cara menentukan jurusan kuliah zenius education

7 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok Sesuai Potensi

Halo Sobat Zenius, siapa nih yang lagi ngambis buat lolos SNBT 2023? Ada yang masih bingung pilih jurusan kuliah? Nah, di artikel ini, gue mau ngajak elo ngebahas cara menentukan jurusan kuliah yang cocok untuk kita nih. Cara ini bisa elo manfaatin buat nentuin jurusan yang sesuai dengan minat & bakat yang elo miliki.

Satu di antara banyak cara yang paling efektif dalam mempersiapkan diri buat lolos PTN impian adalah lewat Try Out online. Tapi kali ini gue mau sharing dulu tentang cara memilih jurusan kuliah yang cocok dan sesuai dengan elo biar nanti gak menyesal karena salah pilih.

You’re at the crossroads of your life! (Baca: cara menentukan jurusan kuliah yang akan elo ambil). Lebay nggak sih? Nggak kok, ini emang beneran serius dan penting banget buat elo sadarin dari sekarang. 

Kenapa penting? Karena masih banyak nih yang bingung pilih jurusan kuliah. Gue mau cerita sedikit pengalaman waktu jadi mahasiswa tingkat awal.

Sewaktu gue masih jadi mahasiswa tingkat awal, ada satu fenomena sosial yang muncul di lingkungan kampus, yaitu terbentuknya satu genk mahasiswa yang suka uring-uringan tiap hari dan punya hobi ngumpul bareng yang kerjaannya tidak lain adalah mengeluh.

Yap! Mengeluh sepanjang hari tentang kuliahnya ngebosenin, dosen X galak, tugas banyak banget, quiz dadakan, ujian sebentar lagi, dsb. 

Genk semacam ini kerap muncul di hampir setiap jurusan. Kalo boleh gue namain, mungkin paling gampangnya genk ini disebut “Genk Mahasiswa Galau karena Salah Jurusan”.

Nah, sebetulnya itulah kenapa gue bilang dari awal kalo urusan memilih jurusan itu emang gak boleh disepelekan. Sayang banget kan duit buat kuliah udah mahal, cuma dipake buat mengeluh doang, kuliah nggak serius, sampai akhirnya DO (Drop Out).

Udah buang-buang duit, waktu, tenaga, dan kesempatan juga. So, tujuan gue dalam artikel Zenius kali ini adalah untuk sharing cara menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kita, guna mencegah supaya Sobat Zenius jangan sampai bergabung dengan geng seperti itu.

7 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Jadi Sobat Zenius secara singkat, tulisan gue kali ini akan dibagi jadi 7 cara memilih jurusan kuliah:

1. Analisis Sisi Positif dan Negatif Jurusan yang Diincar

cara memilih jurusan kuliah dengan tepat
Ketahui plus-minus target jurusan kuliah impianmu (Dok. pixabay.com).

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah analisis sisi positif dan negatif jurusan yang elo incar.

Sewaktu gue ngobrol sama anak-anak dari Zenius-X, mereka ceritain satu hal yang lucu, jadi dari sekian banyak orang yang daftar bimbel di Zenius untuk program alumni atau intensif SNBT, ternyata sekitar 70% bilang MAU NYOBA FAKULTAS KEDOKTERAN.

Buset dah, banyak amat yak yang mau jadi dokter.

Gue jadi inget waktu TK atau SD kalo guru nanya cita-cita jadi apa, hampir semua bilang mau jadi dokter, menyusul yang mainstream lainnya adalah profesi pilot dan presiden. Kadang gue mikir apa mereka masih terbuai romantisme masa kecil yak? Hehehe…

Sebetulnya nih, nggak ada salahnya sama sekali kalo mau jadi dokter, tapi yang masalah itu kalo niat elo setengah hati, apalagi kalo bilang cuma “mau nyoba” jadi dokter, wah bahaya banget tuh!

