan dulu gue masuk IT, gue pengen buat animasi sains haha (gue harus usaha keras tapi), tapi tetep gue harus paham ilmu fisika. Sebenernya gue untung juga.
        Thanks! setidaknya ini buat gue semangat buat jago coding hehe

  • Eko

    Kak, selama ini yang gua tau skill gua tu di Design Grafis, dan gua benar benar cinta sama hal yang kayak begini, jadi gua berminat untuk masuk fsrd-dkv ITB. di sisi lain gua juga suka banget menganalisis hal-hal di kehidupan terutama karakter atau kepribadian manusia dan juga berminat di jurusan psikologi. apakah sebaiknya kemampuan gua dalam seni design dan sejenisnya itu dijadikan penunjang saja di pekerjaan gua kelak, dan memilih psikologi, atau gua emang fokus ke sana supaya bisa jadi animator+fotografer? ya gua minta pendapat aja sih makasih ya kak

    • Glenn Ardi

      Lo ibarat nanya ke gua kalo lo suka Pizza, tapi lo juga suka sama Spaghetti. Terus sebaiknya lo makan yang mana?

      Well, pizza sama spaghetti dua-duanya sama2 enak, desain dan psikologi juga dua-duanya sama2 keren, ya tinggal pilih aja salah satu seperti lo milih menu makanan. 😛

  • cantika

    bang, gue masih kelas 11 nih sekarang. tapi pas baca artikel lo entah kenapa gue jadi makin galau bang buat nentuin jurusan..

    • Glenn Ardi

      daripada lo galau-nya pas udah salah masuk jurusan kan mending sekarang galau duluan terus bisa nentuin pilihan yang tepat. iye gak?

      • cantika

        bang kalo bisa sharing sharing lagi yaa tentang manfaatin waktu yang optimal buat belajar pas lagi liburan gini, buat menghadapi UN sama sbmptn ya bang. lagi butuh tips bgt nih bang, kan lumayan satu bulan dirumah, mendingan buat belajar kan. tapi bingung juga harus mulai dari mana??

  • Radit

    bang gw suka kalo liat ilmuwan kalo lagi kerja dilab, gw suka meniliti bahan bahan, gw suka semuanya yang berbau laboratorium, gw suka pelajari yang hidup hidup, gw juga mau berguna dan terjun langsung kemasarakat, gw ngambil ilmu gizi relevan gak ya ... tolong bang bantu

    • Glenn Ardi

      jadi biomedical engineering aja kalo gitu

  • Ahmad Fauzan Bagaskoro

    sains murni dan bahasa jepang B)

  • Putri Monica (Ai)

    kak, saya masih kelas 11sma jurusan ipa tp sampai sekarang saya belum tau cita2 yang pasti buat saya apa. jadi, setiap ada dari kursus2 yg datang, ataupun psikolog, saya selalu menanyakan apa pekerjaan yang paling cocok buat saya kelak.

    ada seorang founder les(katanya bisa membaca cocok ke jurusan apa dari garis wajah kita), ada lagi seorang guru les yg bisa membaca jurusan dari garis tangan kita) dan mereka berdua mengatakan kalau saya pantas di Fak. Hukum. mama saya juga mengatakan kalau saya juga cocok di fak. hukum karena hobi saya yg suka membaca komik berbau detektif dan sering sok-sokan berlagak detektif-_-v

    jujur, saya paling males dgn yang namanya uud. males hapal yg berbau ips gitu, tp knp banyak yg mengatakan kalo saya cocok di fak. hukum? tapi saya kan jurusan ipa kak. apa saya salah jurusan atau apa?

    sebenarnya minat saya ingin mengambil beasiswa jepang, tp denger2 kalo biasanya yg kuliah dari beasiswa jepang itu ngga boleh kerja di jepang, dan ini membuat saya galau. untuk snmptn nanti, sebenarnya saya tidak tau mau ngambil jurusan apa, tp akhirnya saya menetapkan kalau saya ingin mengambil jurusan sith itb karena saya suka hal2 yg berbau biologi(salah satu faktor milih jurusan tsb)

    kalo menurut kakak gimana? kasih solusi dong..

    • Glenn Ardi

      Jangan pernah percaya sama orang yang bilang bisa baca karakter/ngeramal dari ngeliat wajah atau garis tangan, mereka semua penipu. Percaya sama gue dan zenius soal statement gua itu.

      Jurusan hukum itu yang penting logika, berpikir secara abstrak, rasional, pandai membangun jaringan, dan bisa berkomunikasi secara efektif, sama sekali gak berhubungan dengan hafalan.

      Setau gue, pemerintah jepang memang memiliki kebijakan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin berkontribusi bagi negaranya masing-masing.. jadi agak sulit utk kamu kerja di jepang kalo kamu study ambil beasiswa di jepang.

      kalo dari yang gua liat kamu belum manteb juga tuh buat nentuin jurusan, dari mulai hukum, terus loncat ke sastra jepang, eh terus ke biologi.

      Coba direnungkan lagi dengan rumus gue di atas

      • Putri Monica (Ai)

        ok, makasi kak atas solusinya. eh tapi saya bukan mau masuk ke sastra jepang kak, maksudnya kuliahnya yg di jepang, bukan berarti sastra.
        mau nanya lagi kak, kalo menurut kakak The Power of Numbers itu gimana?

        • Glenn Ardi

          Power of Numbers juga penipu. Hari lahir kita tidak punya pengaruh apapun terhadap karakter, kepribadian, atau takdir hidup kita.

  • Putu Arya

    Klo menurut gw gag usah banyak faktor... Yang terpenting itu Niat.... klo udah niat pasti kita Bisa lulus dari study....

  • Puji Rahmi Sumarno

    kak glen, bgaimana dg ngambil jurusan dimna blum bnyk profesi org d bdg itu serta jurusan itu jg langka d universitas?

    • Glenn Ardi

      hajar aja Puji, itu video tentang Yoyo yang gua tampilin maksudnya utk menghapus keraguan dari bidang yg belum banyak diterima di masyarakat

  • Dwi A Putri

    Halo kak, saya siswi SMA di Banda Aceh yang Insya Allah akan menjadi mahasiswi tahun ini. Saya mau tanya. Saya sangat sangat tertarik sama bahasa dan sastra asing. Bahasa apapun. Bahasa Inggris, Arab, Jepang, Korea bahkan Jerman. Karena saya tertarik, saya suka belajar sendiri (otodidak) melalui fasilitas internet dan kamus-kamus bahasa asing di perpustakaan sekolah saya dulu. Saya selalu merasa excited belajar bahasa asing, kemana-mana saya selalu bawa catatan kecil berisi kosakata bahasa asing agar saya bisa baca-baca dimanapun kapanpun. Dari semua bahasa, saya paling tertarik ke bahasa Inggris. Saya ingin mempelajari bahasa Inggris secara lebih mendalam. Maka utk SNMPTN saya memilih Sasing UI. dan kalau tidak lolos, saya mau coba SBMPTN Sasing UI, dan kalau ga lolos juga, saya mau ngambil SIMAK UI jurusan Sastra Inggris (lagi). Saya bener2 eager utk masuk Sasing UI.
    Nah yang mau saya tanyakan, menurut kak Glenn, apakah dari cerita saya diatas, saya memilih jurusan yg tepat? apakah jurusan ini memicu 'sense of wonder' dalam diri saya? (tujuan saya bertanya bukan utk meminta kakak memutuskan arah hidup saya kok, krn apapun jawaban kakak saya akan tetap berusaha pada pilihan saya, saya hanya ingin bertanya pendapat kakak apakah rasa 'keingintahuan' ini sudah cukup untuk menjadi dasar yang baik utk keputusan pilihan saya).
    Terimakasih sebelumnya. Artikel ini benar2 bermanfaat, sangat membantu 🙂

    • Glenn Ardi

      tentu saja, dengan kamu nulis panjang lebar seperti di atas aja, udah mencerminkan kamu udah sangat tertarik di bidang itu 😉

  • Choppedcity

    gak akan ada lagi tuh pertanyaan semacam.. “kalo jurusan X ini kerjanya nanti ngapain? Prospek gajinya gede gak? Jurusan ini belajarnya ngapain aja sih yah nantinya?”
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Artinya kalo udah cocok bakal bikin lapangan pekerjaan sendiri nantinya?

  • yona

    akreditasi jurusan itu penting engga sih?

    • Glenn Ardi

      gak penting, ilmu bisa didapet darimana aja selain dari kuliah..

  • Fajar Dermawan

    makasih kak glen infonya, skrg saya jadi yakin buat pilih jurusan ^^

  • kak, masih blon ngerti sama bagian "hal yang membuat lo tertantang".. kalo bisa sampe nggak tidur gara-gara desain, itu udah membuat gue tertantang nggak sih?

    • Glenn Ardi

      kalo gak bikin kamu tertantang pasti kamu udah ngantuk duluan, ya gak?

      • haha..iya juga ya. bahkan gw bakal tidur cuma karena jaga kesehatan daripada gara2 ngantuk

  • Arin Rifka Annisa

    kak, sya mau cerita. stlh itu nanya saran kak glenn.
    gini nih, jd ceritanya sya pnggemar naruto. alasannya sya suka cara mreka bicara. terdngar lucu, bebas sprti ga trtekan dan jg santai. jd sya mikir pngen bljr bhs jepang. sya mikir gitu sejak smp. dan sejak smp jg sya uda mikirin tntang jurusan sastra jepang di perkuliahan nnti. trllu cpt ya? hahaha sya sndiri jg bingung.
    sya smpe ngayal. gimana jdnya klo sya uda bisa bhs jpng. psti keren.
    dan saat sma ini, sya uda mutusin buat milih jurusan sastra jepang. pdhl sya sndiri ga tau bakal jd apa klo lulusan dr situ. yg sya tau si jd pnerjemah.
    tp kak, sya suka jepang dan cara bicara mreka tp sya ga smpe begadang buat nyari infonya. yg sering sya lakuin ya mikirin tntang huruf2nya yg susah diingat. dr jauh2 hari sya cuma beli bbrp buku panduan bljr bhs jpng. sya pun ngebacanya agak jarang. hehehe.. pdhl sya tau sndiri klo bahasa jpng itu hurufnya digabung sm huruf2 kanji dan pasti sulit. sya smpat ragu klo lulus tp malah ga bisa nguasain huruf2 itu. tp akhirnya jg sya milih jurusan itu. mnurut kakak gimana itu tntang keputusan sya buat milih jurusan itu?

  • Wita Rosmalia

    semakin mantap dengan sith-s atau biologi, bagi2 info ya kak;)

  • caroline

    bang bisa jelasin gak apa ipc itu?
    makasih

    • Glenn Ardi

      IPC itu campuran antara IPA dan IPS

  • nana

    kak, aku udah milih jurusan yaitu jurusan teknik arsitek ato teknik sipil . dan pilihan ittu pun hasil pilihan ortu ,univnya jg ortu. Aku tuh mikir, pdhl yang kuliah kan aku tp yang milih kenapa ortu. T.T . Waktu aku bilang aku mau masuk univ A yang gak dipinginin ortu,aku mlh di marahin dan hrus msuk univ B. Aku bener-bener bingung kak

    • Glenn Ardi

      Coba diomongin baik-baik aja Na, mungkin bisa sekalian kasih link artikel ini kalo emang kamu agak kesulitan mengutarakan maksud kamu.. Hampir semua ortu itu intinya ingin anaknya bahagia, cuman mungkin dia melihat sumber kebahagiaan dari sudut pandang masih sebatas uang.. Padahal uang itu gak akan sulit didapat kalo emang kita fokus sama bidang yang kita nikmatin

  • Moch Abdul Rosyid

    Keren ka (y)

  • Suigetsu Rian

    "Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..."

    mirip ama ane yg sring ngulik tentang bahasa&budaya jepang & emg cita" ane buat kesono >.<
    meski ane skrg IPA, mkny sbm nanti ngambil IPC & bakal usaha keras xD

    thx kk glen :3

    • Glenn Ardi

      Sip! Moga-moga 5 tahun lagi kamu bisa kerja atau lanjut S2 ke Tokyo-Daigaku!

  • Sri Indrayani

    hallo kak Glenn, ini my first time buat comment disini hehe. aku kelas 11 hehe. Jujur, aku lagi galau banget sama pemilihan jurusan ini. Sampai kadang curhat sana sini biar dapet pencerahan, tapi orang tua malah bilangnya aku terlalu berlebihan "kamu kan masih kelas 11, yaudah gimana nanti aja. toh kelas 12 aja belum dimulai" mereka selalu bilang gitu. Tapi personally, aku ga suka sama hal yang mendadak, aku tipe orang yang suka bikin rencana apalagi ini buat masa depan aku, bukan hal main-main, bukan sesuatu yang bisa ditentuin dengan sejam atau 2 jam.

    Nah ini masalahnya, aku udah nemu satu hal yang paling aku suka, Bahasa Inggris. selalu bikin penasaran sama pelajaran ini, selalu ada rasa pingin ngulik, pingin nyari lebih banyak lagi pengetahuan nya. aku pernah bilang ke ibu aku, aku pingin kuliah dan kerja yang berbau bahasa inggris, ya sastra. tapi ibu aku ga ngebolehin, alasan utamanya, peluang kerjanya kecil. dan akhirnya aku ngerenungin lagi, nyari tau apa yang aku suka, dan akhirnya ketemu, aku suka Kimia. emang ga sesuka aku sama bahasa inggris, tapi di kimia itu beda, kalo lg belajar ga pernah ngeluh, sesusah apapun soalnya, sebisa mungkin diulik, sampai cari tahu jalan keluarnya.

    Setelah mikirin ini itu, jurusan yg aku mau, terus aku bilang lagi ke ibu aku, dan hasilnya sama ga ngebolehin. ibu aku pingin banget aku di teknik, pingin banget aku bisa ngikutin jejak kakak aku. ibu aku cuma mau aku dapet kerjaan yang gajinya cukup, terus sukses. tapi kan, kemampuan orang beda-beda. ya mungkin kaka saya emang cintanya sama teknik listrik, walaupun kaka-adik, tapi kan kemampuan sama minatnya beda. Terus masalah peluang kerja, aku setuju banget sama kak Glenn, "dan kalo lo emang bener-bener menikmati proses belajar itu dan menjadi expert dalam bidang lo, percaya deh kalo urusan duit itu gak akan kemana..". kalau emang udah rezeki ya bener ga akan kemana. Udah nyoba bilang berapa kali sama orang tua, tapi kayanya mereka ga mau ngedengerin suara aku. Aku pingin sukses dengan cara aku, maksudnya, sukses dalam sudut pandang aku, bukan sudut pandang orang lain, bukan sudut pandang ibu aku. Aku takutnya, kalo aku ngikutin kemauan orang tua masuk PTN dan jurusan itu, nanti selama kuliah aku malah ogah-ogahan, kaya mayat idup. Jadi, menurut kak Glenn, aku harus gimana?
    ...

    • Glenn Ardi

      Kalo tips buat ngomong ke ortu sebetulnya memang intinya harus dikomunikasikan baik-baik.. Terus terang gua juga kan gak bisa kebayang gimana hubungan lo dengan ortu, karena hubungan setiap orang dgn ortu-nya beda-beda. Ada yang otoriter, ada yang permisif, ada juga yang liberal..

      Kalo menurut gua sih jurusan sastra Inggris itu peluang kerjanya banyak banget. Apalagi kalo kamu dalemin sampe ke akar linguistik-nya. Temen gue ada tuh orang Indonesia yang jadi intrepreter di UN (PBB), ya penghasilannya per hari aja udah nembus jutaan, gimana sebulan, haha..

      Ada juga temen gue yang jadi penterjemah jurnal-jurnal sains bahasa inggris, dan penghasilan dia juga gak main-main. Kemudian ada juga temen lain yang jadi guru bahasa Inggris di International School, dengan penghasilan yang juga fantastis..

      Tapi ya memang yang berhasil mendapatkan peluang kerja seperti itu adalah mereka yang betul2 tekun mempelajari bahasa inggris sampai ke akar2nya.

      Nah intinya sih gua cuman mau kasih insights ke lo (dan mungkin ke nyokap lo juga), kalo jurusan sastra Inggris tuh juga banyak banget peluang kerjanya dengan penghasilan besar. Semoga membantu 🙂

  • Muhammad Jayakarta

    Bung Glenn, gue anak IPS dan selalu excited banget sama bidang Perkeretaapian & Perkomikkan/Pernovelan.. boleh minta saran tentang jurusan??

    • Glenn Ardi

      kereta api, komik, dan novel..seriously?

      Gua juga bingung ngasih saran kalo bidang lo gak relevan satu sama lain begini, haha..

  • Sri Indrayani

    hello Kak Glenn, well this is my first time buat comment disini. gimana caranya biar orang tua bisa ngerti sama apa yang kita mau, biar ga selalu nuntut kita biar selalu ikut kemauan mereka? aku ga mau salah masuk jurusan cuma karena kemauan orang tua, selalu yg dipikirin sama orang tua tuh peluang kerja. padahal bener kata ka Glenn, "dan kalo lo emang bener-bener menikmati proses belajar itu dan menjadi expert dalam bidang lo, percaya deh kalo urusan duit itu gak akan kemana..".
    lagi galau nih kak haha. jadi harus gimana?

    • Glenn Ardi

      coba diomongin baik-baik aja Sri, mungkin bisa sekalian kasih link artikel ini kalo emang kamu agak kesulitan mengutarakan maksud kamu.. Hampir semua ortu itu intinya ingin anaknya bahagia, cuman mungkin dia melihat sumber kebahagiaan dari sudut pandang masih sebatas uang.. Padahal uang itu gak akan sulit didapat kalo emang kita fokus sama bidang yang kita nikmatin

  • Nabila

    kak gue suka ngutak ngatik angka gitu.. matematika apa statistika sih yg cocok? bedanya apa sih kak matematika sama statistika?

    • Glenn Ardi

      angka lebih cocok statistik. karena matematika itu hampir gak ada hubungannya dengan angka. nanti kalo belajar kalkulus matematika, hampir semuanya berbentuk simbol, gak ada angka-nya sama sekali.

  • Sarah Arruum D

    thanks banget ka glenn,artikelnya nyentuh parah. bikin gue makin yakin pilih jurusan itu.

  • Alfin Hermawan

    gan..gw mau nanya..gw bingung antara pilih jurusan teknik mesin atau dokter..jadi gimana ya gan?

    • Glenn Ardi

      Lo gak baca artikelnya yah?

  • Kak,ane dari dulu cinta mati ama ilmu" ipa macem fisika,kimia kecuali biologi. pas SMA udah mulai kepikiran masuk teknik,terutama teknik kimia en teknik fisika. cuma,ane gak seberapa seneng urusan ngitung kayak matematika gitu,wlaupun basicnya ane paham. menurut kak glenn gimana?

    • Glenn Ardi

      Lha, kan udah dibilangin jgn milih jurusan berdasarkan pelajaran yg disukai. hayo baca lagi rumusnya di artikel atas..

  • Mutia

    kak, aku dari sd udah doyan sama matematika. trus aku iseng2 nyari jurusan yg ada kaitannya sama mtk. trus aku kepincut sama teknik lingkungan. soalnya pengabdian ke masyarakatnya besar banget. di teknik lingkungan ada matematika rekayasa kalo gak salah ya kak? di teknik lingkungan matematika kepake juga kak? minta infonya dong kak ttg teknik lingkungan, biar termotivasi belajar untuk kelas 3 bsk kak hehe. makasih sebelumnya kaaak :DD

    • Glenn Ardi

      Teknik lingkungan emg lumayan kepake matematika, tapi lebih banyak kimia-nya sih..

  • riza

    ka kalo masuk fakultas sastra jepang lewat jalur tes soal yang di tesin itu kaya gimana sh

    • Glenn Ardi

      coba diulangi pertanyaannya yg lebih rinci dan jelas.

  • Rani

    kak, mau ngambil biologi....
    tapi diindonesia kebanyakan jadi guru, gue gak mau -_-
    emang celah anak biolog kerja dibidang riset riset, atau badan penelitian gitu susah ya ??

  • Guest

    Bang kalo udah nemuin jurusan yang menantang menurut saya, tapi di dalam pikiran saya suka masih ada kata tapi tentang jurusan itu. Berarti kan masih ada keraguan sama jurusan itu. Nah menurut bang Glen, apa yang harus saya lakukan nih untuk menghilangkan kata 'tapi'

  • Annisa Pratiwi

    Gw suka dan lebih bisa di bahasa inggris, jurusan yg gw pilih dan tertarik sama sastra inggris dan hubungan internasional. Bidang tersebut sama sama gw suka dan pengen gw kenal lebih luas sedangkan harus pilih salah satu, kasih solusi dong 🙂

  • regina

    Kak gw bingung banget, pengen dkv (udah diterima di 1 pts dan udah bayar uang masuk segala macem) tapi gak tega sama ortu gara gara biaya tugas nya mahal banget, belom lagi gadget2 yg *disarankan* harus punya sendiri buat kelancaran ngerjain tugas, apalagi ini swasta elit (dulu pas daftar gw gak tau hal2 ini). Gw gak tega dan gak mau minta barang2 itu sm ortu gw. Jadilah 2 minggu lagi gw tes masuk lagi disana buat pindah jurusan ke akun. Gw gak tau apa gw bakal bisa survive di akun apalagi gw dari ipa. Sebenernya gak terlalu minat akun sih, cuma dulu kelas 10 nilai akun gw bagus dan itu bikin gw agak suka sama akun karena gw bisa. Akun prospeknya bagus dan itu jadi nilai tambah soalnya gw gak pengen ngecewain bokap gw. Dkv juga bokap setuju sih tapi ya itu, mahal.

    Terus kan kemaren gw ikut sbmptn, ambil gizi ipb sama ui. Gw ngerasa sbmptn kemaren itu gagal bgt. Jadi intinya gw gak terlalu berharap banyak sama sbmptn walaupun kalo keterima ya gw bakal seneng banget secara itu nyelamatin gw dari akun. Gw lebih milih gizi drpd akun. Lebih milih ptn daripada swasta.

    nah tapi gara gara sbmptn itu, gw daftar um undip dan begonya gw milih akun sm manajemen. Alesannya sama, akun gajinya gede dan nantinya (saran bokap sih) gw bisa buka kantor konsultan pajak sendiri, sesuai sm harapan bokap yg pengen gw punya usaha sendiri aka bisnis.Gatau lagi deh gw. Padahal niatannya gw mau milih HI, tapi bokap malah nanya ntar kerja apa? Gak bisa dibisnisin. Jujur sih gw minat HI garagara gw pengen KERJA di luar negeri. Gw juga demen baca koran bagian 'internasional'nya. Baca novel pun gw sukanya yg settingnya di luar negeri. Sekarang gw lg mati matian ngejar materi ips + pkn buat um.

    Gimana ya kak? Gw bingung, tetep di dkv pts, apa pindah ke akun? Syukur2 gw bisa keterima sbmptn. Kalo gak keterima, gw sih berharap gw bisa keterima undip nanti, walaupun akun/manajemen.
    Sebenernya gw pengen sebisa mungkin jangan sampe kuliah di pts dan ngebebanin ortu. Tapi apa bisa gw kuliah 4taun akun yg notabene bukan minat gw yg sebenernya, demi nyenengin bokap gw?

    Dan setelah baca artikel ini gw jadi sadar selama ini gw udah SALAH banget milih jurusan. Tapi ya gimana... gw gatau lagi. Coba aja gw nemuin tulisan ini dari dulu

  • Nia Minatri Amelia

    kak , aku dari smk tkj tapi mau ambil jurusan administrasi niaga di perkuliahan ..
    gmna menurut kakak ?