Kenapa gue bilang bahaya? Karena rupanya sebagian besar anak yang ditanya kenapa pengen masuk FK, banyak banget yang alasan yang kurang meyakinkan. Contohnya:

·      “Wah kenapa yah, kayaknya seru aja masuk FK, hehehe…”

·      “Jadi dokter itu profesi idaman calon mertua.”

·     “Jadi dokter kan keren dan kerjaannya jelas ngapain, duitnya juga oke kayaknya.”

Terus giliran gue ceritain kuliah kedokteran itu susahnya kayak apa.

“Waduh, iya juga yaah.. gue kayaknya nggak siap jadi dokter yang harus siap ngeliat darah setiap saat dan tetap tenang ngeliat orang yang sekarat dan mati tiap hari.. Lagian juga agak jijik dan takut ngeliat darah..”

Nih gini yah, kalo elo emang mau tau cara memilih jurusan kuliah, pastiin elo harus tau betul secara detail apa aja yang akan elo alami di kuliah nanti. 

Sebagai contoh buat yang kuliah di kedokteran, pastiin kalo elo tuh bisa tahan bedah-bedah mayat yang sudah kondisinya udah gak karuan karena udah meninggal berbulan-bulan dan cuma diawetkan sama formalin.

Pastiin juga elo rela kuliah lebih lama daripada temen-temen yang memilih jurusan lain dan siap mengabdi ke daerah pedalaman sebagai syarat profesi selama kurang lebih 2 tahun.

Pastiin elo masih harus belajar keras di tahun keempat buat dapet gelar Sarjana Kedokteran (belum jadi dokter lho!).

Sementara temen-temen elo yang di jurusan lain udah kerja di perusahaan multinasional, merintis bisnis sendiri, keterima beasiswa kuliah S2 di luar negeri, atau menapaki karier jadi artis ibukota, dsb. 

Elo bisa baca kisah perjuangan kuliah kedokteran di artikel Zenius yang ini.

Kalo elo emang udah siap nerima semua konsekuensi itu dan tetap mau jadi dokter karena emang elo ambis untuk terjun dan terlibat dalam perkembangan dunia medis, itu baru keputusan yang MANTAP buat memilih jurusan kuliah!

Intinya sih, apapun jurusan yang elo ambil, pastiin elo tau apa yang akan dihadapi dan juga siap nerima konsekuensinya. 

Ini gue ambil satu contoh aja dari sudut pandang FK. Hal yang sama juga berlaku bagi bidang apapun yang mau elo tekuni, baik jadi insinyur, psikolog, musisi, arsitek, pilot, politisi, seniman atau apa pun juga!

2. Pikirkan Indikator dan Tolok Ukur yang Tepat dalam Memilih Jurusan

First thing first, cara menentukan jurusan kuliah yang tepat tolok ukurnya bukan  hanya karena prospek finansial.

Pertanyaan klasik yang biasanya ditanyain anak yang mau memilih jurusan adalah:

“Eh Glenn.. Kalo ambil jurusan X nanti kerjanya ngapain yah? Kariernya bagus gak? Duitnya oke gak?”

Gue ngerti sih, duit itu emang penting. Siapa juga yang nggak mau jadi orang kaya, sukses dan punya kebebasan finansial. 

Biasanya nih, faktor ini juga menjadi pertimbangan orangtua yang pengen anaknya bisa nyaman dengan hidupnya, salah satu cara paling simpel ya memang dengan jadi orang kaya. 

Jadinya nggak jarang kalau elo bingung pilih jurusan kuliah akhirnya orangtua mengambil peran cukup besar dalam keputusan memilih jurusan anaknya. 

Yah wajar sih, namanya juga (biasanya sih) mereka yang bayarin duit kuliah kita. Hal yang sama juga dilakukan kok sama ortu gue dulu.

Dari sini, gue paham kekhawatiran ortu dan niat baik mereka buat menjaga anak-anaknya supaya tetap sejahtera dan hidup “nyaman” sampai akhir hayatnya. 