  • Fumie Ayu

    artikelnya keren sekali, terimakasih jadi menambah inspirasi

  • Dewi Andriyani

    Ka glen kalau saya milih jurusan sesuai hasil tes semacam tes psikologi gitu gimana ka? Pilihan yg dianjurkan arsitektur. Tapi saya ga jago gambar ka. Awalnya ragu bgt karena prospek kerja yg katanya agak susah juga. Ditambah takut ka karena ga jago gambar. Akhirnya tertantang sih buat maju terus milih arsitektur cuma takut nanti karena saya ga jago gambar itu malah jadi ga bener nanti kuliahnya. Lumayan galau nih ka. Gimana ya kak kalau menurut kaka?

    • Glenn Ardi

      Kalo lo maksain jurusan arsitek tapi sebetulnya lo tahu kalo lo gak jago gambar, itu ibaratnya kayak lo maksain mau jadi pilot padahal lo takut ketinggian.

      Jangan percaya sama test psikologi. Dari pengalaman gua dulu temen2 gua yg ikut test semacam begitu, kebanyakan malah nyesel dan ngerasa salah jurusan. Mending lo renungkan aja dengan berpatokan pada rumus yang gua tulis di atas, menurut gua itu lebih bisa jadi indikator yang tepat buat lo nentuin jurusan.

  • TEMBEM_@

    ane mau nanya mas, kalu mau pilih jurusan TEKNIK nuklir tu apa syarat nya biar masuk jalur undangan, terus teknik pertambangan juga

    • Glenn Ardi

      Kalo SNMPTN Undangan sih intinya mereka cuma ngeliat nilai raport sama asal SMA kamu. Tapi kalo saran gue sih jangan ngarepin dari SNMPTN Undangan, anggep aja itu bonus doang kalo dapet. Soalnya banyak yang akhirnya gak dapet terus jadinya gak lolos krn belom sempet belajar buat SBMPTN tertulis

      • TEMBEM_@

        ok bang makasih info nya

  • TEMBEM_@

    tambahan kak, ane suka pelajaran MTK FISIKA KIMIA terus aneh binggung mau ngambil jurusan , bisa kasih saran nggak tolong saran nya kaka terimah kasih

    • Glenn Ardi

      lha, kamu udah baca artikelnya belum?

      • TEMBEM_@

        udah kak, tapi saya masi bingung dan ragu kak

        • Glenn Ardi

          Ya berarti tinggal ikutin aja rumus yang gua tulis di atas, pilih bidang apa yang paling membuat lo penasaran dan tertantang. Disitu kuncinya. 🙂

  • Maulani

    kak, saya sering nonton film CSI gitu yaa.. terus saya jg sering penasaran sama setiap kasusnya gitu. pokoknya gabisa berhenti nonton CSI. saya juga sering denger kasus2 gitu di berita, dan sering ngebayangin kenapa kasus itu terjadi, terus apa motif si pelaku ngelakuin itu. yaa seolah-olah saya menyelidiki kasus tsb di TKPnya langsung. saya skrg kls 12 kak, untuk pengisian snmptn nanti saya mau ambil jurusan kriminologi UI. menurut kakak gimana? apa ini passion saya atau cuma karena pengaruh film yg saya tonton? Makasih kak.

  • Irham A.P

    Kalo yg berhubungan ama Robotika enaknya masuk Teknik Elektro ato Fisika ya?

  • bams hariii

    kak, gue pengen masuk teknik industri. tapi jujur nilai gue gak begitu bagus. solusinya gimana dong? ada info teknik industri yang bagus dimana gak?

  • Evya wulandari

    plis plis plis jawab yah kak. aku uda mahasiswa smester 3 dan ambil pendidikan biologi di slh satu ptn di jatim. ini aku mau ikut sbm taun depan, mau ambil pendidikan bahasa jawa. nah tapi aku cuma kepengen di unesa kak biar ortu jg ga kejauhan kalo mau besukk. nah gitu nanti pilih jurusannya kudu gimana tuh 🙁

    • samsulalbahri

      boleh gw jawab?? ya coba aja sih.. kuliah itu memang harus sesuai minat, kalo ga minat sama kuliah ntar jadi beban, yang rugi kita... buat 10-15 tahun kedepan

      pilihan jurusannya kudu gimana?? ya pend.bahasa jawa...
      emang awalnya kenapa lo milih biologi?? kenapa ga dari awal aja b.jawa...ya moga-moga jawaban bantu deh...

  • Maimunah Faizin Talqin

    kak glen, aku udah dapet jurusan yang aku pengen tapi aku blm dapet kampus impian, solusinya gimana? ttp di kampus lama apa ngejar kampus impian dengan jurusan yang aku pengen?

    • menuntut ilmu itu sama saja dimana aja, jangan fokus ke kampusnya, fokus ke ilmunya.

  • mau nanya nih. gua suka ngajar dan di sekolah atau di les gue lumayan cepet ngerti di matematika. tapi ada saatnya jg gw gak bisa ngerjain mtk. suka sih ada. jadi gue memilih pend.mtk. nah skrg gw bingung antara unnes atau uny. ortu gw lebih nyaranin di unnes krn ada keluarga. tp yg gw tau dan dr beberapa sumber, uny itu PG-nya lbh tinggi dr yg di unnes. kalo utk undangan nih, gmn ya? trims.

  • Hasbi

    saya suka gambar anime,enak.x masuk jurusan apa ya ?

  • Romi co-ol

    lha saya dulu pengin jadi pilot lha gara gara suka nonton motogp/balap
    saya malah jadi pengen jadi insinyur yang bikin kendaraannya
    lha kan siap-siap masuk fak.teknik

    kira kira apa yang harus disiapin

  • Abdurrahman Naufal

    Kak, saya sebenernya dari awal masuk SMA mau masuk jurusan astronomi, dari kecil suka hal2 ttg luar angkasa, terus di SMA ini ikut olimpiade sampe tingkat nasional bidang astro. Masalahnya temen2 & guru2 saya bikin galau, bilang "Emang nanti kerjanya apa? Di mana? Gaji berapa?", "Lu mending masuk teknik aja", dsb. Nah saya semakin ke sini makin galau, saya bingung jawabnya & jg saya pernah baca juga gak perlu ambil jurusan astro buat berkarir di bidang itu. Btw, jurusan astro di Indo cuma ada di ITB. Gak ada masalah sih sama ortu, malah mereka ngedukung & nganjurin buat cari beasiswa ke luar. Tapi sayanya galau. Saya harus gimana ya kak?

    • Jangan pernah milih jurusan karena alesan duit atau prospek kerja. Kuliah itu untuk mencari ilmu, gak perlu mikir jauh-jauh buat nyari duit. Kalo lo jadi ahli di bidang lo juga duit gak akan kemana. Kalo lo milih jurusan yang banyak duitnya tapi lo gak minat, belajar juga jadi asal-asalan. Ujung2nya lo gak akan jadi ahli di bidang apapun.

  • Hana Nurhidayati

    kak glenn, jurusan yang masih nyangkut2 di biologi kira2 apa ya kak selain kedokteran sama biologi murni? sebenernya saya pengen kalo engga kedokteran ya biologi, tapi klo kedokteran duitnya yg g ada, klo biologi ortu yg g setuju, soalnya mamah dulu juga ngambil biologi dan katanya pas nyari kerja agak susah. saya dulu pas sd-sma ini juga ikut olim bio, sd smp sampe internasional, tapi sma baru smpe kota ja

    • Ada banyak kok, misalnya biochemical engineering, farmasi, ilmu gizi, ilmu kesehatan masyarakat, kedokteran gigi, pertanian, kehutanan, dlsb...

      • Hana Nurhidayati

        tengkyu kakk, om ku juga nyaranin ke farmasi kak, tapi gara2 beliau dosen farmasi, hehehe
        tapi g tau juga nih kak mau farmasi apa engga, soalnya kemampuan kimiaku engga banget deh, apalagi itungannya, dulu sama omku juga pernah dikasi buku farmasi gitu dan pas aku baca hadeeh bgt... g paham, apa gara2 emang masi prematur baca kek gituan, aku pernah baca buku fisiologi buat kedokteran semester awal dan aku ngerasa lbh nyaman drpd disuruh baca bukunya omku itu... tp setelah kenal sobotta jadi mikir2 lagi dah

        klo biochemical engineering itu SITH ITB itu bkan kak?

  • Gitɑ Putri Utɑmi

    kakaa aku mau nanyaa.. maaf kalo comment di artikel yg mungkin uda dianggep basi. sebenernya peraturan snm/sbm/ubm skrg tuh gmn si?kok aku dgr org ngmgnya beda2 yah.. aku jd bingung krn aku ipa tp pgn nya psikologi yg sdgkan ptn yg psikologi nya ipa ga memungkinkan aku utk kesana, yg memungkinkan ya ptn yg psikologinya ips. alternatif lain, kalau aku mengesampingkan keinginan aku, saran2 si pd blg kesmas/gizi, tapi sdh ada beberapa tmn ku 1sekolah yg minat kesana, aku minder..........

    • Kalo di peraturan SBMPTN 2014 kemarin sih, gak peduli lo jurusan IPA-IPS-Bahasa, lo tetap boleh milih jurusan apapun, selama lo mampu menjawab soal SBMPTN yang bersangkutan (saintek/soshum) dengan nilai yang bagus. Selengkapnya di sini >> https://www.zenius.net/blog/3815/informasi-terbaru-sbmptn-2014

      tapi untuk peraturan baru di SBMPTN 2015 gua gak tau yah, moga-moga sih sama aja.

  • Salsabila Aima Jati

    Kalo bidang yang siang malem gue kerjain tanpa dibayar dan gue selalu cari tahu tentang itu sih ya desain grafis.... cuma cuma gue ga kepengen jd anak desain... help! gue bingung mau milih jurusan apa

  • Imanuella L Sherlyana

    Kak Glen, Saya menyukai dunia peran. Saya ingin masuk Seni Pertunjukan. Tapi, orang tua saya menentang dgn alasan "Mau makan apa pilih jurusan itu?". Mengingat saya smk jurusan tkj, dan 'salah jurusan ambil itu'. Saya jadi takut untuk menentukan keputusan lagi. Saya menetapkan hati untuk ambil Ilmu Komunikasi tapi saya ga menutup hati untuk masuk seni. Mohon responnya kak 🙂

    • Dunia Seni Peran itu sangat menjanjikan lho. Ada banyak temen2 gue yang berprestasi sampai bisa pentas ke luar negeri. Terlepas dari itu, apapun jurusan yang diambil, kalo kita tekuni dengan rasa tulus mau belajar, pasti ada aja jalan.

      dan pastinya jauh lebih oke daripada lo ngambil jurusan yang gak lo sukai, belajar aja pasti gak niat.

  • Sitsal

    Kak Glenn, tolong minta pendapatnya.
    Saya kelas XII semester 5, rencana kuliah pengen banget masuk SITH ITB lewat SNMPTN, selain satu wilayah dari SMA saya, banyak alumni yang lolos kesana juga. Tapi, kendalanya di nilai rapot yang saya rasa kayaknya kurang memenuhi buat bisa lolos, kecuali saya bisa dan harus maksimal di semester akhir dan UN.

    Lalu, ada temen yang nginspirasi saya buat masuk ke biologi UI, karna dia mahasiswa disana. Dia lolos lewat jalur paralel. Hal yang nginspirasinya kalo daftar SNMPTN UI, lalu sebelumnya daftar jalur paralelnya, kalo gak lolos otomatis bisa lolos lewat jalur paralelnya. Tapi. jalur paralel itu gak bisa nerima beasiswa, gak bisa dapet keringanan biaya. Artinya masalah finansial yang lebih lebih di jalur paralel itu. Sedangkan saya pengennya kuliah itu gak terlalu membebani orang tua.

    Jadi, kalo saya tetep coba jalur paralel UI, kemungkinan lolos bisa lebih besar kan kak? Tapi, saya takut gak kuat masalah finansialnya. Sedangkan kalo saya balik ke pilihan SITH ITB, kemungkinan bisa lolos pasti lebih kecil, gak pasti, dan bahkan saya rasa gak mungkin. Tapi saya tau gak ada yang gak mungkin selama kita bisa memperjuangkannya. Dan urusan finansial, di ITB saya bisa leluasa cari beasiswa, dan memang setiap mahasiswa disana pasti dapet beasiswa.

    Menurut kak Glenn, apa seharusnya yang harus saya tentukan? Sebelum semuanya terlambat, dan jadi nyesel akhirnya. Jadi bahan pertimbangan banget kalo kak Glenn jawab, hehe. Makasih 🙂

    • kalo udah kelas 12 SMA jangan pernah mengharapkan SNMPTN Undangan, anggep aja SNMPTN cuma jadi bonus. Lebih baik lo fokus buat ngejar SBMPTN mulai dari sekarang. Ada banyak banget kok yang nilai raport-nya bagus terus dari SMA favorit tapi gagal tembus SNMPTN Undangan. Jadi SNMPTN sebaiknya jangan dijadiin andalan.

  • Kevin Kahimpong

    oy ka glenn mo nanya dong... gua kan mau pilih kuliah yg bertemakan "kelautan" tapi ada 2 jurusan yg bikin gua bingung ada "oseanologi/ilmu kelautan" sama "oseanografi" yg gua mau tanya nih... lo tau ga bedanya itu dimana? hehe... thx ka

    • Oseanologi itu artinya lo neliti tentang pasang-surut air laut, gelombang, arus, arah angin, iklim, dlsb. Oseanografi itu mirip seperti oseanologi tapi sebatas cuma pemetaan dalam bentuk grafis, kurva, dan data.
      Kalo Teknik kelautan itu mirip teknik sipil, kerjannya bikin bangunan, tpai bangunannya di laut bukan di daratan.

  • Rananda Dian

    dulu pas daftar kuliah jurusan TI karna gw tertarik jadi game developer sekarang semester 1 malah bosen dan males2an dengerin dosen nerangin pelajaran selain pelajaran pemrograman,malah sekarang pengen pindah ke teknik mesin.

  • SP Rafi

    gimana ya kalo saya mau coba pilih jurusan ips tapi takut gabisa ngikutin perkuliahan sedangkan saya sma jurusan ipa?

  • reza prayogi

    Kak glen,mau nnya nih. Saya pngn bgt msuk ilmu komunikasi. Tp setelah konsultasi dgn ortu,mereka nggk izinin. Krna nggk ada sejarah ny di klurga saya yg jd wartawan. Sebetulnya yg saya pngn tu jd komunikan bisnis gthu. Modal ngmg bisa dpt duit. Trs saya jg minat di sejarah dan sosiologi krna basic saya yg org sosial bgt. Tp ortu nggk setuju krna prospek kerja ny nggk jelas. Ortu blg kita jg nggk boleh fokus pada satu jurusan aja. Udh saya ksih jurusan lain yg saya bgt tp nggk setuju. Gmna nih kak ?
    Mohon saran ny. Makasih

    • hidup kita ini cuma sekali, hidup ini ibarat petualangan. jadi jangan biarkan orang lain mengatur arah petualangan kita. Kalo diatur2 namanya bukan petualangan lagi. Bilang baik2 sama mama-papa, kalo kamu ingin belajar mengambil keputusan untuk arah hidup kamu sendiri, dan bertanggung jawab akan keputusan kamu. Kamu udah 17 tahun ke atas, harusnya udah waktunya berani mengambil keputusan untuk hidup kamu sendiri 🙂

  • Brigita Intan

    kak, menurut kakak bener ga kalau motivasi menentukan jurusan karena kepekaan sosial, misalnya: mau jadi dokter atau perawat karena kasihan melihat orang orang yang sakit dan ga bisa kedokter atau jadi guru karena kasihan melihat banyak anak anak yg ga bisa sekolah, dll
    pokoknya karena berharap nantinya bisa membantu orang orang

    • Glenn Ardi

      menurut gue, itu adalah salah satu bentuk motivasi yang sangat baik, sesuatu yang dibangun secara emosional itu biasanya lebih everlasting.

  • Alisha

    Kak glenn, gue suka komunikasi sm orang2 apalagi pk bhs inggris. Gue tertarik sama HI tapi gue di IPA sdgkan itu jurusan plg favorit di bidang IPS. Gimana ya?

    • Glenn Ardi

      ya berarti kamu harus belajar giat dari sekarang untuk SBMPTN soshum & bersaing dengan teman2 kamu yg lain di IPS

    • ya udah tinggal ikut aja SBMPTN IPS, kan anak IPA juga boleh ambil SBMPTN IPS.

      • Alisha

        Kalo ngambil HI di SNMPTN terlalu beresiko ngga ya kak? Karna liat ada kakak kelas (disekolah lain) yg anak IPA masuk HI jalur undangan juga

  • Johannes

    gan, ane mau ngambil jurusan hukum, saran agan ane harus belajar apaan aja gan ? mohon pencerahannya

  • Rizqi Ibn Omar

    Do'ain gw masuk FSRD ITB 15 ya gaes :3
    Everybody say !!
    Aamiin :v

  • Alasandar Polasio Sihaloho

    Kak Glen, Saya Berbakat Di Bidang Ekonomi Saja selain dari ekonomi kurang semua....Padahal Untuk MAsuk ke PTN yang diinginkan kan harus bisa menguasaihampir semua bidang studi? jd gimana dong kak?

  • dewipss

    Aku mau masuk Ekonomi tapi aku lebih jago menghafal, yang mungkin seperti hukum misalnya. Jadi menurut ka gleen gimana?

    • Jurusan hukum itu gak ada hubungannya sama menghafal. kalo mau masuk jurusan hukum itu lo harus jago logika, deduksi, komunikasi, dan bernegosiasi.

  • Andari Wulan

    Gua mau nanya saran nih kak, kan gua udah kuliah S1 teknik lingkungan, tapi gua sebenernya kepo dan tertarik banget sama teknik sipil yang berbau bangunan gitu. gua ada niatan buat ngulang tahun depan. menurut lo mending gua ngulang atau stay ya? berhubung gua teringat tekling banyak biologi dan gua gak suka biologi...... haff

  • Guest

    Kak glenn misalnya jurusan gk sanggup kita masukin(jebol gitu) baik secara kemampuan finansial maupun kemampuan Brain gitu gmna ya kak, hehehe, kasih solusi dong

  • Andi Sinambela

    Bang kan saya suka tuh ama jurusan Multimedia, kira-kira kalau saya mendalami jurusan multimedia saja, dan pelajaran yang lain saya tidak pelajarin. Tapi saya cuma mau Multimedia menurut pendapat Kak Glen bagaimana kak ? apakah saya harus mendalami pelajaran yang tidak berhubungan dengan jurusan yang saya Pelajari ?

  • Lebihkerendari AndyWarholl

    Bang Glen ,, keren banget namanya
    oh ya bang glen soal biaya hidup kira2 perlu di pikirin 2x atau hajar aja bang glen ?

    • menjadi mahasiswa itu adalah saatnya digembleng itu bisa hidup susah, demi mengejar cita-cita. 🙂

  • intan sulistyani

    kak Gua minat banet sama ilmu medis entah bagian kedoktetannya yg ngobat ngobatin. Atau yg bagian farmasi. Tapi sampai saat ini. Gua masih bimbang. Karena gua takut gua gamampu otaknya. Hehe nilai sih lumayan. Nah cuma disini gue juga suka gampang down kalau nilainya jelek. Nah pendapat kaka gua harus gimana ya.?

  • Rozak Mufaton

    Ane suka Pelajaran Matematika dan cepet nyantolnya
    Menurut kk gimana...?

  • Kevin CT

    sya masih bingung memilih tk.perminyakan atau pertambangan ? tolong om kasih pencerahan dan teman2 kasih sarannya.

    • bedanya kamu lebih suka ngeruk minyak bumi atau batu bara? suka yang padet atau yang cair? itu doang sih.

  • taupik

    kak glen aku udah kuliah disalah satu PTN di bandung jurusan Informatika namun setelah kuliah aku ngerasa di universitas ini pelajaran informatika nya kurang pass ama passion ku...terus aku berencana untuk pindah kuliah menurut pendapat kaka gimana mending lanjutin pindah atau tetep bertahan..

    • galau pindah jurusan itu ibarat pacaran sama orang yang salah. keputusannya ada di tangan kamu, apakah mau nikah sama orang yang salah atau cari pengganti yang lebih tepat.

  • happy rohmah

    kalo aku kuliyah di Jurusan Pajak Tp
    Jujur aja w ga suka akuntani, dan emng dari awal w kira pajak itu ga ada hubungan nya dg akuntansi.
    dan dari awal juga w emang suka sama hukum, mangkanya w bingung harus gmna saat ini. w lanjutin tp w takut ga dapet ilmu, w ga lanjutin duit w uda banyak masuk, tolong dong kasih masukan

  • Jefri Asahkura

    kak glenn nih mau tanya permasalahan temen2 kuliah gue uda terlanjur milih jurusan dan masuk situ terus solusinya gimana lanjutin/keluar..?? makasih 😀

    • salah jurusan itu ibarat pacaran sama orang yang salah. keputusannya ada di tangan mereka, apakah mau nikah sama orang yang salah atau cari pengganti yang lebih tepat.

  • silvi maulida ☁

    infonya itu bener2 keren .ngerti banget sy 😀 tp kak ...
    yg gapernah ketinggalan sy pelajari setiap hari dan buat saya penasaran dan ingin tahu lebih banyak adl. bahasa inggris,pelajaran hidup,gaya hidup & attitude,dan ga pernah mau ketinggalan berita terbaru dan perkembangan dunia . jurusan apa ya ? yang pas sama semua itu . krn saya gak tau kak ... mohon bantuannya.ini adalah pertanyaan yg nongrong gak kenal waktu di otak saya.

  • Nadiyah Hutami

    makasih ka buat postingannya, aku salah seorang mahasiswa psikologi. tapi masih ngerasa belum sreg sama jurusan ini, jadi pengen nyoba yang bener2 passion aku walau belum tau apa jurusan yang mau aku ambil juga :')

  • Ziky-T.M

    Ane mau pilih Informatika {Tapi dalam hal MTK ane lambat ga jago/cepat nagkep) ,Ane mau pilih DKV (Ane ga jago gambar tangan manual ) ,, ane si lebih suka ngerjain Edit vidio ampe bagus di kasih spesial effect nya, Desain di CorelDRAW , buat animasi kecil2 lan di Flash ,, Edit2 blog ,, nah Ane bingung yang cocok buat ane .. Ada si di salah satu UNIV yg sesuai ama yg ane suka kerjain tapi Mahal wlwlw

  • fitri

    kaa jelasin bedanya adm niaga sama bisnis manajemen dongg. mereka mirip bangett, bingung mau pilih apa

    • setau gue yah, Adm Bisnis fokus untuk belajar mengelola bisnis, kalo bisnis management lebih agak luas karena kamu akan banyak belajar tentang kebijakan ekonomi juga.

  • nindya

    kak saya itu sangat tertarik dengan dunia kedokteran begitu juga orangtua saya yang sangat mendukung saya untuk mengambil jurusan fakultas kedokteran, tapi di sisi lain saya ini anak smk yang mengambil jurusan akuntansi. kira2 apa yang saya inginkan ini mustahil enggak ya kak glen?

    • haha... gak ada yang mustahil lah. di zenius udah terlalu banyak cerita dari anak paling bodoh sekelas bisa sampai ranking satu, nilai UN tertinggi, bahkan masuk univ favorite. jadi semuanya itu sebetulnya tergantung sama niat kamu sendiri aja.

      kita di sini adalah fasilitator yang memberikan kamu segala fasilitas latihan otak yang bagus, masalah kamu mau gunakan dengan efektif atau nggak, itu kembali lagi ke diri kamu sendiri.

  • Guest

    kakk bedanya adm niaga sama bisnis manajemen apa? mereka hampir mirip gitu jadinya bikin bingung

  • sella

    "Pilih bidang yang membuat lo
    tertantang... Pilih bidang yang lo penasaran sampai lo rela buat ngulik
    itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih
    bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri,
    atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google..
    Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang
    bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai
    akhir hayat lo..."
    dan bidang itu menurut gue adalah psikologi. gue bener2 manteb mau
    msk jurusan ini pas kuliah, tapi pas gue bilang ke ortu, ortu gue malah
    keliatan "kurang suka" -_- jadi gue bingung kak gimana cara ngeyakinin
    mereka klo jurusan itu adalah apa yg gue mau, saran dong kak? thankss

    • kamu kan udah 17 tahun, bilang sama ortu bahwa sekarang ini kamu udah dewasa untuk menentukan masa depan kamu sendiri. bilang sama mereka kalo kamu mau belajar untuk bertanggung jawab atas pilihan kamu dan menghadapi konsekuensinya. karena toh pada akhirnya kan yang menjalani suka-dukanya belajar itu kamu sendiri, bukan orangtua kamu. 🙂

  • 아지자

    saran kakak untuk anak IPA yang pengen masuk jurusan Bahasa Korea di UGM atau UI gimana kak?

    saya belajar bahasa korea sejak kelas 6 sd, belajar sendiri, otodidak. Secara di kotaku ga ada guru dan tempat les bahasa korea kak. tiap hari aku mesti berlatih bahasa korea, pokoknya kalo udah belajar bahasa korea itu lupa waktu._. dari bahasa,budaya,sejarah, aku coba selami kak... aku juga nyoba kontakan sama native speaker dari korea asli.

    kendalanya kak, tes snmptn sama sbmptn itu kak. kan selama 3 tahun di sma aku ga belajar eko,geo,dll.. palingan ya cuma mapel sejarah. saran kakak gimana kak????:) thanks before!^^

  • Yuristama

    kak glenn teknik informatika sendiri tantangan terbesarnya apa kira kira ? PTN yang lumayan bagus dimana aja buat teknik informatika?

    • tantangan terbesarnya kamu harus bisa make a change to this world, hehehe... rekomendasiku sih ambil ITB atau ITS

  • Aumiel Fathia

    kak, unpar itu testnya ada berapa macam? 🙂 lalu ujian saringan masuknya biasaya kapan diadain?

    • Ujian Saringan Masuk (USM) biasa, biasanya akhir Januari itu USM 1. Nantinya kalo gak salah ada 3 gelombang sampai USM 3.

  • Любовь Бог Убежища

    thx infonya Gan,, tapi masih bingung milih ujurusan,, soalnya ga bakat dibidang apa2 :'(

  • Anwar Prayogi

    Maaf nih bang glenn, mau curhat dikit 😀
    Gw kan minat banget sama matematika, gw kuat ngulik matematika sampai gak tidur seharian, nah imbasnya pelajaran lain jadi ketinggalan, dan parahnya lagi di akhir pekan akhirnya tepar (Gila Amat nih anak) :v
    Nah, permasalahannya, ortu nyaranin gw ikut tes-tes semacam STAN , STIS, dll. Emang sih gw minat, tapi takutnya ini ngaganggu fokus buat SBMPTN nanti. Tapi apakah statistika sama akuntansi itu ada hubungannya ya sama matematika, yang saya tau paling yang nyangkut itu perhitungan biasa doang, gw takut ilmu matematika kayak integral, kurva, SPLDV dll jadi sia-sia gak kepake begitu aja -_-
    Nah permasalahan, selanjutnya itu di matematika ada satu bidang yang bikin gw nge down yaitu "Trigonometri", gw pernah tuh ngulik sampai kurang tidur, tapi akhirnya tetep aja gak bisa. ini nih yang bikin gw ragu masuk matematika, apakah kurang di trigonometri bisa ngaruh banget kalau nanti masuk jurusan matematika? takutnya nanti malah jadi penghambat gw pas kuliah, dan akhirnya jadi golongan orang mengeluh seperti kata bang glenn di atas -_-
    Nah ya bang, kata mahasiswa matematika pas Buka kampus katanya matematika itu dibagi 3 : Matematika Murni, matematika industri sama matematika biologi. Nah mau tanya nih apa sih perbedaan dari ketiga "spesies" matematika tersebut ? 😀
    So, segitu aja curhatnya, mohon sarannya bang glenn, biar makin mantep buat tembus jurusan matematika 🙂

    • bedanya ke penerapan aja.
      matematika murni itu artinya kamu membedah ilmu matematika sampai sedalam-dalamnya tanpa terlalu fokus sama penerapan pada hal-hal yang konkrit.

      matematika industri dan biologi itu artinya kamu lebih fokus pada penerapan ilmu matematika pada hal-hal yang lebih konkrit seperti contohnya pada artikel ini :
      https://www.zenius.net/blog/5689/matematika-dna-biologi-identitas-manusia

  • Ulfah Annisa Nur’aini

    ka glen aku pengen bangt ngambil management , tapi aku juga jurusan komputer ,gimana caranya soalnya aku bingung

    • kan rumusnya udah aku tulis di artikel. kalo kamu baca baik2 pasti gak akan muncul lagi pertanyaan seperti ini 🙂

  • Tn.Rafif

    kak mau minta solusi kak, jd gini sebenernya saya tuh ga tertarik-tarik amat sama bidang perminyakan tp ortu saya kaya ngasih advice buat saya untuk daftar perminyakan tapi kuliahnya PTS bukan PTN kak. Saya tuh ga terlalu kuat kalo masalah fisika dan kimia, saya lebih tertarik ke biologi kak, kan katanya ridho ortu ridho allah swt juga kan ya ka, nah akhirnya saya daftar tuh kak ngikutin apa yg dimau ortu. Pas daftar kok saya kaya ngebatin kak jatuhnya antara niat ga niat, kalau akhirnya diterima takutnya bukannya seneng malah kaya stres gitu kak takut disana ga survive syukur2 kalo bisa survive dan mindset berubah tentang perminyakan. Sebaiknya saya harus gimana kak? makasih kak 🙂

  • Ulfa Mutya

    AKU MAU MASUK TATA BOGA TAPI KHAWATIR UNIV.NYA DI UPI NEGERI YG PELUANG MASUKNYA SUSAH HARUS MATIMATIAN YG DI BINGUNGIN KALAU NANTI NGA DPT PTN AKU TAKUT GILA KAK GLEEN GMNA BANTU AKU DONG ;(

  • Tri Anita Rahayu

    aku butuh saran kak. aku kls 12 jurusan IPA. nah aku msh bingung mau
    ngambil jurusan apa, pilihanku belum mantap. aku suka pelajaran
    kimia&bahasa inggris. disatu sisi aku mau ambil jurusan yg berbau
    kesehatan (farmasi, analisis kimia, ilmu gizi) disisi lain aku pgn ke
    luar negri, karna aku suka bahasa inggris. ortu ku nyuruh aku buat jadi
    guru bahasa inggris, tp aku ga minat jd guru. well, aku emang suka
    bahasa inggris tp kalo untuk jadi guru aku gamau. aku IPA kak, nnti
    sbmptn lebih baik ngambil saintek, soshum, atau campuran? tolong dibalas
    ya kak:( aku butuh saran bgt. thanks before

  • Deki

    Kak, aku kan pernah ikut tes minat dan bakat, berdasarkan hasil tesnya si aku lemah di fisika.
    Aku udah kelas 3 sma, entar pengen kuliah di jurusan teknik kimia atau teknik fisika, menurut kakak gi mana kak?

  • Almasitha

    bang, jujur ye.. dulu waktu lulus smp, aku pengen masuk ips.. tapi ortu aku ga ngebolehin masuk sma, karena sama aje kayak smp, aku cuman ngulang materi doang, sebel juga sih.. tapi kan aku anak baek bang, sayang ortu, ya ude, aku turutin aja.. dan akhirnya aku masuk smk jurusan admin, jujur, aku ga nikmatin banget 3 tahun.. aku cuman yang ngalir aje gitu.. ya ude, jalanin aje, dan sampek akhirnya aku lulus dan bingung, dan ragu ama diri aku sendiri.. aku pengen masuk jurusan psikolog, tapi.. maap ye bang, kalo aku curhat.. guru ips aku di smk itu sistem belajarnya turun langsung ke masyarakat, jadi ga perna yang namanya teori sekalipun tanpa buku, lawong tiap exam nilenya pas kkm semua satu angkatan.. nah, kan kalo masuk ptn ga mungkin ga tanpa tes kan bang? *aku ga lulus snmptn 😀 yang jadi pertanyaanku, aku belajarnya darimana, dan. arggkkh.. tolongin bang..
    ga tahu materi ips sma itu apa aja..? yang kayak gimana..? lebih komplitkah..? ada yang aku belom tahu sama sekali kah.?
    maap yak kalo pake curhat sagala.. TERIMA KASIH 😀

  • Mnur Hidayat

    Kak, jadi saya memiliki passion untuk menjadi peneliti, soalnya saya selalu berminat untuk mencari tahu maksud suatu fenomena dan selalu semangat untuk cari tahu hal yang sedang mnjd minat bagi saya. Kalau secara spesifik, bidangnya fisika, tapi cenderung ke bdg yang berkutat pada fenomena ilmiah, bukan terapan. Saya benar2 trtrik dgn profesi ini kak, saya bermimpi utk jd peneliti yg bs ke luar negeri dan pulng utk mengabdi pd indonesia. Tapi kak, saya dilahirkan di lingkungan yang agak tertutup dgn pemikiran bebas dan cenderung memiliki fixed mindset, karena saya jg hny tahu soal profesi dokter dan agak 'anti' karena saya tidak tahu arah karir/kegiatan setelah lulus kuliah pd jurusan2 lain. Saya takut mengutarakan niat saya ini karena saya jg krg tahu arah karir utk menjadi seorang peneliti kak. Takutnya dgn ketidakjelasan ini saya tambah krg didukung dan malah nanti salah langkah. Kl mslnya saya masuk fakultas ilmu murni fisika atau astronomi, gambaran kegiatan setelah kuliahnya bagaimana kak? Dan yg lebih penting proses yg harus dijalani seorang sarjana2 scientist di Indonesia sebelum benar2 bs menjadi seorang scientist hingga ke luar negeri? Terima kasih kak 😀

  • zakiah

    bang glen saya tthun ini mau kuliah ada rncana mau masuk psikolog tp kluarga trmksd ortu bnyk krang stuju tpi sya sndri kpingin msuk jrusan itu gmn?

  • Guest

    Kak glen saya bingung kalo saya ngambil jurusan A dan ada b.inggny. sedangkan saya blm bisa b.ingg baik. Apakah ada pengaruhnya?

    • Glenn Ardi

      makanya sekarang kesempatan kamu buat meningkatkan kemampuan bahasa inggris. jangan sampai kemampuan bahasa inggris kamu yang kurang justru jadi penghalang kamu buat kuliah di jurusan yang kamu inginkan.

  • amanda

    kak, aku pengen masuk kuliah jurusan HI di UI, tapi aku takut sama saingan lain soalnya prestasinya gilaa gilaan sedangkan aku gak punya sertifikat sama sekali, kedua aku agak minder n takut gak bisa bersaing, minta solusinya dong kak, makasih
    sebelumnya

  • Farhan Y

    Kak , mau nanya , skrg saya kelas XII IPA masih bingung juga buat nentuin jurusan antara Arsitektur,Ilmu Ekonomi,dan Ilmu Hukum. pertama.kalau ngedepanin bakat ,lebih condong ke arsitektur , tapi disisi lain juga punya ketertarikan lebih di bidang Ilmu ekonomi dan juga Ilmu hukum kedepannya .nah kalau orientasinya ke snmptn , nilai dibidang IPS bisa dibilang lebih aman dari yg mapel IPA ,dari situ sempet berfikir untuk lebih memprioritaskan jurusan Soshum katimbang yg saintek dengan harapan peluang diterima lebih besar ,(apa itu langkah tepat ?).. Tetapi inget juga kata Kak Glenn untuk tetap siapkan diri buat sbmptn nya juga .. Naah ,kan otomatis saya ikut yg Campuran nih Kak , mohon saran dalam menentukan prioritas pilihan jurusan .. Matur Nuwun 🙂

  • Deliana Zahrani

    Kak mau tanya, saya kan jurusan IPA dan tertarik untuk kkuiah difakultas HI, nah kan HI itu untuk IPS. saya bisa gak kak nanti ambil HI walaupun lulusan IPA? Terimakasih kak

  • Qonita Bella

    Saya sekarang kelas 1 sma. 6 bulan pertama k13 di berlakukan di sekolah kami, saya mengambil jurursan bahasa dan budaya. Jika saya kuliah, saya ingin mengambil jurusan HI. Tapi, sekarang k13 sudah di hapus, dan kami selama semester genap ini tidak memakai jurursan, hanya belajar seperti biasa. Ketika naik ke kelas 2 sma, saya ingin mengambil jurusan IPS. Saya minta saran kakak

  • Muliaasri Hastari

    saya jurusan ipa tapi saya mau ambil kuliah jurusan ips jalur undangan tiba" kakak yang sosialisasi bilang kalau peluangnya kecil emang bener ya?

  • rizuma sunaegara

    gua tertarik dengan dunia perfilman ampe udah nntn ribuan film n ngebela-belain bolos skolah buat ke bioskop atau download film bajakan hhe (kadang ya 😀 ). niat banget sih jadi sutradara. tpi kendalanya susah ngeyakinin ortu buat ngijinin. ditambah target pilihan universitas di Jakarta ikj-fftv ortu makin geleng-geleng katanya katanya jkt itu gini gini-_- karna gua tinggal di bandung dn gk punya sodara di jkt. gimna dong bang glenn cara buat ngeyakini mereka ?? please kasih solusi :')

  • Prescillia

    kak, kalo gue suka design gitu tapi gw ngerasa ga bisa kreatif apa gw ttp milih design? menurut kakak gimana?

    • Zaef Gehittoe

      kalo boleh soktau. Kreatif adalah kemampuan menyelesaikan suatu masalah secara cerdas. Kalo inovatif itu usaha orang dlm berpikir atau berimajinasi untuk menghasilkan suatu karya yg baru. Mungkin maksut kreatif lo disini itu lebih ke inovatif yah... Tenang aja, bisa di latih kok biar bisa lebih inovatif.
      Well, menurut gua jangan takut sebelom mencoba, jalanin dulu, lo lebih kuat dr yang lo kira kok huehehe..... Cmiiw.

  • luciadarmasari

    kak glen aku mau tanya, aku sekarang udah kelas XII, aku tertantang banget masuk teknik, tapi aku lemah di fisika,3 tahun sekolah fisika gakpernah masuk ke otak, kan kesanya anak teknik itu harus jago fisika, tapi posisiku sekarang aku lemah fisika:D sedangkan dulu aku masuk IPA karena mamaku ngomong gini" masuk IPA itu enak, bisa masuk mana aja bisa kerja apa aja" padahal waktu itu posisinya aku suka pelajaran IPS tapi mamaku tetap bertahan nyuruh aku masuk IPA,, walaupun aku survive di bidang IPA tapi aku juga suka pelajaran dibidang IPS, menurut kak glen aku ambil teknik indutri gitu gimana ? nyambung gaksih ? aku cobak search di google dia ada ips jugak ipa jugak ada kan ? kasih saranya dong kak, atau mungkin ada jurusan2 yang menyerempet di pelajaran yang kuminati ? terus kak glen, aku pinginya sih ikut SBMPTN buat jurusan teknik kalau aku emang gakbisa masuk di Snmptn nya jurusan teknik , terus aku juga pingin SBMPTN nya ambil bidang IPS kayak akutansi,pepajakan yang berhubungan sama berhitung gitu kak glen, kalok kayak gitu bisa gak ? jadi aku ikut tes sbm yg ipa juga sbm ips, soalnya aku gaktau sistem sbm kak. thx

  • Nurul Huda Jafar

    saya tertantang sama kimia, jadi pengennya ke farmasi.. insyaallah sudah mantap sih di farmasi,.. cuman cita-citanya jadi pengusaha..bukan apoteker,.. heheh nyambung g' sihh k'??

  • cecep krisna hidayat

    Kak glen minta saran nya dong aku nama nya cecep dari sumedang
    Kak aku tuh orang nya suka banget buat rencana ini itu seneng kalo liat berita politik atau acara debat di tv tentang korupsi , atau sbg nya ..
    Aku orang nya gak suka kalo liat data di suruh buat data yang ribet"
    Kak jurusan apa ya kalo mau kuliah

  • cecep krisna hidayat

    Kak glen minta saran nya dong aku nama nya cecep dari sumedang
    Kak aku tuh orang nya suka banget buat rencana ini itu seneng kalo liat berita politik atau acara debat di tv tentang korupsi , atau sbg nya ..
    Aku orang nya gak suka kalo liat data di suruh buat data yang ribet"
    Kak jurusan apa ya kalo mau kuliah

  • Ari

    Kak Glen, saya mau tanya. Saya itu orang yang suka tantangan, kerja lapangan, dan hitungan. Saya awalnya minta teknik sipil. Tapi kok saingannya banyak dan diatas saya semua. Baiknya gimana? Tetap teknik sipil apa ganti jurusan? Jurusan apa yang tepat? Terimakasih

  • nisrin

    kak skrg aku dan teman - teman udah kls 12 smk jurusan keperawatan, tapi abis lulus dari sini kita bingung mau ngambil jurusan apa.. karna kebanyakan dari kami gak tertarik lagi sama keperawatan
    solusinya apa kak ?

  • widi

    boleh nanya nih...
    aku ortu punya anak yg mau nentuin jurusan, sepertinya anak saya lumayan selalu rangking di kelasnya sejak SD sampai SMA, dan sekolah di sma yang termasuk bagus, masalahnya anak saya ini seperti mau ambil jurusan yang gapang-gapang saja,... ini semua karena pengaruh dari om-om nya... yang memang lulusan teknik, selalu bilang mengapa kuliah teknik, mesti belajar keras, susah lulus dan ujung-ujungnya jadi kuli, bukan sebagai pengambil keputusan (padahal mereka sering jalan-jalan keluar negeri karena tugas)

    kebetulan saya dan suami emang IPS (Hukum dan komunikasi),... saya dulu masuk IPS dan ambil jurusan IPS karena takut gak diterima, rasanya kuliah di swasta gak mungkin karena faktor biaya.....

    berhubung nilai akademiknya baik, ambilah jurusan yang memang perlu belajar dengan serius,.... takutnya nanti nyesal seperti saya.....
    Tapi namanya anak semakin diberi pengertian rasanya semakin melawan dengan alasan akan membuktikan dsb....

    anak saya ingin ambil akutansi atau administasi bisnis atau SMB ITB.

    jadi baiknya bagaimana kami sebagai orang tua.....

  • Miftah Farid

    Bang saya mau minta bantuan untuk nentuin jurusan, saya sudah niat dan yakin ingin melanjutkan ke t.informatika Unpad, tapi ada juga temen saya yg ingin masuk kesana dan nilairapotnya agak diatas saya, dan saya lihat dari data tahun lalu cuma 1 yang keterima lewat snmptn t.informatika unpad, jadi gimana saran abang untuk saya supaya baik untuk sayanya

  • kusnul

    Kalo SMA nya IPA masuk akuntansi nyambung ngga sih bang? Apa mending SMA nya IPS kali y, biar gampang masuk fakultasnya. Saran dong bang. Please 🙂

  • annisa rachma

    aaahhhh pusing gue milih jurusan.... 🙁

  • Ferdy Silajaya

    halo bro, lagi bingung nih masalah jurusan kuliah. Rencana mau kuliah keluar ntr. nah, sya udh pny planning sendiri untuk cari koneksi usaha disana dan sya kira itu butuh waktu luang yg lbh bnyk. ortu nyuruh ambil teknik mesin tapi sya rasa klo ambil mesin waktu luangnya dikit n akn lbh sibuk. Klo sya sendiri maunya ambil jurusan yg agak santai. Nah solusinya gmn ko? hehe thanks

  • ICHA Venus你下行

    salah gak sih kalo gua tuhhh...bagus di nilai IPS, tapi gua masuk ke jurusan yang berhubungan dengan IPA ? gua suka di bully dan di-judge sama temen-temen satu kelas gua, bahkan pernah disindir kaya gini "lo masih kuat di ipa? kalo gak kuat mending pindah jurusan aja deh. daripada nilai IP lo kecil gara-gara milih jurusan."

  • Sai

    Kak glenn mau nanya deh. Aku sekarang kelas 10 dan masuk jurusan ips. Tapi dari kecil sampe sekarang, cita-cita ku tetep mau jadi arsitek. Padahal aku jurusan ips. Aku gak jago mtk tapi aku suka ngitung. Pas mau nentuin jurusan, orangtua ku bilang gak usah dipaksain dgn masuk ipa. Nanti malah keteteran. Bener sih emang. Tapi kalau dijurusan ips ini aku gak tau bakal atau mau jadi apa. Hal yg bikin aku penasaran itu cuma arsitek. Aku suka design2 rumah. Contohnya kayak main the sims gitu. Menurut kak glenn gimana? aku mau ngejar mimpiku jadi arsitek tapi gak mungkin minta mama papa pindah jurusan karna bayarnya mahal banget.... makasih kak glenn....

  • Fitria Nurul Astuti

    kak, sy kan dari smk adm.perkantoran. pas kuliah rencana nya mau ngambil PTN prodi pariwisata/sastra inggris/sastra jepang. itu kira2 bisa/mungkin gak buat keterima? (korban asal pilih jurusan)

  • rini andriyani

    Kak mau tanya, kan skrng saya smk ambil akuntansi. Entah apa dulu yg bikin saya milih akun, tapi sekarang kayanya saya gak bisa maksimal di akun. Kuliah nanti mau ambil ekonomi, menurut kak glenn saya ambil ekonomi atau akun?

  • Ivan No Kyoshiro

    Saya sebenarnya sudah merasa seperti itu sejak dlu "saya keknya salah jurusan deh" tapi saya tdk menggubris pemikiran saya itu dan terus melanjutkan perkuliahan di jurusan Komputer (TI).

    Ngikut sih nggak, cuman terkadang saya merasa lelah dengan suatu permasalahan dalam ilmu TI yg harus saya pecahkan, dan jujur aja itu benar-benar diluar kapasitas pendidikan saya selama masih duduk di bangku sekolah. Awalnya saya kira gampang, tapi setelah semakin dalam proses perkuliahan, semakin saya yakin kalau jurusan yg saya pilih itu salah.

    There's no turning back anymore, yg saya bisa lakukan skrg hanyalah menuntaskan kuliah saya apapun yg terjadi.

  • Tatalany

    Aku mau ambil jurusan psikolog tapi aku anak IPA,gmna dong?

  • Fajar Pangestu

    ada univ rekomen ga buat jurusan mipa...paling statistika kalo ga matematika sih
    emang bedanya dmana antara matematika dengan statistika??

  • Alnmln

    kak sebenernya aku pgn banget masuk fakultas teknik, tapi kan katanya kalo teknik tu nilai fisika matematikanya mesti tinggi, sedangkan nilai aku disitu gak begitu tinggi dan aku juga gak terlalu menguasai, gimana ya?

  • Eagerness

    Saya suka pelajaran bahasa inggris dr smua plajaran yg ada. Dan saya lbh sering cari2 informasi bgmn cara ningkatkat kn writing,speaking dan listening. Tapi saat ini saya ragu apakh mau ambil jurusan inggris atau yg lain ? Lalu mnurut glenn gmn ?