Kita juga harus bisa pakai sepatu mereka dalam hal ini. Sewaktu mereka muda, mungkin memang langkah pragmatis – dengan melihat segalanya dari tolak ukur ‘uang’ adalah hal yang paling realistis, makanya mereka bisa nyekolahin elo sampai sejauh ini.

Well, tanpa mengurangi rasa hormat sama ortu gue dan ortu lain di luar sana, gue menolak dengan hormat untuk memakai sudut pandang itu untuk zaman sekarang.

Karena menurut gue, esensi pendidikan itu bukan lagi untuk mempersiapkan diri elo di dunia kerja supaya bisa cari duit yang banyak dan jadi orang kaya. 

Mungkin pandangan ini memang masih relevan di zaman orang tua kita dulu yang mana belum banyak ada kesempatan. Tapi sekarang? Elo udah sampai di zaman di mana elo bisa jadi apapun yang elo mau asal punya niat buat memperjuangkan hal itu.

Jadi, pendidikan itu buat apa dong kalo bukan buat persiapan kerja dan cari duit?

Pendidikan itu untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual lo, untuk bisa berkembang sesuai dengan apa yang bener-bener elo inginkan.

Pendidikan membuat elo bisa melihat masalah di sekeliling elo dengan cara yang lebih tepat, dan membuat elo bisa menyelesaikan hal itu dengan cara yang paling efisien. 

Kalo elo emang bener-bener menikmati proses belajar itu dan menjadi expert dalam bidang lo, percaya deh kalo urusan duit itu gak akan ke mana.

Jika bidang yang emang elo nikmati itu sekarang dinilai kurang berprospek dari segi finansial, well, sebetulnya balik lagi sampai sejauh mana elo menghargai hasrat dan ambisi itu dibandingkan peluang finansial. 

3. Tentukan Motivasi Memilih Jurusan Itu Apa

Cara menentukan jurusan kuliah selanjutnya adalah tentuin motivasi elo!

Jangan karena elo bingung pilih jurusan kuliah, lalu memilihnya berdasarkan pelajaran yang elo kuasai atau sukai. Misal:

·       “Gue suka sama Biologi, berarti gue cocoknya jadi dokter kali ya.”

·       “Gue suka pelajaran gambar, berarti gue cocoknya jadi arsitek dong yah?”

Banyak banget siswa yang cara memilih jurusan kuliah melihat pelajaran apa yang paling disukai dan nilainya paling bagus. 

Emang di satu sisi bener sih, nilai pelajaran yang bagus atau elo sukai, bisa jadi salah satu indikator buat nentuin jurusan. Tapi jelas pelajaran di sekolah bukan tolok ukur yang paling tepat dari cara menentukan jurusan kuliah.

Lha emang kenapa? Gue pikir memilih jurusan yang bener itu ya tercermin dari nilai pelajaran atau pelajaran yang kita sukai selama di sekolah?

Ada dua alasannya, yang pertama: karena bidang yang terbentang di hadapan elo itu jauh lebih luas daripada cuma 13 mata pelajaran yang ada di sekolah. Jangan cuma liat dari sudut pandang 13 mata pelajaran yang selama ini elo pelajari selama 12 tahun doang. 

Kedua: Elo bakal kebingungan sendiri kalo pake standar ukuran “pelajaran sekolah” buat ngeliat bidang yang disukai. Gue sering banget dapet pertanyaan kayak gini:

Kak, aku suka banget sama Biologi, tapi nilai Fisika aku juga bagus. Aku harus pilih jurusan apa yah? Terus sebetulnya aku tertarik nolong orang gila jadi pengen masuk Psikologi deh. Tapi mama ngelarang aku jadi psikolog karena katanya aku suka gak bisa tegas nentuin keputusan. Mama jahat deh. Terus kata papa sih aku cocoknya jadi tentara. Menurut kak Glenn, jurusan yang cocok untuk saya apa ya?