  • Vicca

    Bang ane pengen jadi dokter nih, cuman ane kagak pernah jebol tuh tes kedokteran di mana aja, pas awal lulus sma ane mutusin buat kuliah apa aja yg penting kuliah ngobatin kecewa krena g keterima di dokter, tapi tahun depannnya ane nyobalagi tes, tetep g jebol, jebolnya malah di keperawatan, sampai sekarang masih pengen jadi dokter bang,,,, minta nasihatnya dong bang,,, terimakasih

  • Guest

    minta pendapat/masukan dong, aku mau pilih Statistika UNPAD (pilihan 1), Statistika UNDIP (pilihan 2), Teknik Pangan UNDIP (pilihan 3) gimana menurut kalian.. gimana peluang keterimanya.. mohon bantuannya ya 🙂

  • esa chairun nisa

    minta pendapat/masukan dong, aku mau pilih Statistika UNPAD (pilihan 1),
    Statistika UNDIP (pilihan 2), Teknik Pangan UNDIP (pilihan 3).. gimana peluang keterimanya.. mohon bantuannya ya

  • tiara

    aku suka sama dunia trend fashion emang tanpa aku sengaja aku suka browsing fashion yang lagi jadi trend, pengen sih jadi desainner tapi gak terlalu bisa gambar. Gimana doong ? kasih aku bantuan please

  • Fikri Akmal

    Kak gue suka fisika, nilai gue juga lumayan di fisika, tapi gue orangnya susah banget ngerti langsung apa yang diomongin guru, biasanya gue harus belajar lama banget baru deh ngerti. Kalo gue ngambil Teknik Mesin, itu gue masuk golongan 'salah jurusan' gak kak? Saran dong kak pliss 🙁

  • Astrid Nadya Putri

    gue mau masuk fk tp jurusan ips kira2 bisa ga ya??

  • Astrid Nadya Putri

    sy ingin masuk fk tapi sy ips trus gmn?

  • janice

    Kak, ane suka musik. Tp males latian. Gimanaa dong? Ambil msik ga ya?

  • Dyiestrin Saga

    kak,kalau saya itu orangnya banyak bicara,kaya udah passion saya gitu, kalau sedang bicara,sampai teman saya bilang "lo gag capek apa bicara terus?", terus saya mau kuliah ambil prodi ilmu komunikasi,menurut kakak apa itu ada sangkut pautnya,atau motivasi yang jalannya udah benar?? mohon bimbingannya ya kak. hhe

  • NabilahAzhar

    Saya adalah jurusan IPA saat berencana kuliah malah jurusan IPS saya sukai , bagaimana ?
    lalu hasil psikotes saya saat kelas X adalah IPS/BHS dan kls XI dan XII memilih IPA brpikiran bahwa saya malas baca baca huruf yang seabreg.. tapi hasil psikotes untuk saran kuliah hasilnya IPS/BHS lagi .. jadi bingung -,-

  • Lisya Ratih

    kak glen, saya mau nanya nih, jadi sebenernya minat saya di matematik, ntah kenapa saya pengen bgt belajar kalkulus, yang bikin saya bingung saya juga pingin bekerja di suatu ruangan kaya meneliti dan menemukan hal baru, ibu saya menyarankan saya masuk farmasi karena hal tsb ,menurun kaka kalau kaya gitu lebih baik ambil matematik atau farmasi?

  • Maula

    Kakak saya kan dari jurusan ipa nah saya ingin ngambil jurusan sastra indo atau ekonomi. Nah saya bingung karna banyak yg bilang klo jurusan ipa milih ke jurusan ygberhubungan dengan ips pasti dipersulit. Dari situ saya jdi ragu untuk memilih kedua jurusan itu

  • Muhamad Adji

    Gan ane bingung nentuin jurusan buat ntar kuliah. tapi ane punya potensi di bidang komputer hardware/software. tapi ane juga bingung sama urusan Materi. :v wkwkwkwk Oke materi sih itu urusan belakangan, tapi masalah ny ane gatau harus nentuin jurusan apaan. 🙁

  • Maizul Anwar

    wih artikelnya asik.,.,., keren.,.,

  • renameyrslf

    gw dari IPA baru kelas 2 sih sekarang, tapi karena kata kaka-kaka kelas gw harus dipikirin dari sekarang gw jadi lirik-lirik tentang jurusan/fakultas yang bagus(meskipun gatau apa-apa, dan cuma random search di google).
    setelah beberapa hari gw searching, gw malah mikir gini "nyari yang peminatnya dikit aja deh" soalnya setiap gw baca di artikel'' internet itu, setiap jurusan bagus, setiap jurusan pasti ada peluang kerjanya. jadi gw mikir kalau peminatnya dikit, berarti orang nya juga dikit, berarti gw lebih banyak kesempatan untuk diterima, berarti gw bisa aja dapet kerja cepet, mungkin bakal nemuin tempat enak( my own place).
    gw gapeduli itu jurusan apa soalnya(asal jangan yang susah haha), yang penting dapet kerja cepet. apakah cara gw salah? jangan bilang ke gw milih yang gw minat/yang bikin penasaran apa, karena gw gapunya yang gituan buat sekarang.

  • Muhammad Fida

    ane kurang bisa ama teknik tapi tertarik banget ama yang itu jadi gimana menurut kk glen ditembus aja gak???

  • suryanata suwandi

    Kak glen...aku kan di minta cari jurusan sendiri..terus aku mau milih akuntansi tapi kakak saya bilang jangan karna akuntansi sulit...tapi aku tetap pilih akuntansi karena aku punya rasa penasaran sama jurusan ini..menurut kakak gimana?

  • Sulaiman Nur Rahman

    Kk Glenn saya mau tanya...
    Jurusan yang prospek kerjanya paling banyak apa ya ??
    kita kan kuliah pasti ujung2nya ingin berkerja , tapi bingung jg nentuin jurusan mana yang kira2 banya kesempatan kerja , kalau gaji sih gk terlalu difikirin ... lebih baik kerja gaji seadanya dari pada nanggur dan bebain ortu 🙂 thanks for your answer 🙂

  • Meissy

    kalo mencari tau satu2 kak bukannya memerlukan waktu yg lama yah?

  • Just Haykal

    kk glenn T^T saya suka banget sama gambar ,Seni atau semacam hal gitu deh.. skrng saya labil banget.. ga ngerti milih arsitektur/seni rupa, dan juga saya kpengen juga masuk sastra jepang T^T

  • salman69

    aku suka animasi, sampe ngulik berhari hari malah ga tidur cuma buat belajar animasi, berarti aku harus ambil kuliah itu? tapi kan di indo gaada yg menjurus kesitu? gimana dong?

  • dira

    kak glenn, ngena banget ya. bikin tambah makin galau. mau soshum tapi sayang juga ipa-nya selama 3 tahun. gimana kak glenn?

  • Nety Marika

    Kak, sya nety dari jurusan ips.. kalau manajemen itu haruskah kita pandai matematika? Soalnya rencana sya mau masuk manajemen , dg nilai mtk 78 79 81 86 92? Menurut kakak gimana?

  • Henoch Kurnia Santoso

    Kak Glenn, saya mau tanya, saya tertarik untuk masuk jurusan teknik. Saya suka ngutak-atik barang kaya mesin, elektronik, pc dll. dan browsing ke web macam ifixit.com dsb. Tapi saya lemah di matematika dan logika membolak-baliknya, di rapor cuma dapat 79-85 an. Menurut kakak apakah saya dapat bertahan di fakultas teknik (kimia/ mesin/ industri)? Apa perbedaan dari ketiga jurusan tersebut, seberapa berat materi matematika yang saya terima di kuliah, bolehkan menggunakan kalkulator dan berdasarkan pengalaman saya di atas menurut kakak apakah saya dapat diterima di PTN misal Undip, ITB dsb. dan seberapa sulit SBMPTN gambarannya. Trims 🙂

  • Avief Rian

    kak glen, gini nih saya sudah kelas 3 SMK jurusan TKJ dan bentar lagi mau lanjut kuliah. nah saya beniat untuk melanjutkan jururan saya, tapi masih bingung mau masuk kuliah di jurusan TI atau SI. menurut kak glen lebih baik masuk jurusan yang mana? biar saya tidah salah jurusan seperti yang kak glen jelaskan diatas.

  • Saskia Tri Yunita

    saya ingin banget jadi arsitek yang bisa bikin bangunan yang berguna buat banyak orang, tapi saya ga jago matematika dan fisika jadi gimana ya? jujur masih bingun padahal saya mau daftar snmptn

  • Halimatul Azizah

    Kak aku anak SMK jurusan pariwisata, gk beljar IPA ataupun biologi, tapi entah mengapa gua tertantang untuk mengulik, menggali dan mendalami ilmu Psikologi, emang bisa ya ?

  • Extraordinary

    Pak kalau konsekuensi statistika buat cewe apa ya?

  • didis

    kak glen, gw suka bgt sama yg namanya maenin komputer, ya kayak semacam ngetik,bikin power point,dll. kalo masuk jurusan administrasi perkantoran gimana ?

  • Akhmad fauzi ramadhan

    Saya suka gambar,menurut gua gambar saya cukup bagus untuk ngambil jurusan animasi
    Menurut kaka glenn gimana? Ngambil jurusan animasi atau yg lain

  • Mahmed Furqhaan

    kak saya dari jurusan ips dan sangat minat belajar geografi, sehingga saya tertantang buat milih jurusan geografi fisika yang mnurut saya jurusan yang paling buat saya penasaran dan pengen tahu sperti yang kakak bilang klo saran buat milih jurusan itu harus

    "Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun"
    namun pertanyaan saya apa bisa jurusan ips SMA ngambil jurusan geofisika yg dibelakang jurusan tersebut ada tulisan FISIKA yg mana itu merupakan pelajaran ipa?

  • RachmalinD

    Kak aku baru banget baca artikel-nya,keren banget sumpah...Aku mau nanya dong,kalo jurusan arsitektur itu biaya pendidikannya mahal ga sih?soalnya baca dari artikel lain sih katanya cukup mahal,apalagi tugas-tugasnya yang harus mengeluarkan banyak biaya katanya.Rencana nya aku pengen masuk ITB atau UI.Kira-kira gimana ya?Ortu juga bilang kalo aku harus mikirin biaya kuliah-nya juga.Kasian juga kan ntar kalo kemahalan harus ngebebanin ortu 🙁 Ortu tapi malah ngedukung nya ke yang berupa ikatan dinas,soalnya kan lebih terjamin ntar kerja dan biaya dan uang saku ditanggung pemerintah.Ortu nyaranin masuk STIS(semangat banget biar aku masuk sana).Menurut kakak kalo ikatan dinas gimana sih,cara belajar/kuliah nya berbedakah?Nah tapi aku tuh ga terlalu minat masuk STIS masalahnya soalnya statistika kan ngitung mulu sama dituntut ketelitian,nilai matematika aku sih bisa dibilang bagus dan emang bisa buat nyelesain masalah matematika,tetapi aku tuh kurang teliti orangnya (guru mtk ku pun bilang begitu).Boleh minta saran dan solusi nya?Makasih sebelumnya kak 🙂

  • Muhammad Ivan Fadillah

    kak, saya suka kimia, kimia membuat saya tertantang dan kadang suka curi waktu cuma untuk belajar kimia, tpi saya aga kurang di teorinya, menurut kakak apa saya bagus di jurusan kimia ?

  • Guest

    Aku suka sama hampir semua pljrn IPA kec. fisika. Nilai nya pun nggak
    acur banget, apalagi bio sama mat (Kalo kimia sih bagus, tp turun di smt
    5, jadi 84). Aku juga punya minat di ketiganya krn:
    1. MAT = Mat itu asyik, punya kepuasan diri kalo udah dapet jawaban soal rumit, dan kalo nggak ketemu jawaban bisa jadi pikiran.
    2. BIO = Bio itu amazing. kita tahu sebuah proses dan bikin takjub. pokoknya amazing trus bikin penasaran
    3.
    KIMIA = Kalo kimia seperti rayuan, membuat terpikat + Imut, kita tahu
    cara membuat, Bikin ternganga kalo pas praktek hihi.. Pokoknya
    amaziiinggg!!!

    Nah kalo menurut mas faisal cocoknya dimana? (Tenang udah punya rencana kok, cuma pengen tahu aja)

    • anonim

      kamu cocoknya kerja di air wkwkwk

  • Rizka Fauzia

    Aku suka sama hampir semua pljrn IPA kec. fisika. Nilai nya pun nggak
    acur banget, apalagi bio sama mat (Kalo kimia sih bagus, tp turun di smt
    5, jadi 84). Aku juga punya minat di ketiganya krn:
    1. MAT = Mat itu asyik, punya kepuasan diri kalo udah dapet jawaban soal rumit, dan kalo nggak ketemu jawaban bisa jadi pikiran.
    2. BIO = Bio itu amazing. kita tahu sebuah proses dan bikin takjub. pokoknya amazing trus bikin penasaran
    3.
    KIMIA = Kalo kimia seperti rayuan, membuat terpikat + Imut, kita tahu
    cara membuat, Bikin ternganga kalo pas praktek hihi.. Pokoknya
    amaziiinggg!!

    Nah kalo menurut mas glen cocoknya dimana? (Tenang udah punya rencana kok, cuma pengen tahu aja)

  • nadsal

    kk glen, saya suka fisika dan kimia, terutama yang berhubungan sama angkasa luar gitu, soalnya aku pikir di jagat raya ini masih banyak banget yang belum kita ketahui secara pasti, sana aku tertarik sama "hal-hal yang gak kita tau" ._. pengennya sih masuk astronomi, cuma bingung juga sama prospek kerja (mencoba realistis) gimana menurut kk?

  • Rizka Fauzia

    Aku suka sama semua pelajaran IPA kec. fisika. Akupun juga punya
    minat di ketiganya. Nilainya pun gak ancur-ancur banget, apalagi Mat
    sama Bio (Kalo kimia nilainya turun di smt terakhir). Yang bikin suka
    dari ketinganya itu :
    1. MAT= Mat itu asyik, apalagi kalo udah
    dapet jawaban dari soal yang sulit. Nah kalo belum dapet jawaban, bisa2
    jadi pikiran. tantangan deh
    2. BIO = Bio itu amazing, dari situ aku tau sebuah proses dan itu cepat. bikin takjub jadi pengen tahu.
    3.
    KIMIA = Kimia itu seperti rayuan, memikat. Entah knp, tapi kimia itu
    punya daya tarik tersendiri (dibandingin sama fisika). nggak bosen trus
    imut. pokoknya amazing juga

    Nah menurut kakak aku sarannya di jurusan apa? cuma pengen tahu aja, lagian udah punya rencana kok. kali aja saran kakak cocok

  • Ahmad

    Gua tuh pengen banget masuk sastra inggris di UI, dan gua udah work hard for it istilahnya. Gua seneng banget sama inggris (bukan pelajarannya, tapi bahasanya). Tapi, orang tua gua ga ngijinin gua kuliah, dan kalopun pengen... harus di Univ. swasta di kota gua dengan jurusan manajemen (ekonominya aja kaga suka-_-). Gua bingung ngebujuk ortu gua nih Kak. Kan ortu gua tuh lulusan SMP, sekaya-kayanya aja, pasti kaga ngerti masalah kuliahan-_- dan masalahnya, tiap ngomong selalu nge-interupsi terus, ga pernah dengerin omongan anaknya. Katanya kalo gua keluar kota gua bakal lupa sama agama, berbuat mesum, bahkan narkoba-_- padahal kan semuanya belum pernah gua lakuin-,- makanya gua jadi takut buat ngomong, gimana kira-kira Kak?

  • andi adya

    Mau tanya kak.apa kah jurusan kehutanan itu memang jarang peminat,dan prospek setelah lulus kehutanan bisa kerja dimana.tolong jawabannya.

  • hanah

    hi kak glen. baru skg bisa koment

    Maaf maaf rada curhat yah kak. aku tamatan SMA tahun 2014, setelah itu aku kuliah di salah satu institut kesenian di daerah jakarta. selama masa perkuliahan aku ngerasa mata kuliah yg aku ambil saat itu bukan aku. aku gak merasakan gejolak atau kebanggaan dengan kuliah aku dari awal hingga akhirnya aku ambil resign karna aku takut kalau aku terus ngelanjutin aku tambah kosong/hampa nantinya dan sesuai dgn artikel kak glen.
    Sekarang aku berjuang untuk ambil sbmptn atau ujian tes di ptn. Dan saat kak glen bilang di artikel kak glen, passion itu dari apa yg sering buat kita lupa waktu. yang sering buat aku lupa waktu itu seperti baca novel/komik/nonton anime dan juga membaca artikel yang berhubungan dengan hal-hal aneh/tabu di kalangan masyarakat, setelah melakukan hal tersebut aku langsung dapat inspirasi buat nulis. walau aku juga nulis diam diam aja. gak terlalu ngembangin. nah dari hal itu aku pikir bahwa passion aku itu sastra.
    Sekarang aku berniatnya ambil sastra jepang atau sastra indonesia. aku ambil ini berdasarkan apa yang aku suka. aku berniat ambil sastra jepang karna aku suka banget sama jepang, walau aku belum pernah mendapatkan basic bahasa jepang. tapi aku suka jepang, dari anime, manga, makanan, dll. dan salah satu impian aku itu pergi ke jepang/kerja di jepang.
    Untuk sastra indonesia, aku suka nulis, dan kakak aku nyuruh aku ambil itu karna dia tau aku suka nulis. aku juga tipikal yg suka belajar banyak hal bukan satu hal aja. jadi menurut aku dari sastra indonesia aku bisa baca banyak hal dan dapat banyak wawasan dari bermacam hal.
    Yang aku bingungkan, sebaiknya yang mana yang harusnya aku prioritaskan pilihannya kak. antara sastra jepang dan sastra indonesia. kalau boleh, kak glen bisa kasih aku pencerahan/usulan dari yang aku galauin sekaranga:( semoga kak glen bisa menjawabnya. makasih:))

  • Ariz Adhani

    Kak, saya masih bingung nentuin jurusan nih, waktu jaman sd dan smp saya tuh enjoy sama mtk dan ipa yg menjurus ke fisika. Skrg saya udh kls 2 sma dan makin kesini saya kurang suka keduanya, fisika lumayan sih masih bagus sampe skrg tapi kurang enjoy aja kak makin kesini. Terus saya kan dr kelas 6 sd udah les gitar tapi sempet keputus2, tp sekarang les lagi dan saya ikut band dan udah mulai ikut2 lomba gt kak. Skrg saya rasanya lebih tertarik ke sesuatu yg berhubungan dg musik daripada ke fisika atau mtk, saya bisa begadang belajar lagu dan sering nyempet2in utk nyari2 teori ttg musik khususnya gitar, trs kalo ada pelajaran senmus di sklh saya semangat bgt meratiin dan nyatet2nya dan akhirnya lebih kepake buat saya main musik sampe skrg. Nah masalahnya saya ragu kak milih jurusan musik ini, karena kan kalo di jurusan ini saya jd kurang ngerti fisika mtk dll, yg skrg penting banget kan belajar itu utk nyari kerja nya, gimana ya kak

  • Fakhar

    Kak Glenn, kalo kita udah minat bgt sama jurusan A dari dulu, sampe selalu ngulik tentang jurusan itu, tapi tiba2 pikiran gue kebuka akan jurusan B yang lebih cocok sama gue dan bikin gue penasaran & tertantang, itu gimana kak? Apa gue tetep pertahanin yang A, atau pindah ke yang B?

  • Carolina Astari S.P

    kak, lagi bingung nih padahal besok udah daftar pdss. maunya ambil HI, tapi sempet tertarik sama arsitektur, mau coba ilmu komunikasi juga sih, gue bingung kak..gue anak sosial banget tapi terpaksa harus ambil jurusan ipa. ada saran gak kak?

  • Rhasie Batara Putra

    Kak Glenn.. saya suka Fisika dan Kimia. jurusan yang cocok untuk itu apa?

  • septiyeni

    KAK,aku anak multimedia ,awalnya pas aku masuk jurusan multimedia aku takut kak,karena pelajaranya susah banget tapi pas lg pkl gini aku jadi lebih suka tentang desain grafis gtu kak,jdi mnuurut kk gimana ?aku mau masuk jurusan desain grafis tapi aku takut sendiri karena takut enggak bisa ngikutin pelajaran,terimakasih kak sebelumnya

  • rindi komala dewi

    kak klo saya beda lagi,
    begini, klo yang ngebuat saya tertantang itu adalah mengenai kebidanan, klo ditanya kenapa saya tertantang dalam bidang ini itu karena saya pengen bgt ngeliat proses kelahiran manusia, dan segala macamnya tentunya...
    tapi klo yang ngebuat saya penasaran itu adalah mengenai matematika dan masalah ekonomi, karena saya bisa aja gak tidur untuk nyelesein masalah matematika dan ekonomi untuk terus usaha nemuin jawabannya...
    nah menurut kaka gimana tuh ka??? saya masih bingung sama 2 hal ini.

  • Rossa

    Hallo kak Glenn, thx sblumnya sudah berbagi artikel ini. sayangnya saya baru nemu setelah satu tahun. dan syukur membuka pikiran saya.
    Saya waktu kecil gak bisa gambar tapi karena saya suka dan coba", ada kemajuan skrg pastinya
    Dan untuk milih DKV, alasannya cuma karena saya ingin mengambil tantangan yang bikin saya curious dan benar" hidup 😀

    Saya percaya setiap orang itu sama mulai dari nol. Saya bahkan gak kenal bakat saya.
    Saya cuma tahu kalau saya enjoy mendesain, yah walau cuma main" doang spt game" simulasi, yang bisa kita desain lanskap atau interiornya, juga desain isi PPt, dan hal" lain yang berhubungan dg visual. Saya bisa desain sesuatu/ menggambar/ melukis sampai gak tidur semalaman, bahkan saya srg gk sadar kalau sudah jam 5 pagi karena walaupun tugas sudah selesai saya tetap mencari" kelemahan dan mengulur waktu untuk menyelesaikan tugas, pokoknya saya enjoy!

    Disamping itu, saya suka mendalami ilmu" psikologi jadi bisa saya terapkan untuk mengkomunikasikan gambar/karya saya
    Disekolah gk ada pljaran yang saya minati plg cuma biologi karena ada menggambar organ" dan pelajaran yg ada presentasi". Tapi selain DKV cadangan saya ada Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi. supaya nyambung juga sih krna saya anak IPA, dan ingin hidup sehat 😀
    Sekarangpun saya ngerasa telat untuk menemukan jurusan yg tepat sedangkan pilihan temen" saya sudah mantap dari awal untuk jadi dokter. gambaran ke depan saya skrg adalah fokus ke DKV. Terima kasih banyak kak Glenn untuk artikelnya yang inspiring bgt (y)
    omong" saya masih anak SMA, mohon diluruskan jika ada pandangan saya yg keliru

  • Hana Bertiani

    Hai kak, aku mau nanya. Aku tuh pengen bgt jadi pengusaha mall/supermarket gitu pokonya punya usaha sendiri dimana aku jd founder/pemiliknya. nah aku tuh mikir jurusan yg bisa mendukung cita2 aku ini tuh bisnis management kan, nyambung ga tuh ka? nah aku tuh mikir2 dipilihan snm/sbm mau masukin pilihan ke-2 apa aku ngambil misal ekonomi pembangunan ato akun? makasih ka sebelumnya

  • jessica phetre

    hi kak mau tanya jurusan dkv dimana aja ya buat ptn. Makasih

  • Mirzha Alfayedh

    kak,gue mau nanya nih,kebetulan suka komputer lebih tepatnya di bidang software/programing tapi gue dari ips,bisa ngga gue ngambil jurusan sistem informasi?kalau gabisa gue bisanya ambil jurusan apa ya yang berhubungan dengan komputer

  • gunawan

    Saya pengen masuk mesin cuma saya pengen masuk arsitek juga gimana ya kala gleen?

  • yunita wulandari

    kak, saya mau bertanya, saya kan anak IPA, sedangkan saya rencananya mau
    milih SNMPTN jurusan pendidikan b.inggris, sedangkan saya lihat pend.
    b.inggris itu masuk dalam kelompok ips, nah pertanyaan saya, adakah
    peluang sy lolos? sedangkan sy anak IPA. (yang kata org, anak
    ipa ndak boleh masuk jurusan ips) -__- makasih kak.

  • Asui Koepen

    Saya udah salah jurusan kayanya.. Saya ambil inggris tapi hati ke musik. Dan tiap pulang kuliah belajar musik bukam inggris.. Orang tua ga ngasih kuliah musik T.T

  • anonim

    bang kalau ngambil jurusan sains buat sbmptn tepat ga sih sebenernya, ane udah kuliah di jurusan sains tapi semester ini keluar buat ngejar sbm

  • RrArifahLZ_14

    kak, bentar lagi SMP mau UN-lulus*aamiin* , pengennya sih masuk smk jurusan multimedia gitu, terus udah ada gambaran kalo kuliah nanti ngambil yang sastra jepang. tapi kata mama, biasanya yang masuk smk pengen langsung kerja, terus agak susah cari yang kuliahnya sore. gatau juga kan jurusan sastra jepang itu bisa gak nerima yang dari smk multimedia. dibogor lumayan susah juga kak cari yang smk negeri jurusan multimedia, gimana dooong?? ToT

  • Sergio Hermansa Sinaga

    bang, tau jurusan KPJ ugm ga?

  • Dwike Ikromi

    Makaseh banget bang glen. Gue udah nentuin jurusan yang menantang, dan kiranya cocok buat gue. Semoga aja jurusan yg udah buat gue pusing 7keliling ini pas buat gue

  • Nanda H.

    "Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..."

    sebenernya sih bang gue tuh daridulu kelas 9 smp malah demen banget sama yang namanya korea. gue sampe rela relain beli buku bahasa korea buat belajar bahasanya. sering googling gimana kehidupan orang korea, gimana perkembangan ekonomi pendidikan maupun industri musiknya. cuman gue tuh mikir kalo mislanya gue ambil jurusan bhs. korea gue harus ikut sbmptn nah sedangkan ortu gue tuh menekankan buat dicoba dulu snmptnnya. nah snmptn kan gabisa loncat jurusan tuh harus sesuai prodi di sma kalo milih jurusan, sedangkan gue ga terlalu minat sama prodi di ipa (gue ipa di sma) ada sih yang menarik, teknik geologi cuman ga se menggebu sama korea. terus ortu tuh juga ngebet banget pertanyaannya mesti "kamu kalo kuliah di jurusan ini kerjanya mau jadi apa" lah kan gue suka bingung tuh kalo dpt pertanyaan begituan. kali aja bang glenn ada saran boleh di share. makasih sebelumnya

  • Nur Fatimah

    kak, gimana menurut kakak kalo anak ipa mau ngambil jurusan geografi dan ilmu lingkungan kuliahnya,padahal wktu SMA
    mereka kan gak mempelajari tentang geografi,paling cm
    pas kls10 apa itu cukup bsa efektif buat kuliahnya nanti?mohon sarannya,mksh:))

  • Rezky Pujo Laksono

    Kak glen ak rezky dri singkawang kalbar mau nanya ak kn milih jurusan dismptn tuh akuntansi manajemen sama SBM di ITB . Aku tuh org ny suka banget dng nama ny bisnis suka bca2 kisah org2 yg sukses kayak bill gates steve jobs . Menurut kk bener pilihan kalau ak ambil SBM tapi ak siswa yg bidikmisi kata ny di ITB mahal apa lgi bwt yg gak mampu kayak saya . Mohon pencerahan ny mksih

  • Reno Destama

    halo bang glen,gua sudah gak mikirin SNMPTN dan SBMPTN,gua sudah fix masuk SEKOLAH TINGGI EKONOMI,karena gua pengen sekali punya ilmu ekonomi yang lebih luas,dan gua ambil jrusan management pemasaran,kebetulan gua dari progam IPA terus jurusan kuliah gua ngambil IPS,alasan gua milih ekonomi karena gue suka yang namanya bisnis,gua pingin belajar lebih luas lagi mengenai ilmu bisnis,menurut loe gimana bang ?

  • Yudhistira Adi

    Ka glen ane suka gambar ttg otomotif. Kalo ane masuk desain produk menurut kaka gimana ka?

  • Yudhistira Adi

    Kak glenn ane suka ngerancang mobil motor gt. Ane bisa penasaran banget ttg desain otomotif itu. Terus ane pilih desain produk. Menurut kakak gimana?

  • lili indah

    kak glen mohon maaf sebelumnya aku pengen minta saran dong.
    sekarang aku udah kuliah di univ swasta jurusan manajemen informatika karna dipaksa ortu. sebenernya dari dulu juga aku pengennya focus bimbel setahun utk ngejar cita-citaku. tapi ortu tetep aja maksa utk kuliah. yaudah aku jalanin deh. Di semester 1 IP ku cukup tinggi,itupun karna matkulnya masih yg dasar2 kali yah. nah masuk pertengahan semster 2 ini aku udah ga tahan. akhirnya aku maksa utk masuk bimbel dan mangkir kuliahnya. akhirnya sekarang aku bimbel. menurut kak glen udah tepat belum yah langkah yg aku ambil?soalnya aku emang bener2 have no interest on it.
    tahun ini kan aku mau ikutan SBMPTN lagi,makin hari aku makin bingung ama PASSION aku. Ambisi aku pengen jadi entrepreneur yg berperan di dunia international. in another case,aku suka banget ama yg namanya seni(music,film,design) but i can't even create one 🙁 karna aku emang ga dicengkokin basic skill itu dari kecil. jadi selama ini aku cuma bisa jadi penikmat/pengamat doang. sebenernya pengen banget ngedalamin seni tapi kayanya It's TOO late! nah terus aku juga seneng ngulik hal-hal yg menyangkut psikologi. kalo ke toko buku,pasti buku yg aku cari berhubungan dg psikologi. ya karna aku suka hal2 yg menyangkut perasaan dan mengolah perasaan itu dg logika.
    menurut kak glen gimana?aku mohon banget sarannya:) aku udah introspeksi diri tapi masih juga bingung.
    thank you:)

  • Tiara Amalia

    Kak glen gimna sih caranyaa bisa lulus di sbmptn ada gak triknya ? Dan bisaa kuliah di ptn favorit

  • Alvar Ananda

    makasih kak,blognya ngebantu banget,akhirnya bisa milih bidang mana yg cocok,

    tapi.....ada satu pertanyaan lagi

    minatnya sih mau ngambil jurusan yang berkaitan dengan "animasi",yang saya denger namanya jurusan (atau apalah) multimedia, MASALAHNYA banyak nggak ya smk yang tersebar di jakarta?

    sori kalo salah namanya juga manusia

  • Erni Kusuma

    kaka glen kalo mau masuk kuliah jurusan ekonomi biasanya yang di pelajari itu apa saja agar nanti bisa lolos ....?

  • lussie

    kak glenn saya udah jadi mahasiswaa tahun ini,tapi orang tua dan saya pastinya pengen saya ikut sbmptn tahun 2015 ini,saya sekarang jurusan psikologi di salah satu univ swasta di depok.saya suka banget hal hal yang berbau nalar dan teori.dan ortu saya nyaranin ke fak pendidikan.saya sih mau kemana aja oke,tapi satu ketakutan saya adalah gagal diterima PTN lagi.gimana nih kak solusi biar saya ga takut dan pas pilih jurusan,kebetulan saya juga kebingungan ambil jurusan apa.mau ambil psikologi ternyata psikologipun berat dan setengah hati juga saya jalanin.

  • Saipul Bachri

    saya yakin beerbicara tentang lau itu gak akan ada habisnya. banyak potensi dan misteri yang masih tesimpan. dan saya sangat tertarik dengan dunia kemaritiman sejak lama, inginnya sih ditahun 2044 nanti menjadi "minister marine of indonesia" yang memajukan poros perekonomian indonesia melalui sumber daya alam yang sangat potensial ini. so kak glen saya ingin ambil ilmu kelautan atau oceanografi atau teknik kelautan atau teknik perkapalan, pokoknya semuanya berhubungan dengan laut deh. how about your opinion with my mindset ? apa ada yang perlu di perbaiki ? atau kira-kira direkomended nya jurusan apa ? saya suka matematika dan ilmu manajemen dan komunikasi.

  • ishri rajib maharani

    bang gue gatau akutansi itu kaya gimana -karna gue anak ipa- tapi kata temen" gue yg anak ips akutansi itu susah harus teliti nah gue tertantang buat masuk akutansi. menurut ka glenn gimana?

  • Miranda Halomoan

    Kak, kalo dari awal kita udah salah milih jurusan harus gimana ya?

  • farah rifa nailah

    Kak glenn, gue seneng bgt baca2 berita apalagi yg muncul di beranda gue. Hehe, trus pas baca beritanya, gue pgn bgt jd yg dpetin tu berita dan pgn tau bgt gmn cara ngedapetin tu berita. Kira2 gue cocok kagak klo ngmbil ilkom?

    • Glenn Ardi

      masuk jurnalistik

  • rima ulfah

    kak glen jadi gini ortu maksa masuk kesehatan tapi akunya setengah2 minatnya di jurusan lain dan mereka keliatan kecewa dan mungkin masabodo kalo gak mau diarahin, trus gimana dong kalo gitu? ortu berfikir secara kedepan katanya biar cepet bisa PNS-_-

  • Ikhsan ifa

    kk ane suka mempelajari komputer baik itu hardware mau pun software "bikin penasaran"

    thun ni ane mau lanjutin kuliah ni "insyallah"
    tp ane bimbang milih jurusan ma universitas ni mlah.,.,.,

    nah ane lg cri informasi ni yg lbih untk lanjutin kliah
    nah kk glenn kan senior "udh berpengalaman lah" (y)

    sesuatu hal yg kk glenn pantang menyerah saat kuliah pa kk??

    soalnya ane dger2 ni ma senior2 yg laen
    rata2 mereka bosen kuliah tugas2 semuanya numpuk pa lg wktu UK, merka ksi sran "klau loe ska blajar loe hrus kuliah ampek titelnya panjang2"

    tlong pngarahan y kk
    😀

  • adam dam

    okkk saya sudah menentukannya,, nuhunnn bang glen

  • Karmila.S.S

    Kk tolong dijawab yhhh,klw hobinya dibidang broadcast seharusnya di jurusan ap?
    Tapi maux tetap klw lulus brgelar S1 kk

  • M Lutfi S Romas

    lo gue :v

  • ka saya mau tanya, kan saya di smk di ajarin bhs jepang tuh dari klz 1 sampe klz 3 nah saya udah punya rencana kalo kuliah mau ngambil sastra jepang. trus juga saya ga ada pilihan yg lain selain sastra jepang soalnya ak pusing ka terlalu banyak jurusan. nah menurut kaka gi mna?

  • gianni

    saya baru buka artikel ini, isinya bagus jadi membuat saya berifikir akan masa depan saya. yang ingin saya tanyakan bagaimana kalo jurusan yg kita inginkan ada dua pilihan tapi jurusan ini sangat lah berbeda, saya ingin masuk jurusan teknik industri dan juga akuntansi. itu juga baru pilihan sih.. untuk mengetahui bahwa jiwa kita itu ips atau ipa gmn ya? soalnya menurut saya dua dua bikin greget.

  • agung aprianto

    bang glen, jurusan yang ada perminatannya ke nanotechnologi apa ya ?? apa kimia murni termasuk??

  • Imannisa Nabilah Real

    sumpahh ini berguna bgt bwt gw. makasih bang 🙂 sukses terus~ enjoy juga bacanya ... makasih bgttttttt . alhamdulillah .

  • vhinda nur

    So, langkah pertama jangan cari tau jurusan A belajarnya apaan, jurusan B belajar apaan, terus lo baru mikir kira-kira cocok gak sama lo... Terbalik cui! Justru lo yang harus balik nanya ke diri lo sendiri dulu “Bidang pekerjaan apa yang membuat kapasitas intelektual lo tertantang? Hal apa yang bisa bikin lo gak tidur karena penasaran?”

    Berarti search tentang profesi dulu yaa??

  • nurhidayati

    ka aku kan semolah smk jurusan pemasaran,kmren aku gagal lolos snmptn ka.
    skrng ini lg nyoba belajar buat smb nya,aku tau mngkin udh agak telat .soalnya kmren2 tuh uda optimis tembus snmptn tp trnata gagal .
    gmna ya ka cara manfaatinn wktu yg udh mepet ini biar bljar maksimal? degdegan bgt mau ngadepin sbm,soalnya mesti bersaing sm anak anak sma,udah gitu peluang nya jg lbh sdkit 🙁
    aku suka peljaran produktif ku ka wktu smk,ttg pemasaran,pelanggann,komunikasi,dll ,dan aku tekad buat ngambil manajemen krn emg aku suka dan aku pgn krja di kantor nanti nya,tp klo liat peluang masuk nya sih agak sulit kayanya :'(
    smpet trtarik sma bhasa indonesia sih,tp aku ga pgn jd guru ka :'(
    kasih masukan nya dong ka 🙁

  • Sammy

    Ka glenn, aku skrng alumni dan 2 tahun ini aku perjuangin buat dapat fakultas kedokteran di ptn. Minat aku untuk jurusan lain kecil kak, sementara untuk dpt kedokteran passing grade aku tiap try out belum mencapai target. Dengan waktu yang singkat, apa aku tetap kejar kedokteran atau beralib ke jurusan lain kak? Karna ini tahun kedua aku, ga mungkin nunda setahun lagi untuk kuliah

  • Aulia Suci Wardina

    Walaupun masih tahun depan, tapi udah mulai baca-baca artikel dari zen yg ternyata bagus banget^^

  • Faisal Malik

    Saya tertarik untuk kerja di industri, soalnya perjalanan karirnya asix dan menantang, tapi saya tertarik sama pure science (Fisika), gimana tuh kk glenn?

  • Septy

    Kak aku sebenarnya suka sm bhs.ing biasa aja, tapi nggk tau kenapa aku pingin banget milih jurusannya itu, kata temen aku susahlah, inilah, itulah, aku jadi ngdownkan, karna aku nggk begitu suka sm bhs.ing, tapi itu aku pingin bgt jurusannya, menurut kak glen gimana ya? Ini nih aku terus kepikiran jadi bingung kak, bisa tlg sarannya kak, makasi 🙂

  • Farhan

    Bang, gue udah kuliah setahun nih di jurusan Biokimia, sebenernya itu pilihan ketiga pas sbmptn kemaren, awalnya niatnya mau jadi dokter tp ga kesampean hehe. Gue suka sih ama ilmunya, tapi karir yang gue inginkan bukan di bidang itu. Kan kampus gue terkenal ama lulusannya yg "fleksibel" bgt nih ya, menurut abang sia-sia ga sih gue mempelajari ilmu Biokimia itu misalkan karir yang gue ambil bukan di bidang itu?

  • Wikie Riaja

    bang gleen salam kenal ? bang glenn ehmm.. pertama-tama gua minta maaf baru baca artikel ini, karna gua masih SMA dan bidang gua IPS, lugu tentang perkuliahan dan kebetulan gua baru menyadari betapa sulitnya mencari jurusan kuliah. bang glenn gua mau naya, gua suka mencari informasi di internet dan gua tau kalau di perkuliahan jurusannya sistem informasi (kalau gak salah) tp gua cendrung gak niat gitu ttg jurusannya , ya.. gua pengen masuk sastra inggris, tp nilai gua gak bagus-bagus amat, malahan cenderung kebawah dan saat ini gua les bhs.inggris, tapi masih biasa-biasa aja ilmu inggris gua, dan orang tua gua nyaranin gua masuk ke IPDN (kalau diterima) tapi gua sendiri kayaknya gak niat gitu, orang tua sih bilang supaya kalau lulus kamu langsung dapat pekerjaan PNS, dari ini semua gua cuma naya ke abang, gmn nentuin ini semua. gua bukan bingung tentang diri gua sendiri tapi gua bingung dari pertanyaan ini semua. thanks, salam kenal 😀

  • Swannyside

    bingung. tanggung jawab aku kedepannya itu bener-bener besar. jarak umur aku sama 2 adik-adik aku juga jauh banget dan papa mama itu udah tua. Mama naruh semuanya ke aku, kak. Dia mesen buat nyekolahin adik-adik.

    Aku jadi kepikir buat ngajar aja, jadi guru atau bikin bimbel besar. Disitu aku bingungnya, jurusan apa yang tepat kak? Yang aku tahu, aku gak punya nilai ples dalam bidang apapun. Aku berusaha ngerti pas dipaksa atau ulangan. Aku sekarang semester 3, kak. SMA kelas 11.

    dan satu pertanyaan lagi, kalau kita masuk jurusan contoh 'biologi' dan masuk ke bidang 'kultur jaringan' itu aku belajar lagi dari nol? atau pelajaran sma smp [yang udah aku lupa] kepakai?

  • Cindy Dehvisi

    Maaf,kak
    ane masih bingung mau pilih jurusan apa untuk kuliah
    Mm kesukaan ane, jurusan sekolah di ips , terus gue kadang males ngapal rumus
    Lalu gimana, ya kak?

  • nic

    ka kalo pilih jurusan yang sepi peminat yang penting keterima ptn itu salah besar kan ya ? atau tidak?

  • Sindyy

    aku suka tentang keamanan jaringan, tapi penasaran banget sama jurusan perpustakaan tapi cita citaku jadi pegawai bank. saya bingung '-'

  • Riha Janulia

    bang saya selalu mengulik ngulik tentang TI , tp saya ngrasa kurang mampu di MTK,, itu gmna ya,, sya takut keteter aja klw saya ambil TI, tp saya penasaran

    • Eko Peewee

      bnyk koq TI terbagi lgii beberapa bgian, di situ ada khusus cewe

  • Fanny Ayu Nadia

    kak glenn, gue tertarik nih ama ilmu ekonomi, bisa dibilang emang 'minat' sih dan gue rasa prospek kerjanya juga bagus, gue juga udah lihat kurikulum banyak universitas dan gue rasa gue sreg deh. Kalo boleh tau supaya lebih bijak dan realistis, apa aja sih kendala sama tantangan di Fakultas Ekonomi? Btw ane anak IPA.

  • yneD

    bang, saya suka industrial design, saya penasaran sama itu, saya secara ga sadar suka cari cari hal tentang itu, secara ga sadar juga saya sering lakuin hal hal yang berhubungan dengan itu.
    Di lain hal, saya juga mahasiswa arsitektur, menurut saya arsitektur menyenangkan, tapi ga semenyenangkan industrial design.
    gimana menurut bang glenn, apa yang bagusnya saya lakukan?
    (Dari hati nurani sih, mau fokus ke industrial design)
    #SayaJugaSukaYoyo

  • Kevin sw

    Kalo photography bagus nya pas SMA ipa ips apa bahasa?

  • ian ajie

    kk glen mau tanya dong jd gini aku itu sekolah di sekolah kejuruan (SMK) tp selama sekolah di kejuruan ini aku ngerasa nga ccok sama kejuruan ini kalo misal aku pingin kuliah di jurusan lain kira" apa aja yg harus aku persiapin ya? makasih sblmnya

  • Santi Yovita

    Kak Glen kadang saya suka penasaran sama kimia karena saya sering ngalamin kegagalan dalam ngerjain soal kimia itu , saya juga suka mikir tentang biologi , Berhubung saya masih kelas 11 dan mau naik ke kelas 12, Saya pngen besok mau ambil jurusan Tekpang atau Tek. Industri pertanian dan saya juga ngk nargetin harus kuliah di Univ ii itu ,. Gimana menurut kak Glenn ??

  • abdullah albaar

    Nice articel
    jadi mantep milih smk dan usaha buat masuk sbmptn

  • Diaz Fadilah

    Kak Mau nanya nih ... Gua lagi tertarik nih sama yang namanya 3D software sama Video Editing .... gua jadi sering nyari nyari di google .... penasaran gak karuan .... dan coba coba buat garap ..... belum lama sih belajarnya ..... nah karena itu gua jadi tertarik buat ambil jurusan Teknik informatika .... dan Menekadkan agar terus belajar itu tanpa mencari solusi jurusaN yang lain .... nah menurut kaka ....kepitisan ini bagus ga ???

  • Diky Darmawan

    kak kalo aku suka nya sama gambar sama desain bangunan gitu apa teknik arsitektur bisa jadi pilihan?

  • Chairunnisa

    Kak glen, emangnya jurusan pas kuliah kurang berpengaruh nanti pas kerjanya?soalnya kakakku anak hukum kerjanya di asuransi

  • Adi mulya

    Kak glenn aku minta tips cara menjauhkan diri dari perasaan takut gagal dong kak, thanks!

  • Agustyan

    Saya menyukai artikel ini. Artikel yg sangat membuka wawasan bagi pelajar2 SMA atau SMK tingkat akhir yg umumnya bingung menentukan jurusan. Saya pribadi pun lulus tahun 2014, dan kini berada di dalam jurusan yg ternyata sangat saya tertantang untuk kenal lebih jauh. Rasanya saya semakin bersyukur setelah membaca ini. Makasih Mas Admin

    (Agustyan, Fakultas Kehutanan, Manajemen Hutan IPB 2015)

  • Nanda Ranti Rachmi

    kak maafin kalo ada yg oot di pertanyaan gue nih. mmm sebenernya gue udah tau passion gue di desain grafis dan gue pengen banget dkv di itb, ya kalo ga di itb ya dimana aja asal desain grafis lah.. nah tp gue agak meragukan passion gue ini. gue memang suka banget, tp gue pernah ikut lomba Poster digital fls2n dan dapet juara harapan 1, tp dalam proses gue mempersiapkan lomba itu gue stres bgt, emg gua org ny gampang stres, dan setelah lomba itu, gue kayak gamau megang photoshop dulu, krn saking stres nya. dan kalo lg stres, gue susah muncul ide ide bagus utk buat suatu karya, gue takut nanti waktu kuliah gue stuck di tengah jalan. itu yg pertama. sebenernya gue anaknya kurang kreatif dan gue gambar hanya bisa niru gambar org lain,dan untk masuk fsrd itb itu kan harus tes gambar, gue mau les bimbel gambar tp gue bingung. ekonomi keluarga gue lg merosot dan ortu gue memang ngebelain banget utk biaya bimbel gambar ini yg harganya jg ga murah. lalu ortu gue jg sebenernya gamau gue diluar kota. lalu ortu gue ngasih waktu utk gue berpikir utk memilih jurusan lain sbg jalan alternatif nya. tp gue gatau mau apa selain fsrd itu. menurut lo gue harus nurut kata ortu mengubur keinginan gue utk memilih fsrd atau gue lanjut aja pilih fsrd? haruskah gue ikut bimbel gambar itu atau tidak:) tolong masukan nya ya siapapun krn gue lg galau gilaaaa. sorry kalo belibet hehe thank you 🙂

  • Reisha Farahmadilah

    Kak, saya baru lihat dan tahu tentang artikel ini. Ternyata zenius punya bimbel. Kira2 bimbelnya itu apa masih di pusat(Jakarta) atau udah ada cabangnya ya kak? Mohon infonya ya kak, khususnya untuk bimbel Zenius wilayah Medan, Sumatera Utara. Thx kak sebelumnya

  • Hadi Mustofa

    assalamualaikum, saya ngerasa ga ada bidang yang cocok, sudah baca tipsnya tapi masih saja gelap, saya sudah 2x gagal dalam perkuliahan dan kali ini saya tidak mau terus2an gagal mohon solusinya

  • arie rahman sadega

    Pengen ambil jurusan sastra jepang padahal ane SMK masuk Informatika .. Trus mungkin karena hobi ane pengen ambil sasjep,tapi ortu kayaknya gasuka,ortu lebih cenderung nyuruh nerusin informatika dan ortu lebih menginginkan ane masuk TEKNIK ... gimana nih .. galau ..