Nah lho, elo aja bingung pilih jurusan kuliah sendiri, gimana gue bisa ngasih saran nentuin apa yang cocok buat elo? Hehehehe… 

Oke, intinya di sini poin gue adalah: Mata pelajaran di sekolah memang bisa jadi SALAH SATU faktor pertimbangan buat elo nentuin jurusan, tapi jangan jadi SATU-SATU-nya hal yang elo liat dalam diri.

https://www.instagram.com/p/CXIy_DPL7J4/

4. Rumus yang Paling Jitu Buat Memilih Jurusan yang Cocok

Ada gak sih rumus cara menentukan jurusan kuliah yang jitu?

Banyak sekali yang kasih gue pertanyaan tentang rumus ini, contohnya seperti:

· “Bang, saya suka pelajaran A, tapi saya jago di pelajaran B, saya juga minat di pelajaran C. Sebaiknya saya memilih jurusan apa yah?”

· “Bang, gue sebetulnya minat di jurusan A, tapi ortu gue gak setuju. Mereka menyarankan gue di jurusan B. Gimana dong solusinya kak?”

· “Bang, saya minat banget di jurusan A. Tapi nilai A saya dari dulu jelek banget, saya juga gak ngerti-ngerti pelajaran A di kelas. Gimana yah solusinya?”

Untuk pertanyaan “Gue sebaiknya memilih jurusan apa?”, itu gue jamin nggak akan pernah gue jawab. Kenapa? Karena elo gak bisa ngelempar tanggung-jawab dari keputusan sebesar itu pada orang lain. Seolah-olah, “Zenius tolongin gue dong buat mutusin arah hidup gue mau ke mana.”

Untuk soal yang satu ini, elo harus bisa membuat keputusan buat diri sendiri. Karena pada akhirnya yang akan jalani dan menerima konsekuensinya seumur hidup adalah diri sendiri, bukan gue, bukan orangtua, bukan temen-temen, bukan pacar, tapi diri elo sendiri.

Terus gimana dong cara memilih jurusan kuliah yang tepat agar elo bisa ambil keputusan yang tepat? Nih gue kasih satu tips jitu. Intinya cara memilih jurusan yang bener resepnya tuh…

“Pilih bidang yang membuat elo tertantang… Pilih bidang yang bikin elo penasaran sampai elo rela buat ngulik itu siang-malam tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun elo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google. Pilih jurusan yang memicu ‘sense of wonder’ dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener akan jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin elo tekuni sampai akhir hayat lo…”

Itulah menurut gue, rumus yang paling tepat buat memilih jurusan yang bener. Kalo nemu bidang yang menurut elo seperti itu, cari jurusan yang relevan terhadap bidang itu. 

Entah itu bisa jadi kedokteran, fotografer, desainer, hukum, filsafat, ekonomi, sastra, musik, atau apapun juga.

Kalo udah nemuin bidang yang bikin diri elo ‘merinding’ karena tertantang, gak akan ada lagi tuh pertanyaan semacam.. “kalo jurusan X ini kerjanya nanti ngapain? Prospek gajinya gede nggak? Jurusan ini belajarnya ngapain aja sih yah nantinya?”

Kalo elo masih berputar-putar dengan pertanyaan semacam itu, layak khawatir buat jadi masuk ke genk mahasiswa salah jurusan.

So, langkah pertama jangan cari tau jurusan A belajarnya apaan, jurusan B belajar apaan, terus baru mikir kira-kira cocok nggak sama elo. Terbalik Sobat Zenius! 

Justru elo yang harus balik nanya ke diri sendiri dulu, “Bidang pekerjaan apa yang membuat kapasitas intelektual elo tertantang? Hal apa yang bisa bikin elo gak tidur karena penasaran?” 

Kalo udah tau bidang elo itu, baru deh elo cari tau jurusan apa yang relevan dengan bidang yang membuat elo ‘merinding’ karena tertantang itu. Gak perlu bingung pilih jurusan kuliah lagi deh.