  • AufaMN

    NICEE POST KK!
    Btw gw mau curhat sesuatu, mohon ditanggapi
    gw bener2 suka komputer(software), gw gak pernah bosen didepan pc semalem suntuk, gw beneran bosen misal disuruh keluar rumah, main kerumah tmen aja males, dan kebiasaan ini setidaknya membuat gw punya skill komputer yang sedikit lebih baik daripada teman gw,

    Tapi, jika gw membandikan diri gw dengan orang diluar sana, gw merasa kayak bukan apa2, perasaan gw ini berubah menjadi ketidakpercayaan diri yang begitu mempengaruhi motivasi gw.

    Menurut kk gimana, gimana cara agar gw termotivasi? apakah skill gw yang seadanya ini mampu menghadapi saingan yang memiliki skill yang jauh diatas gw?

  • Sisilia

    Kak, saya suka banget sama dunia desain, asalnya sih mau ambil jurusan DKV. Tapi nyokap ga bolehin masuk ke jurusan itu dgn alasan finansial. Awalnya sih agak ragu buat masuk, tapi akhirnya saya masuk ke jurusan manajemen berkat beasiswa supaya kelak nanti saya bisa cari kerja full time dibidang desain n tetep bisa ngikutin makul (mata kuliahan?) yang kata orang2 sih lumayan gampang. Menurut kakak gimana?

  • Syreadisa

    Saya selalu senang dengan IPA tapi lemah dengan hitungan, Suka bahasa Inggris makanya sekarang ambil sastra inggris. Tapi berdarsarkan apa yang kak Glenn bilang ::::

    "Pilih bidang yang membuat lo
    tertantang... Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat
    ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun.
    Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar
    sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat
    google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih
    jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo
    tekuni sampai akhir hayat lo..."

    Saya selalu merasa lebih cocok dengan apa saja yang berkaitan dengan Komputer dan Sains.
    Saya juga suka menggambar dari kecil dan itu adalah hobby sangat membuat saya tertarik juga
    Oh, juga saya tertarik dengan dunia kuliner yang dimana saya berniat menjadi chef, tapi saya juga terpikir untuk memiliki usaha peternakan Hewan...

    Nah sekarang dari 3 tipe klise yang kak Glenn tulis, Saya yakin saya masuk yang golongan 3. This one.. ::

    - "Bang, saya minat banget di jurusan A. Tapi nilai A saya dari dulu
    jelek banget, saya juga gak ngerti-ngerti pelajaran A di kelas. Gimana
    yah solusinya?"

    Duh bingungnya... :"(

    Please help... ( Juga maaf kalau tulisannya agak random2 gitu.. hehe )

  • Febia Salwa

    kak glenn gua baru mau naik kelas 12 nih, tahun depan bakal lulus insyallah aminn hehe. karna gua sering sakit yg macem2 jadi sering browsing juga ttg penyakit itu dan obat serta penanganannya yg buat gua penasaran dan cari2 info di internet, kalo gua milih kedokteran menurut kk gimana? yg buat gua agak ragu sih karna pendidikan dokter itu lama.....

  • ayu

    Kak aku mau nanya. Aku mau masuk fakultas kesmas. Tp disitu yg dipelajari fisika kimia mtk, sedangkan aku lemah bgt sama pelajaran itu. Tapi aku bener2 niat passion aku di FKM. dan denger2 setelah lulus Kuliah FKM agak susah nyari kerjaan, tapi itu gk menyurkan semangat ku buat masuk FKM di univ negri. Pendapat ka glenn tentang ini gmn ka?

  • Stelli

    kak glen , aku suka banget sama komputer terutama bagian coding.rasanya ngga bakal tidur sebelum coding itu kesalahannya ngga ketemu , kira2 jurusan apa ya soalnya bingung sendiri sama istilah yang ada di Indo ,cuma dibalik-balik aja.

  • Stelli

    di sekolah gw masih coding HTML ,pas itu gw enjoy bgt karena masih dasarrrrr kali. tapi pas gw baca artikel coding ,ternyata masih ada yang lebih sulit. gimana kalau materi agak beda gw ngga demen? itu gimana ? gw cuma lumayan demen sama coding ,,itu jurusan apa ya ?

    dan bagaimana untuk orang yang gampang bosan?
    dan bagaimana jurusan yang hampir ngga ada di SMA so kita ngga pernah cari tetang hal itu ? contoh Teknik Perkapalan gitu dan lain2

  • ArtYkca Rein

    kak, saya waktu Sekolah ambil jurusan IPA, terus waktu udah kelas 12 malah kepikiran untuk masuk jurusan IPS, saya tertarik dengan jurusan ekonomi kak, walaupun waktu SMA kelas 10 saya tidak begitu menyukainya. saya ingin ada sesuatu yang menantang yang dapat saya kerjakan kak, menurut kakak gimana?

  • Fuad Setyoaji

    bang saya ini suka dengan game di tambah saya selalu penasaran dengan ilmu komputer tapi saya tidak punya ilmu dasar komputer dengan sempurna dan nilai matematika saya juga pas pasan.. ditambah lagi saya ini jurusan otomotif tapi saya entah kenapa merasa takut kalau di jurusan itu nanti saya malah jadi genk salah jurusan..... mohon penerangan nya...

  • Fuad Setyoaji

    kalau bang nya punya FB ngasih jawaban nya boleh lewat facebook namanya Fuad Setyoaji mohon penerangan nya...

  • Hldaul

    Kak saya masih kelas 10, saya selalu memikirkan jurusan apa yg saya ambil nanti kuliah. Saya senang dengan matematika, saya selalu ingin tau tentang pelajaran itu. Saya selalu semangat belajarnya. Kalau saya memilih fakultas matematika di universitas nanti, apa saya salah?

  • Supra Yogi

    thanks kk glen...
    membantu sekali . .

  • Widhatasya Meutia

    kak glenn, ak mau nanya nih, ak suka gambar, matematikaku pas-pasan, tapi ak pengen masuk arsitek. sbnernya ak gk trlalu suka gambar gedung2 , tapi ak suka gambar2 yg hub nya sama seni2 gitu, bukan gedung2, cuman ak pilih arsitektur karna jurusan itu berhubungan dengan gambar, dan prospek kerja nya bagus. sbnernya ak masih binggung mau ambil jurusan arsitek apa desain. kalo menurut kak glenn sebaiknya ak ambil jurusan ap?

  • dhea

    kak, saya sekarang adalah siswi SMA kelas 3. saya bimbang mengenai jurusan yang pengen ditempuh nanti kak. saya tuh hobi desain dan ngelukis sejak SD, bahkan kadang terima orderan dari temen baik tugas, event maupun individu.
    trus, sejak kelas 2 kemarin nih saya sering nyuri-nyuri kesempatan tuk belajar programming. malahan rela begadang.
    Jadi, saya bingung. ntar mesti pilih jurusan desain atau komputer ya, kak?
    thanks sebelumnya ^^

  • Faiz Al-hadiid

    Kak, gua mau curhat sekalian minta saran. gua niat masuk Informatika atau Ilmu komputer, dan tidak ada alasan buat gua untuk gak masuk jurusan tersebut. gua dari awal masuk SMA sudah sangat tertarik dan memiliki passion di bidang tersebut. gua ngotak ngatik komputer, nyobain aplikasi, belajar bahasa pemrograman seperti Pascal, C++, HTML, CSS, PHP yang notabene merupakan materi kuliah semester 1 sampai 3. Nah masalahnya gara gara terlalu fokus sama tersebut gua jadi "melupakan" pelajaran pelajaran SMA yang membuat nilai rapot gua bukan "standar" masuk PTN favorit. Dan sekarang gua udah semester 5 yang berarti gua sudah tidak bisa mengharapkan SNMPTN lagi, artinya gua harus fokus buat SBMPTN. berarti mau gak mau gua harus mengalihkan atau bahkan "melupakan" passion ilmu komputer selama setahun ini demi belajar SBMPTN. padahal apa yang gua "lupakan" itulah yang justru akan dipelajari Tahun depan di Kuliah gua nanti dibandingkan dengan pelajaran macam Kimia atau Biologi.

    Nah Kak Glenn, kira kira kakak ada saran gak?

  • hib

    kak,posisi aku sekarng aku sebenernya udah mantep milih jurusan X.dan aku juga mulai belajar mati matian buat masuk kesitu.tp kadang aku tuh mikir"duh nanti kalo udah kuliah aku bisa ngga ya njalaninnya?"gimana tanggung jawab sama itu kuliah.soalnya kaya udah ke bawa asumsi kalo jurusan itu "ngga karuan" gitu.gimana buat ngeyakinindiri aku sendiri/

  • Ridhwan Muhtaqin

    suka bidang komputer bagian programmer & teknisi juga tapi banyak juga hal yang sering bertentangan sama dogma soal pakai program bajakan tapi kebanyakan di indo juga kebanyakan suka pake hasil bajakan pula hampir semuanya... jadi bingung...

  • Erdisa Nurmalia

    halo kak glenn, aku mau cerita nih. mohon pencerahannya ya kak. aku suka bgt sama bacaan ttg hewan2 gitu, dan aku pengen kerjanya nanti explore alam gitu baik darat atau laut tp aku prefer ke laut. punya cita2 juga pengen kerja di natgeo, discovery, WWF,dsb. jd aku interest ke jurusan ilmu kelautan atau kehutanan. jadi, pertanyaan pertama, apakah sdh bener jurusan tersebut relevan dg passion ku? kakak ada masukan lain gak selain dua jurusan tsb?

    tapi..aku kemarin udh menjalani kuliah 1 tahun di jurusan teknik, trs akhirnya keluar nyoba sbm taun ini dan lolos. tp lolosnya di jurusan HI. iya kak konyol bgt aku malah ngambil yg gak relevan dg passion dn cita2, ibaratnya jatuh ke lubang yg sama dua kali. tp aku udh terlanjur bayar UKT yg di HI ini. aku bingung bgt, masa iya aku nyoba sbm lagi itu bikin ortu repot dan kecewa bgt. tp aku berniat mau ikt sbm lagi dan punya rencana slm 1 taun ini mau nabung uang bulanan dan usaha nyari kerjaan part time buat uang kuliah taun dpn berharap semoga ortu aku luluh dn ngijinin. tapi kak aku bener2 takut dan nyesel banget, kacau bgt dah pikiran ku skrg, aku bener2 kecewa sm diri aku sendiri. dulu aku malah ngambil HI soalnya aku pikir bs jd jurnalis nanti msh bisa kerja di natgeo,discovery gitu.. iyasih mgkn emg bisa tp bukan bagian yg explore/meneliti alamnya. dan aku baru nyadar itu semua setelah lolos sbm. selain itu dulu ngambil HI krn males belajar hitung2an lagi. tp sekarang aku bener-bener nyesel, aku ga suka bgt sm politik dsb sdgkn HI politik bgt:( harusnya dulu pas dikasih kesempatan aku ga mikir sedangkal itu:( dan aku takut cerita ke ortu pasti mereka kecewa banget 🙁

    jadi pertanyaan kedua, aku minta masukan dan saran dari kak Glenn tentang apa yg harus aku lakukan? menurut kak glenn bagaimana dengan rencana ku itu yg mau ikut sbm lg+nabung ?

  • Cynthia Margareth Silalahi

    Kak,kalau misalnya nih yah orng nya suka nyanyi trus dia ngak bsa main alat musik tapi dia terus berlatih suaranya..
    Dan dia masih bingung dia cocoknya masuk jurusan musik apa kagak,soalnya yang buat dia bingung tuh dia ngak bsa main alat musik..

    Nah,Alasan dia msuk musik krna dia pingin melatih suaranya trus supya lebih mendalamin tentang musik..

    Kalau kayak gtu gimana kak?

  • Ki RAFKI

    aku sukanya ngoprek hardware komputerni kak , tapi aku masi bingung mau milih hardware atau software , kalo aku milih software aku kurang paham pemograman tapi suka nge game , gimana menurut kk glen ?

  • Kianata Ayu Kusumandaru

    kak glenn misal kita udah manteb banget sama jurusan yang diminati dan dan rela begadang semalem suntuk en rela ga tidur biar bisa masuk ke prodi yang di pingin, trus pas ijin ke ke orang tua *biar afdol ceritanya* eh ortu-nya malah bilang "terserah" sambil pasang muka ga ikhlas, terus malah nyaranin ke prodi yang sama sekali ga ada gregetnya di ane, terus ending dari ketidak diikhlaskannya oleh ortu ane sbmptn kemaren ane gagal *duerrrrrr *kok lu malah curhat

  • Karim Benzema

    By the way , Untuk jurusan robotic itu masuk teknik apa ya Mr glenn

  • setiawan

    Saya alumni lulusan 2014, saya sudah kuliah di salah satu (PTN islam) di wilayah Jawa Tengah tetapi saya merasa TIDAK ADA RASA ketertarikan dengan ilmu yang saya tekuni saat itu (bilang saja SALAH JURUSAN dan sebagainya) sampe sampe saya males kuliah lah dan macem macem,
    hingga ahirnya saya mengundurkan diri menjadi mahasiswa di ptn
    tersebut. kemudian saya ikut tes SBMPTN 2015, UM UGM tetapi hasilnya belum lolos. dan niatnya mau mencoba lagi ikut SBMPTN 2016 dan UM (PTN) lainnya. >>> apakah yg saya lakuin sekarang ini demi kuliah di jurusan dan kampus impian ku. mohon pencerahannya kak @glenn_ardi:disqus dan temen temen Zenius.

  • Novi Putra

    kalau sukanya sama bidang fisika matematika , kimia biology juga agak suka pantesnya masuk apa yaa kaa

  • Sahdi Tama

    mas bro, gw suka sama film. terus waktu itu ada tugas sekolah kaya semacam bikin video klip gitu. gua ngrasa tertantang sama hal kaya gitu. yang mau gua tanyain nih bos, kuliah film selain di isi sama unpad dimana lagi ya? pengen nyari referensi dulu nih soalnya. thnks bro sebelumnya 🙂

  • Ahmad Albarqo

    Zen, walaupun aku masih kelas 11 aku udah sibuk mikirin masalh jurusan.....
    minat besar ku itu ke masalah teknologi dan pertambangan.... gue serng sibuk searching di google tentang itu semua
    Dalam benak ku.... sering terlintas pikiran seperti ini....
    1. bagaimana bisa ya perusahaan intel bisa buat mikroprosesor sekecil itu, dengan kecanggihannya yg luar biasa.... aku sering mikir coba aku bisa buat sendiri mikroprosesor itu, kalau bisa buat sendiri untuk main game dengan spek tinggi :v (elektronika)

    2. bagaimana bisa bill gates/microsoft corporation bisa menciptakan sistem operasi windows dan linus torvalds bisa menciptakan sistem operasi linux. Aku sering mikir bagaimana cara buatnya ya ??? :v (perangkat lunak/software)

    3. Bagaimana ya bentuk sinyal dalam telekomunikasi itu ?? dan bagaimana bisa orang buat satelit ??
    dan bagaimana radar bisa mendeteksi sesuatu ??

    4. Waktu belajar kimia tentang hidrokarbon dan minyak bumi... aku pernah lihat skema pengeboran minyak lepas pantai.... wah bagaimana bisa ya orang memasukkan pipa besar jauh kedalam sumber minyak dibawah permukaan bumi :v dari situlah minatku tentang pertambangan & perminyakaan muncul :v

    Jadi Zen, gimana nih untuk nentuin 1 jurusan yg memang benar2 tepat untuk kita ?? Menurut kk Glenn gimana ?? 🙂

  • Rassya

    Kak glen, mau nanya nih, sya msh kelas 2 SMA, sya udh nentuin mau ambil jurusan apa stelah lulus nnti, sya sngat penasaran dgn Jepang, sampai2 ingin belajar bahasanya, sya brpkir akan memilih sastra Jepang, tpi sya yaa bisa d bilang dlm bhs inggrs sya jga pnya kemampuan untuk itu. Ttpi sya penasaran bngt sma Jepang, mulai dri budayanya, bahasanya, dll. Sedangkan sya tidk trlalu d blng mampu dalam bidang eksak. Sya hrus bgmn kak ? Tlng masukannya..

  • MerilianaCandraDevi

    Kak Glen, aku mau nanya.. sekarang ni aku baru kelas 11 sma... trus aku sekolah disekolah yang bisa bilang bukan sekolah favorit lah..... trus aku juga enggak ikut kegiatan osis atau kegiatan lainnya selain extrakulikuler.... tapi aku selalu juara umum dari kelas 10... tapi tetep agak khawatir soalnya nggk ikut kegiatan osis di sekolah takut nggk lulus SNMPTN / SBPTN... ada pengaruhnya nggk ka??..

  • nanda ps

    kak glen, mau tanya nih, kalo ips bisa nggak sih masuk jurusan industri perternakan, kalo bisa kita memperdalem pelajaran apa ya kak glen? kenapa?..

  • fachrul hasby

    bingungnya , saya suka perminyakan akan tetapi fisika , kimia , saya lemah . apa harus dilanjutkan jurusan itu atau ganti bang

  • Suci Legowo

    Kak, kalau kesehatan mending di poltekkes apa di univ ya kak?
    dan aku tuh suka nilai karakter orang sama kadang suka hubungin pengalaman orang mempengaruhi kehiduannya dan lain-lain, tapi aku suka juga baca tentang penyakit dan hubungin penyakit yg satu sama yg lain dan suka banget kalau lagi praktek-pratek bio kak. apa mending fokusin ke kesehatan atau nyoba ambil psikolog ya kak? boleh minta sarannya kak?

  • annisa

    wah baru liat artikel ini. sekarang udh kelas 12 jadi harus nentuin jurusan sesuai keinginan, ya? Kak.. gmn kalo keinginan sy dipandang rendah sm guru dan teman2 saya? udh ngerasa kalah sebelum berperang nih..... belum lagi ortu yang nyuruhnya buat kuliah jgn jauh2 T.T kak itu solusinya gimana???

  • Saraa Willis

    Bang gue kelas 12 ipa, gue suka baca, nulis, belajar bahasa dn tertarik sama berita2 internasional. Rencananya gue mau pilih jurusan HI, tapi sayang gue kurang terbiasa berargumentasi. Nantinya bakal jadi kendala waktu proses pembelajaran gak bang?

  • veronica

    Hai Kak saya jurusan ips kls 12 saya ngerasa seneng banget liat tabble setting dekor2 yang bagus dan indah dan saya sering liat2in di ig gitu jugasaya suka simpenin foto2nya. Saya seneng liat kaya party planner nata2 hias2 bagus, saya seneng kalo liat dekorasi yang bagus kaya di acara nikahan ultah temen tapi ka setelah saya cari tau minat saya itu gaaada jurusan kuliahnya . Dan saya ingin membuat bisnis party planner Dan paling hal yang dibutuhkan itu kemampuan desain grafis serta modal dan ilmu bisnis . Dan saya bingung ilmu apa yang harus saya benar2 tekuni apakah bisnis mene atau desain (kalau desain,desain interior atau dkv) apakah saya hanya butuh sebatas dengan les desain grafis saja ?atau saya tekuni ilmu bisnis?Saya harus gmn kak?. Makasih sebelumnya kak maaf merepotkan .

  • David Slash

    Gua suka musik nih.gue pengen lulus smp nih.kira2 gua ambil jurusan apa ya?terus nanti kerjanya apa?. Tolong infonya gan.thx

  • Pussydestroyer1772

    wah -_-, kak glen . . .kalo yang di maksud rela ngoprek siang dan malem gua sih suka nya game. di game itu dari strategi, sampe permainan orang yang juara dunia gua plajarin smua tuh. Gua juga minat sih pengen masuk ilmu komputer ato teknik informatika . . tapi juga gua suka sama matematika. tapi ragu banget pengen milih yang mana . azazagl sjhgaslkrdtfhlakdsjfkmdncvjglcxiuzywearkjtnakdslfuhlaoiewtyf.dskajg *pusing*

  • Muhammad Rizki

    Pertama baca baca sih ane belum Terlalu mudeng gan wkwk :3 Nah pas sampe ke point yang ini

    - Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo.

    Nah mulai dari situ ane baru faham jurusan apa yang bakal ane ambil 1,5 tahun lagi dari sekarang, Soalnya ada kata kata (tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri), Tapi kendalanya itu ane dari smk gan waktu itu ane baca Artikel kalo anak SMK itu susah dapetin kuliah lewat jalur SNMPTN, Solusinya gimana ya gan ? dah Gitu universitas inceran ane ini termasuk yang terkemuka di negeri ini, dah gitu dalam 3 semester ini ane cuma bisa tembus rangking 10 sampe 5 besar aja -_-.

  • endang padmi

    kak saya mau nanya, saya ingin milih jurusan bahasa inggris tapi inggris saya kurang berbakat
    dan saya takut salah milih jurusan tersebut kak

  • Noviarizqoh Nurul Habibah

    Kak, aku anak ipa nih. Aku termasuk hobi ngitung2, ngotak ngatik angka sama rumus. Di satu sisi, aku juga semangat dan aktif kalo lagi pelajaran ekonomi. Nah tapi kalo liat jurusan kuliah anak ipa aku sama sekali nggak tertarik. Palingan cuma pengen yang berhubungan sama fisika dan matematika. Aku malah lebih minat sama punyanya anak ips. Tapi anak ipa lintas ke ips kalo snmptn kan susah. Gimana dong kak? Boleh saran?

  • Almas Aysel

    aku suka mtk kalo msk jurusan mtk bgsnya di univ mana?
    makasih 😀

  • Nissa Nurfadhilah

    Kak Glenn, mau nanya soal voucher.. aku mau jadi premium member tapi gak ngerti..

  • CA

    gue salah satu org yg dr kecil smp skrg ada niat pgn jadi dokter. wkt smp, gue bela belain belajar biologi ttg sistm organ tubuh manusia smp begadang. entah knp rasanya menarik bgt gitu belajar ttg sistem organ. gue paling seneng kalo bhs itu. tp waktu sma, terlebih kls 3 ini gue tibatiba ragu. apa iya gue emng mau ke kedokteran. tibatiba passion gue ke kedokteran yg td nya membara tbtb pas kelas 3 luntur. gue galau:")

  • Tia Muthiarawaty

    Kak aku suka banget b.jepang, dan nilai b.jepang aku dari kelas 1 sampe sekarang lumayan tinggi terus dan sering jadi yang tertinggi di kelas. Tapi pas baca "Jangan milih jurusan (hanya) berdasarkan dari pelajaran yang paling lo kuasai atau pelajaran yang paling lo sukai" aku jadi dilema asli wkwk.
    Tapi btw kadang² aku sering curi² waktu buat belajar sendiri,kaya belajar kanji ato browsing tentang jepang ato belajar yang belum diajari disekolah. Aku minat bgt kuliah jurusan sastra jepang, tapi banyak yang bilang entar kerjanya ga jelas atau apalah itu.. Tapi aku ga peduli itu. Menurut kak glenn aku bener gak? Hm maksudnya aku ga bakal salah jurusan atau apa gitu? Minta masukannya atau tambahan buat aku dong 😀

  • Camilla Ba’bud

    kak aku mau masuk jurusan DKV tapi ortu ku gak ngerestuin meskipun berkali kali aku memohon.padahal bilangnya "terserah milih jurusan apa"tapi ujung ujungnya ditanyain balik "masuk DKV mau kerja jadi apa?" saya bingung kak...bingung nyari jurusan alternatif...

  • Qussayn Alkatiri

    Kak glenn,, ane suka banget nih bahasa inggris,, hobinya memang cuman itu,, kalau saya masuk HI gimana kak ?

  • Nadiana Yemin Mukti

    Ka saya pengen minta saran, saya rencana pengen ke teknik perminyakan upn jogja ipk saya sampai semester 4 = 3.1 saya sekolah di SMAN 1Cianjur gimana tah peluangnya? Dan jika tidak di upn saran di univ mana yang recomended?

  • Suhardiman Jayadi

    kak saya jurusan IPA nih udah kelas 12 nah disemua pelajaran ipa gak ada yg buat gue tertarik dan saking gak tertariknya gue malah malas buat belajar . yg buat gue gak bisa tidur cuman coding,ngegame sama ngeYT xD dan rencana mau ngambil jurusan T informatika . nah apakah itu sebuah masalah klo gue malas belajar pelajaran dijurusan gue?
    btw juga kurikulum 2013 udah gak ada TIK juga -_- tambah males deh :v

    pertanyaan gue kayaknya out of topic :v

  • Ulfa Nadhila

    kak saya masih binggung sampe skrg mau ambil jurusan teknik lingkungan atau kedokteran
    sebenernya kemaren udh pas sama teknik lingkungan tapi kata temen saya saya cocoknya di kedokteran karena bisa biologi

  • Meutia Ari

    Halo kak Glenn.
    Gue baru baca-baca artikel kakak akhir-akhir ini dan gue ngerasa artikel kakak berguna banget.
    Jadi gue pingin banget masuk FK, passion gue di FK, dan gue udah tau gimana prospek dan resiko kalo masuk FK, gue juga suka belajar diam-diam tentang anatomi tubuh manusia, penyakit dan cara menanggulanginya, intinya FK passion gue banget lah (gue juga suka biologi, but this is just one of the reason)
    Gue minder masuk FK, temen-temen satu angkatan gue almost 50% pgn masuk FK. Gue bukan anak yang pinter-pinter amat, dan gue sekarang bener-bener minder masuk FK jalur SNMPTN. masih ada peluaang lain sih (SBMPTN atau UM), cuma kadang gue ngga yakin sama diri gue sendiri. Gimana dong kak?

    Btw makasih banget artikelnya sangaaatt membantu

  • Ghusti Rakha

    Kak mau nanya, gmna tau jurusan apa yg buat kita tertantang? Kalo gw pikirin siih mngkin gw bisa aja tertantang sma smua hal hehehe, mohon sarannya kak. Thanks.

  • Rizal Maulana Ainul Yaqin

    Kak sekarang ane sekolah di SMK dan gue ngambil jurusan Multimedia, ya karena emang minat dan bakat gue emang disana. Sekarang gue udah mau lulus aja, dan kebingungan harus ngambil jurusan apa, karena sebelumnya juga gue udah pernah komunikasi sama guru BP/BK kalau di SMK gue itu masuknya ke IPS gak ke IPA, padahal Teknik Informatika itu masuk ke fakultas MIPA. Dan ya emang kalau untuk masalah kurikulum yang gue pake sekarang gak ada pelajaran IPA yang secara luas, tapi gue belajar Fisika doang, mungkin gak ane bisa lulus test SMBPTN dengan kemampuan IPA gue yang terbatas?

  • Faisal

    Kak aku suka ngulik" kamus. Waktu di pondok aku menang lomba ngarang bhs inggris, pidato arab inggris, vocab book terbaik, dan highest score seangkatan buat vocab exam. Pernah juga ikut story telling di luar tapi gak menang. Dan setiap ada lomba pidato atau ngarang aku selalu tertarik dan tertantang sekaligus ingin memperdalam kemampuan bahasa asingku. Sedangkan aku anak ipa, haruskah aku ambil sastra? Tapi... orangtuaku melarang keras. Padahal rata2 b.ing rapot SMAku dr semester 1-5 itu lebih dari 9,00 dan itu yg paling menonjol. Aku seneng bgt sama bhs inggris walau aku gakbisa ngomong cuma bisa grammar. Bagaimana ini Kak Glenn? Jurusan apa yg pantas buatku selain sastra inggris?

  • Karin

    Kak aku suka banget bahasa jepang, yah walaupun disekolahku nggak ada bahasa jepang. Belajar bahasa jepang juga otodidak, dari nonton anime sampe baca kamus jepang dan dengerin lagu lagu jepang tapi alhamdulillah bisa-bisa dikit walau belom mahir. Bukan cuma sekedar suka bahasa jepang aja, tetapi tertarik banget buat belajar budayanya juga. Pengen ambil jurusan Sastra Jepang, tapi orang tua nggak ngizinin, soalnya nanti mau jadi apa kata mereka. Sebenernya aku udah nemuin banget passion aku tuh disitu, tapi kadang-kadang suka ragu, soalnya suka kepikiran sama orang tua. Pengen banget bisa bahagiain mereka, Mereka menyarankan ambil perpajakan, aku ngerasa passion dan minat bukan dijurusan itu, mohon sarannya kak 🙂

  • baeta

    bang gue dari ipa tapi mau ngambil soshum, sekarang gue udah mulai nyicil belajar soshumnya tapi gue masih bingung, apakah mapel yang buat UN gue abaikan saja?

  • DEVY TRI

    kak glen ane dari smk suka bahasa , terutama ya bahsa inggris kalo dari smk jurusan pemasaran tapi masuk PBi bisa gak ya kak ? tapi emang ane ada passion di bahasa sama yg berbau design gitu hehe mohon pencerahan'a 😀

  • santi susanti

    saya seorang siswi dari Kudus,Jawa Tengah saya ingin melanjutkan kuliah di UNAIR mengambil jurusan hubungan internasuonal untuk pilihan 1 dan ilmu politik untuk pilihan ke2. Namun saya sedikit takut jika masuk ke univ tersebut karena univ tersebut univ yang diinginkan semua orang.Dan terlebih nilai rata rata saya semester 5 ini mengalami penurunan menjadi 8.4. Dan saya khawatir saya akan tersingkir karena sma lain memiliki nilai raport yang lebih baik dari saya,karena guru di sekolah saya memang pelit memberi nilai. dan say berencana untuk mengambil bidik misi untuk meringankan beban orang tua,tapi saya bingung jika saya melalui bidik misi akankah saya lebih sulit untuk diterima di univ tersebut. atau melalui jalur biasa kemudian setelah resmi menjadi mahasiswa baru sya mengajukan bidikmisi ke univ tersebut. mohon solusinya. terima kasih

  • Fajar Maulana

    ane mau cerita nih.. kakak tau kan tahun ajaran baru 2015 kemaren anak yg mau masuk SMA udah diharuskan memilih jurusan (ipa ato ips) awalnya ane milih IPA dan karena nem ane gk cukup alias kesaing sama anak lain, akhirnya pada menit2 terakhir pendaftaran ane terpaksa milih ips.. awalnya sih pas di menit2 akhir pendaftaran ada seorang guru yg nawarin ane utk daftar di SMA lain (bukan favorit) kalo emg niat mau masuk IPA, tapi berhubung sekolah tempat ane daftar itu SMA favorit, jadi ane putusin buat daftar di situ aja.. walaupun ane milihnya IPS (mungkin pas itu ane belum nyadar kalo sekolah itu gk menentukan kesuksesan kita, mau itu sekolah favorit apa bukan) dengan 1/2 ati ane pun sekolah d situ

    Dan setelah ane jalani sampe stengah taun ini, ane mulai ngerasa kalo cita2 & impian ane itu bertolak belakang sama jurusan ane.. ane ngerasa tempat ane sekarang dan pilihan yg ane ambil dulu (masuk ips) itu bukan keputusan yg tepat... ane tau, hati nurani ane mengatakan yg sebaliknya... jujur selama ini ane ragu,bimbang,kadang gelisah sama pilihan yg ane ambil ini.. dibawa buat berangkat sekolah pun kadang terasa berat

    jadi gimana kak Zen?? :'(

  • Ferdy Alfiansyah Husnain

    Ka glen, gua minat banget sma jurusan perfilman, gua relain waktu siang malam buat bikin video, ya pokokny udh termasuk yg paling bikin hidup gua bergairah itu perfilman. Tapi tadi diskolah guru bk ngasih saran buat gua supaya pikir2 lgi tntng jurusan itu, karena jurusan itu layaknya untuk ank IPS, sdngkan gua anak ipa dan kemungkinan masuk jurusan itu sangat kecil, katany guru bk. Gua dsuruh pikir realistis, ktanya lebih baik gua yg prodi pantes buat ank ipa.
    Gua mnta sranny dong ka buat hal ini.

    • Salma

      ikut tes soshum

  • n s Adma

    kak,gimana kalau udah dapet jurusan yang PAS buat kita tapi ortu gak kuat buat biayain.contoh,perfilman.meskipun murah UKTnya,tapi alatnya pasti butuh biaya banyak dong.mau milih ke lain,rasa rasanya gak rela mau ninggalin ke sana soalnya pasisionnya di sana lagian juga kalo mau ke yang lain nantinya kan setengah setengah.bakalan calon GENG GALAU dong?!

  • Andifa Asshidiqqie

    Ane suka sejarah, ekonomi, sama kimia, gimana bang?

  • Windanh

    Kak, winda udah ikut zenius dari bulan januari tapi ya gitu lah belajarnya masih bolong bolong. Belajar yang SBMPTN juga videonya baru nyampe TPA. Bingung kak ngatur waktunya. Takut malah salah fokus. Takut trlalu nyiapin SBMPTN eh UN nya ga keperhatiin. Emg sih kalo SBMPTN bisa UN juga bisa tapu kan skarang ajah baru nyampe TPA. Jadi bingung bgt. Mnding fokus UN dulu nnton videonya atau gimana?

  • nabilah

    kak saya kan pengen masuk jurusan antropologi sosial ,karena saya suka mempelajari budaya budaya dan saya kepo banget sama nih ilmu dan saya gak peduli orang orang pada bilang kalau prospek antropologi itu sempit.saya yakin kok prospek antro banyak
    tapi ortu saya pingin saya masuk sosiologi murni,katanya sosiologi lebih luas daripada antropologi ,saya minat sih di sosio juga tapi minat saya gak segede di antropologi
    menurut kaka gimana?? saya ikuti kata orangtua atau tetap milih pilihan sendiri?? dan gimana ngeyakini ortu saya agar mendukung saya di antro?
    makasih kak sebelumnya 🙂

  • Muhammad Fahmi Husaen

    saya pingin banget ke teknik mesin, elektro, dan hobi saya gambar2 mesin, tapi saya difabel pake kursi roda, jadinya gak bolek masuk teknik, gimana nih saya bingung ???

  • Atthar Ibrah

    Secara passion ane lebih suka bgt di bidang IT terutama networking, tapi ortu ane sih nyaranin kuliah di stan katany biar ga ribet abis lulus sama ga perlu noleh2 biaya kuliah lagi.. menurut kaka glenn gmana? Dan juga saya masih awam di akuntansi plus smanya dijurusan ipa, thx

  • Wanda Kristiawati

    Kak, aku selalu penasaran banget sama namanya kimia, tp takut jadi mahasiswa abadi klo masuk tekkim. trus skr pingin ke tek sipil, tp benci juga sama fisika, tp penasaran cara org bikin gedung. jadi gimana kak. bingung dah.

  • Rakib Razani

    Bang glen mau tanya, ane masih bingung bidang apa yg bener bener ane mau, ane pernah nyoba kegiatan pencinta alam,theater sampe eo tapi blm ada yg bisa ngebuat ane sepenuh hati ngejalaninnya (ane gabegitu tertarik sm pelajar di kelas)

  • Yuniana Putri Sulistiyani

    Kak, lah kalo saya udah salah jalan di jurusan Teknik Kendaraan Ringan (otomotif bidang mobil) di SMK, dibilang suka gak begitu, dibilang gak suka juga udah mulai terbiasa utak-atik mobil, enakny diterusin apa pindah jurusan Kak? 😀

  • Adam Ramzil

    Bang gimana kalo kita punya cita-cita tetapi ga sesuai sama potensi akademik kita bang?

  • Fifi

    Ka bentar lagi SNMPTN 2016,udah yakin sih sama jurusan itu, tapi aku kurang PD sama nilai aku. Bisa lolos SNMPTN ga sih ka kalo nilai hanya 82 ?

  • Rijon Sumardi Sitanggang

    Saya suka akutansi tapi akutansi banyak peminatya .
    Apa saya pertahankan milih jurusan akutansi.?

    • Salma

      kalo punya tekad yang kuat apapun dilakukan dong 🙂

  • stevanus irfanlie irfanlie

    kak, gua mau masuk jurusan perfilman. Tapi gua ngak tau mau masuk universitas ap. yang gua tau hanyalah IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Nah klau Gua ngak masuk tuh universitas, lalu gua mau masuk dimana? Tolong pencerahannya kak.

  • almaira lubis

    dari smp kalo ditanya aku mau jadi apa aku selalu bilang pengen kerja yang berbau hukum. tapi sejak smp aku selalu berprestasi di bidang IPA. waktu masuk sma sempa berfikir untuk ngambil jurusan yang berbau IPA. sekarang aku kelas 12 kak, kemaren pas di tes ke psikolog bakat aku kuat banget di biologi jadi psikolog nyaranin 3 jurusan FK, Biologi, dan kehutanan. tapi ketertarikan aku hukum masih kuat juga. dari 3 jurusan yang di sebutin itu cuma kedokteran yang direstui sama orang tua yaitu FK. sedangkan peminat dari FK itu banyak banget kak. sekarang saya galau banget kak, waktu saya bilang ke ayah mau ngambil biologi, ayah saya terang2an bilang gak setuju. saya sedih banget kak. sampai sekarang saya jadi bingung+takut harus melangkah. mohon nasihat dan sarannya kak glenn. terimakasih

  • Alvitto Didha

    Kak... aku ini masih smp klas 9, tapi udah disuruh ortu nentukan jurusan buat kuliah. Aku sih sukanya yg berbau teknologi, aku punya keahlian di bidang robotika (jagonya solder menyolder, ngerakit robot, ngeprogram robot, dll). Aku liat pamanku kerja di brand smartphone imo dibagian softwarenya, dia dulu jurusan elektro its (s1), nah aku minat kuliah di its, bingung nentukan di jurusan informatika atau di jurusan elektro, enaknya dimana yah kak??? (aku pengennya sih kerja jadi engineer gitu, kalo gak ya kerja di bagian software di perusahaan semacam google)

  • zenians

    kalo ada kasus orang yang begini, gimana?
    "Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..."
    jawaban: gak ada

    • Salma

      harus lebih sering explore diri sendiri

  • meuthia nabilap

    kak...kalo soal bidang yang bikin aku merasa tertantang itu psikologi, filsafat, sama agama gitu...tapi aku mikir, untuk mempelajari itu gak mesti kuliah itu, karna aku cuma kepo aja sih. Tapi kalo soal pekerjaan, aku pengennya FKG, tapi takut nanti gak bisa ngikutin pelajaran fisika kimia nya apalagi aku lemah di hafalan -such as biologi-. am i too far pengen FKG padahal ngerasa kurang mampu disitu?

  • Rosvianty Via

    bang glen, saya lulusan SMKs jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) thn 2014 dengan nilai yang bisa dibilang lumayan. Minat awalnya sih sebenernya ke jurusan multimedia, karna saya tertarik sama dunia pertelevisian, film dan fotografi (tapi ga jadi masuk karna alasan finansial).

    Sekarang saya bekerja sebagai admin sales di salah satu perusahaan swasta. Sempet ada niatan ambil kelas karyawan buat nerusin kuliah (dibaca : pasrah) supaya bisa sambil kerja karena "cari kerja itu ga gampang". Tapi tanpa meremehkan "kelas karyawan" saya lebih prefer ke kelas regular dan akhirnya ikut SBMPTN.

    Thn lalu saya ga lolos karena ga tau harus belajar mulai dari mana (sekarang juga sama sih), tapi thn ini permasalahannya adalah saya mulai ragu sama jurusan yang mau saya ambil.

    1. saya sudah mengesampingkan jurusan seni tari (saya ikut salah satu kelompok tari tradisional dan terkadang ikut "manggung") dan menganggap tari hanya sekedar "hobby pelepas jenuh".
    2. saya tertarik dengan jurusan perfilman/pertelevisian/jurnalistik (yang kemungkinan nantinya akan bekerja di industri kreatif) tapi saya tidak punya skill yg mendukung jurusan tersebut (bikin komen ini aja lama bener).
    3. sekarang saya lagi tertarik dengan jurusan ilmu komunikasi karena pekerjaan saya menuntut untuk sering berkomunikasi dengan orang baru(konsumen baru), jadi saya ingin meningkatkan skill/cara bekomunikasi untuk mendukung pekerjaan saya sekarang, tapi setelah dipikirkan kembali, saya lebih senang menyendiri (suka aktifitas outdoor tapi lebih senang melakukannya sendiri)dari pada harus bertemu orang baru.
    4. jadi sekarang saya berfikiran untuk ambil jurusan akuntansi karena sedikit banyak (dari pekerjaan saya sekarang) saya sudah tau garis besar dari apa yang akan saya pelajari dan kerjakan nantinya. Dan semasa sekolah pun kebetulan Math salah satu mapel yang saya kuasai (entah kenapa saya rasa ini saling berhubungan).

    nah bang, bisakah kasih sedikit (banyak lebih bagus) pencerahan soal pilihan saya? thks bang...

  • Rana Wijdan Naim

    Kak glen ... Gua punya ambisi buat perindustrian indonesia. Rasanya pngen bgt punya perusahaan yg bisa bntu org indonesia yg nganggur tpi mau buat ngembangin passionnya. Dan, bnyak hal yg ingin gua cpai dr hal tsb
    Btw gua dr jurusan IPA. kira2 ap yy bang passion dan jurusan yg cocok

    Thanks bgt bang artikelnya

  • Tutik dwi hartini

    Bang, aku pengen nantinya jadi seorang chemist atau dosen kimia nantinya dan udah test di psikolog juga aku diarahin ke FMIPA. Tapi aku pengen nantang adrelin masuk ke FTI soalnya aku lemah di matfisnya?
    Jadi aku harus tetep ke FMIPA atau FTI ?

  • Ghiyar ragil alfath

    Bang mau tanya,kan saya angkatan pertama disekolah nah kirakira biar bisa tembus snmptn apa aja ya bang..?soalnya kalo diliat dari segi alumni belom punya..

  • Artikelnya sangat menarik, tapi menurut saya memilih jurusan kuliah itu memanglah sangat penting untuk kedepanya, tapi terkadang sekolah kita beda jauh sama bidang pekerjaannya, dan meskipun berbeda, bagi saya memilih jurusan sekolah tidaklah terlalu harus di pas kan. Karna nasib seseorang bisa berubah-ubah. https://indonesia.sae.edu/id/courses/business/advanced-diploma-in-music-and-entertainment-business/. Biar tidak salah jurusan mendingan pilih saja sekolah di SAE INSTITUTE INDONESIA – Sekolah Media Kreatif Jakarta
    SAE Institute adalah Sekolah Media Kreatif terkemuka di dunia. Jurusan kami di Jakarta adalah jurusan sekolah VFX Animasi, Produksi Film, Teknik Audio & Bisnis Musik.

  • Irna Kurniaty

    assalamualaikum kak glen. trimakasih atas saran* nya. Dari dulu sampai skrng gue udah terpikat dan terpanah oleh FK . walaupun banyak teman yang terpanah oleh jurusan yang satu ini, namun menurut gue ini adalah suatu tantangan yang harus gue hadapin!tapi jujur gue orngnya gak mau ungkapin jurusan apa yg gue incar,seperti teman* yg lain, krna menurut gue impian itu bukan diucapkan tapi diwujudkan! gue mau selangkah dari mereka. sampe* gue selalu buka artikel tentang dunia medis, dan parahnya nabung duit, ngotot beli tensi dan stateskop! :v *aneh yah* Dari smp kelas 3 sampai kelas 2 sma skrg ini, gue mau bersungguh-sungguh! krna gue yakin selama kita berusaha dan berdoa hasil tidak akan mengkianati usaha dan doa! Gini kak glen hal apa yang utama yang harus gue cicil dari sekarang selain belajar? dan gimana caranya supaya semangat belajar itu gak sampe down? needrespon:v

  • Nadia Nugraha

    Kak,aku kan udah tau jurusan yg jadi passion aku,yang paling mau aku tekuni,tapi kalau ya misalnya aku gagal meraih hal itu,solusinya bagaimana?? Thanks ^^

  • Elsys

    halo kak! pagi. kak kalau psikolog itu untuk SBMPTN masuk jurusan Saintek atau SOSHUB? soalnya saya ikut jrusan MIIA di sekolah.
    terima kasih

    • Salma

      kalo di UI soshum, Unpad saintek. Kalo yang kayak gini coba lo rajin cari lebih banyak informasi ya 🙂

  • Nabilla Arissanti

    ka saya mau mnta saran nih, saya sklh di smk telekomunikasi. Stlh lulus nnti, saya mau kuliah diperhotelan krna dr dlu saya minat di masak, tp setelah dipikir2, kyknya itu gamenjamin hidup sya nnti. Jd saya jga ingin melanjutkan kekuliah ke telekomunikasi agar kelak menjamin hidup sya sndri. Menurut kka glen gmna ya? Thx before ka

  • Intan

    Hallo bang, aku intan tahun ini aku mau ambil kuliah kelas karyawan dan niat aku dari smp itu mau kuliah di bidang hukum dan gamau beralih, jujur aja bang aku gapunya alasan kenapa aku kekeh mau di fakultas itu.. Perasaan aku bilang ini fakultas yang bakal bisa rubah pola pikir dan cara pandang aku. Menurut bang glenn gimana, mohon pendapatnya ? Dan terimakasih

  • Intan

    bang Glenn, aku anak ipa bang tapi pengen kuliah di bidang Soshum, ya masak nanti kalo sbm belajar ips ?

  • Ifan Andri Prastya

    Misal nih, Mas Glenn. Yang membuat kita punya sense of wonder dalam diri kita itu: universitas. Soal jurusan, asalkan universitas X, pasti tetep punya keinginan untuk "love what you do".

    Kira-kira, apa pendapat Mas Glenn soal tipikal orang yang lebih kagum terhadap universitas X, dan soal jurusan apa saja fleksibel?

    Thanks.

  • Robby Octa

    Kak saya suka sama bagian perhitungan mate suka , fisika lumayan , kimia gak terlalu tapi saya bingung saya mau masuk jurusan apa ? tolong di bantu ya kak dan kak bagaimana cara melihat kalau jurusan yang kita pilih itu benar ?

  • resty tri arini

    kak, dri kecil mmg cita2ku ingin mnjadi dokter tpi ak tertarik dan pnasaran bgt tntg psikologi gituh.. tpi kluargaku mnyarankan untuk masuk kedokteran, karena memang mreka brhrap bnyak pdaku di kedokteran ini, kmi memang bukan dri kluarga yg berada, mka dri itu kluarga menyrankan untuk mncari peluang yg lbih psti kedepannya. tpi yg ak tkutkan adlah ak tdak bsa lolos ke jurusan kedokteran itu dan mngecewakan keluarga. lalu aku hrus bgaimana kak?