5. Cari Tahu Minat dan Bakat

cari tahu minat dan bakat sebelum pilih jurusan kuliah
Kira-kira, nih, elo, tuh, minatnya di mana, sih? (Dok. pixabay.com).

Cara memilih jurusan kuliah selanjutnya, cari tahu dong minat dan bakat elo.

Tanpa disadari, jurusan kuliah yang elo pilih nantinya juga akan memberikan pengaruh besar ke dalam dunia kerja. Nah, setiap orang kebanyakan ingin sekali bekerja sesuai minat dan bakat atau passion.

Untuk mendapatkan semua itu, maka elo juga harus berhati-hati dalam memilih jurusan. Salah satu pertimbangan yang bisa elo ambil adalah mengetahui minat dan bakat di dalam diri.

Kira-kira, nih, elo, tuh, minatnya di mana, sih? Apakah di dunia sastra atau politik? Atau justru elo lebih tertarik belajar tentang perhitungan?

Nah, untuk mengetahui hal tersebut, ada baiknya elo merenung terlebih dahulu. Cari tahu apa sih sebenarnya minat dan bakat elo? Selain itu, elo juga bisa tanya-tanya kepada orang-orang terdekat seperti keluarga ataupun teman.

Setelah mengetahui bakat elo di mana, maka sudah bisa dipastikan elo dapat memilih jurusan kuliah dengan bijak.

6. Pelajari Jurusan Kuliah yang Jadi Incaran

Sudah cara ke-6 nih, pastinya elo udah mulai gak bingung pilih jurusan kuliah lagi kan?

Selain mengidentifikasi minat dan bakat, dalam memilih jurusan elo juga harus bijak dalam mempelajarinya satu per satu.

“Loh, apa yang harus gue pelajari dari jurusan-jurusan di kuliah? Gue kan belum pernah kuliah?”

Eits, bukan belajar seperti itu, melainkan elo harus riset atau mempelajari terlebih dahulu masing-masing jurusan yang jadi incaran elo. Cari tahu kira-kira mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, lalu prospek kerjanya apa saja.

Dengan demikian, elo udah bisa melangkah lima kali lebih besar karena sudah meneliti setiap jurusan dengan baik. Alhasil, cara ini juga akan memudahkan elo untuk menentukan pilihan jurusan nantinya.

7. Minta Saran kepada Orang-Orang Terdekat

Cara memilih jurusan kuliah yang terakhir adalah minta saran.

Kalau elo udah benar-benar mentok mengenai pilihan jurusan, nggak ada salahnya buat minta saran kepada orang-orang terdekat. Saran dari mereka akan membantu elo untuk menentukan pilihan dengan yakin dan tepat.

Orang-orang terdekat elo sudah pasti tahu potensi dan kemampuan elo. Dengan demikian, mereka juga pasti akan memberikan saran terbaik supaya elo nggak salah jurusan.

Oke, segitu aja sih tips dan sharing dari gue, moga-moga bermanfaat buat elo yang mau tahu cara menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kita.

Udah gak perlu bingung pilih jurusan kuliah lagi. Sekarang elo mulai cicil belajar untuk try out aja, ini gue kasih link TO Zenius yang bermanfaat banget untuk elo, Sobat Zenius.

“There’s No Greater Prize, No Greater Challenge to spend Your Life than to Spend it the Way You Want to”

Kalo elo mau ngobrol atau diskusi sama Glenn tentang proses pemilihan jurusan di SBMPTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi artikel lain bagi para pembaca yang sedang kebingungan memilih jurusan kuliah:

Sebetulnya untuk Apa Sih Kita Harus Belajar?

Belajar untuk Nilai atau untuk…?

Nah, biar persiapan elo buat masuk ke PTN impian makin maksimal. Elo bisa ikutan Grand Try Out Zenius, lho. Yuk, klik link di bawah ini, sekarang!

Grand Try Out Zenius. Event try out online untuk uji kemampuan jawab soal UTBK SBMPTN 2022

Originally Published: May 6, 2014
Updated by: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!