  • Ella Rosdiana

    Halo kak glen nice banget tulisan nya. Kak tanya kan gw gagal di sbm 2016 karena gw ngikutin sistem sekolah. Trs mama gw nyaranin gw ke iain tp gw gak tega membiarkan cita2 gw jatuh . Mama nyaranin di ekis ,akuntansi dan manajemen ndah gw suka sm yg pil 1 yaitu ekis tp gw gak passion dgn univ nya
    Pil 2 &3 jg gw gak passion dgn univ

    Trs gini bang glen mama gw nyaranin gw di akuntansi ndah aku pengen manajemen tp pas gw cari info dgn serius gw sebenarnya ragu dinmanajemen karena emang dr kecil sampai skrng kalau buat manage itu payah atau untuk mengambil keputusab jg kurang lah tp bkn gak mungkin kalau gw buang dr kata kurang menjadi lebih gitu.
    Dan aku jg cari info akuntansi. Gw sebenarnya gak suka tp gak benci karena apa jurusan ini penuh perhitungan dikit dikit uang wkwkkw jujur gw trauma sm duit grgr ortu gw tengkar terus tentang duit tapi menurut kepribadian gw. Gw cocok sm akun soalx gw suka analisis Wkwk drpd ngomong. Menurut bang gimn

    Eh gw juga penasaran sm teknik industri itu kyk manajemen gak sih hehhe. Mohon dijawab ya bang thanks

  • Rizki Rachmawati

    Bang kalo we suka cari / baca ilmu pengetahuan umum di goggle maupun buku ya semacam ensiklopedia gitu atau buku2 tentang fosil2, kerangka pokonya y bergambar dan menarik banget buat we baca itu kira2 we cocok masuk jurusan arkeolog gk sih bang?atau ada tips lagi biar mantepin jurusan we

  • Fachri Ramadhan

    Bang gw anak ips gk bgitu jago hitungan2 , lebih ke pelajaran yg menghafal , gw juga orgnya pendiem susah ngomong klo di depan, klo milih manajemen/akuntansi kan hitung2 males dah, tp gw minat di ilmu komunikasi gmana y bener apa gk klo gw milih jurusan itu

  • muhammad sami

    kak saya niat mau kuliah jurusan informatika, cuma saya bingung mau incar yg s1 atau yg d4, orang tua sih gak ada masalah dan mendukung , cuman yah itu bingung mau ambil d4 atau s1, kira kira ambil yg mana ya yg lebih bagus ?

  • tika alma

    Ka mau tanya nih aku kan seneng Kalo misalnya ngebantu orang yang lagi sakit Kalo lagi camping atau apapun aku juga maunya ngambil keperawatan Tp biologi aku Ga terlbagus,Terus ortu juga Ga terlalu setuju
    Menurut kan glenn gimana?

  • Indah Hartati

    Paling greget banget.. paling kepo banget sama bahasa dan kebudayaan korea. Tapi pelajarannya pun gk ada di sekolah dan ortu minta tanggung jawab sendiri kalo gk sukses dengan milih jurusan itu. Ortu nyaraninnya guru. Tapi gk minat kesitu. Kalo gk dengerin saran takut kualat, padahal pengen bgt. Jadi mending ngikutin kemauan sendiri atau saran ortu ya?

  • Esti Diassetiasari

    bang, saya anak pesantren. SMA lulusan IPS. pernah ngecap IPA SMA cuma sekilas pas kelas 10. Itu pun ga efektif banget. Setelah itu di kelas 11 dan 12 ga pernah lagi ketemu IPA. Sayangnya, saya kurang minat ke IPS. Itu cuma karena tuntutan sekolah yang emang ngga bisa nyediain jurusan IPA diangkatan saya. Nah, saya suka banget sama matematika. Kalau SBMPTN ngambil prodi matematika, masuknya ya SAINTEK. Lah, sedang saya bener bener buta sama IPA. Saya keder banget bang :'( :'(

  • Jeconiah Siahaan

    bang kalau aku SMA jurusan IPS bisa masuk Ilmu Komputer sewaktu kuliah ? tp SMA nya KTSP 20016

  • Saripah

    kak bedanya Teknologi Informasi sama Ilmu Komputer itu apa? trus klo Teknologi Informatika itu apa ? :v

  • Nadia Agustina

    kak aku suka bgt dan tertantang kalo ngerjain soal matematika,selalu penasaran kenapa aku belum nemuin jawaban nya, walaupun nilai matematika aku ga tinggi2 bgt, aku juga suka ngulik2 ttg dunia kedokteran kak, sampai2 tgh malam nontonin org lgi operasi, skrg aku lagi persiapan utk sbmptn taun dpan kak krna taun ini blum ktrima di ptn dan lagi bingung mau milih jurusan apa utk taun depan, mohon dibantu ya kak terimakasih banyak:D

  • Leny Liyana

    gue bingung kak glen. awal masuk SMK aku pengen bgt rasanya jadi perawat karna kebetulan aku juga sekolah di jurusan keperawatan(taraf SMK), sampe lulus pun aku masih pengen jadi perawat. tapi menjelang aku mau daftar aku search univ2 dan aku liat ada jurusan Akuntansi-Perpajakan kok aku tertarik banget ya kak, rasanya kaya jatuh cinta pandangan pertama. tapi aku bingung sama cita2 awal aku kaya gmna, sedangkan ortupun pengen aku jd petugas kesehatan. minta saran dong kak

  • Fawwaz Mutawakkil

    kak saya suka sama game dan software animasi gitu... kalo buat ips, ada ga jurusan yang prospek kerjanya nanti di dunia game dan animasi? kan kalo di ipa ada Ilmu Komputer, nah kalo di ips jurusannya apa biar bisa berdedikasi di dunia game?

  • Dhea

    Ka, aku kan pengen masuk fakultas PWK tuh, terus kira kira nilai yang paling berpengaruh itu apa ya ka?

  • Dewi

    Gue minat banget dan pingin banget dan niat banget dan bercita-cita buat masuk Manajemen UI . Tapi ortu gue, terutama mama ga ngizinin gue masuk manajemen. Katanya kalau manajemen, semua orang pasti bisa. Kerjanya cuma itu itu aja. Gue udah jelasin ke mama gue kalau manajemen itu bener2 minat gue dan ga seperti yang mama gue pikirin. Gimana caranya ngeyakinin mama gue kalau manajemen itu nggak buruk? Dia pingin banget gue masuk teknik :''

  • theala

    saya demen banget sama yang namanya ngitung dan ngotak ngatik komputer, entah hardware ato software. tapi di sisi lain juga suka banget berinteraksi sama banyak orang, dan kalo kerjanya di bidang komputer gitu kan kerjanya bareng sama benda mati aja. disini saya bingung, lebih baik milih jurusan teknik/ilmu komputer, it atau akutansi. minta sarannya dong gan. saya suka tantangan tapi kalo kreativitas emang kurang. mending masuk mana nih?

  • Ratri Indraswari

    Jadi jurusan yg buat gua tertantang, yg sampe gua kepoin di google dan yg bikin ga ingat waktu itu berbeda semua. Nah gimana tu?

  • Nur Bahiyah

    "Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan memicu 'sense of wonder' dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..."

    kak, dari kata2 diatas justru bikin aku bingung buat nentuin jurusan. aku gak tau bidang apa yang bisa bikin aku melakukan hal2 diatas. kakak bisa bantu buat nemuin jurusanku gak? semisal kasih pertanyaan pancingan? hehe.. tolong kak

  • Ridwan

    Kak saran dong, gue nih suka banget sama pelajaran MTK, kadang mau gimanapun, mau sakit, gaenak badan gue pantengin tuh terus pelajaran mtk. Tapi didalam hati kecil gue gue suka belajar mengenai bumi dan alam semesta. Terus gue pengennya kalo kerja itu sukanya langsung terjun ke lapangan, gue ga suka banget kerja di dalem ruangan, gue suka kerja sambil melihat alam sekitar, ceilehh lebay bngt yak.

    Yang ada benak gue :
    1. T. Perminyakan knapa? Krna misal gue krja pemboran di laut itu rasanya enak bnget, bisa ngeliat alam sekitar dan lautnya.
    2. Matematika knapa? Ya ntah kenapa gue suka banget dengan namanya mtk
    3. T. Astronomi? Gue suka dari masa kelas 1 smp, gue suka krna masih bnya hal di alam semesta ini yg belum terpecahkan dan gue pengen tau dan bisa menjelaskan secara ilmiah.

    Kira kira kak sarannya gimana ya nentuin antara jurusan itu? Btw gue juga seneng mempelajari ilmu bumi dan alam semesta

  • Firman

    Kak saya gatau harus milih jurusan apa tapi kakak saya nyaranin masuk arsitek terus saya baca tenyata arsitek tuh ga harus bisa gambar asal ada kemauan dan saya emang gabisa gambar tapi saya ingin coba masuk jurusan itu ,gimana menurut ka glenn ?

  • Devin Wahyuni

    Kak gue suka gambar/design,tapi pas gue jelasin gue mau jadi 'designer/arsitektur/animasi' temen gue bilang "lu besok mau jadi apa kalo di jurusan gambar?" Jadi kak,salahkah kita mau masuk jurusan yang bahkan gue suka searching2 di google how to coloring,animated,etc?

  • Zulfa Mahendra

    kak gue mau tanya. kalau kita konsultasi jurusan sama seseorang, apakah kita harus menurutinya walaupun itu yang tidak kita inginkan. menurut kakak lebih baik ikut hasil konsultasinya atau tetep milih dari diri sendiri?

  • Dintya Kiran Wibowo

    Saya anak ips di salah satu sma di indonesia, saya bingung kalau misalnya saya kuliah saya harus pilih jurusan apa , tapi jujur saya ingin masuk jurusan mtk , karena menurut saya mtk itu menantang , kasih solusi ya!

  • afrilia

    haloo kak aku baru kenal zenius dan blog ini minggu lalu, aku di kelas 3 nih.
    aku dari smp ikut olimp fisika meskipun gak tembus nasional. Sedangkan aku pengen ambil teknik kimia. aku udah tau sedikit sih wkkw... ttg pelajaran di tekkim kebanyakan ada fisikanya. dan aku gak bisa ngehafal rumus aku selalu nurunin rumus sendiri belajar dari konsep dasar dan nanti bakal nurun2 sendiri. Jadi pilihan aku bener gak sih kak? menurut kakak setelah baca commentku

  • Sonia

    Kak kalau misalnya saya pengen masuk fk. Saya suka biologi sama kimia. Utk nilai kimia okelah seenggaknya saya setiap belajar paham apa yg sy pelajari. Tp utk biologi entah knp wlwpun saya enjoy pas belajar nya tp sejak kls 2 ini nilai biologi saya sllu jelek. Plg bagus pun 85 itupun baru sekali yg lainnya 60an gt. Apa saya msh pantas masuk fk? Teman2 sy blg sy pintar di pelajaran hitungan trs cocoknya jurusan yg ada itung2annya pdhl sy ga prnh enjoy pelajarin fisika apalagi math. Tp anehnya di 2 pelajarin ini nilai sy lbh bagus dripda biologi

  • Silfiatul M

    ka glenn aku suka banget sama biologi,dan emang yakin banget + merasa tertantang dengan mapel ini,tapi mapel ini kan ada yang pendidikan dan biologi murni ,masalahnya aku bingung harus milih pendidikan atau biologi murni??

  • Syohriyan

    kak glen saya mau tanya ini, saya sudah terlanjur menjadi seorang mahasiswa di jurusan sistem informasi, akan tetapi saya merasa kurang cocok dengan jurusan tersebut dan lebih ingin ke jurusan komunikasi, lalu apa saran dari kak glen? mohon jawaban nya terimaksih.

  • Renate Prahasita Tungga Candri

    kak, tadinya gue pengen tuh jurusan pariwisata, karna gue orangnya kan agak introvert, nah gue pengen keluar dari zona nyaman gue. trus ini udh kelas 11, mami gue sakit kanker, kebetulan keluarga gue istilahnya baru 'bangkrut', akhirnya ngurus bpjs. tapi, operasi untuk pengangkatan kanker itu selalu ditunda. dari situ gue sadar, dan pengen banget jadi dokter untuk orang orang yang ga mampu itu. tapi, kalau dilihat, nilai gue jelek banget sampe saat ini. apa ada solusi?

  • Ribka Maria Prilia Tanjaya

    kak, aku kan mau masuk fk, tapi aku udah mempersiapkan kalo misalnya ga tembus . aku mau ambil jurusan yang berhubungan dengan itu juga supaya peluangnya ada . (dan kalo tesnya cuma saintek doang) tapi kalo misalnya teknik elektro ato mesin itu nyambung gak ya buat di pilih di prodi pilihan kedua ato ketiga? soalnya aku baca" mereka juga mempertimbangkan aku mau lolos dilihat dari pilihan prodi dua dan tiga. jadi, ya itu, gimana ya kak -_-?

  • Tirtasya Adera S

    Ka, aku kan pengen teknik kimia, tp aku gayakin sama nilai rapot aku, abis itu aku nilaiku gaterlalu besar dipelajaran fisika, tp aku suka bangett sama fisika.. menurut kaka jurusan yang ada fisikanya tp teknik selain teknik kimia apa ya kak? terima kasih sebelumnya ^^

  • Felisa Miranda

    gua kalo nemuin pertanyaan yang nyangkut2 logika, gua gabisa tinggalin sampe bener2 ketemu. greget gua kalo ditinggal gitu aja. terus gua suka pake rumus2 mtk yang kayanya gua doang yang ngerti, dan gua juga yg modifikasi2 sendiri biar enak buat guanya, walopun temen2 gua suka bingung sendiri kalo minta jelasin ke gua. banyak yang bilang juga nalar gua bagus. dan gua tertarik banget sama bidang IT, yang softwarenya gitu, yg coding2an itulah pokonya. nah kalo kaya gitu lebih merujuk ke teknik informatika, telekomunikasi, atau sistem dan teknik informasi ya? masih rada bingung bedanya bang.

  • Annisa sofi

    Kak gimana cara yakinin orang tua akan pilihan kita
    Gue sering banget berantem aduh mulut sama nyokap gue yg selalu bilang jurusan sastra korea gk akan jd apa-apa
    Padahal gue curious banget dan niat buat belajar bahasa korea
    Gue bingung di satu sisi gue takut ngelawan ortu, di sisi lain gue gk mau ngelepas mimpi gue

  • Andhika Zulfikar

    makasih banget saranya om jadi termotivasi nih hehehe

  • ridwan hisyam

    hahahahahahahahahahahahahahahahahah !!! 😀 mantap sekarang gua bisa nentuin juruan yang mau gua pilih... setelah bingung selama 4 bulan. makasih kak glenn

  • Yeojanika

    Kak Glennn aku anak IPA dahulu kala aku mai masuk kedokteran. But di arkhir2 kelas 3 gue, gue jadi gak kepikiran masuk kedokteran sama sekali (karena lama bgt, susah, mahal, dll) trus gue bisa fisika bisa kimia tapi gue gamau pilih jurusan yang ada bidang itu bcs i'm not that pro. So aku kepikiran buat masuk jurusan perpajakan (entah stan or etc) atas dasar nilai ekonomi gue bagus dan gue suka ekonomi. Menurut kak Glenn udah bener gak yang gue pikir dan ambil? Thx please reply

  • jelly widia

    hai kak. aku kelas 3 sma sekarang. tapi bingung mau milih jurusan apa buat kuliah. dari dulu selalu masuk 10 besar untungnya. tapi nilainya naik turun gitu, aku belom jelas mau milih kemana nih kak. dulu pas SMP pengen banget jadi dokter, suka gitulah. cuma pas SMA rada down gara gara takut ntar kalah saingan. gimana ya kak? mohon sarannya. Terimakasih

  • Aya Ichikawa

    Kak glenn, saya sering sekali mengarang cerita fiksi, jadi buatan ambil sastra..
    Tapi, ortu bilang itu bisa jadi kerja sampingan...
    Saya jadi memilih sebaiknya ambil jurusan Ilmu Gizi saja, bagaimana menurut Kaka?

  • Vendrie Yulman

    Kak kalo saya suka jurusan bahasa asing(mandarin) gimana y agar saya bisa mempersiapkan diri?

    • Vendrie Yulman

      Kak kalo saya suka jurusan bahasa asing(mandarin) gimana y carany agar saya bisa mempersiapkan diri?

  • GIDeon Studio

    saya sekolah d smk jurusan multimedia, tapi mau kuliah jdi bingung mau kuliah ngambil teknik informatika, desain kmnikasi visual, atau broadcast. mohon sarannya

  • Anggy Diba

    Ka glen bakal nyesel ga sih misal di sma nya masuk jurusan ipa nah nanti kuliahnya ambil jurusan yang ips semisal ambil fakultas hukum, psikologi, dll lah gitu

  • Anjung Adel

    kak, aku udh ada rencana mau ambil teknik informatika tapi masih ragu karena aku gatau apa apa tentang bahasa pemrogaman. itu cuma satu2nya alesan knp aku masih ragu? menurut kakak gimana?

  • Suryadi yusuf

    Soal TPA Untuk SBMPTN Olahraga, Susah nggak Kak.

  • Reza

    kak, ini kan aku tertarik buat ambil jurusan sastra jepang. tp selama 12 thn disekolah yg pernah kutempati buat nimba ilmu gk ada pelajaran yg berhubungan dgn jurusan sastra jepang tsb. dan aku juga baru tertantang dgn bidang tsb baru-baru ini. menurut kakak bagaimana? apa nanti di universitasnya akan di ajarkan lagi dari awal, atau gimana?

  • rofiq

    gue udah dapet passion gue tapi gue ga jago banget dibidang itu gimana? hajar gak? asli gue di judge madesu sama temen gue kalo ngambil tuh bidang.

  • Hosea Matius Masela

    kak glen saya di smk ambil jurusan tkj dan nilai kejuruan memuaskan semua, tpi saya lebih menyukai musik... mnrut kk gmna?

  • Cris Devitaria Laia

    Tapi saya sudah ingin sekali menjadi dokter

  • Ulia Fitrass

    Ortu gue mau gue kuliah di Jkt krn dkt rumah. Tapi gue maunya ITB gmn ya? Biar ortu gue percaya sama gue kalau gue mampu dan bertanggung jawab atas keputusan yang udh gue ambil biar mereka ikhlas?

  • Nurul.A

    Kak aku tertarik sama design atau designer gitu sih tpi aku gadak bakat sama sekali buat nge gambar. Menurut kk glen gimana?
    Aku juga tertarik sih di pariwisata hihihi

  • sachara zade

    Saya suka berbau alam gitu, kek mengolahnya.. memperbaikinya.. saya juga suka hewan :2..
    Menuurt kk gimana?

  • Giri Wicaksono

    Kak, gue skrg bingung mau nentuin jurusan apa yg pantes buat gue. Gue sih pgn masuk hukum, gue ngerasa pgn lebih bisa mengungkapkan argumentasi gue dg bener karna selama ini gue sulit bgt berargumentasi. Menurut Kaka gmn?

  • ridwan rais

    kak glen, jujur sebelumnya saya gak punya ketertarikan sama bidang tertentu. tapi setelah belajar zenius, saya memutuskan untuk pilih jurusan ekonomi, tapi baru-baru ini saya juga tertarik sama programming dan mungkin lebih tertarik ke bidang ini, CUMA MUNGKIN saya gak terlalu yakin. solusinya gimana ya?

  • A-ji Art

    Kak glen saya suka bnget nggmbar, apa nanti klo saya ke smk harus ambil jurusan arsitek. .?
    Btw
    Saran keluarga sih pndapatnya nyruh saya ngmbil jurusan otomotif!

  • Michael owen

    Pak, sy ad kepikiran dan niat sih untuk masuk jurusan pendidikan dokter UI tapi saya rasa kemampuan saya di bidang IPA masih belum maksimal, dan saya belum yakin apa bisa lolos SBMPTN di UI, dan takutnya nanti saya ditengah2 perkuliahan saya jadi drop out gitu, gimana ya ?

  • Danu Chris

    mas Glenn kan di rapot itu biasanya ada 2 nilai, yang dipake nilai pengetahuan atau nilai ketrampilan sih mas?... monggo dijawab ditunggu tanggapannya

  • Nuning Kristanti

    Aku suka banget fisika,tapi nilai tertinggi aku matematika tapi matematika gabisa kalkulus. Gakuat hapalan

  • Kartika Dewi

    bang glennn saya mau nanya kalau misal sayamilih sbm dengan satu jurusan yg sama beda univ menurut bng glen gimana? makasih bang sebelumny 🙂

  • Nur fitri rhiony

    Sya ini kan, cita"nya pengen jadi arsitek. Tapi hobi saya gambar animasi, nah. Kira" bisa ngga kak misalnya sya jadi arsitek trus ikut sekalian jadi animator?

  • Muhamad Bekti Wibowo

    bang saya suka listrik saya sering coba experiment buat tegangan tinggi gagal mulu hehe mentok 2000 volt, saya juga suka elektronika saya ingin buat alat saya sering experiment buat speaker dan model flip flop, saya juga kadang ngoprek komputer gagal start biasa komputer murah
    menurut kk gimana
    saya tipe orang yag ingin bebas tidak mau di waktu orang

  • Ulfa Dian Ushari

    Selamat siang ka gleen

    Saya mau bertnya mengenai jurusan yang saya pilih yaitu pilihan 1 FKG pilihan ke 2 Hukum pilihan ke 3 Administrasi negara dan pilihan 1 dan 2 universitasnya sama dan pilihan 3 berbeda

    Menurut ka gleen jurusan yang saya pilih itu sudah cocok?

    Terima kasih

  • Galang Yehuda

    Kak, gue skrg kelas 3 tp gue belum bisa memuin hal yang membuat gue tertantang untuk gue tekuni, dan yang malah gue pikirin adalah gue ntar kenamarah gara2 ga dapet rank di kelas(kelas gue kelas unggul IPA1) tp nilai gue meningkat sih biarpun tipis doang, gmn sih kak bgus ny supaya gue cpt dapet tujuan hidup gue stlah lulus SMA ini?

  • Galang Yehuda

    Awal nya gue smpt mikir buat ambil akpol atau akmil cuma mata gue udh minus 1.5 jd gue tau ga bakal bisa, jd tlong info ny dong kak ptn ikatan dinas yang menjamin biarpun ksehatan mata gue udh ga normal lagi? Thnks ?

  • tiara rachma

    kak, gua suka bahasa inggris,dan tertarik untuk menekuni inggris. tp yg gue bingung fakultas atau jurusan bahasa inggris itu apa aja sih? dan nanti semua itu ngarahnya kemana? gue msh bingung. dan gua ini masih kelas 10 terlalu cepat untuk pilih2 jurusan dan univ gak sih? bisa bantu jawab kak? terimakasih:)

  • Raden Farrazka Hilmilla I

    Kak glenn, kalo perjurusan ada pelajaran tertentu yg dipandang nya ga? Trus kl ada komunikasi itu pelajaran tertentu yg dipandang nya itu apa ya? Terima kasih

  • Raden Farrazka Hilmilla I

    Kak glenn, kalo perjurusan ada pelajaran tertentu yg dipandang nya ga? Trus kl ada komunikasi itu pelajaran tertentu yg dipandang nya itu apa ya? Terima kasih

  • Raden Farrazka Hilmilla I

    Oh ya sama mau bertanya, haruskah kita punya 2nd opinion untuk memilih jurusan​ dan univ? Kalo iya, bagaimana cara menentukan 2nd opinion yg pas untuk kita pilih? Kalau tidak, memang kenapa? Terimakasih